Oleh: edratna | Juli 7, 2008

Bediding

Apakah arti bediding? Saya mencoba mencari di kamus KBBI tidak ada. Istilah ini umum dikenal dikota kecilku, di wilayah Jawa Timur, untuk menggambarkan perubahan musim dari musim hujan ke musim kemarau, dan kota kecilku yang pada hari biasa berhawa panas menyengat, namun pada saat tertentu terasa sangat dingin menusuk tulang di malam hari. Rasa dingin ini bertambah pada dini hari, padahal saat itu adalah saat kita harus bangun untuk memulai tugas hari itu.

Musim bediding ditandai dari mulai munculnya bunga pohon mangga, yang nantinya akan mulai berbuah dan siap dipetik sekitar dua bulan kemudian. Pada saat ini perubahan hawa antara siang dan malam hari sangat terasa. Pada saat ini tanah dikotaku, yang jenis tanahnya adalah grumusol, mulai pecah-pecah…yang bahasa Jawanya di sebut โ€neloโ€….. Tanah menjadi kering dan retak. Pecahnya menjadi lubang-lubang memanjang yang cukup dalam, yang kalau tak berhati-hati saat berjalan kaki kita bisa terperosok di dalamnya. Namun tanah ini cukup bagus untuk membuat kerajinan tangan dari tanah lempung, atau untuk membuat batu bata. Rumahku di kampung, batu batanya membuat sendiri, dan masih kuat sampai saat ini (dibangun pada tahun 1960 an).

Hidup di Jakarta sejak tahun 80 membuat saya jarang merasakan bediding ini, karena justru kalau malam dan pagi hari hawa di Jakarta yang terasa agak dingin membuat rasa nyaman, setelah siangnya terasa menyengat. Walau punya rumah di Bandung, karena kesibukan, saya tak selalu memengok rumah setiap minggu, karena lebih sering suami dan anak bungsuku yang pergi ke Jakarta. Saya pergi ke Bandung hari Jumat kemarin dan pulang Minggu pagi, rasanya dingin sekali, bahkan saat matahari mulai bersinar. Bahkan saat malam hari, tidur memakai pakaian berlapis-lapis, tetap saja merasa kedinginan. Membaca blognya pak Budi Rahardjo pagi ini, saya baru sadar sekarang memang mulai musim bediding…..dan berarti sebentar lagi saya bisa menikmati sedapnya mangga manalagi ataupun mangga Gadung, yang terkenal karena rasa legit nya.

Brrrr…..hmm dingin sekali…..dan Minggu pagipun saya harus kembali ke Jakarta, karena suami ada janji bertemu dengan temannya di apartemen Taman Rasuna Said.


Responses

  1. oalah…pantesan dah 3 harian ini di Bandung uaduemm tenan ๐Ÿ˜ฆ bediding emang bisa bikin merinding…panas matahari menyengat tp udara/angin meni tiis pisan ๐Ÿ˜ฆ

    Poppy,
    Saya juga baru sadar baca blognya pak Budi R……tapi kan memang bulan Juli mangga mulai berbunga dan kita bisa pesta mangga paling tidak pertengahan atau akhir Agustus 08.

  2. Oooo…. itu namanya “bediding” toh?? Kira2 sama nggak ya sama musim pancaroba?? Tapi…. bukannya peralihan antara musim hujan dan musim kemarau seharusnya terjadi pada bulan April?? Wah… jangan2 pengaruh El Niรฑo nih! ๐Ÿ˜ฆ

    Kang Yari NK,
    Bukan karena pancaroba… Bediding umumnya terjadi bulan Juli-Agustus, dan patokannya saat pohon mangga mulai berbunga, dan memang dingin banget.
    Entah apa kaitan antara pohon mangga mulai berbunga dan dingin yang menusuk tulang…..

  3. Yang paling menikmati bediding ya manten anyar Budhe ๐Ÿ™‚

    Nayantaka,
    Betul…dan bukan musim hujan…..dingin tapi terang…..hehehe

  4. Meskipun di Bandung, istilah ‘bediding’ yg dulu saya tahu dari eyang saya juga masih sering saya dengar Bu. Soalnya keluaga besar kami sehari-hari di rumah berbahasa jawa (meskipun ngoko, maklum bukan piyayi … he he he), termasuk ayah saya yg orang sunda.

    Oemar Bakrie,
    Saya di rumah berbahasa Jawa…si sulung mengerti diajak ngomong bahasa Jawa, namun sulit menjawab dalam bahasa halus. Si bungsu, bahasa Jawa tak tahu, Sundapun sami mawon…setelah kuliah di ITB, perbendaharaan bahasa Jawa dan Sundanya menjadi meningkat….aneh tapi nyata….

  5. bediding bukannya lepas baju( semarangan)? saya baru tahu ada makna lainnya kekeke
    Indonesia memang kaya akan bahasa.

    Epat,
    Saya tak pernah mendengar, bediding bisa berarti lepas baju…dari bahasa apakah? Kalau bahasa Jawa, yang jelas bediding adalah masa yang hawanya dingin sekali di saat malam hari, namun siangnya panas menyengat…ada perbedaan temperatur yang tinggi antara siang dan malam….bahkan di daerah panas sekalipun, seperti di Jawa Timur.

  6. bediding? bahasa mana, tuh? hwehehe…

    (^_^)v

    yah, sayang sekarang ini sering bangun siang. hoho. ga bisa ngerasain yang namanya bediding.

    (^_^)v

    boleh tuh mangganya…

    Farijs van Java,
    Bediding itu istilah dalam bahasa Jawa..bisa baca komentarnya pak Sawali di bawah ini.

  7. Wah, Bandung lagi musim bediding? wah, iya, bu, saya paling susah kalau harus mengalami masa2 seperti itu. istilah bediding agaknya memang hanya dikenal masyarakat jawa utk menggambarkan dinginnya musim yang sering terjadi pada masa kemarau. Btw, Bandung yang dingin ternyata mengenal juga musim bediding, ya, bu?

    Pak Sawali,
    Iya, agaknya istilah khas Jawa, dan saat itu hawanya sangat dingin. Di Bandung saat-saat seperti ini dinginnya memang diluar kebiasaan…di Malang saya juga pernah mengalami hal yang sama, saat sempat bertugas pas musim bediding.

  8. Hehehe… aduh Bu awalnya saya kira bediding itu sejenis serangga ๐Ÿ˜€

    Yoga,
    Itu istilah khas orang Jawa, untuk menggambarkan suatu musim yang hawanya dingin sekali, bayangkan yang biasanya panas menyengat ada sekitar satu atau dua bulan malam sampai paginya berhawa dingin.
    Anak-anakku juga tak merasakan fenomena ini, karena sejak kecil sampai besar hidup di Jakarta, dia hanya merasakan Bandung terasa lebih dingin akhir-akhir ini.

  9. Betul Bu, dalam beberapa hari terakhir udara Bandung memang lebih dingin dari biasanya…

    Daniel Mahendra,
    Apalagi buat saya,yang terbiasa hidup di daerah ber hawa panas…..jadi terasa sekali dinginnya.

  10. bediding itu kademen bu .. hehehe .. eh opo iku kademen .. maksudnya kedinginan …

    Tintin,
    Betul…..kademen tiap pagi, terus kemul sarung…enaknya berdiang di dapur menunggu nasi masak sambil membakar ketela atau jagung…tapi ini dulu saat di kampung, rumahku masih pakai bahan bakar arang atau kayu bakar….lha sekarang kan pake gas.

  11. biasanya kami cuti pulkam bulan juli, jadi rasain bediding. kalo pas dimertuaku di magelang, kami bangun pagi2 terus semua di pawon (dapur) mengerumuni tungku api (luweng) memasak air, nasi, sambil menghangatkan badan. kesempatan itu kami gunakan juga untuk bercerita dan berdiskusi dgn keluarga. setelah makanan masak badan kamipun dah hangat, sarapan terus mulai aktivitas masing2. maklum bu kami orang kampung.

    Qutilang,
    Wahh saya jadi iri….anak-anakku nggak mengalami pergi libur di rumah nenek/kakek yang masaknya pake kayu bakar, karena beliau semuanya telah tiada saat anak-anak masih kecil.
    Iya, dulu dapur adalah tempat mengobrol, ruangannya luas…terus ada meja makannya, sekaligus buat tempat mempersiapkan makanan…
    Saya dulu biasa berdiang, menunggu nasi matang sambil membakar ketela, jagung dan mengobrol macam-macam…apalagi musim liburan…

  12. Nah, saya dulu tuh klo udah kena masa bediding ini bawaannya sakit mulu. Tapi dulu, skr begitu udah menikah kok ya Alhamdulillah baik2 sajah ๐Ÿ˜Ž

    Akhmad Guntar,
    Musim bediding biasanya juga musim pancaroba, banyak yang sakit…batuk, pilek dll.
    Saya sudah kena flu minggu lalu, udah sembuh, sekarang ganti pembantu saya kena flu.

  13. ya kalau kantornya pake AC, setiap kali kerja juga musim bediding..

    Koko,
    Rasanya beda, antara dingin Ac dan bediding….

  14. Baru dengar tuh bu istilah ini:) atau saya yang kuper ya:D
    Wah mangga manalagi beberapa hari ini udah jadi hidangan buah di meja saya bu…

    Wulan,
    Istilah ini dikenal dibeberapa daerah di Jawa…dan lebih banyak di daerah Jawa Timur.
    Iya, saya juga mulai menikmati mangga, dan karena musim kemaraunya cukup menyengat, mangganya manis sekali….

  15. kalo di pantura jawa ada istilah “atis” artinya dingin yang gak dikenal masyarakat daerah selatan

    Tomy,
    Saya mengenal istilah “atis” yang artinya dingin sekali. Atis ini untuk kata kerja, kalau bediding menggambarkan mangsa atau musim kemarau yang hawanya dingin.

  16. Jadi pengen ngerasain bediding lagi di Bandung..

    Koko,
    Lho, Koko sekarang udah kerja dimana? Jakarta?

  17. di Malang juga lagi mbediding nih bu! semalem tulang saya sampe linu-linu.

    Inos,
    Saya pernah tugas ke Malang (dulu saya sering banget tugas ke Malang, nyaris dua bulan sekali) saat bediding…benar-benar dingin sekali. Mana saat itu tidurnya di Club Bunga, di Batu….

  18. Yup betul, bediding kalo di jawa itu maksudnya musim hawa dingin yg terjadi pada pertengahan musim kemarau (Juli-Agustus), jadi bukan di musim pancaroba (peralihan).

    Tapi gw kangen neh setelah hampir 10 tahun tinggal di jakarta tak pernah lagi merasakan bediding, karena di jakarta bulan apapun selalu panas, hiks! Tapi kemarin saya sempat pulang kampung ke Jateng bulan juli pas musim bediding, cukup duingin euy, suhu terendah terukur di termometer mencapai 18 derajat Celsius (kira2 spt di ruang yg AC-nya disetel kenceng), padahal kampung gw di dataran rendah lhooo, bukan di pegunungan. Dinginnya cukup menyiksa kalo kita tidur tanpa selimut.

    Kenapa suhu terdingin di pulau jawa justru dicapai pada bulan2 pertengahan kemarau (Juli)? Sebabnya, pada bulan itu (Juli), jalur peredaran matahari sedang berada di titik terjauh di utara katulistiwa (padahal pulau jawa ada di selatan katulistuwa), sehingga belahan bumi utara mengalami puncak musim panas dan sebaliknya belahan bumi selatan mengalami puncak suhu dingin. Karena Jawa ada di selatan katulistiwa, ya otomatis jawa mengalami “musim dingin kecil2an”. Musim dingin itulah yg orang kampung di jawa sebut sebagai “musim bediding”.

    Pada bulan2 itu, karena garis edar matahari di utara katulisiwa, maka sinarnya selalu miring walaupun jam 12 siang. Matahari tak pernah tepat diatas kepala walo jam 12 siang. Karena miring itulah suhu jawa jadi lebih dingin dari biasanya. Sebabnya –dengan kemiringan itu–energi panas matahari banyak yg dipantulkan kembali, dan lebih sedikit yg diserap atmosfer. jadi suhu udara dingin deh..

    SOk tau banget yah gweee he he he…..

    Biasanya suhu dingin mulai terasa menjelang malam setelah matahari terbenam, dan berangsur2 semakin malam makin dingin, dan suhu terdingin dicapai waktu dinihari.. Gw masih inget tuh di kampung kalo musim bediding minyak kelapa membeku keras di jerigen, gak bisa dituang. Jadi kalo pagi2 mau masak, jerigennya musti dijemur dulu di terik matahari.

    Di siang hari pada musim bediding, sinar matahari biasanya terasa panas terik karena gak ada awan yg menghalangi, tapi suhu udaranya tetep sejuk.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: