Oleh: edratna | Desember 20, 2006

Mulailah dengan hati bersih

Pernahkah mengalami, sepanjang hari kita uring-uringan, dan semua hasil pekerjaan tidak ada yang sesuai dengan keinginan kita? Kadang-kadang saat kita sudah bersiap mau berbelanja, muncul perasaan yang tidak nyaman, dan kalau dipaksakan berangkat, biasanya hasilnya tak memuaskan?

Marilah kita mencoba melakukan perenungan, kapan saat-saat munculnya permasalahan di atas? Apakah kalau kita sedang terburu-buru, banyak pekerjaan, banyak masalah yang lagi dipikirkan, atau badan kita lagi kurang sehat?

Sebetulnya kita telah mendapatkan falsafah kehidupan yang sangat baik…ngono yo ngono ning ojo ngono…..artinya segala sesuatu tidak boleh berlebihan. Sebagai muslim saya wajib melakukan ibadah sholat 5 (lima) kali sehari. Dan sebetulnya setiap kita ada masalah, dan sulit dipecahkan, telah ada aturannya, yaitu memohon dan pasrah kepada Allah swt, yang akan membuat hati kita tenang. Saya akan mencoba menguraikan mengapa saya memilih judul di atas.

  • Pagi hari adalah waktu yang paling bersih

Siapapun pasti setuju bahwa pagi hari adalah waktu yang paling segar, udara belum berpolusi, kendaraan masih jarang berlalu lalang sambil menyemprotkan asap knalpotnya. Sebelum fajar menyingsing, kaum muslim telah memulai sholat Subuh, disini kita berterima kasih karena telah dikaruniai tambahan waktu kehidupan, dan semoga hari ini berjalan lancar. Sesudah sholat kita berdoa, karena sholat tanpa doa ibarat orang menyiram tanaman tanpa diberi pupuk. Saat datang kekantor, dan sebelum memulai pekerjaan, kita masih bisa melakukan sholat Sunnah yaitu Dhuha, intinya kita memohon rejeki dan perlindungan pada Allah swt, semoga kita dilindungi dalam melakukan pekerjaan, karena bekerja adalah ibadah dan jabatan adalah amanah.

  • Siang hari adalah waktu bekerja, belajar, dan setiap kekhilafan segera dilakukan koreksi.

Siang sampai sore bahkan kadang-kadang sampai malam, kita bekerja keras. Diantara waktu kerja kita tidak boleh melupakan sholat, karena pada saat sholat ini, kita memohon ampun dan semoga bila ada kesalahan dalam pekerjaan, kita masih diberi waktu untuk memperbaikinya.

Saya pernah bekerja dibidang yang risikonya tinggi, setiap kesalahan berakibat fatal. Saat pertama kali mendapat surat keputusan untuk pindah ke bidang ini, saya sempat lemes, namun mengingat bahwa jabatan adalah amanah, saya berusaha tegar, dan ternyata saya mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan. Karena sejak awal menyadari bahwa risiko tinggi, setiap langkah selalu dikaji, bahkan didiskusikan dulu dengan bagian legal, akibatnya pemahaman dan pengetahuan saya dibidang legal meningkat pesat. Saya sendiri menjadi orang yang sadar risiko, karena saya menjadi tahu titik-titik mana yang bisa berakibat risiko. Jadi betul seperti kata pepatah, bahwa di setiap langkah atau keputusan, selalu ada hikmahnya.

  • Malam hari adalah waktu yang baik untuk berdoa, dan meningkatkan kepasrahan kepada Allah swt.

Pada malam hari, saat kita sudah kelelahan setelah sehari bekerja keras, dan terjebak dalam kemacetan rimba raya Jakarta, maka kita jangan lupa berdoa, semoga Allah swt melindungi kita dari kesalahan yang kita lakukan hari itu. Dan bila kita tanpa sengaja melakukan kesalahan, semoga masih diberi kesempatan untuk memperbaiki keesokan harinya.

Saya ingat pesan bapak SH (mantan Dirut Bank BNI): “Bekerja keraslah sepanjang hari untuk memajukan perusahaan/organisasi, dan pada saat jam 10 malam sebelum tidur, sholat dan berdoa kepada Allah swt agar apa yang kita kerjakan hari ini diridhoi oleh Allah swt, serta kita pasrah kepada Allah swt bahwa kita telah bekerja maksimal”

Dengan dilandasi hati bersih dan pasrah kepada Allah, maka malam itu kita bisa tidur nyenyak tanpa pernah kawatir apa yang akan terjadi. Nilai kepasrahan ini sangat tinggi, karena kalau kita kawatir, maka sepanjang malam bisa bolak balik ganti posisi tanpa bisa tidur nyenyak, yang berakibat masalah yang diatasi makin kelihatan sulit karena badan kita lelah kurang tidur. Dengan kepasrahan, tanpa lupa berdoa kepada Allah swt, maka kita akan nyenyak tidur dan bangun di pagi hari dengan badan segar dan siap bekerja keras.

Iklan

Responses

  1. ….

    iya..
    gak bisa menjawab.. 😐

  2. Gak bisa membantah lebih tepatnya 😐

  3. Hmm…memang kita harus selalu ingat dengan Yang Di atas.

  4. yaks.. 😀 speechless.. tapi bener sih.. tapi ngelakuinnya lebih susah daripada sekedar menyetujuinya..

  5. Narpen,

    Awalnya memang sulit, seperti halnya kita sholat, kalau udah terbiasa, dan kita terlambat melakukan sholat, ada perasaan tak nyaman.

    Juga kalau terbiasa Tahajud (sekaligus membangunkan anak2), lama2 setiap jam 3 mesti terbangun dan sulit tidur lagi.

  6. bagus tuh

  7. ar_do,

    Thanks telah mampir

  8. Itulah pentingnya positive thinking dan juga positive feeling

  9. Frater Telo,
    Thanks, dan memang bagus diterapkan untuk kehidupan sehari-hari. Itu ajaran mantan Dirut ku dalam suatu kesempatan makan siang bersama setelah meeting yang melelahkan.

  10. terimakasih mas atas lantunan informasinya untuk menjadikan motifasi hidupku !! aku sangat setuju sekali karena sekarang banyak orang-orang yang terkena masalah kecil tapi dibesar-besarkan sehingga menimbulkan keresahan hati . namun semua itu tergantung diri kita sendiri gimana cara menyikapai semua masalah itu , wlaupun masalah itu besar bisa menjadi kecila bila kita bisa menyikapinya…..

  11. oke deh motivasi ini sangat bermanfaat. insyallah akan berusaha saya coba…semoga dapat menjadi hati ini lebih bersih dari yang kemarin

  12. mohon ijin paste ya artikelnya bagus, salam kenal

    Silahkan, salam kenal juga.

  13. Buuuuu….. ijin share yaaaa…… 🙂
    Thx.

    Silahkan


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: