Oleh: edratna | Maret 7, 2008

Mengapa buka Account Multiply?

Setelah si sulung menikah, banyak teman dan saudara yang ingin melihat foto pernikahan. “Ya, udah, nanti saya kirim lewat email, jadi tolong tulis aja alamat emailnya,” jawab saya. Komentar mereka..”Pasang aja di Multiply, kan beres, “…Waduh, yang namanya friendster aja jarang di up date, apalagi mesti buka lagi yang baru.

Saya mulai ikutan friendster gara-gara si bungsu kuliah di ITB, dan si sulung melanjutkan ke Brisbane. Biasa ditemani anak-anak, rasanya sepi sekali, apalagi semakin terasa sepulang bekerja. Kemudian saya bergabung dengan IOM-ITB (Ikatan Orangtua Mahasiswa ITB) melalui milisnya, dari milis ini ketemu teman-teman lama yang ternyata anaknya juga masuk ITB. Dari obrolan ini muncul saran agar para orangtua bergabung dengan friendster. “Maksudnya apa?” tanya saya. Maksudnya agar kita bisa mengetahui perkembangan anak-anak kita, siapa temannya, apa komentar teman-teman terhadap anak kita. Ternyata untuk bisa mempunyai account di friendster juga bukan perkara mudah, karena anak buah saya rata-rata tak punya…akhirnya saya bertanya pada staf yang paling junior…syukurlah dia punya dan mau mengajari saya, dan mulailah saya mempunyai account friendster.

Account multiply saya kenal sejak ikut pesta blogger 2007, salah seorang yang rajin berkomentar di blog saya, mempunyai account di Multiply (MP). Dan untuk menghargai pengunjung yang memberikan komentar di blog, saya berusaha membalas kunjungan, dan ternyata untuk bisa masuk dan memberikan komentar di MP, saya harus mendaftar lebih dulu. Account MP jarang saya gunakan, sampai kemarin saat ingin membuat album foto. Ternyata membuat album foto di MP lebih menarik, setiap peristiwa bisa disatukan pada satu album, serta bisa diedit, sesuai keinginan kita. Hal yang sangat berbeda dengan di Friendster. Apakah saya akan mengaktifkan account MP dengan menambah mengisi di luar album foto? Sepertinya tidak, karena untuk mencoba meng update tulisan di blog saja kadang sulit menyediakan waktu, yang makin terasa berat jika tugas di dunia nyata semakin menyita.

Iklan

Responses

  1. Salut deh dengan ibu, yang selalu mengikuti perkembangan jaman. Sudah sepantasnya orang tua modern saat ini dapat mengikuti perkembangan jaman agar bisa menjadi ‘sahabat’ anaknya sendiri.

    Bu .. ada yang terbaru lagi .. namanya flirck kalo ga salah .. itu malah bisa di upload dari HP .. tapi saya belum pernah nyoba cuma baca iklannya aja. Jadi .. kita bisa upload foto2 dari HP dan langsung terkirim ke flirck kita itu bu.

    Macem2 aja ya bu .. jaman sekarang. Kalo waktu kita masih muda, boro2 internet .. buat bikin foto aja mesti ke studio ato kalo mau yang cepat cari polaroid tukang foto keliling hehehe πŸ˜†

    Erander,
    Mengikuti nya buatku agak sulit, tapi harus dipaksa. Dan lucunya, begitu saya buka account MP, ternyata foto-foto di account MP anak gadisku udah banyak, yang kebanyakan cerita dan pengalaman dia saat kuliah. Dia dulunya buka MP untuk down load lagu-lagu…

  2. bu..haree geenee friendster ??? he he
    konon yang lebih up to date..Face Book
    anyway saya lebih tertarik menyimpan foto di Flickr , nggak tahu multiply seperti membatasi hanya kepada pengguna account multiply saja untuk bisa interaktif.

    Iman Brotoseno,
    Iya mas Iman, Fs nya hanya sesekali di tengok, karena suka lambat juga prosesnya. Saat ketemu teman kemarin, dia juga menyarankan pake Face Book (apa lagi ini ???)/
    Btw, saya langsung minder lihat foto mas Iman, ketahuan sekali pengalamannya, sangat…sangat indah…tapi saya menikmati melihatnya.

  3. wah, bu enny ternyata punya blog juga yak di multiply. saya pernah coba buka accout di multiply juga, tapi hingga sekarang jarang saya update. maklum, agak repot dan rumit, menurut saya, hehehehe πŸ˜† seperti mas iman, saya lebih banyak menggunakan flickr untuk mengabadikan foto2 apa pun. btw, salut juga buat bu enny yang telah membuat account di MP, mudah2an foto2 kenangan itu bisa dilihat oleh siapa saja.

    Pak Sawali,
    Saya juga baru belajar pak…tapi terlihat lebih nyaman kok di MP, dibanding di Fs…tapi memang hanya bisa dilihat, kecuali jika add sebagai teman. Itupun saya juga nggak tahu caranya bagaimana add teman…hehehe…

  4. berkutat di dunia maya, memang nggak cuman waktu bu… apalagi kayak saya.. waduh mainan nggak murah!

    Peyek,

    Setuju….kalau saya masih seaktif dulu, mungkin juga nggak sempat menulis blog…kan sekarang setengah menganggur, jadi bisa dilihat kalau postingan banyak, artinya lagi menganggur dan sehat…hehehe

  5. M…. Flickr pokoknya, lebih pas memang buat menyimpan foto-foto dan di share ke orang lain.

    eenx
    ,
    Kayaknya fickr menarik ya…kapan-kapan nyoba….

  6. Waduh, yang namanya friendster aja jarang di up date, apalagi mesti buka lagi yang baru

    +1
    situs situs komunitas emang biasanya di awal-awalnya doang yang excited, abis gitu kalo udah terbiasa ya udah, jadi bosen deh.

    kadang kalo nggak diikuti = ngerasa pengen ngikuti. tapi kalo terus-terusan ngikutin = bosen. serba salah -_-

    dan ternyata untuk bisa masuk dan memberikan komentar di MP, saya harus mendaftar lebih dulu.

    kalo saya malah dah punya MP trus lupa password trus mo ngingetin password lagi kebanyakan ditanya sama MP jadi males reactivate user account saya di MP -_-

    jadi kalo ada suatu resource yang saya pingin komentari tapi gak bisa saya komentari disana, caranya saya tambahkan aja link di delicious yang memakan waktu kurang dari 5 detik biasanya (cukup masuk ke Konsole, trus perintahkan dari sana / bahkan saya nggak perlu ke situsnya) jadi cukup menghemat waktu sekian detik (biasanya saya POST ke delicious kisaran 1 – 5 biji tiap hari, jadi hemat 25 detik or kurang lebih setengah menit.

    Arie,
    Hehehe…bener komentarmu. Kemarin tuh saya, anak sulungku dan adikku ngomongi tentang blog, dan nyinggung blognya Arie. Adikku (dia master Computer Science dari Indiana University, ngajar di Binus), bilang…”Kadang kita baca blog, tapi sulit komentar. Seperti blognya Arie, jadi ya akhirnya cuma baca.” Jawabku…”sama”…hahaha. Jadi sorry ya Arie, terus terang aku gaptek deh, jadi kalau baca blogmu suka sambil mengerinyit….tapi mungkin kalau ketemuan, dan ngobrol biasa, pasti banyak senangnya ya…

  7. hihihih
    selamat Bu, jd main gawul πŸ˜€
    klo dulu saya buka akun multiply buat komen di multiply sekaligus donlot lagu2 (bajakan tentunya :D)

    Luthfi,
    Ternyata alasanmu buka MP sama dengan anakku….hehehe

  8. Betul bu…. sekarang banyak sekali situs2 yang menawarkan album foto online. Kalau kita mengetikkan “photo hosting” di search engine seperti Google akan banyak sekali situs2 yang menawarkan album foto online layaknya album foto konvensional yang kita punya di rumah, sangking banyaknya jadi bingung kita…….

    Yari NK,
    Iya kalau mengikuti semua bikin bingung….biasanya saya mengikuti karena dorongan anak-anak….atau apa yang saya bisa melakukannya.

  9. saya malah sampai sekarang males banget komentar di multiplay, padahal niatnya mo kunjungan balasan, eh ternyata harus register dulu,

    secara saya yang males , yah sampe sekarang saya gak pernah comment di blog multiplay dan gak pernah bikin akun di MP.

    tapi saya tertarik juga nih sama album fotonya :d

    mungkin abis ini bikin akun deh di MP πŸ˜€

    Ridhocyber,
    Untuk MP saya belum tertarik yang lain, selain album foto, karena bisa dipisahkan pada beberapa kategori sesuai keinginan.

  10. Wah Bu, staf junior bingung kali ya, kok Ibu GM tiba-tiba mau buka acc frenster πŸ˜€

    Edel,
    Memang keinginan yang aneh…dan mereka mengerumuni rame-rame saat junior mengajarkan. Dulu…saya hanya sempat buka sebulan sekali….sekarang kan memang lebih santai…ternyata enak ya bekerja tanpa di kejar-kejar macet….

  11. Whew, saya barangkali salah satu ‘generasi pertama’ pengguna multiply, tapi ternyata malas juga mengurusi banyak ‘anak’ di internet. FS, MP, FaceBook, Blogs…Flickr? Whew!!

    Donny Reza,
    Hidup memang harus memilih…urusan internet hanya jika ada waktu, khususnya untuk sejenis Fs, MP dll. Demikian juga jika menulis di blog….jika untuk dunia nyata lagi penuh pekerjaan, menulis di dunia maya jangan sampai menganggu produktivitas kerja…kecuali pekerjaan kita memang sebagai penulis.

  12. nggak ada salahnya toh jadi ibu gawul
    pengetahuan ang banyak ngalahin yang muda – muda

    Adipati Kademangan,
    Kepandaian bersosialisasi memang diperlukan, namun harus ada keseimbangan antara kerja dan sosialisasi (atau bergaul)….

  13. iya bu , kadang sekarang lagi suka nyerah kalo pas tugas di dunia nyata lagi banyak

    Realylife,
    Tugas utama kita memang di dunia nyata, internet untuk membantu…dan tak benar jika terbalik.

  14. wah seandainya ibu saya di malang juga bisa internet seperti ibu pasti tiap hari bisa chating juga dengan saya hehehe…. tapi internet di desa rada sulit berkembang bu πŸ˜›

    Totok,
    Minimal bisa sms an kan? Ini malah bisa dimana saja, kapan saja…sedang internet perlu waktu, kecuali hp nya canggih…itupun boros pulsa.
    Internet memang memudahkan…bayangkan, saat istirahat di tengah pekerjaan yang menumpuk, dan buka email….tahu-tahu ada email dari anak….”Hallo cewek, sedang ngapain?” Hati yang lagi capek kerjaan, dikejar dead line, langsung tersenyum, dan gembira…(ini sebelum saya kenal istilah YM). Tapi YM juga bikin lelah lho…jadi saya suka pake “invisible“…tapi khusus anak saya buka, kalau tidak kawatir mengecewakan orang lain….

  15. Saya bukak MP sama kayak alesan Lutpi, buat donlot aja. Tapi saya nggak nyari lagu, biasanya berburu gending-gending, wayang atau dagelannya Basiyo. Soal ngeblog, saya memang lagi bosen, jenuh, dan ada kegiatan tulis menulis yang sangat menyita waktu. Jangankan di MP, yang di WP aja sampai aku tengkurapkan.

    Arwah gentayangan
    ,
    Lagi padat ya tugasnya? Nggak apa-apa kok…dunia maya (maksudnya internet) jangan sampai membebani, tapi justru untuk mendukung kelancaran tugas….

  16. multiply emang top – http://sabtuminggu.multiply.com

    Tycoon wannabe,
    Betulkah? Saya hanya sekedar mengisi album, biar keponakan dan teman bisa melihat.

  17. cara hapus account kita di MP gimana, ya?

  18. wahhh rame sekali disini.. hmm perkembangan jaman… usia pun berkembang mengikuti teknologi.. ehh.. teknologi mengikuti usia. walaah walaah.. hebat si tante.. go go go..!! success..!!

    just for info..
    pengen yang lbeih seru membuat web dan blogs sesuai selera dan design, banyak neh yang gratisan, wordpress.com, blogspot.com, atau mau yang lbeih hot? pake joomla, drupal, php,

    mau yang gratisan, neh http://www.000webhost.com, hosting gratis 1 giga, alamat bisa dipendekin di co.nr atau co.cc ehehehe..

    atau beli aja domain.. murah ini.. .com rata2 cuma 90 ribu, hosting dibawah 100 pertahun.. good luck.. from http://www.parantifm.com and http://www.dunixi.com πŸ˜›

    Buat yang mo nyoba, install aja wordpress, joomla, atau lainnya di pc lokal, upload ke 000webhost.com πŸ™‚
    ——————–

  19. ehmmm… buat yang mo hapus akun di Multiply caranya gampang om.. dibagian my account, my info, link : http://multiply.com/setup/account pastikan bahwa anda telah login terlebih dahulu, klik tuh bagian CANCEL ACCOUNT, beresss


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: