Oleh: edratna | Januari 13, 2008

Jangan abaikan jika anda mengantuk berlebihan

Apabila anda merasa mengantuk berlebihan, yang datang berulang, apalagi jika disertai halusinasi, maka bisa jadi anda terkena gejala “narcolepsy”. Masih banyak orang di Indonesia yang mengabaikan anggota keluarganya, jika mengalami kondisi seperti ini. Narcolepsy memang tidak mematikan, tapi bisa mengurangi kualitas hidup.

Apa yang dimaksud dengan narcolepsy?

Narcolepsy is a neurological condition most characteristized by Excessive Daytime Sleepiness (EDS). A narcoleptic will most likely experience disturbed nocturnal sleep, which is often confused with insomnia, and disorder of REM or rapid eye movement sleep. It is one of the dyssomnias. A narcoleptic may also sleep at any random time.

“Satu dari 2000 orang Indonesia menderita narkolepsi dan sebagian besar diantaranya disebabkan oleh keturunan”, kata Effy Afifah, S. Kep. M.Kes yang dikutip oleh Gloria Daniela Pasaribu, dari majalah Suara Mahasiswa UI. Kecilnya angka tersebut disebabkan oleh banyak masyarakat yang tidak sadar bahwa gangguan tidur yang mereka alami adalah narkolepsi.

Bagaimana gejalanya?

Karakteristik dari narkolepsi adalah mengantuk berlebihan, walaupun telah tidur cukup pada waktu malam hari. Seseorang penderita narkolepsi bisa mendadak jatuh tertidur, dimanapun dan waktu kapanpun.

Dalam bahasa sehari-hari, narkolepsi dapat dikatakan sebagai serangan tidur yang mendadak, tanpa melihat tempat. Penderita sulit menahan kantuk, bahkan pada saat sedang melakukan aktifitas. Oleh karena itu, penderita narkolepsi sering dicap pemalas, dan tukang tidur, karena selalu mengantuk dan kekurangan tenaga.

Narkolepsi tidak membahayakan kesehatan penderitanya, namun bisa membahayakna diri sendiri atau orang lain. Bayangkan, jika saat memasak jatuh tertidur, atau mengantuk saat sedang dalam kondisi menyetir.

Sayangnya sampai saat ini obat-obatan yang ada hanya untuk mengurangi gejalanya, dan tidak menyembuhkan.

Bagaimana jika anda mempunyai keluarga yang menderita narkolepsi?

Dibutuhkan dukungan seluruh keluarga, juga teman-teman dekat penderita untuk men support nya. Teman dekat bisa membantu penderita, yang sering jatuh tertidur bukan di tempat yang tepat, misalnya sedang menunggu kuliah. Jika ini dibiarkan, maka penderita akan ketinggalan pelajaran, karena sering mereka bermimpi telah mengikuti kuliah, padahal jatuh tertidur di bangku di luar ruang kuliah. Apabila penderita bisa datang di tempat kuliah yang tepat, walaupun saat kuliah jatuh tertidur, maka penderita masih dapat mengikuti pelajaran, walaupun tak seefektif teman-temannya yang normal. Walau demikian, di saat-saat tertentu, penderita bisa seperti orang normal, tahan belajar sampai malam mengerjakan tugas.

Keluarga penderita dapat mendukung, dengan meminta jadual kuliah, jadual tugas serta agenda kegiatan sehari-hari, sehingga memudahkan untuk monitoring, mengingatkan dan membantu membangunkan penderita jika sudah waktunya untuk berangkat kuliah. Dukungan pengajar, dosen, untuk memahami penderita sangat penting, sehingga penderita bisa melakukan aktifitasnya sebagai mahasiwa secara normal.

Apakah penderita narkolepsi bisa hidup normal?

Jawabannya adalah “ya”. Disekeliling saya, pada saat kuliah, dalam lingkungan keluarga, saya mengenal beberapa penderita narkolepsi. Saat saya masih mahasiswa, istilah ini belum familier. Saya mempunyai sahabat dekat, yang setiap jam kuliah selalu tertidur. Pada saat kuliah telah masuk ke tahap penjurusan, jumlah mahasiwa setiap kuliah hanya berjumlah delapan orang, sehingga kalau tertidur akan terlihat sangat menyolok.

Jadi, pada saat yang mengajar adalah dosen yang sangat disiplin (atau galak), sahabatku tadi selalu duduk diapit teman-teman dekatnya…yang berfungsi untuk setiap kali mencubit tangannya jika dia telah menunjukkan gejala mengantuk. Bisa dibayangkan betapa tangannya membiru selesai kuliah. Kalau dosennya baik dia sering langsung melorot dari tempat duduk, dan tidur di bawah bangku kuliah, ditutupi oleh teman yang duduk di kiri kanannya agar tak terlihat oleh dosen. Dia sangat menderita, dan saat mengeluh pada ayahnya, ternyata ayahnya juga mengatakan kalau lagi tak sibuk di kantor sering mengantuk.

Praktis, teman saya tiap hari meminjam catatan kuliah dari temannya, karena kalau dipaksa menulis, isi catatan kuliah bisa lucu-lucu. Dimanakah dia sekarang? Setelah menjadi sarjana dan bekerja, dia menikah…dan saat ini telah mempunyai gelar S2, dan menjadi pejabat teras di suatu Departemen. Saat ketemu, saya bertanya…”apakah masih suka mengantuk?” Dia menjawab, bahwa setelah melahirkan anak, mengantuknya menjadi berkurang.

Sumber bacaan:

  1. Wikipedia (http://en.wikipedia.org)
  2. Gloria Daniela Pasaribu. “Narkolepsi, bukan serangan tidur biasa.” Suara Mahasiswa. Majalah Universitas Indonesia.Edisi 23/Xv/2007 hal.40-41

Catatan:

Banyak pertanyaan yang tak mungkin saya jawab. Sebetulnya ada juga blogger yang juga dokter, dan mengambil spesialisasi tentang penyakit tidur ini di Melbourne, sayang saya lupa nama blognya, karena jarang saling mengunjungi.

Bagi teman-teman yang putranya, ada saudaranya, atau diri sendiri punya gejala seperti ciri-ciri narcolepsy ini, sekarang telah ada di RSCM dan beberapa rumah sakit yang khusus bisa mendeteksi masalah ini (setahuku di RS Mitra Keluarga).

Responses

  1. Narkolepsi, jujur saja ini istilah yang baru saya dengar Bu. Teman guru saya apakah bisa juga digolongkan penderita narkolepsi ya Bu ketika dia gampang sekali tertidur ketika obrolan sedang berlangsung. di kursi, di ruang guru, bahkan saat rapat pun dia gampang sekali tertidur. Tapi kok agaknya itu sudah kadung dinyatakan sebagai bagian dari karakternya yang ngantukan sehingga tidak disebut sebagai “penyakit”. Kira2 menurut bu enny gimana, yak?

    *Numpang OOT sebentar, Bu. saya pernah berkunjung juga ke blog putra-putri ibu. luar biasa, ada yang pakek bhs linggis. mau ninggalin komen kok terlalu katrok, ndak mudheng bhs linggis, hehehehe :lol: *

  2. Pak Sawali,
    Narcolepsy merupakan hal yang harus diperhatikan, karena sebetulnya jumlah penderita diperkirakan cukup banyak, dan pada usia produktif……. untuk mengetahui hal ini harus dilakukan pemeriksaan.

    Di Jakarta bisa dilakukan di RSCM, di bagian penanganan masalah gangguan tidur dan gangguan syaraf, seperti Unit Neuropsikiatri. Yang saya tahu juga ada di RS Mitra Keluarga Kemayoran…pasien bisa ditest, selama semalam tidur dengan dipasangi berbagai alat…sekitar tahun 2001-2004 biayanya Rp.2.500,000,- per pasien.

    Saya memahami hal ini, karena orang yang sangat saya sayangi termasuk penderita ini, syukurlah dengan terapi, dukungan teman, keluarga, pengajar, akhirnya bisa mengatasi hal tsb, dan tetap bisa berprestasi. Bahkan dari pengecekan terakhir, beberapa tahun lalu REM (Rapid Eye Movement) telah menurun mendekati normal. Orang normal REM nya maksimal 2, itupun sudah sangat mudah tidur nyenyak.

    Untuk mengetahui, apakah teman bapak mempunyai gangguan tidur apa tidak, perlu diobservasi. Yang penting, para pengajar memahami masalah ini…jika ada murid tertidur, jangan dianggap menyepelekan pelajaran, padahal si anak sangat tersiksa dengan kondisinya. Sebaiknya ditanyakan, apa sebabnya, terutama jika tertidurnya sering sekali, padahal waktu malamnya telah cukup tidur. Semakin stres, maka semakin mudah tertidur…sehingga penanganannya lebih pada behaviour changing.

    Bapak bisa baca juga di http://narpati.kunderemp.org/….dari sisi yang mengalami.

    Hmm anak saya dua pak, yang pertama kuliahnya di Computer Science In’tl UI, jadi bahasa pengantarnya bahasa Inggris. Sedang adiknya di di PTN di Bandung, keduanya sudah lulus. Sedang pacar sulungku….sekarang lagi “agak renggang” …kuliah sambil bekerja di Miami. Jadi bahasa Inggris untuk melatih agar memudahkan pekerjaan dan tugas sehari-harinya.

    Salam manis

  3. jangan-jangan aku narko juga ya bu? hawane kok ngantukan wae, apalgi kalau pas habis makan…

  4. Dee,
    Wahh…nggak tahu, karena harus di test dulu…..

  5. wah saya baru tahu ada istilah dan gejala seperti ini, Bu

  6. Utaminingtyazzzz,

    Justru itulah saya menulis, agar yang lain bisa memahami dan bisa menolong keluarganya yang mengalami gejala seperti di atas.

  7. Tentu ada kadarnya kan ya? Saya dalam kadar yang rendah mungkin juga mengalami apa yang oleh disebut sebagai “ngantukan tanpa ingat tempat dan waktu”.

  8. Saya juga baru dengar istilah ini, belum pernah bertemu dengan orang yang menderitanya, pernah dengar kalo orang bisa tau2 tidur dan ngantuk terus, tai baru tau kalo itu penyakit…thanks ya bu infonya berguna banget :)

    oya bu, mau tanya yg kemaren di blog saya, comment nya ilang sebagian yang pas bagian mananya ya bu?bingung koreksinya..btw thanks jg ya bu koreksinya :)

  9. #3

    kalo ngantuk setelah makan itu bukan-hal-luar-biasa..

    apalagi setelah makan dalam porsi luar-biasa (^_^;

    darah ke otak “terkuras” ke perut, jadi ya ngantuk..

    [*gitu mrt keterangan dokter*]

    CMIIW,
    adi.n

  10. wah, saya kayaknya punya penyakit narkolepsy, bu.
    Dulu pas sekolah-kuliah sering tidur di kelas.
    padahal saya pecandu narkopi.

  11. jangan jangan para anggota DPR banyak terserang penyakit ini..

  12. bahaya tuh kalo lagi nyetir mobil atau motor. kalo ngantukan waktu naik mobil apa masuk juga, bu? istri saya soalnya ngantukan model begitu…

  13. Memang ya bu, sleep disorder seperti narcolepsy ini perlu diperhatikan karena mengurangi kualitas hidup dan juga produktivitas mereka yang terkena kelainan ini. Bahkan jikalau mereka mengendarai mobil atau motor mungkin dapat terjadi hal2 yg tidak diinginkan.

    Kalau saya sendiri pernah 2-3 kali mengalami sleep paralysis, sewaktu sudah sadar dari tidur, sejenak seperti antara sadar dan tidak, saya bisa melihat sekeliling kamar saya tapi saya belum bisa menggerakkan atau mengendalikan seluruh anggota tubuh saya, baru beberapa menit kemudian saya bisa mengendalikan seluruh tubuh saya kembali.

  14. Aku narko kalau pagi2 dan siang2 setelah lunch.
    Kalau malam, insomnia.

  15. waduh… :fear:

  16. saya dikit-dikit nguap bu, tapi bukannya pengen tidur. saya termasuk yang tidurnya nggak terlalu banyak, baru bisa merem kalo sudah larut, tapi nguap mulu..
    apalagi kalo rapat, bisa tiap 5 menit. kadang sampe malu, takutnya orang mengira saya pengen tidur, soalnya memang menguap itu tnda kita ngantuk kan?

  17. Wah, saya selama ini baru mengenal kata insomnia. Salut sama mba yang sudah mengulas tentang narcolepsy.

  18. saya pernah nonton di salah satu episode serial komedi Scrubs yang menceritakan penderita narcolepsy. gejalanya sama banget seperti yang disebutkan diatas. Wah gaenak banget ya klo kehidupan terlewat begitu saja gara2 narcolepsy

  19. saya udah pernah dengar penyakit ini. memang kelihatannya tidak berbahaya, tapi bayangkan apabila tiba-tiba tertidur ketika sedang menyeberang jalan atau sedang menunggu kereta api.. *kebanyakan baca komik*

    mungkin dengan mencoba memperbaiki habit dan jam tidur bisa mengurangi penyakit tersebut.

  20. wah senang sekali bisa menemukan blog Ibu…. isinya bermutu!

    terimakasih sudah berbagi pengetahuan, Bu. ya dulu waktu smp ada guru bahasa inggris saya yang sering tertidur ketika memberikan pelajaran! saya kira beliau ini mengidap narkolepsi!

    oh ya, saya juga suka tidur sembarangan… tapi karena hobby .. hehe.

  21. semoga saya tidak termasuk

    *tidur*

  22. saya pernah nonton di salah satu episode serial komedi Scrubs yang menceritakan penderita narcolepsy. gejalanya sama banget seperti yang disebutkan diatas. Wah gaenak banget ya klo kehidupan terlewat begitu saja gara2 narcolepsysaya pernah nonton di salah satu episode serial komedi Scrubs yang menceritakan penderita narcolepsy. gejalanya sama banget seperti yang disebutkan diatas. Wah gaenak banget ya klo kehidupan terlewat begitu saja gara2 narcolepsy

    Yup gak enak….
    Hanya gara-gara sebuah trigger (entah emosi, entah perasaan riang, entah sedang ‘terangsang’ kayak di cerita scrub) dan setelah itu langsung tidur.

    Bayangkan bila seperti yang terjadi di episode scrub. Ia mungkin tetap bisa mengendarai mobil. Ia tetap bisa mengendarai motor. Tetapi hubungannya dengan pacar-pacarnya pasti sangat menyedihkan.

    Film-film lain yang juga menyangkut narkolepsi:
    1. Ratrace (yang ada Rowan Akitson)
    2. Narco (film Prancis)
    3. One Piece (anime/manga)

    Dan yang lebih menyebalkan lagi,
    bila pacar si penderita, sudah tahu penyakit si penderita tetapi tetap tidak mau tahu dan punya banyak tuntutan.

  23. waduh, kadang emang kayak gt sihhhh

  24. Paman Tyo,
    Sleeping disorder memang ada kadarnya, tapi jika sudah berat, dan bisa jatuh tertidur sewaktu-waktu, itu baru digolongkan pada narcolepsy.

    Riadi,
    Ceritaku berguna bagi para ortu untuk lebih memahami putra putrinya sejak dini. Dari majalah Suara Mahsiswa UI, ternyata ada beberapa mahasiswa yang memang narcolepsy…dan memang UI telah memberi perhatian pada hal ini.

    Adi.nugroho,
    Itu hanya mengantuk karena kekenyangan, jadi tak berbahaya.

    Bapake Evan,
    Untuk mengetahui termasuk narcolepsy atau bukan, perlu dilakukan test gangguan tidur di rumah sakit.

    Iman Brotoseno,
    Mereka tertidur karena bosen mendengarkan diskusi yang berkepanjangan

    Sitijenang,
    Belum tentu, karena harus melalui test. Jika mudah ngantuk karena menyetir, sebaiknya jangan menyetir mobil….

    Yari NK,
    Memang para pengajar, ortu, lingkungan hendaknya mulai memberi perhatian, agar anak-anak pandai usia produktif dapat diselamatkan. Karena menurut dokter, obatnya belum ditemukan, yang ada hanya mengurangi gejalanya. Mudah2an suatu ketika dapat ditemukan pengobatannya.

    Anwarchandra,
    Itu tak termasuk gejala narcolepsy

    Yoxx,
    Yup …setuju, terutama jika anda punya anggota keluarga atau kerabat yang mempunyai gejala ini…butuh dukungan dari anggota keluarga terdekat, teman, dan pacarnya.

    Isnuansa,
    Narcolepsy tak perlu menguap, dia langsung jatuh tertidur…

    Atapsenja,
    Semoga tulisanku membuka wawasan ortu, karena diduga di Indonesia cukup banyak penderitanya, tapi terabaikan.

    Citra,
    Iya betul, dan kasihan penderitanya…orang lain melihatnya pemalas, guru dan dosen sebal kok tidur di kelas nggak memperhatikan pelajaran…padahal anaknya sangat menderita.

    Ck,
    Itu pernah terjadi…jadi bukan karena baca komik. Ada anaknya pegawai di suatu perusahaan, yang jatuh tertidur saat menyeberang rel kereta api. Obatnya belum ada, tapi gejala bisa dikurangi, dan perlu waktu lama, capek, hati yang jungkir balik untuk menjadikan anak tadi menyelesaikan kuliah….semuanya stres, si anak, keluarganya, dosennya, pacarnya dst nya.

    Mer,
    Mungkin juga…dan hal ini baru dibahas belakangan ini……pernah juga ditayangkan di Trans TV saat awal berdirinya….

    Lahapasi,
    bersyukurlah jika anda tidak termasuk

    Kunderemp,
    Percayalah pada Allah swt, setiap masalah ada jalan keluarnya. Kadang memang tak bisa menuntut orang lain untuk mengerti keadaan yang sebenarnya, tapi bersyukurlah, karena banyak orang lain yang mengalami masalah lebih berat.

    Cewektulen,
    Kalau hanya kadang-kadang itu belum termasuk…

  25. bahaya juga nich yg kerjanya supir dan antek-anteknya

  26. Heru,

    Kalau boleh memilih mereka juga ingin bekerja kantoran, yang bisa berharap karirnya naik…. tak jadi sopir yang dikejar target, apalagi punya narcolepsy….mudah2an tak ada, karena bisa tabrakan, dan pasti oleh bosnya langsung di pecat.

  27. hmm, apakah ini terjadi karena perilaku pengidapnya? atau ini karena genetik?

  28. Tidur… bisa tidur itu merupakan suatu anugerah. Kalau banyak pikiran sering kita tidak bisa istirahat tenang.

  29. Kalau dosennya baik dia sering langsung melorot dari tempat duduk, dan tidur di bawah bangku kuliah, ditutupi oleh teman yang duduk di kiri kanannya agar tak terlihat oleh dosen.

    Ma’af bu mau OOT…
    Maksudnya baik dalam hal toleran aja kan ? Atau gmana ya kita menggambarkan dosen2 yg baik itu ?

    #OOT kok protes … :lol:

  30. Wah, Aku sering nahan kantuk malah. Biasanya mengkonsumsi ‘suplemen’ khusus biar kagak ngantuk!

  31. Heru:
    Benar.. berbahaya. Bukan sekedar sopir, tetapi juga pekerjaan operator mesin. Di Amerika Serikat, bila sudah dalam kondisi parah, pengidap narkolepsi tidak diperkenankan memiliki Driver License dan dokter yang mendiagnosa diwajibkan segera melaporkan ke DMV (Department of Motor Vehicle — seperti SamSat kalau di kita). Tentu saja penderita Narkolepsi mempunyai hak untuk meminta hearing mengapa ia sebaiknya tetap diperkenankan memiliki SIM.

    Edratna:
    Enak aja jadi pegawai kantoran. Bawaannya malah makin tidur, apalagi kalau para pegawai yang lain perokok.

    Pengennya tuh justru jadi petani atau buruh atau kuli, biar menikmati udara segar tiap hari dan badan selalu bergerak. Selain itu, pikiran juga gak terlalu banyak, gak seperti pekerja kantoran.

    Calvin Michel Sidjaja:
    Bukan kebiasaan tetapi memang penyakit. Penyebabnya masih dalam penelitian tetapi dugaan yang sering dikemukakan adalah genetik. Selain itu, ada juga kemungkinan karena cedera di kepala pada masa kecil. Ada juga kemungkinan mutasi genetik.

    Hewan lain yang juga memiliki narkolepsi adalah anjing.

    Barry:
    Buat pengidap narkolepsi, tidur adalah mimpi buruk dan sumber segala ketidakbahagiaan dalam hidupnya. Semakin banyak pikiran justru semakin mudah ia tertidur.

    Jika iklan Kratingdaeng mengatakan “buka mata… semua ada solusinya”. Sementara, pada saat penderita narkolepsi punya masalah, misalkan pekerjaan rumah atau ujian untuk keesokan harinya, ia justru semakin susah membuka mata dan akhirnya tertidur tanpa bisa melawan.

    Apakah anda masih mau mengatakan ‘tidur adalah anugerah’ untuk mereka?

    Herianto:
    Baik waktu SMP, SMU, maupun saat kuliah, beberapa guru dan dosen sering tersinggung bila aku tidur saat kuliah mereka. Padahal aku sudah duduk di barisan paling depan. Tetapi seiring berjalannya waktu, mereka mulai memahami dan tidak keberatan, apalagi selama aku menunjukkan rasa tertarik pada pelajaran mereka dan bisa menunjukkan bahwa aku mendengarkan mereka.

    Ada sebuah cerita lucu waktu SMU. Aku selalu mengerjakan ujian terburu-buru, dan aku selalu keluar paling awal karena aku takut bila aku terlalu lambat, rasa kantuk menyerang dan aku tidak bisa mengerjakan soal ujian.

    Nah,
    waktu Ebtanas SMU, setelah selesai mengerjakan salah satu ujian, aku sudah tidak kuat lagi dan jatuh tertidur pulas. Ternyata para pengawas (yang berasal dari sekolah lain) ketakutan melihat aku tiba-tiba tak sadarkan diri. Mereka memanggil guru-guruku.

    Saat guru-guruku tiba, dan melihat siapa yang dimaksud, mereka tertawa, “Oh.. Narpati”. Aku dibangunkan dan ditawari teh manis.

    Bayangkan.. teman-temanku yang lain sedang pusing mengerjakan Ebtanas, sementara aku duduk-duduk tenang di antara mereka sambil menyeruput teh.. hihihihihi

  32. Fauzanevva:
    Aku pernah menenggak empat ‘kratingdaeng’ dan aku tetap jatuh tertidur dalam waktu kurang dari sejam setelah minum. Hal yang sama juga saat aku mencoba ‘RedBull’ dan ‘V’ di Australia.

    Aku juga meminum empat gelas besar kopi berampas dan aku tetap jatuh tertidur kurang dari dua jam setelah minum.

    Kafein dan suplemen sudah tidak mempunyai pengaruh untukku.

    Satu-satunya yang masih mempunyai pengaruh untuk menahan kantuk adalah Ritalin™ (obat untuk ADHD yang mempunyai efek lain menahan kantuk). Sayangnya, Ritalin itu mahal dan membutuhkan izin dari dokter (termasuk psikiater… psikolog tidak punya wewenang dalam hal ini) untuk mendapatkannya. Selain itu, aku dan ibuku agak takut kalau aku sampai ketergantungan pada obat.

  33. Dear all,
    Saya tak perlu menjawab komentar di atas, karena si penderita sendiri (kunderemp), yang juga anak sulungku telah menanggapi tulisan dan pertanyaan anda.

    Banyak orang berpendapat, seolah-olah narcolepsy adalah penyakit turunan (tapi narcolepsy bukan penyakit turunan)…. mereka juga berhak hidup normal, serta berprestasi.

    Ini sms dari dr.Janto (dokter di RS Mitra Keluarga Kemayoran), yang pernah menangani anakku, setelah saya memberitahukan bahwa akhirnya anakku bisa berjuang melawan narcolepsy nya dan bisa lulus dari Computer Science UI (walau lebih lama dari anak normal): “Selamat ya, semoga di masa mendatang akan ada obatnya, bukan hanya menghilangkan gejalanya.” Saya juga berdoa seperti ini, agar tak ada ortu yang mengalami kesulitan, dan hati yang nyaris patah melihat perjuangan anaknya yang tertatih-tatih.

    Syukurlah setiap cobaan ada hikmah yang terpendam, kami sekeluarga mencoba untuk memahami dan mengerti, dan sekaligus saya ingin mengucapkan terimakasih pada guru-guru SDN 04 pagi Cipete Selatan, Guru-guru di SMP 68, Guru-guru di SMA 6…dan terutama seluruh Dekan, Wakil Dekan serta dosen di Fak. Ilmu Komputer UI, yang sangat memahami Narpati, dan selalu mendorongnya. Ada hari-hari bagi kami, yang kadang membuat saya pasrah, tapi saya yakin Allah swt akan memberikan jalan yang baik. Pada akhirnya Allah swt mengabulkan doa-doaku…ini yang membuat saya menulis di “Anugerah yang telah lama dinantikan”

    Diantara teman, anggota keluarga yang mendukung, ada juga yang meremehkan, karena tak masuk akal kok ada penyakit tidur…kami hanya tersenyum sedih mendengarnya. Di antara stres yang menggumpal, maka pelarian ke psikolog bahkan ke psikiater merupakan jalan keluar….minimal stres saya tak sampai membuat anakku makin tertekan.

    Akhirnya Allah swt mengabulkan doaku….anakku selain narcolepsy, diduga juga seorang “indigo” (mudah2an saya sempat mem posting)…..

    Terimakasih ya nak, engkau telah berjuang keras, dan engkau tabah dan tak berhenti, di saat orang-orang lain tak mempercayai mu, hanya karena ingin mempersembahkan keinginan ibu dan ayah,….akhirnya engkau dapat menyelesaikan kuliah.

    Ini baru awal, tapi setidaknya engkau percaya, bahwa engkau mampu mengatasi semuanya, semoga Allah swt melancarkan jalanmu untuk kehidupan selanjutnya. Amien.

    (bagi teman-teman yang ingin tahu tentang narcolepsy, bisa mengirim email langsung ke kunderemp)

  34. Hmm ya, REM anakku juga semakin menurun mendekati normal….pemeriksaan terakhir tahun 2004, REM nya =3 (orang normal maksimal 2), sebelumnya saat kuliah di UGM REM nya mencapai 11…dan sekarang dia bisa bergadang, bisa menyopir dan mengerjakan tugas seperti orang normal lainnya. Hanya di kala stres, maka ngantuknya akan kambuh. Jadi, akhirnya dia tahu, kapan narcolepsy itu akan muncul…dan dia harus pandai-pandai mengelola stresnya.

  35. saya punya budhe yang (sepertinya) sakit ini juga. saya gak yakin namanya narcolepsy, tapi gejalanya ya gitu. lagi masak, tau2 jatuh aja, ketiduran. lagi baca, ketiduran :(

  36. Welha dalah, ono-ono meneh……..
    Btw, apakah istilah yang diawali dengan kata “narko” selalu berkecenderungan untuk berkonotasi negatif?

  37. Kayak salah satu fil yang dibintangi ma Rowan Atkinson (lupa judulnya). Btw, penyakit ini apa ada tingkat2annya gitu??? Dari yang ringan yg cm nganktukan mpe yang berat suka2 mendadak tertidur???

  38. Kira-kira profesi apa yang cocok untuk penderita penyakit ini ya, Bu? Karena tampaknya terlalu berbahaya untuk pekerjaan yang banyak membutuhkan tenaga fisik?

  39. Venus,
    Mungkin aja, tapi perlu di test dulu….minimal keluarga terdekat bisa mensupport agar tak terjadi risiko yang membahayakan.

    Ndoro seten,
    Maaf saya tak bisa menjawab…..Karena pada dasarnya saya selalu ingin berpikiran positif. Orang yang narcolepsy tentunya juga ingin sehat, walau saya mengenal banyak dari orang-orang ini yang berhasil dalam kehiduannya, dan saya mengenal secara dekat. Kita yang sehat harusnya memberikan support.

    Neen,
    Saya belum pernah nonton film nya…yang pernah saya tonton kurang pas penggambarannya, mungkin baru berhasil jika penulis skenarionya serta sutradara memahami benar apa sebetulnya narcolepsy itu.

  40. chocovanilla,
    Tergantung dari seberapa berat masalahnya… dengan diukur REM nya saat tidur. Karena banyak juga yang membaik, dan hidup normal, bahkan bergelar master dan doktor.

    Tuhan yang memberikan penyakitnya, dan Tuhan pula yang memberikan obat atau jalan keluarnya. Yang penting support dari lingkungan sangat diperlukan, untuk mengurangi gejalanya agar bisa diminimalisir.

  41. baru tahu nih, kalo gampang tidur itu adalah penyakit… trus cara pengobatannya?

  42. Hmm.. baru pertama kali dengar ngantuk juga bisa jadi penyakit, thanks buat informasinya.

  43. Ibuuuuu…. saya jadi nangis baca tanggapan Ibu di atas.

  44. jadi bener yah klo ngantukan itu sebenernya penyakit dan perlu disembuhkan??tadinya suka anggap enteng..berarti ada baiknya periksa segera ke dokter yah?tp alhamdulillah blum same ke tahap mendadak tertidur..yg ada baru tahap diposisi atau lokasi apapun itu klo sdh merasa kantuk tak tertahan yaaa…tidur saja krn dipaksakan pun tak kuat, nah itu kira2 masuk golongan narcolepsy ga yah?

  45. Alief,
    Sangat tergantung, apakah sekedar gampang tidur, atau benar-benar sangat mudah tertidur, dimanapun berada.

    Friendzofgod,
    Sekedar sharing, karena memang bagi penderita narcolepsy sangat memerlukan support lingkungn sekitarnya.

    Utaminingtyazzz,
    Memang berat, tapi alhamdulillah Allah swt menguatkan hati kami, sehingga dapat diatasi….dan syukurlah sudah sangat membaik.

    Theloebizz,
    Tergantung ngantukannya seperti apa, kalau hanya kelelahan, kurang tidur , itu bisa dimaklumi. Saya kalau kurang tidur, menggantinya dengan tidur terus…tapi bukan berarti narcolepsy.

  46. Salam kenal Bu,

    saya sering banget, tidak merasakan begitu ngantuk ,tp tau2 tertidur. dan ini benar2 sering membuat saya malu. bisa dibayangkan, di dalam kelas, ketika lagi serius medengarkan dosen, tiba2 saya tertidur dengan muka menghadap ke dosen secara terang2an. saya sudah mencoba mengatasinya dengan makan permen, tetapi tetap saja tertidur. dan yang lebih parah lagi, ketika lg PKL, saya sering tertidur di depan komputer, padahal awalnya saya sedang berpikir.

    terus terang saja saya sangat malu dengan habit saya yang satu ini. pernah suatu hari saya nekat membawa jarum, jadi kalau merasa ngantuk, saya coba tusuk jari saya dengan jarum. tetapi itu sangat menderita lama2.

    terus terang saja, hal ini sudah berlangsung sejak saya kelas lima SD, dan makin lama makin parah.

    tetapi kalau lagi maen game ato baca komik, saya tidak pernah tertidur.

    apakah hal ini bisa dikategorikan gejala narkolepsia ato yg laennya?

    pernah juga hari itu, ketika saya naek kopaja dr citraland, mau ke semanggi…tp sy tertidur dan ketika bangun,saya sudah di daerah kampung rambutan…

  47. Vania,
    Narcolepsy pada umumnya terlihat saat akhir SD dan awal SMP…coba periksa ke RSCM atau cek juga di rumah sakit lain. Usahakan jangan pake obat karena kawatir ada ketergantungan (anakku sempat diberi Ritalin….tapi saya dan anak saya mencoba tanpa obat). Dengan manajemen waktu yang baik, support lingkungan (ortu perlu minta dukungan guru, dosen…dan syukurlah anakku mendapatkan hal ini, walau ada juga yang tak perduli….., dukungan teman dekat/sahabat dan ortu, Vania tetap bisa meneruskan kehidupan yang berkualitas. Percayalah setiap kelemahan, ada obatnya. Jangan lupa terus berdoa dan berusaha ya….

    Semoga sukses…..

  48. Ibu,
    kalo sering tertidur di kendaraan (darat/laut/udara) apa termasuk narcolepsy gak ya?soalnya saya sering bgt Bu tiba2 ngerasa ngantuk walopun kondisi badan lg fit :D waktu kuliah dulu,tiap kali pulang ke Purwakarta naik bis sering kebablasan sampai ke Cikampek (sebelum ada tol cipularang), sekarang pun kalo naik pesawat bahkan sering tidur waktu take-off,tau2 dah landing aja :D apa gejala ini dipicu jg oleh tempat/suasana jg y Bu?soalnya kalo gak naik kendaraan sih g ada masalah ma rasa ngantuk,bahkan saya cenderung susah tidur kalo malem.

  49. Ricky,
    Kalau itu sih bukan narcolepsy. Narcolepsy jika mengantuknya berlebihan, tanpa memandang tempat dan waktu. Mengantuk saat di kendaraan adalah hal wajar, justru dianjurkan karena badan kita menjadi segar saat sampai di tempat tujuan…apalagi jika di tempat tujuan kita langsung bekerja. Sayangnya saya susah tidur di perjalanan, bahkan dalam perjalanan panjang ke luar negeri…akibatnya perlu waktu untuk cukup tidur setelah sampai di sana.

  50. gimana nih? GIMANA NIH?
    saya sering ngantuk tiba”!!
    cuman gak sampe ketiduran sih..
    GIMANA?!

  51. nrl.
    Kalau nggak tertidur di setiap tempat dan waktu, artinya masih sadar walaupun mengantuk, itu bukan narcolepsy.

    Narcolepsy akan jatuh tertidur tanpa memandang waktu dan tempat…..walaupun ini bisa dikelola untuk dikurangi dengan terapi dan behavior changing.

  52. Oh begitu.. info yang sangat informatif. Pacarku juga suka tidur dimanapun kapanpun. Apa karna dia masuk kantor jam 7 pagi, kelar jam 8 malem, kudu ngapel dulu ke pacarnyah, harus telponan, dan baru tidur jam 2 pagi..? hihihi..

    titiw,
    Gampang tidur tak berarti narcolepsynarcolepsy adalah jatuh tertidur tanpa melihat situasi, tempat dan waktu. Kalau tertidur, tapi masih di sofa, sedang menunggu pacar nya siap dandan, belum termasuk kategori ini. Juga kalau cuma ngantuk menyetir..mungkin karena kelelahan…narcolepsy tak sekedar ngantuk, tapi langsung tertidur…

  53. wah.. seperti kogoro tidur..hehe

    jadi inget di piala dunia (atau liga champion ya) jaman dahulu pernah ada kiper yang menderita narcolepsy. di saat kipernya terjatuh tidur, pemain lawan bersikap sportif, membuang bola.. what a game :)

    Dimasu,
    Yah, kita memang harus bisa memahami seorang teman, saling meng cover kelemahannya, dan sharing atas kelebihan yang dimiliki.

  54. Lebih enakan mana , susah tidur atau gampang tidur ?

    Adi,
    Semua yang berlebihan tidak enak…enakan yang wajar saja, tidur sesuai kebutuhan.

  55. halo bu,
    klo periksa apakah kita narcolepsy ato bukan, kira2 biaya yg dibutuhkan brapa y?

    Vania,
    Pada tahun 2004, di RS Mitra Kemayoran, untuk sleep laboratory biayanya Rp2.500.000,-. Pasien datang ke RS jam 18.00 wib, disuruh keramas dan nggak boleh diberi parfum atau minyak rambut, kemudian diberi alat-alat seperti kabel-kabel yang disambungkan pada alat untuk mengukur REM…pasien hanya tiduran sampai bangun besok pagi. Pasien mendapat makan malam dan makan pagi…Tapi sebaiknya konsultasi dulu sama dokter, saya kira di RSCM lebih murah….coba aja dicek dulu.

  56. Salam kenal bu,

    Saya termasuk org yg dijuluki ngantukan oleh, terutama, teman2 kantor & teman2 kuliah saat msh kuliah dlu. Mereka cenderung menjuluki istilah tsb kpd saya dgn kesan sedikit mencibir walau intinya tetap bercanda. Padahal sesungguhnya saya sangat tersiksa dgn kondisi ini, sering sekali menguap, tp blm tentu bs lgsung tidur.

    Saya tdk tahu persis kpn sy mulai mengalami hal ini, tp perkiraan sejak kelas 2 SMA. Parahnya disaat kuliah, apalagi kalau ngambil mata kuliah yg 4 sks, selama 2 jam sy dlm kondisi yg amat sangat tersiksa, berjuang trs menerus melawan kantuk, menguap trs mnrs. Akhirnya sy tdk jrg terpaksa mbolos kuliah dgn titip kartu absensi kpd temen (hehe..tp yg ini ndak boleh ditiru lho ya) Hal ini terpaksa sy lakukan krn sy ndak mampu membayangkan tersiksanya menguap & mengantuk selama 2 jam di ruang kuliah!

    Begitu pula bila saya sedang membaca, mampunya paling banter 5-10 halaman, selebihnya menguap n menguap serta ngantuk. Pernah suatu ketika krn akan menghadapi ujian, mau tdk mau hrs membaca, maka sy siasati dgn datang ke perpustakaan n belajar di ruang baca. Tp apa yg terjadi? Stlh lewat 4-5 halaman sy hanya berkutat pd perjuangan melawan kantuk. Sangat tersiksa.

    Ketika bekerja, hal itu tdk berubah, malah rasa2nya makin men-jadi2. Setiap kali sales call sy sering malu krn saat berbincang tiba2 sy menguap, ber-kali2 lg. Anehnya jg pd saat itu tdk jarang kasusnya pernah menguap ber-kali2 tp dgn kondisi tdk mengantuk, hanya menguap2 saja. namun skrg kedua2nya, menguap n mengantuk. Padahal kejadiannya tdk jarang di jam2 produktif, antara jam 07.00 – 10.00 pagi. Kalau siang bgm? Sama saja.

    Saya tlh banyak berusaha dgn berolah raga lari pagi ringan saat msh kuliah dan jalan cepat saat sdh bekerja. Tp tdk bnyk membantu. Justru kalau pagi olah raga lari, berikutnya di kampus makin menjadi-jadi menguapnya. Pernah sy balik, olah raga lari di sore hari, hasilnya mendingan walau tetap suka menguap.

    Hal ini sempat menjadi perhatian ibu saya slm bbrp tahun, sehingga setiap kali pulang liburan selalu hal ini yg ditanyakan beliau. Sampai2 akhirnya sy hrs berbohong bhw sy katakan sdh sembuh tdk ngantukan lagi demi menjaga agar ibu sy tdk beban pikiran krnnya. Dan betul, ibu sy amat lega, padahal problem ngantuk msh, bahkan sampai saat ini…

    Dulu ketika msh masa kuliah, ada 3 aktivitas yg sy sukai krn sy sangat yakin bisa tidak mengantuk, yaitu nonton film, nyetir kendaraan, dan BAB. Nonton film bisa 2 jam tanpa ngantuk dan atau menguap, bs hilang sama sekali. Bahkan menyetir kendaraan 4-5 jam tanpa henti mampu tanpa menguap dan ngantuk. Begitu pula saat BAB, bisa merasa nyaman krn hilang kantuk.

    Kalau nyetir kendaraan perjalanan jauh dimalam hari saya mengkonsumsi salah satu minuman suplemen energy drink (sy minum hnya kalau nyetir malam hari utk perjalanan panjang saja) bisa tahan nyetir dari jam 20.00 hingga waktu subuh tanpa istirahat. Hanya saja pas waktu subuh hingga jam 7 pg ngantuk banget. Bila perjalanan blm rampung terpaksa hrs berhenti bbrp kali utk tidur. Kira2 jam 9 pagi bs tahan lagi nyetir sampe siang/sore. Cuman pasca nyetir hrs ada ‘balas dendam’ tidur seharian, biasanya recoverynya 2 hari.

    Kini kondisinya berubah. Kalau dulu nyetir sbg salah satu aktivitas yg menyenangkan krn dijamin sy bisa tdk mengantuk, skrg kira2 5 tahun belakangan ini, saya mengalami ngantuk berat bila harus nyetir perjalanan jauh. Saya terpaksa hars beberapa kali berhenti utk istirahat dan tidur. kalau BAB msh tidk mengantuk, makanya setiap kali BAB sy manfaatkan utk membaca krn bisa menikmati membaca tanpa ngantuk. Hanya saja ada efek lain, selesai BAB kaki kesemutan hebat krn kelamaan BAB sambil mbaca ber-lama2. Maklum closet jongkok sih..
    Tp hrs sy akui kenikmatan membaca saat BAB, krn bisa lama dan tdk mengantuk. Hal ini tdk bs sy dapatkan dgn cara membaca ‘normal’. Sampai2, lucunya, kebiasaan BAB sambil bawa bacaan ini ditiru oleh anak pertama saya hingga skrg. Padahal anak sy tdk mengalami gangguan spt sy, mungkin kebiasaan sy ini dikira Life Style ya bu hahaha…

    Dulu, kira2 thn 1995 sy pernah berobat alternatif dgn dipijat pada bagian leher belakang. Katanya ada salah satu otot yg tersumbat. Entah betul tdknya, dan sembuhnya sy ketika itu lebih kepada sugesti psikologis krn sy ingin merasa sembuh. Saat msh mahasiswa sy jg pernah ikut bela diri yg ada teknik pernapasannya (demi utk kesembuhan) tp tdk tuntas. Saya sampe2 mengingat masa kecil, apa mungkin ada kejdian yg ada hubungannya dgn kondisi sy. Saat msh kelas 5 SD thn 75 sy pernah jatuh terduduk saat akan duduk di kursi krn kursi ditarik oleh teman. Saat itu temen2 sy pada cekikikan melihat sy terjatuh, padahal sy saat itu sempat agak berkunang2 rada kegelapan penglihatan selama bbrp saat. Dan saat SMP kelas 2 sy pernah dipukul bagian kepala cukup keras bagian kanan oleh saudara krn pertengkaran. Saya tdk tahu apakah kedua kejadian ini ada hubungannya dgn kondisi sy ini.

    Dua tahun belakangan ini, praktis ketika mendengarkan kotbah jumatan sy sering ketiduran, padahal sy paksa2 utk konsentrasi (sesuatu yg sulit sy lakukan juga) tp bbrpa saat kmdian ketiduran lg. Kalau sebelumnya, memang setiap kali mendengarkan kotbah Jumatan sering banget mengantuk, tp jarang sampai ketiduran.

    Oh ya sy orgnya ngantukan tp tidak sampai mudah ketiduran di sembarang tempat. kalau duduk ada kecenderungan ngantuk.

    Sy mengalami hal ini sdh bertahun tahun dan sy sdh pasrah dgn kondisi sy ini. Cuma setelah membaca artikel ibu sy jd tergerak utk berkeluh kesah dgn kondisi sy ini. Siapa tahu ada solusi yg cocok buat saya. Terima kasih ibu, maaf kalau rada panjang.

    Salam,
    Prayudi

  57. Ketika membaca artikel ini dan komentarnya, saya ngantuk sekali, padahal sedang dikantor dan sedang trainining komputer, dan kadang-kadang hampir tertidur. Nggak enak rasanya. Saat nulis komentar juga hampir tertidur. Bagaimana cara mudah mengecek ini penyakit narcolepsi atau bukan ?
    Terimakasih

    Hanfi,
    Anda bisa check di RS Mitra Keluarga Kemayoran…atau bisa juga di RSCM ….

  58. Wah saya ketingalan sekali.. Baru tahu ada “Narcolepsy”.
    Nampaknya saya salah satu penderitanya. Saya betul-betul kehabisan akal untuk menanggulangi kantuk. Karena bahkan ketika saya sedang bertatap muka dengan mahasiswa saya pun, saya bisa jatuh tertidur sejenak. Yang membuat saya ingin bisa bersembunyi bila saya ditegur dosen karena saya tertidur di kuliahnya.
    Terlelap sejenakpun pernah terjadi ketika saya sedang menyetir. Untung saat itu lalu lintas macet. Jadi saya mengemudi betul-betul sedang perlahan.
    Lalu sekarang saya menjadi peminum kopi, yang apa boleh buat, saya musti melawan kantuk. Meski lebih sering tidak mempan.
    Padahal untuk profesi saya, saya harus banyak membaca. Duduk diam membuat serangan itu mudah datang. Jadi aktivitas yang cocok untuk saya adalah yang memerlukan banyak gerakan. Bagaimana sebauknya yang saya lakukan Bu?

  59. Salam kenal Bu,

    Belakangan ini (1 bulan terakhir) saya merasakan gejala seperti yang Ibu tulis, walah jadi khawatir nih.

    Pernah bahkan belakangan sering saya waktu mengendarai motor, itu rasanya sambil merem dan terkadang sudah nggak tau lagi ada apa2 di jalan, nanti pas ngeh suka kaget loh kok udah sampe disini…, makanya belakangan ini saya bawa motor juga gak berani kenceng2

    Saya coba lebih lama tidur malamnya, tapi kok gak ngaruh juga ya… apa emang begitu gejala awalnya narcolepsy Bu…?

  60. salam kenal ibu…
    saya ary , sepertinya kalau melihat dari informasi yang ibu berikan tentang Narcolepsy. Kemungkinan besar atau bisa jadi saya adl salah satu pasiennya. Saya pernah jatuh dari motor 2x karena tertidur sehingga akhirnya harus masuk rumah sakit dan bisa dibilang lumayan parah karena banyak jahitan dan luka di wajah dan tubuh saya..Saya sebelumnya dan sampai hari ini belum tahu sama sekali tentang Narcolepsy karena saya pikir mungkin dari pola hidup saya yg kurang teratur atau mungkin karena bgadang karena dikejar dateline, tetapi pada akhirnya saya coba merubah pola kehidupan saya tetapi ternyata masih sama bahkan sat ini lebih sering mengantuk lebih dari biasanya. Ibu, bisa ary minta tolong bagaimana caranya agar kita menjadi normal kembali, perhatian orang orang sekitar sudah baik, tapi saya juga ingin merubah diri saya sendiri menjadi normal kembali dengan usaha saya sendiri, tapi saya belom tahu caranya, mungkin ibu bisa membantu saya?
    Perlu ibu ketahui, saat ini saya semakin sering mengantuk. terima kasih sebelumnya

  61. Halo Ibu, saya sukma didepok..
    suami saya baru saja mengalami jatuh tertidur dikamar mandi..
    kira2 jam 2 pagi dia terbangun dan ingin kekamar mandi, sampai dikamar mandi dia jatuh tertidur dan katanya dia tertidur didalam kamar mandi selama 10 menitan…
    dan sadar dia kanget sekali kok bisa seperti itu…
    apakah itu bagian dari ciri2 menderita narkolepsi ?
    Almarhum ibu suami saya juga mempunyai ciri2 tersebut,
    dan pernah terjatuh diatas kompor yg sedang menyala.
    Mohon penjelasan ibu, terima kasih….

  62. salam kenal ibu..

    saat ini saya lagi depresi banget, saya merasa orang yg sangat tidak berguna, ini semua gara – gar penyakit tidur yg saya yakin banget pasti narcolepsy..

    ini mulai terasa parah banget 3 tahun belakangan ini, kuliah saya berantakan, pekerjaan selalu molor dari deadline, pacar marah – marah..tapi semua tak ada yang mengerti alasan yg saya ajukan..

    memang tidur malam saya sendiri sebenarnya sudah cukup, tapi saya juga tak kuasa menahan ngantuk saya pada waktu lainnya,saya bukan pemalas ibu, penyakit ini menghambat kreativitas saya, saya benci keadaan ini, banyak orang mengecap saya pemalas, tak bisa diandalkan , dll

    saya sedih bu..apa yg harus saya lakukan..
    hiks..

    Bagus Baron,
    Jika anda tinggal di Jakarta, sebetulnya bisa memmeriksakan diri…setahu saya di RSCM dan RS Mitra Keluarga ada klinik tentang masalah gangguan tidur ini.
    Karena pada dasarnya, setiap kelemahan, ada cara mengatasinya, cuma kita memang harus bertanya pada orang yang pas. Saya lupa, tapi ada dokter yang mempunyai spesialis tentang masalah gangguan tidur ini (ambil spesialisnya di Melbourne), dan punya blog….saya lupa nama blognya. Coba aja anda cari di google…

  63. informasi yang ibu berikan sangat menarik.
    Umm..saya pengen tahu lebih jauh tentang mekanisme narkoilepsi ini.
    ibu ada link yang menyediakan jurnal tentang narkolepsi ini gag ??

    terimakasih :)

  64. Bu, terimakasih atas infonya. Tadi Ibu bilang mengantuk dalam perjalanan adalah baik. Tidak masalah jika itu pake roda empat. Tapi bagaimana dengan roda dua Bu? Soalnya istri saya selalu mengantuk diperjalanan. Padahal sudah saya suruh minum kopi tapi kok nggak ngefek gitu. Saya berpikir apa itu akibat lemahnya stamina istri? Trus gimana ngatasinya? Apakah harus olahraga yang teratur.

  65. [...] Dan kebalikannya adalah mudah tidur, atau yang kebablasan, seperti yang pernah saya tulis di sini adalah sleeping disorder atau [...]

  66. [...] ini awal gejala narcolepsy atau sleeping disorder yang tak saya pahami (yang pernah saya tulis disini), namun saat itu saya belum paham. Dan tentang narcolepsy ini, anakku merupakan  pasien termuda [...]

  67. izin kopi infonya buat referensi pribadi ya Bu! Thanks in advance!

    Silahkan

  68. saya juga ngantukan, bu…kadang tidak enak jam2 kerja tapi mata seperti tidak bisa ditahan untuk menutup…
    apa selain narcoslepy ada gangguan syaraf atau penyakit di kepala bisa menyebabkan ngantukan juga??

  69. kenapa ya,aku sering ngantuk ketika bekerja,tekanan darah rendah,apakah pengaruh dari mata ku yang minus,karena ini sangat mengganggu produktifitas kerja saya

  70. I am student from Malaysia…I just know about this disease…since,i always sleepy when i am in class…sometimes i just cant force to stay awake…i always tired in class..not only in class….everywhere if i sitted…

  71. Saya juga ngantukan. Dulu waktu umur 20-an sering ngantuk dan tidur sekejap mata ketika nyetir mobil dan sepeda motor, ketika umur 30-40 sering menguap dengan menahan geraham agar tidak terbuka, biar peserta rapat yang lain tidak tahu kalau saya betul-betul mengantuk. Jadi selama ini saya sering menipu publik bahwa saya baik-baik saja, padahal narcolepsy adalah penyakit bawaan yang kiranya bisa ditutupi dengan berpura-pura sehat. Minum kopi atau mengkonsumsi obat pencegah ngantuk juga tidak berani, mengingat saya pernah operasi trepanasi akhir tahun 2006, setidaknya biar tidak terancam stroke.

  72. Salam kenal Bu !
    hmm, ju2r ya Bu saya sejak masuk SMP/MTs saya sering mengantuk di kelas, bhkan tak aneh bagi saya ketika guru menegur saya pda sat sdg mengantuk. Dengan trus sprti itu saya sampai trkenal sbg “orang yg srg mengantuk”. Smpai sat ini, ke-8 thun saya msh sprti itu. Sat dosen sedang mengajar saya slalu brusaha untuk tdk mngantuk, kdg b’hasil, kdg tidak. Saya slalu mrasa bersalah, malu tpi bgmna bkan mksud saya tdak mmperhatikan dosen/pengajar. Teman2 saya pun merasa aneh dgn kondisi saya yg trus sprti itu, wlw mreka tlah tbiasa, nmun mereka msh mempertanyakan mengapa saya sampai seperti ini.. Sya tak thu hrus mnjawab apa, smoga Ibu bisa mmberikan solusinya. Mnurut ibi apa yg saya alami tmasuk Narcholepsy ? Alternatif apa yg bisa saya lakukan slain snlumnya mlakukan pngetest-an ?. Ditunggu sekali jawabannya. Terima kasih ^-^

    Jika anda baca tulisanku secara teliti, ada alamat kemana harus menghubungi….
    Bisa di komunitas indigo atau ke dokter khuus penyakit tidur. Baca juga http://edratna.wordpress.com/2008/01/15/apakah-anak-anda-termasuk-anak-indigo/

  73. wah
    aku sering
    bahkan nyetir motor pun aku bisa sambil tidur
    julukanku miss sleepy
    di dpan laptop tdur
    lagi duduk tdur
    ah pokoknya sering tidur

  74. terima kasih bu..ternyata yang saya alami ini penyakit,,,,kalo boleh tau ada terapi khusus ga untuk mengurangi gejalanya?


Berikan Balasan

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 222 pengikut lainnya.

