Oleh: edratna | Januari 15, 2008

Apakah anak anda termasuk “anak indigo?”

Beberapa tahun belakangan ini berita tentang “anak indigo” cukup banyak diulas di media, walaupun belum ada yang meneliti berapa sebetulnya jumlah anak indigo di Indonesia. Hanya dipastikan, persentase jumlahnya masih sangat sedikit, kira-kira 10.000 : 1. Psikolog Elly Risman, yang dikutip oleh Pikiran Rakyat, menjelaskan bahwa kecilnya angka anak indigo yang diketahui, disebabkan sikap orang tua yang belum memiliki kesadaran memeriksakan anak ke psikolog. “Mungkin ini yang menyebabkan tidak adanya data yang valid mengenai jumlah anak indigo” katanya. Mengapa kita perlu memahami tentang “anak indigo” ini? Karena ada kemungkinan bahwa anak anda adalah seorang indigo, bahkan bisa pula seluruh anak yang anda lahirkan adalah seorang indigo.

Apa yang dimaksud dengan “anak indigo?”

Indigo adalah istilah yang diberikan kepada anak yang menunjukkan perilaku lebih dewasa dibandingkan usianya dan memiliki kemampuan intuisi yang sangat tinggi. Biasanya mereka tidak mau diperlakukan sebagai anak-anak. Secara harfiah, indigo adalah nama warna antara biru dan ungu, yang kerap pula disebut nila.

Wendy Chapman, dalam tulisan Rossini, menjelaskan bahwa anak indigo adalah anak-anak yang umumnya tidak mudah diatur oleh kekuasaan, tidak mudah berkompromi, emosional dan beberapa diantaranya memiliki tubuh rentan, sangat berbakat atau berkemampuan akademis baik, dan mempunyai kemampuan metafisis. Sering dianggap anak ADD, walaupun mudah bersikap empati dan iba terhadap orang lain, atau terlihat sangat dingin dan tak berperasaan, dan memiliki kebijakan melebihi usianya. Apakah hal-hal tersebut seperti anda sendiri atau anak anda?

Kapan istilah “anak indigo” ditemukan?

Istilah anak indigo diketemukan oleh Nancy Ann Torp, seorang konselor, pada tahun 1970 an. Dia meneliti warna aura manusia dan menghubungkannya dengan kepribadian. Mereka yang memiliki aura nila atau indigo ini ternyata anak-anak yang dianugerahi kelebihan, khususnya kemampuan indera keenam.

Menurut Ustaz KH Abid Marzuki Lc., yang dikutip Pikiran Rakyat, dalam diskusi di The 6th Ramadhan Informal Study on Education Psychology, yang diadakan di Islamic Center, Bekasi, menyatakan bahwa “anak-anak indigo memiliki kesadaran lebih tinggi daripada kebanyakan orang mengenai siapa diri mereka dan tujuan hidup mereka sehingga memerlukan perlakuan khusus. Tapi sayang, banyak masyarakat belum tahu bagaimana mengelola dan memperlakukan kelebihan anak indigo. Akibatnya kemampuan indera keenam anak indigo sering disalah gunakan dengan menggiring anak menjadi paranormal. Padahal kelebihan yang diberikan Allah kepada anak indigo, adalah karomah dan maunah, ” ujar alumnus Universitas Malaysia ini.

Apakah anak anda indigo?

Untuk mengetahui apakah anak anda atau anda sendiri indigo, jawablah pertanyaan berikut: 1) Apakah anak anda sering bersikap seperti bangsawan? , 2) Apakah anak anda memiliki perasaan pantas diterima?, 3) Apakah anak anda mempunyai perasaan bahwa dirinya dapat dimengerti? , 4) Apakah anak anda sulit menghadapi disiplin dan kekuasaan? , 5) Apakah anak anda menolak untuk mengerjakan hal-hal pasti yang diminta untuk dikerjakan? , 6) Apakah kegiatan antri tak disukai anak anda?,7) Apakah anak anda tidak menyukai sistem yang berorientasi ritual/mekanikal dan sedikit memerlukan kreatifitas? ,8) Apakah anak anda sering dapat mengetahui cara-cara yang lebih baik dalam mengerjakan sesuatu, baik di rumah atau di sekolah? , 9) Apakah anak anda tidak mudah kompromi? , 10) Apakah anak anda tidak merespon/takut pada ancaman? , 11) Apakah anak anda mudah bosan terhadap pekerjaan yang ditugaskan , 12) Apakah anak anda terlihat mempunyai gejala ADD? , 13) Apakah anak anda kreatif? , 14) Apakah anak anda terlihat mempunyai intuisi yang tajam? , 15) Apakah anak anda mempunyai sikap empati yang menonjol terhadap orang lain? , 16)Apakah anak anda mempunyai pemikiran yang abstract? , 17) Apakah anak anda cerdas? , 18) Apakah anak anda sangat berbakat (yang diidentifikasi sebagai karunia)? , 19)Apakah anak anda terlihat sebagai pengkhayal? , 20) Apakah mata anak anda terlihat memancarkan mata orang dewasa, bijak dan dalam? . 21) Apakah anak anda mempunyai kecerdasan spiritual?

Jika anda mempunyai 10 jawaban “Ya”, maka anak anda kemungkinan adalah indigo. Jika jawaban “Ya” lebih dari 15, maka anak anda dipastikan sebagai anak indigo.

Indigo memang berbeda, tapi bukan “tidak normal”

Menurut psikiater Tubagus Erwin Kusuma, dalam lipuatn6.com, fisik anak-anak indigo tak jauh berbeda dengan anak lainnya. Hanya batinnya saja yang condong lebih dewasa. Anak-anak indigo sering memperlihatkan sifat orang dewasa, sangat cerdas, dan memiliki indera keenam yang sangat tajam. Anak indigo pada umumnya tidak menginginkan diperlakukan sebagai anak-anak. Tidak jarang mereka sering memberi nasehat pada orangtua masing-masing.

Tubagus menambahkan, indigo bukanlah penyakit atau kelainan jiwa. Kendati demikian, ada yang menganggap fenomena indigo sebagai kelainan jiwa. Akibatnya penanganannya seringkali salah, yang akan berdampak pada penderitaan sang anak. “Kalau bisa, konsultasi untuk menghadapi anak-anak indigo,” Tubagus menambahkan.

Pernyataan Tubagus diamini Rossini, indigo dewasa yang sekaligus pembimbing anak-anak indigo. “Ketika di masa anak-anak pemahaman spiritual sudah matang tapi belum diikuti penalaran”, kata Rossini. Menurut Rossini, tugas orangtua dewasa untuk membimbing anak-anak itu agar penalaran dan spiritualnya seimbang.

Tips untuk mendidik anak indigo

Wendy Chapman, memberikan 10 tips untuk mendidik anak-anak indigo, sebagai berikut:

  1. Perlakukan mereka dengan penuh penghargaan. Jika anda tidak menunjukkan penghargaan kepada mereka, mereka juga akan demikian, walaupun anda mempunyai otoritas atau kekuasaan.
  2. Dengarkan pendapat mereka. Mereka perlu tahu bahwa anda peduli dan mengenali sistem nilai mereka.
  3. Kembangkan kemampuan mereka. Beri mereka pilihan, seperti misalnya tipe produk yang akan dipelajari, apa perintah untuk pekerjaan yang harus dilakukan, pilihan antara dua kegiatan. Memiliki suara yang didengar membuat rasa yang berbeda atas penghargaan diri, biasanya akan mendorong mereka untuk berpartisipasi dalam pilihan yang sudah mereka buat dan konsekuensinya akan memperbaiki sikap mereka terhadap anda dan terhadap pendidikan.
  4. Bangunlah sikap koperatif dan hindari memberi perintah. Anak indigo tidak akan peduli terhadap hal-hal yang dimaksudkan untuk mengontrol mereka. Merka akan peduli terhadap perlakuan yang bersifat adil dan baik.
  5. Bantu mereka melakukan hal yang berbeda. Jika mereka frustasi, misalnya pekerjaan sekolah, sehingga mereka merasa sendiri di dunia, bantulah mendorong mereka untuk berbuat sesuatu yang positif untuk merubahnya. Seperti menulis surat, karya tulis, puisi, membuat poster, T shirt, mengorganisasi kelompok diskusi.
  6. Bantu mereka membangun bakat dan kemampuannya. Dorong mereka untuk kreatif dan berani mengekspresikan kepribadian merka yang unik.
  7. Bersikap toleran terhadap emosinya yang ekstrim. Bantu mereka membuat keseimbangan menggunakan aromaterapi, ijinkan mereka minum air putih di kelas, bersikap tenang, atau latihan visualisasi.
  8. Dorong mereka untuk menjadi sumber kedamaian bagi orang lain. Indigo dilahirkan untuk menjadi sumber kedamaian. Dorong mereka untuk melatihnya. Hal ini akan membangun komunikasi dan welas asih. Jadilah pembimbingnya dalam hal ini.
  9. Jelaskan MENGAPA untuk semua hal. Mengapa ada aturan, mengapa mereka perlu untuk mengerjakan pekerjaan rumah/sekolah. Mengapa dunia seperti ini? Jika anda tidak mempunyai jawabannya, pahami rasa frustasi mereka dan tunjukkan sikap empati.
  10. Kurangi obat-obatan untuk ADD. Indigo bukan ADD, tapi indigo secara alamiah memberikan perhatian pada sesuatu secara selektif. Jika mereka dapat fokus pada sesuatu yang mereka pilih untuk jangka waktu yang lama,kemungkinan anak ini indigo, bukan ADD. Walaupun nampaknya ada masalah pada perhatian, carilah alternatif terapi, bukan dengan Ritalin, jangan menekan kreatifitas alamiah dan kepemimpinan indigo, tetapi bantulah untuk mengorganisir.

Sebagai orangtua, anda juga harus membuat anak indigo disiplin, dan membuat mereka belajar tentang perilaku yang bisa diterima atau tidak. Dan belajar untuk tidak melakukan hal-hal yang tidak bisa diterima. Bersikaplah adil, dan berikan batas toleransi yang pantas. Katakan yang sesungguhnya sesuai dengan umurnya, dan jangan bohong karena mereka akan tahu. Katakan bahwa dia dicintai dan peluk sebanyak mungkin.

Indigo juga eksploratif dan banyak energi. Akan sangat menolong jika orangtua membantu menyalurkan energi pada sesuatu yang menyenangkan, produktif dan tidak berbahaya.

Apakah anak-anak indigo bisa menjadi orang yang sukses? Pengalaman membuktikan, bahwa banyak anak indigo yang jika penanganannya benar, menjadi orang yang sukses, bisa lulus dari universitas, ada yang menjadi psikolog, psikiater, bahkan pemusik andal. Jadi, coba teliti apakah di keluarga ada yang indigo? Jangan kawatir, jika anda memahami mereka serta dapat mengelola dengan baik, maka anak indigo adalah anak yang menyenangkan, dan tingkat kesuksesan nya di masyarakat tinggi.

Perhatian!

Mohon maaf, berhubung banyak sekali pertanyaan yang tak memungkinkan saya menjawabnya, karena saya sendiri bukan indigo, namun pernah bersentuhan dengan anak indigo, maka sebetulnya tulisan saya di atas hanya sekedar sharing pengalaman.

Jika ada yang membutuhkan bantuan, atau ingin lebih memahami, saya telah menghubungi ahlinya, dan sejak 1 Februari 2008 telah mulai di buka layanan konseling bagi indigo dan keluarga. Dijadualkan setiap hari Rabu jam 14.00 s/d 18.00 wib dan 10.00 s/d 16.00 wib. Untuk perjanjian hubungi 021-75910583 atau 021-7236643.

Alamat: Ayodiapala, Ruko Galeri Niaga
Jl. Haji Nawi Raya Kav.9, Radio Dalam
Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Untuk mengetahui lebih jauh tentang anak indigo, dapat mengunjungi IndigoIndonesia.com , Pusat Informasi dan Komunitas Indigo Indonesia. Bila ada pertanyaan atau mau konsultasi daftar saja ke forum, atau bisa hubungi langsung.

Juga telah ada web site tentang indigo yang bisa diakses di sini

Bahan bacaan:

  1. Rossini. “Generasi Indigo”. Terjemahan bebas. Klinik Spesialis & Keluarga Prorevital. Jl. Let Jen Suprapto 60, Jakarta Pusat.
  2. Indigo, Berbeda Tapi Bukan Kelainan Jiwa. Liputan6.com. Jakarta, 25 Juli 2004. (http://www.liputan6.com/news/?id=82624)
  3. Heboh Indigo child.(Indera Keenam). http://www.suarapembaruan.com/News/2003/01/05/Psikolog/psi01.htm
  4. Belum Jelas Data Anak Indigo. http://www.pikiran-rakyat.com/cetak/2007/102007/08/purwasuka/bekasiraya02.htm
About these ads

Responses

  1. jd penasaran, siapakah pemimpin dunia atau bussiness man sukses yg merupakan anak indigo ?

  2. Adit,
    Nggak perlu diceritakan disini…..
    Bisa dinilai dari sikapnya…

  3. BU, setelah saya coba jawab pertanyaan2 di atas ternyata ada 10 jawaban “ya” untuk anak perempuan saya (4 th). Apakah hal itu selalu mengarah ke indigo? Karena selama ini saya merasa hanya krn dia anak bungsu dan manja saja. Tapi memang gurunya selalu mengatakan bahwa dia harus selalu yang pertama baik dalam hal diberi tugas maupun giliran yang lain. Kalo dapat urutan lebih dr 3 orang selalu ngambek dan akhirnya menangis. Oya, dia juga gak mau dikritik bila salah mengerjakan tugas walaupun pada akhirnya dia perbaiki juga. Apakah ini bukan karena manja saja?

  4. Chocovanilla,
    Bagaimana jika ditest aja…bisa di klinik Prorevital…psikiaternya (Tubagus Erwin Kusuma) dan bu Rossini merupakan pembimbing anak-anak indigo…dan konon beliau juga termasuk orang yang dikategorikan indigo.

    Ini agar tak salah dalam mendidik anak, karena memang berbeda dengan anak biasa (berdasar pengalaman)

  5. Bu, ijin link di blog saya ya, soale banyak pengetahuan bagus neh.. ;)

  6. Kira-kira di tesnya ngapain aja ya, bu? Ibu punya no telp nya gak?

  7. Wah.. banyak juga ya bu parameter nya untuk menentukan seseorang itu indigo atau tidak. Saya sih, cuma satu dua point aja bu yang cocok :D

  8. anak indigo ternyata juga memiliki kekuatan metafisik ya bu. tentu saja ini yang membedakan anak indigo dengan anak2 kategeri “super” lainnya. yang jadi persoalan, resiko apakah yang bisa terjadi seandainya anak2 indigo itu tidak mendapatkan tempat pengembangan potensi sesuai dengan keinginannya?

  9. wah , bagus sich bahasannya
    tapi belum punya anak
    o iya mau ngundang buat baca tulisan ini
    makasih

    http://realylife.wordpress.com/2008/01/15/silaturahmi/

  10. yang paling saya ingat dari anak Indigo,
    jadilah pendengar yang baik.

    oiya, selamat bu ya..
    eventually.. pasti rasanya bahagia
    do’a awal tahun yang terkabul
    :)

  11. Cuma bantu sebarin info kompetisi berhadiah untuk para blogger, Pass The Torch, dari web ini http://www.hitmansystem.com/index.php?news=144

  12. bu .. list nya pake numbering dong :D .. biar ndak pusing baca nya :D (anak yang manja nih :D)

    blom pernah liat anak indigo …

  13. Chocovanilla,
    Jawabnya japri aja ya…. silahkan di link.

    Erander,
    Saya juga nggak memenuhi syarat kok, tapi anak sulung saya nyaris memenuhi semua. Sebetulnya kalau test di psycholog akan lebih terlihat…juga bagaimana cara penanganannya, agar menjadi berhasil. Banyak orang terkenal yang ternyata anak indigo (saya tak berani kasih contoh, tapi bisa dilihat dari googling).

    Pak Sawali,
    Risikonya justru berat pak, karena anak-anak ini pada umumnya tergolong cerdas, dan bagi ortu memerlukan kesabaran tersendiri, karena memang sulit dipahami. Bagi orang cerdas yang sulit dipahami, bisa memunculkan hal-hal negatif. Mudah2an dua artikel saya terakhir (narcolepsy dan indigo), bisa membantu bapak dan para guru untuk memahami para murid yang kadang telihat sulit diatur, agar tak terjadi salah langkah.

    Realylife,
    Saat ini kemungkinan ditemukan anak indigo lebih banyak.

    Trian,
    Thanks doanya…benar-benar karunia dari Allah swt….Trian tahu deh yang saya maksud.

    Sandy Eggie,
    List nya udah pakai nomor kan, memang tak kebawah, ntar artikelnya jadi terlalu panjang. Kalau melihat gaya penulisan Sandy (belum sempat ketemu sih), dan obrolan kita di YM, jangan-jangan Sandy termasuk anak indigo. Nggak apa-apa kok Sandy, anak indigo dilindungi oleh Allah swt, dimudahkan jalannya, walau tingkahnya nggak karuan di mata orang normal. Dengan kasih sayang, anak indigo adalah anak yang sangat menyenangkan.

  14. anak Indigo itu IQnya tinggi yah?

  15. *ngingat masa kecil.

    Walah gw kok sekor 18 yah? @_@ tapi sekarang hidup gw malah kacaw balaw #_#

  16. Evan apa termasuk anak indigo ya?

  17. Sebenarnya saya pengen nulis juga ttg anak indigo, tapi sepertinya sudah banyak yg menuliskan dan banyak juga informasi di internet, makanya saya urungkan… :)

    definisi dari Ustad Abid Marzuki itu sebenarnya sudah bisa menjelaskan ttg seperti apa anak indigo itu. Tapi sepertinya ada kata yang kurang…

    anak-anak indigo memiliki kesadaran lebih tinggi daripada kebanyakan orang mengenai siapa diri mereka dan tujuan hidup mereka

    kesadaran yang dimaksud bisa berarti kesadaran spiritual, kemampuan memahami dan mengenal diri sendiri (meta-cognition & meta-knowledge), serta juga kemampuan indra ke-6 [esp]

    dulu penelitian saya ttg fenomena paranormal/supranatural. dan ternyata fenomena ini paling banyak ditemukan pada orang-orang yang mempunyai foto aura berwarna indigo (anak indigo). sehingga dulu definisi anak indigo hanya berhubungan dengan kemampuan transpersonal ini saja. tp kemudian definisnya berkembang dan bukan sekedar kemampuan esp saja, tp juga bentuk-bentuk yang lain.

    10, Kurangi obat-obatan untuk ADD

    aha, ini dia yang sering terjadi pada diagnosis psikologis pada anak-anak indigo itu. kebanyakan langsung didiagnosis ADHD. padahal kedua hal itu sangat berbeda.

  18. 1) Tinggi hati, perfeksionis, yes
    2) Sering duduk mencerna obrolan orang dewasa
    3) Sampai temen seusia ga ngerti yang gw omongin
    4) Drop out 3 kali, cukup?
    5) sangadh, bahkan sebelum diomongkan
    6) Selalu ingin nomor satu. mirip2 ga?
    7) Sangat suka membongkar barang dibanding cari tahu cara memakainya
    8) I love to create shortcut
    9) pigheaded, yes
    10) Dalam keadaan terancam saya bisa lupa rasa sakit itu gimana
    11) Ga punya dedikasi atas apapun
    12) Apa aja? 0_o
    13) Entah ya? itu harus dinilai orang lain, kan?
    14) Sering bener nebak undian dan mangga busuk termasuk ga?
    15) Gampang tersentuh, ya
    16) Umur 7 tahun dah boleh mikir mati dan sex belum?
    17) Baca di umur 4 tahun, hapal menteri di umur 6 tahun, belajar perkalian 15 menit
    18) Dunno, tapi pernah divonis schyzo dengan banyak suara ngiing di kepala
    19) Sangat
    20) kata pacar gw mengintimidasi, teman gw bilang menakutkan, orang-orang bilang sombong
    21) I dunno kalau yang ini

  19. It’s Me. Aku baru 18 tapi udah bisa bergaul sama kalian Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu…
    :D

  20. artikel keren…
    thnks

  21. ini pengalaman pribadi ya bu :), saya masih belum bisa nebak berdasarkan paramater tadi, lah anak saya, paling besar masih dua tahun, koq

  22. komplit banget bahasannya . Nice posting.. met kenal bu..

  23. Ehmm…Anak Indigo ini spesifiknya untuk kalangan berapa tahun ?

  24. Wah, informatif sekali tulisannya, Mbak

  25. Terima kasih atas infornasinya.
    Selama ini, saya memahami Anak Indigo sebagai anak yang memiliki indra ke-6 bukan yang fokus pada “selected activity”.
    Sedangkan anak yang hanya bisa fokus pada satu kegiatan cenderung saya sebut sebagai anak Autis.

  26. Arul,
    Dari yang saya baca: Anak-anak yang termasuk “indigo Child” dalam kehidupan sehari-hari terkesan biasa dalam segi prestasi, bahkan ada yang tinggal kelas. Kalau diperiksa mereka banyak yang IQ nya tinggi, namun masalahnya, anak indigo kebanyakan malas belajar, bahkan beberapa anak mengeluh sering sakit kepala karena banyak hal yang tak mereka mengerti apa yang ada dalam pikiran mereka.

    Hariadi,
    Jadi…kesimpulannya apa ya???

    Evan,
    Diketahui denga mencoba menjawab pertanyaan di atas…dan lebih sahih jika di test.

    Pyrrho,
    Thanks penjelasannya. Ya, sering anak indigo didiagnosis ADHD…..ortu perlu kesabaran untuk memahami anak indigo, karena memang berbeda.

    O, iya saat ini perkembangan penelitian indigo makin baik, dan ternyata ada bermacam-macam kecenderungan kemampuan yang dimiliki anak indigo. Ada yang sangat berbakat bahasa, ada anak indigo balita (padahal ga punya anjing) yang hafal segala macam jenis anjing dilihat dari kuping dan hidungnya, ada yang indigo filosofis (saya udah email japri).

    Akan sangat bagus jika Pyrrho bisa mengulas perkembangan ini, dan sharing bagaimana menangani anak indigo dari sudut pandang psikologi.

    FaUZaNeVVa,
    Maksudnya apa???

    nNeyn,
    Sekedar berbagi

    Anggara,
    Yup…betul…

    Kucing keren,
    Thanks telah mampir

    Mihael “D.B.” Ellinsworth,
    Dari artikel yang saya baca, tak ada batasan umur, namun mulai terlihat adanya perbedaan saat balita…..mungkin mas Pyrrho lebih bisa menjawab.

    Atapsenja,
    Syukurlah kalau bermanfaat

    Harrie,
    Pada umumnya anak indigo memiliki kesadaran yang lebih, seperti dijelaskan mas Pyrrho di atas. memang yang dipublikasi, lebih kearah sensitif terhadap hal-hal lain, seperti indra keenam….padahal ada hal lain yang dimiliki anak indigo, yang kemampuan masing-masing anak berbeda.

  27. Belum punya anak, jadi rada bingung.
    Cuma kadangkala dulu saya tahunya anak indigo itu pokoknya gak normal, punya kemampuan telepati, trus bisa melakukan sesuatu yang aneh macam kekuatan supranatural.

    Thanks artikelnya, keren :-)

  28. Bisaku,
    Justru itulah para pakar mengadakan penelitian, dan para ortu diharapkan lebih memahami anak-anak indigo. Masyakat umum sering menyalah artikan sebagai anak yang tak normal, karena kelebihannya. Padahal memang mereka mendapat karunia lebih sensitif atau memiliki kesadaran lebih tinggi. Dan ternyata jenis kemampuan anak indigo, juga berbeda-beda…

  29. Kira-kira gw sama bingungnya kaya Mihael “D.B.” Ellinsworth. Kalau anak indigo diperlakukan tidak benar, apa setelah dewasa keindigoannya bisa ilang?

    cuma pengen nanya itu

  30. Hariadhi,
    Anak indigo adalah anak yang kreatif, waktu kecil sampai sering remaja sering didiagnosa hiperaktif, atau bahkan sebaliknya. Mereka memang lain….bagaimana yang menceritakannya…sulit untuk melukiskannya.

    Karena anak kreatif dan rata-rata cerdas, pendidikan yang tak benar, bisa menyebabkan risiko yang tinggi…

    Seperti contoh begini: Jika orang bodoh, mencuri maka mencurinya dengan tingkat sederhana. Tapi jika orang pandai mencuri, caranya halus, tapi risikonya sangat besar…bisa berupa nilai barang yang dicuri, atau sistem yang di curi, yang menyebabkan kerusakan besar, yang perbaikannya perlu waktu lama. Mungkin mas Pyrrho bisa lebih menjelaskan karena, dalam mendukung perkembangan anak indigo, ortu harus bekerja sama dengan psikolog/psikiater agar tak salah arah.

  31. Bu… kalo dilihat dari ciri – ciri diatas.. kayaknya anak saya yang baru tiga tahun usianya kok memenuhi ciri – ciri itu semua.. biar kecil dia uadha sering kasih nasehat and ngomongnya itu lho.. kayak orang tua.. sampe kakek – neneknya bingung..
    Gimana ya caranya mengetahui dia indigo atau tidak sejak usia dini?.. biar ga salah asuhan gitu..

  32. Naning,
    Saya juga mendapat pertanyaan, dari salah satu blogger yang lain. Saya udah mencoba menghubungi salah seorang indigo dewasa, yang sering membuat pertemuan antar ortu yang punya anak indigo…beliau sedang mau buat blog khusus indigo, biar bisa saling sharing.

    Benar mbak Naning, mendidik anak indigo memang beda dengan anak lain…nanti kalau beliau udah sms saya, aku jawab japri ya…lewat email, sekaligus buat blogger lain yang tanya.
    Salam manis

  33. Menurut LAw Of Attraction… SEharusnya idndigo ‘jodoh’nya sama indigo juga gak yaa…??
    Hmmm… Saya punya teman, udah kaya kakak sendiri, dipastikan dia sangaD indigo..
    Kalo saya.. hmm.. kemungkinan besar.. tidak segitu sangaDnya… Sekarang lg ‘deket’.. semoga benran jadi yak :P dengan orang yg ke’indigo’annya mirip saya.. dziyyyee… *kok agak ngakuw2 yak:P!*

    Doakan sayaaaa……. ^_^

    Baydewei.. blognya bagus…. Tenks ya mbak yuu.. Udah membantu sekali… Hmmmh.. Monggo sini mampir-mampir ke blog sayahhh… silahkeun…
    http://www.sillyputifatisa.blogs.friendster.com

    Soputiful,
    Saya tak tahu jawabnya…yang saya tahu “jodoh ditangan Tuhan”….

  34. tulisan yang sangat bermanfaat, terutama bagi calon ibu/bapak.

    Mahmuddin,
    Syukurlah jika bermanfaat

  35. anak saya Bio umur 2 tahun 2bulan, dan dari beberapa kategori di artikel anak saya memenuhi beberapa karakter itu, tapi karena umurnya masi terlalu kecil jadi saya belum yakin kalo dia itu indio, karena bukannya anak kecil itu lebih peka ya.
    pernah suatu saat eyang kakungnya pergi bertugas menuju iran dengan naik pesawat lewat malaysia, kurang lebih 1 jam setelah keberangkatan eyangnya, kita otomatis ga bisa contact karena hp beliau dimatikan. Tapi Bio nangis gak jelas dan tangannya selalu menunjuk ke arah atas, dia bilang dengan bahasanya yang masi terbatas, ma…. papuk (bahasanya memanggil eyang kakung)…atas…!!!, sambil menangis terus, sehingga perasaan kita jadi ga enak, sampai-sampai eyang putrinya sholat hajat, ternyata setelah eyangnya selesai sholat Bio berhenti nangis dan telpon berbunyi, Eyang Bio bilang pesawat mendarat lagi dengan selamat di Malaysia, karena setelah 1 jam di atas, salah satu mesin meledak dan mengeluarkan kobaran api, sehingga pesawatnya harus mendarat darurat, untung aja waktu landing g meledak.
    emosinya juga seiring ekstrim, kalo memang ada kemungkinan ya, makasih deh atas tips dan sarannya ttg tips mengasuh anak indigo, kalo ada informasi lagi, saya tunggu ya… , oya saya pengen ajak bio foto aura, tapi kita tinggal dimalang, da mal-mal susah nemuin layanan foto aura, kalo ada info, kasi tau ya

    Icha,
    Mudah2an ada pembaca yang memberi informasi.
    Kalau menurut saya (saya sendiri sebenarnya tak pernah memeriksakan anak saya secara khusus)…..saya memperlakukan anak saya wajar-wajar saja, dan tak terlalu menanggapi segala kehebohan itu, karena pada dasarnya saya percaya bahwa Tuhan memberikan kelebihan dan kelemahan pada setiap manusia. Yang penting kita memperlakukan anak sesuai dengan umurnya.

  36. apa kabar ?

    Danyel sp,
    Kabar baik…..

  37. Saya dari Bali ingin nimbrung juga. kalo tidak berkenan, jangan di ambil hati ya…

    Saya kira di Bali telah banyak lahir anak-anak indigo. Entah mereka indigo ato nggak tapi kalo melihat dari ciri-ciri mereka yang memiliki kesadaran spiritual lebih dan indra ke6, di Bali ada banyak.

    Di Bali ada kepercayaan tentang reinkarnasi. Seorang Bali percaya bahwa yang terlahir ke dunia, ntah menjadi anak, cucu ato siapapun dalam keluarganya merupakan reinkarnasi dari leluhur mereka ato leluhur manusia/mahluk hidup jaman sekarang.

    Indigo, jika dikaitkan dengan kemampuan indra ke 6 dan ciri-ciri yang lain, saya ada beberapa kisah kelahiran (inkarnasi) yang membuat kepercayaan itu (reinkarnasi) menjadi suatu harga mati di Bali.

    Damar, gadis 10 tahun yang terlahir normal dan biasa saja. Namun ketika usianya 3-4thn dia udah menunjukkan sifat dan kemampuan indra ke 6 -nya. Di Bali ada tradisi ‘nanya’ ke pendeta Hindu (Pedanda/orang suci Hindu) ato ke orang ‘pinter’ tentang siapa yang terlahir menjadi Damar. Alhasil dari beberapa kali nanya ke beberapa orang ‘mampu’ mengisyaratkan bahwa Damar adalah reinkarnasi seorang raja di Bali utara. Pantas saja, menurut informasi ibunya, Damar berprilaku seperti seorang raja (bangsawan). Di sekolah juga gak pinter dan suka nakal ato bolos, tapi IQnya dan tingkat kesadaran spiritualnya cukup tinggi. Dia juga bisa melihat masa lalu ato masa depan. Banyak yang minta bantuan dia untuk berbagai keperluan. Dari rakyat biasa sampai pejabat publikpun sudah pernah datang ke dia. Pejabat daerah sampai nasionalpun ada.

    Made Krisna, anak laki-laki 9thn yang terlahir dengan ‘gift’ yang hampir sama dengan Damar. Menurut orang tua Made, anaknya sering berinteraksi dengan sesuatu yang gaib. Bisa membaca pikiran orang lain tanpa bertemu fisik, bisa melihat ‘meneropong’ jiwa seseorang, dan lainnya lagi.
    Seperti kebiasaan dan kepercayaan orang Bali, orang tuanya juga telah ‘nanya’ ke beberapa pendeta (pedanda/orang suci Hindu) dan orang pinter. Alhasil, Made Krisna adalah reinkarnasi dari seorang ‘mahapatih’ di Bali utara.
    Pernah suatu ketika Made Krisna dan Damar dipertemukan. Kejadian anehpun terjadi. Damar yang tak pernah bertemu dengan made Krisna mengenali dan meyakinkan orang-orang yang datang pada saat itu bahwa mereka (Damar dan made K) adalah saudara tiri (lain ibu) di kehidupan terdahulu yaitu kira kira tahun 1600an. Dijelaskan pula oleh Damar bahwa, Dia adalah rajanya yang bergelar ‘Ki Gusti Anglurah Panji Sakti’ dan Made Krisna adalah mahapatihnya yang bernama ‘Ki Tamblang Sampun’. Sontak saja semua orang yang hadir terperangah dengan pengakuan Damar. Damarpun menceritakan kejadian sejarah terlahirnya mereka berdua. Dia (Damar) dan Made Krisna dahulu sama sama lahir dari rahim seorang selir raja Bali (Ida Dalem Sagening) pada saat itu.

    ***********Sebelum bosan, menurut saya, Indigo yang menjurus ke arah spiritual (sixsence), jika ditelusuri dengan teori ‘reinkarnasi’, kemungkinan ada benarnya sehingga kejadian di atas bisa terjadi. Karena mereka (Damar dan made K), bisa menceritakan keadaan di masa 400an tahun yang lalu dengan jelas. Memang Indigo (sixsence) susah diterima dengan akal manusiawi, begitu pula dengan reinkarnasi. Bagi yang percaya, akan mengerti dengan maksud saya, dan bagi yang tidak, ini masalah kepercayaan yang sifatnya hak asasi untuk percaya akan sesuatu.

    Jadi pertanyaannya, apakah menurut pengasuh, Damar dan Made Krisna adalah seorang bocah biru (indigo) atau mereka ‘just got a gift and they’re just happy with it’ tanpa dieksplor lebih dalam lagi? Karena kebanyakan anak anak indigo ‘disalah arahkan’ oleh orang tuanya.

    Thanks and regards,
    Ecka

    Ecka,
    Indigo lebih banyak dikaitkan dengan indra ke enam yang seperti paranormal, atau reinkarnasi. Tapi sebetulnya ada bermacam-macam….kebetulan saya kenal indigo yang phylosofis…dia malah tak terlalu paham tentang dunia lain, tapi pemahaman dia tentang psikologi ilmu sangat mendalam.

    Btw, saya sendiri bukan indigo, dan memang tak mempelajari masalah ini, hanya sekedar sharing agar aware bila mempunyai anak, ponakan atau teman yang punya sifat indigo, untuk memudahkan bergaul.

  38. Sorry kalo kepanjangan… jangan bosen ya…

  39. Thanks ya…

  40. subhannalah…

    anak indigo ditakdirkan untuk kembali memakmurkan muka bumi…
    semoga ada yg mnerima anak indigo d muka bumi,amin…

    sebenarnya mereka hdp menderita cz bayangkan mereka liet hantu juga kontak k dunia lain(maev ga bsa kusebutkan),juga telepati maupun dll..
    kalo ada yg berhubung peristiwa,pasti merasa kesakitan luar biasa…

    ada juga berasal dari kerajaan maupun kehidupan keluarga yg spiritual sgt tinggi pun dll…

    jadi smuanya tu orgnya libido…

    Madha,
    Tuhan tentu punya maksud baik atas umat Nya….

  41. bner bgt!!

    kok “jadi smuanya tu orgnya libido…” dbwh c..
    tu kan kalimatku..

    gpp ko..
    add mail ym ak y..
    mailnya madha_radha_faron@yahoo.com

  42. I N D I G O : satu tahap lebih maju dari evolusi manusia.

    terima kasih buat kalian anak2 indigo, aku percaya dengan adanya kalian, bumi ini menjadi lebih nyaman untuk ditinggali.

    terima kasih banyak untuk ibu Edratna.
    dengan tulisan anda, mereka jadi lebih dimengerti.

    Aris
    ,
    Fenomena indigo memang belum banyak dipahami orang. Semoga tulisan saya dapat membantu.

  43. I N D I G O : satu tahap lebih maju dari evolusi manusia.

    Terima kasih buat tmen2 indigo..selamat datang di bumi..maaf,kalian mungkin kurang merasa nyaman disini. aku percaya kalian datang untuk membuat bumi lebih nyaman untuk ditinggali.

    Terima kasih banyak untuk ibu Edratna..karena artikel anda, mereka menjadi lebih dimengerti.

  44. mmm..

    numpang comment dunn..

    sbnrnya yg Ibu Edratna bilang ituh 100% bnar..

    krn saya merasakan ap yg ibu blg..

    Nada Nadia,
    Anak indigo banyak yang sukses kok….yang harus dilatih adalah berusaha memahami orang lain, sehingga orang lain juga memahami kita.

    mksud saya..

    saya naq indigo..

    hhe..

    nice 2 meet u, everybody

    yg pduli dgn naq indigo..

  45. saya menyukai opini anda karena manusia indonesia perlu mengerti tentang anak-anak indigo dan bisa melakukan penanganan orang-orang yang punya kelebihan karenA BANYAK ,anusia indonesia belum mengerti benar manusia yang memiliki kelebihan dan bahkan sering pula manusia-manusia yang punya kelebihan disalahgunakan.aTAU JUGA MALAH DI anggap aneh.OH YA saya mau beri masukan
    orang autis juga diulas.Karena orang autis mempunyai perkembangan otak yang bisa dibilang tinggi

    Puthut,
    Saya tak punya pengalaman dengan anak autis, sehingga tak berani menulis.

  46. kalau saya cocokan dengan saya yang dulu masih berumur 5 tahun hampir semua jawabanya iya

    tapi kalau di cockan dengan saya yang sekarang 15 tahun cuma ada 8 (atau 9 tadi ya?) yang iya.

    itu gimana ya…

    salam kenal ^^

    Takao,
    Sepanjang tidak ada masalah dalam pergaulan, dalam berhubungan dengan lingkungan/orang lain, tak perlu dikawatirkan…dan kita juga tak perlu memikirkan apakah termasuk indigo atau bukan.

  47. Manusia kan diciptakan berbeda-beda, jadi ya wajar saja kalau ada anak yang ‘tidak biasa’. ‘Tidak biasa’ ini bisa lebih, bisa juga kurang. Anak-anak yang ‘biasa’ pun memerlukan jenis perhatian yang berbeda satu sama lain, apalagi anak yang ‘tidak biasa’. Masalahnya kan pada sistem pendidikan di zaman sekarang cenderung semua anak didik diperlakukan sama rata supaya gak merepotkan pengajarnya. Kalau anak-anak diperhatikan satu per satu memang tentu saja menghabiskan banyak waktu & tenaga, tapi insya Allah hasilnya akan sepadan.

    Pak Waskita
    ,
    Setiap individu memang unik, dan tak ada yang sama. Bahkan anak yang dilahirkan oleh bapak ibu yang samapun, sifatnya bisa jauh berbeda. Pengenalan saya tentang anak indigo, menjadi lebih memahami tentang keaneka ragaman tersebut.

    Thanks kunjungannya, saya merasa terhormat.

  48. Indigo yach? i dunno sech kalo itu, cuman yach begitu dech. Mulai dari umur kurang dari 10 tahun udah nangkep perhatian dari anak2 SMU coy, beda berapa tahun yach? Menurut loe orang? Wakakakakak……

    10 Hal yang buat gw mirip indigo (maybe yes, maybe not) :
    1. Gw bisa kira2 berapa menit buat gw isi air di bak man. <<<< penting gak sech.
    2. Dari kecil udah sering melakukan yang orang2 gak isa lakukan. Contohnya setelah gw agak gedean, gw liat orang laen baru melakukan hal itu. Pls ngaret sekali itu mah. But just keep silent aja sech, gak usah norak2 bangetlah gw mah. Let it go man.
    3. Gak suka yang namanya macet ma ngantri panjang, kalo ketemu mendingan gak usah dech. Makasih.
    4. Gak suka yang di suruh2 gimana gitu, semuanya kudu adil, baek yang tua maupun yang muda, baek ortu ke anak2nya kek, semuanya sama rata. <<< sopan gak sech tuh yach?
    5. Kreatif? iya mungkin, gw suka mencari hal pengganti kalo misalkan lagi stuck ma suatu hal yang gw lakukan.
    6. Puisi? Oh jelas, sang pujangga. Hohoho…
    7. Empati? of course, harus itu kayaknya. :D
    8. Btw, busway, huawei. Apa sech ADD? Apa gw yang mungkin rada gak cuneng?
    9. Apalagi yach? pls dech, banyak banget kayaknya.
    10. Udah ah yach, cukup segitu, ntaran kebanyakkan. Wakakakak…..

    Apa itu semua ciri2 anak2 indigo? Karena sebenernya mungkin masih banyak lagi sech, selain dari pertanyaan2 yang di kasih di atas mungkin masih ada banyak lagi khan, masih banyak yang perlu di ulas di luar sana tentang anak2 indigo khan, contohnya dengan amat cepat aku belajar tidak seperti kebanyakkan orang biasa untuk mengetik di komp tanpa melihat. Apa itu juga contoh salah satu kemampuan anak indigo? To be some kind of a freak???!!! Or it is a gift? Betapa banyak pertanyaan yang tidak terjawab sebenarnya, dan sebagai anak indigo yang tahu bahwa dia indigo menjadikan berbagai macam pertanyaan lebih lagi di dalamnya bagi anak2 tersebut. That’s what i’m feel, mungkin dia lebih special daripada orang2 yang special, akan tetapi basic nya tetap sama, tetap bertanya2 apakah ini apakah itu dan laim sebagainya.

    Mr. Childish,
    Baca komentar pak Waskita di atas?…beliau dosen Elektro ITB, dan punya pengalaman banyak menangani anak pandai, yang umumnya juga bertingkah di luar kebiasaan.
    Apakah anda indigo atau bukan, tak menjadi masalah…karena kita hidup bersama lingkungan,tentu saja setiap orang harus bisa menyesuaikan dengan lingkungan. Inilah yang selalu saya tekankan pada salah satu keluargaku, yang diduga “indigo”…jadi tetap aja dia harus berperilaku pada aturan yang ada, dan ortunya harus tetap mendisiplinkan dia…bukankah seharusnya dia lebih cepat berhasil jika memang dia lebih baik? Nahh, buktikan itu….

  49. Saya akan memperkenalkan diri saya terlebih dahulu,
    Saya Rindry, ingin bertanya mungkin beberapa pertanyaan. sebenarnya banyak, namun satu hal yang ingin saya tanyakan.
    Apakah saya benar-benar seorang indigo?
    Menurut kebanyakan orang saya seorang indigo.
    setiap harinya saya sering mengalami kejadian aneh,
    Mulai dari berteman.
    Saya merasa, setiap menatap mata seseorang segala yang dipikirkannya, dirasakannya, dapat saya rasakan juga. orang tersebut tidak bisa berbohong atau menipu saya dari segi manapun.
    Saya pernah dijadikan sasaran hipnotis. tapi pada saat pelaku hipnotis ingin menghipnotis saya(dengan tujuan merampok), malah saya yang menghipnotis ia kembali. saya binggung, sungguh sangat binggung. karena ditengah keramaian, dia diam dan pada saat saya perintahkan ia untuk pergi(ia nurut saja).
    Mahluk halus,entah mengapa setiap hari saya selalu melihat mereka? baik siang, maupun malam. Setahu saya, mahluk halus tidak ada di siang hari kan??
    Saya tau sesuatu yang akan menimpa diri saya, dan orang lain. namun jika saya ceritakan kepada orang yang akan mengalami kecelakaan, maka saya yang akan menanggung beban. Yang sering saya alami yaitu mengalami pusing yang hebat(walau sudah mengkonsumsi obat tidak kunjung sembuh).
    Saya senang berbicara dengan orang-orang tua. Orang-orang bijak, namun saya merasa orang-orang bijak yang pernah saya ajak mengobrol sangatlah bodoh! mereka tidak mengerti apa yang mereka katakan! namun, jika saya mengatakan hal yang sebenarnya saya dianggap mengajari orang tua.
    Saya binggung, kadang jika saya ketemu seseorang, saya merasa telah mengenal orang tersebut sebelumnya. sebelum saya lahir.
    Percayakah anda tentang kehidupan sebelum anda lahir saat ini?
    Saya merasa saya tua, namun sekarang diwujud badan saya yang fisik, saya hanyalah 16 tahun.
    anda mengatakan”jika anda memahami mereka akan dapat mengelola dengan baik, maka anak indigo adalah anak yang menyenangkan, dan tingkat kesuksesan nya dimasyarakat tinggi.”
    Bagaimana cara saya untuk mengelola diri saya sendiri? padahal setiap harinya saya merasa bosan!!!
    Saya merasa hidup saya yang sekarang kurang menantang. tak ada tantangan yang berarti.
    Sampai-sampai untuk merasa apa itu rasa saja sangat susah.
    Saya ingin berbincang-bincang dengan anda;
    ‘Aku di dalam Dia, dan Dia di dalam Aku’ layaknya ‘Setetes air diteteskan di dalam lautan’.
    Apakah Anda mengerti artinya?
    Mari kita bersama-sama berbincang-bincang.
    Mungkin Anda teman berbincang-bincang yang bisa saling terbuka.

    Trim’s

    Rindri,
    Saya sendiri bukan indigo, tapi punya pengalaman bergaul dengan anak indigo.
    Kalau mau konsultasi, sejak 1 Feb 2008 telah dibuka layanan konseling indigo & keluarga, dijadualkan setiap hari Rabu jam 14.00 s/d 18.00 wib dan 10.00 s/d 16.00 wib. Untuk perkanjian hubungi Vera 021-75910583 atau 021-7236643.
    Alamat: Ayodiapala, Ruko Galeri Niaga
    Jl. Haji Nawi Raya Kav.9, Radio Dalam
    Kebayoran Baru, Jakarta selatan
    Bagi siapapun yang membaca tulisan ini, dapat menghubungi ahli nya langsung…karena terus terang saya hanya sekedar sharing pengalaman, sehingga tak bisa menjawab pertanyaan yang lebih detail.

  50. haLLo all…

    salam hangat…

    saya terkesan dg tulisan ini.
    tapi jujur saja,,,sy ingin lbih mngetahui…apakah sy positif indigo atau tidak. kbetulan sy skrg sdg kuliah di fak.psikologi suatu univ ternama di D.I.Y. dan kebanyakan dosen2 sy menyebut fenomena2 yg trjadi pada saya ini adalah fenomena pd anak indigo. tapi, entah mengapa sy msh tdk mau di label “indigo”. meski banyak orang sekitar yg terkadang berawal iseng menguji 6th sense sy…dan hal2 yg sy lihat…(sumtin in d future n sumtin in d past bout sum1 for example)..memang benar adanya.

    dan hal ini tdk lepas dari sakit kepala yg teramat hebat jika sy mlihat “hal-hal” sperti itu. IQ sy jg tdk trllu tgi. hanya 129.

    mohon pencerahannya.
    sy sgt ingin sekali konsultasi. tapi sy smp saat ini blum tahu kmana sy hrus berkonsul.

    sy sgt bersedia bila ada yg mau menggali fenomena indigo ini, dengan sy sbagai subjek penelitiannya. demi kemaslahatan bersama, terutama bagi anak2 indigo yang mungkin belum sadar akan fenomena tsb pada dirinya.

    Trims.

    Rafika,
    Anda bisa datang ke Fak Psikologi UGM, atau Universitas lain yang mempunyai Fak Psikologi di Yogya,….siapa tahu ada psikolog yang ingin meneliti tentang masalah ini.

  51. satu titik temu yang membumkam!! keajaiban tuhan yang tak terucap oleh kata kata, Indigo, keajaiban yang mungkin jadi petaka …

  52. dari 21 pertanyaan, ada lebih dari 10 pertanyaan yg sesuai dgn ciri2 saya. cuma saya ga ngerti apa saya termasuk anak indigo juga atau cuma kebetulan aja? contohnya saya sering bisa menebak masa depan, apa yg saya ucapkan pasti kejadian beneran, saya juga bisa lihat makhluk halus, saya keras dan ga suka diatur, berasa bangsawan, sering jadi tempat curhat ibu2. yah gt deh..ga ngerti juga..wkt itu tmn saya pernah bilang, jgn2 saya anak indigo..saya sendiri baru cari informasi ttg indigo akhir2 ini saja. apa anak indigo tau klo dirinya adalah anak indigo.. sekarang usia saya 23, saya baru sadar semua ciri2 yg disebutkan mirip dgn yg saya alami sejak kecil. tp masih ga yakin juga saya anak indigo atau bukan.
    mohon bantuannya..thanx.

    Retno Ayu,
    Jika ingin tahu kepastiannya, bisa menghubungi klinik, seperti yang tertulis di postingan tsb.

  53. Artikelnya keren. terue terang saya baru pertama dengar istilah indigo dari sebuah acara bincang2 di salah satu stasiun tv swasta beberapa waktu lalu. tapi saya sudah sering mendapati orang-orang dengan ciri2 keindigoan tersebut. yang ingin saya tanyakan, apakah tingkat keindigoan orang2 tersebut memiliki prosentase yang berbeda-beda? gimana cara mengukurnya? karena kebanyakan orang2 yang saya temui itu memenuhi beberapa syarat saja tetapi gak sedikit dari mereka yang saya yakin 100% indigo. pertanyaan selanjutnya, apakah masa perilaku atau segala tindakan yang dilakukan seorang ibu pada masa kehamilan dapat menyebabkan seorang anak terlahir indigo atau tidak. terakhir, apa indigo ada kaitannya dengan faktor genetis atau keturunan dari orang tua atau mungkin leluhur terdahulu?
    Thanks

    Oktina,
    Jika berminat tahu lebih banyak, bisa menghubungi klinik seperti tercantum pada tulisan saya di atas.

  54. Nambah ilmu neh meski masih lajang he……
    thanks atas bahasanya neh…..

  55. Bu, bagaimana jika saya domisili di Surabaya dan Yogya?? apakah ada referensi untuk konsultasi dan pengobatan kedua kota tersebut?

    Winda,
    Saya sendiri tak tahu….tapi cobalah mulai membuka web mengenai masalah indigo, dan semoga semakin banyak psikolog, piskiater yang mau mendalami masalah ini.

  56. aduh bu waktu liat indikatornya, buat saya ada 13 jawaban yang iya… bararti saya termasuk indigo ya ???

    kira – kira buat lebih mastiinnya gmn?? dan kira – kira ada juga gak ya terapi buat indigo dewasa??? (coz umur saya dah 19 th)

  57. bu, menurut saya sudah jelas disebut anak indigo jika dan hanya jika auranya ungu/nila. cuma sayang orang awam gak bisa melihat aura, kecuali berlatih terlebih dahulu. buku manuscrip calestine banyak bercerita tentang cara mencapai dan membaca aura. dari beberapa macam aura yang menonjol memang kuning emas (calon pemimpin), ungu/nila (punya kelebihan), dan putih (pendeta/orang suci). ada yang sejak lahir auranya tidak berubah tetapi bisa juga dilatih ato dipengaruhi oleh batu ato perhiasan tertentu.
    beberapa alat untuk membaca aura sudah ada dan bisa di google untuk itu. yang jelas di mangga dua mall jakarta ada alat photo aura dan kita bisa minta diphoto disitu. termasuk jenis alat yang lama kalo dilihat cara kerjanya.
    kebetulan temen saya ungu semua auranya, dan dia tidak menyangkal mempunyai kelebihan. cuma dia memendamnya dengan berkilah bahwa kelebihan yang dimilikinya malah bisa membawa dia ke arah sombong sehingga dia mempasrahkan semuanya pada kehendak Tuhan.

    Nindityo,
    Thanks infonya, semoga berguna bagi teman-teman yang membaca.
    Punya anak indigo memang sulit, karena harus bisa memahami, dan menjaga agar kelebihan yang dipunyai anak tak menjadikannya sombong….berarti ortu temanmu itu orang yang baik, dan bisa menjaga anaknya….karena kelebihan yang diperoleh sebetulnya merupakan amanah dari Tuhan, agar digunakan untuk kebaikan bagi sesama.

  58. Hanya ingin menginformasikan kepada teman-teman, untuk mengetahui lebih jauh tentang anak indigo, dapat mengunjungi IndigoIndonesia.com Pusat Informasi dan Komunitas Indigo Indonesia. Bila ada pertanyaan atau mau konsultasi daftar aja ke forum, atau bisa hubungi langsung.

    Indigoindonesia,
    Thanks infonya.

  59. waduh sampai lupa silahturahmi kepada bu Enny Ratnawati.
    Salam kenal bu enny, kami dari indigoindonesia.com, asuhan bu Rossini.
    Melihat blognya ibu sangat aktif dikunjungi teman-teman yang ingin mengetahui tentang generasi. Mungkin bila ibu berkenan dapat memberikan tambahan informasi di tulisan ibu tentang website kami.
    Oh, yah bu, tentang mbak vera yang kerja di ayodi apala. mohon di revisi karena mbak vera tidak bekerja lagi disana dan yang punya perusahaan tidak mengetahui keberadaan tentang indigo ini.
    Terima Kasih bu, salam hangat dari kami

    Indigoindonesia,
    Saya mendapat alamat tsb juga dari mbak Rossini, dan telah ijin untuk dicantumkan. Nama mbak vera udah dihapus, kalau nomor teleponya tetap kan? Saya beruntung ketemu mbak Rossini, sehingga bisa memahami anak indigo, dan syukurlah telah melampaui tahap-tahap yang paling sulit bagi seorang anak.
    Melihat komentar di blog ini, saya juga bingung, karena saya sendiri juga masih belajar untuk mengerti indigo, dan sekedar tahu saja. Jadi, makasih infonya…..

  60. [...] ada Website tentang “anak indigo” Tulisan saya tentang anak indigo, ternyata banyak yang berminat. Saya mencoba menghubungi mbak Rossini (indigo dewasa) yang selama [...]

  61. ada yang bilang juga lho,,
    anak Indigo generasi emas lahir pada tahun 2000 keatas.
    alias new millenium

  62. emmm… mbak saya mau tanya.. saya mesti gak pede kalo saya dibilang anak indigo….soalnya gak tau pasti.. sebenernya saya baru dapat perasaan aneh..beberapa bulan lalu.. em… tp saya nggak minta mb percaya…
    gini… bbrpa bulan lalu, saya bisa ngelihat sesuatu yg belum terjadi.. lama” bayangan itu makin sering dateng… apalagi ketika saya ingin….
    bygn tu muncul dengan jelas tp cepet… setelah itu beberapa menit kemudian terjadi beneran! awalnya saya takut!
    tp kata guru saya yg punya indigo, dy bilang saya memang punya sixth sense…
    apa bener ya mb?
    terus apa yg harus saya lakuin…?

    tolong jawab ya mb, di friendster saya.
    prince_qiira@love.com
    tolong…saya butuh jawaban yg pasti..

  63. web yg menyenangkan. membuat saya merasa tidak sendirian. Apa indigo itu dapat menurun pada anak2 saya? saya memasukkan anak2 saya ke sekolah yg menerima karakteristik anak2 indigo krn dulu..sekolah seperti itulah impian saya. saya sangat berharap segala informasi ataupun kegiatan bisa sampai pada saya. siapapun yg pnya kondisi indigo seperti saya ataupun concern dgn hal ini hub sy di emma.khanafi@yahoo.com dan terimakasih banyak atas kepedulian ibu ya!

  64. Dalam khazanah Islam, perkara yang sekarang disebut sebagai ‘indigo’ sebenarnya perkara biasa. Ulasan singkat ada di http://penyejukmata.wordpress.com/2008/05/04/ghaib-dalam-pendidikan/

  65. Ass.
    saya hanya ingin bertanya
    1. Kenapa sih anak indigo memiliki sifat yang lebih dewasa daripada dengan anak yang lain?.. Apa ada yang salah dengan DNA anak2 indigo……trus kemampuan metafisika itu seperti apa?
    2. Jika anak2 kita termasuk anak yang indigo, apa bisa dibilang bahwa kita beruntung?
    3. Bagaiamana caranya agar kita bisa memiliki keturunan yang indigo?
    4. Tadi saya baca salah satu comment, katanya anak indigo itu hanya lahir diatas tahun 2000.. Apa itu benar?

    Terima Kasih sudah mendengarkan…. ^_^

    Wss. Wr. Wb

  66. Assalamu`alaikum
    makasih ya mbak enni..aku sekarang mengerti ternyata selama ini aku temasuk salah satu anak indigo..

  67. [...] dan syukuran Komunitas & Pusat Studi Indigo Indonesia Tulisan saya tentang “anak indigo” masih tetap menduduki ranking atas untuk pembaca blog ini. Dan walaupun telah beberapa kali saya [...]

  68. Terimakasih atas informasi yang diberikan disini, jadi lebih tahu tentang indigo…

  69. semuanya hanya akibat dari Lingkungn Lo..menurut ku

  70. Saya termasuk Indigo ???? kurang Percaya ???, saya bisa melihat dan kapan seorang manusia meninggal, kdg2 saya jg terbiasa melihat makhluk2 gaib..tapi saya tidak pernah takut menghadapi itu..apakah saya ini termasuk anak Indigo..atau Dewa ???!!

  71. nah kata orang ada bermacam2 indigo?
    apa aja?
    and gimana nie?
    saya jadi bingung,….
    emangnya apa aja jenisnya?
    ada yang bs liat hantu….indigo bkn?

  72. ADD & ADHD apaan ssehh.

  73. asal tau aja…ank indi9o g suka yan9 namanya ikatan,so 9 usah PubLika5iKan tt9 ank indi9o…paLin9an ju9a kita2 diJadiKan bahan perCobaan…Ok…

  74. gw sakit… ..stiap orang yg kenal gw slalu bilang gw aneh!!!

    gw bosen dibilang aneh! jutek! bahkan sering bgt gw dibilang autis! padahal gw sering ngrasa kasihan sama mereka krn mreka gak tau aja apa yg mreka bilang tntang gw!!! mreka cuma gaktw aja apa yg mreka bilang tntang gw!!!
    gw sakit!!!

    lucu aja ktika gw kecil kalo anak2 seusia gw pengen jd dokter, pilot atau apalah’ gw slalu jawab pengen jd “raja” dan sering bgt kalo anak seusia gw maen bareng justru gw lebih milih naek atas pohon yg paling tinggi, malah sering naek tower cuma buat ngliatin mreka atw orang2 dibawah gw kliatan kecil…, ada perasaan kalo gw bisa berkuasa atas mereka smua yg terlihat kecil2…
    tapi skarang gw udah gede!!! gw tersiksa dengan yg ada dikepala gw!!! gw pgn ada orang yg ngertiin gw!!! gw pengen banget bisa normal sperti yg laen!!!
    gw juga gak prnah netep d satu tmpat, gw slalu bosen d satu tmpat yg mnurut gw gak ada lg yg bisa gw….
    gw pengen mati!!!
    tapi hati gw, pikiran gw, gak pernah mnginginkan itu!!! …….aneh

  75. Bu, maaf..sy baru baca hr ini krn ibu sy br sj teringat istilah indigo yg mgk dimiliki anak sy..
    Anak sy baru berusia 2,2thn. Dia sgt pintar, cerdas, sudah mengerti apa yg dibicarakan org lain, sdh bisa berbicara, bercerita, menggoda, merayu, mencari alasan(bhs jawanya:ngeles).
    Sdh bisa melakukan sesuatu yg baik, misal mengelap piring sendiri sblm makan, meminta obat saat dia sakit.
    Sdh pandai menyanyikan banyak sekali lagu baik lagu anak2 maupun lagu2 org dewasa yg bahkan sypun tdk hafal. Sdh bisa mebaca al-fatihah secara lisan.
    Tidak takut berkomunikasi dgn org lain dan pintar bergaul meski dgn org2 dewasa..
    Dan akhir2 ini sy merasa anak saya ini memiliki insting yg cukup kuat (disamping ingatannya yg tajam terhadap banyak hal), misalnya bisa menebak toko atau warung langganannya itu buka atau tutup waktu di perjalanan. Bagi kami itu sangat luar biasa…
    Bahkan keponakan saya yg usianya 3thn saja belum seperti itu..
    Banyak orang mengira dia sdh berusia 3thn lbh.

    Yg membuat sy bingung, bnyk saudara menyarankan dia dimasukkan ke playgrup. Memang sy berencana memasukkannya ke playgrup apabila sdh 3thn nanti. Sy kwtr dia bosan apabila terlalu lama di playgrup. Jangan2 baru beberapa bulan malah minta TK atau SD?
    Saat ini pun anak saya sering minta sekolah (kbtln dpn rmh sy ada SMUN dan SMPN, jd terbiasa melihat anak sekolah)

    Apa yg hrs sy laukan ya bu?
    Mohon saran dr ibu..

    Wuri,
    Terus terang saya tak punya kompetensi untuk menjawab. Juga pertanyaan teman-teman lainnya, karena saya sekedar menginformasikan ciri-ciri indigo dan ada web site tentang indigo. Mungkin ibu lebih tepat berhubungan dengan para pengurus web site tsb.

    Untuk apakah anak perlu sekolah sejak dini, ada beberapa alasan, tapi yang paling paham tentang hal ini adalah psikolog yang ambil spesialis anak. Ibu bisa konsultasi di Lembaga Psikologi terapan UI.

  76. indigo ini menurut saya bukanlah hal yang patut di di permasalahkan jika harus dipermasalahkan adalah orang yang terdahulu, karena merekalah yang menbuat ini terjadi. ini menurut saya bagian dari sipat yang dibagian nenek moyang kita terdahulu yang sakit pada saat membuahi sel jantan dan sel betina menbawa informasi gen dari ayah kita dan ibu kita (lihat pelajaran gen pembawa sifat), hebatnya gen kita ini walau satu dan kecilnya berukuran micron tapi dapat menyimpan milyar informasi dasar yang dimiliki dari kelakukan (jika kt ustad danu menjadi teguran buat kita dalam ujud penyakit) jika orang genetika bisa diketahui kelak kapan anak terlahir akan cacat dan sebagainya jadi yang menjai masalah adalah bagaimana menjelaskan kepada hal layak supaya kita orang ini indigo ini bukan sebuah anugrah tapi memang patut di skuri sebagai sebuah anugrah walau kita tau ini akan di pandang sebagai mistik

  77. bisa gal lebih update data2nya tentang indigo

    Q,
    Anda lebih tepat menghubungi web site yang khusus indigo….karena saya sendiri orang awam, sehingga hanya sekedar memberikan info.

  78. mba, mau tanya. semua pertanyaan itu bisa dilihat untuk anak usia berapa ya? anak saya umurnya baru 22 bulan. tapi hari ini ada seorang yang mempunyai “kelebihanan” mengatakan untuk mengecekkan anak saya ahlinya. dia “melihat” anak saya adalah seorang indigo…

  79. kl leh tau website nya apa y.dan kl indigo ini bs hilang ga?.dan tujuannya untuk apa kemapuan/indigo ini bt orang yg memilikinya?

  80. bu…klo anak saya hyperaktif tapi bukan autis loh…aktiif mungkin, apalagi kalo ada tamu datang kerumah, apa aja dilakuin buat cari muka..kadang saya sampe kwalahan

  81. Hmm…
    Apa yang dimaksud Indigo?
    Apa dgn menjawab ptanyaan2 diatas sudah dpt dpstikan scra tpt?
    Kalau apa yg diucapkan lalu trjadi dan sgt mudah menghafal srta dpt sgt cpat smbuh dr pnyakit baik pnyakit ringan maupun berat trmasuk indigo?? Jika tdk, lalu apakah itu smua?

    satu lg, jika ada 2 anak yg blm pernah knal sbelum nya, katakan saja si A dan si B,
    A adalah seorang anak yg dpt melihat makhluk halus. A tiba tiba melakukan knakalan kpd B, yg seharusnya membuat B marah besar, dan membalasnya. Tetapi B sama skali tdak melakukan tndakan apapun. Baru stelah A mrasa dirinya menang, B ingin skali membalas dgn cra memukul dan sbagainya, tetapi saat B hendak melakukannya, entah mengapa anggota gerak yg ingin dia gerakan sama skali tdk dapat brgerak.
    Apakah A dan B berbeda dgn anak normal lainnya?

    mohon di balas,
    tolong beri jawaban anda ke fs saya. Ini alamat emailnya Heartz_cruiez4ever@live.com

    saya sangat berharap anda menjawabnya. Trima kasih.

  82. gw gk tau gw indigo pa engga,, tapi klo di liat dari ciri2 n’ ngedenger cerita kawan2 yang indigo,, gw ngerasa klo gw tu kya mereka,, gw share sedikit tentang gw,,

    gw kaya punya 2 jiwa di raga gw,
    gw orang’y over ekspresif,
    suka berfikir terbalik dari orang2 lain,
    gk pernah belajar tapi nilai gw bagus2,
    butuh waktu 5 menit untuk tau karakter orang,
    suka hal berbau mistis,
    sering liat kejadian yang aneh2(setan, ‘ufo’, bintang jatuh, meteor)
    cepet tanggep ma berbagai hal,
    hoki gw gede,hhee
    selalu ngerasa selangkah lebih maju dari temen2 sebaya gw,,

    gk enak’y punya kelebihan di atas tu,

    1)sering di sangka orang gila (gra2 suka ketawa+ngobrol sendiri)
    2)suka dibilang orang lebay,
    3)sering di jutekin orang gra2 gw punya muka ekspresif banget.,hee
    4)pendapat gw sering gk di terima ma temen2 organisasi gw,, (tapi akhirnya temen2 gw nyadar klo pendapat gw tu bener)
    5)di bilang pembohong gra2 gw ngeliat penampakan yang gk di liat orang lain,
    6)di sangka teroris, pencopet, pemerkosa dll(gara2 garak-gerik gw kta orang2 c mencurigakan,,hee)

  83. hai semuanya…
    artikel ibu bagus banget
    terimakasih atas informasinya

    kalo saya sendiri, gak tau bisa dibilang indigo atau ga…
    kalo mem-flashback ke masa kecil sih, jadi ngerasa kalo saya itu indigo

    1. kalo bersikap seperti bangsawan sih ga, tapi yg jelas saya gak pernah mau kalah dan dikalahkan oleh orang lain. selalu ingin memimpin
    2. kadang juga selalu saja merasa kalo ga ada seorangpun yg benar2 mengerti saya padahal saya sangat mengerti mereka
    3. saya disiplin kalau saya yg menginginkannya, tapi kalo disuruh2 saya pasti membangkang. semenjak kecil sudah punya sifat pemberontak
    4. saya berbuat sesuatu karena saya yg ingin, bukan karena org lain
    5. mengantri?! ga deh… lebih baik ga usah daripada disuruh ngantri
    6. saya juga gak suka yg ribet2, cari yg gampang
    7. saya juga suka mencari2 cara lain dlm mengerjakan sesuatu
    8. suka mengutak-atik barang biar ga penasaran, kadang suka mendapatkan ‘aha..’ dalam menyelesaikan sesuatu
    9. kalau diancam/dimarahi justru sengaja berbuat yg justru dilarang
    10. bosan?! amat sangat gampang bosan
    11. ADD?! yg jelas suka gak fokus, terlalu banyak yg dipikirin…
    12. kreatif?! lumayan deh…
    13. intuisi?! dulu sering melihat hal-hal gaib. sering juga menebak masa depan orang n ternyata benar. kadang suka pusing n sangat lelah kalo ada kejadian buruk yg akan terjadi pada org2 terdekat atau pada lingkungan saya saat itu. kalo pas ulangan/ujian, ga tau kenapa saya seperti bisa lgsg tau jawabannya tanpa membaca soalnya.
    14. saya kadang bisa mengendalikan orang supaya menuruti keinginan saya
    15. empati?! iya
    16. saya termasuk tipe orang acak abstrak
    17. cerdas?! lumayan
    18. pengkhayal?! iya
    19. kalo kata temen2 yg kenal aku katanya aku itu keibuan, selalu jadi tempat curhat dari mulai temen sampe orangtua
    20. SQ?! lumayan

    lumayan banyak memenuhi kriteria kan?!
    apakah saya termasuk indigo?!

    tapi sekarang di usia awal 20-an saya merasa kemampuan2 yg saya sebutkan di atas semakin lama semakin berkurang. saya sudah tidak bisa lagi melihat hal-hal gaib. intuisi saya pun tidak setajam dulu. gak bisa lagi melihat jawaban soal ujian.

    apakah sifat indigo bisa menghilang?!
    atau karena semakin dewasa saya semakin banyak dosanya, jadi lama-lama kemampuan saya memudar…

    oya, apakah indigo itu bersifat menurun?

    mohon jawabannya
    terima kasih banyak
    terima kasih

  84. Hai semua. Aku adalah seorang anak indigo (hal ini sudah di buktikan dengan foto aura dan kosultasi dengan beberapa orang yang ahli di bidangnya) yang sudah berumur 28 tahun.

    Menurut aku kriteria anak indigo di atas sudah mencakup cukup banyak ciri anak indigo. Buat aku sendiri hampir semua ciri itu ada di aku.

    Tapi ada beberapa hal yang sepertinya mau aku share di sini. Mungkin untuk beberapa orang, anak indigo di anggap orang yang punya indera ke enam atau sering di bilang orang punya kemampuan untuk melihat hal2 gaib. Padahal belum tentu begitu. Memang anak indigo itu lebih sensitif dan intuisinya lebih tajam. Tapi anak indigo itu tidak semuanya memiliki kemampuan dan talenta sejenis.

    Ada anak indigo yang memiliki talenta bisa melihat hal gaib, ada anak indigo yang memiliki visi masa depan atau masa lalu, ada anak indigo yang memiliki talenta penyembuh atau ada juga anak indigo yang memiliki talenta sebagai juru damai, dan lain sebagainya.

    Kalo menurut aku, untuk menangani anak indigo harus di lihat case per case. Meskipun banyak artikel tetang bagaimana menangani anak indigo itu pun sudah banyak benarnya.

    Kembali lagi orang tua dan keluarga lah yang berperan penting dalam menangani anak indigo ini.

    Sampai hari ini hampir tidak ada orang yang bilang aku aneh, aku cukup bisa bersosialisasi dengan baik, dan sampai hari ini aku hidup normal-normal saja, punya banyak teman, punya kerjaan yang ok, sekolah juga ok. Dan teman2 aku baru tau kalo aku punya “gift” setelah aku yang beri tahu mereka. Dan aku yakin karena pola asuh dan pola didik orang tua aku maka aku bisa “normal-normal” saja padahal waktu aku kecil kan belum tren yang namanya anak indigo.

    Hope kalau kalian anak indigo atau kalian orang tua indigo. Bersikap biasa saja, jangan terlalu di besar2 kan, karena “aneh” itu terkadang yang memberi cap adalah lingkungan dan keluarga atau diri kita sendiri.

  85. saya tertarik dengan fenomena anak-anak indigo bagi teman-teman yang berkenan memberikan informasi yang lebih banyak lagi tentang INDIGO tolong kirim ke email saya

  86. malam…
    saya mempunyai anak perempuan yg berumur 4 tahun 4 bulan (juli 2004), yg menurut saya dia mempunyai indra ke enam dengan bisa melihat apa yg tidak bisa kita lihat, selama ini dia tidak pernah ada masalah dengan ‘gift’-nya itu, dia sering cerita kalo melihat anak ato org sedang ini ato sedang itu padahal kita nga melihatnya, sampai pada minggu lalu dia main ke rumah temennya dan crita kalo melihat “muka yg nga ada mukanya yg nga ada badannya” dan dari sana itu dia selalu ketakutan, pulang dr rumah temennya itu juga dia peluk saya erat2 padahal sy nyetir sendiri, malamnya dia ga bs tdr sama sekali sampai jam 2.30 subuh msh blm tdr juga, selalu ketakutan n bangunin saya tiap kali sy ketiduran, badannya gemetar – setelah saya doakan menurut agama kepercayaan saya – jam 3 subuh an br bs tidur, dan semenjak dari sana itu sampai sekarang dia tdk brani berada di ruangan sendirian – mesti ada seseorang yg menemani dia…

    sbg info tambahan, kakek & nenek dr pihak swami ternyata jg pada punya ‘gift’ yg sama dan malah ada silsilah kakek buyut yg jadi dukun segala, apa mungkin ‘gift’ tersebut turunan?

    anak saya ini belom pernah saya foto aura – krn ini br pertama kali sy nyari info ttg indigo – ini pun taunya dr teman..

    apa ada kemungkinan anak sy termasuk anak indigo? krn dr 21 ciri2 anak indigo di artikel d atas – anak sy 13 benernya…

    sbg tambahan, dari kecil dia bs main barbie dengan memainkan 4 sampai 5 boneka sendirian di waktu yg bersamaan – dan semuanya bisa dengan karakter n crita yg berbeda…
    dia juga cepat sekali hapal lagu2 di skolah maupun dr tv, di kelas jg termasuk salah satu anak yg paling pintar, taon lalu aja pas ada pementasan UN Day di skolahnya – dia satu2nya anak playgroup yg apal dialog dia sendiri (cinderella) dan dialog semua temen2nya, jadilah kaya seorang anak yg bacain dongeng di panggung krn temen2nya nga ada yg siap :) padahal itu dia msh umur 3 tahun..

    kalo boleh sy dpt info ttg tempat foto aura dan mungkin juga jika ada info ttg apa yg harus saya perbuat utk memastikan apa anak sy indigo ato hanya mirip aja, karena sy skrg sangat resah dengan tabiat barunya yg jadi penakut itu… dan agar saya dapat mengarahkannya…

    mohon info & masukannya dari temen2 ya…

  87. tolong di check ya? ttg aura dan tatapan mata khususnya.
    trim atas smuanya. btw, saya brusan nulis bnyk bgt tapi kok ga bisa masuk ya?

    ada tempat online buat curaht lain ttg indigo?

    http://profiles.friendster.com/aditrockstarthesecond

  88. hmm, mungkinkah saya seorang indigo?
    a 16 years old boy.
    hmm, let’s see , ,

    1.kalo semasa kecil iya, , tapi seiring kemampuan bersosialisasi saya meningkat dan

    pemahaman akan pemikiran orang lain juga, saya tidak pernah menunjukkan sikap”

    seperti itu lagi pada org lain, dalam hati, saya merasa ada hub. darah dgan napoleon,

    alexander,dll.(mgkn kbnykan bca bigrafi kale ya?^^ato malah terlalu pemimpi?)
    2. memiliki donk, apalagi dengan semua hal yang saya ketahui dan orang lain tidak. sy

    mrsa org” lain dn teman sbaya saya sungguh bodoh,mksudku, tidak pnya informsi yg

    tepat u/diolah otknya. gimana ya? bingung ngejelasinnya.
    3.dapat dimengerti gimna??? orang seumur hidup yang pernah bener” nyambung saya

    ajak omong cma 1 org aja. temen saya kls 3 sd.abis itu dya pindah en sya g pnya lagi tmn

    yg isa ngshare impian” dan pemikiran”sy . . hiks” . .
    4.sangat tidak suka diatur system. Break the sistem! apkh org” yg mbuat sistm itu bgtu

    pnter shg smua hrus nurut?(maap kalo kasar).paling benci dengan MOS dan sodara”nya

    kaya ospek,dll. aplgi org yg mentah” nelen itu smua . .
    5.maksudnya gimana no 5 ? ga ngrti , ,hal” pasti kya kt tau klo push up it cape,tapi kita

    dsruh nglakuin gt?ato hal”rutin kya bersih” rmh gt? 22nya ga suka seh, tapi bsa dlakuin

    klo ada tujuan tertentu.
    6.jarang antri. tapi ada emang yg suka antri?
    7.hampir sama kya no 4. jwbnya tidak.
    8.hmm, cra nyontek mutakhir? cara ngibulin temen, cara ndapetin cwe, cara” kotor kaya

    mafia tau semua, tapi g pnh praktek, pnh & sering bca bku” kaya art of war, ancient

    wisdom, dll. (maniak buku banget sekali tdk karuan. dari kecil buku itu temen

    saya.sekarang internet! wuih, gampang banget cari info ttg apapun.)salah satu hal yg

    paling beda dr sya dan anak lain sebaya adlh info yg masuk & dicerna otk sya jauh lbh

    bnyk dari anak” sebaya. sya sring bpikir, pa aja yg mreka lakuin d rumah, ko g bsa mikir

    kya sya gt.
    9.kalo kecil sih tdak ada kompromi, tapi seiring besar paham juga kalo gitu terus ga bsa

    hidup kta, sama jwbn no1.egois bgt sy waktu kecil.
    10. wktu kecil gw cuek, mkin bsar, seiring pengalaman en logika, ancaman memang ngga

    terlalu mnktukan, tapi mgkn bsa dpertimbangkan.kan kita g tau apa informasi yg sbrnya

    ad di otk org yg ngancam. kalo tau y g takut.
    11.bosan bgt, tapi g pnh ditunjukin, bhkn jadi murid ksyangn guru aj dlm hati pegel. kalo

    dtunjik”in ga pny temen ky dulu lagi , ,
    12.ADD ky hiperaktif gitu? kalo dlm bertanya iya. klo dlm kelakuan cnderung engga.

    mungkin juga ADD kalo cuma kaya yg diatas tapi ngga pake kemapuan spiritual.(tkut jg

    add.)
    13.kreatif ? ga bsa nilai dri sendiri ah, yang jelas, gambaran(nggambar)ku jelek bgt. kalo

    musik bisa ,, kdng” klo musik dirasain gitu kaya ada warna ato apa y? tapi ga jelas jga.
    14.intuisi it gimana to? klo keinginan kuat. kalo mslh” tindakan tanpa pikiran ky gtu, ga

    terlalu mnonjol. didukung dgn ga pnh menang undian ato smacamnya. tapi klo

    beruntung sih iya.
    15.kasian gitu? klo ngliat org” yg g bruntung gt y kasian lah, sma hewan jg. kasian nya

    kasian gimana ya? bingung njelasinnya. tapi gw pnh jg ga mikir prasaan org kalo

    ngmong. coz dlu gw pikir smua org bsa nrima ap yg gw pikir.
    16.abstract itu gimana? ga jelas kah? kalo mengahyal ttg hal” yg ga seharusnya dipikir

    anak” pernah, hmpir tiap hari pas nrima informasi baru slalu gw pikir. kaya ssuatu ttg

    Tuhan, Alam semsta, nasib, hal” yg ga jelas gitu deh.aneh juga dunia ini. masih blm bgtu

    paham aku . .(jd brasa ky filosof aja, , wkkwk)
    17. ga bsa nyimpulin sepihak gt deh, cerdas p ga, kan klo maen catur byasanya yng tau

    klo gerkan it slah kan org lain. . whehe. tapi mnurutku aq cerdas lah(plng gak 2 tahun

    msuk kelas unggulan kn lmayan). yg pling mnonjol pas tes IQ: analisa.
    18. berbakat apa dulu? mengumpulkan informasi? iya. musik? trun temurun. bisnis? blom

    tahu, tapi pgen bgt praktek meski dilarang. spiritual? dari kecil udh bsa nglihat hal”

    gaib(kata papa gw.) kalo pas besar jarang ngalamin hal” gaib. cuma suka aja belajar

    agama en tnga dlm. lmyan paham kundalini sma reiki. bisa juga dikit” praktek reiki. bsa

    ngrasain kbradaan, tapi cuek, ga ada niat pgn liat ato interaksi lbh jauh.(takut soalna

    hehe). balapan? suka ngebut, tp dibatesin. sosial? bru sma ini bisa sosislisasi dgn baek.

    sblumnya kuper dedel. apa lagi ya?
    19. BANYAK orang menilai gitu dan aku paling ngga suka banget dinilai kya gitu! ga

    ada yg ga mungkin kalo kita brusaha. yg namanya nasib, apa kek, dlll itu cma bullshit

    mnurutku. apalgi stlh tau the secret. kita ndiri yang nentuin mo jadi pa. org tuaku jg

    mnilai aku pemimpi. pdhl dgan bku” en didikan yg mreka beri scra tdk lngsung ndidik aku

    u/ bermimpi besr. bingung aku ngomong” ma ortu.
    20. blm pnh tnya pendapat orang lain sih. tapi kalo marah sama ortu yang disinggung

    mesti mataku. ga tau, emeng mataku nyebelin kali? aku emang cita” jd org bijak, tapi aku

    bijak ap ngga y yg tau cma org bijak, yg ga bijak percuma diajak omg bginian. liat fs ku

    aja ya?http://profiles.friendster.com/aditrockstarthesecond
    21. kecerdasan spiritual , , , , , kecerdasan ini yang berat. emang aku suka mikr” jauh ttg

    agaman en ajran” nya. tapi ap yg dmaksud cerdas di sisni ga bgtu paham deh. ko bakat

    liat MH udh tadi di atas.

    mnurutku yg plng mnonjol dri aku en ank” lain ya cuma aku suka banget baca buku itu.

    (kalo sekarang suka bgt koleksi buku.(secara fullday school ga kuat lgi buat bca”)).dari

    tk aja aku udh mulai bca komik. lucu bgt klo dinget”. kemampuan bahasa ku jg di atas

    rata” mnurutku, pdhl ga pernah dilatih ato ikitan les” bhsa igris ght, tpi mnurutku bgs aja

    bhs igrisku.

    aku plng risish dianggap aneh. tapi mnurutku aku emang unik. pernah debat juga dgn

    ortuku ttg msa dpnku. aku bilang sekolah itu ga da gunanya, pelajaran yg kita terima itu

    ga penting bwt hidup. aku benci bgt dgn sistem pendidikan yg ndidik kita bwt jadi para

    pekerja(kuli di negri sendiri) en aku salut bgt buat org” yg udah bisa lepas dari itu

    semua. merka smua org” hebat yang lepas dari belenggu pikiran org” dan nyiptain pnya

    mrka sndiri. ga dipengaruhi org lain, ttpi mmpengaruhi. itu mntrku perbedaan bsear bgt.

    tpi ortu mlh usul aku ke psikiater aja. mikir aku, wah ortu yg slama ini mstinya jadi tmpt

    curhat malah udah ga kuat ngadepin aku, ,(aku jd mikir aku bner” aneh en salah

    jalur.emang gitu kali yah?)ga mau aku, nyeritain smua uneg”ku sm org yg g knal, en aplgi

    berhdpan scra fisik(gini kan ndak, hehe)mnrt pglamn smua org yg kuceritain bkal

    ngangep ak terlalu segala”nya. aneh kek, pemimpi kek,gitu”. nnti klo aku ada apa” en

    mrka crta lngsung ke ortu gmana? wah , , , (tapi ga paham juga sih psikiater itu gmana

    kerjanya.)

    satu lagi, dulu, aku susah bgt disuruh sosialisasi sma org. suruh ngomong sama penjual apa gitu mislnya, ga mau bgt, suruh interaksi sma org pkonya, susah…

    jadi gimana bu/pak/temen??? apa aku anak indigo??

    coz pnting bgt buat yakinin ortuku en buat nentuin masa dpanku. aku pengen jadi org

    yg berguna buat semua dan dikenang selama”nya. but ortu just won’t understand . .
    (maaf klo bnyk slh ketik, mklum bru kali ini curhat bnyk bgt, mohon tanggapannya)

  89. hi…bu..

    katanya temen saya, saya termasuk indigo, padahal saya sudah berusia 29 tahun, saya sudah tahu pertanyaan seseorang walaupun orang itu belum bertanya ke saya (SMP kls 1), kadang2 saya di sebut “so tahu” tetapi saya tetap ditanya juga, bingung….

  90. saya sangat tertarik dengan fenomena indigo ini, akan tetapi saya ingin bertanya, apakah memungkinkan bagi seorang anak yang merupakan anak indigo kehilangan “keindigoannya” kelak?

    saya juga mencari tahu artikel seputar anak-anak indigo seperti Natasya Demkina (X-ray vision), Marc Yu (Piano Prodigy) dan Abby Julo (Political expert), mereka adalah pribadi yang pada masa kanak-kanaknya memiliki keahlian yang unik dan menjadi kebanggaan di negaranya, namun yang terjadi pada Natasya malahan sangat aneh karena menginjak usia 17 tahun, pusat medical di Moskow secara terang-terangan mengatakan bahwa ia sama sekali tidak memiliki kekuatan itu, ini dilihat dari serangkaian tes yang ia lalui. padahal ketika ia berusia 10 tahun, pusat medical tersebut juga telah menguji Natasya dan diketahui bahwa gadis itu memiliki penglihatan X-ray.
    mungkinkah kekuatan itu hilang?

    mohon jawabannya ya bu.
    trims.

  91. 1) Ya itu benar sekali, karena aku suka ingin segala sesuatu terpenuhi :).
    3) Ya karena setiap apa yang kukatakan semua orang mengerti :).
    4) bukan hanya susah, tapi lebih keterlaluan untuk bersikap disiplin :).
    5) sering kayak begitu karena memikirkan apa nanti untung dan ruginya :).
    6) bukan hanya tidak suka, tapi sangat lah membosankan dan tidak koefisien!
    7) benar, karena itu suka sekali dengan bahasa pemograman sejak umur 10 :) masih muda banget ya :).
    8) ya benar sekali, setiap aku menemukan soal2 sulit disekolah dengan mudahnya memecahkannya. padahal anak2 yg lain belum bisa memecahkannya.
    10) TIDAK, karena ancaman itu adalah suatu tantangan yang harus dihadapi :). karena sesungguhnya ada makna tertentu dibalik ancaman tersebut.
    11) benar, apalagi kalau ketemu dengan pelajaran yang bukan kegemaran. inginnya keluar dari kelas. tapi kalau kegemaran inginnya seharian belajar pelajaran itu :).
    13) ya aku juga terkenal kreatif disekolah mapun diinternet maupun dikalangan teman rumah.
    14) ya, karena sering terjadi kenyataan seperti intuisi yang kupikirkan. :)
    15) ya karena mudah memahami perasaan orang sih, jadi suka empati :). terutama tuh kala udah ketemu sama orang yang tua banget….
    16) ya, apalagi kalau sebelum tidur atau mau menggambar biasanya suka berfikir fikir abstrak dan dituangkan dalam bentuk pemikiran dan gambar biasanya :)
    17) selalu masuk 10 besar, walau jarang dapat 3 besar.
    18) ya dibidang komputer dan kesenian.
    19) ya baget tuh :) sudah jelas kalau lagi berkhayal tuh suka sambil berfikir abstrak pula trus dikaitkan dengan yang nyata :).
    21) ya sejak umur 10 tahun :). sampai sekarang…

    jadi kesimpulannya bearti indigo, tapi kuserahkan itu semua pada yang maha kuasa.

  92. Yth Ibu Endratna,
    Sy sdh dewasa, setelah tahu foto aura dominan warna biru-ungu-nila, katanya warna indigo. Setelah dicocokin dengan pointers di atas banyak cocoknya. Masalahanya skrg bukan anak2 lagi, apakah ada bahasan tentang ordesa indigo? Tks sebelumnya, salam damai

  93. Hy

    peMbaHasAn InI sANGAt menArik

    SaYa sangat tertarik mengenai informasi anak-anak indigo ini

    katanya mereka pada hebat2 dan bisa menerawang ke masa lalu, masa depan, dan bahkan menyembuhkan seseorang

    klo reza sich cuma bisa baca pikiran seseorang itu pun kadang2 meleset tapi terkadang omongan saya bisa jadi kenyataan bahkan terkadang merasa dejavu, dan selalu ingin jadi nomer satu

    ga tahu juga apakah reza termasuk indigo ataw bukan

    pokoknya saya sangat menyukai pembahasan ini

    terima kasih BU

  94. IBU…anak Katari umur 3 th, dia punya teman khayalan, namanya Asium katanya..
    Karena disekolahnya tidak ada yang punya nama itu saya jadi heran..karena dia bisa cerita apa aja tentang teman khayalannya itu.
    Anak saya bisa nyebutin ciri2 Asium itu cewek, masih TK rambutnya panjang, bajunya merah..rumahnya di jogya. Asium punya keluarga, bapak, ibu dan adiknya masih bayi.malah pernah A ini kecelakaan anak saya nengok di rimah sakit..ha..ha saya hanya ketawa, Umur 2 tahun (pada waktu itu”) anak saya kok suka mengkhayal ya bu…

    Kadang dia ngobrol atau malah kalu anak saya maen sepeda Asium ini suka membonceng, kadang kalau anak saya suapin Asium ini juga ikut makan didekat anak saya..pahadal saya tidak melihat apa-apa. Kadang Asium bawa teman kerumah cowok kata anak saya bu..saya hanya ketawa aja bu,,ga percaya.

    Apa anak saya ini becanda atau memang suka mengkhayal ya BU…terima kasih tanggapannya

  95. hm.. sulit..
    terlalu banyak dijelaskan dengan kata2
    tapi tidak disebutkan bahwa kami bisa bersentuhan dengan dunia roh..
    bahkan bisa membuat electrical problem or membuat benda bergerak tanpa menyentuhnya..
    its a gift..
    just want to say it..

  96. bersentuhan dengan dunia lain bukan hayalan
    kami hanya lebih peka..
    kalian melihat tapi tidak sungguh2 melihat..
    membuat asumsi sebagai dasar untuk memahami tidak ada salahnya..
    tp mempercayai kami itu sulit kan?
    seperti yang kukataan sebelumnya..
    kalian melihat, tapi tidak sungguh2 melihat..
    dan apa yg kalian sebut khayalan..
    adalah 100% kenyataan..

    believe it or not..
    its up to u..

  97. @Misa

    Sebenarnya saya setuju dgn km, krn saya sendiri sedang berhadapan dgn ank yg status dirinya sebagai “indigo”. Selalu berkomunikasi walau tak secara langsung, tapi saya bisa dekat dgn nya krn saya berpegang teguh dgn keyakinan yg ada dlm diri atas nama yg maha kuasa.
    dan sisanya yah…kebanyakan org bertanya-tanya, apakah yang dilakukan kami berdua bisa dipercaya ?

  98. Mmmmm….
    Bu,,dari 21 pertanyaan test indigo itu,,,15an diantaranya adalah “ya”, dan klo itu test itu benar membuktikan seorang itu indigo atau bukan,,,maka dari hasil analisi saya tentang mahasiswa ipb,, keliatannya kebanyakan dari mashasiwa2 itu adalah anak indigo (pada masa kecilnya)…
    Bukannya tidak mungkin kelak kami akan menjadi pemimpin2 bangsa ini dan ahli dalam setiap bidang2 yang kami geluti…Amin…

    Saya sangat tertarik dengan pembahasan Ibu,,

    namun menurut saya seseorang yang dulunya indigo bisa saja saat ini kemampuannya itu bisa hilang atau masih ada namun hanya sedikit saja,,diakibatkan karena kurangnya pengasahan kemampuan..
    Ibarat pisau kalau ga di pakai maka disimpen aja,,ga pernah diasah,,
    Namun klo sering dipakai maka semakin tajam dikarenakan sering diasah pisau itu…

    Bagaimana menurut temen2 yang lain…
    Setuju kah? atau tidak setujukah?

    Sukses buat qta semua..
    Salam Generasi Muda Mandiri….

  99. makasih atas info tentang anak indigo nya.sangat membantu

  100. mo nanya, kalo konseling anak indigo di surabaya ada nggak ya?

  101. Yth Ibu Endratna, Saya Rini 30 th. Setelah saya menilai, nilai saya diatas 15. Saya tahu apa yang akan terjadi kemudian (spt bencana aceh, merapi, bom aussie,…) saya sering melihat ‘penghuni’ dimana saya berada. kata teman saya saya terlalu sayang pada orang lain sehingga saya tidak perduli pada diri sendiri. saya paling tidak suka dibantah. Apa saya termasuk dlm golongan indigo? karena banyak teman yg selalu minta tolong jika barang hilang :(
    Begitu juga dengan anak saya, Bintang 3 th laki2. Nilainya 16. Oma dan Opanya kewalahan dengan tindak tanduknya. Saat masuk sekolah (playgroup) dia tidak bisa duduk tenang seperti teman2nya. Malah senang mengeksplor seluruh ruang sekolah. Saya berikan pengertian pada suami untuk selalu menganggapnya bukan anak-anak tetapi jadikan dia teman atau orang dewasa. Dan itu lebih mudah untuk menanganinya. Kadang Bintang mengucapkan kalimat yang belum pernah kami ucapkan. Dan sepertinya kalimat2 itu belum pantas utk anak seusianya.
    Sekarang Bintang sdh tdk sekolah. Dia menolak sekolah. Bu, Untuk anak dengan ciri2 diatas baiknya dengan sistem pendidikan seperti apa?
    Terima kasih.

  102. banyak banget tanda tanda anak indigo itu ya ! Saya mau tanya, anak indigo itu arahnya negatif atau positif ? atau baek / buruk ? tolong di jawab, siapapun, ke alamat gmail saya, thanks before !

  103. Kira2 anak indigo berjumlah berapa orang ya di dunia?

  104. Kenapa di dunia ini orang tua tak bisa mengenal psikis anaknya sendiri, saya baru sadar bahwa saya ini indigo setelah saya membaca artikel diatas.

    Orang tua saya kolot, ingin membentuk saya seperti yg mereka inginkan, saya dibilang pemberontak, suka buat onar & banyak maunya! untuk pengalaman supranatural, hanya bisa merasakan kehadiran & getarannya saja, dan mempunyai pengalaman dengan metafisika atau disebut kinesis ability

    Kalau ada komunitas remaja u/ para indigo, saya mau join! lumayanlah buat sharing

  105. kok kayaknya banyak ya yang merasa dirinya indigo?

    apa benar tuh perasaan para perespon yang budiman?

    kalo ada hal2 yang istimewa aja semua jadi pengen,

    maaf kalo menyinggung perasaan, tapi bukankah presentase indigo sangat sedikit. CMIIW.

    Btw, artikel Ibu sangat bagus, memperluas wawasan kami mengenai anak indigo, paling tidak untuk informasinya di Indonesia.

  106. berarti kita harus bersyukur atas adanya anak indigo ini…
    karena memiliki kemampuan yang luar biasa..
    key…
    hidup protap…!!!!!!!

  107. indigo itu menurun dr ortu ke anak gk?

  108. waah.. sy takut kl sy termasuk anak indigo, soalnya dari pertanyaan anda, jawaban “ya” sudah lebih dari 15.. gimana dong cara memastikannya lagi??

  109. ibu, apakah periode kelahiran thn 1975 keatas ada kemungkinan indigo.dari semua ciri tersebut saya pernah mengalami waktu kecil…hingga, gelombang theta saya tidak berjalan baik. pada saat sekolah yang ngejar2 bikin PR, pokoknya bosen. cuma kalo ulangan sya bisa memprediksi mana aja yang bakal keluar dan bener….serem juga kalo dibilang peramal. saya gak mau banyak teman. karena sering bikin saya sakit kalo deket2. cuma orang2 tertentu yang memang bisa dekat dengan saya. saya sendiri gak kuat dengan cahaya…jadi harus redup. saya sering ketemu makhluk2 yang ajaib…..cuma semua itu berkurang-rang ya sejak, saya jadi orang yang fully educated minded…karena pengaruh keluarga…lagipula mana ada sih jaman itu istilah indigo. yang ada saya ntar dibilang orgil…..

  110. buu,, jika bgm mengolah i2 smuaa???
    kalau dipendam sampee kul gmnnn???
    gmn cara penanganannya kalau baru tau dan sadar pas kul……
    truzzz kenapa pas tau kokk ada kemarahan dan kekecewaaannn???
    cara mengatasix gmnnn???

  111. Tapi susah juga jadi anak indigo
    karena tidak semua orang bisa menerima kita apa adanya

  112. Dari pertanyaan2 d atas cowokku bs d bilang indigo, dan selama 5 bulan kita pacaran ada 1 poin penting untuk menhadapi orang yg indigo. Jgn pernah tinggalkan dia atau buat dia merasa kesepian.. Krn d posisi itu dia akan sangat rentan & bisa berbuat yg di luar akal sehat.

    Jd utk Alex, coba cr org yg bs d ajak utk bicarakan masalah mu, bs ortu, sahabat, sodara, pacar, atau bahkan org yg ga Qta kenal :)

    Duhh..ko jd curhat colongan gni ya.. :p

  113. dua orang yang terkait, dpat melakukan sesatu yang mungkin mendekati indigo,,
    tapi hal itu sangat mudah dilakukan jika orang itu bersaama, dan menjadi lebih sulit ketika mereka berpisah.
    kata lainnya mereka berkaitan satu sama lain.
    apa mereka indigo???
    jenis apa???
    ada yang seperti itu dalam ilmu indigo

  114. Saya 2 kali foto aura di tempat yang beda (salah satunya di Provita), ternyata oleh komputer dinyatakan indigo dan ada aura ungunya juga.
    Dan dari kecil saya memang merasa ada yang “aneh” karena ga bisa mengikuti arus “normal” di masyarakat.

  115. orang lain selalu menganggap saya sebagai indigo, orangtua saya pun bilang saya indigo.. setelah saya baca tulisan ini, saya ragu “apakah saya benar2 indigo?”

  116. [...] 1: Here Sumber 2: ADHD / ADD Posted by Momo   @   13 September 2009 0 comments [...]

  117. […] Apakah anak anda termasuk “anak indigo?” | […]

  118. […] http://edratna.wordpress.com/2008/01/15/apakah-anak-anda-termasuk-anak-indigo/ […]


Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 216 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: