Oleh: edratna | September 21, 2007

Perlukah memahami analisis sumber dan penggunaan dana?

Mengapa kita harus memahami sumber dan penggunaan dana? Pemahaman ini diperlukan, agar kita bisa mengelola keuangan dengan benar, dan tidak terjadi missmatch antara sumber dan penggunaan dana. Pemahaman tentang sumber dan penggunaan dana ini, tak hanya perlu untuk pimpinan perusahaan, atau orang yang bertanggung jawab di bidang keuangan, namun juga diperlukan ibu rumah tangga agar bisa mengelola keuangan secara benar.

Apabila kita melihat sebuah laporan keuangan, selain menilai perkembangan laporan keuangan tersebut, serta melihat angka ratio-ratio keuangan perusahaan, maka kita juga perlu melihat apakah dana yang ditanam dalam perusahaan tersebut telah digunakan sesuai tujuannya. Bagaimana cara mengetahui hal tersebut? Pertama-tama harus mengetahui sumber dan penggunaan dana, apakah dana yang berasal dari dana jangka pendek, digunakan untuk keperluan jangka pendek (misal:meningkatkan modal kerja), serta telah tertanam dalam aktiva lancar, serta tidak digunakan untuk keperluan investasi.

Untuk menganalisis bagaimana sumber dan penggunaan dana suatu perusahaan, di bawah ini disampaikan “high light” laporan keuangan PT XYZ, yang bergerak dibidang usaha jasa perhotelan.

Laporan keuangan PT XYZ


Untuk menganalisis sumber dan penggunaan dana, sebelumnya harus dipahami, apa yang termasuk dalam sumber dana, dan apa yang termasuk dalam kategori penggunaan dana. Di bawah ini disampaikan pos-pos sumber dan penggunaan dana berdasar konsep Net Working Capital (NWC). Menurut konsep ini, kita melihat perubahan-perubahanang ada pada laporan keuangan di luar aktiva lancar dan hutang jangka pendek (NWC= aktiva lancar-hutang jangka pendek)

Yang termasuk dalam Sumber Dana, adalah:

  • Laba usaha
  • Penyusutan
  • Penurunan Aktiva tetap
  • Penurunan Aktiva lain-lain
  • Penurunan Net Working Capital

Sedangkan yang termasuk dalam Penggunaan Dana, adalah:

  • Kenaikan aktiva tetap
  • Kenaikan aktiva lain-lain
  • Kenaikan Net Working Capital
  • Pembayaran Hutang jangka panjang
  • Kerugian

Dari laporan keuangan PT XYZ dapat di susun laporan sumber dan penggunaan dana sebagai berikut :

Analisa sumber dan penggunan dana

Berdasar sumber dan penggunaan dana tersebut di atas, terlihat bahwa PT XYZ telah menggunakan sumber dan penggunaan dana sesuai tujuan.

Darimana kita mengetahui jika terjadi penggunaan dana yang tidak wajar? Jika terjadi selisih antara sumber dana dan penggunaan dana, dimana penggunaan dana lebih kecil dibanding sumber dana. Hal ini perlu diteliti lebih lanjut, apakah penggunaan tadi telah mendapat persetujuan RUPS atau Direktur keuangan yang berwenang. Pada perusahaan keluarga, hal seperti ini sering terjadi, yang menunjukkan bahwa masih tercampurnya administrasi keuangan perusahaan dengan keuangan keluarga.

About these ads

Responses

  1. dear mom…
    wow…penjelasan yang sederhana dan mudah untuk dipahami.
    bu, apakah sumber dan penggunaan dana hanya mencakup point-point tersebut saja atau masih ada point lain yang dapat dimasukkan kedalam sumber dan penggunaan dana?

    Qiu,
    Itu hanya dasarnya, tapi sudah memadai. Dan akan lebih rumit jika perusahaannya besar, serta terdiri dari berbagai macam departemen yang berbeda satu sama lain. Jadi tulisan tadi adalah sebagai dasar, tingkat kesulitan tergantung dari kompleksitas perusahaan yang ada.

  2. apakah ada sumber dan penggunaan dana yang mudah dipahami untuk saya sebagai mahasiswi yang perlu banyak belajar menyangkut tentang hal itu,terutama dalam membuat skripsi.Misalnya saya mengambil judul analisis koperasi tentang data2 yangn diperoleh selama satu tahun terakhir(2007).

    trimakasih atas bantuannya

    Astrid
    ,
    Tergantung judul skripsinya, serta apa out line skripsi tersebut yang telah disetujui oleh pembimbing. Untuk memahami analisis keuangan, minimal harus ada tiga periode laporan keuangan, apalagi jika koperasi tadi telah beroperasi cukup lama. Jika baru berdiri, ada neraca pembukaan dan perkembangannya.

    Sebaiknya Astrid diskusi lagi dengan pembimbingnya, karena kalau mengalami kesulitan dalam penulisan, beliaulah yang berperan langsung membimbing Astrid.

  3. memang betul tergantung pada apa yg mau kita bahas. hal sangat berpengaruh pada metodologi yg akan digunakan. metodologi merupakan tulang punggung dalam penyusunan skripsi anda. tanpa metodologi skripsi tidak ada apa2nya. misalnya anda ingin melihat pengaruh sumber dana terhadap pendapatan. pembahasan seperti ini adalah pembahasan kwantitatif yg berarti memerlukan metodologi statistik. apa yg digunakan dlm metodologi statistiknya sangat tergantung variable yg anda gunakan atau yg akan anda analisis, seperti regresi, path analisis dll… hasil kwantitatif sangat bermanfaat untuk analisis kwlaitatif yg pada akhirnya sangat menentukan hasil skripsi anda. semoga bermanfaat..
    goodluck….

    Kahfi,
    Saran yang sangat bermanfaat….thanks sharingnya

  4. mao tanya dunk..
    kalo investai dalam bentuk sertifikat bank indonesia meningkat, itu disebabkan oleh apa?
    TQ

  5. bedanya analsis laporan sumber dan penggunan dana dengan penggunaan modal kerja apa?
    trus bagian dari neraca apa yang bedanya mohon bantuanntya seeblumnya trims

  6. salam!
    saya mau bertanya nih masalah yang sering dihadapi koperasi mengenai sumber dan penggunaan dana apa? mohon bantuannya, trims

  7. saya mau tanya,
    1. sumber dana apa yang digunakan pemegang saham jika ingin mendapatkan EPS yang tinggi?
    2. sumber dana apa yang digunakan jika perusahaan ingin ekspansi ke bidang perhotelan?
    thanks

    Adhitiya,
    Pertanyaanmu memerlukan jawaban yang panjang lebar, dan minimal 7 (tujuh)sesi tanya jawab. Jadi…tentu saja tak mungkin dijawab disini, apalagi untuk pertanyaan yang seperti itu melalui pelatihan. Anda bisa ikut pelatihan di berbagai lembaga Manajemen.

  8. bu aq mw tanya apa hubungannya neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan modal dan laporan sumber dan penggunaan dana…jika dibuat laporan sumber dan penggunaan dana,,apa perlu dibuat lg laporan perubahan modal?

  9. [...] Analisis sumber dan penggunaan dana dapat dilakukan dengan dua cara: i) Konsep kas, yaitu melihat perubahan-perubahan di luar kas, dan ii) Konsep Net working capital. Untuk konsep net working capital pernah saya bahas disini. [...]

  10. Dear Edratna
    Senang sekali membaca Ulasan anda tentang Sumber dan Penggunaan Dana. Saya mau tanya mengenai Sumber Dana. Menurut NWC, sumber dana diantaranya berasal penyusutan?. Dapatkah ibu menjelaskan kepada saya pengertian tersebut? Saya mengerti bila laba ditahan sbg sumber dana. Namun penyusutan, dimana kita bisa gunakannya? Seperti kita ketahui bahwa penyusutan merupakan biaya non-kas berupa penyisihan dana untuk cadangan.

    Anda bisa membaca sendiri buku “Pembelanjaan” atau buku tentang Account Officer karangan Jopie Jusuf. Kalau dijelaskan disini terlalu panjang..dan sebetulnya ini merupakan pengetahuan dasar untuk Aalis Kredit atau Account Officer


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 215 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: