Oleh: edratna | Agustus 7, 2008

8-8-08

Angka delapan banyak disukai orang, ada kepercayaan angka tersebut membawa rejeki. Bahkan ada yang begitu fanatiknya, sehingga kalau boleh memilih, maka barang-barang yang ada nomornya selalu berhubungan dengan angka delapan, atau jumlahnya menjadi delapan. Tentu angka ini istimewa, terutama akan mudah mengingatnya apabila digunakan sebagai hari-hari istimewa.

Tentu karena istimewa ini, banyak yang sudah menentukan akan melakukan sesuatu yang istimewa pada hari itu, misalkan untuk tanggal pernikahan. Apalagi jika akad nikahnya juga pada pukul 8.00 wib. Nantinya hari ulang tahun pernikahan akan mudah diingat, terutama bagi para suami (maaf ya…nggak semua suami) yang mudah lupa untuk mengingat hari-hari penting. Padahal ulang tahun pernikahan bagi sebagian besar kaum perempuan merupakan hari yang patut dikenang, apa yang sudah dicapai dalam pernikahan, apakah mimpi-mimpinya telah terwujud semua? Oleh karena itu, banyak pasangan yang memilih tanggal pernikahan sesuai tanggal lahir, atau hari-hari yang memudahkan kedua pasangan untuk mengingatnya.

Kali ini, saya ikut bergembira, karena pada tanggal 8 bulan Agustus 2008 jam 8.00 wib, akan dilaksanakan akad nikah keponakanku. Kebetulan dia juga dilahirkan pada bulan Agustus, dan rencana ini sudah dipersiapkan sejak sekitar setahun yang lalu. Bagaimana bagi yang belum menikah? Jangan kawatir, masih ada 9 September 2009, ada 10 Oktober 2010, 11 Nopember 2011 dan 12 Desember 2012. Saya menjadi ingat percakapan dengan si bungsu….”Ibu, jangan kawatir, masih banyak tanggal bagus, masih ada 10102010….lagipula siapa tahu saat itu sudah lulus S2, udah gawe dan udah mantap…” Mungkinkah? Kita tak pernah tahu apa yang ada di depan kita, semoga kita memperoleh hari baik pada saat memulai sesuatu, apakah tanggal pernikahan, apakah launching produk, dan lain-lain.

Saat si sulung menikahpun, walau tak terlalu direncanakan sejak jauh hari, ternyata merupakan hari ulang tahun eyang kakung nya (ayah saya)…..Bagaimana dengan anda, terutama yang belum menikah, atau mau mantu?

Selamat menempuh Hidup Baru, untuk Yogie dan Dwi…selamat mengarungi bahtera rumah tangga, selamat berjuang untuk mempertahankan cinta kalian….dan semoga kehidupan rumah tangga kalian rukun-rukun selalu, saling menghormati, saling percaya, dan saling menerima kekurangan.

Iklan

Responses

  1. hahahah
    saya kapan meritnya ya?????
    πŸ˜‰

    Wahyu Reza Prahara,
    Yang penting cari pasangan dulu

  2. Biar gampang ingetnya, tanggalnya berupa tanggal unik

    Adipati Kademangan,
    Saya dulu malah ga jadi tanggal yang ditetapkan, karena ayah meninggal sebulan sebelum rencana pernikahan kami…jadi ya langsung menikah di depan jenazah, sesuai pesan ayah alm pada ibu.

  3. wah.. tanggal bagus ya.. tadinya ngincer 888 untuk menikah.. tapi ko’ kelamaan ya **udah ngga sabar** hihihi…

    salam kenal ya.. πŸ™‚

    Nna,
    Sebetulnya semua tanggal bagus, tapi biasanya pasangan punya tanggal tertentu yang diinginkan….

  4. wah, keknya ga ada yg bakal ngincer tanggal 13 bulan 13 tahun 2013, ya. hwehe…

    (^_^)v

    tgl 10 bulan 10 tahun 2010 insyaallah diriku akad. //emang dah punya calonnya, mas??//

    kalo ga, ya tgl 11 bulan 11 tahun 2011 aja deh. kalo ga juga, masih ada tgl 12 bulan 12 tahun 2012. kalo ga bisa juga, terpaksa deh ngambil tgl 13 bulan 13 tahun 2013. hoho. //mengingat diriku pernah mendapat gaji ke-13, saya yakin bahwa bulan 13 itu nyata adanya.//

    (^_^)v

    Farijs van Java,
    Tanggal 13 juga ga masalah, kan pada dasarnya semua hari dan tanggal sama baiknya….cuma bulan ke 13 nggak ada, yang ada gaji ke-13 (tapi saya juga belum pernah menikmati, maklum bukan PNS)

  5. buat saya tanggal kapanpun sama saja……….

    Itik kecil,
    Memang tanggal yang menentukan adalah kedua pasangan…tergantung mereka ingin seperti apa…

  6. ah, itu sih latah aja..

    Koko,
    Lho !!!….sebenarnya masing-masing pasangan berhak menentukan, yang menurut mereka adalah hari dan tanggal yang membuat mereka akan ingat terus, serta berkesan. Ada yang berdasar tanggal kelahiran, atau juga angka tertentu…..dan hal ini sah-sah aja. Mobilku juga nomornya tertentu, bagi orang lain konyol karena menambah biaya, tapi bagi kami, mudah mengingatnya.

  7. Meskipun saya menganggap, tanggal berapapun sama saja… dan saya tidak pernah mempedulikan tentang tanggal hoki dan sebagainya… namun nampaknya memang angka yang mudah diingat memang menjadi favorit. Selain karena mudah diingat juga bisa dibuat “fun” sekedar untuk sedikit menarik perhatian orang ataupun sedikit rasa puas di hati karena mendapatkan kesempatan tanggal yang relatif jarang didapat……..

    Yari NK,
    Memang sangat tergantung pada kebiasaan dan keinginan pasangan.

  8. hehehehe semua tanggal itu unik menurutku, dan istimewa… tapi memang seru sih kalau di undangan tertulis 080808 atau 090909… mungkin 080910 dan 101112 juga lucu…

    Tje2p,
    hehehe….ide yang bagus…..bisa dicatat

  9. Hehe, saya suka angka 8 karena memang tanggal lahir saya aja πŸ™‚ angka 8 memang unik, kalo di rotasi 90 derajat, jadi simbol infinity. Semua angka digital, di-construct dari angka 8 πŸ˜€

    Donny Reza,
    Memang banyak yang menyenangi angka 8……saya suka yang kelipatan tujuh.

  10. tambahan tuh bu, si bungsu ibu jg bilang 10-10-2010 adalah hari minggu, Pas banget kan? tinggal ngepasin calonnya aj ;p hehehe…

    usul si tje2p diatas ok juga tuh…080910 pas banget 4th anniversary-ku ma doi, 090909 juga oke….sayang keduanya kelamaaaaaannnn….hihihihihihi…

    Poppy,
    Kok kelamaan….mau tahun 2008 juga???….langsung tariiik….

  11. semoga yang menikah diberi kelancaran πŸ™‚
    saya ga tahu hutung-hitungan yang njelimet.

    semua hari baik…
    lagian cari gedung susah, semua udah berburu di tanggal tersebut.

    tukangobatbersahaja,
    Kan nggak selalu di gedung….walau biaya nya sama (kata temanku yang sudah ahli urusan begini)…sewa tenda ber AC juga mahal….

  12. kenapa ga nikah tanggal 29 februari tahun kabisat? kan irit tuh, gak harus ngerayain ultah perkawinan tiap tahun

    Kishandono,
    Ide boleh di catat….jadi tahun berapa ya? Tahun 2012…wahh kelamaan….

  13. saya setuju sama mas kishandono
    keren juga klo pas tanggal 29 februari
    hehehe

    Sigit,
    Saya juga sudah mencatat ide itu….kan masih ada si bungsu….

  14. Nanti pada tanggal 08 Agustus 2008 pasti akan banyak yang melangsungkan pernikahan, jika percaya akan keberuntungan angka 8 ini….

    Sapimoto,
    Iya betul…bahkan pembukaan olimpiade Beijing pada tanggal tersebut

  15. resiko resepsi pas tanggal bagus biasanya undangan yang hadir jadi sedikit. soalnya pasti banyak pasangan lain yang punya hajatan, hehehehe

    Utaminingtyazzzz,
    Tak sekedar banyak hajatan pada tanggal yang sama, tapi karena bukan hari libur, dan hari Jumat. Sedang tanggal 70707 yang lalu kebetulan tepat hari Minggu, akhirnya saya harus memilih untuk datang pada hajatan yang mana.

  16. selamat2 bu semoga keluarganya bahagia… hingga ujung waktu πŸ™‚

    Arul,
    Terimakasih….

  17. Kalau saya lebih suka angka 9. Tapi sayangnya saya tidak punya rencana apa2 utk tanggal 9-9-09 yg akan datang. Lagi pula hari itu masih lama, satu tahun lebih.
    Mau ikut ucapin selamat utk Yogie dan Dwi yg mau menikah besok. Mudah2an semua berjalan lancar.

    Johan,
    Makasih doanya……

  18. Kalau 666 (number if the beast) dulu banyak penggemarnya juga ga ya? πŸ™‚

    Jokodolog,
    Entahlah….mungkin juga banyak…..

  19. Tanggal yang unik…
    Tapi jangan-jangan tahun depannya muncul isu kiamat lagi, 9-9-9…
    Seperti di tahun 1999 yang lalu… πŸ˜†

    Tria,
    Isu mudah muncul namun jika kita tenang akan reda dengan sendirinya. Sudah ada kok yang siap-siap menikah di 090909 jam 9.09

  20. Saya juga banyak sekali mendapatkan undangan menikah pada tanggal 08/08/08 besok. Mungkin baru seribu tahun lagi angka ini akan muncul kembali.

    RafkiRS,
    Ternyata pembukaan olimpiade Beijing pun menggunakan tanggal tersebut…

  21. Terima kasih Mbak Enny,
    Mengingatkan saya akan Hari Pernikahan mantan Manager saya di Toronto. Waktu itu kita sama sama baru jatuh cinta, maksudnya saya sama suami dan dia sama tunagannya jadi kita saling berbagi kebahagiaan. Dan dia bilang tunangannya merencanakan nikah tanggal 08-08-2008, besok berarti. Wah terima kasih jadi ingat saya. Mo kirim emal ke Lou ah. Thanks

    Yulism,
    Sama-sama mbak…makasih kembali

  22. angka yang unik

    Aminhers,
    Betul….makanya ditunggu banyak orang…

  23. lha saya sendiri lahir tanggal 7, bulan 7, tahun 1977, kebetulan juga jadi anak ke 7 πŸ˜‰

    salam kenal yaks

    Sigid,
    Beruntung sekali….angka tujuh atau kelipatan tujuh, konon katanya berarti baik…
    Salam kenal juga

  24. kapanpun tanggalnya. selamat untuk yang menikah.

    akan mendapat ladang ibadah yg besar.

    barakallahulaka, wabarakallahu alaika, wajama’a bainakuma fi khair.

    Arifrahmanlubis,
    Terimakasih doanya….memang sebetulnya semua angka baik….

  25. Bunda, saya mendengar diradio kemarin bahwa orang-orang kulit putih [maaf-cina] dilarang menikah tanggal itu karena kalo datang sialnya gak habis habis …. karena angka 8 adalah angka yang tidak putus bak lingkaran gitu.

    Ah itu kan hanya ramalan yah …

    Rindu
    ,
    Memang setiap bangsa, suku mempunyai kepercayaan masing-masing terhadap angka maupun hari baik. Kita menghargai kepercayaan tersebut. Khusus untuk keluarga saya, menganggap semua hari baik….bahkan bagi orang Jawa, yang menyarankan tak menikah di bulan Suro (Muharam)…kakak sepupu saya menikah pada bulan Suro 30 tahun yang lalu, dan sampai sekarang kondisinya baik-baik saja.

  26. Teman kerja Iko ada menikah hari ini,…
    Selamat Menempuh Hidup Baru Mbak Erma…

    Iko,
    Memang banyak yang membuat acara pada hari itu, entah pernikahan, reuni dan apapun juga.

  27. Selamat untuk keponakan ibu,
    Semoga menjadi keluarga yang bahagia dan dilimpahi berkat.

    hari ini teman sekantor mantu, 080808 akad nikah jam 08.08 wuih…serba 8

    Dengan harapan cinta yang dijalin tidak pernah putus seperti pada angka 8, karena memang menurut cerita, ini adalah cinta yang diiringi banyak tetesan air mata.

    Salam hangat,

    Cahaya

    Cahaya,
    Semoga siapapun yang menikah pada hari itu dikaruniai usia pernikahan yang langgeng, sebagaimana angka delapan yang tak putus-putus….

  28. ngomong-ngomong angka 8…
    pemilu nanti jadi pengen nyoblos nomor 8…
    peace… πŸ˜‰

    Nasruni,
    Saya belum memikirkan pemilu….lagipula bukannya terserah masing-masing?

  29. Kata teman saya .. hari ini, paling gampang diingat bu .. semuanya serba delapan .. jadi cukup ingat satu angka saja. Delapan :mrgreen: ya harinya, ya bulannya, ya tahunnya bahkan kalo perlu jam-nya juga delapan.

    Selamat berbahagia menempuh hidup baru ya bu .. oops, maksud saya, buat kedua mempelai bu.

    Erander,
    Mungkin karena mudah diingat itu, banyak yang memilih tanggal tersebut untuk acara spesial.
    Makasih doanya.

  30. tadinya mo tanggal segitu tapi berhubung hari jumat, kemungkinan tamu yg dateng sedikit ..

    taun ini yg rada2 spesial juga 20 Juli kemaren 20072008 .. tp teuteup yg spesial banget 06.07.08 hehehehe

    Aldi,
    Seorang tuan rumah yang baik, memikirkan tamu-tamunya….
    Anak saya memilih hari Minggu dan siang hari, agar teman-temannya bisa datang.

  31. selamat buat keluarganya yang menikah bu…

    kalau sepupu saya malah diundur tadinya mau menikah hari ini…

    tapi kalau saya pribadi merupakan orang yang ga terlalu percaya dengan yang namanya tanggal bagus dan semacamnya… hari di saat kita akan menikah saya rasa tanggal berapapun itu pastilah bagus…

    jadi pemilihan tanggal buat menikah lebih pada nilai historis πŸ˜‰ insya Allah juga jadi bagus… AMIEN πŸ™‚

    Natazya,
    Memang tergantung pada keinginan kedua mempelai…kalau dulu tergantung hitung-hitungan hari baik oleh orangtua…(untuk yang percaya)

  32. Persis seperti di China sekarang ini, selain pembukaan olimpiade, banyak pasangan yang menikah hari ini.. wah nampaknya angka 8 itu banyak diyakini membawa keberuntungan..

    Buat saya sih, setiap hari (kalau kita mau sadari) juga banyak memberikan keberuntungan.

    Selamat atas pernikahan Yogie dan Dwi. slaam hangat dari afrika barat.

    Luigi,
    Sebetulnya kita memang harus percaya bahwa setiap hari membawa keberuntungan.
    Makasih doanya.

  33. angka bagus tuh
    di koran tadi saya baca
    kalo dalam ranga ULTAH ke 8
    PKS memberikan santunan berupa pebggantian dan biaya persalinan plus hadiah kepada 8 anak dari keluarga kurang mampu yang lahir di tanggal itu πŸ™‚

    Achoey sang khilaf,
    Angka yang bagus, hanya karena mudah diingat….bukan karena yang lain….

  34. 8 itu Katanya orang china itu angka yang bagus, karena bisa memberikan nilai kemakmuran, cuman kasiah juga kalau ada statement seperti itu. bagaimana nasib angka2 yang lain bun? saya suka angka 9. lucky katanya. Ya…antara percaya dan nggak percaya sih Bun. Tapi asyik juga milih2 angka ini ya…..mmmmmmmhhh

    Pakde,
    Bagi saya sekeluarga semua angka dan hari membawa keberuntungan. Kebetulan keponakan udah ketemu jodoh, dan kemudian memilih tanggal yang mudah diingat…kebetulan juga pengantin pria nya lahir pada bulan Agustus….jadi bukan karena tanggal yang berarti sesuatu, dan tanggal lainnya kurang bagus.

  35. 08-08-08 angka yang unik dan gampang diingat bagus untuk nomer Hp… setelah baca artikel Ibu saya jadi bertanya-tanya sendiri, tanggal baik saya kapan? mmm… ternyata setiap hari… yaitu hari-hari dimana saya mendapat rejeki (amien) πŸ˜‰

    Yoga,
    Tak usah dipikir serius…awalnya mereka ingin menikah bulan Agustus (karena ultahnya bulan Agustus)…ternyata kok ada hari yang mudah diingat. Tapi ada risikonya, karena hari Jumat, tamunya datang setelah sholat Jumat…yang penting akad nikahnya jam 8….hehehe.

  36. ngomong2 mengenai tanggal, tgl 13 pernikahan kami adalah tgl kelahiran istri saya, tadinya mau tgl 12, cuma dia bilang udah tanggal 13 aja biar gampang inget tanggal pernikahan kami.

    Resi Bismo,
    Berarti memang tanggal yang memudahkan untuk diingat kan?

  37. uhmmm… saya nikahnya kapan aja deh, yg penting tariiikkk mang loh loh loh :mrgreen:

    Pimbem,
    Iya…yang penting calonnya dulu…tanggal mah gampang…

  38. tanggal 08 08 08 adalah hari lahir website terbaru saya. Belum di launching, pas ngedaftarnya aja maksa sama domain registrar supaya bisa aktif tanggal itu hehehe.
    Kalo buat nikah, pas nikah itulah tanggal terbaik. Tidak menyesal karena tidak menikah lebih awal atau terlalu awal. Gimana menyesal kalau dapat jodoh terbaik pada tanggal terbaik. Iya ga?

    Awaludin,
    Kenyataannya bapak sampai saat ini berbahagia dan telah dikaruniai putra putri yang sehat….berarti tgl pernikahannya memang tanggal yang baik….

  39. waktu itu lihat di TV.. Bahkan partai nomor 8 pun ikut merayakan tentang momen serba 8 ini..

    Menurut saya, tentang angka ini kurang lebih hanya
    semacam “gothak-gathuk mathuk” saja..

    ^_^

    Ade Bayu,
    Ahh itu kan angka untuk memudahkan mengingat aja…..lha Ade sendiri kapan?

  40. Saya? Saya belum menentukan tanggal apa-apa. Tapi saya tahu, akan ada tanggal bagus itu, Bu… πŸ™‚

    Daniel Mahendra
    ,
    Betul….pasti ada tanggal yang tepat…sebagaimana jodoh yang tepat….

  41. @Ibu Ratna
    Wah.. kalau saya sih kalau bisa secepatnya Bu.
    Tapi biasanya orang-orang tua di daerah saya melakukan “petung” dahulu yang rumusnya saya juga belum paham -_-

  42. mudah-mudahan nanti bisa dapet tanggal baik juga. amien… kalo saya sih sukanya tanggal 9 Bu. Tapi kalo 09-09-2009 kayanya kok masih kecepetan ya? mohon doanya aja deh, Bu. hehehe… salam -japs-

    Japspress,
    Banyak kok tanggal yang mudah diingat, seperti 17 Agustus, 10 Nopember, tahun baru dsb nya….yang merayakan juga banyak.
    Tapi sebetulnya semua tanggal baik kok..

  43. 101010 itu biner (jadi kerasa anak elektronya :D), selain itu betul kata tante pop pop, hari minggu! Dan aku pas usia perak di bulan itu, hehehe..

    Yuk kita booking gedungnya dari sekarang Bu.. Masalah calon mah, tar tinggal tarik yg deket aja, hahahaha… *ngasal abis*

    Narpen,
    Masih lebih dari setahun….boleh juga tuh di book gedungnya…
    Tapi 111111 atau 20112011 bagus juga…..
    Atau 121212…….

  44. kalau saya shih rencananya yang angka 111111 disamping kulia sdh selesai,masuk rumah baru,+kehidupan yang baru,dari sekarang masi banyak waktu tuk nabung,makluk aku orang makassar yang terkenal dengan mahalnya biaya pernikahan

  45. saya jg pengenya menikah ditanggal yg unik, tp berhub calon suami kerjanya berlayar yg jangka waktu kerjanya smp tahunan yo ga bs milih2 gitu..
    oya Bu,mau tanya klo menikah di bulan muharram/suro ngeri ga sih??cz kebetulan tahun ini calon suami dtg bulan Des 2009 dan brangkat kerja lg Februari..
    trima kasih..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: