Serba serbi Pesta Blogger 2007

Hari masih pagi ketika saya dan anak sulungku berangkat ke Blitzmegaplex agar mendapat tempat, maklum anakku hanya dapat posisi sebagai reserved. Sampai disana masih sepi, hanya ada petugas yang sedang membersihkan dan menyiapkan ruangan, serta beberapa panitia. Tak lama kemudian saya melihat Lita , yang sangat mirip dengan fotonya, hanya lebih langsing. Kami sempat mengobrol, kebetulan karena nantinya saya akan berpasangan dengan Lita sebagai fasilitator pada kelompok diskusi Women Issues.

Tak lama Lita memberitahu bahwa yang pakai jas adalah Enda Nasution, sang Ketua Panitia Pestablogger 2007. Saya dan anak saya sempat mendatangi kang Enda, untuk meminta foto bersama. Enda menyarankan agar anakku segera antri mendaftar supaya mendapat tempat. Tak lama kemudian datang Prijadi, yang jauh dari bayanganku semula, karena masih sangat muda. Bang Wimarpun muncul, dan segera dikerumuni wartawan untuk mendapatkan pandangannya tentang pesta blogger 2007.

bersama-bang-wimar.jpg
Bersama bang Wimar…hmm saya jadi terlihat kecil ya.

Tak lama kemudian datang Andjar bersama Nurul, dan mas Riri Satria (dosen LPPM). Kemudian ketemu mas Rovicky dan mengobrol panjang lebar tentang kegempaan.

dari-kiri-anto-lita-enny-andjar-riri-satria-rovicky-prijadiduduk-narpati-dan-jonru.jpgO, iya kalau belum tahu nama-nama nya, ini ada foto bersama dari kiri kekanan ; Yodhia, Enny, Lita, Andjar, Riri Satria, Rovicky dan Prijadi. Sedangkan yang duduk, dari kiri: Narpati dan Jonru.

fasilkom-ui-yang-hadir-di-pesta-blogger-07.jpg narpati-dan-ilman-di-pestablogger2007.jpg narpati-kang-tutur-dan-mas-rovicky.jpg

Dari Fasilkom UI cukup banyak yang hadir, anakku ketemu teman-temannya dan seniornya (bang Riri). Kemudian anakku juga ketemu dengan kang Tutur dan sempat berfoto bersama.

bersama-kang-tutur-resize.jpg Saya sendiri baru sempat ketemu dengan kang Tutur saat makan siang, dan berfoto bersama. Sempat ketemu Adi sekitar jam 11 siang saat acara hampir dimulai. Karena penasaran saya mencoba menghubungi Andy orangemood, yang akhirnya janjian untuk ketemu di sebelah kiri panggung.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Mohammad Nuh, membuat kejutan dengan mencanangkan tanggal 27 Oktober 2007 sebagai Hari Blogger Nasional. Pak Nuh juga menjamin kebebasan berekspresi dan menulis bagi para blogger Indonesia. Blogger memberikan apresiasi yang positif, memberi sesuatu yang berharga. Suara baru Indonesia akan komplit, apalagi jika selain ditulis dalam blog, juga akan dikemas dalam bentuk syair/puisi maupun lagu. Setiap tahun akan diberikan semacam Blog Award untuk blogger yang karyanya memberi pengaruh positif bagi bangsa Indonesia.

Selanjutnya pak Tjahyana, Dirjen Aplikasi Telematika, dalam diskusi yang dipandu oleh Wimar Witular menggaris bawahi 3 hal:

  1. Blogger adalah perekat bangsa
  2. Kualitas dari content harus terjaga, karena blogger bisa mencerdaskan bangsa, namun bisa juga membodohkan bangsa.
  3. Blogger di indonesia masih sedikit. Alangkah baiknya jika guru, memasukkan materi pembelajarannya dalam blog, yang bisa diakses dari seluruh Indonesia. Bagaimana jika dicanangkan satu juta blogger tahun depan, serta dipikirkan kepemilikan laptop bagi para guru.

Usia para blogger yang hadir sangat bervariasi, semula saya membayangkan akan menjadi usia tertua yang hadir pada pesta Blogger di Blitzmegaplex, ternyata di atas saya masih ada Wimar Witular, dan pak Iwan yang usianya 76 tahun. Sedangkan blogger muda yang hadir dan sempat diwawancara mas Wimar Witular adalah Iyo, yang masih duduk di tingkat SMP (catt: sesuai koreksi Mbilung pada komentar di bawah ini, blogger termuda yang hadir, kalau tak salah adalah Saras, kelas 6 SD).
Pada dasarnya acara berjalan lancar, salut bagi panitia, kalaupun ada kekurangan disana sini masih merupakan hal yang sangat wajar. Acara memang terlambat, yang mengakibatkan pada akhirnya menjadi terburu-buru karena ruangan akan segera dipakai untuk hal lain. Juga ada penggantian tempat acara diskusi kelompok, yang menyebabkan peserta bingung mencari tempat kelompok yang diminati.

Masih banyak PR untuk panitia, apalagi dengan dicanangkannya hari Blogger Nasional, berarti setiap tahun harus ada nilai tambah atas blogger Indonesia. Tahun 2008 sudah dekat, apalagi bersamaan dengan semakin dekatnya dengan pesta Demokrasi, mungkin panitia harus mulai memikirkan bagaimana tugas-tugas dan tantangan yang diberikan oleh pak Nuh dan Pak Tjahyana bisa diselesaikan. Mungkin Steering committee mulai harus membentuk kepanitiaan, bisa sesuai panitia awal, atau bisa ditambahkan dengan orang-orang luar, dan bisa menyertakan para blogger dari luar Jakarta.

Semoga tantangan yang diberikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, yang merupakan tugas kita semua, para blogger di Indonesia, bisa terjawab. Marilah mulai singsingkan lengan, sumbangkan pikiran anda, saya kira mas Enda cs akan sangat berterimakasih atas sumbang saran anda sekalian. Dan tentu saja bagi siapapun yang ditunjuk untuk membantu, harus bersedia bekerja sama dengan senang hati.

Sampai ketemu di Pesta Blogger selanjutnya.

Iklan

26 pemikiran pada “Serba serbi Pesta Blogger 2007

  1. wah bu .. syarat award nya apa ? apa ditulis dalam bahasa indonesia? soalnya saya lagi mulai menulis blog riset saya di jepang tapi dalam bahasa inggris. tujuannya selain untuk catatan juga untuk share.

  2. Sandy,
    Saya malah belum tahu…kayaknya bahasa apapun boleh (yang jelas bhs Indonesia atau Inggris). Bagaimana jika Sandy menanyakan hal ini pada panitia, biar mereka mulai memikirkan sejak jauh hari….coba buka …. http://pestablogger.com/

    Kang Tutur,
    Lha! Kan udah foto bertiga sama kang Tutur dan mas Rovicky? Yang pakai baju hitam dena gede badannya itu lho.

  3. tridjoko

    Lho kok juga gak ketemu saya di sana ?

    Ya’ iyalah, lha wong saya sibuk bikin dekor, cek sound untuk laudspiker, dan beli lagi Opick dan Git Gut untuk mengiringi acara Halal bil Halal di RT saya, dari jam 08.00 – 22.30….

    Pak RT
    triwahjono.wordpress.com

  4. selebritis blog memang layak untuk bersanding bersama selebritis lainya… 🙂 selamat ya bu punya kenangna yang luar biasa…

    Ooh baru tahu kalau tulisan-tulisan di blog itu bisa bermanfaat… ??? aku kira cuma tulis-tulisan saja heheh *clingukan*

  5. Goio,

    Jangan meledek ahh…tapi kalaupun datang susah ketemu yang diinginkan (kecuali punya no hapenya), karena saking banyaknya orang, sampai umpel2an…..

    Triwahjono,
    Tugas sebagai RT juga penting lho…tempatku halal bil halalnya langsung di rumah pak RW (open house begitu selesai sholat Ied)

    Mas Kurtubi,
    Siapa yang seleb blog, mas Kurtubi?
    Setelah ketemu di Pestablogger, para seleb blog itu manusia biasa juga kok, dan ramah tamah…kenapa ya kesannya kalau lihat cara beliau menulis di blog bikin orang lain minder. Malah Prijadi ternyata masih sangat muda…wahh saya benar2 salut buat anak-anak muda yang seperti itu.

    Lho! Tulisan di blog memang bermanfaat, makanya ada yang mau baca…kalau ga ada manfaatnya kan ga ada pengunjungnya. Minimal kalau tulisannya lucu dan konyol…bisa bikin ketawa sendiri ….

  6. Utaminingtyazz,

    Iya masih banyak PR nih, terutama masalah wanita…bagaimana meningkatkan peran mereka di masyarakat, serta memberdayakan peningkatan ekonomi keluarga. Karena diskusi di kelompok cuma 20 menit, sangat terbatas yang mau dibahas, jadi harus fokus.

    (Cuma masalahnya kerjaan lain menunggu….hihihi…rasanya kok masih dikejar hantu kerja ini ya…padahal udah pensiun)

  7. qizinklaziva

    Seru banget tuh acaranya??? ada Pesta Blogger, Muktamar Blogger, dsb…. Taon depan ada lagi gak ya acaranya… pengen ikutan ahhhh….

  8. Mbilung,
    Udah saya koreksi. Thanks masukannya.

    Qizinklaziva,
    Karena tanggal 27 Oktober 2007 sudah dicanangkan menjadi hari Blogger Nasional, tentunya setiap tanggal itu merupakan kewajiban para blogger untuk memperingati, serta menilai apakah telah mendapatkan kemajuan sesuai target yang telah disepakati.

  9. Ping-balik: www.RiriSatria.Net … strategy | management | consultant | daily life … by Riri Satria » Here We Go ! … Indonesian Blogger Fiesta 2007

  10. Michael “D.B.” Ellinsworth,

    Thanks koreksi, sudah dibetulkan. Mudah2an tahun-tahun berikutnya PB bisa gantian di kota-kota lain.

    Pak Riri Satria,
    Sama-sama pak. saya sering dengar cerita anak saya (Narpati), katanya pernah ke LPPM mewawancara bapak….saya masih suka kesana, biasanya ketemu mas Bas.

    GRaK,
    Memang asyiik…ketemu teman-teman blogger, mengobrol…sayang waktunya sempit, tapi menurutku untuk tahap pertama, hasil kerja panitia hebat sekali bisa mengumpulkan orang begitu banyak.

  11. saya lupa klo hari itu di BLITZ ada Pesta Blogger, abis waktu mo nonton ko banyak orang2 lalu lalang pake nametag “Blogger” dan eeehh baru inget ada Pesta Blogger (pertama saya pikir malah pertemuannya di Plaza Indonesia, abis saya lebih byk ktmu orand ber-id blogger di sana)..

    .. dan nontonnya pun ga jd krn filmnya ga ada ^^

    oya salam kenal ya Bu .. (dikasi link dari temen)

  12. Wahh… wahh… kelamaan absen malah acara pestanya kelewat 😦 Kan lumayan Bu buat cari makan gratis… Ehh.. ada makan gratis kan Bu? :p hehhehe.. Kalo ga ada saya keliatannya bakalan sibuk dan ga bisa dateng pas ada pesta lagi 😀

    Oh.. iya. Karena dah lama ga mampir, saya malah belum ngucapin met idul fitri nih Bu. Mohon maaf lahir dan batin Bu. Barangkali komen saya pernah menyinggung perasaaan, mohon pintu maafnya dibuka 😀

  13. Acaranya berjalan lancar, meski mas Adi mengeluh gak dapat makan siang 😀

    Semoga ke depannya makin bagus lg… Sayang kmearin gak ikutan 😦

  14. Ikram,

    Udah stw ya, tapi masih pengin gaya….hehehe

    Bachtiar,
    Iya, happy, banyak kenalan, mengobrol…tahu-tahu waktu udah berakhir….

    Srisariningdyah,
    Lihat foto di blog nya, kayaknya kita sempat ketemu ya…anak saya juga di depok, UI…tapi di Fasilkom.
    OK. silahkan di link.

    Aldi,
    Thanks telah mampir, salam kenal juga

    Andri,
    Iya, seru….tapi kan jadi suami siaga memang merupakan kewajiban. Mudah2an PB 2008 bisa datang.

    Ersis Warmansyah Abbas,
    Thanks telah mampir.

    Wiku,
    Iya nih Wiku lama banget absennya…saya juga mohon maaf lahir batin. Sekarang di Jepang ya, kerja atau meneruskan S3? Udah ketemu Sandy?

    Iko,
    Iya, anakku juga sempat kesana kemari, tapi tetap kebagian makan…entahlah Adi asyik kemana dulu….tapi kan kebagian undangan makan sama mbak Hanny….Semoga PB2008, Iko dapat hadir dan acaranya lebih menarik, terutama hadiahnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s