Sms yang menyebalkan

Saya menggunakan telepon seluler pasca bayar Telkomsel sejak tahun 1995, sebetulnya atas nama nya suami saya. Awalnya saya menggunakan Satelindo, dan suami saya Telkomsel. Karena saya sering bepergian ke daerah atau kota terpencil, yang sinyalnya sulit, maka saya bertukar provider dengan suami. Maklum saat itu, Telkomsel bisa mencapai pegunungan Dieng, bisa sampai bukit di atas kota Sorong, akibatnya kalau tugas, teman-teman sering menilpon melalui handphone milik saya, karena satu2nya yang bisa menerima akses dari luar.

Walaupun pulsa Telkomsel relatif mahal, apa boleh buat saya tetap menggunakan Telkomsel, apalagi setiap bulan mendapat jatah pulsa dari kantor. Begitulah ceritanya, Telkomsel menemani hari-hariku, baik sedang santai, sedang bertugas, ataupun sedang piknik bareng keluarga. Namun beberapa hari terakhir ini saya jengkel karena adanya sms yang bertubi-tubi hanya untuk menawarkan barang, mengiming-imingi hadiah Rp.15 juta entah apapun, yang jelas saya tak berminat.

Pagi ini, saya sudah berlari-lari hanya untuk membaca sms yang datang, antara lain isinya seperti ini:

Plg Telkomsel Yth. Nikmati diskon 20% di Everbest PIM, PS, Senci, Plangi, MKG. Berlaku mulai tagl.20 sd 26 Des 07 dengan menunjukkan sms ini.

Sampai jam 10 pagi ini, saya sudah mendapatkan 5 (lima) macam sms, yang isinya mirip-mirip…bagaimana nggak sebal. Akhirnya saya menelepon lewat 111, ke Customer Service Telkomsel, tapi kayaknya mereka nggak bisa berbuat banyak. Memang sih, saya tak terpengaruh, tapi yang menyebalkan, saya sudah buru-buru melihat sms karena kawatir ada berita penting, ternyata cuma…gombaaaal.

Mungkin mas Andri bisa menjelaskan apakah cara marketing seperti diatas akan efektif atau malah membuat konsumen sebal. Apalagi saya tak tahu singkatan Senci, MKG…yang entah Mal apa dan dimana lokasinya.

Apakah jalan keluarnya agar tak terganggu oleh sms tak penting seperti itu? Apakah anda juga mengalami kejengkelan seperti saya?

38 pemikiran pada “Sms yang menyebalkan

  1. waaah bu, sama… meski mahal kita sama-sama pelanggan setia Telkomsel πŸ˜€ mau aja kita bayar mahal ya bu… harusnya loyal customer macam kita ini dapet rewards ya… hihihihi
    soal sms ini, aku juga dapet, tapi beda jenis, judulnya asuransi untuk liburan gitu deh…ugh! beberapa kali lagi dapetnya… pas lagi meeting, belum sempet switch off suara, eh keburu masuk, suara agak kenceng… isinya promo… gak penting bener….

  2. Ruth,
    Iya nih, sebelnya kalau nunggu telepon atau sms penting…dan pas kita lagi sibuk-sibuknya.

    Caplang,
    Iya, nyebelin…tadi saya udah mengomel sama CS nya…tapi kan bukan dia pembuat putusannya.

  3. Lum mbak, soalnya saya pake produck indosat πŸ™‚
    Yup, menyebalkan si kalau terlalu sering ada sms yang begitu

    Mbak tapi saya jadi tertarik ni dengan paragraf pertama. Mbak sering traveling sampai ke pelosok? boleh mbak bagi-bagi cerita dan pengalamannya πŸ™‚

  4. adipati kademangan

    lhah wong kita customer, pelanggan … kok malah kita yang repot. sudah seharusnya sekarang kultur endonesah dididik untuk melayani

  5. edi jatmika

    Iya bu, tadi sudah saya marahin petugas 111, karena saya juga ga tahu isi pesannya sama dengan ibu. bedanya di depan disebutkan “Plg Priority” terus kita suruh ngubungi ke *555#. Setelah saya hubungi katanya saya bukan Plg Priority…. waduh saya juga ga tahu apa itu Plg priority itu… tapi yg jelas ngecewain…. saya bulan depan berencana pindah ke privider lain aja.

  6. Sama bu. Saya juga pelanggan Telkomsel pasca bayar sejak 7-8 tahun lalu. Belakangan Telkomsel saya rasakan banyak spam. Memang menyebalkan sekali kalau kita sedang nunggu SMS penting, yang nongol malah spam.

    Mau ganti nomer, repot, karena orang telanjur hafal nomer ini, apalagi termasuk nomer cantik. Kata beberapa teman, spam di provider lain juga malah jauh lebih hebat.

  7. Emang sebel juga sih kadang, saya juga ngerasain hal yang demikian. Mudah2an pihak telkomsel membaca postingan ibu dan dari banyaknya komen yang keberatan hal itu terjadi akan jadi bahan pertimbangan untuk mereview kembali pesan2 iklan sejenis agar tidak ditampilkan.

  8. Cara spt itu, bisa jadi sangan ditunggu2/berguna untuk shopping maniac penganut paham metropolis, tapi di satu sisi, juga menyebalkan utk yang tidak interest.

    Menurut saya, mengirimkan sms iklan spt itu memang menyentuh sisi personal privasi customer.. harusnya pelanggan yang subscribe butuh dikirimin info spt itu atau ga..
    Provider secara tidak langsung sudah menjual database nya untuk kepentingan komersil.

    Di Jepang sih, kita bisa set untuk memblok sms/tepatnya email( di jepang dalam bentuk email ke provider2 yang berbeda). Nah andai di Indo ada fitur ini, ah.. betapa nyamannya terhindar dari sms yang kita black list.

    Coba tulis di suara pembaca dulu aja bu? piye?

  9. Saya tidak menggunakan telkomsel, tapi memang setuju si bu kalo sms yang tidak ada hubungannya dengan aktivitas nomor kita atau dikaitkan dengan promosi, memang terasa mengganggu, lha wong sms pemberitahuan dari operator mengenai promo sms, atau promo ap saja kalo dikirim sehari bisa 5 kali, kadang2 bikin kesel, kirain siapa yang sms, ternyata dari operator. Saya pake XL sehari dulu pas lagi promosi apa gitu, di sms 818 bisa 5 kali

  10. kl secara etika mungkin bisa di bilang kalo sms seperti itu adalah spam, karena dikirim tanpa persetujuan kita (hampir mirip ama di email lah), kebetulan saya ga pake telkomsel tapi mengalami hal serupa untuk Indosat(biasanya program hadiah) dan esia (program diskon dll).
    Kalo masalah senang ato ngga mungkin relatif ya bu, tergantung pribadi masing2, kan ada jg yg suka kl di kasi diskon. Harusnya sih pelanggan bisa komplain dan minta supaya layanan seperti itu ngga dikirimkan ke nomernya tapi kayanya belum ada provider yang nyediain layanan tersebut.
    Kalo secara marketing kayanya berguna sih soalnya pelanggan jadi tau program2 dari providernya.

  11. Dulu sewaktu saya di Jakarta saya pakai Esia ya gitu, ada lumayan sms masuk yg isinya kalau tunjukin mesejnya maka bisa dapat makan ayam atau burger atau minuman gratis di wendy sebelah kantor. saya sih gak pernah tertarik, jadi saya kasihkan aja sama OB kesayangan saya dulu itu (supaya dia senang jadi saya ada hiburan ngeliat dia senang saya jadi senang juga).

    Tapi memang saya marah2x kalau saya selalu di spam sms yang tidak saya inginkan. Jadi saya kirim email aja saya marahi Esianya, berikut ini copy pastenya.

    email dari saya:

    rom Arie Kusuma Atmaja
    to customercare@bakrietelecom.com,
    date Feb 7, 2007 5:20 PM
    subject HP Esia saya di spam oleh Esia sendiri!
    mailed-by gmail.com

    hide details Feb 7

    Reply

    DH,
    saya pemakai kartu prabayar esia sejak satu bulan yang lalu,
    nomor saya : 99232104

    i don’t know whether this email would be replied or not as i already got
    bad complaints from other esia’s users, when i did googling for :
    “untung pake esia” keyword, i got this blog link :
    http://henz.blogsome.com/2006/10/13/katanya-untung-pakai-esia/ which
    told me her bad experience using esia.

    although i found using esia is worth it and cheap. tapi saya sangat
    terganggu dengan adanya SMS jokes yang disediakan selama seminggu yang
    bila suka bisa diteruskan menurut tulisan SMS tersebut.

    Bagi saya strategi marketing seperti ini sama seperti spam email, and it
    worst because it directly affects my life.

    bisakah saya minta tolong supaya cara-cara seperti ini dihapus/dimatikan
    setidaknya ke Nomor HP saya? i would no longer be happier using this
    esia if i got spam on and on even from esia itself.

    I’m a computer geek and I know how easy it is to delete a sort of
    service from just one record of one’s phone number ASAP.

    Thank you for your attention.


    Arie Kusuma Atmaja
    http://ariekusumaatmaja.wordpress.com http://groups.yahoo.com/groups/id-ruby

    lalu jawaban dari esia adalah sbb (format email asli adalah format email HTML / bukan plain text):

    from Customer Care
    to ariekusumaatmaja@gmail.com,
    date Feb 9, 2007 3:48 PM
    subject RE: HP Esia saya di spam oleh Esia sendiri!

    hide details Feb 9

    Reply

    Jakarta, 9 Februari 2007

    Nomor Ref. : 1762/EST.07/CRM/II/2007

    Kepada Yth,

    Bpk/Ibu Arie Kusuma Atmaja

    Di tempat

    Perihal : Kuis Joke

    Pelanggan yang terhormat,

    Terima kasih atas kepercayaan yang telah Bpk/Ibu berikan kepada Esia untuk selalu memberikan pelayanan telekomunikasi yang terbaik kepada para pelanggan kami.

    Sehubungan dengan permasalahan yang Bpk/Ibu alami dalam menggunakan pelayanan Esia, kami mohon maaf atas permasalahan tersebut dan kami sangat berterima kasih atas masukannya untuk Esia.

    Adapun mengenai permasalahan yang Bpk/Ibu alami, bersama ini kami sampaikan bahwa kami telah mengeluarkan nomor Esia Bpk/Ibu 021-9923.2104 dari layanan Kuis Joke dan kami mengharapkan Bpk/Ibu dapat menikmati layanan Esia dengan maksimal.

    Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Kami mengharapkan agar Bpk/Ibu selalu memberikan masukan kepada Esia, karena masukan Bpk/Ibu sangat berharga buat kami. Kami selalu berusaha memberikan pelayanan dan solusi yang terbaik untuk pelanggan kami. Apabila ada hal-hal yang ingin dikemukakan, dengan senang hati kami mengharapkan kesediaan Bpk/Ibu untuk menghubungi Call Center Esia di nomor 021-9288-9288 atau di nomor *888 (untuk pelanggan paskabayar) *999 (untuk pelanggan prabayar) melalui ponsel atau melalui fax kami di nomor 021-9393293.

    Salam Esia,

    Customer Care

    ketika saya cerita-cerita sama teman saya orang Eropa dia ketawa geli juga denger cerita saya marahin langsung ke operator telponnya (padahal mereka dari negara maju), abis sebel banget sih saya dispam, saya pikir cuma teman saya di Jakarta aja yang ketawa geli banget kita bisa minta deactivate special nomor kita ke mereka.

  12. Iway,
    Sebelum ada Hp, kalau tugas, saya minta nomor tilpon Kantor Cabang dan tilp rumah Pimpinan Cabang, terus telepon ke rumah memberi tahu nomor-nomor tsb jika ada keadaan darurat dan nomor telepon hotel. Nyatanya selama ini lancar, ada Hp malah kadang bikin senewen….walau masih lebih banyak manfaatnya sih.

    Perempuan,
    Saya travelingnya abidin alias atas biaya dinas. tapi bukan ngawur lho, biasanya saya jalan-jalan setelah tugas selesai, misalnya tugas selesai hari Jumat, saya pulangnya hari Minggu pagi, biar Sabtu bisa mengelilingi daerah tsb. Atau memang tugasnya sekalian melihat daerah tsb, seperti di Dieng, Manado, atau ke Sorong, atau ke danau Toba karena ada klien yang usahanya di dekat situ, jadi mau tak mau tidurnya yang ada hotelnya dan hotel terdekat di pinggir Danau Toba.

    Ke Lombok dalam rangka mengajar, punya waktu cuma sore hari karena mengajar dari pagi s/d jam 17.00 wib…jadi selepas sholat Asar, langsung ke Senggigi dan sekitarnya. Juga saat ke Papua, ada waktu Sabtu Minggu, lha daripada ngantuk di hotel, ya terus keliling, syukurlah akhirnya sampai ke perbatasan. Hari Senin s/d Jumat esoknya saya melanjutkan mengajar dan Sabtu paginya langsung balik ke Jakarta. Tulisanku dimaksudkan agar jika ada pembaca yang waktunya terbatas kayak saya, tetap dapat menikmati perjalanan di sela-sela tugasnya.

  13. Mihael “D.B.” Ellinsworth ,
    Wahh..kalu itu sih sms penting…..sebagai pemberitahuan.

    Za,
    Thanks kunjungannya. Temannya Narpen ya.

    Adipati Kademangan,
    Itulah, mereka nggak memikirkan pelanggan bisa pindah ke provider lain.

    Edi Jatmika,
    Saya juga dapat pesan sepertimu, tapi yang saya tulis cuma salah satunya….Akhirnya hp saya silent, toh suami atau anak bisa menghubungi telepon rumah kalau perlu.

    Nofie Iman,
    Itulah, mereka mungkin tahu kelemahan kita juga, nomer terlanjur dikenal, apalagi kalau kita berbisnis, kan mereka menghubungi via hp kita. Juga Hp saya banyak menolong selama ini, dari bepergian di dalam negeri, maupun di luar negeri tak masalah….sayang juga sih. Tapi kemarin saya mungkin lagi kesel, jadi nulis itu, padahal lagi puasa (puasanya batal nggak ya).

  14. Totoks,
    Wahh ..betulkah Esia menjengkelkan? Justru sekarang Esia lagi “in” dikalangan anak muda, terutama kayak anak bungsu saya, sibuk gaul, pacaran, main, ngerjain tugas dsb nya…katanya Esia paling murah.
    Btw, thanks kunjungannya.

    Undercover,
    Harapan saya seperti itu, mungkin saya juga perlu email ke customer servicenya…sayang sih kalau banyak pelanggan kabur.

    Sakuralady,
    Saya niatnya mau email langsung ke Telkomsel, lebih baik seperti itu, daripada ke surat pembaca. Mungkin mereka menganggap saya “gila belanja” ya…tapi mas Nofie Iman juga dikirimi seperti itu, berarti kan ga hanya cewek.

    Riadi,
    Anak saya pake xL…tapi dia kayaknya tenang-tenang aja.
    Btw kok blog mu sulit diberi komentar ya….lama banget, dan akhirnya ga masuk-masuk.

    Bagus,
    Dari sisi marketing mungkin benar, tapi kan kalau marketing nya tak tepat bisa jadi bumerang. Kayaknya sms seperti itu tak hanya untuk Telkomsel, tapi juga yang lainnya.

    Bacteria,
    Berarti nasibnya sama ya. Thanks kunjungannya.

  15. Luthfi,
    Lho…saya nggak register apa-apa kok…
    Saya tak pernah register segala macam, bahkan nomor Hp hanya untuk kalangan tertentu, makanya sebel banget….

  16. dykira,
    Mendingan enggak deh…karena sempat beberapa hari rata-rata dapat minimal 5 sms penawaran yang aneh-aneh. Tapi gara-gara menilpon 111, hari ini reda…jangan2 dia baca blog ya. Syukurlah.

  17. emang menyebalkan kalo mengalami kejadian kayak gitu, menurut hemat saya itu kerjaan Spamer bu dia memasukan no Hp secara acak tapi mengatas namakan Provider…emang tuh org kurang kerjaan banget dech, mendingan org tuh suruh ngurusin kambing gw aza hehehe……
    Salam kenal

  18. Ya, temannya Narpen tante. Wah, komentarnya banyak juga πŸ™‚

    Untungnya saya tak banyak menerima SMS menyebalkan seperti yang tante sebut. Dulu waktu di Jogja pernah pakai Telkomsel. Saya suka ketawa ngakak dalam hati baca SMS seperti ini: “Kirim ke 20 orang SMS ini maka anda akan dapat hadiah 20 juta”. Hahaha… kalau saya tidak menulis SMS seperti itu apakah akan dihitung juga.

    Langsung dihapus saja Tante, masih banyak hal lain yang menyenangkan yang bisa dilakukan. Baca buku? Bertanam?

  19. azer10

    sepertinya bukan hanya telkomsel bu, saya juga sering mendapatkan sms seperti itu (indosat)
    dengan iming2 macem2!!!ada duit ada jalan2!!!saya tidak tertarik!hanya memenuhi inbox aja
    salam kenal ya bu….

  20. kalau saya dari esia… kesannya bawel gitu loh.. masa memberitahukan pulsa anda hampir habis… berkali2 hingga pernah kejadian hingga 10 kali dikirimi sms..

  21. narpen

    wah emang menyebalkan tuh! apalagi klo lagi nunggu2 sms org trus dateng sms, dibuka ternyata dari provider, jiyaaaa… bete!

    aku ga tau klo telkomsel gmana sih.. dulu pas awal pake esia spamnya AJIGILEEE… ampe jempol bawaannya udah refleks ngedelete sms mulu :p tapi emang sih.. (hehehe..) smpet nyesel pas main ke izi pizza ternyata lagi ada promosi esia (wooo!! promosi, promosi!!), lumayan diskon brp persen gt, sayang tnyt smsnya udah kuapus.. g jd dapet deh.. 😦

    tapi nyeselnya cuma 1 kali itu kok, dari beribu2 (berlebihan :P) sms promosi yg kudapet.. menurutku sms promosi kaya gtu malah ga tralu ngefek karena begitu baca nama pengirim smsnya, aku udah langsung refleks ngedelete, bahkan hampir ga pernah ngewaro isi smsnya apa..

    oh, ada yang lebih menyebalkan lagi nih bu: nada tunggu esia yg tiba2 berubah gara2 diassign seenaknya, beuhh (padahal ga pake proses register!)… dapet lagu dangdut ga jelas, mana klo telat di-unreg bulan depannya bisa kena charge,,
    menurutku yg itu jauh jauh lebih menyebalkan.. untung yg pake esia rata2 orangnya sabar πŸ˜€

  22. Arie,
    Tulisanmu panjang kali, sampai masuk SPAM…hehehe…thanks infonya. Gangguan sementara berhenti karena ditulis di blog…

    Otomotif,
    Salam kenal kembali, thanks telah mampir.

    Za,
    Iya…kalau nggak sebel kan nggak ada bahan menulis di blog…..hahaha

    Azer10,
    Salam kenal juga, thanks telah berkunjung.

    Mas Kurt,
    Sama dong sama si bungsu (Narpen), dia juga pake Esia…

    Alief,
    Kaleidoskop? Boleh juga tuh…..ntar kalau sempat ya…(bingung juga setahun ini ngapain aja ya???)

    Trian,
    Kelapangan terus ya…pake Telkomsel? Ntar pulang ke Jakarta tambah item lho, dan yang dibalik kain jendela pangling jadinya.

    Narpen,
    Biar sebal sms terus…kayaknya kamu kecanduan sms deh…berapa huruf per menit? Sambil dengerin kuliah? Hati-hati pak Budi R bisa baca blog mu lho….masih ada nggak kuliah yang diajar beliau?

    Nurussadad,
    Kayaknya pelanggan telepon seluler di Indonesia harus sabar ya….

  23. kalau yang asuransi masih mending, ada info yang berguna, tapi kalau progam diskon, saya agak males, tapi saya pernah ada masalah dengan Telkomsel, kartu halo saya nggak bisa aktif seminggu, dan saya datangi kantornya ketemu sama customer relation managernya dan minta maaf sambil kasih kompensasi nggak bayar subscription feenya selama 1 bulan. ada baiknya komplain langsung melalui email, kalau nggak ditanggapi, kirim surat, kalau nggak ditanggapi lagi buat pengaduan ke BPSK saja bu

  24. Apakah Ibu Enny pernah mendengar HP berbunyi tengah malam? Beruntung jika tidak pernah. Seseorang (sebuah sistem diset untuk) mengirim pesan seperti itu, sehingga konon katanya itu bermaksud supaya pagi hari; pesan itulah yang pertama kali dibaca…. hebat, ya?

  25. Pak Dadang,
    Hp ku kadang bunyi malam hari, biasanya bos sms atau telepon penting….:(
    Tapi saya tak berharap mendengar bunyi Hp tengah malam, biasanya pertanda buruk, kalau dulu pekerjaan dadakan untuk besok pagi…kalau sekarang ada yang lagi sakit, meninggal dsb nya.

    Untunglah biasanya Hp hanya sampai sekitar jam 10 malam. Dan setelah saya menulis tentang sms di blog ini, sms nya kembali normal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s