Oleh: edratna | Oktober 6, 2008

Kenapa ya kok komentar tak bisa masuk?

Sejak hari Jumat sore saya berlebaran di Bandung, dari Jakarta langsung sowan Eyang yang merupakan adik bungsu alm ibu, dan satu-satunya dari keluarga ibu yang masih ada. Selanjutnya lebih banyak berdiam di rumah, karena tetangga di Bandung masih banyak yang mudik.

Karena banyak waktu, dan di rumah internet menggunakan Melsa, yang bisa digunakan secara hot spot dilingkungan rumah, saya lebih banyak blogwalking. Anehnya saya hanya dapat blogwalking tanpa bisa meninggalkan komentar, entah kenapa, komentar saya setelah di submit, tak bisa muncul. Saya coba berulangkali, tetap saja tak bisa muncul. Mau minta tolong si bungsu, dia sendiri sibuk acara dengan teman-teman nya. Apa boleh buat, mungkin libur Lebaran memang harus dinikmati untuk berlibur, apalagi kondisi fisik juga kurang begitu baik.

Hari Senin, saya berkeliling tetangga disekitar rumah Bandung, juga ke teman-teman kantor suami, dan sorenya kembali ke Jakarta. Mudah2an di Jakarta aktivitas ngeblog sudah kembali semula, bisa blogwalking dan bisa meninggalkan komentar pada rumah teman-teman semua. Terimakasih bagi teman-teman yang masih tetap ngeblog di saat liburan, membuat liburan di rumah tetap berarti. Dan maaf jika ternyata hanya bisa mengintip….

Update

Ternyata begitu sampai Jakarta, masalah terselesaikan. Mungkin seperti komentar pak Hendra Grandis (Oemar Bakri), bahwa ada kemungkinan koneksi internet lagi lemot. Hal ini memang saya rasakan, beda sekali kecepatan internet di Jakarta (First Media) dan di rumah Bandung (Melsa). Mohon maaf untuk komentar yang belum sempat dijawab, dan terimakasih atas saran-sarannya.

Iklan

Responses

  1. ga papa bu, sekali2 ‘puasa’ komen.
    mungkin hasil dari latihan puasa sebulan kemarin hehe.

    Minal Aidzin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir Batin Bu..

    Trian,
    Saya juga mohon maaf lahir dan batin….

  2. hmm memang kadang-kadang begitu bu. Anehnya teman saya tiba-tiba tidak bisa meninggalkan komentar di blog saya waktu saya rubah themes nya. Karena dengar laporan dari dia itu saya rubah lagi temanya dengan yang lain. Baru kemudian bisa. Aneh juga ya….
    (moga-moga ibu sempat ngintip saya eh..blog saya hehehe)

    Ikkyu_san,
    Wah kalau ngintip blogmu jelas, tapi kesal karena tak berdaya…..hehehe
    Tapi sekarang udah kembali semula.

  3. Selamat Idul Fitri 1429 H, maaf lahir dan batin.
    Salam

    Alris,
    Saya juga mengucapkan selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin

  4. Mungkin saja, komentar Ibu dianggap spam oleh Akismet. Selamat siang Bu. πŸ™‚

    Yoga,
    Kalau ke blog Daniel Mahendra memang masuk ke spam, anehnya untuk teman yang lain tak ada beritanya, termasuk yang ke mbak Tutinonka, padahal udah diulang dua kali.
    Ke blog Yoga sebelumnya juga nggak masuk kan?
    Tapi sekarang sudah kembali normal….

  5. pengalaman selama ini kalau komen ndak bisa ter-submit ada 3 kemungkinan, bu, pertama, koneksi net sedang lemot, kedua, blog yang dikomentari sedang error, atau ketiga, komen kita dianggap spam. tapi saya yakin utk kemungkinan ketiga ini rasanya saya kurang yakin karena komentar bu enny selalu mencerahkan dan bikin semangat bagi yang punya blog. mungkin ada bagusnya liburan lebaran cukup blogwalking saja, bu, ndak harus berkomentar dulu. sugeng riyadi, bu, nyuwun gunging samudra pangaksami, matur nuwun.

    Sawali Tuhusetya,
    Kelihatannya alasan beragam pak, ada yang masuk akismet, ada juga yang memang agak lemot, atau jaringan internetnya lambat.

  6. wah terperangkat akismet kali bu.
    gini aja kasih tau blogger di mana bu ngoment utk dilepas dari perangkap akismet itu.
    trus laporan ke akismet.com

    btw sy selalu cek akismet sy bu, koment ibu ngak masuk koq πŸ˜‰

    Arul,
    Mungkin memang harus libur dulu…dan setelah kembali ke Jakarta, semua menjadi normal….

  7. mungkin di telen akismet tuh πŸ˜€

    FaNZ,
    Mungkin juga….

  8. Ibu harus memanfaatkan liburan dengan baik. Seperti aku ini, jika berlibur sama sekali tidak pernah pegang komuter sama sekali. Walaupun selama dua minggu.

    Juliach,
    Betul sekali..jadi memang harus santai ya….

  9. Saya kadang susah komen hanya di blog-blog yang ber-wordpress dengan setting2 aneh. Kalau di sini selalu nyaman, Ibu.

    Donny Verdian,
    Lha tema blog ini jarang diubah, karena saya sudah suka dengan warnanya…perpaduan warna biru dan merah, warna kesukaanku. Mungkin lama-lama juga orang bosen ya.
    Juga belum berpikir iklan dsb nya, hehehe….baru pengin bisa nulis, dan rasanya belum puas karena isi tulisanku begitu-begitu aja…mesti lebih serius nih…maunya…

  10. mungkin karena pake melsa
    jadi IP-nya berubah
    lantas komennya tertahan/dimoderasi terlebih dulu

    Luthfi,
    Mungkin juga…tapi ya itu tadi, mesti liburan ngenet dulu…..

  11. Saya juga pernah mengalaminya, kebetulan sedang mobile sehingga saya pikir masalah koneksi-nya. Setelah nge-net di rumah, sudah bisa submit komentar lagi.

    Oemar Bakrie,
    Betul pak, setelah sampai Jakarta, saking penasaran langsung buka internet…lho semua udah normal kembali.

  12. Saya juga pernah seperti itu, biasanya ketika internet lemot atau kipas pendingin laptop lagi berbunyi. Tetapi ketika saya diamkan beberapa saat dan dicoba lagi sudah bisa. teirmakasih

    yulism
    ,
    Betul, memang terasa di Bandung agak lambat”…padahal biasanya tak selambat itu.

  13. wah klo aku emang jarang ninggalin koment biasanya ngintip doank abis si gendut juga gituh..:-p waah kayaknya perlu nich ninggalin koment klo blogwalking

    Lis,
    Saya juga tak selalu meninggalkan komentar. Tapi saya berusaha menghormati teman yang sudah bersusah payah berkunjung dan meninggalkan komentar, dengan gantian mengunjungi blognya, dan berusaha meninggalkan komentar. Yang sulit jika isi tulisannya sangat spesifik dan bukan bidang saya, kalau seperti ini saya tak meninggalkan komentar.

  14. Lebih parah saya kena semingguan … dan akhirnya normal. Sabar aja … hitung-hitung libur (terpaksa).

    Ersis Warmansyah Abbas
    ,
    Betul pak, anggap aja liburan….

  15. tetelan akismet mungkin…
    Atau coba refresh browsernya, seringkali ada masalah cache gitu.. πŸ™‚

    Ardianto,
    Entahlah, setelah di Jakarta, semua kembali normal….

  16. Komentar Mbak Enny masuk kok di blog saya (tapi sesudah balik ke Jakarta ‘kali ya?). Di blog-blog yang memakai wordpress, biasanya saya nggak bermasalah. Tapi untuk blog yang memakai multiply dan blogspot, kadang-kadang susah. Makanya saya agak enggan blogwalking ke blog-blog yang pakai multiply dan blogspot (maap, maap, maap …. )

    Tutinonka,
    Sebelumnya saya sudah mencoba dua kali memberi komentar di blog mbak Tuti, ngggak masuk kan? Lha yang terakhir kali masuk setelah kembali ke Jakarta. Tapi yang ke Daniel Mahendra tertangkap akismet, jadi komentarku dobel…

  17. AKISMET *kayak komenya yg lain*

    trus IPnya tuh Bunda,,

    Fauzansigma
    ,
    Iya mungkin…sekarang sudah normal kembali setelah di Jakarta…

  18. wah..saya gaptek, tetapi saya sependapat dengan mbak Tutinoka, tampaknya multiply dan blogspot agak susah.

    Singal
    ,
    Saya juga termasuk gaptek kok….

  19. bu enny. saya pernah mengalami hal yang sama. sepertinya ditangkap akismet. jadi cara yg saya tempuh adalah dgn mengganti email, dan Alhamdulillah berhasil (terimakasih utk bang utchanovsky)

    Arifrahmanlubis,
    Ternyata kayaknya masalah koneksi, tanpa di apa-apakan, begitu di Jakarta, semua kembali normal…

  20. mungkin hotspot yang dipake ibu sering dipake orang lain untuk nyepam, jadi otomatis dianggap sepam juga.

    Iwan Awaludin,
    Hot spot nya di rumah kok pak…tapi ternyata seperti yang dikatakan pak Oemar Bakrie, masalah koneksi….

  21. Sepertinya ada masalah dengan koneksi internet di Bandung pada Sabtu-Minggu malam kemarin. Saya menggunakan HSDPA T-Sel, sinyal yg didapat full, tapi koneksi lebih sering terputus. Jangankan untuk update blog, untuk nulis komentar saja nggak bisa. Mungkin trafiknya sedang tinggi? Tadi malam saya nyoba lagi tidak ada masalah, lancar-lancar saja πŸ™‚

    Gajahkurus
    ,
    Ternyata alasannya memang seperti ini. Karena dulu, saya pernah di Bandung, juga lancar-lancar saja.

  22. Traficnya penuh sepertinya, saya pake im2 alhamdulilah normal-normal saja … bandungnya dimana bu?

    Hedy,
    Rumah saya di daerah Kayu Agung, Buah Batu.
    Kalau di Jakarta saya pakai Kabel Vision (First media) dan IM2….lumayan cepat.
    Biasanya di Bandung juga tak masalah, tapi setelah Lebaran kemarin memang lambat sekali….

  23. Pernah denger dari tmn kl IM2 koneksinya cepat

    Pimbem,
    Betul….saya pake First Media, tapi koneksi internet nya pake indosat IM2.

  24. Hmmm… waktu kemarin2 coba ngirim komen ke blog saya nggak?? Kalau iya… berarti kemungkinan bukan karena terperangkap Akismet. Soalnya (hampir) setiap hari saya periksa Akismet-nya tapi ternyata komen ibu tidak ada di kotak Akismet saya.

    Ya udah bu, mungkin memang ibu di Bandung sudah “takdir” untuk tidak perlu berkomen di blog-blog dulu….hehehe……

    Yari NK,
    Entahlah kang, saya lupa…..tapi setelah beberapa kali mencoba terus saya hentikan.
    Mungkin memang harus istirahat kok, membaca, dan melakukan hal lainnya. Mau keluar juga males, dimana-mana macet….Bandung kok lebih macet dibanding Jakarta ya? Jakarta kalau hari biasa dan Sabtu macet sekali, tapi hari Minggu lengang…Bandung malah akhir pekan tambah macet, karena banyak orang dari luar kota masuk ke Bandung.

  25. Ibu termasuk yang “ada” saat libur lebaran kemarin. Makasih, Bu… πŸ™‚

    Daniel Mahendra,
    Betul….karena males berdesakan di kota Bandung yang makin ramai saat liburan. Jadi, mendingan di rumah, setelah acara berkeliling sungkeman selesai.

  26. wah,kalo saya buka wordpress di rumah aja setengah mati bu..masih pakai gprs handphone, makanya agak malas untuk update blog dan komen blog yg lain.. komen ibu pun belum saya balas 1 lagi di blog saya,tunggu ngenet di kampus dulu πŸ˜€

    Eric,
    Biasanya nggak masalah tuh…atau karena di sharing ya…kalau di Jakarta memang belum di sharing, jadi kalau mau ngenet mesti di ruang kerjanya anak sulungku, cuma karena anaknya sudah pergi nyusul isteri, ya ruangannya bisa dijajah….hehehe

  27. Ibu, mohon maaf lahir batin ya…
    setelah lebaran dan si mbak balik ke rumah, baru leluasa browsing, chatting dan blog walking lagi πŸ˜€

    Wulan,
    Saya juga mohon maaf lahir dan batin…..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: