Tulisan apakah yang paling diminati pembaca?

Saya baru memperhatikan, ternyata tulisan di blog saya yang paling banyak diminati pembaca sangat jauh dari perkiraan. Betapa anehnya, ternyata tulisan yang paling banyak dilihat adalah “Daerah wisata yang layak dikunjungi di pulau Lombok.” Padahal itulah wisata yang paling singkat saya lakukan, karena hanya punya waktu sore hari menjelang malam, sebelum besoknya kembali ke Jakarta. Selain itu untuk menanggapi komentar pembaca juga membuat saya bingung, namun sebagai tuan rumah yang baik saya berusaha tetap menjawab pertanyaan pembaca, apalagi yang telah bersusah payah memberikan komentar. Mengapa? Karena kadang komentar dibuat tanpa membaca dulu isi ceritanya, dan pada komentar sebelumnya telah di buat komentar yang sama,

Namun justru disitulah seninya menulis blog, kita tak pernah tahu seperti apa segmen pembaca kita. Walaupun begitu saya akan mencoba memahami seperti apakah kira-kira pembaca yang bersedia menyisihkan waktunya mampir di blog ini, berdasarkan hasil penjelasan WP.

a. Tak semua tulisan yang dipersiapkan dengan waktu cukup lama berhasil menarik minat pengunjung.

Tulisan tentang Lombok, dibuat sepulang saya mendapat tugas mengajar di pulau Lombok, dan itu merupakan kunjungan saya yang kedua kalinya ke pulau tersebut. Karena kunjungan saya dalam rangka tugas, maka sebetulnya saya hanya sekedar melihat daerah wisata, dikala waktu memungkinkan. Kunjungan pertama, saya dan staf sampai di hotel, yang terletak di pantai Senggigi sudah malam, sehingga praktis langsung tidur. Pagi-pagi sekali saya bangun, dan olah raga dengan jalan kaki diselingi lari sepanjang pantai Senggigi. Jam 8 pagi sudah dijemput untuk melihat lokasi usaha klien, dan setelah itu langsung terbang ke Surabaya, untuk meneruskan perjalanan ke Jember dan Situbondo, melihat lokasi usaha klien, yang juga merupakan pemilik usaha di Lombok.

Kunjungan kedua kalinya dalam rangka mengajar, dan saya hanya sempat punya waktu setelah jam 5 sore…dan jadilah saya berempat dengan teman berjalan-jalan ke pantai Senggigi yang hanya berjarak tempuh 10 menit dengan kendaraan roda empat. Setelah itu hanya jalan-jalan di kota Mataram, sekaligus membeli oleh-oleh. Cerita saya tentang wisata di Lombok, bahannya saya peroleh dari brosur di hotel tempat saya menginap, dan saya tulis di blog, agar jika saya mendapat kesempatan mengunjungi Lombok, telah tahu daerah wisata mana yang akan di tuju.

Ranking kedua tulisan saya yang banyak dikunjungi adalah “Tanah Toraja nan indah permai”. Tulisan ini baru saya buat setelah kunjungan ke Toraja 10 tahun sebelumnya, jadi sebetulnya sudah basi. Pada tahun 2006 saya dan staf berniat kembali melihat Toraja, tapi mendadak harus segera pulang ke Jakarta, karena harus menghadiri RUPSLB, padahal cuti sudah disetujui. Apa boleh buat, saya kembali ke Jakarta. Tulisan tersebut saya buat, saat saya baru memulai menulis di blog dan bingung mencari topik tulisan….lha kok ternyata banyak pengunjungnya.

Tulisan ketiga adalah “Budaya korporatif, Etika Bisnis dan Corporate Social Responsibilities“. Ini saya buat sebelum isu tentang CSR menjadi ramai seperti sekarang, dan saat awal menulis topik itu nyaris tak ada pengunjungnya. Sejalan semakin berkembangnya masalah CSR, apalagi telah dituangkan dalam UU PT No.40 tahun 2007, maka tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan tertuang dalam pasal 74. Saya sendiri sebetulnya berniat menulis lanjutan topik ini, tapi menunggu juklak atau peraturan pemerintah sebagaimana diatur dalam pasal 74 ayat 4 yang sampai saat ini belum keluar.

b. Komentar dari pembaca sering tak di duga.

Kadang saya berpikir, apa tulisan saya kurang dipahami, karena kadang ada pertanyaan yang sangat jauh dari topik yang dibicarakan. Atau kadangkala, komentar sebelumnya telah menanyakan hal yang sama. Semula saya berpikir kemungkinan penjelasan saya kurang dipahami, sehingga muncul pertanyaan sama pada komentar berikutnya. Namun semakin lama menulis, akhirnya saya memahami, bahwa pengunjung tak selalu membaca dulu, juga membaca komentar sejak awal, baru memberikan pendapat.

Pada awal mulai ngeblog, sebetulnya saya berharap mendapat komentar yang akhirnya menjadi sharing pengalaman. Memang diantara pengunjung di blog saya, sudah memenuhi harapan, dan saya terus terang berterima kasih pada teman-teman yang memberikan pertanyaan sesuai topik, namun untuk menjawabnya memaksa saya harus membuka buku lagi. Hal ini akan memaksa saya untuk terus belajar.

Yang membuat hati terharu adalah banyaknya saran teman-teman untuk mencoba menolong, seperti saat saya lagi di dera sariawan, juga saat saya ingin lebih memahami WP, bahkan banyak yang menulis email dengan memberikan langkah-langkah apa yang harus saya ambil untuk menyelesaikan masalah yang ada.

c. Tulisan teratas tidak sama dengan tulisan teraktif.

Apa beda tulisan teratas dengan tulisan paling aktif? Entah kenapa WordPress membedakan kedua hal tersebut. Jika di atas telah dibahas tiga tulisan teratas yang banyak dikunjungi pembaca, namun ada tiga lagi tulisan teraktif, yaitu:

  • Daerah wisata yang layak dikunjungi di pulau Lombok
  • Tanah Toraja nan indah permai
  • Apakah anak anda termasuk “anak indigo?”

Yang berbeda adalah mengenai anak indigo. Sebetulnya saya telah menduga, karena belum banyak yang membahas masalah anak indigo ini dengan tuntas. Banyak sekali komentar yang masuk, dan pada umumnya mereka lebih ingin memahami dirinya sendiri, yang dirasakannya berbeda dengan teman lainnya.

Dan karena saya mengenal teman yang juga seorang indigo, serta beliau juga banyak berkecimpung menangani anak indigo, maka pertanyaan teman-teman saya teruskan kepada beliau, yang akhirnya beliau memberikan alamat klinik yang dapat melakukan sharing dengan anak-anak indigo ini, di handle oleh seorang psikolog dan psikiater yang juga termasuk indigo. Mudah2an teman-teman tadi dapat berdiskusi, dan sharing pengalaman, untuk mendapatkan semangat bahwa mereka adalah anak-anak yang bisa mempunyai kualitas hidup yang sama dengan anak lainnya.

Bagaimana pendapat teman-teman, apakah juga mengalami seperti saya? Bahwa pengunjung terbanyak bukan pada artikel yang diperkirakan sebelumnya. Artikel Lombok menarik minat pengunjung karena relatif dekat dengan Bali, biaya juga relatif tak terlalu mahal untuk dikunjungi, baik untuk pengunjung yang berdomisili di daerah Indonesia bagian Barat, Tengah maupun Timur.

49 pemikiran pada “Tulisan apakah yang paling diminati pembaca?

  1. Iya bu… betul….. saya juga surprise dengan tulisan2 yang paling banyak dibaca. Tulisan saya yang paling banyak diminati adalah tentang “Pemakan embryo manusia di China” dan juga 2 postingan cerita horror saya yang saya terjemahkan dari cerita horror asing yaitu: “Cincin Kawin” dan “L’auberge du Voyageur” ternyata laku keras… bahkan banyak juga agar saya tetap mempostingkan cerita2 horror.

    Tapi yang paling menggelikan adalah artikel saya “Menentukan Hari Dalam Kalender Dengan Menggunakan Aritmatika Sederhana”. Di sini saya menampilkan cara mengetahui hari pada kalender kapan saja mulai dari tahun 1 Masehi dengan menggunakan aritmatika sederhana. Eh… reaksi atau komentarnya malah beragam, ada yang menanyakan hari pasaran “Jawa”nya (walaupun metode yang saya ketengahkan tersebut bisa juga untuk menghitung hari pasaran Jawanya secara aritmatis). Ada juga yang menanyakan hari kelahirannya dalam tanggalan Arab dan Jawa, bahkan banyak juga yang minta diketahui hari lahirnya dalam kalender Cina. Wah… walaupun sudah jauh di luar topik, tapi yang bisa saya jawab, ya saya jawab seadanya.
    Tapi yang paling menggelikan adalah, ada satu orang yang minta diramal berdasarkan tanggal kelahirannya.

    Wah…. saya kalau ingat itu semua jadi merasa geli sendiri, bu. Saya sadar, ternyata memang benar orang2 yang datang ke blog kita punya banyak tujuan…. dan mereka secara tak sengaja “tersesat” di blog kita…. huehehehe……

    Kang Yari NK,
    Awalnya saya syok juga dengan banyaknya komentar yang beragam….tapi akhirnya bisa menikmati, malah mensyukuri melihat betapa beragamnya kita. Dari satu tulisan, komentar bisa dari berbagai persepsi, dan kadang tak terduga.

    Padahal kadang saya hanya sekedar berbagi pengetahuan, yang saya sendiri tak terlalu ahli….tapi seperti kang Yari NK, pertanyaan jadi kemana-mana……yang penting berusaha memberikan tanggapan sebaiknya…

  2. kalo punya saya yg paling banyak dibaca itu tentang cara modding hp sony ericsson k550. mungkin karena belom banyak sumber ttg itu yg berbahasa indonesia. padahal saya nulis itu sbg pengalaman pertama saat saya nyoba :mrgreen: eh ternyata banyak yg baca trus tanya-tanya… saya sampe bingung jawabnya hehehe

    Edy,
    Ternyata kita punya pengalaman yang sama ya…..

  3. hoho… ada-ada saja.

    (^_^)v

    yah, begitulah. banyak hal tak terduga dalam hidup ini. termasuk juga dalam dunia blog.

    asal kita menulis blog sepenuh hati, mandiri, terserah pembaca menyikapi.

    tetap semangatngeblog!

    Farijs van Java
    ,
    Ternyata ngeblog juga bisa mengurangi stres lho…..daripada mikir yang enggak-enggak, mulai mencoba menuliskan pemikiran kita….dan karena terbuka, menulisnya jadi dipikirkan masak-masak, akibatnya pikiran kita lebih fokus ….

  4. saya malah tertarik komentar itu buk πŸ˜€
    tidak selalu apa yang ada di fikiran kita sama dengan pembaca, ya kan buk?
    Terkadang OOT ditemui, atau ngelantur, hihi.. tapi ya tidak apa-apa kan?
    saya menghargai semua komentar, seperti halnya jejak yang tertinggal.
    harapan saya sih, sebuah komentar yang tidak sekedar menulis pertamax, terus kabur
    ah ya, terakhir membaca tidak harus selalu berkomentar, kan? πŸ˜›

    Goop,
    Betul…kita banyak belajar, bahwa yang kita pikirkan ternyata beda dengan orang lain….
    Saya juga nggak selalu meninggalkan komentar, jika saya tak terlalu memahami apa yang di tulis, atau hanya sekedar membaca untuk tambahan ilmu…terutama jika tulisannya di luar bidang pengetahuan saya.

  5. ketika menulis biasanya saya berasumsi bahwa tulisan saya akan dibaca dan dikomentari banyak orang jadi menambah semangat dalam menulis, ketika ternyata yang komentar hanya sedikit ya gpp lah itung-itung latihan menulis πŸ˜€

    Iway,
    Iya hitung-hitung latihan menulis….
    Saya kaget mendengar komentar anakku…”Tulisan ibu banyak dibaca, karena anak-anak seumurku ingin mengerti bagaimana sudut pandang orangtua. Kan ibu mewakili kaum tua, yang berpikiran konservatif…”

    Hahaha…..mungkin betul juga komentar kunderemp ini.

  6. Iko kurang begitu memperhatikan postingan Iko yang mana yang menarik dibaca,… Habis isinya hampir sama, begitu semua… tentang kehidupan, hehehehe.

    Meskipun begitu, Iko berterima kasih untuk yang telah membaca dan memberika komentar. Karena mereka telah meluang waktu di tengah kesibukannya.

    Seperti Ibu Enny ini… ^_^

    Semoga hari ini berjalan dengan sangat menyenangkan yaa Ibu

    Iko,
    Saya sedih sekali tak bisa masuk untuk memberi komentar pada blog Iko…selalu masuk Spam terus….

  7. Memang saat ini banyak orang yang mencari daerah wisata alternatif Bu. Saya dengar dari teman, daerah Lombok memang pantainya masih alami, tidak seperti di Bali. Informasi yang ada tentang daerah wisata di sana memang masih sedikit, sukar ditemukan.
    Bagi saya sendiri, tulisan Ibu menarik karena banyak mengupas keseharian kita, apalagi ditulis dari sudut pandang seorang Ibu…..

    Swamp,
    hehehe…lha nulisnya sambil berkhayal suatu ketika pengin ke lombok lagi…..

  8. Saya hanya menulis, blog saya adalah buku harian saya… itu saja Bunda πŸ™‚

    Rindu,
    Awalnya saya sekedar menulis perjalanan, saya suka melihat daerah baru, dan karena pekerjaanku memungkinkan melihat pelosok Indonesia, saya mencoba menuliskannya setelah mengenal yang namanya blog. Tapi jadi berkembang kemana-mana.

  9. Yup…, justru di situ menariknya, disitulah “ketegangannya” .apa yg dalam pikiran kita belum tentu sama dengan pikiran orang lain atau pembaca blog kita. πŸ™‚ Setidaknya bagi saya.

    Salam

    Coretan pinggir,
    Saya malah pengin bisa menggambar kayak coretanmu, atau gambar-gambarnya tukang ketik. Menggelitik, lucu dan mengena, tanpa yang dikenai merasa tersinggung.

  10. Mas Kopdang

    Aha,..
    Sampai sekarang email dan hp sering dimasukki pesan “khusus”..

    tentang SKRIPSI..

    Mas kopdang,
    Kayaknya banyak teman muda kita bingung menulis TA atau skripsinya, cuma kalau bertanya di blog ya jadi repot. Untuk bisa membantu, tentu kita harus diskusi, tahu lay outnya. Apalagi kalau tentang hal-hal seperti keuangan, perbankan, kemudian tentang hukum.

    Saya yakin, mas Kopdangpun terbatas waktunya….lha yang serius aja udah susah. Saya juga sering membimbing makalah (padahal bukan TA/skripsi), kadang ikut sebagai penguji….wahh ikutan mules, lha kok malah saya yang bantu cari referensinya….:P. Karena kalau membimbing makalah, sekaligus jadi moderator…malu kalau makalahnya dibantai yang lain, apalagi jika diobrak abrik penguji.

  11. Tulisan saya yang diposting baru 9 buah sejak mulai membuat blog, Alhamdulillah banyak yang ngomentari, dengan catatan karena saya sering kasih komentar di tempat teman-teman blogger yang lain. Tapi nggak ada niatan untuk mengemis dikomentari. Kalau mau kunjungan balik silahkan, nggak pun nggak apa-apa, pun begitu sebaliknya yang berkunjung ke blog saya. πŸ™‚

    Yoyo,
    Memang harus diawali senang menulis, komentar pembaca adalah sekedar bonus, dan kita menjadi tahu apa yang diminati pembaca dari beragam komentarnya tsb.

  12. betul bunda.. tanggapan orang memang macem-macem.. tapi saiia juga menulis hanya menulis.. cerita sehari-hari saiia.. dulu terobsesi pengen gabung dalam komunitas blawgger.. tapi ga bisa.. tidak setiap hari saiia bisa menuliskan tentang hukum.. yasudahlah.. saiia hanya ingin menceritakan apa yang saiia lihat.. dan berharap orang lain dapat melihat melalui mata saiia.. ^^

    Ratu tebu,
    Tulisanku isinya juga gado-gado, lari kesana-sini…..

  13. Pertama-tama lam kenal mbak πŸ™‚

    Yg kedua mslh comment yg berulang, biasanya sih tergantung popularitas blognya. Smakin popular blog, smakin banyak comment, smakin susah si pemberi comment utk ngecek dulu semua comment sbelum kasi comment dia. Repot kalo hrs ngecek puluhan comment dulu sbelum ngetik comment kita.

    Yg ketiga mslh popularitas posting. Tergantung juga mbak. Popularitasnya ini based on hasil search engine kyk google ya ? kalo iya brarti tergantung keyword apa yg mereka gunakan. Ga bisa dibantah keyword yg plg popular adalah yg berhubungan dgn sex. Ini banyak yg bilang dan uda saya buktikan hehe. Btw, utk ngecek bisa aja mbak pake feedjit di http://www.feedjit.com kyk di blog saya. Ketauan mereka pake keyword apa utk bisa sampe ke blog kita.

    sori nih uda kepanjangan hehe

    Tigis,
    Menarik mengamati dan memperkirakan seperti apa minat para pengunjung blog. Tapi tentu saja, kemungkinan karena kebutuhan atas informasi tertentu.

  14. Tulisan paling banyak dibaca di blog saya tuh “My Weding Song List” yang sepertinya banyak ditemukan mereka yang lagi bingung milih lagu buat pernikahannya.
    Peringkat di bawahnya “Cari Kost Putri Butuh Cepat” yang kalo dilihat dari komentar yang masuk justru jadi kayak forum bagi yang mo cari dan menawarkan kost. Waktu itu sih saya emang lagi cari kost, tapi sekarang belum ada niat untuk pindah lagi.
    Yah semoga saja tulisan-tulisan tersebut bisa bermanfaat bagi mereka yang memerlukan.

    Salam kenal bu.. πŸ™‚

    Emyou,
    Hehehe…betul juga….cari kost bukan hal mudah, apalagi untuk kota besar. Di tahun 80 an aja, saya mesti seminggu terus menerus untuk cari lokasi kost…rasanya capek banget.

  15. kalo saya, yang paling banyak diminati tentang cisco, benar kata mas edy, karena jarangnya tutorial yang berbahasa indonesia, mungkin sangat membantu πŸ˜€

    terkadang saya bingung bu apa yang harus saya tulis, mau tentang teknologi, takut penggunaan bahasanya ga tepat, terus ntar bikin orang laen bingung πŸ˜€

    hehe

    Waterbomm,
    Berarti masih ada kaitan dengan ilmunya…..dan dengan teknologi.

  16. Tulisan saya yang paling banyak mendapat komentar malah tulisan soal karikatur Rasulullah, poligami Aa’ Gymn, sampai isu terorisme dan Islam — yang sebetulnya berada di luar kolam air saya. Sementara tulisan yang mendapat banyak komentar dan masih agak sesuai dengan kompetensi saya adalah investasi reksa dana dan gaji di perusahaan migas.

    Nampaknya memang komentar yang masuk berasal dari pengunjung yang nyasar karena ingin mencari suatu informasi. Sering terjadi asal memberi komentar tanpa membaca tulisan kita atau komentar-komentar sebelumnya terlebih dahulu. Tak jarang mereka nanya dengan agak maksa dan menuntut jawaban segera dari kita. Ini yang agak repot. πŸ™‚

    Dan satu lagi, banyaknya komentar tidak selalu sama dengan banyaknya kunjungan. Kebetulan saya menginstall software statistik di web server. Pengalaman saya, tulisan yang banyak dikomentari biasanya tulisan yang benar-benar hot dan aktual atau tulisan yang provokatif dan kontroversial.

    Nofei Iman,
    Betul…kadang ketemu juga komentar yang menuntut penjelasan dan memberi batas waktu, padahal kita kan nggak kerja di depan komputer terus dan mendeliki blog terus….ya udah, biasanya ya saya coba jawab, tentu saja udah telat.
    Tenyata menulis di blog harus memiliki kesabaran ya…

  17. rata-rata kawan-kawan pengen sesuatu yg baru, tempatbaru, gaya baru dan unik, jenaka, dan blom ada sebelumnya.

    Kemudian lebih dari itu semua, kebanyakan kawan2 komen itu tindak lanjut dari komentar kita seblomnya dan kadang2 itu tak lebih dari sekedar basa-basi, tanpa tahu maksud dan isi postingan kita.

    Dan kemudian kawan2 kebanyakan agak males dengan postingan yg PANJANG, dan BERAT topiknya. jadi pengen yang ringa2 dan enjoy2 gitu..termasuk wisata..hehe

    Tapi kadang biasanya banyak juga yg copas buat baca di rumah jika itu memang butuh keseriusan utk memahami postingan itu, ini disebabkan waktu yg sempit utk selalu bisa membacanya di blog.

    #itu nurut saya sih bu..hehe

    Alex,
    Iya nih….seperti hari ini, saya ada 2 postingan, menurut saya Human Capital lebih menarik…tapi belum ada yang memberi komentar, padahal yang postingan ini udah 19 orang.
    Mungkin kita butuh tulisan yang ingan, yang nggak memusingkan kepala ya…dan menggelitik, karena ternyata masing-masing pemilik blog juga mendapatkan surprise atas tulisan yang paling banyak diminati pengunjung…

  18. Sepertinya komentar di atas sudah mewakili apa yang ingin saya komentari. Kalau begitu saya ucapkan terima kasih aja deh buat postingannya yang bermanfaat.

    Rafki,
    Lagi mencoba menilai perilaku pembaca ….

  19. Terkadang kita merasa tulisan yang akan kita tulis adalah yang akan di minati ternyata sebaliknya, dan itu sering kali saya alami. tapi yang lebih membuat saya terkejut ketika membuka daftar Istilah-istilah Mesin Pencari di dasbor hampir yang banyak orang cari berbau seks , pada hal tulisan saya tidak ada yang mengarah ke seks , salah satu contoh hari ini 4 orang mencari dengan kata kunci abg bugil :((, kok bisa ya , ada yg bisa jelaskan

    Landy,
    Mungkin orang IT yang bisa menjelaskan….kayaknya dalam tulisanmu ada satu kata yang mencantumkan kata itu…karena jika saya lihat di statistik Blog, kata kunci yang sering digunakan di blog saya mendekati kebenaran, seperti: indigo, lombok, produk perbankan, gunung, perbankan syariah,
    pengambilan keputusan, rumah adat, pemasaran perbankan, etika bisnis, dan tana toraja.
    Semua kata kunci ini pernah saya bahas di tulisanku.

  20. Aku juga interested soal komentar… kadang kan tulisan kepanjangan ato rada gak nyangkut di otak… jadi pembaca kasih komennya ya yg nyangkut2 aja.. so kadang di awal2 paragraf aja, ato kadang juga meleset komentarnya, ato malah kadang pengen kenalan aja hehehe

    Nina,
    Tujuan pengunjung memang bermacam-macam…mungkin juga sekedar kenalan, atau ingin tahu..

  21. :mrgreen: wah.. kalau saya malah terheran heran dengan blog saya sendiri :mrgreen: 11 post, 9 tentang musik, 2 non musik :mrgreen: :mrgreen:

    sekarang sedang tidak diupdate, yang komen ga banyak, dan saya bukan tuan rumah yang baik, ga semua koment saya jawab :mrgreen:

    :mrgreen: padahal blog saya belum ada apa apanya :mrgreen: masih banyak yang mau saya tulis

    kok yang visit udah 640 an… :mrgreen: .. jadi geli saya :mrgreen:

    Sahatmrt,
    Tujuan menulis kan memang bukan mengharapkan banyaknya pengunjung,, namun komentar pengunjung membuat kita mendapatkan ide tulisan baru.

  22. *salam kenal dulu Bu…*

    Sama Bu… saya juwega merasakan demikian. Di blog saya nyang banyak di klik malah “tips nyari jodoh…” padahal itu saya dalam tempoe nyang sesingkat-singkatnya πŸ˜†

    Sebenarnya… nyang jadi pertanyaan bagi saya berkaitan dgn blog saya malah begini Bu… “apakah pada takut komen di blog saya hanya karena saya seorang serdadu…??” *halahh.. malah curhat*

    Serdadu95,
    Lha mungkin memang banyak yang lagi ingin cari jodoh?
    Wahh rasanya tak ada hubungan apakah serdadu atau tidak…tapi memang tulisan ringan lebih banyak pengunjungi, mungkin juga karena pengunjung pas sama-sama lagi capek pekerjaan, jadi ingin yang ringan-ringan aja.

  23. Klo ga baca postingan ibu ini saya ga akan merhatiin juga. Hasilnya mengejutkan juga loch bu *ga mo kalah*

    mungkin berhubung blognya Nana isinya curhat ndak mutu jadi tulisan2 saya jarang diminati. Yang paling sering diliat malah Gallery.. πŸ˜† mungkin karena photo yang Nana pajang di depan kalee ya.. jadi banyak yang ngira Nana ini Model *Narsis mode:On*

    jadi pengen ketawa… pasti yg liat gallery pada kecele semua πŸ˜†

    Peringkat selanjutnya adalah video ML (yah biasalah yang berbau sex pasti laris) dan terakhir adalah lirik Goodtime Badtime oleh EDIE BRICKELL yang menjadi judul blog saya.

    Yah.. sebagai blogger curhat Nana emang ga berharap banyak… ada yang nengok sukur.. ga juga gpp… karena balik lagi deh.. ke tujuan hidup ngeblog masing2 orang.

    Nana,
    Lha posenya Nana memang seperti model, tentu orang ingin melihat foto yang lain.
    Tapi gpp kok, kita jadi tahu seperti apa minat pengunjung blog kita…..yang penting nlis terus ya..

  24. o ya bu.. lombok kan emang lagi ngetop sekarang… makanya banyak yang minat. lebih natural.. karena Bali sendiri udah ga orisinil lagi.. katanya siy gituu :p

    Nana,
    Yup…sepakat…..
    Buatku Bali tetap indah, ya masing-masing daerah mempunyai keindahan masing-masing.

  25. bener juga, bu. tapi kalau blog saya yang paling banyak diminati memang tulisan2 yang berhubungan dengan masalah pendidikan. sepertinya temen2 guru yang banyak memanfaatkan blog saya itu, hehehehe, meskipun mereka jarang berkomentar.

    Pak Sawali,
    Dari blog bapak yang saya suka:1) wayang slengekan, 2) pendidikan, 3) lainnya.

  26. Blog saya bagaimana ya? topiknya umum-umum saja, sering banget terima komplain karena pake bahasa Inggris (di blog Agoyyoga).
    Tulisan yang paling laris malah tentang Shannon- weaver’s communication model dan Japlish…gak dipungkiri yang berkunjung kebanyakan karena silahturahmi bukan karena isi blog-nya. Ini perasaan saya aja sih πŸ™‚

    Agoyyoga,
    Blogmu yang saya suka….masalah manajemen. Soal pake bahasa Inggris nggak masalah sih..

  27. salam
    wah kalo blog saya emang gado2 banget Bu, tapi jujur aja saya sebal kenapa postingan saya yang judulnya telanjang bugil panas, masih aja jd tuliasan teratas padahal isinya ga menampilkan hal itu, istilahnya justru itu cuma curhat saya soal ketiga kata tersebut, tadinya terpikir mau saya hapus tapi ya sudahlah gpp, biarkan saja, begitu kali dinamikanya πŸ™‚

    Nenyok,
    Hehehe…jangan dihapus……memang justru ada bugilnya itu yang menarik pembaca….

  28. Saya menulis tidak peduli ada yang komentar atau tidak, malah mau ada yang baca atau tidak bukan urusan, saya menulis adalah ekspresi tanpa batas dalam hal dan berbuat, adapun jika ada yang baca apalagi ngasih komentar adalah sebuah anugrah.
    Salam.

    Ubadbmarko,
    Tujuan sayapun sama, sekedar sharing pengalaman…namun menarik juga mengamati angka, statistik, dan mencoba membayangkan seperti apa ya kira-kira minat pembaca kita.

  29. saya nulis sih sesuai apa yang ada dalam pikiran saya bu .. πŸ™‚

    mo ada yang baca ato nggak terserah .. mo komen silahkan ..

    tapi temanya memang gadoΒ² .. tapi semoga apa yang ada di benak saya bermanfa’at bagi orang lain ..

    karena saya punya prinsip jangan sampai apa yang saya kerjakan nggak bermanfaat bagi orang lain .. πŸ™‚

    Tintin,
    Pada umumnya memang hanya ingin sharing pengalaman, tapi tergelitik juga untuk melihat seperti apa ya kira-kira minat pengunjung blog kita? Karena ternyata dari komentar pembaca, banyak hal yang bisa dipelajari, hal yang kadang tak terpikirkan oleh kita.

  30. Komentar di blog saya juga tidak banyak. Dari sisi jumlah kunjungan, saya nggak tahu tergolong banyak atau sedikit (4 bulan 6.000 sekian hits). Yang jelas tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan blog Bu Enny dan blog teman-teman lain. Kata teman saya, tulisan di blog saya ‘sudah selesai’, tidak memancing pertanyaan, tidak menimbulkan pro kontra. Kayak nenek yang cerita ke cucunya, sehingga begitu cerita selesai, si cucu (pembaca) pun langsung pules …. hehehe …. (mosok sih?).

    Kalau dari statistik WP, tulisan saya yang paling banyak diklik adalah “Troy, Legenda Helen dan Kuda Troya” (resensi film Troy yang dibintangi Brad Pitt) 150 kali dibaca, “Yogya Visit Year” 130 kali, dan “Ayat-ayat Cinta Yang Mendua” (resensi film Ayat-Ayat Cinta) 95 kali dibaca.

    Meskipun tidak banyak mendapat komentar, kalau dari data statistik ternyata sebuah artikel banyak dibaca, saya sudah cukup senang.

    Tuti Nonka,
    Blog mbak Tuti pasti orang akan senang baca cerita sejarah, cerita perjalanan…..dan khusus saya, cerbernya yang bikin deg2an itu….

  31. aminhers

    slamat Bu sudah sempat ke Lombok, Pulau seribu surau.Kudapan yang paling saya suka ,plecing kangkung + ayam Teliang (taliwang).

    Mengenai posting yg diminati pembaca biasanya tak dapat di duga , memang betul. Ada hal yang khas (selain teknik dan trik jitu di dalam ilmu tentang dunia blog), dan perlu untuk dipelajari.

    Aminhers,
    Sebetulnya saya sendiri juga senang membaca cerita perjalanan, dan berharap suatu ketika bisa sampai di daerah yang diceritakan tsb. Jadi, kalau saya sempat mengunjungi daerah tertentu, saya mencoba menuliskannya, agar siapa tahu sempat berkunjung ke sana lagi suatu ketika.

    Saya juga suka ayam taliwang dan plecing kangkung, makanan di Lombok pedas, namun enak.

  32. kalau saya hanya ingin menulis aja… kalau ada yang minat ya alhamdulillah πŸ˜€

    Zoel chaniago,
    Awalnya memang seperti itu, tapi coba deh, lama-lama ingin tahu seperti apa minat pengunjung atas tulisan kita..

  33. wah ukurannya dari komentar yg masuk ya bu. kira-kira valid nggak? nggak berdasarkan pada stats blog-nya?

    kalau berdasarkan komentar, bisa-bisa tulisan ini termasuk peringkat teratas juga bu.

    Zulmasri,
    Saya cuma tertarik, tulisan apa yang paling diminati pengunjung…sebetulnya kalau di wordpress bisa terlihat, dari tulisan teratas, Top Searches(indigo, lombok, perbankan syariah) dan Paling Aktif. Dari ketiga kategori tadi yang relatif tetap adalah tulisan teratas….jadi kayaknya memang yang banyak dicari adalah tulisan tentang wisata.

  34. kalau di saya tulisan teratas ga tau yang mana heuheuhuheuhe apa yang about ya padahal itu paling ga nyambung kontennya πŸ˜€

    dan masalah komentar pembaca suka mengejutkan, itu dia juga! saya suka sangat senang kalau membaca komentar yang benar benar rasanya isinya lebih membangun daripada tulisan saya sendiri, ataupun juga komentar komentar yang pendek tapi padat berisi (punya ibu juga tuh ;)) tapi paling ga suka kalau ada yang ceramah lewat komen (ini asli kontennya ceramah) yang kayanya merasa sangat benar dengan apa yang ditulis, suka gatel aja rasanya pengen bilang suruh bikin blog sendiri aja :p

    Natazya,
    Menulis di blog meningkatkan kesabaran kita dalam membaca komentar yang kadang aneh….tapi kan memang kita harus menghargai perbedaan pendapat?

  35. iya bu saya kadang alami itu juga,,postingan yang aktif malah yang udah lama…yang baru2 sedikit doang yang komen,,nampaknya saya makin bego nulis neh,,hehe

    Ika,
    Nggak apa-apa yang penting terus menulis……lama-lama akan semakin lancar, bukankah tujuan menulis adalah sharing pengalaman, dan tak memikirkan banyaknya pengunjung?

  36. saya nggak memperhatikan postingan mana yang paling diminati pembaca. lha postingan saya ngawur sekenanya πŸ˜€
    Dari blog Ibu saya banyak mendapatkan pelajaran berharga. Terima kasih.

    Gajahkurus,
    Awal menulis saya sekedar sharing pengalaman, dan nyaris tak ada pengunjung. Dan pengunjung blog saya adalah rata-rata mahasiswa tingkat akhir, dewasa muda, pasangan muda, jarang deh yang udah setengah abad (kecuali penulisnya). Ini saya lihat dari latar belakangnya, dan isi blognya…saya mencoba memahami karakter pengunjung blog saya dari tulisan-tulisan yang ada di blog nya.

    Kalau di WordPress, kita bisa melihat Dasbor, disebelah kanan tengah status (kurva) ada tulisan teratas, top searcher dan tulisan teraktif. Disini tertulis tulisan apa saja yang dilihat pembaca.
    Membaca ini sama juga mempelajari value dari tulisan kita….dan sebetulnya ini berguna kalau buat latihan menulis. Ini penilaian ini tepat apa tidak, paling tidak ada gunanya.

  37. kalo di tempat saya (kelihatannya) banyak yang kesasar mencari info trend properti Bu.. πŸ™‚

    Yainal,
    Berarti tinggal meningkatkan berbagai tulisan tentang properti…mungkin memang diperlukan pasangan muda, untuk mencari rumah untuk tempat tinggal.

  38. Kalau menggunakan analogi seorang produser musik, saya mencoba tidak pernah membedakan mana lagu kategori Side A, mana lagu kategori Side B, dalam sebuah kaset.

    Semua lagu mesti punya kekuatan dan kans yang sama untuk populer. Meski ada juga lagu yang bakal dijadikan andalan.

    Jadi, tinggal bagaimana penikmat musik saja ketika kaset di lempar ke pasaran. Itu sudah hak pendengar. Namun penilaian tetap saja berguna, apa pun parameter yang digunakan.

    Begitu pun halnya ketika menulis. Apalagi konteksnya menulis di blog.

    Kali pertama menyeriusi blog, saya banyak memposting soal editologi atau soal penyuntingan buku (jarang yang mengulas memang). Namun ketika arus tertinggi justru melulu ke sana, lama kelamaan saya tidak mau terjebak beranjak menjadi blog yang terkotakan dalam satu segmen. Sehingga mulai berpikir plural (sah-sah saja toh).

    Jujur saja, saya menikmati betul blog Ibu ini. Tulisan-tulisannya sangat bermanfaat sekali (saya katakan sangat). Tak banyak saya temui sebuah blog di mana ketika saya berkunjung, saya bisa mendekam lama di dalamnya.

    Memang banyak blog yang bermanfaat. Dengan postingan-postingan menarik dan menginspirasi. Namun untuk mendekam berlama-lama di dalamnya, blog Ibu sudah menjadi salah satu urutan teratas saya.

    Nah, jaga kesehatan selalu, Bu.

    Daniel Mahendra
    ,
    Wahh saya jadi tersanjung nih, mudah2an kualitas tulisan saya menjadi makin baik. Sebetulnya saya menulis di blog karena bingung mau ngapain saat MPP (masa Persiapan Pensiun), dari bekerja sejak pagi sampai malam, terus berhenti. Syukurlah pensiun juga membuat kami harus keluar dari rumah dinas, jadi akhirnya waktu saya banyak untuk beres-beres rumah, Tapi anak-anakku yang saat itu keduanya mahasiswa, kawatir akan kesehatan ibunya, sehingga menganjurkan mulai menulis, agar saya mempunyai pekerjaan, dan tak sekedar bebenah rumah. Awalnya sekedar cerita perjalanan, cerita saat di kampung…tapi lama-lama diledek suami, kerja 27 tahun lebih di lembaga keuangan, kok tulisan cuma segitu, lha mbok dicoba tentang masalah manajemen, keuangan, pendidikan dsb nya. Jadi saya coba-coba, dan merasakan sulitnya menulis hal serius tapi harus dibuat santai…ternyata hanya 3 bulan menganggur, saya ditawari gabung sebagai pengajar profesional di lembaga perbankan….nahh diantara waktu saya mengajar diberbagai daerah, akhirnya saya mulai menulis wisata, dll. Juga karena usia saya sudah lewat setengah abad, saya ingin lebih memberikan motivasi, apalagi setelah ketemu mantan CEO, yang sekarang menjadi komisaris di Bank ternama di Indonesia. Beliau meminta agar saya terus menulis, yang bisa dibaca murid-muridku yang tersebar di seluruh Indonesia. Itulah ceritanya, tapi setelah saya lihat kok tulisannya makin gado-gado ya….dan produktivitas juga tergantung waktu luang.

  39. Komentar dari pembaca memang bisa membuat kita banyak belajar.
    Tulisan yang paling banyak dicari dari blog saya adalah tentang bocoran ujian nasional.
    Sayangnya para komentator di sana tidak punya etika dan sopan santun.
    Banyak kata-kata yang tak selayaknya disebutkan.
    Apa kita perlu ngajarin etika berdiskusi ya?

    Ardianto,
    Kelihatannya memang masih banyak yang belum memahami etika berdiskusi, serta menerima perbedaan pendapat dengan besar hati. Dengan menulis blog apalagi jika tulisannya kontroversial, maka ada risiko pengunjung yang menulisnya “agak “kurang pas.
    Menulis di blog juga melatih kesabaran, asalkan komentar tak keterlaluan, saya masih berusaha menanggapi…..

  40. Tulisan saya enggak ada yang baca Bu…tapi gak apa apalah..lha wong Newbie
    Tapi saya tetap semangat untuk nulis…dari pada demontrasi…capek dech..

    FAD,
    Nanti lama-lama juga akan ada pengunjungnya…bersabar aja.

  41. nah, sekarang wordpress langsung otomatis menautkan tulisan kita dengan posting dari blog lain yang mengandung kata-kata yang sama, jadilah.. yang terjebak masuk ke blog nggak pentingku, banyak dari blog yang ‘aneh-aneh’, waktu aku lihat…. kok bisa? padahal isi tulisanku nggak aneh *padahal iya* ternyta, karena itu tadi.. WP otomatis membuat tautan… jadilah, yang jadi top post-pun tulisan yang tertaut itu.
    kalau soal komen, yang komen di blog aku sedikit bu… mungkin tipikal pengunjung blog-ku sama seperti aku yang juga jarang komen, meski aktif mengunjungi blog tertentu… abisnya… bingung kadang, mau komen apa… *tapi sekalinya komen panjang* :mrgreen:

    Ruth,
    WP kadang membikin kita jadi utak atik angka, melamunkan kenapa begini, begitu….dan jadi bahan tulisan. Kebenaran nya? Entahlah.

  42. auliya

    assalamu’alaykum,,,
    numpang mampir ya mas,,,
    jangan lupa mampir ke awsurvey,, program paid survey yang alhamdulillah ternyata gak boongan

    http://www.AWSurveys.com/HomeMain.cfm?RefID=lestariku

    cukup daftar aja trus beri opini tentang website yang disajikan trus dpt bayaran dech,,,

    sekitar $4 setiap website yang dikomentari,,,

    kesempatan bagus buat rekan2 yang hobbi menjelajah,,, gratis kok,, gak bakalan rugi deh,,,

  43. assalamuallaikum wr.wb
    trimakasih karena telah mempostingkan artikle ibu. artikle Ibu sangat membantu saya dalam menemukan jati diri saya. alhasil saya melahirkan blog ke-2 saya. Saya hanya anak kemarin sore di dunia blogger. namun artikle Ibu telah membangkitkan semangat di diri saya untuk menulis blog tentang indigo-insting. apabila berkenan, mohon mampir ke blog saya bila sempat di indigo-insting.com trimakasih banyak.
    waallaikum salam wr.wb

  44. Saya juga kadang bingung tulisan yang saya buat panjang, pake riset mendalam dan yakin bakal laku ternyata minim pembaca. Eh tulisan yg ngawur kadang gak mikir malah rame. Hahahhaa ada formulanua gak ya jadi tau yg diminati yg mana?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s