Menyebarkan “virus” ngeblog

Kegiatan saya membuat sering ketemu banyak orang baru, dari sini banyak sekali hal-hal baru yang dapat diperoleh. Antara lain, dari mengajar, saya banyak mendapatkan informasi dari para partisipan, yang sangat bermanfaat untuk perbaikan materi pelatihan berikutnya. Apa yang pertama kali dilakukan saat kita memulai pembelajaran? Pertama kali tentu saja adalah memperkenalkan diri sendiri, kadang perkenalan ini dipandu oleh moderator (tergantung jenis pendidikannya). Setelah memperkenalkan diri sendiri, saya biasanya menjelaskan bahwa pertemuan saat ini diharapkan akan berkelanjutan, artinya bahkan jika dalam kesehariannya para partisipan ingin berdiskusi tentang materi yang pernah saya ajarkan atau hal lain, boleh mengirimkan lewat email. Disini saya juga memberikan alamat email saya…dan tak lupa alamat dan nama blog saya.

Hal yang menyenangkan, ternyata dari pelatihan di Surabaya, saya ketemu beberapa partisipan, yang ternyata pernah menyambangi blog ini, dan mereka mendapatkan info untuk melamar pekerjaan dan diterima bekerja di perusahaan, yang kemudian saya ditunjuk sebagai salah satu instrukturnya, adalah dari blog saya. Tentu saja pertemuan ini sangat menyenangkan. Dalam pelatihan, yang pesertanya adalah para sarjana baru, yang baru diterima bergabung pada suatu lembaga keuangan ini, saya juga mendorong teman-teman peserta pelatihan agar memanfaatkan blog sebagai ajang untuk mendapatkan informasi, dan saling berbagi pengetahuan. Karena, setelah mereka nantinya selesai pendidikan dan akan ditempatkan pada masing-masing cabang yang tersebar di wilayahnya, maka sarana komunikasi melalui internet dapat membantu mengatasi perasaan asing pada saat awalnya. Dari blog kita juga akan mendapatkan teman, yang berlanjut pada hubungan yang lebih personal, saling berkirim email, dan berdiskusi atas berbagai hal. Semoga semakin banyak muncul blogger baru, yang memanfaatkan komunikasi melalui blog untuk hal yang positif, sehingga berguna bagi sesama.

Iklan

59 pemikiran pada “Menyebarkan “virus” ngeblog

  1. “Virus” Nge-Blog ini juga sudah menular kepada saya, bu.. Namun saya sadari memang pemanfaatannya belum maksimal, masih menulis seputar diri dan lingkungan. Ingin rasanya menuliskan sesuatu yang bisa terasa lebih bermanfaat. Seperti berkeliling dalam blog milik Ibu ini. 🙂 Salam kenal, dan salam hangat selalu Bu..

    farRa,
    Nggak apa-apa, menulislah apa yang ingin ditulis, sepanjang bersifat positif…..

  2. kadang suka malu membandingkan isi blog saya dngan blog ibu, hehehehe

    Utaminingtyazzz,
    Tak perlu membandingkan dengan orang lain, tiap orang punya karakter masing-masing. Yang penting teruslah menulis, nanti akan terlatih dengan sendirinya….

  3. sampai saat ini sudah terkontaminasi sama itu virus, stadium : mulai parah…… :d

    Yoyo,
    Sepanjang virusnya bermuatan positif tak masalah, dan kita harus bisa menunjukkan pada orang lain, bahwa blogger bermanfaat.

  4. Alhamdulillah, rasanya seneng ya Bunda bila blog kita mampu memberi manfaat … seperti melihat blog Bunda Eni terus ada lowongan dan diterima.

    Semoga ALLAH memuliakan pemilik blog ini … amin ya Rabb.

    Rindu,
    Yang penting niat baik…dan niat kita adalah untuk sharing pengalaman….saya juga tak menyangka, ternyata ada yang membaca blog ini sebelum wawancara dan diterima…mungkin bukan karena blog ini, tapi mereka merasa ada tambahan info.

  5. wah klo diriku saatny menyebarkan virus ngeblog lewat blogor 🙂

    Hanggadamai,
    Apalagi kayaknya Blogor didukung oleh orang-orang pintar dan berpikiran positif/maju…semoga semakin bisa memberikan manfaat.

  6. hihihihi entah kenapa saya kok blm bisa ya seperti Bu Enny, menulis sesuatu yg bermanfaat buat org lain, bahkan ketika selesai mengikuti pelatihan manajemen proyek kmrn, sbnrnya saya pingin sekali share apa yg telah saya dapat disana, tp entah knp, ketika akan mulai menulis saya kehabisan kata2, terlalu direcoki dgn keinginan menceritakan hal2 yg lain (hal2 seputar saya tentunya) :mrgreen:

    Pimbem,
    Cobalah menuliskan dulu pada draft, saya menyesal kenapa nggak dari dulu menulis ya….saat masih bekerja, banyak sekali sebetulnya ilmu yang kita peroleh dan dapat di sharingkan pada orang lain. Ini juga berguna dalam kaitan pendidikan berikutnya…bukankah program SDP (Senior Development Program) dan AVPDV (Asisten Vice President Development Program) mensyaratkan adanya pembuatan makalah. Dengan rajin menulis, kita akan terlatih…..dan siapa tahu mendapatkan “the best” atau minimal masuk ke dalam “The big Five“.

  7. welehweleh… blog saya sdh memberi manfaat buat orang lain, tidak ya? hwehe…

    ngomong2 soal nyebarin virus ngeblok, dah ada beberapa teman yg saya tularkan virus ngeblog dan kemudian menularkannya kembali kpd teman2nya. hidup ngeblog!

    (^_^)v

    Farijs van Java,
    Jangan kuatir, setiap tulisan pasti ada manfaatnya…..jadi teruslah menulis….

  8. narpen

    huhu, blogku jarang diupdate 😀 gmana bisa memberi manfaat…

    Narpen,
    Padahal ceritamu pada ibu banyak dan lucu-lucu…pasti menyegarkan pembaca. Tinggal menyisihkan waktu, dan ini merupakan latihan, mengapa orang yang super sibuk masih bisa menulis, mengajar, memberikan ceramah dan presentasi yang merupakan tulisannya sendiri.

  9. Wah senang Bu Ratna bisa aktif ngeblog lagi setelah beberapa hari terakhir ini sibuk.

    Bagaimana puasa Ibu, semoga baik dan lancar…
    Selamat melanjutkan berpuasa, Ibu …

    Donny Verdian,
    Alhamdulillah, puasa masih berjalan lancar…..

  10. Ya, dalam seminar maupun workshop yang saya isi, saya pun biasa untuk selalu menekankan pentingnya etalase diri kita di internet, satu diantara banyak contoh dalam bentuk blogging, sehingga mempermudah melakukan knowledge sharing. Itu tadi juga adalah satu contoh benefit yang bisa didapat dari blogging diantara banyak benefit lain yang bisa didapat, saya sangat suka buku tentang review blogging heroes interviews with 30 of the worlds top bloggers yang sungguh bermanfaat dan selalu saya rekomendasikan untuk siapa saja yang mau berniat serius menekuni indahnya etalase kita di internet.

    Arie,
    Betul…dengan membaca isi tulisannya, kita sudah bisa menilai seperti apa kita-kira tipe orang dimaksud. Ada tulisan yang bisa membawa pembaca untuk selalu datang berkunjung kembali….

  11. Semua orang butuh blog sebenarnya sekarang. Hanya saja belum semua orang yang tahu sejauh mana manfaatnya. Dan tentunya bu Edratna sudah menunjukkan dengan nyata salah satu maanfaat blog kepada anak didik ibu sekarang.

    Semoga virus ini akan semakin mewabah… !

    Undercover,
    Awalnya saya cuma sekedar menulis, namun setelah sering mengajar berkeliling, ternyata saya memahami bahwa tulisan saya dapat menolong orang awam memahami hal-hal seputar keuangan dan perbankan, terutama bagi para fresh graduate. Bagi yang telah senior, tulisanku tidak berarti…..Sayangnya banyak hal yang tetap memerlukan penjelasan dengan tatap muka, agar tak menimbulkan persepsi yang keliru.

  12. memang ngeblog akan membuka wawasan karena akan melihat suatu object dari sudut pandang yang beragam, salam

    Jenny oetomo,
    Kita menjadi terlatih untuk melihat sudut pandang dari berbagai hal…..betul sekali….dan ini semakin menambah wawasan dan ilmu kita.

  13. sebuah sikap yang bijak, bu enny, di tengah kesibukan ibu masih berkenan memberikan ajak simpatik untuk ngeblog. saya setuju banget, bu. lewat blog, kita bisa berbagi dan bersilaturahmi. kalau saya tdak ngeblog, belum tentu saya bisa berkenalan dg ibu meski hanya sebatas di dunia maya, bahkan juga dg putra-putri ibu. terima kasih atas silaturahminya selama ini, bu. salam ngeblog!

    Sawali Tuhusetya
    ,
    Menulis ternyata juga merangsang untuk berpikir……dan saya banyak mendapat manfaat dan tambahan wawasan berkunjung ke blog nya teman-teman…..

  14. ngeblog banyak sisi manfaatnya tapi selama ini masih dalam lingkungan menyalurkan “syahwat” menulis saja bu sebagai pembelajaran. Ternyata sangat banyak seperti digmbarkan Ibu yah… 😀

    Kurt,
    Awalnya saya mendapatkan manfaat dari hubungan dengan anak-anak dan keponakanku. Jika ingin mengirim pesan, saya mengemas dalam bentuk tulisan yang akan lebih mudah diterima dibanding dengan menasehati secara langsung. Ternyata menjadi berkembang, setelah ternyata blog ini juga dibaca teman-teman dan senior anakku…bahkan berkembang pada mantan muridku….

  15. Virus ngeblog memang luar biasa, saya juga telah terjangkiti. Senang rasanya bisa berbagi ya bunda, apalagi ada yang mendapatkan pekerjaan. Selamat datang dan Selamat menulis kembali Bunda. terimakasih

    Yulism,
    Itulah kehebatan blog, hal yang tak pernah terbayangkan sebelumnya…saya jadi mengenal Yuli, dan bisa membayangkan kehidupan di Amerika dari sudut pandang orang Indonesia.

  16. Blog ini virus ‘berbahaya’, karena kalau sudah terjangkiti, orang sering susah ‘sembuh’nya … hehehe …
    Bagi orang yang suka nulis, suka berkomunikasi, blog memang sarana yang memberikan kenikmatan (halah!) yang memabukkan …. 😀

    Tutinonka,
    Saya suka gaya bahasa mbak Tuti di blognya….kenes…apalagi cerber dan cerita perjalanannya……serasa ikut dalam perjalanan tersebut.

  17. Sy seneng kalimat terakhirnya bu…hehe..amien.
    *secara sy masih pemula dalam nge-blog*
    Blogger??? Chayo!!! 😛

    asyafe,
    Menulis untuk kebaikan, akan menyenangkan. Kita akan bertambah teman….yang bukan tak mungkin menjadi layaknya saudara.

  18. hahahah Virus yah ..! pantesan om roy bilang nge blog kerjaan pengagguran 😀 rupanya virus toh… tapi sayang ku malah pelihara tuh Virus :)) yar pon blognya gak mutu 😀

    MedanBlogger,
    Saya memang pengangguran…tentu saja, kalau lagi menulis, berarti saya lagi mnganggur dari pekerjaan yang lain…hehehe
    Teruslah menulis dengan itikad baik, lama kelamaan akan punya gaya tersendiri yang berbeda dengan orang lain….

  19. wah, alamat blog sekarang mungkin juga sudah bisa dijadikan identitas penting dalam cv ya bu, seperti alamat email beberapa tahun yang lalu. Nge-blog menjadi sarana yang baik untuk mencurahkan pikiran sekaligus menjalin silaturahmi, go..go..blogger!! 😀

    Pipiew,
    Betul…..saya udah mendapatkan beberapa kartu nama, yang selain mencantumkan alamat email, no telepon, juga alamat blog. Dan orang-orang tsb bukan orang biasa, artinya blog memang telah diterima oleh masyarakat luas.

  20. blog ini menarik lho… coba di share aja di situs social bookmarking ini>>>

    http://www.lintasberita.com/

    mudah2an bisa membantu naikkan traffic blog ini.. ok deyh.. keep up the great job ok.. thanks..

    reedzq,
    Makasih tawarannya…saya menulis sekedar sharing pengalaman….sehingga tak ada tujuan untuk menaikkan traffic blog.

  21. Hi Bu Edratna..
    Senang bisa ketemu blog ibu ini. Virus blog ibu OK. Saya juga ketularan blogging, tapi hanya untuk sekedar having fun saja. Menuangkan “isi hati” 🙂

    chilonic,
    Saya awalnya juga cuma mengisi waktu kosong atas dorongan anak-anak. Ternyata banyak yang menyarankan agar juga menulis tentang hal-hal yang selama ini telah saya kerjakan dalam pekerjaan sehari-hari, sipa tahu berguna. Jadi semua mengalir begitu saja.
    Mudah2an Chilonic, juga akan menemukan gayanya sendiri……

  22. saya gak tau apa blog saya brmanfaat buat org lain. Yg jelas aku sudah lampiaskan isi hati lewat tulisan
    Salam 🙂

    arsyadsalam,
    Setiap blog, sepanjang tulisannya bersifat positif, tetap punya manfaatnya…..
    Teruslah menulis. Salam kembali.

  23. Bun, tolong cek comment saya di tulisan bunda yang kemaren ya…”SEMENTARA ISTIRAHAT”.

    Nah untuk postingan bubun yang ini, comment saya begini kira2:

    Kita punya waktu banyak sekali, dan kita tak bisa hidup tanpa relasi ataupun kawan. ya toh…lalu bagaimana cara kita cari temen. salah satunya adalah ngeblog..nge bloooooooog. temen jadi banyak. relasi dimana2.

    Temen saya di jambi, masih nggak mudeng apa itu manfaat nge-blog. entahlah…menyebarkan virusnya pun. mereka nggak mempan karena kadung gaptek. (maaf jadi ngomongin orang nih).\

    Pakde,
    Bukankah itu tantangannya?
    Mudah2an pakde bisa menularkan virus positif ini, tapi mungkin perlu waktu lebih lama…tapi kalau tetap tak berminat ya tak perlu dipaksa…..mungkin minat dan bakat dia pada bidang lain.

  24. blog positif dong ya bu

    Aprikot,
    Blog bisa positif jika pemiliknya memang punya itikad baik, untuk menulis hal kebaikan. Tapi bisa menjadi berbahaya jika untuk mempengaruhi orang lain, berbuat hal yang kurang benar.
    Agar blogger dianggap sebagai orang yang bertanggung jawab, marilah menulis yang positif, kalaupun berupa kritikan, tetap dalam koridor yang santun.

  25. gbaiquni

    salam kenal Bu… 🙂

    mesti banyak belajar lagi nih soal ngeblog

    gbaiquni,
    Makasih kunjungannya, salam kenal kembali…

  26. Salut untuk ibu.. sepakat dan setuju banget untuk menyebarkan virus ngeblog di berbagai kalangan utamanya kalangan anak muda dan mereka yang baru lulus pendidikan dan menempuh kerja..

    Gempur,
    Saya membayangkan mereka seperti saya dulu, kurang pengalaman dan pemahaman…
    Apalagi saya mempunyai anak-anak yang seumur mereka….

  27. Wahhh …. iya banget mas , blog sekarang telah menjadi medium penyambung interaksi gaya baru, dari gaya konvensional, beralih kedigital, tetapi bukan asalan digital, melainkan komunikasi yang lahir dari digitalisasi pemikiran…. pemikiran dalam bentuk tulisan …

    Muda bentara,
    Betul…tulisan di blog banyak yang inspiratif, menambah wawasan dan pengetahuan.

  28. Assalaamu ‘alaikum… ane mo tanya-tanya soal ngeblog bu… bageymana sufaya blog kita bermanfaat…? terimakasih…
    *menunggu maghrib sambil menanti jawaban*

    Cabe rawit
    ,
    Saya sudah berkunjung di blogmu….tulisanmu menarik kok.
    Yang penting punya niat baik dalam menulis….

  29. ada issue……sedang dikembangkan antivirus nge-blog versi 1.0 tapi belum ketahuan siapa dan badan mana yang sednag mengembangkannya…… 🙂 selamat berpuasa, semuanya…… 🙂

    Yoyo,
    Wahh siapa yang mengembangkan anti virusnya?
    Selamat berpuasa juga, semoga puasa kita berjalan lancar.

  30. huehuehue.. :((
    baru ajah me tertular nie bu..
    mo berobat ya kemana..
    ga’ seberapa parah spt temen2 yang laen..
    masih perlu belajar n cari pencerahan..

    Indraprasta,
    Nggak apa-apa tertular virus asalkan virus baik….

  31. ada dunia baru rasanya saya bu, setelah kenal dengan yang namanya blog apalagi kalau pas lihat dan baca di blognya ibu ada inspirasi untuk nulis-nulis meski tulisan saya masih asal-asalan

    Achmad Sholeh,
    Tulisanmu udah Oke kok…tinggal melanjutkan saja….

  32. namanya blog yang memberikan inspirasi bu. Ini adalah sebenarnya suara baru Indonesia, blog ternyata tidak hanya menjadi terasing di menara gadingnya.
    Saya senang kalau banyak orang ternyata memanfaatkan gagasan dan pewartaan yang ditawarkan dari blog ibu

    Iman Brotoseno
    ,
    Saya juga tak menyangka pengaruh blog seperti itu…..kalau awal menulis orang masih memandang sebelah mata, sekarang kelihatannya sudah banyak yang memahami, kalau blog bisa bermanfaat.
    Seperti komentar murid saya…”Aduh senengnya ketemu ibu, saya bisa lebih banyak lagi bisa diskusi langsung…” Kebetulan mereka adalah para fresh graduate yang baru bergabung di salah satu Bank, dan saya merupakan salah satu instrukturnya.

  33. enak bu kalau ternyata blog kita itu berguna bagi orang lain. Rasanya seperti seseorang yg membangun rumah untuk jiwa sendiri namun ternyata ada orang yg ikut berteduh di sana, membaca dan belajar dari tulisan kita. 🙂

    uwiuw,
    Betul…itulah yang mendorongku untuk terus menulis…walau untuk menulis yang serius dengan gaya bahasa ringan benar-benar sulit bagi saya…tapi saya tetap mencoba sesekali menulis yang “agak serius”…karena, walau tak banyak yang komentar, ternyata justru ini yang membantu teman-teman saat baru mencari pekerjaan, terutama yang bidangnya sama dengan saya.

  34. wah bu sayang yah. semoga dilain kesempatan kita ketemu.
    oia sy jg bu kalo lagi ngisi materi sering menyisipkan alamat blog sy 😀
    suatu hari alamat blog sy pake alamat blog yg berdomain, malah ada yg bilang wah mas ganti alamat blog sekarang, ternyata mereka juga mengikuti blog sy 😀 hihihi

    Arul,
    Iya ….acaranya padat sekali….mudah2an suatu ketika sempat ketemu ya…Kemarin juga banyak ketemu alumni ITS (jurusan Teknik Informatika, Sipil, dan TI).

  35. bayhakidevayan

    Menyebarkan “Virus” ngeblog. Bila tidak dipahami
    pada fungsi kemunculan awal weblog,Serta tanpa
    pemahaman apa itu blog.kemudian larut dengan “bloggerilya” dampaknya juga bisa sangat tidak baik bagi generasi saat ini.blog punya dua sisi, sisi kenapa blog itu penting, dan sisi kenapa blog itu berbahaya, saya ada menuliskan beberapa curhat kenapa blog itu penting & kenapa blog itu berbahaya, sharing ini bisa dibaca di halaman weblog saya.smoga kita selalu mawas dalam mencerna dan memantapkan pikiran sebelum melangkah..

    bayhakidevayan,
    Memang blog bisa seperti pisau bermata dua…justru itulah saya ingin mengajak bagaimanaagar blog bermanfaat secara positif dan menularkan hal-hal yang baik. Jika tak sependapat, juga tak perlu menggunakan bahasa kasar….

  36. Iya neh,,’
    lagi nyebarin juga..
    sudah saatnya bangsa ini tau internet
    biar ga gampang diboongin 😛

    Rully Patria
    ,
    Maksudnya apa?
    Jika ingin menyebarkan tulisan, tentunya tulisan yang baik….yang bisa memberikan inspirasi atau motivasi bagi orang lain….

  37. Kalo sudah terbiasa nge-blog memang susah berhentinya. Ada saja keinginan untuk nge-blog, posting atau hanya sekedar blogwalking dan menengok blog tetangga. Banyak hal yang bisa kita peroleh di dunia blog.

    Mufti AM,
    Betul, karena memang banyak manfaatnya….

  38. bayhakidevayan

    Assalamu’alaikum wr.wb

    Permohonan maaf,

    Dear Ibu Enny Ratnawati

    mohon maafkan anakmu ini 🙂 karena telah berbicara “kasar” di Blog ibu Enny, maafkan bayhaki ya 🙂
    salam kenal, sehat dan sukses selalu.

    Bayhakidevayan,
    Nggak apa-apa…dimaafkan. Semoga Bayhaki bisa punya blog sendiri, dan jika yang ditulis hal-hal positif, cepat atau lambat pasti banyak pengunjungnya.
    Terimakasih doanya

  39. Orang yang tahu betul manfaat positifnya pasti ingin menularkan pada orang lain. Memang dijamin nggak rugi berkunjung ke blog Ibu ini.

    Kalau virus blog yang mengendap di diri saya, mungkin sudah tingkat akut. Hihi.

    Daniel Mahendra,
    Kita memang harus bisa menunjukkan, bahwa blogger berpikiran positif, ingin memberikan motivasi bagi orang lain, sharing pengalaman dan pengetahuan. Dengan demikian, siapapun yang sampai saat ini masih meragukan kekuatan blog, akan tertarik untuk menjadi seorang blogger.

  40. Saya sudah terjangkit virus sejak 2005… mungkin sudah kronis banget deh Bu. Cuman memang saya baru terang-terangan mencantumkan nama saya dan memakai domain sendiri sejak Maret tahun ini. Blog buat saya selain menyalurkan pikiran juga pengisi sepi di rantau. Apalagi saya sebetulnya sudah terbiasa sibuk, dan tahun lalu baru melahirkan sehingga masih harus di rumah.
    Dan saya senang sekali bertemu banyak orang PINTAR di dunia blog, diantaranya Ibu.

    Ikkyu_san,
    Ngeblog ternyata memang menyenangkan, kita banyak bertemu orang di dunia maya, banyak mendapatkan sharing pengalaman dan pengetahuan.

  41. Ping-balik: Nge-blog | Twilight Express

  42. Saya setuju sekali ibu …
    Blog memang luar biasa …

    Kalau boleh bercerita … saya dulu sekali tidak tau Blog itu apa … (saya agak buta IT)

    Namun setelah ada menteri Informasi yang baru .. yang akademisi dari Surabaya ahli IT itu … beliau menyebut-nyebut Blog sebagai salah satu media komunikasi … mulai saat itu aku mikir … Blog iku opo sih … kok sampe menteri pun ngomong mengenai ini …

    Dan akhirnya setelah itu sedikit-sedikit mulai Desember 2007 kemarin … saya mulai belajar ngeblog … dari blog spot trus sekrang ke WP …

    Salam saya ibu …

    NH18
    ,
    Blog memang bisa dimanfaatkan untuk tujuan positif, dan ini yang harus dijaga oleh para blogger.
    Salam juga….

  43. Ngeblog ternyata memang menyenangkan, kita banyak bertemu orang di dunia maya, banyak mendapatkan sharing pengalaman dan pengetahuan.

    Orang yang tahu betul manfaat positifnya pasti ingin menularkan pada orang lain. Memang dijamin nggak rugi kalo kita ngeblog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s