Oleh: edratna | Desember 14, 2007

Melakukan hobi, mengurangi stres

Apakah hobi anda? Ada yang hobi olahraga, hobi musik, hobi membaca, hobi berkebun dan lain-lain. Hobi ini sangat berperan dalam mengurangi stres, karena di kala stres menyapa, orang bisa melupakan sejenak stres yang menimpanya dengan melakukan hobi yang disenangi.

Hobi saya membaca, dan membaca apa saja. Saat awal menikah, suami saya ketawa, karena kesukaanku membaca, dari mulai novel yang romantis, majalah Femina, majalah Ayah Bunda (maklum latihan jadi orangtua), sampai cerita silat. Dia sempat mengatakan…”Mbok kamu baca yang lebih sesuai dengan bidangmu, katanya mau berkarir bagus, kan bacaan itu ga ada hubungan sama karirmu?” Saya geli, tapi bagaimana ya mengungkapkannya, dengan membaca yang ringan-ringan, otak menjadi enteng dan kantuk langsung menyapa. Jadi, yang namanya buku bacaan bisa dibaca berhari-hari, bahkan setiap kali mulai lagi dari awal, karena lupa ceritanya. Yahh, hobi membaca sebetulnya bermanfaat mengantarkan kantuk.

Atau saat mengambil S2, sambil bekerja….untuk bisa berkonsentrasi mengalihkan pikiran dari pekerjaan yang menyita waktu, dan tugas membaca bahan kuliah serta membuat paper untuk dipresentasikan, maka pengalihan konsentrasi tadi biasanya saya lakukan dengan membaca. Entah kenapa, saya tak bisa bekerja secara paralel, tapi harus satu persatu. Jadi, kalau malam ini ada beberapa tugas, seperti: menemani anak, mesti meneruskan pekerjaan kantor yang di bawa pulang, mengerjakan tugas kuliah….maka setiap tahapan tadi saya membatasi dengan waktu. Mengerjakan tugas kantor harus selesai sekian jam, selanjutnya membaca bahan materi kuliah sekian jam, menulis paper sekian jam…dan jam 2 malam harus sudah masuk tempat tidur. Memang menjadi tidak perfect, karena dibatasi dengan jam, tapi tanpa batasan waktu, semuanya tak selesai dan akan menambah stres.

Bila semuanya selesai malam itu, sekaligus hasilnya saya print, dan besok pagi-pagi, bila datang pagi-pagi di kantor dan masih ada waktu, kekurangan bisa diperbaiki. Masing-masing orang punya kebiasaan berbeda, temanku satu kuliah justru kalau hari Sabtu Minggu nggak mau diganggu tugas kuliah, dia menghabiskan waktunya dengan olah raga, tennis ataupun golf. Pada minggu malamnya dia baru mulai kerja, dan dia bisa nggak tidur semalaman. Hal ini berbeda dengan saya, kalau sampai nggak tidur semalaman, maka saya akan kurang sehat, dan ketidaknyamanan ini berlangsung cukup lama sehingga mengakibatkan pekerjaan lainnya keteteran.

Teman saya yang lain menyalurkan hobi memasak, sehingga waktu senggangnya untuk memasak, dan hobi ini jelas menguntungkan karena bisa dinikmati seluruh anggota keluarga. Sedangkan saya, memasak hanya kalau si mbak pulang kampung. Kelemahan saya, kalau memasak mesti icip-icip, akibatnya sudah merasa kenyang, sehingga nggak doyan makan. Jadi kalau saya kebagian masak, bukannya gemuk, tapi malah berat badan berkurang, karena jadi nggak suka makan. Lucu, tapi memang nyata.

Jadi, apakah hobi anda? Benarkah melakukan hobi mengurangi stres, seperti yang saya perkirakan seperti tulisan di atas?

Responses

  1. blogwalking 😀

  2. sama Bu, hobby saya membaca, teruatama novel. dan sekarang masih ada setumpuk novel yang belum saya baca karena sibuk kerja dan kuliah hihihi 😀

  3. Edel,
    Tahnks…kapan ke Jakarta?

    Pinkina,
    Makasih kunjungannya….iya baca novel sambil memeluk guling, mendengarkan musik,…..jadinya malah tertidur.

    Tahu nggak, kuliah juga bisa mengurangi stres lho…saya hobi kuliah dan kursus, entah kursus apa aja…mesti ada yang menarik. Kalau kerjaan lagi stres, maka stres tadi jadi hilang (atau tak terpikirkan), karena kita juga dikejar tugas kuliah.

  4. Mudah-mudahan sih awal Februari 2008, Bu 😀

  5. Edel,
    Doain Narpati juga udah lulus semester ini ya….

  6. traveling! tapi ini hobi yang semakin sulit saya lakukan karena waktu dan biaya 🙂

    tinggal 3 hobi lainnya : baca buku, nongkrong sambil ngopi dengan teman2, atau beres2 rumah 😀 (hobi yang terakhir suka dibilang aneh oleh teman2 saya heiuheiuhiue)

  7. Memasak. Di samping menurunkan level stres juga meningkatkan level kreativitas dengan nyaman tak memaksakan diri untuk kreatif. Misalnya bumbu masak habis, kita bisa berkreasi dengan paduan kecap dan gula putih serta garam dengan takaran yang pas. Dan ini terjadi begitu saja. Juga menggugah pendugaan implikatif dari sesuatu kejadian. Inilah yang mungkin ada di benak nenek moyang kita ketika memasukkan daun salam atau lengkuas ke sayur lodeh tewel. Dan masih banyak lagi.

  8. nyoder ….

  9. hobi saya… *mikir*
    KULIAH! *gak lulus-lulus, huhu*

  10. membaca.

    bener-bener bikin enjoy & lupa waktu 🙂

  11. ngoding…. ngoding bikin puyeng? yang ngedisen.. udah ga ada inspirasi? tiiiidduuurr 😀

  12. nggambar, nggosip, makan, ngeblog, nonton, bengong, ngeceng…

    hobi kok rombongan ….

    kadang kalo melakukan hobi malah jadi stress. waktu nya abis .. 😀

  13. Hobi saya berkomentar 😀

  14. aduh Bu, kalau buat saya membaca itu bukan sekedar hobi, membaca itu seperti kebutuhan primer bagi saya sama dengan makan, minum, dan tidur. Saya bisa mati kalau nggak membaca sama sekali dlm satu hari. 🙂

    kalau hobi saya itu travelling dan pelihara ikan hias. 🙂 dan itu benar-benar hobi yang bisa menurunkan kadar stress.

  15. Benarkah melakukan hobi mengurangi stres, seperti yang saya perkirakan seperti tulisan di atas?

    ————–
    Bisa jadi Mom….
    Stress itu kan karena ‘fokus pikiran’ kita pada sesuatu…
    Jadi, kalau fokus itu bisa dialihkan pada melakukan kegiatan yg menjadi hobby, bisa jadi mengurangi fokus pada hal-hal yg membuat stress tadi…..

  16. Kalau menurut saya hobi memang dapat mengurangi stres. Setiap kegiatan yang menyenangkan untuk diri kita saya yakin pasti dapat menurunkan stres. Nah, masalahnya mungkin adalah tingkat manfaat dari sebuah hobi. Kalau hobi tersebut bermanfaat tentu akan membuat nilai tambah dari hobi tersebut, sedangkan kalau tidak bermanfaat mungkin akan menurunkan nilai positifnya sebagai penghilang stres. Namun bagaimanapun juga hobi tentu harus dimanage waktunya dengan baik juga, agar tidak menganggu aktivitas rutin kita yang utama, jangan2 kalau tidak dimanage waktunya bisa2 di kemudian hari dapat mendatangkan stres juga. Bisa jadi kan? 🙂

  17. Edo,
    Beres-beres…? Wahh hebat….seneng tuh yang jadi istrinya, biasanya cowok malah cuma bis memberantakin yang udah dirapihkan istri.

    Handaru,
    Wahh…seneng nih yang punya suami suka memasak…hehehe

    Adipati Kademangan,
    Nyorder…? Dari elektro ya ???

    Dimas,
    Saya doakan segera lulus…semangat, belajar keras, hayoo…jangan menyerah….

    Utaminingtyazzzz,
    Setuju….hobinya sama dengan saya….benar2 lupa waktu, dan malas ke luar rumah.

    Imam,
    Ini hobi yang bisa mendatangkan duit…..

    Sandy,
    Saya percaya kata-kata mu, walau belum bertatap muka, tapi obrolan lewat YM, tulisan2mu lewat blog, menunjukkan hal itu. Dan kayaknya hobi Sandy layak jual semua lho.

    Ikram,
    Yang benar?…bukannya hobimu menulis, itu yang membuatmu cocok jadi jurnalistik? Tulisan-tulisanmu bagus lho…agak lama ga di update, pasti sibuk sekali ya….

    Pyrrho,
    Memang kalau udah suka baca, dan kemudian suka menulis, maka membaca udah menjadi kebutuhan. Hobi memelihara ikan hias, saya mendengar memang bisa menurunkan stres. Traveling ….saya juga suka traveling…tapi ini hobi yang perlu waktu dan biaya…kalau udah berkeluarga jadi agak repot (terutama untuk wanita).

    Antarpulau,
    Sependapat…saya pas lagi kuliah S2, sekaligus menjabat pimpinan unit kerja yang super sibuk, risiko tinggi …tapi tugas2 kuliah yang berat ternyata bisa mengalihkan stres… begitu lulus, sebelum wisuda saya dirawat di RS, katanya typhus, tapi dokter bilang, saya kecapekan.

  18. Yari NK,
    Sependapat.
    Melakukan hobi memang menyenangkan, kadang seseorang menjadi lupa waktu. Hal ini memang harus dijaga, agar tugas kita yang lain tidak berantakan.

  19. Bener Bu, melakukan hobi bisa ngurangin stress 🙂
    Saya hobi membaca (termasuk membaca blog orang lain hehehe), nonton film, dan nyanyi (karaoke rame2 sama teman2..seru!)

  20. Winnie,
    Iya…hobi membaca memang mengasyikkan, sambil tiduran dan dengerin musik. Kalau baca blog harus serius, menatap terus ke komputer, jika kelamaan suka pusing.

  21. Gambar, corat coret, jalan – jalan, nonton, baca – baca…iya betul kalo kelamaan di depan komputer jadi suka pusing…kalo sudah melakukan hobi bisa ngerefresh pikiran..

  22. Riadi,
    Sepakat…melakukan hobi memang mengasyikkan…andaikan kita bisa bekerja sesuai hobi….

  23. Setuju dengan sandy eggi. Kadang2 melakukan hobi justru menambah stress karena belum selesai hobi tersebut dilakukan udah harus menjalankan rutinitas lagi, hehe2x…

  24. Semarmendemx,
    Itu kalau melakukan hobinya sampai mengorbankan kewajiban. Memang semua nya harus di manage, agar kewajiban kita berjalan, namun juga dapat melakukan hobi di luar tugas-tugas yang menyita waktu tsb.


Tinggalkan Balasan

Kategori

