Oleh: edratna | Agustus 1, 2008

“Award”

Saya merasa mendapat penghargaan, karena termasuk blog yang selalu dibaca oleh Natazya, juga oleh Poppy, ataupun teman-teman lainnya. Bahkan dimasukkan dalam award, resikonya saya harus menulis siapa saja yang temasuk mendapat award atau merupakan blog yang sering saya baca. Terus terang maaf Naz, juga Poppy dan teman lainnya, karena sulit bagi saya untuk memilih, karena masing-masing blog mempunyai karakteristik sendiri. Dan jika ada waktu, saya pernah menghabiskan waktu 5 (lima) jam blogwalking, membaca dan membalas komentar, melihat situs2 lain yang menarik…dan hasilnya punggung pegal. Akhirnya saya harus mendisiplinkan diri, maklum sudah tua, tubuh tak sekuat dulu lagi….bahwa saya harus membatasi kunjungan pada hanya beberapa blog setiap hari. Apalagi akhir-akhir ini banyak sekali urusan yang harus diselesaikan, tugas mengajar dan pekerjaan lain yang menanti, juga kunjungan sosial yang mau tak mau tetap harus dilakukan.

Saya tak akan menunjuk siapa pemilik blognya, namun ada beberapa blog yang saya suka karena gaya penulisannya. Ada blog yang membuat saya rindu dan ingin lebih tahu tentang masalah keuangan, blog yang lucu dan menggelitik, blog yang sering memberikan ilmu pengetahuan, blok yang mengingatkan pada ayahku yang seorang guru, blog yang pemiliknya suka Dilbert (pemiliknya pendiam tapi tulisannya lucu dan menggelitik), blog yang sering menceritakan tentang sejarah dan hidup kekinian dengan gaya bahasa menarik, blog yang suka menyentil. Ada juga beberapa blog yang tulisannya berbau psikologi, blog yang pemiliknya dosen anakku, juga dosen lain, milik adikku, juga sahabat anakku. Nahh terlalu banyak bukan?? Dan ini belum semuanya, jadi memang sulit sekali……(Maaf yang lain tak ditulis karena capek buat link nya, bukan karena jarang dikunjungi lho)

Untuk anak-anak yang muda, saya menyukai beberapa blog, yang mengingatkanku pada masa seusia mereka, yang memandang hidup dengan kaca mata idealisme. Terus terang saya jarang membaca blog yang tulisannya kontroversial, entah karena saya tak terlalu memahami politik atau apa, dan yang jelas saya mungkin sudah capek dengan kehidupan sehari-hari, sehingga ingin membaca blog yang mendapatkan tambahan situasi yang menenangkan. Atau kalau menonton film, ingin yang happy end, walau saya sering diejek oleh si sulung. Sampai saat menonton film Batman (“The Dark Knight “) bersama si sulung, dan saat itu karcis hanya bersisa dua namun tempat duduk tak bersebelahan, si sulung menolak. Dia kawatir ibu tak kuat mendengar suara yang gemuruh, karena film Batman kali ini “agak menakutkan” Akhirnya kami menonton yang jam 7 malam, agar bisa duduk bersebelahan, dan saya perhatikan berkali-kali si sulung melirik untuk melihat apakah si ibu masih tahan, atau sudah menutup mata atau kupingnya. Saya jadi ingat saat mengajak kedua anakku menonton “Jurasic park” pertama kali, saya was-was memperhatikannya, apakah anakku aman-aman saja atau ketakutan, dan ternyata kali ini ganti si sulung yang merasakan seperti itu.

Jadi, membaca blog sama seperti menonton film, pada akhirnya kita memang punya kecenderungan membaca blog tertentu, yang kita merasa nyaman dan merasa ada hubungan atau keterkaitan. Ada reaksi kimianya kenapa kita merasa cocok, tanpa bisa menyebutkan alasannya. Mungkin tulisanku ini sekaligus menjawab tulisan Natazya dan Poppy, dan mohon maaf saya terpaksa tak bisa memenuhi keinginannya untuk memilih siapa diantara pemilik blog yang mendapat award dari saya dan sering saya kunjungi. Tapi yang jelas, blog kalian berdua termasuk yang sering saya kunjungi.

Responses

  1. hwahahaha…akhirna diterima juga. Terima kasih, Bu. Saya juga sering blogwalking kmana-mana dan kadang-kadang meninggalkan komen. Saya nulis blog juga sekenanya yg mud dihati/yg pas nongol di pikiran (tapi jarang ttg kesedihan krn ntar dikira tukang ngeluh), nulis nulis aja…ada yg baca syukur, nda ada ya sudah (wong namanya juga diary) tapi klo ada yg komen ya alhamdulilah hehehe…

    Poppy,
    Iya sih……yang penting berusaha tidak menyinggung siapapun…

  2. Iya, blog itu bermacam-macam ya. Tergantung mana yang nyaman untuk dibaca. Namanya juga blog, ekspresi dari diri orang itu sendiri secara bebas… πŸ™‚

    Abet,
    Betul…walau sebetulnya saya juga ingin blog saya spesifik…tapi cuma tinggal keinginan belaka….

  3. buat skala prioritas mba πŸ™‚
    Blog bukan segalanya

    Kakanda,
    Pasti ada skala prioritas, karena pekerjaan di dunia nyata juga menyita waktu.

  4. blog itu bervariasi sesuai dengan karakter sipemiliknya…..

    Okta Sihotang,
    Betul…sepakat….

  5. membaca blog sama seperti nonton film? hmmm, bisa juga. hoho. saya tak suka nonton film horor, berarti saya tak suka membaca blog yang “horor”. hwehe…

    (^_^)v

    ayo semangat ngeblog dan membaca blog!

    Farijs van Java
    ,
    Betul…seperti menonton film, kan biasanya kita suka film dengan tema tertentu. Atau membaca novel, dengan tema tertentu, walau kadang kita juga ingin mencoba yang lain…

  6. “blog yang pemiliknya suka Dilbert (pemiliknya pendiam tapi tulisannya lucu dan menggelitik)”

    >> hehehehe…
    jadi ga enak blog saya disebut2…

    btw, bu, biar punggul ga pegal akibat blogwalking, pake google reader atau bloglines, biar lebih teratur dan cepat πŸ™‚

    Tukang ketik,
    Kalau ngajari saya perlu kursus singkat, kalau cuma lewat tulisan saya ga mudeng…hehehe….

  7. Terima kasih Bu sudah me-link blog saya yg sebenarnya biasa saja (jangan2 cuma karena kita berasal dari satu ‘kampung’ ya Bu? hehehe … ) Saya sering dan senang blogwalking ke sini, rasanya ‘adem’ seperti rumah yg asri, tapi hanya sekali-sekali komentar. Baca komentar pengunjung dan komentar balik dari Ibu saja sudah seneng …

    Oemar Bakrie,
    Nggak ada KKN kok pak, dijamin. Btw sebetulnya masih banyak lagi blog yang isinya saya suka, tapi capek ngelink nya….

  8. heheheheh ini malah jadi lebih adil lagi bu terlihatnya πŸ˜‰ yap memang… saya juga ga semua blog orang bisa baca sekalipun orangnya mungkin kenal atau apa karena isinya kadang ga saya mengerti apalagi kalo yang sudah masalah teknologi hehehhe

    ah… lucunya…. nonton dan gantian diperhatiin ma anak nya ya bu? heheh saya jarang sekali sih nonton sama mama…

    Natazya,
    Saya suka nonton bareng anak, dulu bareng calon menantu….dalam kondisi santai banyak sekali hal-hal baru yang kita peroleh dari anak, yang tak dipahami ortu sebelumnya.

  9. Trimakasih Bu kalau karena sudah pernah mampir di blog saya, mudah2an nggak bosen

    Achmad Sholeh,
    Kadang kalau ga mampir bukan bosen, tapi kegiatannya lagi penuh….

  10. Ibu ini sudah seperti ibunya para blogger Bu…

    Yoga,
    Amien…wahh saya harus makin berhati-hati….

  11. Wah, saya baru tahu kalau ibu ini seorang guru. Saya juga guru lho bu, hehehe…

    Edi Psw,
    Ayah ibu saya guru, suami dan kedua adik kandung saya guru….sayapun dulu sewaktu masih aktif bekerja di lembaga keuangan sambil mengajar…sekarang malah waktunya lebih banyak untuk mengajar…

  12. moga blog aku juga bisa sesekali dikunjungi πŸ˜€

    achoey sang khilaf,
    Saya juga sering berkunjung ke blogmu kok….

  13. PR saya malah belum dibuat. Habis takutnya nanti yang nggak kebagian disangkanya nggak begitu bagus lagi.

    Lagian buat saya, walaupun saya tahu Award ini hanya untuk Just for Fun, tapi saya menganggap bahwa semua blog adalah sama. Jikalau ada kualitasnya yang berbeda, terutama yang kurang, biarlah hal tersebut untuk saya sendiri saja yang tahu. Lagian yang menurut saya kurang belum tentu menurut orang lain kurang…. Jadinya saya mengumumkan bahwa Award (menurut versi saya) saya berikan kepada semua blogger yang pernah mengunjunjungi blog saya (ataupun yang di masa mendatang akan mengunjungi blog saya).

    halaaah sok bijak ya?? Huehehehe…….

    Btw, saya tidak lupa mengucapkan thanks for the Award-nya ya bu. πŸ™‚

    Yari NK
    ,
    Itulah sulitnya, ga ditulis merasa bersalah sama yang sudah menuliskan nama saya…terus mau di link semua kok udah kecapekan separuh jalan. Jadi sebetulnya yang belum sempat dilink, bukan nggak dikunjungi, saya tetap mengunjungi kok…..dan tertulis juga.
    Blog kang Yari jelas wajib dikunjungi, mengingatkan saya pada ilmu pengetahuan yang nyaris terlupakan oleh kesibukan untuk hal-hal lain.

  14. saya juga termasuk pembaca setia blog ini. meski saya jarang komen. Tetapi saya komen kan tidak didasari untuk meninggalkan jejak. Saya komen haya karena ingin komen saja

    Adipati Kademangan,
    Sebetulnya saya penasaran, siapa yang berada dibalik nama adipati kademangan ini. Komentarnya menyenangkan, dan menunjukkan pendidikan cukup tinggi, minimal S1/S2….santun, tak inginkah menulis di blog sendiri? Atau sudah ada? Atau jangan-jangan orang yang saya kenal baik?

  15. wah, saya justru banyak belajar dari blog bu enny ini. dari blog ini saya bisa dapat banyak pengetahuan baru mengenai trik membangun keluarga dan rumah tangga, juga tentang persoalan manajemen yang, jujur saja, saya sangat awam tentang hal itu. saya menaruh rasa hormat dan salut pada ibu yang tak pernah berhenti untuk bersilaturahmi dan berbagi di tengah kesibukan yang demikian padat.

    Sawali Tuhusetya
    ,
    Saya juga banyak belajar dari blog bapak kok…..dan sastra mengingatkan saya pada ayah almarhum, yang sangat mencintai sastra.

  16. salah satu blog yang saya suka yang isinya bisa membuat saya tertawa terpingkal2 πŸ˜€

    makasih ya mbak, dah main ke tematku
    met wiken πŸ™‚

    Elys Welt,
    Blognya mbak juga saya suka, banyak sekali istilah lama (zaman saya kecil) yang muncul kembali….seperti kuntul dsb nya.

  17. selalu menyenangkan membaca blog bunda πŸ™‚

    ada kehangatan disini. walaupun tulisannya membahas blog, tapi kesan hangatnya terasa :). makasih bun.

    Arifrahmanlubis,
    Syukurlah kalau bermanfaat bagi pembaca…karena saya merasa banyak yang remeh temeh….

  18. hihihi, pengalaman Ibu waktu nonton lucu juga. dulu memperhatikan…sekarang diperhatikan.

    btw saya suka baca blog ibu karena banyak pengalaman hidup. terutama dari sisi wanita dan pekerjaan πŸ™‚

    Utaminingtyazzzz
    ,
    Iya, memang menyenangkan nonton bersama anak….dan kok dia kawatir sekali kalau ibunya takut mendengar suara jeritan joker…hehehe
    Syukurlah kalau berguna, saya mencoba sharing pengalaman, sama seperti dulu saya memperolehnya dari alm ibu, dan tante kost yang rajin memberi wejangan.

  19. cukup bingung juga untuk memberikan award, karena faktor selera sangat dominan. Bersyukurlah dengan adanya blog maka beragam selera dalam menulis dan juga membaca bisa terpenuhi

    Andrias ekoyuono
    ,
    Ini juga bukan award serius kok, cuma mana blog yang sering dibaca…lha saya suka baca banyak blog, begitu mulai ngelink, udah capek sendiri. Jadi yang nggak di link, bukan berarti tak dikunjungi…buktinya kan ada komentarnya….walau kadang juga tak meninggalkan komentar.

  20. wah , selamat ya bun
    terus saya dapat penghargaan dari siapa ya ?
    mau dunk
    dapat penghargaan

    Realylife
    ,
    Duhh…jangan salah paham, soalnya udah capek ngelink….jadi bukan berarti tak dibaca…kan ada komentarnya.

  21. Your blog is the best, I really like your posting like’s management, around a live, real opinions. My blog is not favorite blog than yours, mom. Don’t stop write a posting, cause I wait .
    Best regard and success !

    Aminhers,
    Blognya bapak juga bagus, mengingatkan kembali tentang matematik……dan saya juga suka mengunjungi…
    Thanks doanya…

  22. Semoga makin rajin menulisnya.

    Dana,
    Doain aja idenya ada terus….kadang sulit juga waktunya….

  23. Saya suka membaca blog yang memiliki minat sama dengan saya, yang serius-informatif-kocak, yang pemiliknya ramah menjawab setiap komentar. Betapapun bagusnya blog, kalau pemiliknya tidak pernah menjawab komentar yang masuk, saya enggan berkunjung lagi, karena menurut saya blog seperti itu tidak menghargai pembacanya. Ada satu blog yang sering saya kunjungi, meskipun pemilik blog tersebut tidak pernah balik mengunjungi blog saya, karena pemiliknya terbuka, lucu dan spontan.
    Blog Mbak Edratna termasuk yang sering saya buka, meskipun tidak selalu meninggalkan komentar.
    Mbak Edratna, terimakasih untuk komentar-komentarnya di blog saya.

    Tutinonka,
    Tak di link tak berarti tak termasuk dikunjungi lho ya…itu karena lelah nge link, ternyata ribet juga ya….
    Saya memang mencoba menjawab tiap komentar, tapi kadang juga ga sempat….jadi maaf kalau telat ya. Saya suka gaya bahasa mbak Tuti, dan menunggu kapan ada novel terbitan barunya….

  24. Yaaahhh … blog saya disebut karena “dosen anaknya” bukan karena isinya euy … :(( hik hik hik

    Budi Rahardjo,
    Lho kan memang dosennya anakku? Dan saya sempat juga jadi murid pak Budi, pada tahun 2004 pas bulan puasa…saya ikut seminar sharing vision, yang membawakan tiga serangkai: pak Budi, pak Ari dan pak Dimitri.
    Pak Dimitri sering berhubungan dan ketemu pada saat IT steering commitee, saat saya masih aktif di kantor lama. Kebetulan putranya pak Dimitri seangkatan sama anak saya, dan diwisudanya pada saat yang sama, cuma putra pak Dimitri dari IF.

  25. Mbak Saya juga sering berkunjung lho, tapi kadang juga ngak tau mo ninggal pesan apa, sungkan kalo pesannya kurang sopan tapi mo serius kadang ngak bisa serius. Apalagi setelah tau mbak Enny bekas tetanga ya tak kunjungi terus sekarang. Walaupun dulu belum tau juga selalu saya kunjungi. setiap ada postingan baru pasti saya baca lho. Jadi ditunggu postingan selanjutnya. Terimakasih dan sukses selalu mbak Enny.

    Yulism,
    Suatu ketika mudah2an anak dan menantuku sempat ketemu disana…cuma beda negara bagian ya.
    Iya, belakangan baru tahu kalau ternyata dari Iswahyudi alias Maospati.

  26. blog saya masih kosong lemari awardnya. ada yang berminat ngisi?

    Kishandono,
    Saya sudah berkunjung….blog yang menarik…

  27. selamat bu, bisa mendapat kesempatan memberikan award πŸ™‚

    Sigit,
    Ternyata malah jadi bumerang, karena yang tak dilink bukan berarti tak sering dikunjungi…..

  28. Salam
    membaca blog orang silaturrahmi plus mencari pengetahuan *halah OOT* πŸ™‚

    Nenyok,
    Betul….membaca blog orang, juga belajar banyak hal….

  29. Saya setuju, bahwa ada kecenderungan tertentu blog-blog apa yang sering kita kunjungi, tanpa kita bisa menjelaskan kenapa begitu.

    Rafki RS,
    Memang selalu ada unsur kimiawi yang tak bisa dijelaskan….

  30. aku juga membatasi jumlah blog yang kubaca. agak-agak bikin jadwal gitu. kebanyakan kunjungan lama-lama jadi beban sosial.
    dan memang benar, ada blog2 khusus yang aku kunjungi karena kontennya menarik.

    Latree,
    memang risiko itu selalu ada…kita harus pandai memanfaatkan waktu.

  31. hebat, eh terima jadi, blog saya dibilang lucu padahal saya tidak suka humor lho bu πŸ˜€

    Paman Tyo,
    Saya sering diskusi dengan anakku, bagaimana ya cara paman Tyo mendapatkan foto yang aneh-aneh itu? Apa kemana-mana bawa tustel? Kalau iya, bagaimana mendapatkan angle yang menarik tsb?
    Tanpa cerita lucu, foto-foto di blognya paman sudah menggelitik….dan bikin senyum geli.

  32. award ya bun?…
    Aha…design pialanya saya bantuin bun ya….!
    Baca blog kalau enak buat di respon lewat comment, saya comments, kalo nggak bisa coment ya….apa kata dunia?

    Pakde,
    Apa perlu piala? Kayaknya yang penting bisa saling silaturahmi….kadang meninggalkan komentar kalau memang isi tulisannya saya pahami, kalau nggak begitu paham karena bukan bidangnya, hanya membaca untuk tambah pengetahuan.

  33. selamat ya bu

    Zoel,
    Walah…..selamat apa….? Ini kan cuma gurauan, bukan serius….hehehe

  34. saya sih ngeblog kalo ada komputer kosong di kantor… dan masih ada waktu sbeleum deadline hahahaha !!!

    Qizink,
    Waduhh….sang bos tahu nggak?

  35. mohon juga nich untuk memberi masukan di tulisan ini
    http://bloggersumut.net/2008/08/acara-17-an-bloggersumut/
    makasih

    realylife,
    Ntar kalau sempat saya kunjungi ya…minggu ini super sibuk….

  36. Iya, ibu benar. Dan selamat ya krn dah dapet award. Kapan ya saya bisa dapet juga. Sekali-kali mampir di blog saya ya bu? Makasih

    Taufik,
    wahh itu bukan award serius…cuma gurauan nya Natazya dan Poppy….hehehe

  37. hehehe saya ‘jatuh hati’ pada blog ibunda karena auranya menyejukkan, tetap semangat untuk posting ya bunda πŸ™‚

    Inos
    ,
    hehehe…walau tulisannya remeh temeh ya….

  38. @budirahardjo, LOL, hidup bu edratna!

    Arie
    ,
    Hayoo…jangan ikutan…award itu kan cuma gurauan aja,biar seru…..
    Kapan kita ketemuan? Ntar saya banyak diajari ya Arie….

  39. jadi… janganlah mampir ke blog saya, karena isinya ndak pernah happy ending… πŸ™‚

    Wku,
    Apa maksudnya nggak happy ending?
    Kan bisa dibuat happy ending? Atau prosesnya harus berhasil dong agar happy ending….

  40. Gimana caranya agar blog saya mendapat award dari Bunda … ah, saya masih belajar, belum pantas.

    *belajar mode ON*

    Rindu,
    Lho….kalau sering saya kunjungi berarti saya suka….yang repot ngelinknya lambat, mula-mula mau semuanya tapi terus capek ditengah jalan….

  41. mbak edratna….award atau bisa juga sebagai apresiasi terhadap blog tertentu sebenarnya merupakan pengakuan atas mutu dan manfaat suatu blog……beberapa indikasi atau bentuk award dalam blog tertentu antara lain adalah kalau isi blog kerap dijadikan rujukan pihak lain (blogger,mahasiswa,lembaga swasta,perusahaan,perguruan tinggi,BUMN,pemerintah) untuk membuat editorial suatu majalah, rujukan pembuatan karya ilmiah,rujukan pendekatan masalah,pembuatan makalah, perumusan kebijakan,dan untuk bahan kuliah…….apalagi kalau kumpulan isi blog dicetak dan dijadikan buku pintar para manajer,karyawan, peneliti, dan mahasiswa dan bahkan sebagai salah satu rujukan buat dosen…..saya memperkirakan sang blogger yang mendapat apresiasi tersebut akan semakin happy dan termotivasi untuk terus menulis……dan bahannya disesuaikan dengan kebutuhan pasar…..

    Pak Syafri
    ,
    Wahh makasih pak, sudah diingatkan…blog saya masih banyak remeh temehnya…mudah2an saya bisa makin serius dalam menggarap blog ini, dengan tulisan yang dapat menyumbangkan pemikiran atau memberikan pencerahan.

  42. no….blog ibu sudah bagus sekali….banyak topik yang sesuai dengan kebutuhan pasar khususnya yang terkait dengan pengembangan SDM……saya rajin visit lho….cuma memang saya jarang berkomen ria……tapi yang penting udah hadir khan?….

    Sjafri mangkuprawira
    ,
    Seperti saya katakan pada tulisan berikutnya, sebetulnya saya juga ingin membahas dari segi manajemen lebih banyak. Tapi di satu sisi, banyak juga email dari teman-teman yang bertanya tentang hal keseharian, yang saya pikir tak penting,….dan ternyata justru ini yang berguna, terutama bagi anak-anak seumuran anakku….jadi akhirnya memang isi blog jadi ke kanan ke kiri.

  43. Ya Bu, sampai sekarang saya masih rutin mengunjungi blog-blog yang kalau dipikir: “Kenapa saya jadi kerap ke blog ini?” Ada alasan yang sulit dijelaskan.

    Bahasan content blog Ibu barangkali sudah lebih mapan dari segi pemikiran, tapi selalu ada saja yang membuat saya membutuhkan asupan-asupan semacam ini.

    Daniel Mahendra,
    hehehe…menulis ternyata memang sulit. Padahal kalau menjelaskan dalam bagan, serta meyakinkan orang lain dalam adu argumen lebih mudah, namun menulis di blog, saya harus berpikir siapa segmen yang baca blog ini…..akhirnya malah jadi mengambang…..
    Kenapa kadang kita senang datang ke blog tertentu? Benar, tak ada alasan yang bisa menjelaskannya, mungkin karena kita merasa dapat berbagi….

  44. Saya pengunjung yang sering mampir lho Bu … Nah, dari posting ini terlihat sudah ada 2 blogger senior nih, Bu Edratna dan Pak Sjafri … kalau resminya sudah pensiun, tetapi tidak pernah berhenti berbagi pengetahuan dan pengalaman … keep on blogging Bu …

    Riri Satria,
    Saya mulai ngeblognya terlambat, justru mulai ngeblog saat MPP (Masa Persiapan Pensiun), karena saat itu anak-anak kawatir kalau ibunya tak melakukan kegiatan yang berarti. Syukurlah untuk mengisi waktu, saya mendapat tawaran sebagai pengajar profesional di salah satu lembaga pengembangan perbankan, disamping kegiatan sosial lainnya.
    Dan ternyata menulis di blog sangat menyenangkan, ketemu banyak teman baru, walau hanya di dunia maya.

  45. setelah absen beberapa bulan, baru sempat menulis satu artikel lagi bu..

    Ihedge,
    Sekarang ini saatnya Bahar menganalisis, karena merupakan bidang kompetensimu.


Tinggalkan Balasan

Kategori

