Oleh: edratna | Maret 11, 2009

Kecetit

Mencari istilah tersebut di dalam bahasa Indonesia agak sulit, dan saya tak punya kamus bahasa Jawa. Mungkin nanti Zam, yang punya blog bahasa Jawa bisa membantuku. Kecetit, atau istilah lainnya, salah urat (benar nggak ya dari sisi pandang kedokteran), adalah jika kita merasa badan kita tak nyaman pada bagian tertentu, urat terasa tegang, sakit jika digerakkan dan serba salah.

Entah apa sebabnya, sejak hari Sabtu, bagian pinggang kanan saya ke bawah terasa nggak nyaman, dan jika digerakkan sakit. Saya ingat-ingat apa yang pernah saya lakukan, apa mungkin mengangkat beban berat secara tiba-tiba, atau salah tidur. Dan jika ada salah satu bagian tubuh tak nyaman pengaruhnya kemana-mana, makan jadi nggak enak. Liburan tiga hari kupergunakan dengan ngebut mengerjakan beberapa hal yang selama ini terbengkalai, apalagi rencana nya hari Selasa ada meeting. Hari Minggu malam, saya nyaris sulit tidur, tapi tugas saya selesai 80 persen. Jadi paginya saya berniat memfotokopi materi bahan ajar yang sudah dalam bentuk power point, terus ke pijat refleksi, karena yu Tun hari itu tidak bisa datang, sedang pekerjaan tak bisa menunggu.

Jadilah saya ke pijat refleksi, yang ternyata penuh sekali, mungkin karena hawa panas bergantian dengan hujan, banyak yang merasa badan kurang sehat…dan susahnya ada yang lagi bersin-bersin. Mungkin orang itu berharap, dengan pijat refleksi badannya lebih enteng dan nggak jadi kena flu. Celaka, pikir saya, bisa-bisa saya kena tambahan flu. Benar juga, malam itu tenggorokan terasa kering, saya kumur listerin, dan kemudian mencoba tidur. Ternyata sakit pinggangku hanya berkurang sedikit, jadi besok paginya, si mbak saya minta tolong untuk ngeroki, karena saya merasa badan mau melayang. Syukurlah meeting bisa ditunda, dan disepakati mengerjakan di rumah masing-masing, dan nanti bahan dikirim lewat emal.

Saya mencoba tidur, seharian itu bermalas-malasan, sehingga bisa menyelesaikan dua buku yang dikasih DM. Agak aneh memang, membaca ulasan dulu di “PAT dan Manifestasi Karya Sastra“, baru setelah itu membaca tetraloginya PAT. Saya membaca tetralogi PAT juga baru menginjak buku kedua, karena diselang seling mengerjakan pekerjaan lain.

Pagi ini, hari Rabu, saya terpaksa menyerah, selepas Subuh, saya menilpon Yu Tun, agar datang ke rumah pagi-pagi. Dan benar saja, biasanya pijitannya yu Tun nyaman, namun kali ini terasa sakit sekali. “Ibu kebanyakan duduk,” kata Yu Tun. Tentu saja, saya menyahut dalam hati, lha pekerjaanku memang lebih banyak di depan komputer, bagaimanapun seringnya diselingi jalan-jalan tetap saja lebih banyak duduk.

Mudah2an setelah ini sakit pinggangnya sembuh…duhh kerjaan masih menunggu.

About these ads

Responses

  1. sama aja kayak bahasa sunda jadi kecetit itu semacam urat yang ketarik atau keseleo mungkin itu kali pengertiannya heheheh

    tapi saya sendiri merasakan ketika pas lagi ngangkat kompan air yang beratnya 25 kilo, sakitnya minta ampun pas Sholat kagak bisa rukuk secara normal kalau dipaksain luar biasa sakitnya

    Omiyan,
    Kelihatannya memang sepele, tapi sakit sekali….hmm sekarang sudah agak reda, tapi saya harus lebih banyak jalan-jalan…biasanya memang suka lupa kalau sudah “mood” depan kompie

  2. dibuat olah raga aja bu, biar otot dan uratnya lemas. siapa tau membaik…

    Kishandono,
    Memang kayaknya peringatan, kebanyakan duduk dan kurang olahraga….

  3. wuaaa… kebanyakan duduk pinggang jadi pegel. saya juga :)
    solusinya: banyak minum dan turun sendiri kalau jam makan siang (ga nitip si mbak)

    Utaminingtyazzzz,
    Ini merupakan warning…udah kebanyakan duduk (lha mau bagaimna lagi, kalau ngetik kan mesti duduk)…tapi yang jelas nggak boleh terus menerus duduk, harus ada jalan-jalannya dan olah raga…
    Fotokopi bukunya, akhirnya saya minta tolong si mbak untuk ambil dari mbak Tanti, jadi saya bisa menyelesaikan materi yang harus ditulis dalam bentuk power point.
    Dan susahnya…sering keasyikan…lupa makan dan lupa berdiri…

  4. Semoga cepat sembuh bunda Enny

    Septarius,
    Udah lumayan kok….cuma mesti di ingat2…harus sering jalan-jalan

  5. Ini nih bun…pijat refleksi…saya pernah coba sekali seumur hidup….dampak nya badan sakit2…(kalo pijat plus-plus..nggak pernah mau nyoba bun…ngeri kek nya).

    Dulu saya coba ramuan manjur punya pak Gondo di ATFG 8 itu….duuuuh badan berasa habis di gebukin.

    Tapi kalau ngalamain Kecetit saya belum pernah kek nya…Saya pernah ngalamin dibagian tertentu….apa itu yang di maksud Kecetit? solusinya saya juga kerokan…atau di urut pada bagian yang sakit sampai sendawa…

    Syukurlah kalau sudah Fit….
    Maju terus ngeblognya…meeting nya tunda aja bun…he he he

    Pakde,
    Yang dimaksud ya memang sakit pada bagian urat tertentu, yang bisa terasa ke bagian lain. Misalnya dipinggang, membuat saat sholat terasa sakit jika sedang duduk.
    Menunda meeting kan nggak bisa terus menerus, ntar dimarahi yang lain…hehehe

    Ramuan manjur pak Gondo? Saya belum pernah dengar…paling-paling dikasih balsem biar hangat

  6. wahhh penyakit kita sama bukkk heheh suka sakit di punggung, obatnya olah raga aja kayaknya….kalo pijit bisa kecanduan

    Imoe,
    Wahh saya udah kecanduan pijit…dan memang setelah pijit tidurnya jadi enak….

  7. trnyata masih ringan yang saya alami ya Bu, tak lebih dari sekepalan tangan di bagian dada dan alhamdulillah sekarang sudah sembuh.
    Semoga Ibu juga lekas sembuh

    Sunarnosahlan,
    Udah mendingan pak….jadi memang mesti hati-hati, tak boleh posisi sama dalam waktu lama

  8. jaga kesehatan bu. semoga cpt sembuh…

    Krismariana,
    Sekarang udah baikan…..makasih

  9. baru sekali ne denger kata kecetit :D

    Zoel,
    Memang istilah Jawa atau Jakarta (Betawi) ya?
    Saya mendengarnya justru setelah tinggal di Jakarta

  10. kecetit? apakah itu?

    v(^_^)

    terus terang, bu. sebagai farijs yang adalah orang jawa, saya tak tahu apa itu kecetit. jah, memang payah. hwehe…

    Farijs,
    Saya juga mendengar istilah itu setelah tinggal di Jakarta. Dulu, di kampung malah nggak pernah mendengar…atau mungkin belum ada yang kecetit ya?

  11. digosok dengan Balsem BALJITOT bu…enak dan mak grennggg..

    Iman Brotoseno,
    Saya akhirnya memang menggosok pake “Tiger Balm Plus“…sekarang udah mendingan

  12. Banyak minum air putih, olahraga dan diberi balsam, benar kata Bung Imam tapi jangan terlalu banyak dipijit nanti malah kesleo beneran berabe!

    DV,
    Air putih memang mujarab….
    Dan juga olah raga….terasa juga sih kalau sekarang olah raganya tak sebanyak dulu, apalagi setelah pindah rumah ini.

  13. Mungkin pengaruh umur juga, suatu hal yang alami sebenarnya. Ingat istirahat saja serta makan yang cukup (tapi tidak berlebihan). Saya saja sendiri sudah mulai merasakan kok kemunduran kekuatan fisik saya dari 10 tahun lalu. Dulu saya bisa nyetir sendiri Jakarta-Bali atau Jakarta-Surabaya. Sekarang kalau nggak minimal berdua gantian yang nyetir, nggak mau deh. Terus, saya juga kalau angkat beban di atas 10 lbs, kalau ada orang lain di dekat saya, saya minta bantuan untuk mengangkat bersama2. Juga sekarang jalan kaki 1 mil saja udah kerasa capeknya…….

    Apalagi wanita berumur bu, ditambah resiko osteoporosis juga jauh lebih besar pada perempuan daripada laki2. Hormon seks laki2 testosterone memang bisa mencegah laki2 terkena osteoporosis, walaupun ada juga laki2 terutama mereka yang hipogonadisme (hypogonadism) menderita osteoporosis karena produksi testosterone-nya rendah….

    Lah, kok kecetit jadi pindah topik ke osteoporosis sih?? Nggak nyambung yak?? Wakakakak…..

    Yari NK,
    Wahh iya…kok jadi osteoporosis? Osteoporosis kenanya di tulang, kalau kecetit ini kenanya urat, mirip seperti urat yang keras atau mlungker di varieses.
    Mungkin saya harus menata kehidupan dengan disiplin. Dulu kan dikejar waktu, pagi2 mesti ngantor..jadi kalau kerja malam, ada jam dimana saya harus mengentikan kegiatan, dan mulai tidur. Karena sekarang agak longgar, kadang kalau lagi asyik, tak terasa saya bisa kerja semalaman… tahu-tahu sudah pagi. Maksudnya sih mumpung lagi “in”, supaya nanti lebih longgar dan punya waktu santai. Kecuali jika besoknya ada rencana meeting, saya menghentikan kerja jam 10 malam.

    Ternyata tetap harus punya jadual….ini peringatan buat saya.

  14. Kalau nggak sempat olahraga, minimal diusahakan stretching aka peregangan. Pasti Ibu tahu, itu lho Bu, gerakan senam ringan yang dipakai untuk pemanasan. Bukan bermaksud promo Yoga, kalau saya sebutkan salah satu tujuan para Guru melakukan Yoga, adalah untuk melenturkan otot-otot tubuh, agar ketika meditasi yang makan waktu berjam-jam dalam posisi tertentu, badan tetap lentur. Kalau nggak, wah, selesai meditasi malah “patah-patah” :D

    Dan minum air putih banyak-banyak dianjurkan sekali, begitu juga dengan menggunakan balsem dingin.

    Selamat pagi Bu.

    Yoga,
    Sekarang agak mendingan…dipaksakan olah raga, senam lantai sampai udah kewalahan…mungkin juga karena otot kaku, kebanyakan duduk dan menulis….

  15. Wah komenku kejebak akismet?

    Yari NK,
    Udah dibetulkan…entah kenapa komennya kang Yari suka kejebak di akismet….

  16. Salah seorang teman yang keturunan pernah bilang, setiap orang itu punya kemampuan untuk recovery dari sakit yang berhubungan dengan urat asalkan diberi lingkungan yang tepat. Ngga perlu pijit, asal dikasih penghangat seperti balsem atau jahe yang ditempelkan terus menerus. Ga tau deh manjur atau tidak.

    Iwan Awaludin,
    Sekarang sudah mendingan, entah karena obat gosoknya yang manjur, atau pijitannya….tapi betul-betul kecetit itu tidak enak.

  17. itu uratnya tegang sembarangan bu… hehe… kadang banyak emang kata dalam bahasa daerah yg susah dicari padanannya dalam bahasa indonesia.. :D

    Dobelden,
    Iya, mungkin salah gerak tapi tak dirasakan…

  18. kecetit kalau kata pak somad temen sekantor yang jawa banget artinya terkilir ya bunda…kalau udah begitu aku pasti manggil tukan pijit langganan kerumah :D dan ueenaaakkknya kalau dah selesai di pijit itdurnya nyenyak bgt.

    Ria,
    Tapi tukang pijitnya juga harus memahami urat, kalau tidak malah bisa bengkak dan tambah parah. Sebetulnya kalau terasa sejak awal, diolesi obat gosok agar hangat, udah cukup manjur, tapi baisanya kalau belum mengganggu kan tak terasa.

  19. waduh… semoga cepet sembuh ya bu….

    Itik kecil,
    Sekarang udah lumayan kok….makasih

  20. kalo kata saya sih, kecetit sama kaya’ keseleo,, cuman di urat :P

    Billy Koesoemadinata,
    Ya mirip-mirip seperti itulah….

  21. Kecetit …?
    wah iya bu …
    ini sengsara banget …
    Aku pernah … punggungku kecetit … gara-gara bersepeda waktu itu …

    Kecetit itu mungkin bahasa Indonesianya … Salah urat …
    Atau simply … sakit otot …

    Salam saya

    NH18,
    Iya…benar-benar mengganggu….
    Hmm…mungkin yang tepat…salah urat ya???

  22. benar tuh Bun, kebanyakan duduk bisa bikin sakit, terutama pada bagian pinggang.
    Makanya orang kantoran sering banget ngalamin ini :D
    Jalan kaki di pagi hari, pasti menolong Bun.

    IndahJuli,
    Iya, mungkin karena beberapa hari ini saya banyak di depan laptop…dan kalau lagi asyik suka lupa….seharusnya tetap diselingi jalan-jalan.

  23. Sekarang sudah sembuh belum mbah eh mbak Ratna? Kelamaan duduk tanpa ada masa selingan itu memang bisa mengakibatkan masalah badan, terutama ginjal “kata temenku yang kerja di puskesmas. Lam kenal deh. Kalo mau ikutan lomba ngeblog, silakan ke tempatku ada bannernya. Makasih.

    WANDI rozaq,
    Sudah mendingan, dan sudah bisa di ajak kerja lagi. Makasih

  24. Wah…..pernah saya alami tuh ;)

    menderita sekali !!!! :D

    salm kenal,,,,,;)

    Nelson,
    Salam kenal juga

  25. Menurut pengalaman beberapa orang teman saya biasanya sih mereka memang kebanyakan duduk Bu. Kalau saya pribadi lebih sering karena kurang minum air putih bening. Apalagi kalau lagi asyik dengan sesuatu hal baik itu pekerjaan atau hal lain. Begitu terasa haus baru dah ingat minum. Di ruang ber AC hal semacam ini semakin tak terasa.

    Mufti AM,
    Saya akhirnya membuat target, dalam sehari harus bisa menghabiskan air putih sekian gelas, kalau nggak begitu suka lupa. Tapi kalau di perjalanan memang agak sulit

  26. biasanya obatnya adalah diurut alias pijat, tapi harus ke tangan yang ahli, biar gak salah urat…

    Joe,
    Kalau yang memijat nggak mengerti urat, malah berbahaya, karena bisa tambah sakit dan bengkak

  27. semoga segera seger buger kembali setelah mendapat pijatan Yu Tun, Bu Enny, hehehe … kecetit bisa jadi juga disebabkan kesibukan ibu yang (nyaris) tanpa putus.

    Sawali Tuhusetya,
    Makasih pak doanya, sekarang sudah agak mendingan

  28. Saya pernah “kecetit” juga karena salah posisi saat mengangkat barang berat. Aduh… itu pundak sakitnya sampai berhari-hari. Kata dokter itu karena pinched nerve/salah urat/urat yang tertekan. Berendam air panas sangat membantu dan obat ibuprofen kadar tinggi mengurangi rasa sakit.

    Semoga cepat sembuh dan dapat beraktifitas normal kembali ya.

    Barry,
    Wahh iya, kalau mengangkat barang berat harus berhati-hati. Gara-gara mengangkat barang berat, dan agak memaksa, urat tangan saya juga menjadi tertarik…malah sempat dioperasi dua kali.
    Tapi kecetit nya udah agak mendingan kok…setelah dibalur obat gosok biar hangat

  29. lah.. saya sering kesulitan juga mencari “padanan kata” dari beberapa kata bahasa Jawa ke bahasa Indonesia. padanan kata, bukan penjelasan atau makna kata..

    salah satunya ya “kecetit” itu tadi.. :p

    Zam,
    Sekarangpun, begitu baca blogmu yang bahasa Jawa itu, mau memberi komentarpun jadi terbatas…kacau nih…udah tercampur dengan bahasa Indonesia.
    Memang ada beberapa istilah yang tak mudah untuk diterjemahkan.

  30. sepertinya memang gejala keseleo atau musle sprain tuh, bu. syukurlah sekarang sakitnya sudah mendingan reda. kalau lain kali muncul lagi, terapi di fisioterapis saja, bu. menurut saya metodenya aman; sebelum dipijat otot dilemaskan terlebih dulu dengan penyinaran. jadi tidak serta merta dipijat saat otot masih kaku, yang justru bisa bahaya. pasien juga dibekali dengan tips gerakan yang meredakan dan menghindari kambuhnya penyakit. jadi ada nilai edukasinya.

    benar juga kekuatiran mas yari. osteoporosis juga bisa menimbulkan rasa sakit yang tidak terdefinisi begitu lho, bu. mudah-mudahan sih tidak, tapi sebaiknya berjaga-jaga saja.

    Marsmallow,
    Mudah2an bukan karena osteoporosis, karena hasil pemeriksaan terakhir masih bagus….tapi memang masih harus dijaga sih.
    Kayaknya memang salah tidur atau kebanyakan duduk, dan berdiri tiba-tiba…sekarang udah enakan kok. Makasih perhatiannya

  31. Wah itu tandanya bunda Ratna harus istirahat barang sejenak bun. Jangan dipaksa kejar tayang terus bun, nanti kalau bunda Ratna sakit beneran kita sedih lho.

    Ok, bunda Ratna, sekarang bunda istirahat sejenak duduk selonjor yang enak, minum air putih yang cukup, jangan lupa makan buah dan sayur juga. Biar melemesin dulu otot2 yang kaku, browsing2 artikel kita-kita para blogger, cepat sembuh yach bun :) :) :)
    See you :) :) :)
    Best regard,
    Bintang

    Elindasari,
    Yup betul…kalau udah pusing, sebetulnya harus istirahat dan makan…
    Juga kecetit ini artinya harus istirahat dulu….
    Dan setelah istirahat, pake obat gosok, menjadi mendingan…..udah enakan….

  32. Semoga ketika aku comment disini, bunda Enny udah pulih lagi.
    Cheers,.. :D

    Puak,
    Udah mendingan kok…obatnya cuma istirahat

  33. Ibu yang baik dan penderia kecetit spt saya. saya dulu jg sempat menderita kecetit di pinggang belakang selama bertahun2 (3 tahunan). timbul akibat diinjak2 anak waktu bercanda. udah kemana2 tp ga sembuh. akhirnya nyoba pengobatan bekam, 3x dibekam langsung sembuh dan ga dateng lagi itu kecetitnya.

    Andardi,
    Dibekam? Seperti apakah? Dan dimana adanya?
    Kebetulan kecetitnya udah sembuh…memang setiap pergantian gerakan, nggak boleh mendadak ya…

  34. waah, ini dia nih.. Ternyata ‘kecetit’ to namanya. Hehe..
    Tadi siang saya bersin, tapi kayaknya salah posisi. Jadilah pinggang saya sakit.
    Awalnya saya takut, apa ginjal saya kena?
    Akhirnya tanya2 mbah google dan nyasar kesini..
    Sepertinya ‘kecetit’ inilah yg saya alami.. Trm ksh bu atas infonya.
    Hehe


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 222 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: