Oleh: edratna | Agustus 13, 2008

Sarasehan dan syukuran Komunitas & Pusat Studi Indigo Indonesia

Tulisan saya tentang “anak indigo” masih tetap menduduki ranking atas untuk pembaca blog ini. Dan walaupun telah beberapa kali saya berusaha mencoba menjelaskan bahwa saat ini telah ada website dan komunitas indigo yang mudah di akses melalui internet, ternyata masih banyak yang nyasar ke blog ini, dan sayangnya saya tak bisa memberikan jawaban karena kebetulan saya bukan dalam kapasitas yang dapat menjawab.

Oleh karena itu, kebetulan dua minggu mendatang ada acara sarasehan dan syukuran Komunitas dan Pusat Studi Indigo Indonesia, yang akan diadakan pada tanggal 23 Agustus 2008 jam 9.00 s/d 15.00 di Gedung Rimbawan I, Manggala Wanabakti. Bagi bapak ibu, para akademisi, yang ingin tahu lebih banyak tentang anak indigo ini, dapat melihat pengumumannya di web site nya. Insya Allah saya juga akan hadir, dan bagi yang hadir semoga segala pertanyaan yang masih ingin disampaikan, akan mendapat jawaban yang memuaskan dari para ahlinya. Pada acara ini, juga akan ada semacam talk show yang merupakan pengalaman orangtua bagaimana cara memahami dan mendidik anak indigo.

Mudah2an yang masih belum jelas tentang anak “indigo” dapat mengunjungi web site nya, dan mohon maaf jika pertanyaan tentang anak indigo, saya tak bisa menjawabnya.

Responses

  1. wah jadi ajang kopi darat juga nich… sedih juga yach gak bisa kopi darat dengan para blogger waktu berkunjung ke jakarta bulan lalu… nanti deh mungkin suatu saat bisa bertemu pas pesta blogger.

    Resi Bismo,
    Ini bukan kopdar…malah kemungkinan bloggernya sedikit. Saya posting disini, karena saya masih banyak mendapat pertanyaan tentang indigo…padahal saya tak kompeten untuk menjawab, dan sudah ada web sitenya.

  2. Saya juga mau dong, kapan2 bertemu dengan Ibu Enny :)

    Iko,
    Tentu saja boleh…kapan? Japri dulu ya, kasih tahu saya no hp nya Iko biar mudah dihubungi (via email)

  3. wah…si om kerja di indigo gak? btw Link dah gw add di http://masenchipz.com/?page_id=47 dgn nama Edratna..

    Masenchipz
    ,
    Maksudnya apa?

  4. Sukses untuk acaranya, Bu…
    Segera meluncur ke lokasi, untuk mencari tahu indigo itu apaan…

    Sapimoto
    ,
    Jangan keliru, saya juga cuma salah satu pengunjung, mudah2an tak ada halangan untuk hadir….

  5. mudah-mudahan acara tersebut bisa mengobati penasaran tentang indigo salam

    Achmad Sholeh,
    Terutama buat teman-teman yang bertanya melalui blog ini…dan saya tak bisa menjawabnya….

  6. Meskipun saya agak ragu dengan konsep “indigo” tapi saya ucapkan dan doakan saja semoga pusat dan komunitas indigo ini dapat berguna bagi rakyat Indonesia. Amin. :)

    Yari NK,
    Saya kira bukan konsep…..dapat baca komentarnya Fertob pada postingan saya di http://edratna.wordpress.com/2008/01/15/apakah-anak-anda-termasuk-anak-indigo/
    sebagai berikut:

    Sebenarnya saya pengen nulis juga ttg anak indigo, tapi sepertinya sudah banyak yg menuliskan dan banyak juga informasi di internet, makanya saya urungkan… :)

    definisi dari Ustad Abid Marzuki itu sebenarnya sudah bisa menjelaskan ttg seperti apa anak indigo itu. Tapi sepertinya ada kata yang kurang…

    anak-anak indigo memiliki kesadaran lebih tinggi daripada kebanyakan orang mengenai siapa diri mereka dan tujuan hidup mereka

    kesadaran yang dimaksud bisa berarti kesadaran spiritual, kemampuan memahami dan mengenal diri sendiri (meta-cognition & meta-knowledge), serta juga kemampuan indra ke-6 [esp]

    dulu penelitian saya ttg fenomena paranormal/supranatural. dan ternyata fenomena ini paling banyak ditemukan pada orang-orang yang mempunyai foto aura berwarna indigo (anak indigo). sehingga dulu definisi anak indigo hanya berhubungan dengan kemampuan transpersonal ini saja. tp kemudian definisnya berkembang dan bukan sekedar kemampuan esp saja, tp juga bentuk-bentuk yang lain.

    10, Kurangi obat-obatan untuk ADD

    aha, ini dia yang sering terjadi pada diagnosis psikologis pada anak-anak indigo itu. kebanyakan langsung didiagnosis ADHD. padahal kedua hal itu sangat berbeda.

    By: Pyrrho on Januari 16, 2008
    at 2:09 am

  7. wah menarik, bu. sayangnya, menurut saya, definisi tentang anak indigo di beberapa situs yg saya kunjungi ‘gitu-gitu aja’. kalo gak masalah aura, kesadaran transenden, dll. malah tambah gak cetha. asal katanya juga gak jelas dari mana. barangkali mesti mengundang pakar ilmu jiwa Jawa juga biar ada sisi pandang lokal :mrgreen:

    Sitijenang,
    Sayangnya jika di media, lebih banyak ditekankan pada sense keenam, yang dikaitkan seperti halnya paranormal. Padahal tak seperti itu…memang yang lebih memahami adalah psychiater (ada psychiater yang mendalami masalah ini). Seringkali mereka disangka anak hiperaktive, dan diberi obat-obatan.

  8. bicara soal indigo, dari pertama kenal istilah ini pas kuliah semester awal dulu jadi kebayang gimana rasanya kalau jadi ibu dari anak indigo

    it must be hard… tapi kayanya seru!! hmmm… menarik bu!!! tapi rasanya ga akan ikut juga sarasehan beginian hehehe tidak pada kapasitasnya buat ikutan :D

    Natazya
    ,
    Sama seperti ibu-ibu lainnya…bukankah setiap anak mempunyai sifat dan karakter masing-masing? Anak saya hanya dua, tapi sifatnya sangat jauh berbeda, justru ini yang menarik. Kadang orang tua, atau ibu membuat kesalahan, tapi bila ada niat baik, maka hubungan ibu dan anak akan akrab seperti sahabat. Pasti saya akan kehilangan si sulung, …ya, si sulung yang bandel, kolokan, lucu…dan membikin pusing…tapi juga anak yang baik sekali. Jadi, kemungkinan saya akan sering ke Bandung nengoki si bungsu, setelah si sulung berangkat ke Amrik tg.27 Agustus ini….siapa tahu kapan-kapan kita bisa ketemu dan mengobrol.

  9. indigo tuh apa sich benere apakah bisa melihat kejadian yang akan datang bisa dikatakan indigo? bukankah hal itu bisa dipelajari, setahu saya indigo bawaan sejak lahir dan hal itu adalah bawaan alam mohon petunjuk dari resi bismo

  10. apakah kemampuan indigo bisa juga untuk melacak keberadaan leluhur yang sekarang sudah berada di alam langgeng? kalaupun bisa harus berjalan kearah mana sedangkan banyak jurang dan gunung berkeliling bahkan lautan yang maha luas terhampar, apakah mungkin saya harus menembus padang pasir yang gersang?

  11. eyang resi balas via e-mail saya dewa_sigmafm@yahoo.com

  12. apakah mungkin anak indigo tuh cenderung untuk selalu sendiri.tanpa bsa bergaul dengan kehidupan dan lingkungannya.yang sy rasakn seperti itu

  13. selamat siang,

    saya mau menanyakan apakah di Surabaya ada tempat bwt komunitas orang tua yg mempunyai anak indigo?
    kl ada dmn ya alamatx?

    mohon tanggapannya

    Terima kasih

  14. Kami punya 2 anak perempuan (4 th dan 1 th) yang telah dideteksi oleh psikolog sebagai anak indigo. Di mana kami bisa sharing dan menemukan komunitas anak indigo?

  15. mlm,
    beberapa teman saya sering membicarakan tentang saya. katanya saya ini sering bicara sendiri.. padahal setahu saya saya juga berbicara dengan teman sya..tapi trnyata teman sya itu justru tidak ada di tempat..
    dan lebih anehnya saya ini terkadang dengan tidak sengaja pasti terbayang ( seperti kalo kita melihat televisi ) kejadian terburuk ataupun baik entah besok, lusa ataupun 1 tahun kedepan..
    dan saya terkadang secara tidak langsung bisa mengerti isi pikiran teman saya..
    terkadang mereka menjauhi saya, namun ini tidak menjadikan gendala untuk kami berteman..
    apakah saya ini dikatakan indigo?? kenapa bisa?? mohon jawabnnya krn pada dasarnya saya ini sgt penakut.
    trimakasih

  16. Hi semua… sebenarnya saya kurang setuju bahwa indigo adalah sebutan untuk seseorang yg memiliki kemampuan supranatural :) we are not supranatural we are natural!indigo itu warna aura yg terpancar dari tubuh kita,jadi warna aura bisa berubah-ubah sesuai dengan mood kita. Kemampuan seperti telekinesis ( menggerakkan benda menggunakan pikiran,dll ) itu hanyalah kekuatan pikiran,itu bisa dilatih. Dan masih byk lagi…Kata teman saya yg bisa melihat aura,saya termasuk indigo. Saya mulai meneliti apa itu indigo melalui beberapa komunitas indigo baik di dalam negri maupun luar negri. Dan mereka yg bergabung di dalam grup sama seperti saya(mencari jati diri siapakah saya sebenarnya dan apa yang terjadi dengan saya?).Kami merasa seperti tidak sendiri,jujur kami seperti menemukan keluarga baru. Untuk para orang tua yang memiliki anak seperti ini,jangan otoriter di dalam kehidupan mereka. Biarkan mereka bebas berekspresi tapi dalam tahapan yg wajar. Salurkan kreatifitas mereka. Orang tua saya sangat otoriter,saya sangat frustasi dan melalui masa remaja saya cukup sulit. Cara pendidikan dengan metode yg lama sudah tidak cocok,jaman sudah berubah,usahakan orangtua mengikuti perubahan pola pengajaran yg dinamis itu. Kebiasaan buruk orangtua adalah mereka cenderung malas menjelaskan ketika anak bertanya dengan segudang pertanyaan spt mengapa,kenapa,dll. Kalau memang tidak tahu ya bilang tidak tahu,jangan sok tahu atau memarahi anak dengan alasan anaknya cerewet,mereka tidak cerewet tapi sedang menganalisa dari jawaban2 yang anda berikan. Rasa ingin tahu nya sangat besar. Saya secara pribadi tidak suka dengan system pendidikan yg ada sekarang,tidak ada suatu hal yg membuat saya tertarik. Kalo bisa mengajar anak itu dgn mengadakan suatu kegiatan yg menarik. Dan yg terakhir,anak seperti itu ingin didengar,jadi jangan menganggap mereka hanyalah seorang anak kecil,tapi ajaklah mereka berdiskusi seperti orang dewasa, berikan kebebasan berpendapat.
    Untuk kalian yg merasa kalau kalian adalah Indigo,kalian pasti akan bertanya,”kalau memang aku itu Indigo lalu kenapa?harus ngapain?”
    Yg pertama jangan sombong,karena semua yg kita miliki adalah pemberian Tuhan,semua bisa diambil kembali oleh Tuhan kapan saja. Banyak anak2 indigo yg menjadi arogan karena merasa diri mereka special,pamer kemampuan,saling serang,Berbuatlah sesuatu untuk lingkungan sekitar kita,misalnya kalau kita pintar bantulah teman,jadi kakak asuh,dan kegiatan2 positif lainnya.
    Berdoa kepada Tuhan merupakan bagian dari meditasi,lakukan secara rutin. Ini saja sharing dr saya :p

  17. Tuhan punya rencana besar untukmu yang didalamnya tersembunyi tanggung jawab yang besar.

  18. dulu ada forum utk ank2 indigo…namanya indigoindonesia tapi itu ilang di tengah jalan di krn kan ada masalah dari ank2 yg mengikuti forum itu ^____^
    kebetulan saya indigo n ank forum juga…
    kalo menurut saya orang tua yg memiliki ank indigo pasti kurang mau terima krn saya sampai berobat k psikologi di luar negri…biasanya orang tua yg sadar ato menerima ank nya indigo…pasti ortu tsb akan byk mendidik ank nya dlm bidang agama n ortu itu juga mst byk sabar krn 99% ank indigo itu pny pikiran sdiri dan mau nya menang sdiri krn mrk mrasa kalo mrk lbh tau…

    nb : mohon maaf kalo ada kata2 ada yg tak sopan….

  19. Saya tertarik dengan dunia indigo mungkin kalo ada jumpa darat saya ingin ikutan nimbrung….. trima kasih sebelumnya

  20. mohon bantuan jika ada yang tau tempat foto anak indigo di bandung sehingga auranya bisa keliatan, untuk lebih memastikan…

    Saya hanya diundang, anda bisa baca di artikel dan dapat menghubungi pusat studi indigo langsung


Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 223 pengikut lainnya.

