Oleh: edratna | Juni 4, 2007

Account Officer Bank, ujung tombak untuk membangun sektor riil

Tulisan ini diilhami perdebatan tentang “financial hub” tulisannya Andjar. Wajar bagi suatu Bank, agar tumbuh dan berkembang, saat ini tak dapat hanya mengandalkan pada penerimaan interest margin. Walaupun Perbankan nasional di Indonesia 60% masih mengandalkan pendapatan dari hasil kredit, Bank saat ini perlu meningkatkan kualitas pelayanan, juga perbaikan IT, agar bisa memperoleh peningkatan pendapatan yang berasal dari fee. Sebetulnya pendapatan dari fee, akan meningkatkan sektor riil, jika fee yang diperoleh berasal dari transaksi devisa, yang berarti adanya peningkatan ekspor.

Tulisan ini, akan membahas mengenai bagaimana peran Account Officer (AO) di bank untuk ikut membangun sektor riil di Indonesia. Bank mempunyai fungsi intermediary….mencari dana (giro, tabungan, deposito), kemudian menyalurkan dalam bentuk pinjaman (kredit). Bagaimana jika terjadi missmatch, dana lebih banyak dari kredit yang disalurkan? Ukuran yang wajar, apabila 90% dari dana bisa disalurkan dalam bentuk kredit atau pinjaman. Disinilah peran Treasury Bank, agar uang yang ada tak menjadi idle, dan tetap menghasilkan.

Account Officer(AO) adalah orang yang bertugas sejak mencari nasabah yang layak sesuai kriteria peraturan Bank , menilai, mengevaluasi, mengusulkan besarnya kredit yang diberikan. Untuk mendapatkan seorang AO yang berkualitas, diperlukan pendidikan yang memadai dan jam terbang, agar bisa mengenali usaha yang layak dibiayai. Sebelumnya AO akan membuat perencanaan, usaha apa saja yang layak dibiayai di wilayahnya , dan berapa kira-kira dana yang diperlukan untuk menyalurkan kredit tersebut. Kemudian AO akan melakukan kunjungan ke usaha nasabah, melakukan wawancara, menggali sebetulnya apa yang diperlukan oleh nasabah tersebut.

Banyak sekali dijumpai, nasabah sebetulnya hanya tahu bahwa dia perlu pinjaman, tapi belum jelas berapa dan untuk apa. Disini diperlukan keahlian seorang AO untuk melakukan probing, agar kebutuhan pinjaman memang sesuai dengan keperluan nasabah (ada unsur tepat waktu, tepat jumlah, dan tepat sasaran).

AO juga sekaligus menjadi konsultan, karena bagi nasabah kecil, tak jarang mereka bisa bercerita, menunjukkan bon-bon, bukti penjualan atau pesanan, tetapi tak bisa membuat laporan keuangan. Disini AO memandu nasabah agar dapat membuat neraca perkiraan usaha nasabah, serta cash flow kemampuan membayarnya. AO juga harus sensitif, apakah nasabah mengatakan yang sebenarnya (disinilah perlunya melakukan probing, cek dan re cek), kemudian melakukan analisa. Selanjutnya AO akan mengusulkan dalam bentuk memorandum analisis kredit kepada atasannya…dan atasan akan meneruskan kedalam komite kredit (loan Comittee) untuk mendapat putusan, apa berupa persetujuan maupun penolakan.

Hubungan AO dan nasabah dapat diibaratkan sebagai hubungan yang mirip dengan suami isteri. Jika AO memilih usaha yang tepat, maka usaha berjalan lancar, dan usaha akan meningkat/membesar, serta Bank tempat AO bekerja akan memperoleh laba. Namun jika usaha nasabah mengalami penurunan, sama seperti seorang isteri yang jatuh sakit, akan mempengaruhi kelangsungan hidup suami, karena suami akan sibuk mengupayakan penyembuhan. Demikian juga seorang AO, jika usaha nasabah turun, maka AO yang baik akan segera mengevaluasi apa yang menjadi penyebabnya, apakah persaingan yang ketat sehingga kalah bersaing di pemasaran. AO akan menjadi seperti seorang dokter, mendiagnosis penyebab sakitnya usaha nasabah dan berusaha menyembuhkan. Disini diperlukan kerjasama dari kedua belah pihak.

Apabila portfolio nasabah yang dibina oleh AO semua dalam kondisi lancar, maka perusahaan akan memetik laba dari interest margin. Namun sebaliknya kegagalan pembinaan AO terhadap nasabahnya juga dapat menyebabkan pendapatan Bank menurun.

Apa hubungannya dari sektor riil? Saya akan membuat ilustrasi, berdasarkan cerita sebenarnya. Seorang AO di Kantor Cabang XX membiayai usaha peternakan ayam petelur kecil-kecilan, kredit yang diberikan Rp 5 juta rupiah pada tahun 70 an. Pengusaha(sebut Qq) tersebut tidak memahami laporan keuangan, sehingga AO mengajarkan dan membuatkan laporan keuangan berdasarkan wawancara dan bukti-bukti pembukuan yang sangat sederhana. Usaha nasabah berkembang, dari peternakan ayam kecil-kecilan di daerah selatan Jakarta, dia membangun toko yang menjual kebutuhan sehari-hari. Toko ini berkembang, menjadi mini market dan kemudian berkembang menjadi super market. Karena merasakan sulitnya mendapat sayuran segar untuk mengisi supermarketnya, maka Qq melakukan kerjasama dengan petani sayuran di Puncak …yang nantinya berkembang menjadi usaha khusus pengumpul sayuran. Saat ini, setelah berjalan di atas 30 tahun, usaha Qq telah meningkat pesat, jumlah pinjaman > Rp.50 miliar dan pekerjanya lebih dari 500 orang. Qq saat ini berperan sebagai komisaris, karena telah menunjuk Direktur yang memimpin perusahaan, yang awalnya juga mulai bekerja di perusahaan Qq sejak dari bawah.

Ini adalah contoh hubungan antara AO dan pengusaha yang akhirnya sukses. Apabila AO di seluruh Indonesia bisa berperan seperti ini, mulai mengajarkan bagaimana agar Qq memahami laporan keuangan ( agar dia bisa mengontrol jalannya perusahaan), serta bagaimana tata cara melakukan ekspor (usaha Qq saat ini juga merambah ekspor asinan dari terong ke Jepang, serta makanan lain), maka kita akan memperoleh wirausaha handal yang juga akan menyerap banyak tenaga kerja.

Jadi menggalakkan kemampuan AO agar berkualitas merupakan kebutuhan Bank, agar dapat menyalurkan pinjaman sesuai sasaran, serta di lihat dari sisi debitur (nasabah) pinjaman tadi dapat meningkatkan usahanya, serta meningkatkan penyerapan tenaga kerja. Pembinaan terhadap nasabah, dapat dimulai dari nasabah kecil, yang secara pasti akan meningkat kemampuan usahanya, dan juga meningkat jumlah pinjamannya, dan pada saat nasabah menjadi besar maka akan terjalin hubungan timbal balik yang positif antara Bank dan nasabah, serta diperoleh nasabah-nasabah yang loyal bagi Bank tersebut.

Tak dapat dipungkiri, banyak pelajaran berharga yang diperoleh saat terjadi krisis ekonomi, Bank-Bank yang cepat recovery nya adalah Bank yang mempunyai nasabah potensial dan loyal. Kalaupun usaha nasabah mengalami kemunduran, maka nasabah tadi akan berusaha sekuat tenaga, dibantu oleh AO Bank untuk segera memperbaiki usahanya. Keberhasilan restrukturisasi/penyehatan usaha nasabah, faktor terpenting adalah kemauan atau itikad baik dari nasabah untuk menyelamatkan usahanya. Tanpa kemauan dan itikad baik nasabah, usaha apapun yang dilakukan bank akan sulit berhasil. Oleh karena itu, faktor adanya AO yang berkualitas sangat berperanan dalam menunjang perkembangan Bank, dan di satu sisi dapat meningkatkan kemampuan sektor riil dalam penyerapan tenaga kerja.

Catatan:

Saya memang tidak pernah menanggapi lagi diskusi disini, karena pertanyaan menjadi terlalu melebar, dan ditanyakan berulang-ulang. Sepertinya banyak penanya tidak membaca tulisan dengan teliti, dan tanya jawab sejak awal, dan hanya ingin menanyakan seperti apa yang ingin didengarnya.

Mohon maaf, karena kesibukan, juga karena banyak pertanyaan yang memasuki area yang tak mungkin dijawab, saya tidak akan menjawab lagi pertanyaan-pertanyaan yang ada.

About these ads

Responses

  1. tulisan yg menarik bu Enny, sedikit agak OOT setelah saya baca dari job desc AO diatas (menganalisa nasabah, menganalisa kredit, business feasibility study, kemampuan komunikasi/interpersonal, dll) maka spertinya background ekonomi/accounting saja tidak cukup. tidak heran dari jaman2 dulu itu banyak sarjana pertanian/sarjana teknik yg sukses jadi AO karna selain memiliki daya analisis tinggi mereka juga sedikit banyak tentunya menguasai aspek bisnis yg akan didanai oleh bank semisal perkebunan, peternakan, pabrik, perikanan, otomotif, dll. sehingga sembari belajar ilmu perbankan (learning by doing) banyak AO-AO ini di kemudian hari menjadi top manager di bank-bank besar.

  2. Osinaga,

    AO memang harus memahami segala macam ilmu, makanya latar belakang pendidikan bisa dari mana saja. Yang jelas dia minimal paham tentang hukum (karena penuh risiko), dan memahami accounting…segala sesuatu harus dianalisis, sehingga siapapun yang membaca approval (baik auditor, pengawas, pembina, pemutus) harus mempunyai persepsi yang sama. Bagi nasabah, AO adalah teman dekat, untuk menerima keluhan, dan membantu segala macam persoalan. Oleh karena itu, rekruitmen AO, harus benar2 mendapatkan orang yang integritas nya tinggi, karena tiap saat mendapat cobaan, dari yang senang (godaan menerima sesuatu, yang harus berani tegas menolak), juga cobaan menghadapi aparat (jika nasabah ada masalah, AO yang pertama kali dipanggil sebagai saksi).

    Memang menarik pekerjaannya, kita belajar memahami bagaimana usaha perkebunan sawit (yg dulu cuma belajar di sekolah), sampai dengan menilai pabrik rokok (tembakau harus ditanam saat musim hujan tapi panen saat kemarau panjang, disimpan minimal 2 tahun dsb nya), pabrik kertas, pabrik garmen dll…sampai kepada pertanian untuk petani kecil (kredit mikro). AO mempunyai grade /tingkat yang berbeda, yang dibedakan dari kemampuan menganalisa, jam terbang…ada juga walaupun sudah dididik tak cocok jadi AO, karena tak pernah berani memutus (takut risiko, mirip dealer yang tak pernah deal).

    Memang benar pendapat Osinaga, yang diterima adalah orang yang memiliki daya analisis tinggi, tahan bekerja di bawah stress (pulang jam 9 malam masih sore lho)…..dan keluarga harus mendukung, karena sering dapat tugas mendadak walaupun hari libur (termasuk dipanggil BI…hehehe). Tapi semua bisa dipelajari kok, yang penting kompetensi dasar nya sudah match… yang lain tinggal dilatih dan diceburkan kelapangan.

  3. wah, ada informasi ga bu untk jenis2 usaha yang masuk kategori untuk peminjaman modal trus syarat2nya apa aja..btw bisa minta email ibu ngga ya :)
    saya di ghoose_04(at)yahoo.com atau baguskd(at)gmail.com
    thanks b4

  4. Bagus,
    Udah saya jawab lewat email. Emailku: edratna (at)yahoo.com
    Jika belum jelas, kita bisa diskusi….siapa tahu makin banyak teman-teman alumni ITB yang mau berwirausaha, memberi peluang penyerapan tenaga kerja.

  5. AO ini untuk kredit mikro kan bu ? Biasanya istilah untuk SME dan Corporate adalah Relationship Manager tapi saya kira prinsip kerjanya sama saja. Di beberapa bank kerjaannya gabungan antara sales dan credit analyst, tapi ada juga yang memang dipisah antara sales dan credit analystnya.

  6. Andri,

    Sebetulnya AO adalah istilah umum, dari kredit mikro sampai korporasi. Seorang Direktur juga AO, tapi tentu dengan kewenangan lebih besar.

    Memang sejak setelah krisis, Bank diwajibkan menggunakan Four Eyes Principles, yang memperkenalkan pemisahan antara Relationship Manager (RM) , yang berhubungan langsung dengan nasabah…serta CRM (Credit Risk Manager), yang nasabahnya adalah RM. Tugas CRM adalah melihat dan menganalisa dari sisi risk. Pemisahan ini dimaksudkan agar Bank makin prudent, terutama untuk menganalisa kredit besar (menengah dan korporasi).

    Dulu, tahun 80 an, pemisahan sebatas antara FA (Financial Analyst) dan AO (Analis Kredit). Jadi pengertian AO memang berkembang, sejalan dengan perkembangan bisnis, juga pengalaman Bank-bank dalam menghadapi krisis.

    Jika kredit menjadi bermasalah (kurang lancar s/d macet), maka pengelolaan dipindah ke CRM, sehingga terpisah antara pemrakarsa awal dan penyelesaian/restrukturisasinya. Hal ini dimaksudkan, agar AO/RM lebih fokus untuk mengembangkan bisnis…kriteria/kualifikasi orangnya akan berbeda pula antara RM dan CRM.

  7. Bu Enny,

    Salam kenal!
    Mo bertanya nih, kalo di Indonesia, biasanya yang berperan sebagai AO (Account officer) dalam penalangan penyaluran kapital untuk “IPO”, perusahaan yang go public untuk pertama kali, itu siapa ya? Siapakah orang yang mengevaluasi neraca perusahaan, melakukan proses due diligence, yang menentukan harga saham untuk di pasar (karena pertama kali di issue maka tidak ada harga pasar buat saham tsb) itu pihak dari mana biasanya ya, dari bank apa akuntansi publik?

    Terus, untuk saham2 yang sudah di jual belikan pasar modal,(secondary market) siapa yang memberikan opini peringkat (rating) saham tsb (contoh “blue chip” ato Junk)?

    terima kasih,

  8. wah sama deh bu nanyanya..sampe saat ini masi bingung penentuan nilai IPO, atau NAB itu ditentukan oleh siapa? yg menjadi nilai penentunya apa?

    makasi jg :D

  9. Mas Jono dan Bagus,

    Jawabannya disatukan ya. Mungkin perlu dibedakan, yang dimaksud AO di tulisan saya adalah orang yang bertanggung jawab mengelola account debitur (menilai, mengevaluasi, memonitor, dan menganalisis serta mengusulkan jika ada permintaan tambahan pinjaman). Disini tak ada kaitan dengan apabila perusahaan akan melakukan IPO (Initial Public Offering) atau penawaran saham perdana.

    Apabila perusahaan A akan mendapatkan tambahan modal dengan jalan IPO, maka yang harus dilakukan perusahaan A adalah menunjuk:
    – Perusahaan Appraisal….untuk menilai Fixed Assets perusahaan
    – Legal Consultant…untuk meneliti apakah semua persyaratan hukum telah dipenuhi
    -Audit Akuntan…untuk menilai, dan due diligence terhadap laporan keuangan perusahaan (karena untuk IPO harus benar-benar transparan)
    – Penjamin emisi…untuk menjamin bahwa IPO dapat berlangsung, serta ada pembeli dari saham yang akan diterbitkan/dijual oleh perusahaan A. Penjamin emisi lah yang membuat dan mengatur road show, mempertemukan para pialang, investor, dengan pihak perusahaan, agar diperoleh informasi dari pihak pertama. Investor biasanya ingin tahu, apa dan siapa perusahaan A, kualitasnya seperti apa, dan uang hasil IPO akan digunakan kemana…bagaimana kemungkinan perolehan deviden.

    Setelah ini, yang paling penting adalah “timing”…..jika semua bagus, perusahaan A adalah perusahaan sehat, going concern, dan prospektif…..maka saat IPO diharapkan nilai saham akan mendapatkan harga yang bagus. Jadi penentuan NAB telah dihitung saat analisis laporan keuangan… namun harga saham setelah IPO sangat ditentukan oleh pasar. Jika memang fundamental perusahaan A kuat, timing tepat…diharapkan nilainya akan tinggi.

    Dalam secondary market, memang ada perusahaan rating, juga ada Badan Pengawasan Pasar Modal……namun kadang situasi pasar saham juga sangat ditentukan oleh sentimen pasar.

    Terus terang, jika telah masuk pada pasar saham , ini merupakan keahlian tersendiri, mungkin Bahar lebih pandai dalam menjawab pertanyaan, Kalau saya, kebetulan ikut serta dalam beberapa kali pertemuan (investor meeting), dan ikut road show ke seluruh Indonesia saat perusahaan tempat saya bekerja go public, juga diajak diskusi saat beberapa nasabah akan go public. Namun secara detail setelah itu, merupakan bidang lain (investment banking).

  10. Saya mau bertanya, apa saja tugas dan tanggung jawab Account Officer, costumer service, teller pada perbankan?

  11. Account Officer (AO), bisa disebut juga Analis Kredit, atau Relationship Manajemen (RM), pada dasarnya adalah menganalisa, mencari nasabah baru, mengelola, sampai dengan menyehatkan kembali jika pinjaman bermasalah. Mengapa disebut Account Officer, karena bertanggung jawab terhadap pengelolaan account pinjaman yang berada dibawah wewenangnya, jadi AO mempunyai wewenang ikut memutus pinjaman.

    Sedangkan Customer Service menjembatani kebutuhan nasabah, melayani/memberikan informasi tentang kebutuhan nasabah atas produk perbankan. Apabila nasabah ingin menyimpan dana, Customer Service akan menghubungkan nasabah dengan petugas yang berwenang.

    Sedangkan teller adalah perpaduan antara tugas Deskman (pelayanan di counter) dengan kasir. Teller akan membantu nasabah yang akan menyetor atau menarik dana dari Bank, tapi prosedur persetujuan untuk penarikan dan penyimpanan mengikuti peraturan tertentu yang telah ditetapkan oleh Bank ybs.

  12. Wah, ternyata seru juga jadi AO ya Bu. Sebetulnya saya dulu juga sudah keterima di salah satu bank BUMN besar sebagai analis kredit. Pada saat wawancara, salah seorang pejabat Bank tersebut sempat memuji atas kuatnya daya analisis saya, meski saya juga tidak tahu mereka menilai darimananya. (Sempat juga mereka bilang”Dari IPB ya, pantesan”.
    Tapi karena pertimbangan asmara, saya tidak jadi ambil dan mengambil pilihan lain yang domisilinya lebih dekat dengan pacar saya.
    Sempat dikritik rekan-rekan saya waktu itu, bahkan olah keluarga besar saya, tapi tekad saya sudah bulat untuk mengambil pilihan yang satunya.
    Tapi membaca apa yang ibu tulis di atas, sepertinya pekerjaan analis kredit seru banget.
    Wah, nyesal juga nih gak diambil….:-)

  13. Nyaris AO,
    Tak perlu menyesali, dimanapun kita bekerja pasti ada enak dan nggak enaknya. Dan yang jelas, bisa berdekatan dengan pacar, atau malah sudah jadi isteri? Kalau dulu jadi AO, mungkin ditempatkan di luar pulau, yang selalu berjauhan dengan keluarga, walaupun hal ini menjadi hal biasa untuk saat sekarang.

    Yang penting, buatlah pekerjaan sekarang nyaman dan menyenangkan (ini hanya bisa kalau kita memang suka dengan pekerjaan ini), dan tetap “marketing yourself”…sehingga karir ditempat sekarang bisa meluncur terus keatas.

  14. artikel yg sangat bagus ^_^ , menarik , jadi pingin coba apply jadi AO. terima kasih bu ratna.

  15. Randi,

    Semoga berhasil, dijamin tak akan menyesal untuk orang yang menyukai tantangan. Tapi tingkat stresnya juga tinggi, jadi harus bisa mengelola gaya hidup, dan dapat pasangan yang memahami.

  16. salam kenal bu enny..

    saya lagi cari2 info mengenai AO, kebetulan besok mau tes wawancara AO di BRI. eh ketemu blog bu enny, dan setelah saya baca2 ternyata bu enny tetangga saya juga dulu rupanya:) saya kakaknya elmanna temen SD nya ani buk:) sempat juga kok temenan sama ari:) gimana kabar mereka bu?
    thanks infonya ya bu, sangat membantu bagi saya:)

  17. Salis,

    Kakaknya Elmana? Benar-benar internet membuat kita semakin dekat. Semoga test nya sukses ya.

  18. Saya sudah lama sekali tidak mberkecimpung dg perbankan
    Dulu saya pernah bekerja di salah satu bank di indonesia.
    Sekarang saya ada persoalan dg ingin membuat analisa ne-
    raca perusahan yg mau saya mulai dg meminjam uang dari
    pemerintahan disini utk memulai usaha. Saya pernah bekerja
    pada salah satu bank di indonesia dahulunya dibagian kredit.
    Karena masalah pribadi maka surat2 saya tertinggal semua-
    nya di indonesia. Itu kira2 10 th yg lalu.
    Saya mohon ibu bisa memberikan gambaran kembali bagaima-
    na utk memulainya dari awal sebagai pemula utk berbisnis di-
    toko kelontong. Dari neraca awal, perputaran modal kerja, sam-
    pai kemampuan membayar kembali kredit. Yang saya perlukan
    adalah belangkonya. Tanpa angka2. Dan yg lainnya bisa saya
    sesuaikan dg keadaan usaha yg akan saya mulai nantinya yaitu
    membawa barang2 import dari indonesia ke tempat saya ini.
    Dan laporang tentang program saya ini harus masuk secepatnya.
    Atas kebaikan ibu saya ucapakan terima kasih. Dan ibu bisa mem
    balasnya melaui email saya. Sambil menunggu jawaban, saya u-
    capkan terima kasih. Ruslan.

  19. IbuK….. edratna
    Saya sekarang diluar negar, tiba2 ingin menukar usaha di bisnis. Sedanagkan bank menanyakan
    proposal usaha yg akan saya usulkan. Utk ini saya
    membutuhkan tambahan modal kira2 10.000 uero
    Saya ingin menjual barang2 suvernir indonesia disini. Dg asumsi O modal. Asset yg baru diborgka
    Peralatan yg saya butuhkan adalah bus angkutan transportasi membawa barang2 dari kota ke kota
    lainnya. serta pengurusan surat2 1.500 uero. bus
    3.500 uero. Selebihnya utk pembeli barang dan bi
    aya opersionil lainnya. Seperti pinjaman KIK-BRI.
    Pembayaran utk 3 th. Pengeluaran bulanan 1.000.
    Saya mengharapkan bantuan ibu secepatnya kare
    na proposal ini diperlukan secepat mungkin ( da-
    lam satu minggu ). Sedangkan saya kelupaan utk
    membuatnya karena saya pernah kerja di bank indon. 20 th yg lalu bagian perkriditan.
    Saya harapkan ibu bisa mengolah info ini dari utk
    pengolahan dari neraca sampai cash-flow. karena
    inilah yg diminta oleh bank tsb.
    Saya harap ibuk bisa mengirimkan saya pemecah
    an masalah saya ini melalui e-mail saya.
    Saya ucapkan ribuan terima kasih jika ibuk mau meringankan permasalahan ini. See ya… london

  20. Bu’ apa bedanya Account officer di perusahaan swasta dengan yang di BUMN, thx.

  21. Sebuah artikel yang cukup menarik dan komprehensif untuk memahami “ruang kerja” seorang account officer.Dari sini saya bisa meraba kemampuan apa yang harus saya persiapkan untuk bisa menjadi occount officer yang handal.Thanks Bu Edratna!Saya berharap ini bisa menjadi bekal saya untuk maju dlm interview Corporate Occount Officer di BRI bsok.

  22. Ruslan,
    Maaf saya baru datang mengajar di Papua 10 hari, kapan-kapan akan saya jawab melalui tulisan. Thanks telah mampir.

    Deniez,
    Saya kurang jelas apa yang dimaksud. Perusahaan swastanya Bank juga? Jika sama-sama Bank, tentu jenis pekerjaannya akan sama, yang berbeda penerapannya dalam Risk Management, yaitu pemisahan Relationship Management dan Credit Risk Management.

    Tapi jika perusahaan swasta umum, saya tak bisa menjawab, sebelum tahu job descriptionnya.

    Wiwied,
    Semoga berhasil

  23. Bu, apakah ada standart baku approval suatu proposal pengajuan kredit di seluruh cabang bank umum nasional, dilihat dari jenis bidang usaha, limit plafond kredit, maupun collaterall coverage, ataukah ada adjusment tersendiri disetiap wilayah?
    Terima kasih.

  24. Ibu saya mewakili teman2 petani mau menanyakan tentang standarisasi persyarata kridit itu apa ya ? Kami saat ini sedang mengajukan kridit program Skim Pelayanan Pembiayaan Pertanian ( SP3 ) dari Deptan namun seprtinya pihak bank enggan untuk merealisasikan kridit program ini, padahal kami sudah perusaha memenuhi persyaratan yang ada. Tolong ibu bantu kami informasi tentang standarisiasi kridit itu apa saja… trimakasih

  25. Dex,

    Bank harus “prudent”, karena uang yang diberikan untuk pinjaman ke pihak lain, harus bisa kembali dan tepat waktu. Mengapa? Karena dana tersebut berasal dari para penabung, termasuk Dex, jadi bukan milik Bank, karena fungsi Bank hanya sebagai Financial intermediary.

    Bank harus tunduk pada undang-undang perbankan, dan peraturan Bank Indonesia sebagai regulator. Jadi setiap Bank mempunyai Kebijakan Umum Perkreditan (KUP), yang dikirim dan mendapat persetujuan BI. Juga Bank harus punya PPK (Prosedur Pelaksanaan Perkreditan), semacam Standar Operasional Perkreditan, yang menginduk pada KUP yang telah disetujui BI tsb.
    Jadi setiap petugas Bank harus mengikuti aturan standar, karena risiko bekerja di Bank sangat tinggi. Misal, saya menganalisa pemberian pinjaman, yang ternyata hasilnya tak memuaskan…pinjaman tersebut pembayarannya tersendat-sendat..maka saya akan kena sangsi dari perusahaan. Dan jika hasil pemeriksaan auditor ternyata ada unsur kelalaian (harus diingat auditor Bank terdiri dari: BPK, audit intern, BI, BPKP dan auditor independent)…maka pegawai yang menganalisa tadi akan kena sangsi sesuai pasal-pasal dalam KUHP.

    Bank benar-benar harus hati-hati, karena begitu pinjaman diberikan, Bank harus mencadangkan sebesar 1 % dari pinjaman tsb yang masih kategori lancar. Jika perusahaan menurun, padahal pinjaman masih dibayar lancar, maka kategori pinjaman telah menjadi “Dalam Perhatian Khusus” dan membentuk cadangan lebih besar. Bayangkan jika pinjaman dalam kategori macet, maka cadangan 100%, jadi Bank sudah rugi karena nasabah tak membayar, masih harus membentuk cadangan sebesar jumlah plafond pinjaman yang macet…Oleh karena itu analisa harus dilakukan secara prudent.

  26. Syaidi,

    Harus dilihat lagi, jika mengajukan kredit program Skim Pelayanan Pembiayaan Pertanian ( SP3 ) dari Deptan….maka penilaian adalah dari Departemen Pertanian, dan bukan Bank. Disini fungsi Bank harus dilihat sebagai apa…sebagai executing kah, atau Chanelling? Kalau executing, maka prosedur pengajuan langsung kepada Bank, dinilai kelayakannya oleh Bank (ingat..seperti tulisan di atas, pemberian kredit harus memenuhi unsur layak, sesuai uu perbankan)…dan jika tak layak tentu Bank tak akan berani meneruskan. Mengapa? Risiko bukan saja pada Bank nya, tapi pada orang yang bertugas menyalurkan pinjaman tsb, dan mereka akan terkena risiko yang langsung kepada pribadi.

    Jika chanelling, maka Bank hanya membantu menyalurkan, tanpa ada pertanggung jawaban kelayakannya, karena unsur kelayakan yang menilai pihak lain (mis. Deptan). Seperti Kredit Usaha Tani, Bank hanya sebagai chanelling, yang menilai kelayakannya departemen terkait…dan dana dari pemerintah.

    Kalau melihat bahwa pengajuan kredit melalui Deptan, berarti penilaian kelayakan pada Deptan, dan bukan pada Bank. Dalam hal ini Bank tak bisa disalahkan.

  27. interesting job, mo apply jg ah jdi AO. ;-)

  28. Kebetulan sekali, saya besok mau test AO di Bank Swasta di Bandung, mohon bantuannya ke Ibu kira-kira pertanyaan yang muncul untuk wawancara dalam test Tulis atau Lisan apakah selalu berhubungan dengan apa yang dilamar dalam hal ini AO atau memang ada unsur pertanyaan lain, karena memang saya adalah hal ini merupakan pengalaman baru dalam bidang AO selama ini mengajar dalam statistik di Sebuah PTS di Jawa Barat. Trims.

  29. Osep,
    Biasanya pewawancara telah diberi panduan, kompetensi dasar apa yang harus dimiliki oleh seorang AO. Nanti dari hasil obrolan, yang tentunya pewawancara harus bisa memancing/menggali obrolan, dapat menunjukkan kemampuan /kompetensi dari calon. Dari obrolan yang terlihat biasa ini, pewawancara yang kualified sudah bisa menilai, bagaimana kompetensi seorang calon, misal: achievement to drive, daya analisis, keinginan untuk terus belajar dll.

    Saran saya, jadilah diri sendiri…karena sebetulnya yang penting adalah kita bisa bekerja sesuai kompetensi kita.

  30. ibu ratna…. mohon penjelasan lagi mengenai AO. salah satu tugas AO adalah menganalisis kelayakan usaha karena menentukan prospek usaha dan kelancaran suatu usaha dalam pelunasan pinjaman debitur kepada pihak bank. yang saya tanyakan bagaimana cara menganalisis kelayakan usaha calon debitur?

  31. Cetik,

    Pada prinsipnya kelayakan suatu usaha dapat dinilai dari Five C’s,yaitu: Character, Capacity, Capital, Condition dan Collateral. Selain itu juga diadakan mitigasi risiko, kemungkinan risiko apa saja yang dapat mempengaruhi operasional perusahaan tsb.

    Khusus untuk Character, saya sudah pernah membahas dalam blog…lihat di http://edratna.wordpress.com/2006/12/15/
    menilai-karakter-bisakah/.. jadi untuk satu point, dinilai dari segala segi. Demikian juga penilaian C lainnya, untuk analisa keuangan juga digunakan analisis sensitivity, dan juga dilihat juga bagaimana kondisi makro dapat mempengaruhi perusahaan tsb. Yang tak kalah penting, adalah melihat perusahaan dibanding dengan usaha sejenis, pada skala yang sama.

  32. ternyata peran AO penting juga. baru tahu kerjaannya AO ya baru sekarang ini. Padahal sepupu saya juga ada yang jadi AO BRI.

  33. Munggur,

    Jabatan AO sangat penting bagi perbankan, karena AO adalah ujung tombaknya Bank dalam memasarkan, menilai kelayakan usaha, membangun jejaring dengan debitur….namun pekerjaan AO juga berisiko tinggi, karena kalau tidak hati-hati bisa mengakibatkan kerugian finansial secara langsung.

  34. ibu ratna, mohon penjelasan lagi.
    terkait dengan tugas AO sebagai konsultan,, bagaimana cara memberikan saran positif kepada debitur agar dapat memanfaatkan kreditnya dan usahanya dapat berjalan lancar dan tentu saja “pulang dengan tersenyum”.

  35. Alhamdulilah Bu saya Lolos untuk tahap wawancara seleksi AAO dI BRI.Pada sesi diskusi kelompok saya percaya diri karena sebelumnya saya telah banyak belajar dari tulisan Ibu.Test IQ dan Psikotest sudah kelar,tinggal menunggu hasilnya. Mhon doanya Ibu.

  36. Wiwied,
    Semoga berhasil.

  37. Pagi bu, salam kenal ya.
    saya sebenarnya sering banget ditawari jadi AO, tapi karena belum tau job desknya jadi saya urung mencoba. karena istilah AO yang dulu saya tau hanya sekedar mencari nasabah dan kemampuan itu yang saya belum punya, karena basic pendidikan saya bukan marketing/manajemen/akunt, basic saya adalah mipa biologi. sekarang aja saya dapet info disalah satu bank untuk posisi AO.
    Menurut ibu apakah pekerjaan AO cocok dengan saya?

  38. Jifun,
    Untuk menjadi seorang AO, test nya adalah kompetensi, apakah anda mempunyai analisis thinking yang kuat, juga beberapa kompetensi lainnya….. karena lainnya akan dididik minimal 9 bulan…secara klasikal (in house training) dan job training di Kantor Cabang Bank. Dan sistem gugur, ini yang sering tak disadari oleh teman-teman, jadi setiap bulan ada test/evaluasi….karena jabatan AO risikonya sangat tinggi, baik bagi perusahaan maupun ybs. Karena risiko pada Bank bisa menimbulkan risiko sistemik.

    Jifun bisa menilai sendiri, apakah tahan bekerja dibawah tekanan, stres nya sangat tinggi karena mempunyai target yang jelas, dan penilaian kinerja didasarkan atas target ini. Juga harus tahan bekerja lembur, sering pulang malam, bepergian ke berbagai tempat…bahkan kadang hari Sabtu dan Minggu terpaksa kerja karena dikejar dead line. Jika cocok, jabatan AO sangat “hidup” dan menantang.

  39. Alhamdulilah IQ dan Psikologi test saya lolos Bu…Rabu besok saya wawancara akhir.Sekali lagi mohon doanya!

  40. Wiwied,

    Saya doakan, semoga berhasil

  41. Makasih bu atas sarannya. Saran ibu sangat membantu saya mengenali pekerjaan ini. Bu saya mau tanya lagi. Kalo Account Executive (AE) apakah sama saja dengan AO ga?

  42. Jifun,

    Setahu saya, AE adalah untuk usaha periklanan. Kemungkinan tugasnya mirip, bertanggung jawab atas account iklan, ada targetnya, dan memanage para pemasang iklan.

    Saya tahunya dari calon Staf yang pernah diwawancara…tapi tolong koreksi jika salah.

  43. Alhamdulillah saya lolos seleksi AAO di BRI Bu, terima kasih atas doa dan sharing ilmunya selama ini. Akhir oktober ini saya diklat di sendik BRI Jakarta. Sekali lagi terima kasih…..

  44. Wiwied,
    Tetap semangat dan rajin belajar, karena sistem gugur. Banyak juga yang gugur karena tak mencapai nilai minimal (<70). Jadi tetap harus banyak membaca, dan saat job training buat jadual agar bisa mempelajarai semua yang ada di buku panduan sebagai prakteknya, dan jangan terpengaruh oleh teman lain yang tidak serius.

    Menjadi AO adalah tugas yang sangat berat, kita harus kokoh seperti batu karang, tetapi bisa lembut dalam menghadapi klien untuk mendapatkan informasi. Juga setiap langkah harus sesuai hukum, karena risikonya tinggi.
    Selamat berjuang, semoga sukses.

  45. referensi yang TOP abizz!!! sayangnya ak telat bacax, 24 okt kmrin ak tes wawancara AO BRI.
    Makasih y bu ilmunya dibagi…

  46. Sury,
    Kan masih bisa digunakan test di tempat lain.

  47. thx atas referensinya bu eny…
    saya adalah seorang pegawai baru di sebuah bank swasta sebagai AAO ( asisten account officer ) saya sangat antusias dengan apa yang ibu paparkan, mungkin kalo ada buku yang mengulas bagaimana menjadi account officer yang baik dan berkualitas saya ingin sekali beli, ada referensi bu?
    selain itu ada yang ingin saya tanyakan. yang pertama, mengenai character debitur, bagaimana kita dapat menilai apakah debitur tersebut merupakan debitur yang mempunyai caracter baik dan berkomitmen untuk mempergunakan pinjaman dalam rangka memperbesar usahanya atau tidak? yang kedua, bagaimana menilai sebuah usaha, apakah itu masih dapat berkembang atau sudah jenuh selain dengan pendekatan sales? yang ketiga, bila suku bunga bank lebih besar dan jaringan yang kita miliki lebih sempit, bagaimana AO menyikapi hal ini agar tetap dapat survive? ( terutama di sektor UKM ) dan yang terakhir apakah pengetahuan transaksi L/C merupakan menu yang harus dipelajari oleh seorang AAO sektor UKM ? terima kasih

  48. Adi,
    Pertanyaanmu banyak banget, sebetulnya untuk belajar khusus perkreditan minimal 40 sesi, dan harus ada job training.

    Seorang AO, juga harus memahami ilmu Hukum, karena setiap langkah bisa berakibat hukum, juga komunikasi, selain harus bisa menilai…termasuk menilai karakter. Dalam pelatihan, semuanya diberikan, namun tetap harus mendapatkan pengalaman di praktek. Pengalaman inilah yang akan membuat insting atau feeling kita lebih tajam, sehingga kita tahu apakah seorang debitur bersikap baik dan bagaimana karakter aslinya dibalik tutur kata yang manis, sopan santun dsb nya.

    AO harus bisa memahami kebutuhan debiturnya, harus tahu ekspor impor, agar dapat melayani transaksi L/C, juga harus tahu tentang hedging. Menjadi AO harus terus belajar, dan secara bertahap akan mampu menyerap pengalaman di dunia nyata dibanding dengan pelajaran yang diperoleh secara klasikal.

    Buku refernnsi untuk jadi AO yang baik jelas tak ada dipasaran, karena AO yang baik harus mendapatkan pelajaran dikelas dan praktek dilapangan. Sama seperti menyetir pesawat terbang, pilot tetap harus mendapatkan pendidikan tersendiri.

    Minta aja di usulkan ke bank yang memperkerjakan, agar mendapatkan pelatihan, biasanya ada pendidikan basic AO, intermediate dan advance. Pelatihan yang bagus bisa dilaksanakan secara in house training, dan lembaga yang mampu adalah Lembaga Pengembangan Pendidikan Perbankan, karena pengajarnya adalah orang-orang Bank, yang telah kenyang bertugas di Bank dan menjadi AO.

  49. salam kenal bu,

    Bu, sy mo tanya, apa AO yg deskripsi pekerjaannya di bidang asuransi jiwa sama tugas nya dengan AO yg di BANK? mohon penjelasan y bu..tks..

  50. Hafid,
    Saya belum pernah bekerja di asuransi, tapi kalau melihat bahwa Asuransi harus menjamin seseorang, tentunya melalui penilaian tentang kemampuan orang yang menjaminkan. Seperti asuransi mobil, saya asuransi mobil sejak awal membeli di Astra, sehingga mereka udah bisa meneliti kelayakan saya (karena kan ada daftar gaji suami isteri, pengeluaran dsb nya), juga nilai mobilnya. Untuk asuransi jiwa, tentu juga ada kriterianya, apakah orang yang diasuransikan tak menderita sakit parah, dll. Jadi prinsipnya cara penilaiannya mestinya “agak mirip”, dan disesuaikan dengan jenis asuransi yang dipilih.

  51. saya baru melamar pekerjaan berhub. dengan FINANCE. Posisi (AO). Cara Kerjanya gimana yah. apa lowongan ini cocok untuk saya yang pemula.

  52. Alik,
    Finance sangat luas, apa yang anda maksud dengan finance disini? Finance bisa berarti bekerja dibidang yang berhubungan dengan keuangan, bisa di Bank, Lembaga Keuangan non Bank, bisa juga di perusahaan leasing dll.

    Cocok apa tidak sangat ditentukan oleh kompetensi seseorang, seorang psikolog akan mengetahui hal ini karena pada saat test biasanya juga melibatkan psikolog.

  53. Bu, sebelumnya saya sempat membaca page ini sebelum melakukan interview dengan pihak perusahaan securities yang akan merekrut saya menjadi Account Officer. dan saya sangat terbantu atas apa yang sdh saya bc. bu kalo boleh bertanya, menurut Ibu berapa gaji yang akan ditawarkan oleh perusahaan securities (broker saham) pada posisi Account Officer seperti saya yang freshgraduate?. mohon dibalas secepatnya ya bu, berhubung saya akan mengikuti interview lanjutan.

  54. bu, saya mohon informasinya yakni sebagai account officer pekerjaan (job desk) secara riil pada hari pertama kerja itu seperti apa? apakah akan mencari nasabah door to door (mdh2an saja tidak seperti itu) atau bagaimana bu?
    terima kasih sebelumnya

  55. Pipit,
    Jawabannya, adalah sangat tergantung pada perusahaan yang bersangkutan. Sebetulnya bagi bank yang telah memiliki lembaga pendidikan, AO yang telah lulus test harus melalui job training dan ujian beberapa tahap lagi, yang semuanya sistem gugur…jadi tak langsung kerja.

    Gaji? Juga sangat tergantung pada kob desc nya…semakin besar tanggung jawabnya, semakin tinggi gajinya.

    Untuk perusahaan sekuritas, baca blognya http://ihedge.wordpress.com

  56. bu saya pendatang baru,
    saya mau tanya kalo tes AO tu apa aja?
    karna saya di panggil tu tes pada posisi AO.
    backgroud pendidikan saya teknik Industri, apakah background pendidikan saya tersebut nyambung dengan AO?
    terima kasih bu

  57. Urwa,
    Saya tak jelas yang dimaksud AO, apakah AO untuk perbankan?
    Biasanya tesnya ada 5 tahap:
    Pengetahuan umum (termasuk bhs Inggris)
    General Psychotest
    Individual Psychotest
    Test Kompetensi
    Wawancara
    Test Kesehatan

    Tapi bisa juga berbeda…
    Latar belakang bisa dari mana-mana, yang penting kompetensinya memang match dengan yang diinginkan perusahaan (tidak berarti kalau pandai, pasti match….)

  58. bu…sy mau tanya lagi…….untuk diperbankan, kalo bedanya AO dengan Marketing Officer (MO) dan Sales Officer (SO) apa….?
    soalnya ada info untuk jadi SO Bank Mandiri, tapi ga tau desc jobnya seperti apa…apakah menawarkan kredit dari rumah ke rumah atau seperti apa…..?

    mohon pencerahannya…..
    makasih penjelasannya ya bu…..

  59. Jifun,
    Kadang masing-masing menggunakan istilah berbeda…..

    Ada Bank yang menggunakan 2 istilah untuk AO, sesuai Manajemen Risiko, yaitu Relationship Manager (RM) dan Credit Risk Management (CRM). Disini yang disebut AO adalah jajaran RM dan bosnya di sebut Marketing Officer (untuk di Kantor Cabang). Sedangkan CRM menilai dari segi risiko, dan antara RM dan CRM merupakan partner yang saling independen dalam menilai kelayakan usaha debitur…..jika dua pihak yang menilai kelayakan, dan saling independen, inilah yang disebut sebagai Four Eyes Principle.

    Sales Officer, saya tak terlalu jelas…ada beberapa bank yang yang menempatkan SO sebagai pimpinan atau koordinator dari Fund Officer…yang bertugas mencari nasabah penyimpan dana untuk mau menempatkan dana nya di bank ybs. …sedangkan AO dari sisi nasabah penerima dana (atau debitur)

  60. berarti lebih berat tugasnya yg mana bu, SO atau AO…?
    kalo produk yg ditawarkan apa aja bu…? atau tergantung dari Bank nya itu sendiri…?
    saya mau tanya lagi bu…, kalo posisi bancaassurance specialist tugasnya untuk asuransi jiwa ya bu…?

    makasih penjelasannya bu…

  61. Jifun,
    Berat mana? Saya kira kita melihat pada kompetensi orangnya, karena untuk marketing pinjaman dan dana, sifatnya berbeda.
    Bankasurrance adalah produk asuransi yang terkait dengan produk bank…..jadi tergantung pada banknya…apa aja yang mau di link.

    Sebetulnya kalau bekerja, nggak usah berpikir terlalu berat, dengan test kita akan memahami apakah kita cocok apa tidak dengan posisi yang ditawarkan…kalau tak lulus, bukan berarti bodoh, tapi kompetensinya tak sesuai…walaupun sama-sama di posisi perbankan, kompetensi masing-masing jabatan sangat berbeda. Inipun juga tergantung dengan jenis usaha bank tersebut.

  62. Hallo Ibu,
    Salam Kenal dari saya. Thx BGT yah Bu atas infonya. Artikelnya sangat membuka wawasan saya. Kebetulan kamis besok saya interview untuk posisi AO di Panin Bank. Doain sy yah Bu…
    Smoga sy bs ditrima jg spt Wiwied. :)

  63. dita_smile,
    Semoga berhasil

  64. haloo Ibu,
    hari ini saya baru saja interview u/ posisi AO di panin bank. doakan ya bu smoga lolos, dan bisa ke tahap slajutnya. amiiiiiiin…
    kalau blh saya jujur, saya lebih menyukai pekerjaan yg di dalam kantor, yang tenang, dengan suasananya kondusif yg saya sukai, dibandingkan pkrjaan lapangan yg menguras banyak hal. sebagai contoh saya lebih menyukai pkerjaan sbagai customer service..
    yg mau saya tanyain, dengan karakter saya sperti itu apakah saya bisa diterima dalam posisi AO. walaupun terlepas dari karakter saya diatas, sbenarnya saya mau dan tertarik mencoba /mempelajari hal baru (learning by doing).
    trimaksii buuuu..

  65. Kuri,
    Santai aja…kalau diterima berarti Kuri cocok atau match dengan kompetensi yang dibutuhkan perusahaan tersebut. Jika tidak, berarti memang bidangnya yang tak sesuai, bukan berarti tak bagus….

  66. trimaksi bu..saya bharap taun ini saya sdah bsa bkarir di perbankan..karna obsesi saya adalah bekrja di dunia perbankan..saya sgt menyukai sektor perbankan..mudah2an kalaupun posisi AO tidak sesuai dengan kompetensi saya, masi banyak posisi lain yg sesuai..

    trimaksi bu, sukses trus buat ibu..

    Kuri,
    Sama-sama…semoga Kuri sukses mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakatnya

  67. Menarik artikel mengenai AO, bagaimana saya dapat berhubungan dengan AO Profesional / Senior Account Manager yang dapat membantu mencairkan dana pinjaman skala milyar dengan agunan serta memberikan ide usaha yang bagus. Hubungi saya di icangr@yahoo.com, Terimakasih

  68. alhamdulillah alloh beri kemudahan buat saya mendapat artikel yang sangat menarik dan sangat membantu saya dalam menghadapi tes yang akan saya jalani untuk posisi ao…matur nuwun ilmu yang ibu enny berikan takkan saya lupa…slam kenal dari saya panji email p_for168@yahoo.co.id…..

    Panji,
    Syukurlah jika bermanfaat….

  69. Halo teman2 disini ada yang ikutan nglamar AO di BRI ga? Sharing donk? ini situs pengumumannya kok ga bisa dibuka ya? http://www.lppm.ac.id/bri/
    mohon pencerahan. Terima kasih

    PENGUMUMAN PESERTA LOLOS SELEKSI ADMINISTRASI
    REKRUTMEN & SELEKSI CALON ACCOUNT OFFICER
    BRI KANWIL JAKARTA 2

  70. Chayo…..Salam hangat.Waduh lama banget ga maen keblog Ibu.Alhmdllh Bu saya lolos seleksi dan pndidikan AO dan skrg sdng OJT di Jogja.Banyak dari artikel-artikel Ibu yang sangat relevan sekali dgn jobdesk saya sekarang bahkan selama pnddikan kmrin saya sudah familiar dgn analisis SPD,recasting,spreadsheet,probing skill dll sehingga paling ga saya sudah ada pemahaman dasar ttg materi2 tsb.Mohon bantuan ya Bu barangkali bsok2 saya “curhat” masalah kerjaan ke Ibu toh saya rasa saya “berguru” pda orang yang tepat hehehe…..

    Wiwied,
    Selamat…akhirnya berhasil lulus. Tapi ingat, lubang-lubangnya masih banyak, karena kalau pendidikan gagal, bisa drop out. Juga saat setelah diterima bekerja penuh, setiap tahun tetap ada test untuk mengkinikan kemampuan pegawai..dan inipun harus lulus juga…jadi belajar memang tiada akhir.

  71. wah akhirnya nemuin juga blog untuk tempat belajar,…bu edratna, penjelasan tentang AO n uraian sangat menarik,…yg mau saya tanyakan agak menyimpang dari topik,..tapi ada hubungannya bu,…apa yang harus dipersiapkan untuk menjadi seorang analis risiko? khususnya analis risiko kredit?

    Avartara,
    Mau tak mau untuk analisa risiko kredit memang harus ikut kursus….biasanya Bank menyelenggarakan kursus ini (in house training) untuk para stafnya, bekerjasama dengan lembaga perbankan.

  72. Saya baru 3 minggu diterima di Bank swasta sebagai RO (Relationship Officer) di Probolinggo. Saya berasal dari Kalimantan dan lulus kuliah di Malang. Saya agak merasa bingung untuk mencari nasabah, sementara target yang akan dicapai setelah tiga bulan training saya lihat sangat besar (500 juta untuk bulan pertama masa kontrak). Bagaimana cara mambangun relasi dengan cepat? Saya merasa kemampuan persuasif saya kurang memadai. Mohon saran dan tanggapannya. Terima kasih.

    Rizky Mariyadi
    ,
    Biasanya ada semacam magang atau job training, agar pegawai baru mengenal lingkungannya, dan tahu apa tugasnya. Training ini disesuaikan dengan tugas yang dibebankan pada pegawai baru, tapi tak semua perusahaan melakukan ini karena keterbatasan biaya dan waktu. Jalan satu-satunya, Rizky harus banyak bertanya terutama pada para senoir yang telah bekerja di bank tersebut, karena setiap Bank mempunyai standar dan prosedur yang berbeda disesuaikan dengan kebutuhannya.

  73. waow….banyak info disini….

    smg dari yg saya baca dapat jadi bekal wat saya maju ke test wawancara untuk seleksi AO BRI selasa besok….

    doain saya yah bu….smoga saya bisa diterima bekerja sebagai AO dan menerima tantangan ini….

    Herri,
    Semoga berhasil…

  74. salam kenal bu

    saya telah menjadi ao di bank bumn hampir 4 tahun .
    Benar ibu bilang makin lama di ao makin banyak lubang lubang yang harus di pahami, di mengerti dan di pelajari dengan baik.

    makasih bu artikelnya sangat bermanfaat bagi saya yang masih perlu pelajar tentang ao

    Zikri Fuadi,
    Syukurlah jika bermanfaat…semoga menjadi AO yang handal. Kuncinya, selalu hati-hati, jangan mudah terpengaruh pada pendapat orang yang belum dikaji baik buruknya.

  75. Bu,…terima kasih atas info yang diberikan, saya harap banyak profesional di bidang lain yang bisa sharing ilmu bbuat fresh graduate seperti saya yang masih buta lika-liku dunia kerja….

    Numpang tanya, mbak wiwied cantumkan alamat e-mailnya dong….! aku pengen tanya2 nich seputar test AO di BRI,mungkin nasehat dari mbk bisa ngebantu….Salam & Terima kasih…..

    Alay,
    Mudah-mudahan Wiwied membaca dan menjawab pertanyaanmu…

  76. Setelah sy mmbaca artikel dan sesi tanya jawab rekan2, sy jd ragu ntu ikt tes AO bank BRI tahap selanjutnya……….

    Saya takut gagal ditengah jalan, dan tentunya kalau gagal saya akan mengulang dr awal lagi ntu melamar krja dan proses seleksi……….

    Sementara saya skrg sdh bkrja sbgai krywan tetap di salah satu BUMD…………

    Saya butuh saran dr ibu, apakah sy melnjutkan tes ini atau tidak?
    Terimakasih sebelumnya, atas sarannya

    Faruq,
    Keputusan harus ditanganmu sendiri, tak bisa dilakukan oleh orang lain. Kalau masih bingung, coba buat SWOT analysis…apa peluangnya, apa kendalanya, kekuatan dan kelemahannya.

  77. Salam kenal..
    Saya tertarik dg artikel ibu ttg AO. Sy daftar di bank BRI.. tp benaran saya bnr2 “blank” apa itu AO??tugas2 dan tanggungjawab seperti apa?
    bwt teman2 yg daftar di bank BRI Kanwil Jakarta 2..mungkin kita bs berbagi ilmu. Bsk Rabu wawancara tahap awal. Trs gmn kita bs menikmati pekerjaan seorang AO??sedangkan Background pendidikan sy jg bukan dr akuntansi, dari Sastra… Tp apa salahny mencoba..smua jg perlu usaha!!

    Wulan,
    Jika telah lolos seleksi, nantinya akan ada pendidikan, tapi ini juga berupa sistem gugur. Yang memang match kompetensinya, yang akan diterima, karena jabatan AO adalah jabatan yang high risk, sehingga diperlukan orang-orang yang kuat, fight, teliti dan akurat, dan mau terus menerus belajar (peraturan baru susul menyusul, karena Bank adalah lembaga yang Highly regulated).

  78. saya sangat tertarik dengan tanya jawab di atas, yang saya ingin tanyakan apakah AO juga sebagai PIC, yang mempunyai tanggung jawab sepenuhnya terhadap kliennya baik perusahaan ataupun individu..
    tolong jawabannya ya bu
    Tx b4

    Ibenk,
    Tanggung jawab, dan etika sebagai AO biasanya dinyatakan tertulis pada masing-masing perusahaan. Tanggung jawab ini juga berbeda bagi masing-masing Bank, tergantung definisinya. Ada AO yang hanya marketing, analisisnya oleh pihak lain (Financial Analyst), ada juga AO yang meliputi semuanya. Namun sejalan dengan ketentuan Manajemen Risiko, maka ada pemisahan antara tugas marketing dan analis

  79. sorry bu saya mau bertanya lagi di dalam sebuah bank mungkin saya bisa menangkap fungsi dan tugas AO, bagaimana jika di dalam perusahaan jamsostek? apakah tugas dan fungsinya juga sama? tolong infonya ya bu…
    seperti kata ibu kalau AO yang bekerja di bank haruslah bisa mempunyai analysa yang bagus, tehadap kliennya yang harus di selidiki latar belakang kerjaan, alamat rumah, dan untuk apa uang tersebut digunakan( misalnya nasabah mengajukan kredit di bank), tapi kalau untuk perusahaan yang bergerak di bidang asuransi sperti jamsosstek, tugas dan fungsi utama AO apa ya bu?
    Tx y… :-)

    Ibenk,
    Bagi masing-masing Bank, struktur organisasi, dan job description berbeda, tergantung kompleksitas Bank tsb. Apalagi jika sudah berbeda lembaga….

  80. ibu,.saya pngn sharing niih,.sy adalah seorang ao di sebuah ‘bank bumn’ sy baru saja menjadi ao sekitar hampir 2 tahunan,. dan ditempatkan di daerah yang terpencil namun persaingan antar bank nya sangat tinggi artinya,.bank2 tsb tidak berkantor di wilayah sy namun mereka expansi hingga ke wilayah kami sehingga persaingan sangat ketat sekali,.yang ingin saya tanyakan bgaimana caranya agar tetap eksist sebagai ao karena saya merasakan terkadang ada rasa takut dalam menjalankan pekerjaan ini,.padahal saya sdh bekerja sesuai prosedurnya,.terima kasih.,

    Widya,
    Bukankah hidup memang penuh dengan persaingan? Bekerja di Bank, bagi orang yang diluar terlihat nyaman, kenyataannya penuh dengan target, bahkan kadang waktu untuk keluarga pun tersita.
    Inilah memang risiko yang harus dilalui jika bekerja di Bank….dan bukankah “high risk high return“…bekerja sebagai AO, karena risikonya juga tinggi, salary yang diperoleh juga lebih tinggi dibanding dengan yang ditempatkan di bidang administrsi. Namun tantangan tsb hendaknya menjadikan kita lebih kuat, karena memang hari-harinya lebih menarik.
    Kenapa takut…kita harus percaya ada Allah yang selalu melindungi kita….dan kalaupun kita menghadapi masalah, kita anggap sebagai cobaan.
    Btw, memang tak semua orang kuat untuk menjadi AO…Widya coba aja dulu, namun jika rasa takut terjadi terus menerus…kenapa nggak banting setir?

  81. Bu, analisa ibu sangat menarik untuk terus dipelajari. saya sangat berkeinginan untuk menjadi seorang AO handal.kebetulan saya akan melewati tes psikologi minggu besok. kira – kira pertanyaan apa saja yang muncul dalam wawancara psikologinya.terima kasih ya bu.

    Adam,
    Yang penting jadilah dirimu sendiri….karena saat tes psikologi, semua akan terungkap, apalagi kalau wawancara, yang seperti obrolan biasa. Dengan menjadi diri sendiri, tak ada yang ditutupi, maka kita akan nyaman…ini terlihat dari raut wajah, gaya bicara, gerakan tubuh dsb nya.

    Kalaupun nggak lulus, bukan berarti tak pandai, tapi yang dicari mungkin bidang yang kompetensinya tidak match. dengan kita. Ini yang saya lakukan jika ikut wawancara…biarkan Allah swt yang membuat keputusan bagi kita, karena keputusan Nya adalah yang terbaik bagi kita.

  82. salam kenal bu edratna
    penjelasan ibu tentang AO sangat mendetail sekali. ibu juga sering menyebut latar belakang pendidikan AO bisa dari mana saja. yang saya mau tanyakan, apa latar belakang non-eksak or ekonomi bisa diterima juga? seperti saya yang lulusan bahasa? sebab sudah sering saya lolos seleksi, namun pada tahap wawancara dengan user, mereka seperti bingung dengan jurusan saya. padahal kalau dia tidak menerima jurusan saya, mengapa tidak sedari awal mereka menolak. dan hal itu juga terjadi dengan teman2 saya satu jurusan, yang sangat tertari di dunia perbankan, terutama AO. terima kasih atas jawabannya bu.

    Yuliana,
    Wawancara dimaksudkan untuk mencocokkan apakah penilaian yang diambil dari data test psikologi, memang cocok dengan keadaan sebenarnya, jadi memang wawancara ini yang menentukan, karena umumnya dilakukan oleh para General Manager atau bahkan Direksi perusahaan langsung, tergantung jabatan yang akan dimasuki. Tim pewawancara juga telah melalui pendidikan, yang tak semua karyawan begitu saja dapat ikut menjadi tim. Wawancara memang dibuat untuk lebih menggali pemahaman para calon tentang bidang kerja yang akan dimasuki (tentu saja yang bidangnya sesuai lebih mudah), dan yang dilihat adalah kompetensinya, match apa tidak. Saya kira tak ada pe wawancara yang bingung, karena pe wawancara akan mengikuti dulu arah obrolan yang di wawancara, tapi secara pelan sambil diajak mengobrol di test kompetensinya. Jika setiap kali mengobrol, kompetensi yang diinginkan nggak muncul juga, mungkin mereka bingungnya adalah mau diajak ngomong apa lagi. Memang sulit kok, semakin yang di wawancara punya pengalaman kerja, bukti kompetensi akan semakin mudah terlihat, dan pekerjaan pe wawancara lebih ringan.

  83. Ibu,.
    terima kasih sekali sarannya, InsyaAllah sy akan lebih banyak belajar dan berusaha lebih keras lagi Bu,. semangat!!! :)

    Widya
    ,
    Semoga berhasil….

  84. ibu,
    salam kenal sebelumnya yah. saya mau tanya tentang pengertian dan jobdesc dari personal banking officer, sales officer, dan relationship officer. terima kasih atas jawabannya bu

    Hanun,

    Untuk memahami, tentu saja Hanun harus berdiskusi dengan masing-masing pemegang jabatan dari job desc tadi. Jangan lupa strategi setiap perusahaan berbeda, struktur organisasi berbeda, sehingga tak bisa disamakan antara satu perusahaan dan perusahaan lainnya. Bahkan struktur organisasi perusahaan bisa berubah, karena sering terjadi reorganisasi agar perusahaan lebih ramping dan lebih cepat berkembang.

  85. salam kenal,
    penjelasan ibu di atas tentang AO menambah pengetahuan saya tentang seluk beluk dunia perbankan. namun, ada satu hal yang ingin saya tanyakan. apa perbedaan AO dengan marketing officer, baik dari segi tugas maupun peluang pengembangan karirnya. terima kasih atas penjelasannya.

    Amel,
    Kembali pada jawaban-jawaban sebelumnya, jangan dikacaukan dengan istilah, yang setiap Bank bisa berbeda.
    Pertanyaan tsb jawaban bisa berbeda walaupun sama-sama Bank BUMN, karena struktur organisasi berbeda, strategi bisnisnya berbeda. Ada Bank BUMN, yang mendefinisikan, bahwa Marketing Lending Officer adalah koordinatornya para Account Officer di suatu unit. Namun dengan penggunaan Risk Management, maka saat ini ada fungsi pemisahan antara marketing dan analisis (menggunakan Four Eyes Principles).

  86. oia bu, ada yang tertinggal, pada umumnya, dalam sebulan berapa target yang ditetapkan sebuah bank, baik kepada AO maupun MO.

    Amel,
    Tergantung dari Rencana Kerja Anggaran Perusahaan…yang di break down kepada masing-masing pekerja.

  87. terima kasih bu atas infonya. dengan jawaban ibu saya semakin mantap untuk menjalani seleksi MO di sebuah bank. mohon doanya ya bu. semoga saya sukses berkarier di bank karna itu memang cita2 saya.

    Amel,
    Semoga sukses…

  88. baru aja baca langsg tertarik gmana kl ketemu ibu di seminar pasti seru tuch bu

    Purwadi,
    Thanks telah mampir…

  89. para pembaca ada yang tau kabar klanjitan lowongan AO kanwil 2 BRI..koq setelah tes psikologo dan wawancara psikologi gada kabarnya lagi yah dari LPPM???

    tman2x ada yang tau??/

    kty bis itu wawancara user ya?

  90. sama kaya diet nich, gw juga masih nunggu berita dari LPPM, katanya mo ditelp langsung ma BRI-nya…katanya juga 2 minggu setelah wawancara ma psikolog…tapi sekarang udah lebih dari 2 minggu.

    bikin pnasaran ga sech???

    apa kita telepon ke LPPM??? atw BRI-nya mungkin…

    ada yang udah dapet kabar baikkah????

    biar ga harap2 cemas…

  91. salam kenal,
    saya besok ada interview user untuk posisi AO di Bukopin, saya merasa terbantu sekali dengan ulasan-ulasan ibu ratna tentang AO, ternyata AO perannya peting banget ya,..padahal awalnya saya taunya AO ya cuma nyari-nyari nasabah gitu..untung saya ketemu blog ini..
    makasih banget ya bu, semoga saya bisa terbantu dengan penjelasan ini besok..wish me luck..

    Raihana
    ,
    Sama-sama..semoga berhasil

  92. salam sukses selalu utk yg mampir di blog ini.
    sy lulusan S1 teknik elektronika,dalam berhitung sy lambat 0.25detik,sy cm sedikit faham ttg portofolio,neraca,pembukuan,kredit,dll yg berhub dng ekonomi.itu sy dapat pd masa sma.
    setelah mampir dan baca blog ini sy jd sangat tertarik utk jd AO(sebab menurut sy jadi AO=bikin hidup lebih hidup lagi:)). Menurut mbak/ibu ratna kira2 cocok apa tidak ya utk sy utk posisi ini?

    Sonna,
    Untuk mengetahui cocok tidaknya bisa melalui test kompetensi…biasanya dilakukan oleh psikolog.

  93. @anti…

    sy kmaren dah telpon bri kanwil 2…dibilang peserta ujian tahap 2 baru ,au diumumin…alkan ADA PEMBERITAHUAN lewat EMAIL DAN SURAT>>BAIK YANG LOLOS ATAU TIDAK LOLOS>>>>>>

    TERUS BERDOA AJA>>>>>DAN PANTENGIN SURAT MA EMAIL….

    BTW SALAM KENAL…..

  94. Diet, makasih infonya ya…setidaknya bikin gw bisa nafas lega dikit…
    kita terus sama2 berdoa ya…
    oh ya salam kenal juga…
    klu ada info lainnya diet bisa send email ke gw di fibriyanti_02@yahoo.com

    thanks a lot…

  95. saya baru pertama baca tulisan ibu dan saya mendapat pelajaran yang sangat berharga. saat ini saya berusia 27 tahun,saya pernah bekerja sebagai AO di sebuah bank swasta di level mass market, itu terjadi sekitar 2 tahun yang lalu, setelah itu saya memutuskan menjadi kontraktor (berbadan hukum cv) dan berjalan sampai sekarang. meskipun begitu saya masih memiliki keinginan untuk kembali bekerja, tentunya sebagai AO karena saya menyukai pekerjaan tersebut dan saya pikir saya memiliki daya analisa yang kuat. saat ini saya mendapat panggilan panggilan untuk posisi AO di BRI. dan itu adalah panggilan atas lamaran pertama saya yang saya kirim dalam 2 tahun terakhir. apakah menurut ibu saya masih berpeluang untuk bisa diterima bekerja kembali sebagai AO. mengingat dalam 2 tahun saya berwiraswasta dan tidak pernah memasukkan lamaran kerja serta melakukan interview sedangkan semua kompetitor saya adalah para profesional?apakah yang menjadi dasar rekrutmen AO?terimakasih.

    Dody,
    Ada beberapa jenis test yang harus dilalui, namun sebenarnya adalah untuk mencari titik temu apakah kompetensi seorang pelamar match dengan kompetensi yang diinginkan oleh Bank ybs. Dody justru beruntung karena pernah menjadi AO, paling tidak sudah mempunyai gambaran bidang pekerjaannya seperti apa.

  96. alhamdulillah….saya bs lolos tes pendahuluan calon AO BRI, tulisan ibu enny sangat bermanfaat bagi saya dan besok saya akan menjalani psikotes, doakan saya bisa lolos ya bu.

    Dody,
    Semoga sukses, saya ikut mendoakan.

  97. ada teman2 yg dah dipanggil AO BRI jakarta 2 g?….
    emang bener katanya temen gua yg sodaranya kerja di BRI Jkt2 emang aad yg udah dipanggil yg dapat rangking di psikotesnya …
    katanya akan ada panggilan lagi dalam waktu dekat untuk wawancara akhir mengingat kemaran yg lolos psikotes masih 550 an..
    keep contack aja yeee

  98. bri yang gel 2 koq belum ada kabar yah…

    @mas dody….

    mas dipanggil lowongan AO bri berapa???

    koq bisa siy masukin lamaran 2 tahun lalu baru dipanggil sekarang????

    jangan2x bri kanwil 2 lagi hehehe…..

  99. ibu enny….saya mendapat referensi dari seorang teman mengenai tulisan ibu dan saya merasa banyak manfaat yang saya dapatkan dari tulisan ibu. kemarin saya mengikuti psikotes calon AO di BRI wil jatim, dan saya mendapatkan pertanyaan strategi apa yang akan saya lakukan untuk memenuhi target pencapaian kredit yang Rp. 5 miliar bt AO. saya ingin meminta nasehat ibu enny mengenai strategi apa saja yang bisa ditempuh oleh para AO agar target bisa terpenuhi?cara seperti apa saja yang ditempuh agar terjadi deal dengan calon nasabah? mohon advice dan tips ibu….thank’s.

    Rudy,
    Untuk menjawab pertanyaan tsb, tentunya Rudy harus memahami lingkungan daerah yang ditanyakan. Sulitnya saya tak mungkin menjawab disini. Mengapa? pertanyaan pewawancara sangat tergantung dari jawaban Rudy, dan berkembang lagi dari tanya jawab antara pewawancara dan calon. Prinsipnya Rudy harus mengenal wilayah disana, kemudian memperhatikan bisnis apa yang sedang tumbuh….ini memang harus sering jalan-jalan, wawancara sama pedagang, serta mengembangkan ilmu yang pernah didapat saat kuliah. Semuanya berdasarkan logika, walau pertanyaan sama, jawaban dan tanya jawab bisa berkembang kearah berbeda. Itu sebabnya, pertanyaan yang sama dan ditanyakan berulang-ulang, ada yang lulus dan ada yang tidak, disini akan terlihat insting bisnis yang diwawancara, serta kompetensinya. Jadi, ini memang bagian dari penilaian.

  100. gw jg sempet telp HRD BRI Kanwil 2 n nanyain masalah yang sama seputar kelanjutan AO BRI mreka bilang msh ad peluang smpe akhir bln mei bagi yang blm ditlp. karena mrka juga msh dalam tahap proses lbh lanjut. kalo seandainya mpe bln mei ga ditlp jg brarti emang blm rejekinya jd AO di BRI, mreka blg ga perlu nunggu lagi sampe batas waktu yang ud ditentuin td……!!!!!!!!!!!
    tetep sabar ya guys, n terus bagi2 info terbaru ya klo ad yg dpt kbr dr BRI…!!!!!!!!!!
    and jgn lupa ya email ke gw di v3rezq@yahoo.co.id

  101. salam kenal ya bu…

    aku dpt info byk dr yang ibu bahas disini
    yang ingin aku tanyain hal paling prinsip yang harus dimiliki seorang AO itu apa? dalam artian sikap, mental, n kepribadiannya

    trims bu…!!!!!

    Pucha,
    Yang harus dimiliki AO? Wah kuliahnya bisa berhari-hari. Jika sudah melalui serangkaian test, mesti job training , terus masuk kelas (Klasikal)…disini ujian lagi, menguji pemahaman dilapangan dan dikelas…dan tetap sistim gugur. Temanku ada yang udah 2 tahun, akhirnya harus keluar…hanya tak lulus 1 mata pelajaran.

    Bila udah ditempatkan, targetnya besar, nggak bisa lagi pergi pagi pulang petang…karena risikonya tinggi (ada 8 risiko perbankan menurut PBI), dan yang paling berat adalah risiko hukum, kalau ga hati-hati bisa kena pasal dalam KUH Pidana. Risiko kredit tetap merupakan risiko paling tinggi di perbankan, terutama di Asia, padahal ini merupakan tanggung jawab AO.

    Apakah selesai? Belum…karena ini tadi baru AO tingkat pertama…untuk menjadi AO yang handal, harus dididik terus menerus, ditempatkan di daerah yang menantang (kalau nggak bisa disebut risiko tinggi)…dan diperbankan banyak juga AO yang tak tahan stres, atau kena risiko hukum. Prinsipnya, walau sudah diterima, tak menjamin akan menjadi AO yang handal, banyak jalan terjal yang masih harus dilalui….jadi akan memahami benar suka dukanya AO, kalau memang sudah masuk menjadi bagian AO.

  102. hallo bu….

    pucha mo tanya lg nih, apakah menjadi seorang AO itu hanya didominasi oleh kaum laki-laki dan yang kuliah di bidang ekonomi saja krn berhubung latar belakang pendiddikan aku hukum ( hukum perdata ekonomi).

    trims bu…!!!!

    Pucha,
    Zaman dulu aja tak ada perbedaan gender, apalagi sekarang. Yang penting kompetensinya match dengan yang dibutuhkan perusahaan. Juga latar belakang pendidikannya, tentu saja yang diluar bidang ekonomi memerlukan waktu lebih untuk belajar pada saat awalnya…jangan lupa banyak CEO Bank yang berasal bukan dari latar belakang ekonomi. Mantan Gubernur BI (Burhanudin Abdulah) alumni Fakultas Pertanian UNPAD.

  103. alhamdulillah…saya lolos psikotes dan besok akan menjalani interview akhir calon AO di BRI..saya mohon doa ibu yaa….terimakasih!

  104. Assalamualaikum…
    Kebetulan saya juga ikut tes calon AO BRI Kanwil Jawa Timur. sudah lewat tes kesehatan hari ini, Selasa 22 April 2008. Saya sebelumnya belum pernah bekerja di bidang marketing, apalagi mencari nasabah kredit dengan target 5M per periode (entah 6 atau 3 bulan). saya ingin bertanya kepada ibu dan teman2 di forum ini, karena sepertinya saya yang paling muda dan belum berpengalaman di bidang ini.
    1. Bagaimana cara kita mencari nasabah yang ingin dikucuri kredit dalam jumlah ratusan/milyaran (sementara saya sendiri paling banyak pernah memegang uang hanya sebesar 1 juta untuk bayar SPP di Brawijaya hehehehe)
    2. Apakah nanti dari pihak bank sendiri biasanya akan memberi panduan dalam proses pencarian nasabah? karena berdasar kabar kabur dan kasak kusuk dari peserta ujian BRI kemarin, masa pendidikan yang biasanya 2 bulan, dipersingkat hanya menjadi 2 minggu saja sebatas pengenalan produk BRI. dan saya sendiri tidak mempunyai relasi dari kalangan pengusaha
    3. Untuk siapapun yang tahu, apakah di BRI nanti jika telah BERHASIL melewati masa percobaan, akan diangkat jadi pegawai tetap?
    Mohon tanggapan dari ibu dan teman-teman, sesuai dengan pengetahuan.

    terima kasih
    salam kenal, Resza Nandi Wardhana

    Resza,
    Pertanyaanmu lebih tepat ditujukan pada perusahaan yang bersangkutan, karena masing-masing perusahaan mempunyai peraturan tersendiri.
    Justru karena rata-rata hanya punya uang sedikit, maka seleksi Bank seharusnya sangat ketat, karena nantinya banyak mengelola uang yang bukan miliknya sendiri…padahal gaji pegawai Bank jauh lebih rendah dibanding dengan risikonya (yang bisa dikenai unsur pidana…..lihat uu perbankan)

  105. pertanyyan menarik, gw idem ama yg diatas..
    anybody know?
    1. kalo mau nyari tanpa pemetaan usaha yg ada di suatu kota terlebih dahulu susah bgt donk, apalagi tanpa referensi dr relasi qta.
    spp 1 jt dl fak apa mas, ekonomi ekstnsi?
    2. em cukup hny dgn two weeks? bgmn dgn belajar analisa SPD, Recasting, dsb apa ga da OJTnya dulu?
    3. lha pihak BRInya sdr pa blm ngasi tau perihal itu? kira2 kl menurut ibu gmn bu?

    Wakidi,
    Jawaban sama dengan Resza…anda bisa menanyakan langsung pada perusahaan yang akan mempekerjakan.

  106. salam kenal buat smua…
    wah seru n ikt sng baca responnya temen2 ttg tulisan ibu edratna;) sy baru buka2 tlsn ni (kasian ye) cz kpn hr sy nglamar jd AO di slh satu bank swasta di surabaya (cz mang sy tinggal di surabaya), ms nunggu panggilan,hehehe… stidaknya tulisan bu edratna sedikit banyak bermanfaat bgt buat sy. oya buat temen2 di surabaya yang dapat informasi low kerja emailin sy ja xantee_tiut@yahoo.com
    sy lulusan hkm th 2006, unair. pa ja deh LEGAL, CS, TELLER, PERSONALIA/HRD, DESK COLLECTION… pa ja pkoke.

  107. Assalamualaikum.

    Salam kenal semua…..

    Bu Edratna, thank so much atas artikel & jawaban2 Ibu pada pertanyaan teman2 tentang AO perbankan. Saya juga seorang fresh graduated yang sangat ingin berkarir di bidang perbankan. Jawaban Ibu benar2 sebuah pencerahan buat saya yang gak punya basic sama skali di bidang ini karena basic saya di bidang perencanaan wilayah dan kota.

    Mohon doanya ya Bu, besok saya akan mngikuti wawancara awal sebagai calon AAO di BRI Kanwil Manado.

    Buat teman-teman yang udah masuk di blog ini makasih ya…., saya banyak dapat ilmu dari pertanyaan2 kalian. Mohon doanya juga ya…..
    Makasih…..

  108. Assalamalaikum
    apa kabar kabar semua?

    terima kasih bu edratna

    berkat posting yang ibu berikan serta comment dari teman2, saya menjalani wawancara untuk AAO di BRI Gorontalo tanpa halangan yang bearti.
    oh ya bagi teman2 lain, bagi info dunk ttg proses rekrutmen AO/AAO khususnya di BRI.
    bagi Deyen, gmn proses wawancara di kanwil manado kemaren.

    SUKSES buat anda semua.

  109. bagi calon AO BRI,
    rangkaian tesnya kalo boleh sedikit memberi gambaran ya :
    1. wawancara awal
    2. tes psikologi, dibarengi juga dengan wawancara oleh tim psikolog
    3. wawancara user
    4. tes kesehatan
    5. pendidikan di pusdik
    6. ojt selama 6 bulan, hasilnya dievaluasi
    7. jika lolos, akan dilakukan evaluasi tahap kedua dengan melihat performance kerja selama 6 bulan berikutnya.
    mhn maaf kalo ada kekurangan,..

  110. terima kasih wakidi..
    that’s helpfull.

  111. salam kenal bu.. saya senag sekali bisa menemukan blog ini setelah 2 hari mencari artikel mengenai credit officer. alhamdulillah bu saya lolos wawancara awal dan psikotest di sebuah bank swasta untuk posisi co tinggaltunggu panggilan test wawancara pihak user dan test kesehatan .. saya ingin lebih tahu apa itu co dan apa job discriptionnya… doakan saya ybu…

  112. Assalamu’alakum Wr.Wb
    Salam kenal bu endratna…ada beberapa pertanyaan terkait dengan artikel ini
    1. Apa yang dimaksud dengan Relationship Manager?apakah sama dengan Acoount Officer?
    2. Tanggung Jawab seorang RM itu apa saja?
    3. Qualifikasi apa saja yang harus dimiliki untuk menjadi RM, mengingat skr PT. Bank Mandiri membuka low untuk posisi tsb?
    4. Apakah saya yang bekerja di unit kerja di salah satu cabang BRI, bisa melamar sbg RM…walaupun saya skr masih menduduki sbg frontliner?

    Hadi,
    Setelah diterapkannya manajemen risiko pada perbankan nasional (PBI tahun 2003), maka tugas AO dipisahkan menjadi dua hal (four eyes prinsiples), yaitu bidang Relationship Management dan Credit Risk Management.Hal ini dimaksudkan untuk menjaga prinsip kehatian-hatian, dan lebih proaktif. Sebelum konsep RM-CRM, sesuai saran BAH (Booz Allen and Hamilton)…pemisahannya adalah Financial Analyst dan Credit Analyst.

    Tanggung jawab RM disesuaikan dengan Bank masing-masing, apakah menggunakan policy approach, sharing approach atau apa. Dan ini tergantung dari mitigasi risiko, segmen usaha, besaran Bank yang bersangkutan, sehingga BM tak bisa dibandingkan dengan Bank lain,….dan ini diperbolehkan oleh PBI.

    Kalau BM sedang membuka lowongan tersebut, dan anda bekerja di Bank Mandiri, tentunya anda yang lebih mengetahui, dan bila belum tahu, cari infonya. Kembali pada jawaban sebelumnya, segmen bisnis masing-masing Bank berbeda, sehingga kualifikasi yang diperlukan tentu berbeda…karena tergantung dari kompleksitas masalah yang dihadapi.

    Jawaban no.4…kenapa nggak ditanyakan ke HRD nya Bank Mandiri? Karena saya bukan pegawai Bank Mandiri…persyaratan tsb biasanya disebutkan dalam job opening, kemampuan skill maupun soft kompetensi, sesuai bidang tugas yang akan dijalankan. Hard and soft kompetensi untuk jabatan RM jelas sangat berbeda dengan front liner, karena jabatan RM cakupannya lebih luas.

  113. ibu, mau tanya apa yang dimaksud dengan SME Relation Officer, karena saya tidak tahu bu. Mohon jawabannya bu. Makasih

    Yash,
    Kalau sudah menyangkut definisi, job description, masing-masing perusahaan mempunyai aturan sendiri-sendiri, sehingga akan lebih tepat ditanyakan pada perusahaan ybs.

  114. Salam kenal bu!

    Melalui blog ibu ini, saya mohon perkenan dari ibu untuk mendapat info terutama dari teman2 sekalian yang telah mengikuti proses rekrutmen sebagai AO di Bank BRI Kanwil 2 Jkt kok kenapa dah lama sekali belum juga ada kabar apakah saya diterima atau tidak.

    Terima kasih dan mohon maaf apabila dirasa kurang tepat memilih tempat untuk melempar pertanyaan.

    Harrits,
    Sudah jelas saya tak bisa menjawab pertanyaanmu ini, karena seharusnya ditanyakan pada perusahaan yang melakukan rekruitmen tsb.

  115. Salam sukses Bu.
    apa kabar?

    saya ada beberapa pertanyaan yang sampe saat ini belum menemukan jawabannya, kiranya ibu atau teman2 bloger laen yang tau bisa ngasih jwbnnya.
    1. apa bedanya AO & AAO (associate Account Offcr)
    2. apa jobdesk AO & AO sama?

    soalnya saat ini saya sedang menjalani proses perekrutan AAO di BRI.
    alhamdulillah saya lolos ke tahapan berikut, sabtu 17/5 Psikotes.

    sekian dari saya

    TERIMA KASIH

  116. yang saya ketahui AAO hanya bertugas untuk membantu seorang AO untuk menjalankan tugasnya….. tetapi tidak menutup kemungkinan untuk menjadi AO jika formasi di cabang tidak ada….mungkin klo bole saya tau perekrutan AAO untuk kanwil mana?

    Untuk Harrits saya juga bernasib sama….setelah melalui tahapan test di lppm, saya belom jg menerima kbr apakah saya berhak untuk mengikuti wawancara akhir ato tidak di kanwil jakarta 2

  117. Ass…
    Salam kenal dari saya
    Bulan lalu saya tes di Bank Danamon posisi Credit Officer (CO), yang mau saya tanyakan apakah posisi CO disini sama dengan AO.
    Sekarang masih menunggu pengumuman untuk Medical Chek Up,
    Minta doanya ya Bu…
    Terima kasih atas penjelasannya.

  118. tuk HADI…
    makasih atas keterangannya.
    saya ikut kanwil Manado.

  119. selamat malam bu enny, alhamdulilah saya akhirnya bisa melewati semua tahapan test di lppm buat calon AO di BRI Kanwil JKT2, mungkin saya berharap ibu bisa memberi masukan terhadap saya, apa2 saja yg perlu saya persiapkan untuk menghadapi wawancara akhir dengan user dalam hal ini Kanwil JKT2, terimakasih sebelumnya bu enny……Buat sdr. Harrits pengumuman hasil akhir seleksi calon AO BRI Kanwil JKT2 dapat dilihat di http://www.lppm.ac.id hari minggu 25 Mei 2008, tapi skr juga juga dah bisa diliat koq…

  120. Bro Hadi, terima kasih banyak atas info-nya… Saya Alhamdulillah juga berhasil lolos dalam seleksi. Sampai jumpa di wawancara

  121. saya juga lolos niy….sampe jmpa diwawancara he6x….

    tapi koq belom ada jadwalnya yach???????????????

  122. mungkin AO BRI kanwil 2 yang lulus di website cuma masuk waiting list x ya,…kan dsitu tertera cuma ‘berdasarkan kebutuhan’ yg kan dhubungi….Ouwh mnunggu dlm ktdakpastian,……Pye jal? Anyone follow the last interview…????

  123. Alhamdulillah…
    akhirnya lolos ke wawancara akhir juga.
    well ada yang bisa bantu
    materi yang bakal di tanyin saat wawancara akhir AAO BRI?
    atau apa saja pertanyaan2 yang perlu di waspadai saat wawancara akhir AAO BRI?
    thanks yg udah ngasih saran n jawaban2nya.

  124. mnurut gw kita pasti dipanggil koq………secara bri brani ngumumin di publik gtu……….

    kalo ga ya namany aBRI jatuh lah……solanya telah ngelakuin pembohongan publik

  125. pagi, bu
    gini bu saya mo tanya, puji syukur saya baru aja memperoleh pekerjaan sebagai AO di sebuah bank swasta, di bidang KPr, kebetulan saya fresh graduate, sdkan back ground pendidikan saya bukan ekonomi melainkan hukum, saya mo nanya klo AO KPr gimana y bu kerjanya.
    makasih.

    Gusmin,
    Yang harus dilakukan adalah pelajari KUP dan SOP Bank tempat anda bekerja. Setelah belajar kebijakan dalam perkreditan, belajar lah pada seniormu disitu…karena setiap Bank atau perusahaan kebijakan berbeda, walau tetap dalam koridur KUP yang telah diberi payung oleh BI.

    Rasanya setiap kali saya harus mengulang pesan ini….tentang setiap usaha mempunyai aturan yang beda.

  126. malam Bu..
    sebagai new comer dlm bid AAO, apa yg harus dilakukan pertama kali oleh seorang AAO setelah mempelajari kondisi perekonomian, di suatu daerah kerja baru yg tidak ia ketahui?
    topik ini mengganggu sy, sbb menurut mereka, tiap peg. pny job desk sndri2 jika mengandalkan peg laen.
    berikutnya apakah pekerjaan AAO hny cocok bagi mereka dari basic ekonomi keuangan atau mereka yg secara formal tlh berpengalaman dlm marketing perbankan?
    sebelumnya terima kasih atas jawaban ibu.

    One (juga jawaban untuk lainnya),
    Jawaban mereka masuk akal, hanya kita harus pandai berkomunikasi. Bagaimana kita bisa dekat dengan mereka, mengobrol saat makan siang, dan dalam suasana keakraban ini banyak hal yang bisa digali. Kalau sudah bekerja, yang perlu ditingkatkan adalah kemampuan komunikasi, agar kita bisa menyerap ilmu dari orang lain tanpa mereka merasa terganggu, dan karena mereka juga sibuk terkena target maka kita yang yang harus pandai mencari waktu dan tak mengganggu mereka. Teori bisa dipelaari, namun dalam pekerjaan, banyak hal yang harus dipelajari dilapangan.

    Persoalan cocok tidaknya seseorang dengan pekerjaannya sangat tergantung pada kompetensi orang tsb, kalau udah ditest dan diterima berarti cocok…namun tanpa ditingkatkan ini tak ada gunanya. Cocok sebagai pemula, belum tentu cocok untuk seterusnya tanpa mau belajar meningkatkan diri sendiri, dan hanya mau disuapi. Banyak orang lain yang bukan dari ekonomi, dapat bekerja dibidang keuangan, seperti Laksamana Sukardi (mantan Menteri BUMN), dulunya dari ITB namun bekerja di Citibank.

  127. Slmt siang bu!….untuk yg kesekian kalinya saya bertanya dan minta masukannya kpd bu eny…..
    Hari kemaren saya mendapatkan panggilan dari Pertamina untuk mengikuti rangkaian test calon Asisten Keuangan yg akan dilakukan tgl 17 Juni 2008, sementara saya skr masih bekerja sbg frontliner (deskman) di salah satu bank BUMN (outsourcing bu), apa yg shrsnya saya lakukan mengingat ada peluang yg baik tentunya dari pertamina walaupun tahapan test msh panjang dan menyita waktu…sementara saya skr ingin menunjukan sikap yg profesional dan bisa bekerja dengan baik kepada pimpinan saya walaupun status saya sbg tenaga outsourcing….perlu diketahui oleh bu, saya juga sudah dinyatakan lulus dari rangkaian test di LPPM utk calon AO di Kanwil Jakarta 2…tinggal menunggu wawancara akhir… saya merasa bingung dgn kondisi skr…disatu sisi saya hrs menunjukan kinerja yg baik min dgn tdk banyak ijin kpd perusahaan skr disisi lain saya ingin mempunyai pekerjaan yg lebih baik & secure untuk kelangsungan hidup saya….sekali lg saya mohon saran dan masukannya…terimakasih

  128. Rekan-rekan sekalian,

    Sekali lagi saya mohon info terbaru dari rekan-rekan sekalian apakah sudah ada yang menerima panggilan untuk wawancara user di BRI Kanwil II Jakarta untuk posisi AO…?

    Sekian dan terima kasih

  129. @harits………

    belum…………..

  130. Maju Terus CAlon AAO!!!
    pekerjaan yg amat challenging, coz kita harus melakukan A-Z sendiri..

  131. Maaf bu, saya adit mau ikutan belajar
    Saya Mengikuti Test Masuk AAO BRI latar belakang saya teknik elektro besok ada panggilan untuk melengkapi berkas sekaligus mungkin wawancara awal seleksi
    kira2 apa yang harus saya pelajari biar tidak buta dengan AAO nantinya
    Mohon Bantuaan Temen2 jg yg mungkin udah pernah mengikuti test hingga sukses bisa sharing ilmunya
    Terima kasih
    kareshi@telkom.net atau kareshiadit@gmail.com

  132. untuk Setyo Adityo Wibowo …..

    test AAO BRI sangat panjang dan memerlukan persiapan khusus.
    sbgmana yg saya alami
    dimulai dari wawancara awal, psokotes, wawancara akhir dan tes kesehatan, tidak satu pun yang dapat dilalui tanpa memerlukan perseiapan matang.
    untuk wawancara awal, mereka para pe wawancara ingin melihat miat kita apakah sungguh2 ingin menjadi AAO atau hanya sekedar coba2. oleh karenanya pertanyaan yang di lontarkan cenderung santai, berkisar dengan aktivitas kita sehari-hari n jobdesk di tempat kerja (bagi yg sdh bekerja).
    saat psikotes kita diuji mengerjakan sesuatu secara cepat n cermat, disini bnyk yg gugur.

    sedangkan di wawancara akhir kita akan di jejali dgn pertanyaan2 seputar kerjaan atau aktivitas serta uji kemapuan ekonomi akuntansi.
    so bagi yg basic ilmu di luar akun/ekon baiknya anda mempelajari sbb itu akan menjadi nilai plus saat wawancara jika anda menguasainya.
    pertanyaan2 akan berkembang sesuai jwbn2 qta, so blh dikatakan “hati2 dgn jawabanmu”.
    intinya saat menjawab PD agar saat di jejali dgn ptnyn2 menjebak qta tidak kebingungan or gugup.
    mudah2 ini bisa membantu.

    SUSKES YAA

  133. untuk calon AO BRI Kanwil 2 dah dapat panggilan wawancara akhir tanggal 3 juli. semalat berjuang untuk rekan2 yg lulus .

  134. Salam kenal, Bu Edratna,
    setelah membaca tulisan di blog ibu, saya tertarik untuk ikutan sharing. Mungkin bisa sedikit bermanfaat untuk teman2 yang berminat untuk jadi AO

    Nama saya Bernardus. Saya pernah sekitar 5 tahun menjadi Relationship Manager (atau istilah lainnya AO, sama saja, hanya perbedaan istilah)di bagian kredit SME di sebuah bank.

    Memang banyak suka duka yang saya dapatkan selama menjadi RM. Sukanya, saya bisa bertemu dengan banyak pengusaha dengan berbagai latar belakang. Saya bisa menambah relasi, menambah wawasan saya mengenai dunia usaha (karena cita2 jangka panjang saya adalah menjadi pengusaha), dan juga menambah ilmu saya di bidang keuangan dan hukum, karena mau tidak mau kita pasti akan bersentuhan dengan bidang ini. Saya tidak hanya membimbing nasabah saya yang kurang pengetahuan dalam hal administrasi usaha (khususnya menyusun laporan keuangan), namun saya juga bisa belajar banyak hal dari mereka, khususnya bagaimana mereka mengelola bisnis mereka dari nol hingga bisa terus maju.

    Dukanya, seperti yang sudah ibu tuliskan, saya selama 5 tahun jauh dari keluarga, karena kebetulan ditempatkan di cabang salah satu kota di Indonesia Timur. Yang pasti, selain berat ongkos, juga berat perasaan karena harus pisah dari anak istri.

    Saran saya, bagi teman2 yang hendak menjadi AO, tidak usah kecil hati apabila latar belakang pendidikannya dari non ekonomi, karena saya sendiri pun lulusan sarjana teknik. Yang penting adalah KEMAUAN kita untuk belajar. Banyak2 lah membaca buku dan majalah, khususnya terkait bisnis, keuangan, dan hukum perbankan.

    Banyak2 lah memperluas pergaulan dengan segala lapisan, karena ini melatih kita mempelajari karakter seseorang (Hal terpenting dari 5 C’s adalah CHARACTER!!). Percuma seorang calon debitur usahanya baik, struktur keuangannya kuat, kalau karakternya tidak baik, buntut2nya kreditnya pasti macet, dan yang menanggung akibatnya adalah pejabat bank (termasuk AO yang membuat usulan kredit). Urusannya bisa sampai pihak berwajib lho (maaf bukan bermaksud menakut-nakuti).

    Dan yang terakhir adalah jaga integritas. Di dunia perbankan (apalagi perkreditan), banyak sekali godaannya, terutama calon2 debitur tidak layak yang mencoba memberi “uang pelicin”, atau pemberian2 lainnya. Kalau tidak kuat2 iman, ya obyektifitas kita jadi nggak bener.

    Itu saja sharing dari saya, maaf kalau terlalu panjang. Terima kasih, bu.

    Bernard,
    Thanks tambahan sharingnya. Artikel di atas untuk menjelaskan, seperti apa sih fungsi seorang AO (bisa juga RM,CRM, atau Analis Risiko…tergantung jenis Bank nya)…juga suka dukanya. Dan jika tergelincir, penjara menantinya. Namun jika melakukan tugasnya dengan penuh amanah, maka bisa menolong dan berperan dalam sektor riil.

  135. terima kasih atas saran n artikelnya dari ibu edratna.
    saya sudah menjalani tes psikotest n interview tahap pertama(supervisi) dan saya sedang menunggu interview tahap kedua(manajemen) sebagai account officer di bukopin cabang cirebon untuk wilayah indramayu. background saya adalah akuntansi. minta dukungannya n doanya yah…salam kenal ibu edratna

  136. alhamdulillah gw juga salah satu orang yg nunggu panggilan wawancara akhir AO BRI kanwil 2 …dah ada panggilan melalui surat tgl 3 juli teman-teman….!!! btw ada yang punya gambaran ga seperti apa pertanyaannya nanti? yg gw tau ada pertanyaan tentang program kita nanti itu apa untuk bisa mencapai target yg diberikan BRI ..he..gw bener2 Blank…. secara background gw dr IT mohon infonya kawan2 disharing kira-kira triknya harus gimana

  137. Teman2….ko aq blm dapet surat panggilan AO BRI kanwil 2 ya, padahal aq di Jateng lho,..itu surat tertanggal kpn?

  138. wah aku juga belum ada surat tuh.gmnana yah???
    padahal aku juga dijateng nih……mungkin surat dateng besok kali yah???

  139. insya allah surat akan dateng besok amin!!!!!
    sekarang belajar dulu bahan2x yang mungkin bakal ditanyain…

  140. Ass…salam kenal…AO2 senior…mohon petunjuk donkkk…hehee…saya baru teken kontrak ni utk 1th kedpn sbg marketing/AO disalah satu BPR di Jogja…sebelumnya saya 3bln percobaan sbg CS…wah syokk ni ragu2 mampu gaknya….apa ya langkah awal yg musti saya lakukan…saya beber2 gak ada gambaran….kata direkturnya saya pasti mampu….hiks…hiks…mohon bantuan teman2….

  141. Rekan-rekan calon pegawai AO BRI Kanwil 2 Jakarta yang sudah terima surat panggilan untuk wawancara user, kalau boleh mohon informasi kemana saya bisa meminta konfirmasi apakah saya sudah dikirimi surat tersebut ….? At least nomer telpon, adakah tertera di kop surat yang sudah rekan-rekan terima…? Terima kasih ya…

    Desperately waiting ….

  142. bu edratna saya mau tanya apakah AO selalu mempunyai target setiap periode tertentu? apa konsekuensinya bila seorang AO tidak dapat memenuhi target itu? sekilas di atas saya baca kalau target sampai dengan jumlah 5M, apakah jumlah itu selalu tercapai? terima kasih sebelumnya……..
    Untuk para calon AO BRI kanwil jakarta 2, saya juga belum dapat surat panggilan, kalau sampai terlewat tgl 3 juli mungkin digelombang selanjutnya….. jadi bersabar aja ya…

  143. ibu edratna saya mo tanya kiat apa saja atau program apa yang bisa dilakukan seorang account officer bisa mencapai target yang di berikan kepada perusahaan . terima kasih

    Aan dan juga teman-teman yang lain,
    Saya tak punya kiat khusus….tapi justru disitu tantangannya, bagaimana memperoleh bisnis yang baik dan berkembang. Karena jika bisnis hasil analisis AO ternyata macet, juga ada sanksinya….jadi bekerja sebagai AO menyenangkan, banyak tantangan, namun juga tidak mudah. Diperlukan kerja keras, tak boleh cepat puas, dan terus menerus belajar…belajar tak harus menambah pendidikan formal, tapi bisa dari mana saja, dari senior, rekan kerja, bahkan dari klien…

  144. Tmen2 calon AO BRI kanwil 2,…yang mo tes tanggal 3 juli ntar klo dah tes sharing di forum ini ya..pliisss..bagi2 dong info wawancaranya! aq blom dapet panggilan niy…..Salam

  145. ^^ gw juga harap gitu…..tapi kalo dilogika mereka pasti ga mau bro………

    ingat aja test itu medan perang…….sapa yang ga ngebunuh yah dibunuh…

    dan gada yang mau kasi dadanya buat ditembak…

    salam kenal bro alay……..aku harap kita bisa ketemu saat wawancara akhir……

  146. Ibu edratna saya minta sarannya boleh kan…..? saya sudah interview akhir untuk penyeleksian AO BRI Kanwil 2….. BRI ajukan target 15M setahun….! saya adalah orang yg baru akan start / boleh dibilang belum pernah terjun dibidang ini sebelumnya…. kira-kira langkah apa yg harus saya lakukan nanti….dan mohon saran dari ibu bagaimana cara mendapatkan database calon nasabah….satu lagi ya bu pertanyaannya…apakah menurut ibu orang IT bisa menjalankan pekerjaan ini…? terima kasih atar\s jawabannya……salan kenal…….

  147. Alhamdulillah,barusan datang panggilan wawancara akhir, tapi baca comment dari vga jadi agak ciut juga..hehe….Ayo Bu Ratna….sharing advice-nya dong buat junior2 ky kita ni……Ditunggu lho..!!!

    slam kenal juga buat den mas dodot……..

  148. lam kenal buat smua..
    saya pingin dpet masukan ne..
    saat ini saya sedang menunggu panggilan intervw untuk AAO BRI. sebelumnya saya lolos psikotes dan intervw awal.
    bagi temn2 yang udah pernah intervw akhir, pertanyaan apa yang sering ditanyakan oleh pewa2ncara?brapa gaji standar untuk AAO dan insentif apa saja yang didpat?

    semoga jawaban temn2 dapat berguna bagi saya dan temn2 yg lain…

    terima kasih…sukses untuk kita smua…

    untuk bu ratna saya butuh nasehat dari ibu…

  149. Alhamdulillah, kemaren sudah selesai memenuhi panggilan untuk mengikuti wawancara akhir. Mohon bantuan dan info dari teman2 sekalian, kira2 kapan pengumuman hasil wawancara kemaren, sekaligus bagi yang lulus jadwal untuk medical check-up…?

    Cheers and regards,

    AHF

  150. alhamdulilah juga saya juga telah menjalani wawancara akir beberapa waktu yang lalu…..

    eh……….apakah bu edratna termasuk pewanwancara juga yah??

    insya allah mas harits, alay dan saya..kalo udah rejekinya dapet ga bakal kemana……kita dah usaha..

    doa aja teman2x….

    moga bisa ketemu di pelatihan besok……

    salam kenal….

  151. Yht. bu edratna

    saya selasa tgl.22 juli ini akan test wawancara I AAO di BRI Wil.1. seperti apa ya bu wawancara sesi I ini. bisa kan ibu bantu agar saya ada pegangan utk wawancara besok
    terimakasih

  152. wah salam kenal semua…
    saia baru saja ikut seleksi AAO BRI kanwil makassar,,,,
    alhamdulilah sudah lolos wawancara awal,psikotes,
    da nkemarin sudah wawancara akhir
    dan pengumumanya minggu depan,,,

    yang saia ingin sharing disini,,
    kira2 untuk gaji awal berapa ya untuk seorang AAO junior/baru?????

    apakah AAO itu sebuah pekerjaan yang mempunya ikarir mentok???
    alias karirnya sampe akhir ya AAO terus…

    mohon pettunjuk…..
    semoga info dari kalian mendapat manfaat,,,,

  153. salam kenal Bu.
    sy rina, dalam hitungan hari, sy akan mengikuti tes AO di BRI, Bu.
    Hanya sj, sy gak tau apa yang menjadi tes tahap awal, Bu.
    Mohon bimbingan dan doanya Bu.
    Trims

  154. to andi rahadi

    salam kenal…
    kalau andi baca ini …..bisa ngak sharing apa aja yg di tanya pada saat wawancara sesi I….karena saya akan ikut tes besok…

    mohon bantuannya ya…

    selamat ya sdh mencapai tahap terakhir…

  155. Salam kenal Bu…
    sabtu bsk saya mengikuti tes AO di BRI,
    mohon kasih masukan dan sarannya bu..,gmn sebaiknya mengikuti tes AO tsb, pada wawancara awal biasanya pertanyaan yang diajukan apa ibu…? apakah pengetahuankita mengenai AO?

  156. tuk semua yang mau tes AO
    sebetulnya tes AO itu tidak terlalu sulit
    karena profesi AO ini hanya membutuhkan penampilan yang ok serta kemampuan marketing yang bagus,dan ointer hitung juga,,
    gk ada pake tes b,inggris segala.
    intinya percaya diri.

    wawancara tahap awal cuma menanyakan apakah kita siap menjadi seorang AO
    itu saja sih intinya…..

    kok pertanyaan saia gk dijawab ?????
    hiks…

  157. berapa sih rata2 gaji aao itu???
    apakah karir aao itu memang mentok disana terus???

  158. jujur aj saia masih bingung
    apakah menjadi AAO itu bisa menunjang hidup saia kelak????

  159. salam kenal bwt ibu…
    saya sgt bersyukur sekali dan thank’s berat bwt ibu yg telah mw sharing pengetahuannya ttg AO ini,.dan jg teman2 yg jg sdh berbagi info, sy jd byk mndptkn info ttg Ao itu sndri, pdhl sblmnya sy sm sekali msh blank ttg AO itu, tp dgn adanya sharing spt ini, sy jd mulai mngerti…kebetulan bsk tgl 27 sy jg mw wa2ncara AO di BRi, mhn doa nya bu..biar sy lu2s tes.

    bwt Yelvi…salam kenal,!! kmu mw tes sbtu bsk,di mn y?
    kali aja qt sm2 di BRI, scra sy tes hr minggu nya, boleh di bagi y info tesnya, apa2 aja yg di tanyakn….tq b4.

  160. bwt Andi rahardi…
    kmu udh ikt tes wa2ncara utk AO y…??
    em…btw brp org yg menginterview qt…??
    apa ada tim khusunya…??dr psikolog nya brg kali…??
    tlg di jwb ya…??coz..hr minggu bsk, sy mw tes jg…
    tq b4 ya…!!

  161. tuk fauziah..

    yang tes it udari lembaga psikologi yang independen,,,, tidakada unsur dari BRI nya

    nanti setelah lulus wawancara akhir baru deh kita di tangani oleh BARI nya langsung….

    btw kok pertanyaan ku diatas gk dijawab mbak

  162. to: fauziah
    hiiiiiiii………fauziah,iya nih sabtu bsk mau ikutan tes AO di BRI, grogi juga nh, tp setelah baca2 tulisan dari ibu edratna saya jadi sedikit lebih paham tentang tugas n tanggung jawab AO, thanks ya bu..tulisannya sangat membantu sekali

  163. to: andi
    Slam knal y…, pada tahap wwncara awal ditanyain y apakah kita siap untuk menjadi AO taw g’nya? truz pertanyaannya cuma seputar kegiatan kita sehari-hari y?

  164. halo teman2…salam kenal semua ….saya juga salah satu orang yang sudah interview akhir untuk AO di BRI Kanwil 2..dari pihak BRI bilangnya pengumuman 2 minggu….kok belum ada kabar ya….? mungkin teman-teman sudah ada yang mendapatkan informasi berupa surat atau telpon mohon di sharing ke saya….trims…

  165. tuk yelvi

    yips benear sekali,,,,,,

    btw kira2 untuk gaji awal berapa ya untuk seorang AAO junior/baru?????

    apakah AAO itu sebuah pekerjaan yang mempunya ikarir mentok???
    alias karirnya sampe akhir ya AAO terus…

    mohon pettunjuk…..
    semoga info dari kalian mendapat manfaat,,,,

  166. @VRGA : sama belum ada kabar, masih menanti dengan penuh harap2 cemas….

    Yang lain..?

  167. kalo saia pengumuman selasa besok

  168. buat tmen2 yg lg ngikutin proses seleksi sbag AO di BRI tak kasih bocorannya yah…..
    1. kalau kita kerja di bidang marketing seperti AO, tak jamin karir kita pasti tidak ada batasnnya, jenjang karirnya melaju seperti balapan di MOTOGP…sampai posi2 puncak?manager & sbaginnya….
    2. gajinya AO untuk yunior sekitar 1,…juta + tunjangannya mkan, trannsport, telp= perbulannya trima = 3,..sekia2n juta.

    tlong2 dipikir sendiri yaaah….kira2 lumayan gaaa?

    salam from KA-SI STONER

  169. oooo begitu yaaaa
    berarti gaji awal sekitar 3, an yaaaaa
    trus kira2 enak gk kerja di ao bri????
    walau dah jadi karyawan trus target gk tercapai berarti kita masih ada resiko di pecat gk????

  170. wah………….jadi semangatpengen jadi AO………..

    apalagi gw paling suka ma kerja yang sering ke lapangan dan ketemu orang…………..asik punyya euy……….

  171. terima kasih, dengen ada’ny web ini,..
    bisa menjadikan motivasi dan pembelajaran buat para calon AO,..

  172. dear bu enny,

    membuka wawasan tentang AO. Saya udh test tahap pertama utk posisi ini (interview) dan sedang menunggu pengumuman. Saya jadi pd (percaya diri) utk mengikuti test selanjutnya (semoga lulus).

    bu enny, thanks ya

    rgrds
    dani

  173. Tulisan ibu sangat menarik untuk di simak,…Saya pria berumur 29 tahun saat ini sangat tertarik dengan dinia yang menyangkut ekonomi khususnya dunia perbankan…saya rajin mengikuti kabar pasar di tv1 dan market review dimetro tv.
    saya pengen banget kerja di Bank untuk mengexploitasi kemampuan dan minat saya di bibang ekonomi namun dewi fortuna belum berpihak.
    saya sudah ikut test di bank NISP dan terakhir di Commonwealth Bank sebagai AO / Personal Bankers, menurut kantor di makassar ( NISP dan Comm Bank ) data saya sementara d proses di kantor pusat untuk meminta persetujuan, namun sudah 6 bulan berlalu belum ada kepastian dari kedua bank tersebut, saya pernah menghadap ke NISP bank, tapi jawabannya masih sama, saya masih di suruh sabar menunggu hasil dari kantor pusat…
    saya dengar kabar klo NISP mau membuat Bank syariah dalam waktu dekat ini, mohon doanya Ibu semoga saya ada panggilan kerja dan saya rencana mau apply ulang di nisp tapi buat usaha syariahnya karena saat ini saya lagi banyak belajar mengenai ekonomi syariah…dan saya melihat perkembangan ekonomi syariah dari waktu ke waktu semakin menunjukan progres yang sangat pesat…
    sekali lagi terima kasih atas ilmu yang begitu banyak telah ibu tulis…semoga ALLAH SWT membalas apa yang telah ibu dedikasikan untuk kemajuan umat dan bangsa indonesia….

  174. Salam..
    Gw kmrn tnggl 26 juli dah beres medchek ao bri..Alhmdulilah brkat usaha dan pngetahuan dr sites ini pmahaman saya tentang ao bertambah bnyak. Tp peserta medcheck msh bnyk skitar 90an..Apakah kbutuhan akan ao sbanyak itu?Ataukah masih banyak yg gu2r d thapan ini?
    Moga qt slalu dberi yg terbaik..**salam hangat selalu**

  175. @ kamen Rider :

    itu medical check up untuk posisi AO BRI Kanwil 2 bukan…? Kalo iya, kapan terima surat panggilannya..? Selamat ya…! Mudah2an saya dan teman-teman yang lain bisa bernasib sebaik anda

    Gimana dengan yang laen….?

  176. saia hari ini pengumuman AO Knwil makassar…..

  177. Barusan call ke BRI, katanya surat pemberitahuan baru akan dikirim akhir minggu ini, kemungkinan besar baru diterima oleh teman2 sekalian minggu depan. Goodluck dan congrats buat yang nantinya dinyatakan lulus untuk mengikuti tahapan selanjutnya yaitu medical check up. Dan buat yang belum diterima, tetap tabah dan tawakal dalam berikhtiar, jangan lupa akan mukjizat doa kepada SANG KHALIK.

  178. thax infonya mas harits.moga kita bisa keterima yah……………

  179. Iya saya ikut medcek ao bri kanwil 2 jakarta..Dapat telepon dr bri tanggal 24 juli..Ada sebagian dapat surat, ada juga yang melalui telepon..Y mudah2 an qta dberikan yang terbaik..

  180. ada yang udah tau hasil medchek bri di warung buncit blommm, kira2 kapan ya

  181. Lhah….,aq dah call BRI hari senin tgl 29,ktny suratku dah dikirim mggu sblomnya,tp hgga hri ini blum dateng,so what about?….itusuratpanggilan pa penolakan ya..?

  182. *Didin
    sama nih saya juga lg nunggu kabar dari hasil medcheckup AO BRI Kanwil 2….sempet call ke BRI tp hingga kemarin BRI sendiri Blm terima Hasil dr warung buncit….truss kapan ya….??? mudah2an kita semua yang ada di forum ini orang yg beruntung yah….bisa lanjut ke pusdik ragunan….!!!!

    #kamen rider
    menurut info yg gw terima dr penerimaan AO BRI yg sebelumnya….itu ada kemungkinan 50% gugur di medcheckup…..!!! dont worry mudah2an kita termasuk yang lulus….amin…..!!

  183. Dear Bu Enny, maafkan sy yg baru membaca postingan ibu. Ulasan ttg AO ini menarik bgt bu..Mendalam sekali. Hampir semua fakta itu benar2 bisa dipahami kalau kita sudah nyemplung di bisnis bank.

    Ibu mengajar dimana sih?siapa tau kita bisa ketemu krn kebetulan sy jg di buah batu.

    Sy mau sharing ttg posisi AO ya bu..gak papa kan?Beberapa waktu yg lalu sy jg pernah bekerja sbg AO di sebuah bank swasta dgn ini sial 4 huruf di Bandung. Semua jobdesk AO yang dijabarkan ibu tepat sekali.

    Sy berlatar belakang sarjana sastra. tapi krn bakat alami sy yg gak bisa diem akhirnya sy melalui proses rekruitmen utk posisi AO (pdhl saat itu sy gak tau sm sekali fungsi & jobdesk AO..Kebodohan PEmula..hehehe..).

    Betul sekali kalo AO bertugas mencari & mengelola. Munngkin sy tmbhkan bahwa AO terbagi 2 : FUNDING(focus: produk tabungan, deposito, reksadana, Bancassurance) atau LENDING (focus: produk pinjaman). Tugas Utamanya adalah mencari nasabah baru dan tugas lanjutan adalah mengelola database nasabah.

    Tugas sy adl AO LENDING. Jadi mencari dan mengelola nasabah pinjaman. It’s been wonderfull experiences.Ketemu bnyk orang baru, ngajak ngobrol di telfon, janjian ketemuan, ngeliat tempat usaha yg sblmnya blm pernah kita lihat, belajar karater orang2&belajar menyikapinya,dll. Nampak dari luar sgt menyenangkan.

    Tapi diluar itu semua, internal task dr perusahaan berbeda2 berdasarkan kebijakan yg dikeluarkan perusahaan tsb. Dan masing2 kebijakan tidak sama(sudah pastinya dongg).

    Di beberapa Bank tugas mencari nasabah & mengumpulkan data serta survey awal dikhususkan bagi AO.
    Kemudian proses survey jaminan (taksasi) dilakukan oleh divisi khusus (TAKSATUR). Lalu proses analisa data keuangan, karakter, jaminan,dll dikerjakan oleh ANALIS KREDIT.setelah itu diajukan data tersebut ke KOMITE KREDIt oleh analis. setelah ‘disidang’ oleh komite maka diputuskan apakah kredit tsb di setujui atau tidak. kalau iya maka akan diproses selanjutnya oleh divisi LEGAL(dimana akan berhubungan dgn notaris).Lalu dilanjutkan dgn proses akad kredit yg biasanya dilakukan oleh divisi LEGAL.

    Dari sana masih ada proses yg harus dilakukan yaitu me-maintain nasabah tersebut hingga jgn terjadi ‘kelalaian’ dlm proses pembayaran kembali (angsuran) dgn cr menelfon atau mengkontak nsbh yg bersangkutan.

    Pd bank tmpt sy kerja dulu, semua proses tsb dilakukan oleh sy sendiri kecuali proses taksasi(kadang2 ikut jg sih) & Proses Legal (hny surat menyurat yg tdk terlibat-menghub. Notaris mah teteep AO-nya jg).

    terbayang kan bu repotnya sy sehari-hari. Contoh: Dalam satu hari sy hrs survey ke peternakan si A, sementara bon2 jual/ beli si B-C-D belum direkap, akad kredit si E menunggu sy dtg, telfon nasabah yg nunggak(yg jumlahnya gak sedikit), konfirm notaris utk akad si F, Report tunggakan, report ini-itu.Belum lagi di target dapet new customer tiap hari…WAaaaahHHH!!!pgn tereak2 deh bu..

    Saran saya buat kawan2 yg ingin bekerja menjadi AO di sebuah Bank, pada saat interview tanyakan benar2 jobdesk anda terutama jika anda mendaftar menjadi AO Lending(Kredit). KRn banyak hal2 yg terkait disana. Jangan sampai anda ‘tertipu’. Mintalah pd interviewer utk menjelaskan scr mendetail pekerjaan anda hingga anda paham.Jangan minder bakal dikatain “bolot/lambat”. Stlh tau jobdesk anda, anda akan bisa menilai seberapa layak anda diganjar(gaji maksudnya).

    Saya sendiri setelah 2 thn pada akhirnya menyerah jg di bank itu Bu, krn yang saya dapat gak worthed. Intern berlaku krg adil pd “UJUNG TOMBAK” perusahaan. Saat ini sih masih mencari lagi posisi di Bank tp dgn kebijakan yg gak kapitalis. Doakan sy bernasib baik seperti ibu ya..

    Dee,
    Menjadi AO memang berat, seperti yang diutarakan. Memilih karir di perbankan memang menyita waktu, berangkat pagi dan pulang jam 9 malam masih sore….dan hanya orang tertentu yang kuat dan bisa menanjak ke atas.
    Thanks sharingnya, agar dibaca oleh teman lain.
    Saya sekarang sudah pensiun, pekerjaan saya mengajar di suatu Lembaga Perbankan…..dan tinggal di Jakarta, sesekali ke Bandung.

  184. Wow berat juga ya tugas sebagai AO itu,,,,
    dan ssaia mau tanya pembagian komisi nya itu seperti apa…
    krn pasti lah setiap kredit yang di setujui tentu si ao akan mendapat komisi
    nah perhitunganya itu seperti apa ya??

  185. ada yang udah ada kabar dari bri, atas hasil medcek nya

  186. gajinya sebagai ao bri brapa ya

  187. Siang bu..
    Terima kasih sekali ya bu, berkat tulisan ibu saya yang bukan berlatar belakang pendidikan dari ekonomi jadi banyak tau ttg AO. Alhamdulillah saya sudah lulus tes wawancara awal AO di BRI padang..
    doakan saya bisa bisa menjalani tes selanjutnya dengan baik ya bu..

    Wat Dani, kamu ikt tes BRI mana? Padang jugakah?
    Salam kenal…

  188. mau tanya bu, kalo posisi AO BRI pegawainya itu pegawai BRI ato pegawai Outsorce? mohon pencerahannya bu?

    Yudhi Dharma,
    Kenapa tak ditanyakan langsung pada bank yang bersangkutan?

  189. Piye mas harits & mas diet…..? Dah terima surat panggilan medchek blom? Tuh didin ma VRGA ja dah medchek…ko kita2 pd blom y? Pdhl dah call BRI ktanya surat dah dikirim? Msa 1 mggu lbih blom dateng…,itu surat pake perangko berapa ya?
    emang ada gak ya medchek gelombang 2? Wduh klo ga dipanggil2 aku kburu direkrut bank lain dunk……ni jg dah wawancara….HIDUP HANYALAH SEBUAH PILIHAN…..

  190. belum mas…………..saya pasrah aja nih………..tetep doa aja……….

  191. Sama, belum… Perlahan-lahan mulai timbul pesimistis dalam hati kecil… Pasrah aja lah…

  192. jangan kecil hati dulu gw tanya ma petugasnya kalo hasil juga bakal diumumin di LPPM……………kalo qt liat di situs lppM kan ada space kosong ijo to…..

    nah keknya ntar pengumuman akir bakal diumumin disitu…………..

    dulu aku juga udah beranggapan.wew…….keknya aku ga lolos nih………..tau2x ditelpon ma bri…..

    sabar aja lah…..kita dah usaha maksimal..sekarang serahin ma yang diatas..

    koq malah curhat yah………..

  193. dan ssaia mau tanya pembagian komisi nya itu seperti apa…
    krn pasti lah setiap kredit yang di setujui tentu si ao akan mendapat komisi
    nah perhitunganya itu seperti apa ya??(ANDI RAHADI)

    Makanya saya sharing mas..mengomentari ttg komisi,memang marketing sgt identik dgn komisi.tapi semua berpulang kepada perusahaan tmpt mas mengabdi. Sistem komisi ada yg direct ada yg diakumulasi.

    Perhitungannya, ad perusahaan yg sistemnya prosentase dr total pencapaian mas dlm 1bulan.
    Ada jg yg dilihat dr pencapaian per produk.Ada juga yg pasang standar bawah(minimal)pencapaian target baru nanti ada rumusnya lagi. kemudian ada jg yg dilihat dr seberapa bnyk bundling produk dlm 1 bln..

    Wah macem2 deh mass…ada yg fair, ada yg ribet, ada yg kecil, ada yg gede.kita cuma bisa tau kalo udah terjun langsung.

    Komisi mah anggap aja ada rejeki lebih. intinya adl sdh digaji jd harus kerja maksimal.Itu aja.

    Saran saya kalo udah terjun langsung, jangan pernah hentikan pertemanan dgn org2 dr bank kompetitor. sgt berguna di kemudian hari!!Good luck yg sudah tes di bank manapun.

    Semoga saya juga dpt keberuntungan seperti anda semua.SUKSES!

  194. Alhamdullilah udah ada hasil medcek….tgl 11 8 08
    sukses ya buat temen2 yang lain..

  195. panggilan untuk pengarahan dan ttd kontrak ao bri kanwil 2 11-08-2008.

  196. alhamdulillah ya kalau begitu…sudah ada kepastian…tp saya ga ada panggilan nih…berarti gagal ya???panggilannya dalam bentuk surat atau telp ya?

  197. PANGGILANNYA DALAM BENTUK SURAT DAN TELP..

  198. Selamat buat teman2 yang dinyatakan Lulus. Semoga sukses selalu. Sampai saat ini saya belum terima kabar apa2 dari BRI, which mean maybe i can consider myself as fail candidate… Sedih banget… tapi emang gak jodoh keknya yach… Mohon doa juga dari teman2 yang sudah sukses biar saya dan teman2 lain yang belum sukses, bisa bernasib baik seperti anda… Selamat sekali lagi…!

    AHF

  199. waaawh saia tinggal wawancara akhir dengan pihak BRI dan tes medical,,,,
    kira2 isi wawancara dengan BRI di tanyain apa aja yaa?????

  200. biasanya kalo di BRI it udi kontrak berapa lama dulu ya baru di angkat jd karyawan tetap ????

  201. ALHAMDULILLAH……(SIAPA PUN ANDA)……..dah ada panggilan ya? kok aku belum ya…? waduh…lolos gak ya…? ada kabar ga kira2 berapa kuota yg lulus medcheckup … ya….? thanks

  202. coba aja di tanyakan ke BRI-nya, biar lebih jelas apakah ada gel 2. Untk Mas Andi biasanya nanti pd waktu wncara di tanyakan dulu masalah pekerjaan anda klu anda udh bekerja, kemudian bgmna ao itu bisa bekerja dalam mencapai target. serta motivasi anda. kurang lebihnya seperti itu…

  203. eng ing eng,…..yang pertama ditelpon ktanya ‘surat dah dikirim’,yang kdua bda orang dtlpon ktanya Medchek trakhir tgal 1 Agt,…There’s always two sides in every story….(iklannya TEMPO versi English)…..

  204. brati………………kasaranya…BRI boong gituh???????

  205. saya juga baru tadi dpt telp dari BRI..alhamdulillah dah ada kejelasan nasib :d..its not a finish but its a start…wish u all d’ best…terima kasih buat semua info yang sangat bermanfaat terutama buat ibu edratna…semoga selalu memberi pengetahuan yang sangat bermanfaat..

  206. wah……..gimana resultnya bro??????????

  207. resultnya hari senen ntar disuruh ke pusdik BRI wat ttd kontrak…akhirnya…

  208. Selamat buat seMua yg LUlus…..Teman-teman Nasibku Tak Seberuntung Kalian…….PDhal Sudah Menaruh harapan Besar Bakal diTerima ….yah Show Must Go On…..Entah apa yg ada Didalam Tubuhku Sehingga BRI tak Meluluskan KU……Sy Cma Berharap ada KEJUJURAN di Proses Medcheckup Kemaren….”COUSE NOW I’M IN BRI….SO WHAT THE PROBLEM WITH ME ?????”

  209. Kalau boleh titip pesan sama teman2 sekalian yang berhasil lolos dan sudah tanda tangan Kontrak. Mohon pertimbangan, terutama secara moral dari Pihak PT. Bank BRI Jakarta Kanwil 2 terhadap kami-kami peserta seleksi yang sudah sampai tahap wawancara akhir agar segera diberi kabar baik itu secara tertulis atau kalau memang sudah tidak ada lagi goodwill karena kami sudah consider sebagai fail candidate yah by phone misalnya. Sekedar tanda bahwa apa yang kami harapkan bisa segera memperoleh kepastiannya. Kalau sudah resmi dinyatakan gagal dan tidak diterima, kami pun pasti tahu diri dan akan benar-benar berhenti berharap!

  210. OIA AKU MAU NANYA,,,,
    PADA SAAT KITA DI TEMPATKAN DI SUATU UNIT ATAU CABANG APAKAH UNTUK LANGKAH AWAL KITA DI BIMBING TERLEBIH DAHULU????
    WALAU KITA SUDAH DI TRAINING TP KAN KITA GK TAU SITUASI LAPANGAN?????

  211. Bunda, Yaya link ya…
    Waktu googling tentang perbankan eh..ketemu bunda.

    Cahaya,
    Silahkan….

  212. alhamdulillaha tanggal 15 agustus kemarin saya dapat sms dari bri semarang, didalamnya mengatakan kalau saya lolos tes kedua dan harus mengikuti tes wawancara akhir pd hari selasa nanti,…seneng juga tahu kabar itu karn wkt psikotes sy bnr2 gk yakin lolos. doakan ya semoga Allah meridhoi langkah saya brikutnya untuk meniti karir sebagai AO BRI…. buat teman2 yang belum berhasil tetap semangat ya, krn rejeki sudah ditentukan oleh Allah, jangan takut tuk terus mencoba, dan pasrah kpd Allah

  213. malem bu.

    Sy seorang lulusan ekonomi pendidikan. pengalaman bekerja di bidang marketing beberapa kali.
    Saya melamar menjadi AO di BRI, dan Alhamdulillah akan menjalani wawancara terakhir. TApi saya masih ragu dengan kemampuan saya, karena ini “dunia baru”.
    Tolong beri saya “WEJANGAN” sebagai persiapan bagi saya, yang sapa tau Allah menjodohkan saya dengan pekerjaan ini.

    Terimakasih banyak bu :)

  214. salam kenal semua,
    aku yolly, insyaallah rabu besok aku ikut interview akhir sbg AO di BRI pekanbaru untuk wilayah sumbar-riau. mohon doa dari teman2 semua moga uku bisa lulus sampai akhir, amin….

  215. Dear Bu Enny,

    Saya sangat tertarik untuk bertanya tentang BRI Micro Unit. Sepertinya, banyak teman teman di situs ini yang mungkin tentang BRI Micro Unit.

    Apa sih yang membuat BRI ini sangat sepecial di daerah yang susah dijangkau oleh bank bank yang lain? Apakah karena BRI Micro Unit ini yang mempunyai AO di seluruh pelosok tanah air? Bagaimana sih cara kerja Micro Unit? Apakah ada informasi yang bisa di-“share” sama aku?

  216. bri unit dekat dgn masyarakat kecil. paham budaya masy sekitar, tau bagaiman men-treat orang per orang atau suatu kelompok masy di suatu lingk tertentu.
    kadang kedekatan emosional orang unit dgn masy sekitar bisa ngalahin senjata2 dari bank lain, misal IT canggih, rate bunga yg seakan diobral ga butuh profit, reputasi/nama besr bank laen, biaya adm kreditdan asuransi murah, d l l..
    mhn mangap kalo rada ngelantur.

  217. ass……
    alhamdulilliah saya lulus wawancara akhir AO wilayah padang-pekanbaru.
    Tadi saya sudah mengikuti tes kesehatan dan hasilnya baru keluar hari jumat/sabtu deoan. Mohon doa dari teman2 semua, semoga aku lulus menjadi AO di BRI, Amin

  218. ghfghhhhsh

  219. horas!! salam kenal bu edratna…..
    saya diterima sebagai AO di salahsatu leasing sepeda motor dan telah bekerja hampir satu bulan dan saya masih bingung dengan pekerjaan saya karena saya langsung terjun ke lapangan jalan dengan senioran tanpa ada training secara teori,yang jd pertanyaan saya apa sebenarnya tugas AO di leasing yang penjualannya tergantung kpd sales2 di dealer sementara smua competitor berada di dealer tsb, disamping mencari konsumen saya jg merangkap sebagai surveyor.
    kira2 trik2 apa yg dilakukan untk menarik hati para sales di dealer, karena smua AO ada target per bulannya

    terimakasih banyak bu…….

  220. Dear ibu Enny,

    saya besok mau test AO Trainingdi sebuah bank swasta, pada awalnya saya kurang tertarik karna di dalam pikiran saya AO itu hanya nyari nasabah saja, nah yang saya mau tanyakan AO training Program apakah sama job descnya dengan AO bu?
    makasih sebelumnya ya bu…

  221. Dear Bu Enny,

    Bulan depan tgl 11 saya akan tes interview AO tahap akhir di BRI..yang mau saya tanyakan tips-tips dari ibu dalam menghadapi interview nanti agar bisa lulus..
    tolong dong bu kasih wejangan..sebelumnya pengalaman pekerjaan dalam bidang marketing udah 2 tahun lebih,tapi saya merasa ragu, apakah saya cocok untuk posisi AO? Karena setahu saya, AO pekerjaannya berat.
    Ratih tunggu infonya ya :)

    Thanks Bu..

  222. Salam Kenal…
    Ne blog kayaknya jadi tempat curhat calon AAO/AO BRI yah???
    Yuhuuu… ada yang ikut tes AAO BRI Kanwil Surabaya gak???
    Kirim2 kabar yah…
    Thankz

  223. Apa kabar buat semuanya….

    Gini, saya baru aja hari ini test dan i’view di NISP sbg Relationship officer

    Jadi ada ikatan dinas 1 thn, 1 bln pertama ikut training dikelas, bln kedua JOb in Training, dan selanjutnya udah di target.

    Tp masalahnya gaji yg ditawarin kecil dibanding salary terakhir sy, gaji yg ditwarin 2.5jt (blm potong pajak)

    utk informasi, sy udah kerja di bidang marketing ampir 5 thn, cuma ini dianggap ga berlaku krn bukan pengalamn di bank

    Kira2 yg pantes gajinya brp yah, karena ada yg blg di Panin dpt 3.1 jt (ini bdsrkan info yg sy dpt dr org yg interview brg sy)

    trus, syaratnya jg hrs taruh ijasah dan traksrip asli kita disana. kira2 aman ga yah.

    Tlg comment yah….

    thx alot

  224. assalamualaikum buk ratna
    saya wahyu lulusan fakultas hukum PTN, hari selasa depan saya dipanggil oleh bri untuk diinterview. profesi yang dibuka adalah account officer (AO).kira-kira apa yang harus saya persiapkan untuk menghadapinya wawancara awal tersebut, khususnya dari segi hukum. karena saya belum berpengalaman di dunia kerja.saya mohon bantuan buk ratna untuk mencarikan solusi bagi saya.sebelumnya saya UCAPKAN TERIMA KASIH

  225. bu, saya masih bimbang dgn pkerjaan AO..ibu bilang butuh pengalaman tp di tmpt sy melamar dbutuhkan yg fresh graduate..apa itu berpengaruh ?
    (oia, di BCA bu..)

  226. oia bu, kalo AO jenjang karirnya bagaimana ??

  227. Bu saya Aang, saya punya pengalaman menarik selama jadi AO. Kalau boleh share pengalaman susahnya jadi AO:
    1. Harus mau kerja diluar jam kerja
    2. Harus mampu berkomunikasi dg baik
    3. Punya analisa yang kuat seperti yg Ibu sampaikan
    4. Punya pengetahuan berbagai jenis usaha
    5. Punya jam kerja yg fleksibel
    6. Punya kemampuan dasar tentang akuntansi
    7.yang terakhir harus punya SIM soalnya mana mungkin naik angkot apa jalan kaki

  228. Salam kenal Bu

    Latar belakang saya jurusan matematika
    Saya sudah memiliki pengalaman kerja sebagai sales manager di sebuah perusahaan consumer goods, saya tertarik membaca tulisan ibu mengenai AO. Saat ini saya telah melamar dan lolos seleksi sebagai AO di bank swasta dan akan mengikuti training minggu depan. Mohon bantuan ibu bila selama training ada bahan yang sya kurang pahami.
    Terima kasih atas perhatiannya

  229. [...] wisata yang layak dikunjungi di pulau LombokTana Toraja nan indah permaiWamena, is a beautiful cityAccount Officer Bank, ujung tombak untuk membangun sektor riilMengenal Produk Perbankan Syariah (1)Apakah Anda mempunyai indra keenam dan intuitif?Apakah [...]

  230. dhany,
    salam kenal bu edratna…. bu saya saat ini merupakan seorang karyawan bank swasta di bandung. saat ini saya menempati posisi staff procurement sudah 2th. saya sangat tertarik dengan apa yang telah ibu paparkan tentang AO. kebetulan di salah satu surat kabar terdapat job vacancy utk posisi AO (a. yang berpengalaman dan ; b. yang blm berpengalaman). saya merasa tertarik atas pekerjaan tsb. namun saya agak ragu harus mengambil posisi yang mana a/b? selain itu kualifikasi yang diminta adalah untuk lulusan sarjana, sementara saya diploma. apakh ada kemungkinan untuk saya dapat dipanggil dengan mengandalkan pengalaman kerja yg tidak berhubungan dengan yang diminta? contoh sanksi apa yang diterima oleh seorang AO apbla melakukan kesalahan? mohon arahannya… tks alot.

  231. salam kenal ibu edratna,

    akhirnya tempat ini menjadi sebuah sinar terang…..huhh….selesai juga aku baca blog ini.
    inspirasi ini akan aku realisasikan di seleksi tes AAO BRI.

    Thanx untuk semua teman2ku yang telah mencurahkan seluruh pengalaman dan tips-tipsnya terutama untuk ibu edratna. tidak salah ibu menyempatkan diri berbagi dengan junior2 nya.

  232. makasih banyak informasinya bu, btw 2 tahun yg lalu saya pernah ikut tes untuk AO BRI,tapi mentok di wawancara terakhir…… besok saya dipanggil untk wawancara di BRI lg mohon bantuan doanya ya…. Gbus

  233. salam kenal…
    bu edratna, makasih banyak atas infonya selama ini. Alhamdulilah..saya diterima sebagai AAO BRI dan sudah ditempatkan di salah satu kantor cabang. Setelah kurang lebih 1 bulan terjun ke lapangan, banyak hal yang kadang terasa begitu sulit untuk saya sebagai orang baru menekuni profesi ini. Bahkan keyakinan yang dahulunya begitu kuat, nyaris pudar.
    Tapi saya tetap mencoba untuk kuat. Doakan ya Bu

  234. Salam kenal Semua!!!
    Terima kasih Ibu Edratna info-info mengenai Account Offcier (AO). Blog ini membuka wawasan saya tentang peran AO di dunia perbankan. Saya tertarik sekali untuk berkecimpung di dunia perbankan walaupun berasal dari lulusan Arsitektur.
    Doakan saya Ibu, besok saya tes psikotes AO BCA.

  235. saya empat tahun jadi ao di bank pemerintah, pusing deh , kerja tidak mengenal waktu, di kejar target yang terus membengkak tiap tahunnya ee giliran pangkat tidak tahu kapan naiknya , capek deh

  236. Pada kenyataannya, AO yang bisa dikatakan OK ya jatuhnya “Superman” Bu, mulai dari prospek, appraisal, analis, sampe collection….. Tapi apapun itu AO mau ngga mau jadi orang yang punya jiwa “intelijen” karena dengan itu punya kesempatan dan kemampuan lebih untuk bisa mencium dan mengetahui sesuatu yang belum banyak orang dan malah belum ada orang yang tahu….

  237. selamat sore ibu edratna

    sebelumnya salam kenal semua,terimakasih bu untuk info AO nya,tapi saya mau tanya tentang RO(relationship off) Mass Banking,Prioritas,konsumer,apasih tugasnya bu?aku akan tes wawancara ke dua sama end user bank bukopin hari sabtu ini 6/12/08,dan sebenarnya ditawarkan jg untuk posisi AO,pengalaman saya sebelumnya sbg asst mgr(MSO) disalah satu bank BUMN di manado kurang lebih 3 thn+,kenudian jadi CRR (customer relationship off)di PT excelcomindo pratama di jakarta,sekarang di perusahaan export sbg Marketing staff di serpong,kiinginan saya memang ingin mengembangkan karir marketing saya bu cuma terkadang saya minder klo ditawarkan pada lokasi yang saya tdk punya networking yang kuat apalagi mjd seorang AO/RO?maknya skrng saya mau coba untuk posisi RO,apakah pekerjaanya sesulit AO bu?mohon jawabanya ya bu klo bisa ke emeil saya di (ignatiusfebrian@gmail.com)

    thx
    best regards

  238. malam ibu, luar biasa postingannya. Mohon bila ibu tidak keberatan, saya ingin sedikit menambahkan:

    Saat ini saya menjabat sebagai Analis Kredit di salah satu Bank di Bali, mulai dari kredit konsumtif sampe korporasi pernah saya analisa, besaran kreditnya mulai dari 5jt s/d terakhir 10M juga saya pernah analisa.

    Dari sekian kali pengalaman di lapangan, saya menyadari seorang analis haruslah memiliki instuisi yang tinggi, cerdik dalam menggali informasi karena itulah yang utama bagi saya.

    Seringkali nasabah membesar-besarkan keadaan usahanya mereka, sebenarnya bukan itu yang kami butuhkan, tapi informasi yang apa adanya.

    Bagi yang ingin mengajukan kredit saya sarankan saat petugas AO melakukan ploting/OTS (on the spot) berikanlah keterangan yang seadanya, maksudnya adalah seperti halnya usaha yang memiliki pasang surut di setiap tahunnya. Sebagai pengusaha tentu anda pasti mengetahuinya, nah hal tersebutlah yang anda ceritakan seperti misalnya penjualan anda yang paling kecil atau jumlah piutang anda yang tidak tertagih dalam waktu yang lama dll

    Hal tersebut akan sangat membantu kami para analis kredit untuk memformulasikan kredit yang benar-benar bisa membantu anda bukan justru menyusahkan, contoh seandainya anda gembar-gembor tentang penjualan yang tinggi, seandainya analis percaya kemudia menyetujui kredit anda dengan angsuran yang tinggi, siap yang harus dipersalahkan, analis atau nasabah yang memberikan data?

    Seperti yang dikatakan oleh Ibu kita kartini eh ibu endratna, “tepat sasaran/guna, tepat jumlah, tepat waktu” memang tidak gampang bagi kami selaku analis karena seringkali nasabah menganggap penjelasan kita hanyalah dongeng, Kredit Modal Kerja digunakan untuk pembelian aktiva tetap, demikian juga sebaliknya. Akhirnya seperti yang kami duga kolektibilitynya menurun nah klo sudah begini kembali nasabah datang ke bank untuk bantuan tambahan modal.

    Satu hal lagi mungkin ibu yang berkecimpung lama di perbankan cerita2 saya ini sudah seperti sayur basi buat ibu tapi semoga bisa jadi sayur ijo buat yang masih baru.
    “Surat sakti” wah kalo udah kena ini lebih rumit lagi urusannya, meski setelah dianalisa dan divonis unbankable pun itu analisa dalam sekejap bisa berubah menjadi bankable, fenomena seperti yang masih menjangkiti Indonesia, ditambah lagi dengan AO-AO yang mencoba mengambil untung dari kesulitan nasabah

    Salam

    Ayo ke Bank!

  239. Salam Kenal Bu edratna,

    bu saya mau menanyakan apakah tanggung jawab AO yang dimaksud sama dengan AE dilembaga pembiayan non bank kebetulan saya pernah bekerja dileasing sebagai AE Tanggung jawabnya meliputi marketing memperkenalkan prodak pembiayaan, mencari konsumen dengan adanya target booking dan melakukan survey ketempat nasabah yang membutuhkan dana dan menganalisa kelayakan nasabah (CA) apakah layak dibiayai atau tidak sampai dengan (colletion) pemantauan pembayaran nasabah yang menjadi tanggung jawab AE tersebut.

    apakah AO yang dimaksud sama seperti AE yang saya tau mohon penjelasannya..?

  240. mas du2nk !! ao di bank tempat saya bekerja itu punya kerjaan sebagai berikut : tukang analis kredit, tukang tagih, tukang taksir agunan, tukang pasarin produk, pokoknya ao itu harus “SUPERMAN”

  241. Bu, kedepannya prospek AO ini jenjang nya seperti apa ya…?

    Klo utk perempuan apakah cukup layak dijalani bu,,,,? klo misalnya nih ada AO yang hamil apakah dia akan mendapat beban yang sama dengan AO laki2 ?

  242. malem bu…saya besuk hari rabu 17 des 08 dipanggil wawancara di BRI Surakarta, karena saya mll outsourching maka saya blm tau jabatan apa yang akan saya masuki..saya minta tips dari ibu untuk wawancara besuk. Terutama tentang jabatan2 yang ada di bank seperti teller, CS dll.mohon bantuannya. Terimakasih banyak sebelumnya bu..

  243. halo semua….
    kebetulan saya saat ini jadi AO komersial di salah satu ktr BRI Jakarta…
    saya jadi AO kurang lebih udah 1 tahun…
    jadi AO BRI emank mantap….
    dari A-Z semua dikerjain sendiri…
    tapi asik kok, banyak banget ilmu yg kita dapat…
    bisa kenal banyak org, tau macem2 jenis usaha…
    emang kadang stress terutama maintain nasabah, kalo masalah target siy relatiflah, semua jenis kerjaan jg ada targetnya, cuman target AO memang jelas, bentuknya kuantitatif, berapa jumlah ekspansi n berapa NPL….
    jadi AO mental harus kuat soalnya godaannya banyak banget, cuman itu tergantung masing2 orang, jgn sampe berbuat yg aneh2lah karena resikonya gede banget…
    buat yg suka cari tantangan jadi AO cocok banget…

  244. dulu saya kecewa berat gara-gara gagal jadi AO bri…

    tapi sekarang saya diterima di departemen keuangan……..

    tuhan memberi kita yang terbaik………hanya manusia yang tidak mengerti dan kurang sabar………

  245. Saya panggil mas Zikri atau pa ni.

    jd Ao udah 4 tahun lumayan lama tuh…tapi gimana klao salary lumayan ga mas zikri klao awal2 masuk

  246. bsk senin saya interview akhir di BRI,,saya bingung ttg salary AAO di BRI. Kira2 standar awal gaji AAO BRI brp y ? Biar ntar pas interview, saya udah punya kalkulasi & bayangan ttg gaji….thx.

  247. Malem Ibu… saya Fauzi, salam kenal ya.. Ibu, maaf saya mau konsul ke Ibu. Kebetulan Alhamdulillah, Saya baru saja menjalani tes kesehatan (test terakhir) di Bank Bukopin Syariah sebagai AO, kemudian minggu ini juga saya akan melakukan wawancara akhir di bank BRI sebagai AO jg, setelah rangkaian test sebelumnya. mohon pendapat dari Ibu, yang saya hormati.. mana yang harus saya pilih jika nantinya keduanya diridhoi sama Alloh Swt. untuk lulus? keinginan saya sangat kuat untuk di bri, namun background kuliah saya di syariah… mohon bantuannya ibu dan mohon doanya, terimakasih…

  248. bagus sekali..ini sangat bermanfaat buat saya…
    saya mau tes trakhir aao bri…kira2 ngapain aja yah?
    saya baru mau akan kerja..insyaAllah menjasi AAO BRI..trims

  249. Setuju dengan postingannya, memang AO adalah peran yg sangat penting untuk sektor perbankan…semoga institusinya sendiri memberikan penghargaan atas kerja keras dan peran dari AO itu sendiri….

  250. Ibu sebelumnya saya ucapkan terima kasih
    saya sdh bnyak baca tentang tulisan Ibu…..

    Besok saya wawancara akhir di BRI Kanwil Bandung saya minta wejangan dari Ibu kira-kira apa yang harus saya siapkan dalam menghadapi pertanyaan besok

    sekali lagi terima kasih banyak

  251. maaf saya tambahkan besok saya wawancara akhir buat AAO bri mdh2an Ibu lg Online jd jawabanya bisa saya baca sekarang he3x soalnya ditempat saya agak susah untuk akses internet…
    terima kasih Bu..

  252. mas du2nk kalau salary yang saya terima untuk hidup didaerah seperti saya ya udah lumayanlah

  253. bu

    mo tanya juga ya..
    klo tes sikap kerja utk AO BRI tu sperti apa ya?
    tolong juga bantuan temen2 semuanya. coz ak msih blank tentang tes sikap kerja

  254. seperti apakah tes sikap kerja untuk posisi AAO BRI kanwil 2 Jakarta itu?
    terima kasih.

  255. [...] Officer), peran AO sebagai ujung tombak dalam membantu pembangunan sektor riil,  pernah saya tulis disini. Namun karena banyaknya pertanyaan dan tak memungkinkan waktu saya untuk menjawab satu persatu, [...]

  256. [...] yang saya tulis pada tanggal 4 Juni 2007, rupa-rupanya masih sering dibaca pengunjung blog ini, pertanyaan tak ada habisnya, bahkan sempat [...]


Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 215 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: