Oleh: edratna | Desember 22, 2008

Doa dan kasih sayang seorang ibu penting dalam mengantar kedewasaan anak-anaknya

Apa yang kita bayangkan pada saat akan menjadi seorang ibu? Mempunyai anak yang baik, yang pinter dan segala macam hal baik lainnya. Tapi, apa persiapan kita untuk menjadi seorang ibu yang baik? Menjadi seorang ibu, bukan sekedar kita menikah dan mempunyai anak, namun diperlukan kesiapan mental, juga fisik. Karena sekali menjadi seorang ibu, maka seorang ibu akan selamanya menjadi seorang ibu.

Seperti yang disampaikan Mario Teguh dalam acara, dengan judul “A mother’s prayer” di Metro TV tanggal 21 Desember 2008, Mario Teguh menyatakan “Ibu tak pernah cuti, tak ada lembur. Keberhasilan ibu adalah keberhasilan anak-anaknya, serta kesedihan anak-anaknya adalah kesedihan ibunya.” Selanjutnya Mario Teguh juga mengatakan, bahwa “ibu menjadi tempat bersandar banyak orang. Ibu menginginkan anaknya berdiri tegak, berjalan dan mempunyai kehidupan yang lebih baik. Oleh karena itu, sebaiknya kita sesedikit mungkin bercerita pada beliau, karena begitu masalah yang kita hadapi telah selesai, ibu masih kepikiran”.

Apa yang dikatakan Mario Teguh tadi benar adanya, apalagi setelah saya merasakan sendiri bagaimana rasanya menjadi seorang ibu sejak 26 tahun yang lalu. Peran seorang ibu sangat penting dalam meletakkan dasar-dasar pondasi pendidikan anak-anaknya, pada sikap dan perilaku, serta menjaga agar rumah tangga aman tenteram sedahsyat apapun badai cobaan menggulungnya. Ada pancaran kasih, doa serta pengorbanan seorang ibu, apapun yang menjadi profesi ibu tadi. Kondisi yang semakin berubah, semakin banyaknya wanita karir, diikuti semakin dahsyatnya pengaruh globalisasi yang juga sangat berpengaruh pada perilaku anak-anak kita, semakin menunjukkan betapa peran ibu harus semakin kuat. Sebagaimana sms yang saya terima pagi ini, dari sahabat saya, yang juga seorang ibu, agar kita dapat menjadi ibu yang mampu menciptakan suasana kesejukan, sehingga ada surga di bawah telapak kaki ibu.

Pada saat si anak masih dalam kandungan, ibu harus telah mempersiapkan diri, mendisiplinkan diri, agar anak telah menjadi disiplin sejak masih di dalam kandungan. Seorang anak tidak ingin dilahirkan, namun orangtua lah yang menginginkan kelahiran anak-anaknya, sebagai penyambung keturunan nya. Ibu yang telah mempersiapkan diri, akan lebih tenang dalam menghadapi kesulitan, baik dalam masa kehamilan, proses kelahiran, maupun merawat bayinya dengan penuh kasih sayang setelah anak lahir dengan selamat.

Perkembangan kepribadian dan perilaku anak, sangat ditentukan oleh bagaimana orangtua mendidiknya, disini peran ibu sangat penting. Ibu lah yang mengandung selama 9 bulan, kemudian menyusui, serta menimang anaknya….. selain itu juga mengajarkan anak-anaknya sejak anak bisa mengerti. Mengajarkan etika, agama, dan pelajaran lain yang akan mengembangkan pola pikir dan perilaku anak ke arah yang baik.

Semakin anak besar, tentu saja ibu tak selalu bisa mendampingi anak-anaknya, tapi ibu yakin jalinan yang ada antara ibu dan anaknya. Ibu akan terus berdoa, dan menyerahkan anak pada Allah swt, dan semoga dijauhkan dari segala marabahaya. Dan ibu percaya, doa-doa ibu yang dipanjatkan akan menyertai perjalanan anaknya kemanapun dia berada, dan selalu menjadi penerang atas kehidupannya.

Ibu akan tahu dan merasa, apakah anaknya sedang resah, dan sedang mempunyai masalah yang belum dapat diselesaikan. Ibu akan menunggu, apakah anak akan datang untuk memohon doa ibu, atau anak akan berusaha menyelesaikan sendiri. Ibu tetap akan mendoakannya.

“Ibu, tolong doakan, aku mau test,” sms si bungsu.

“Ibu, makasih doanya, tadi semua berjalan lancar,” kembali sms si bungsu. Ibu tersenyum, dan sangat senang anaknya bisa menyelesaikan pekerjaan dan tugasnya dengan baik.

Semakin anak menjadi dewasa, ibu juga akan mendudukkan dirinya, untuk membuat anak mandiri, dan tidak mencampuri persoalannya tanpa diminta. Kadang anak bisa berbuat salah, tapi seorang ibu, harus bisa mengarahkan anaknya, untuk menerima akibat atas segala kesalahan yang dilakukan, dan berusaha untuk tidak mengulangi lagi kesalahan yang sama.

Betapa beratnya peran ibu, oleh karena itu menjadi seorang ibu bukanlah hal yang mudah. Diperlukan kedewasaan, kematangan, agar ibu dapat menjalankan perannya, dan membuat keluarga bahagia atas peran ibu yang bisa menaungi seluruh anggota keluarga, dengan kelembutan, ketegasan dan kebijaksanaan nya.

Selamat Hari Ibu

Semoga kita semua menjadi ibu yang baik, bijaksana, dan membuat keluarga bahagia.

About these ads

Responses

  1. Bu Enny,
    selamat hari ibu.. :)

    Trian,
    Makasih banyak Trian…sibuk keliling terus ya…kapan ngundang ke rumahmu di Depok?

  2. Sewaktu melahirkan anak pertama, saya jadi melihat dunia dengan cara yang berbeda. Ada rasa yang berbeda.

    Ketika melihat manusia lalu lalang di sekitar, betapa takjub saya bahwa mereka semua lahir dari rahim seorang ibu!

    Seolah belum cukup tergantung pada ibunya selama 9 bulan, anak manusia membutuhkan makanan yang hanya keluar dari dada sang ibu.

    Dunia pun tidak lagi sama.

    Sembah sungkem untuk para ibu yang berjuang “tohpati” untuk mengandung, melahirkan, membesarkan, mengasuh, dan mendidik anak-anaknya.

    Sanggita,
    Dan bagi kita, yang masih punya kewajiban membimbing anak, punya tanggungan moral yang berat, bagaimana agar bisa mendidik menjadi anak baik, santun dan berguna bagi masyarakat disekitarnya.

  3. Selamat hari ibu buat semua. Buat diri sdr jg. Smg bs mjd ibu yg baik buat anakku. I hope… Spt ibu Enny.

    Nika,
    Saya percaya Nika akan menjadi ibu yang baik, dan teladan bagi anak-anaknya.

  4. selamat harinya bu endratna … semoga tetap menjadi ibu yang luwar biyasa bagi putra putrinya. :D

    Mantan Kyai,
    Makasih doanya, semoga saya merupakan ibu yang membuat anak-anakku tak menyesal punya ibu seperti saya.

  5. Selamat hari Ibu, Bu Enny!

    Quote:- Oleh karena itu, sebaiknya kita sesedikit mungkin bercerita pada beliau, karena begitu masalah yang kita hadapi telah selesai, ibu masih kepikiran.

    Saya berpikiran seperti itu Bu, tapi sebetulnya seorang Ibu akan lebih mengharap putranya lebih banyak berkomunikasi dengan beliau, bahkan jika perlu menceritakan tiap masalahnya, meski harapan ini tak sampai terucap.

    Yoga,
    Itu qoute, saya kutip dari Mario Teguh lho.
    Saya sendiri lebih suka anak-anak tetap berkomunikasi pada ibu, karena ibu bisa mendoakan, puasa untuk membantu mereka menyelesaikan masalah dengan doa.

    Saya percaya Allah swt mendengarkan doa ibu…..karena bagi Nya tak ada hal yang sulit…

  6. selamat hari ibu buat bu Enny :D

    Itik kecil,
    Makasih banyak….

  7. Selamat hari ibu bu enny…
    kalo Bu Enny mah, cintanya kepada anak2nya tidak perlu diragukan lagi, tanpa pamrih dan tanpa syarat :D hehehe
    Saya berharap kelak, istri saya menjadi ibu yang selalu siap untuk anak2nya… tentunya dengan bantuan sang suami :D hehehe

    Arul,
    Semoga engkau mendapat pasangan seperti yang kau cita-citakan.
    Dan isteri akan baik, jika tahu suaminya sangat sayang padanya.

  8. aku ingat ibuku……lalu ku telpon…..ibu..apa khabarmu? Aku begitu mencintaimu…..

    Alexhappy,
    Pasti ibu senang sekali ya Alex, punya putra sepertimu….

  9. Wiiiiihhhh… aku merinding nih mbacanya. Jadi inget, lama nggak ketemu dan ngobrol sama mamaku.

    Tapi memang ada sesuatu yang tidak bisa diurai dengan logika. Kalau sedang dekat dan minta didoakan akan sesuatu, apa yang kuinginkan itu biasanya memang terjadi. Betul-betul terjadi di depan mata. Heran juga. Entah ada kekuatan apa di balik itu semua. Nggak ngerti deh, doa ibu memang dahsyat.

    Jadi nyadar juga nih, Bu Enny, ternyata ada satu hal yang tidak pernah kuminta dari mamaku selama ini. Yaitu kalimat: “Mah, doakan aku, aku ingin nikah.”

    Hahaha! Belum pernah kuminta itu :D

    Selamat Hari Ibu ya, Bu Enny. Dalam ukuran umum, barangkali Bu Enny sudah menjadi ibu yang berhasil. Selamat!

    Daniel Mahendra
    ,
    Ibu akan selalu memahami anaknya Niel, dan pasti Mama mu mengerti kalau DM lagi sibuk banget.
    Nahh…udah mohon didoakan Mama belum? Juga restu dari Mama? Mungkin jika ngobrol dengan Mama, akan membuat hatimu makin yakin….

  10. SELAMAT HARI IBU UNTUK BU EDRATNA semoga ttp memberi saya saran2 yg sllu brmanfaat…love u bu

    Cutemom cantik,
    Makasih…moga saya masih bisa menulis yang bermanfaat…kadang bingung juga mau nulis apa..

  11. Ibu, selamat hari Ibu!
    Saya jadi kangen mama saya di Klaten setelah membaca postingan ini…

    Menginspirasi…

    Donny Verdian,
    Sudahkah sms Mama di Klaten? Pasti beliau akan senang sekali.

  12. selamat hari Ibu, maaf lama tak berkunjung
    Ibu bukan tempat bersandar karena beliau selalu menginkan kita untuk mampu tegak berdiri
    dalam setiap doanya kita dimampukan untuk terus melangkah

    Tomyarjunanto,
    Makasih…
    Qoute itu saya ambil dari Mario Teguh lho…
    Saya pribadi, lebih suka jika anak-anak tetap cerita pada ibu, walau ibu tak bisa membantu, namun ibu bisa ikut mendoakan agar mereka memperoleh jalan keluarnya.

  13. selamat hari Ibu

    Hawee,
    Makasih….

  14. Untuk bunda Enny, selamat Hari Ibu
    Untuk semua ibu, selamat Hari Ibu
    Untuk calon ibu, di manakah kamu?

    Septarius,
    Makasih…makasih…

  15. semoga istiqomah memberi saran bagi para blogger yang selalu bermanfaat…..amin

  16. Selamat hari Ibu … :)
    Bagi yang masih punya ibu, apprecitae what you have, while you have her …

    Toni,
    Makasih mas Toni…

  17. Selamat hari Ibu, Ibu Enny…. maafkan saya baru berkunjung… :)

    Chic,
    Makasih….selamat hari Ibu juga…

  18. SELAMAT HARI IBU …

    Iya ibu EDratna betul sekali … “Diperlukan kedewasaan, kematangan, agar ibu dapat menjalankan perannya”

    But apapun itu … siapapun itu …
    Sebagai Anak kita wajib menjunjung tinggi Ibu kita …

    Makasih Ibu …

    NH18,
    Makasih mas…..salam buat nyonya..

  19. Salah satu dari cita2q adalah menjadi seorang ibu yang bijak dan ‘ngelmu’ dan role modelnya ada di Ibu Enny. Doakan aq mewujudkan cita2q…. Salam taqzim, Ibu ‘online’q:)

    yunie jusri djalaluddin,
    Semoga Yunie menjadi ibu yang baik, teladan bagi anak-anaknya, dan menjadikan anak yang beguna dan berbuat baik di masyarakat….sebagaimana yang dicita-citakan.

  20. merasakan sendiri ketika menunggu test masuk STAN, bagaimana seorang ibu puasa sunnah karena ingin anaknya masuk dan Alhamdulillah lewat doa yang kuat akhirnya terealisasi

    Omiyan,
    Doa ibu konon melancarkan cita-cita anaknya, tapi anaknya sendiri juga harus berusaha, dan berdoa untuk ibu.

  21. selamat hari ibu ……makasih buat ibu atas cinta yang kasihnya

    Immi,
    Makasih….

  22. rasanya tetap do’a ibulah yang banyak mengantarkan bisa menjadi sekarang ini

    Cepaxu,
    Betul…tapi Cepaxu sendiri juga sudah berusaha keras kan. Jika hanya doa tanpa usaha juga tak ada gunanya.

  23. lumayanlah udah sms ke ibu dan istri. blog bisa juga menjadi sarana untuk meningatkan. Kalo nggak mana inget saya. kalo ultah saya simpen di hp dialarm in.

    Boyin,
    Pasti ibu dan istrimu tambah sayang sama Boyin….selamat ya..

  24. Tak lelah ibu membacakan doanya untukku

    Little Miss Antartica,
    Betul…ibu selalu mendoakan yang baik bagi anak-anaknya..

  25. Ibu benar,
    kesedihan yang dirasakan oleh si Anak, akan terus melekat di dalam pikiran Ibunda, sekalipun si Anak kemudian sudah asyik sendiri dengan dunianya..

    Ini terjadi juga ketika dulu aku pernah curhat sama Mami dan sekalipun aku menyudahi ceritanya dengan senyum, Mami masih sedih dan kepikiran…

    But still, komunikasi tetaplah penting. Mudah-mudahan, tidak ada cerita yang tidak indah yang bisa kita bagi dengan Ibu atau siapapun juga.. :)

    Untuk Ibu Enny yang baik…
    Selamat Hari Ibu, ya!
    Ibu Enny adalah salah satu Ibu yang aku anggap sebagai ibu yang sukses mendidik anak-anaknya… And someday, I wish I could be just like you.. :)

    Lala,
    Sebetulnya ibu akan suka jika anaknya tetap cerita pada beliau. Sayangnya si anak lupa ngasih tahu mama nya lagi, jika masalah udah selesai…dan Mama masih kepikiran terus.

    Makasih La, semoga Lala nantinya juga akan menjadi seorang ibu yang baik, teladan bagi anak-anaknya…

  26. hiks hiks, jadi pengen nelpon ummiy di kampung.

    oya, selamat hari ibu…

    v(^_^)

    Farijs van Java,
    Udah nelepon Ummi belum? Pasti beliau senang mendengar suaramu…
    Makasih ya ucapannya…

  27. Selamat hari ibu.

    Terbayang sosok Ibu, yang penuh kasih sayang.

    HE. Benyamine,
    Makasih….

  28. Kasih ibu kepada beta
    tak terhingga sepanjang masa
    hanya memberi, tak harap kembali
    bagai sang surya menyinari dunia

    Selamat Hari Ibu !! :)

    Tanti
    ,
    Makasih…hmm betul juga nyanyian itu..
    Ibu tak mengharapkan apa-apa dari anaknya, hanya doa semoga anaknya baik-baik saja..

  29. Setuju …semoga perempuan mampu menjadi ibu bangsa, yang terus berperan dalam melakukan perubahan yang lebih baik..

    Dyahsuminar,
    Betul bu…ibu harus bisa mendorong perubahan ke arah yang lebih baik, dengan memberikan teladan bagi anak-anaknya, serta lingkungannya…

  30. selamat hari ibu ya untuk bu eni

    Imoe,
    Makasih….

  31. Kelebihan ibu ada pada mengandung, melahirkan dan menyusui yang tak bisa dilakukan oleh ayah. Sangat wajar kiranya jika ibu memiliki perasaan yang lebih peka terhadap anak-anaknya. Doa dan restu ibu berperan besar terhadap keberhasilan anak. Begitu pentingnya peran ibu bagi kehidupan keluarga dan anak2 maka ada kata mutiara yang menyebutkan bahwa “surga berada di bawah telapak kaki ibu”, tapi bukan berarti neraka berada di bawah telapak kaki ayah kan…

    Mufti AM,
    Betul…tapi tak berarti para bapak tak berperan lho….

  32. met hari ibu

    Kumpulanceritadahlia,
    Makasih….

  33. salam dari bandung

    masih layakkah hari ibu di peringati di saat para ibu takmampu membeli susu untuk anaknya kemudian di bunuh karana di negeri para bandit mati adalah mimpi indah kaum jelata

    artikel terbaruku …… perempuan yang berhati kudus (artikel ini buat saudaraku kaum perempuan yang memperingati hari ibu di negeri para bandit di mana kemiskinan menantang langit, membuat kami tak mampu lagi menggurat kasih ibu di batu yang berlumut tapi kasih ibu hanya bisa di permainkan lewat iklan-iklan politik)

    http://esaifoto.wordpress.com

    Esaifoto,
    Tergantung bagaimana memperingati nya.
    Karena banyak ibu yang berkarya di dunia nyata, membantu yang kekurangan…tak bisa dipungkiri juga ada yang masih kurang…
    Tapi, yang penting adalah diri kita sendiri…apa yang telah kita sumbangkan pada sekeliling kita, dan apa kita sebagai ibu telah menjadi panutan anak-anak kita, ini dulu yang utama…kemudian baru membantu sekeliling.

    Saya seumur-umur malah tak pernah memperingati hari ibu.…tulisan di blog ini sekedar berusaha memberi sumbangan pemikiran, apa kewajiban seorang ibu bagi anak-anaknya. Jika esaifoto punya ide yang lebih baik, anda bisa tulis di blogmu, siapa tahu akan banyak yang membantu agar ide tsb bisa diimplementasikan secara nyata.

  34. ibu itu adalah manusia super ajaib multitalenta yang selalu siap sedia 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. berat memang…itulah kemuliaan mereka menurut saya…

    Selamat hari ibu bu enny…
    baru sekali mampir kemari…

    geRrilyawan,
    Makasih…
    Juga makasih kunjungannya…

  35. Ibu Enny
    selamat hari IBU
    (meskipun buat saya, saya lebih prefer bulan Mei sebagai hari IBU sedunia.)
    Ibu Enny adalah salah satu contoh ibu teladan menurut saya. Senang sekali saya bisa berkenalan dengan ibu melalui blogsphere.
    Terima kasih utk pertemanannya bu

    EM

    Ikkyu san,
    Makasih…saya percaya EM juga seorang ibu yang baik, bahkan melebihi saya.
    Tak terbayang jika saya seperti EM, mengerjakan semuanya sendiri…dan lihatlah betapa pandainya Riku, betapa santun…..pasti banyak nanti yang pengin ambil menantu.

  36. SELAMAT HARI IBU,

    Bunda, adalah profesi agung yang tidak bisa dianggap sebelah mata. Begitu banyak hal yang harus ditangani oleh seorang Bunda. Dari bangun tidur, hingga tidur lagi, Bunda tidak pernah lepas dari perannya. Sebagai seorang ibu, yang merawat, mengasuh dan mendidik anak-anaknya, juga sebagai istri dan pengatur kerumahtanggaan.

    bundazone dot com…… lahir di Hari Ibu ini, dipersembahkan untuk para Bunda. Sebagai salah satu referensi agar Bunda makin disayang dan bertambah sayang kepada keluarga.
    Bergabung dengan komunitas Bunda Zone..untuk sharing dan mendapatkan informasi tentang parenting

    Salam hangat,
    Ratna

    Bu Enny, maaf nih… Saya lagi belajar nyepam :D

    Ratna,
    Wahh selamat ya…nanti saya kunjungi ke TKP…

  37. Ibuku, Surgaku
    Restu Ibuku adalah hidup bahagiaku

    http://iwanmalik.wordpress.com

    Info Pendidikan & Wirausaha

    Iwan Malik,
    Hmm….

  38. selamat hari ibu. semoga kebaikan dan cinta kasih seorang ibu mengantarkan limpahan rahmat Allah Swt.

    Arifrahmanlubis
    ,
    Makasih….

  39. Iya Bu, maksud saya quote milik Mario Teguh itu seperti yang acap saya pikirkan, tapi ternyata orang tua saya lebih senang jika saya lebih banyak bercerita, tentang apa saja.

    Pemikiran Bu Enny, persis sekali dengan pemikiran Ibu saya, orang tua saya juga ingin berkomunikasi terus dengan kami agar bisa membantu menyelesaikan persoalan, setidaknya dengan doa dan puasa. Mungkin, kalau saya jadi orang tua kelak, akan berpikiran yang sama.

    Namun sebagai anak, saya juga berpikiran, ingin mengatasi persoalan sendiri sebisa mungkin, dan jika berhasil rasanya senang karena bisa mengurangi beban orang tua. Namun untuk hal-hal tertentu, saya selalu memohon restu orang tua.

    Jadi rindu beliau berdua.

    Yoga,
    Betul Yoga…mungkin karena MT bukan seorang ibu.
    Karena pada umumnya ibu akan mengkawatirkan anaknya, dan selalu ingin tahu, apakah anaknya dalam kondisi nyaman. Malah kalau lama tak ada kabar, ibu sangat kawatir.

    Liburan ini pulang ke Surabaya?

  40. Bunda enny…

    Selamat Hari Ibu ya…semoga Tuhan selalu melimpahkan kebahagiaa atas apa yang telah Ibu korbankan sebagai Ibu untuk anak2nya dirumah dan sebagai Ibu untuk anak2nya di Dunia Maya ini (blogger).

    Ibu itu wanita perkasa, Wanita yang memang diciptakan khusus untuk ke surga, Wanita yang bisa mengubah dunia….

    Ria,
    Makasih, semoga nantinya Ria juga akan menjadi ibu yang baik, sebagai teladan bagi anak-anaknya.

  41. Selamat hari Ibu.
    kesuksesan anak-anak cerminan kasih Ibu.
    Btw Orang Batak selalu menghormati Ibu meskipun sudah seribu tahun yang lalu, Ibu yang melahirkan marga mereka, Ibu yang membuat mereka ada…..dan mereka disebut sumber matahari..

    Singal,
    Terimakasih pak…

  42. Selamat hari ibu,Bunda!

    Kuharap,kita bukan hanya bisa jadi dasar,tapi tiang,pondasi dan atap sebuah rumah.

    Kweklina,
    Yup…sepakat…

  43. Sya pernah ngikut sebuah seminar bertema hari ibu. pembicaranya Agnes widanti, guru besar Unika Semarang:” hal yang harus dilakukan adalah bukan mendramatisasi peran ibu yang sgt besar itu. Karena justru akan membuat keterjebakan pda perannya itu sendiri. Bukankah peran mendidik itu patungan antara ibu dan bapak? sehingga bukan ibu saja yang disalahkan anakala terjadi salah didik…” begitu kira2 kutipan salah satu statemennya.
    bagaimana menurut Njenengan mbak?

    Gus,
    Untuk mendidik anak memang betul, merupakan andil suami isteri. Tapi ibu diharapkan lebih berperan, karena sejak hamil, disitulah sebetulnya dimulai pendidikan bagi bayi yang dikandung.
    Kehebohan peran ibu memang bisa menjebak, tapi bagi ibu sendiri, tanpa diributkan adanya hari ibu, memang sudah bergulat dengan perannya, dan sebetulnya tak perlu meributkan kesetaraan gender dsb nya…lha dari dulu penjual di pasar kan kaum ibu. Juga banyak ibu bekerja, entah membuka warung, berjualan…demi agar membantu supaya dapur tetap berasap. Dan bagi ibu seperti ini, dia tak peduli tentang urusan hari ibu.

    Saya dan teman-teman juga sadar, jika anak baik, pintar maka anak ayahnya…dan kalau nakal lingkungan mengatakan yang salah ibunya. Bagi saya pribadi, biarlah menjadi anak pinter dan yang mendapat pujian ayahnya, yang penting adalah tujuannya….anak yang baik.

  44. Selamat Hari Ibu.
    Maafkan anakmu ini,yg terlalu banyak kesalahan.

    **

    Selamat Hari Ibu buat; Mbak Edratna.
    salamku.

    Langitjiwa,
    Makasih…

  45. Duh.. itu benar sekali Bunda dan ibu tak pernah putus2nya mendoakan keberhasilan anak2nya. Aku sangat merasakannya, walau kadang jadi malu juga, karena sering tak cukup (menurut kurang sering) mengekspresikan apresiasiku secara ekpresif pada ibu. :)

    Thnak you Mon.. We love you very much..

    Nug,
    Walau tanpa diekspresikan, ibu tahu kok kalau putranya sangat menyayangi….

  46. pagi..salam kenal dr mel
    emang bener tuch,,,surga ada di telapak kaki ibu

    Mel,
    Salam kenal juga…

  47. selamat hari ibu ya Bu..
    Kasih ibu tidak terhingga sepanjang masa..

    Sakuralady,
    Makasih….selamat juga bagi calon ibu nantinya…
    Kapan lulus Willy?

  48. demikian besar jasa dan pengorbanan seorang ibu. tak cukup hanya mengandung, melahirkan, dan membesarkan anak2, tapi juga memberikan sentuhan perhatian dan kelembutan kasih sayang, termasuk doa buat kesuksesan hidup sang anak. peran seorang ibu tak mungkin tergantikan oleh apa dan siapa pun meski zaman terus berganti. Selamat hari ibu, bu enny, semoga ibu dan keluarga senantiasa dalam keadaan sehat.

    Sawali Tuhusetya,
    Terimakasih pak, ucapan dan doanya…

  49. begitu beratnya menjadi ibu dan aku masih terus belajar dan belajar mudah-mudahan bisa seperti mbak Edratna

    Lintang,
    Saya percaya, Lintang adalah seorang ibu yang baik…

  50. selamat hari ibu ya bu Enni….
    saya ingin seperti bu Enny “walaupun berkarir tetap memprioritaskan anak”

    Tini,
    Betapapun tingginya karir seorang perempuan, dia tetap seorang ibu, yang akan memikirkan putra putrinya. Tentu saja, prioritas, tetap anak-anak.

  51. jelas saya percaya, semangat ini yang membuat ibu mendidik anak anak ibu..
    * model percontohan”

    Iman Brotoseno,
    Semoga anak saya bahagia, dan bangga atas ibunya.
    Dan saya berharap, selama ini saya telah menjadi ibu yang cukup baik bagi mereka.

  52. Ibu yang membentuk sikap
    Ibu yang mengukir jiwa
    Ibu yang mengasah pikir
    Ibu selalu memberi tak pernah meminta
    Selamat hari Ibu….

    Prameswari,
    Makasih selamatnya….dan Noengki nantinya juga akan menjadi seorang ibu.

  53. ONEN….*begitu bunda ku dipanggil bu…*

    Donapiscesika,
    Itu panggilan daerah mana? Menado?

  54. Sayang masih banyak ibu yang tidak mau mengembangkan sayapnya untuk memberi keamanan kepada anak-anaknya. Semoga saja mereka teringat akan tujuan utamanya sebagai ibu.

    Btw, Selamat hari ibu!

    Juliach,
    Memang betul, masih ada ibu yang tidak menyadari perannya. Semoga mereka disadarkan arti penting peran seorang ibu, untuk pendidikan anak-anaknya.

  55. Selamat hari ibu untuk ibu ibu di rumaahh… hehee… :)
    lam knal jaa… ;)

    Airlangga89
    ,
    Salam kenal juga…

  56. Ibu saya adalah orang yang paling berpengaruh dalam hidup saya. Entah saya jadi apa, kalau tak ada beliau. Sampai hari ini, ketika saya sudah berumah tangga, beliau masih merupakan seorang wanita yang hebat. Mendukung dengan segala yang beliau punya untuk keberhasilan hidup saya.
    Saya yakin Ibu Edratna pun demikian. Selamat hari ibu..

    Suhadinet,
    Makasih…
    Bahagialah suhu mempunyai ibu yang baik seperti itu, yang mencintai anaknya dengan tulus.

  57. makanya .. kita jangan durhaka sama ibu .. doa ibu itu yang paling manjur .. dan saya pernah membuktikannya kok … semoga kita bisa lebih menghormati dan menghargai ibu kita ..

    ayadinata.com

    Maychaell Adinata,
    semoga semua anak berpendapat sepertimu…

  58. kasih ibu, kepada beta… tak terhingga sepanjang masa… hanya memberi… tak harap kembali… bagai sang surya menyinari dunia…

    terharu :) selamat hari ibu bu ratna :)

    Parvian,
    Terimakasih….

  59. ibu segala-galanya bagiku…….
    ridha Allah ada pada ridha ibu,,,,,
    jadi, jgn prnah skiti hati ibu…..
    ok……………

    Uud
    ,
    Yup….

  60. selamat hari ibu, bu…
    akhirnya ada juga posting seorang ibu di hari ibu mengenai peringatan hari ibu :mrgreen:

    Wennyaulia,
    Untuk mengingatkan bahwa menjadi ibu itu punya tanggung jawab yang berat…

  61. wah mbak….apapun saya akan selalu menghargai seorang ibu dan tak bakalan terhitung….seperti halnya almh ibu saya yang sudah mulai bekerja sebagai bidan di zaman belanda pada awal tahun 20’an……jadi apa yang disebut peran wanita dalam public domain sudah dilakoni ibu saya ketika belum ada meneg upw sekarang ini…..nah ternyata para anak dan cucu perempuannya juga berbuat hal yang sama sambil berperan sebagai ibu dalam domestic domain……namun di sisi lain saya pasti sedih ketika ada seorang ibu mentelantarkan anak-anaknya……..padahal ibu adalah pusat pendidikan bagi anak-anaknya……selamat hari ibu…….

    Sjafri Mangkuprawira,
    Betul pak, tanpa gembar gembor, kaum ibu sudah bekerja membantu keluarganya sejak dulu….
    Namun ada juga ibu yang tak memahami tanggung jawabnya, dan menelantarkan anak-anaknya.
    Terimakasih pak.

  62. selamat hari ibu, bu enny
    belum telat2 amat kan? ahahaha
    oya, yang pertanyaan ibu dulu ke saya, saya sekarang jurusan teknik mesin.
    anak ibu yang kordas di EL udah wisuda blum bu?
    siapa namanya bu?
    ambil lab apa?

    Catra,
    Makasih….
    Anak saya udah wisuda S1 di elektro, dan untuk S2 nya sedang menyusun thesis. Dia koordinator di labdas (lantai 3 El)….yang pimpinannya pak Mervin

  63. Wah … maaf, saya terlambat membaca postingan Mbak Enny. Liburan akhir tahun ini ternyata cukup menyibukkan saya dengan kedatangan keponakan-keponakan dari luar kota, sehingga tidak sempat blog walking.

    Tentang peran seorang ibu bagi anak-anaknya, saya setuju seratus (bahkan dua ratus) persen dengan apa yang ditulis Mbak Enny. Tapi kalau dikaitkan dengan peringatan Hari Ibu 22 Desember, hehehe … maaf beribu maaf, saya kurang sepakat kalau Hari Ibu dimaknai sebagai Hari Ibu Rumah Tangga atau Hari Ibunya Anak-anak.

    Saya lebih setuju dengan Mbak Dyah, bahwa peringatan Hari Ibu 22 Desember semestinya dimaknai secara lebih luas, yaitu perempuan sebagai Ibu Bangsa, yang ikut berpartisipasi dalam masyarakat dan negara, bukan hanya Ibu Anak-anak yang dilahirkannya. Ini kalau kita mau konsisten dengan sejarah dan spirit dilaksanakannya Konggres Perempuan Indonesia yang melatar-belakangi lahirnya Hari Ibu.

    Tentu saja saya setuju sekali dengan ditetapkannya sebuah hari untuk menghormati jasa para ibu yang telah melahirkan dan mendidik anak-anaknya, tapi bagaimana ya kalau dicari tanggal lain untuk memperingatinya, supaya tidak mengacaukan sejarah?

    Tutinonka,
    hahaha…memang jadi salah kaprah….akhirnya hari ibu, hari Kartini yang banyak ditonjolkan peran domestik. Postingan saya seharusnya tak ada kaitan dengan hari ibu, karena saya prihatin, banyak kaum perempuan yang menelantarkan anaknya, semakin banyak pengemis anak-anak. Padahal menjadi ibu adalah pilihan tugas yang penuh tanggung jawab (tentu saja ada ayah yang mendukung), karena nanti akan menghasilkan anak yang diharapkan punya peran di masyarakat. Lha kalau gagal mendidik anak, maka masyarakat juga akan rugi.

  64. Sekali menjadi Ibu akan tetap menjadi Ibu.
    Tidak bisa libur dari tanggung jawab.
    Tidak bisa mengundurkan diri dari tugas sebagai ibu.
    Tidak bisa menolak walaupun sudah lelah.

    Tugas seorang Ibu tidak ada penggantinya.

    Tikno,
    Benar….kelelahan ibu akan hilang melihat senyum dan kebahagiaan anak-anaknya…apalagi jika mendapat suami yang mendukung pula, maka kebahagiaan tsb akan lengkap.

  65. Pepatah lama mengatakan “surga di bawah telapak kaki ibu.” Pengaruh ibu memang sangat dominan terhadap anak. Lihat istri tidak akan jauh beda dengan sifat ibunya.

    Wilbersitu,
    Apa selalu sifat isteri mirip dengan ibunya? Ada juga yang mirip ayahnya.

  66. Mamaku memang mama juara satu diseluruh dunia

  67. Betul bunda kasih ibu itu sepanjang jalan…

    “Semoga kita semua menjadi ibu yang baik, bijaksana, dan membuat keluarga bahagia”

    Amien.

    Meski telat, Selamat hari ibu yah bun ! :) :) :)

    Best regard,
    Bintang

    Terimakasih Linda
    Selamat Hari Ibu
    Semoga kita menjadi ibu yang berbahagia, bisa mengantarkan anak-anak untuk mandiri
    berguna bagi masyarakat sekitarnya

  68. my mom is my everything…. ^^


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 222 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: