Oleh: edratna | November 5, 2008

“Akrobat”

Saya baru benar-benar merasakan kelelahan, baik fisik maupun fikiran. Bulan selepas Lebaran adalah bulan yang penuh kondangan, kadang dalam satu hari ada tiga undangan, dan sulit sekali jika waktunya bersamaan padahal semuanya berhubungan dekat (entah teman, saudara, anak buah atau atasan/mantan atasan, tetangga dsb nya). Minggu kemarin, walau sebenarnya yang punya gawe adik bungsuku, ternyata tingkat stres tinggi juga menimpaku…..sampai adikku yang tinggal di Semarang ketawa..”siapa yang mantu, kok ikutan stres”. Syukurlah semua berjalan lancar. Pertemuan dengan EM (dan putranya yang lucu), YA dan DM, membuat saya bisa ketawa, entah kenapa, rasanya seperti ketemu teman lama.

Hari Senin pagi, saya menyelesaikan urusan PBB yang tertunda terus, yang berakibat membayar denda…… maklum tanah tersebut dibeli rame-rame melalui koperasi, selama ini membayarnya melalui koperasi dan potong gaji. Dan karena sudah banyak yang pensiun (maklum dibeli sekitar 20 tahun lalu), pindah kota dan lain-lain, akhirnya pengurus koperasi memutuskan agar diurus sendiri oleh pemilik tanah. Terpaksalah untuk pertama kalinya, saya mesti mencari kecamatan yang mengeluarkan PBB tersebut, kemudian membayarnya… dan kemudian karena ingin melihat, seperti apa rupanya tanah yang saya beli duapuluh tahun lalu itu, saya meninjau ke lokasi. Ternyata telah menjadi ladang yang dipenuhi alang-alang dan tak terlihat batasnya lagi (jadi ingat alang-alang berbunga orange di depan apartemen DV di Sidney). Lokasi di sekitar tanah kompleks tersebut sebetulnya telah bagus, didepannya ada jalan beraspal yang dapat dilalui kendaraan dua arah dengan masing-masing dua jalur.

Selain kondangan, bulan ini adalah bulan penuh kesibukan membuat anggaran, dan semuanya pusing untuk memperkirakan bagaimana target yang akan dicapai tahun depan, dengan kondisi ekonomi seperti ini. Apakah pesta demokrasi yang digelar tahun depat meningkatkan daya beli, atau justru menurunkan daya beli. Dan sejak Selasa kemarin, saya disibukkan membuat rencana anggaran ini, dan agar konsentrasi maka pembuatan anggaran dilakukan di daerah Puncak, dan menginap disana. Tapi baru saja duduk sebentar, sudah ada dering telepon yang mengundang rapat besok siang. Dan teman satunya juga mendadak ada hal yang harus diselesaikan di Jakarta. Jadi, terpaksa Rabu pagi turun ke Jakarta, menghadiri meeting untuk membuat bahan pelatihan, yang kalau tak ada halangan akan diadakan di Surabaya dua minggu kemudian. Karena tak ada waktu lagi, saya hanya menaruh ransel, dan terus ke Lembaga pendidikan tempat saya bergabung menjadi pengajar profesional. Dan karena dadakan, saya tidak membawa bahan-bahannya …. syukurlah ada beberapa bahan pelatihan yang sebagian bahannya telah saya tulis dalam tag manajemen dan keuangan di dalam blog, sehingga mempermudah membuat jadual dan rencana pelatihan. Sekali lagi, blog membuktikan sangat bermanfaat …. dan ini membuatku berpikir, bahwa saya harus terus setiap kali menambah tulisan dalam tag manajemen dan keuangan. Menulis hal ini memang lebih sulit, karena mentransfer bahasa akademis pelatihan menjadi bahasa ringan yang mudah dipahami. Dan karena lelah, capek, saya cepat panik dan mengacaukan waktu Yoga, dengan meneleponnya … kok tag tentang manajemen dan keuangan di blogku menjadi tidak ada…padahal tercantum di bagian bawah artikel. Maklum biasanya terletak di sebelah kanan. Maaf ya Yoga, saya mengganggumu untuk hal yang sangat konyol.

Dan besok pagi saya harus kembali ke Ciloto untuk meneruskan penyelesaian anggaran. Apa boleh buat rencana menengok si bungsu terpaksa ditunda, karena akhir pekan ini, saya harus menyelesaikan modul bagianku beserta case study, agar minggu depan telah selesai dan dapat dibuat menjadi satu kesatuan dengan bahan yang dibuat pengajar lain. Dan betapa manisnya sms yang saya terima dari salah seorang teman…” Wah…Kalo sudah begitu, kesehatan jadi nomor satu. Tidak bisa tidak. Jangan nggak dijaga lho, Bu.-DM-

Minggu ini memang harus akrobat, semoga semuanya berjalan lancar….Saya juga membayangkan anda semua juga lagi mempunyai kesibukan tingkat tinggi. Dan hujan yang turun terus menerus, yang sebelumnya cuaca panas, juga membuat badan terasa kurang enak.

Iklan

Responses

  1. melelahkan tentunya bu enny. tapi salut dg seabreg kegiatan ibu.

    yo bu, istirahat….

    Zulmasri
    ,
    Sebetulnya pada dasarnya saya bingung kalau menganggur…jadi doa orang-orang rumah, saya tetap aktif.
    Kalau di rumah aja, malah sibuk beberes, mereka yang ikutan stres…

  2. btw…bu enny gak capek tuh…kapan-kapan ke Padang aja untuk ngilangin ketegangan…di Padang pasti enjoy…saya temani entar….jangan dipakas bu…nanti sakitttt

    Imoe,
    Lumayan capek…tapi happy
    Duhh senangnya kalau sempat ke Padang lagi….makan durian….hehehe
    Dulu, saat si sulung masih pacaran (dengan isterinya sekarang), kami sempat ke Minangkabau….makanya di blog anakkku dan blog saya disini, ada postingan tentang Minangkabau.

  3. Wiiiy…mobilitas tinggi ibu ini, jaga kesehatan bu.. SALUT deh pokoknya.. (^_^)

    -G-
    Iya, saya termasuk “workaholic
    Tapi seneng kok…yang penting kesehatan memang harus dijaga….

  4. Betul, dan sepertinya waktu yang 24 jam itu jadi terasa sangat sempit, karena besoknya kita udah ditunggu sama urusan yang lain lagi.

    Mufti AM,
    Justru ide menulis mengalir lancar dikala sibuk…
    Cuma jadi tak bisa memposting yang serius…

  5. sukses terus bu, ibu wanita aktif yang pandai mensiasati waktu.. semngat bu πŸ™‚

    Arul,
    Mudah2an saya dapat giliran mengajar di Surabaya…tapi kalau seperti kemarin, benar-benar konyol
    Tapi, karena saat ini tak puasa, mudah2an kita ketemu malam hari….dan mudah2an lokasinya di Surabaya…bukan di Pandaan atau Prigen.

  6. “…juga membuat badan terasa kurang enak”

    Nah, kan… Aku tahu Ibu suka sekali bekerja. Nggak bisa diam tanpa bekerja. Kerap lupa waktu karena bekerja. Tapi kalo sampai lupa menjaga kesehatan, a-a-a…

    Tidak bisa tidak: mesti dijaga ah.

    Melengkapi dengan multivitamin sepertinya tak ada salahnya, Bu.

    Daniel Mahendra,
    Hmmm…iya, …makasih.
    Tapi kalau tugas ke Ciloto, karena hawanya dingin, makan mesti enak, apalagi pagi bisa jalan-jalan…..segar sekali.

  7. Saya terkesiap dengan komentar DM di atas..:)
    Membayangkan ia pun mengurangi pekerjaannya, memperbesar waktu istirahatnya dan mengkonsumsi multivitamin hehehebebe…

    Tulisan yang menarik ibu, saya juga sedang berakrobat πŸ™‚

    Donny Verdian,
    Saya terbayang Donny banyak melakukan hal yang diluar kebiasaan lama…seperti saya. Dulu bekerja secara tetap, dari pagi sampai malam, kadang tak pulang kantor, apalagi saat jabatan tak memungkinkan pulang cepat.
    Setelah pensiun, karena pekerjaan tak tetap, kadang tawaran datang bersamaan, wah kacau deh…tapi semuanya menarik dan penuh tantangan…nahh disini seninya lain lagi.
    Dan mungkin saya memang tipe orang yang menyukai hal-hal baru, tantangan baru, ketemu orang baru….jadi ya senang aja…tapi memang perlu tambahan vitamin nih….minimal minum susunya diperbanyak …hahaha

    Don, tentang DM…tenang aja….sebentar lagi dia akan merasakan betapa menyenangkan punya waktu santai, yang bisa dinikmati bersama orang yang kita sayangi….

  8. Wah … sibuk sekali ya Bu, padahal secara “status” Bu Enny kan bisa disebut sudah pensiun … hehehe, nggak kebayang kesibukannya waktu belum pensiun ya?

    Mudah-mudahan semua lancar dan tetap sehat ya Bu …

    Oemar Bakrie,
    Kesibukan sebelum pensiun? Wahh udah nggak terbayangkan pak…tapi tetap punya waktu untuk senam aerobik dll…
    Kalau sekarang kesibukan menyenangkan, karena anak-anak sudah selesai (minimal tanggung jawab sebagai orang tua bahwa anak-anak harus kuliah sampai lulus, tinggal satu lagi, tapi kayaknya masih boleh bernafas panjang…jika si bungsu menikah nanti)…jadi kesibukan sekarang lebih banyak untuk aktualisasi diri, untuk berbagi…..dan bukan untuk tujuan komersial (tentu ada, sekedar pendapatan dapat mengcover biaya)

  9. “Zulmasri,
    Sebetulnya pada dasarnya saya bingung kalau menganggur…jadi doa orang-orang rumah, saya tetap aktif.
    Kalau di rumah aja, malah sibuk beberes, mereka yang ikutan stres…”

    >>> hehehe… jadi inget sama adik saya yang sukanya beberes… kalo udah beberes, biasanya anggota rumah yang lain pada ribut karena barang-barangnya “hilang”…

    salut buat ibu…, semoga sehat selalu… πŸ™‚

    kayaknya saya harus ikut belajar akrobat juga nih…
    kapan ibu buka kelas akrobat…?
    hehehe… :mrgreen:

    gbaiquni,
    Syaratnya sederhana kok, melakukan semuanya dengan hati senang…..

  10. semoga ibu selalu sehat n bahagia
    amin

    Adinugroho,
    Makasih doanya…

  11. Akhir tahun memang malah jadinya lebih sibuk ya bu πŸ˜€

    Itikkecil,
    Akhir tahun memang lagi gila-gilaan….semua mengejar target (yang belum tercapai)…dan apakah telah sesuai miles stones. Dan juga buat planning untuk setahun ke depan.

  12. semoga ibu tetap sehat walau pun sibuk mengingat cuaca kadang tidak bersahabat

    Tini
    ,
    Betul..lagi musim flu….karena perubahan cuaca…

  13. semoga jika nanti yessy seumur bunda..yessy tetap aktif seperti dirimu ya πŸ™‚

    Yessymuchtar
    ,
    Semoga Yessy malah lebih baik dari saya.
    Saya melihat orang yang sibuk, malah lebih sehat….asalkan dalam kesibukannya tetap bisa menjaga kesehatan dan dilakukan dengan senang hati.

  14. Hehehe …
    Ini judulnya (hampir) sama dengan postingan saya Bu …

    Cuma akrobatnya ibu … positif …

    Eniwei …
    Jaga Kesehatan ya bu …
    Keep Smiling …

    Salam saya

    NH18,
    Aduhh…maaf, saya belum sempat blogwalking….baru mencoba menjawab komentar…inipun tak bisa cepat….
    Harus tetap tersenyum? Ya…saya setuju….dan lakukan dengan gembira

  15. Ibu Enny sayang,

    Banyak tuh yang sayang sama Ibu, jadi Ibu nggak boleh sembarangan dengan kesehatan yaa… Saran DM boleh banget, kalau ditambah dengan multivitamin mungkin akan jauh lebih baik…

    Eniwei..
    Di antara waktu akrobatik Ibu, kira-kira sempat datang ke JCC nggak ya, ketemu sama saya? πŸ™‚

    Jeunglala,
    Saya berharap bisa datang, asal tak ada kegiatan yang tak bisa ditinggalkan…
    Mudah2an bisa ketemu di sana ya…doakan.

  16. Hebat si ibu ini… punya seabreg kegiatan, tapi masih tetap punya kesempatan buang ngepost di blog. Saya seminggu dikejar deadline dan meriang karena perubahan cuaca, terpaksa seminggu hiatus ngeblog!

    Qizink,
    Jika kegiatan saya tetap bisa pulang ke rumah, masih ada waktu untuk menulis…tapi jika keluar kota…tentu saja tak bisa menulis postingan baru.
    Tapi memang kegiatan saya sekarang kan berbeda dibanding dulu, stresnya tak terlalu tinggi…dan banyak melakukan hal yang menyenangkan, seperti mengajar….ini merupakan kegiatan yang menyenangkan.

  17. akrobat kudu banyak minum obat, antara lain:
    banyak cari hiburan, banyak bacaan, banyak kenalan…

    πŸ˜‰

    Mas Kopdang,
    Yup…betul sekali….

  18. bener buk ya…yang mana postingannya tuh..soalnya saya kan baru ketemu ama blog ibu…kasih lihat dongggg

    Imoe,
    Bisa baca disini (tulisanku, tapi fotonya di blog anakku disini).
    Tugas saya dulunya sering keliling Indonesia, tapi berhubung belum zaman blog, jadi ya sayang foto-fotonya mesti di scan dulu (belum jaman kamera digital)….

  19. Jarang2 saya liat ada ibu2 yg seumuran dgn Bu Enny tp aktif sekali.

    Mudah2an diberi kekuatan dan kesehatan selalu πŸ™‚

    Pimbem,
    Saya belum apa-apa…coba lihat seperti ibu Mien Uno, beliau jauh di atas umurku…lha adiknya aja dosenku. Juga banyak kok ibu-ibu yang lain…..seperti pemilik RistrA (ibu Retno Trenggono).
    Tanteku umurnya menjelang 70 tahun, masih aktif mengajar….tapi kegiatan yang digeluti memang yang tak terlalu stres…dan dilakukan dengan gembira

  20. wah iya bu..ujan emang menghambat mobilitas..jadi susah mau kemana2 jadi ga bebas..musti ngitung waktu biar ga kejebak ujan 😦

    Bagus,
    Yang jelas hujan mengganggu aktivitas pacaran ya….? Ngaku aja.

  21. Membaca artikel ini, mengapa saya merasa seperti sedang duduk dimeja makan, melihat Ibu tengah bersiap-siap ke Ciloto… πŸ™‚

    Daniel benar, Ibu harus menjaga kesehatan, selain dengan istirahat dan asupan yang bergizi, ada baiknya sedikit berolahraga ringan — bukan jalan pagi sambil membandingkan fasilitas hotel sebelah lho Bu.. hihihi itu mah tetap kerja namanya πŸ˜‰

    Take care Bu. Hati-hati ya Bu.

    Yoga,
    Mungkin itu hanya kebiasaan, kalau datang ke suatu tempat, saya suka berkeliling disekitarnya…..dan membandingkan fasilitas, pelayanan antara satu dan lainnya.
    Tapi jalan paginya menyehatkan, karena langsung makan paginya buanyak…..dan berkeringat, apalagi saat itu cuaca cerah setelah semalam diguyur hujan lebat.

  22. Semoga “akrobat”nya cepat selesai dan kembali ke rutinitas biasa…
    *Waspada: bulan haji banyak kondangan lagi!!!

    Andy MSE,
    Hmm betul…..kalau banyak diundang kawinan…itu artinya kita dan teman-teman sudah tua.

  23. ah ibu tau aja ha3 :p jangan buka2 rahasia di tempat umum dong he3

    Bagus,
    Hehehe….tapi kalau lihat blog mu kan terlihat juga

  24. dengan seabreg jerjaaan jangan lupa jaga kesehatan

    Syahrizal Pulungan,
    Iya…yang harus dijaga jangan sampai kena air hujan…dan kalau udah terkena segera minum obat, agar terhindar dari sakit yang lebih parah (flu dsb nya)

  25. minum vitamin jangan lupa ya, bu πŸ™‚

    Verlita,
    Vitamin? hehehe…kadang malah lupa…yang tak lupa adalah makan, karena perut langsung berontak

  26. wew…sibuk banget ya bu?
    jd inget sama dosen pembimbing saya yg suka bingung kalo ndak ada yg dikerjain, hihihi… πŸ˜€
    yg penting mah kesehatan harus tetep dijaga, biar semua aktivitas bisa dilakuin, tul ga bu? πŸ˜‰

    btw, akhirnya bisa blogwalking juga ke blog-nya ibu… saya temennya ditta sama mbak ani bu…
    kemaren waktu mantennya mbak dessa jd salah satu pager ayu-nya, hehehe…
    ** ndak penting ya bu? πŸ˜€ **
    salam kenal ibu… πŸ™‚

    Humez,
    Ehh yang mana ya…..
    Habis semua cantik-cantik kalau udah berdandan gitu…padahal sehari-hari nya tomboy.
    Salam kenal juga

  27. waduh bu, semoga sehat selalu. Hati-hati cuaca mulai tak menentu. Jangan sampai telat makan, dan selalu siapkan baju hangat pelindung badan. .. ah kok malah nasehatin.
    Suskes ya bu.
    Blog ibu juga banyak memberi inspirasi untuk kehidupan saya sehari-hari.
    Oiya .. ijin saya taut ya bu link nya ..

    Mascayo
    ,
    Makasih sarannya….iya nih, mesti pake sweater…..
    Silahkan mas……

  28. eh iya .. istriku dah saya siapkan rumah mayanya .. tapi masih sibuk mau ujian advokat katanya .. nanti kapan-kapan mampir ya bu ..

    Mascayo,
    Ntar kalau udah ada, kabari ya…pasti saya akan mengunjungi di kala ada kesempatan.
    Pasti menyenangkan kok…karena ternyata menulis di blog mengurangi stres

  29. emang bulan penuh kerjaan yaks..
    secara bulan depan udah akhir tahun πŸ˜€
    http://oktasihotang.com/2008/11/07/peminta-minta-itu/

    Okta Sihotang,
    Hmm…betul…waktunya menilai apa target akhir tahun tercapai, dan selagi bisa ini saatnya mati2an untuk mencapai target.
    Dan juga membuat target tahun depan….

  30. Semoga kita semua selalu dipelihara kesehatan oleh Yang Maha Kuasa ya Bu Enny. Kirain tadi Ibu pinter main akrobat. He..he…

    Suhadinet,
    Maaf pak…ketipu judul ya…..
    Cuma main akrobat di waktu aja, apalagi menggunakan internet juga ga bebas, karena kalau hujan suka pake petir, lha terpaksa pekerjaan yang berhubungan dengan komputer harus dihentikan dan dicabut kabelnya yang tersambung ke listrik (pernah kena petir dan rusak…jadi trauma)

  31. tetap akrobat. biar tetap sehat. walau besok kiamat. tetap selesaikan sampai tamat. walau terasa berat. dan rasanya nggak akan kuat. terus saja berbuat. letih dan lelah dinilai sebagai ibadat. asal dengan penuh perhitungan dan bukan so nekat. apalagi dikerjakan karena senang dan penuh minat. biasanya berakhir dengan nikmat. kalau diem aza malah berkarat. terima kasih inspirasi semangatnya bu edrat. na, dari saya jabat erat.
    saya tunggu semangat ibu dalam komen dan link artikel tentang manfaat blogger terhadap kotanya di

    http://trendibandung.wordpress.com/2008/11/07/blogger-and-the-city/

    Tren di Bandung,
    Hmm….makasih jabat eratnya

  32. pfiuuhh … saya juga sedang memikirkan bagaimana spy november ini bisa fly by ..

    salam kenal!

    Timun,
    Salam kenal juga…

  33. napa g’ liburan aja bu???

    Zoel,
    Liburan?
    Lha saya malah sudah pensiun….
    Kerja tak harus di kantor kan? Bisa di rumah…dan kegiatan juga bukan berarti kerja kan….tapi karena harus menghadiri kondangan, kalau yang mengundang teman dekat yang sudah seperti saudara….

  34. saya jadi ikut mikir…ya Mbok dibagi bagi tugasnya dengan yang muda muda …berilah kesempatan bagi generasi penerus…..he..he..he….lha nek gaweane di boyong kabeh, sing Nom gaweane nopo tante….?!
    Guyon tho….ben ora stressss…..

    Michaelsiregar,
    Baca komentarku pada Zoel…
    Apa kalau kita mengundang seminar dan membayar, menginginkan pembicara bisa orang yang sembarangan? Begitu juga untuk pelatihan…karena pada dasarnya pekerjaan harus match dengan kompetensi orangnya. Dan nggak mungkin mengajar pada pimpinan cabang, tapi yang mengajar anak muda, bahkan belum pernah menjabat pimpinan tsb…pengajarnya dievaluasi, kalau nilainya jelek, maka dia tak dipakai lagi.
    (saya tahu kok maksudnya bercanda…tapi ada bidang pekerjaan yang tak mudah, karena tergantung dari kompetensi orang yang memang memahami persoalan, baik dari sisi akademis maupun operasional dilapangan).

    Dan kegiatan tak berarti pekerjaan…banyak kegiatan sosial yang mau tak mau secara moral wajib untuk dihadiri, karena efek sosialnya. misalkan ada yang meninggal, kan kita harus hadir, padahal kalau bisa, kan badan kita udah lelah….ini juga termasuk kegiatan yang saya ceritakan di atas…banyak kondangan, ada ayah/ibu teman dekat yang meninggal, ada yang masuk rumah sakit…hal-hal seperti ini juga menyita waktu.

  35. two thumbs up buat Bu Enny!
    tetap semangat bu, dan semoga sehat selalu πŸ™‚

    Septy,
    Makasih……tapi saya percaya bahwa Septy juga mampu berkiprah secara luas.

  36. Wah, semakin tinggi ‘profile’ seseorang didalam komunitasnya akan makin banyak ajakan undangan/acara yang diterima-nya..

    Semoga bisa terus erat dalam sambung silaturahim kedalam jejaringnya.. saat nanti say akondangan, diundang datang ya πŸ˜€

    Menghadiri undangan adalah salah satu sunnah Nabbi dan niscaya dibukakan pintu rejeki selebar-lebarnya bagi mereka yang menunaikan undagan. Sing sehat yah, juragan πŸ˜€

    Domba Garut,
    Betul, apalagi hidup di Indonesia, yang hubungan kekerabatan nya sangat erat. Jadi mau tak mau harus menyesuaikan.
    Wahh sebetulnya saya pengin nengok Arjuna, dimana sih alamatnya (japri aja ya)….pasti se ganteng ayahnya….

  37. Numpang sharing bun, saya lagi sibuk banget bikin program untuk 2009. Repot! deadline nya hanya 3 minggu. Comment pun nyolong-nyolong bun barang 5 menit hi hi hi hi….
    selama di Jambi baru dapet 4 Undangan Bun. Bukan maksud nantangin banyak undangan sih bun….karena malah jadi makin repot….bukan juga nggak mau dateng dan repot…ah sudahlah jadi serba bigung memang di tengah kesibukan yang menumpuk seperti sekarang ini. Selamat Berakrobat bun ya… hi hi

    Pakde,
    Betul pakde, ini kesibukan yang selalu terjadi di akhir tahun…yang semuanya harus segera diselesaikan.
    Banyak permintaan mengajar juga karena perusahaan punya target agar pada tahun depan karyawannya sudah siap menyongsong target yang pasti lebih berat.
    Dan undangan yang terkait dengan urusan sosial juga banyak (rasanya makin tua makin banyak aja….)

  38. Akrobat kadang diperlukan ya Bu..
    Apalagi menjelang akhir tahun dan tutup buku kayak gini.
    Yang penting jaga kesehatan ya Bu…

    Cah Ndeso,
    Iya, kesibukan yang rutin terjadi di akhir tahun….harus ngebut agar target tercapai. Ditambah undangan yang bersifat sosial tapi tak bisa dihindari (ada etika moral)

  39. Hidup sibuk, berarti teknik akrobatnya harus semakin tinggi, soalnya makin banyak “gaya” yang harus dilakukan agar sang nasib bisa “bertepuk tangan dengan senang”. πŸ˜€

    Mihael “D.B.” Ellinsworth,
    Saya pernah diskusi dengan seorang teman, semakin sibuk seseorang, dia semakin bisa mengatur waktu.

  40. Konon katanya “Men are from Mars, and Women are from Venus”. Menyiapkan anak kedua Wisuda ITB kemarin serta seminggu kemudian anak pertama menikah di TMII, sungguh menyita perhatian. Tapi terus terang saya tidak stress, karena kebanyakan laki2 berpikir “satu selesai, baru mikir yang berikutnya” (one at a time),,,Saya anggap “peristiwa besar” itu sebagai “Just Another Day” saja…
    Sedang wanita biasanya berpikir secara bersamaan berbagai masalah yang perlu dipikirkan alias “Parallel Processing”…maka nggak heran wanita sering pusing sendiri…hihihi…
    Solusinya, berpikirlah sebagai laki-laki yaitu “one at a time”…
    Dijamin tanpa minum Panadol, sudah tidak pusing lagi….hehe…

    Tridjoko,
    Justru itulah bedanya….perempuan melihat dari semua sisi, sedang laki-laki hanya yang praktis aja.
    Juga tingkat kekhawatiran perempuan lebih tinggi, walau semuanya sudah under control…tapi tetap aja ada rasa was-was, kawatir tak sesuai dengan perencanaan.

  41. Bu
    bener deh
    akhir2 ini saya juga sibuk bgt

    Mosting aja biasanya 1 hari 1 postingan sekarang dah sulit πŸ™‚

    achoey,
    Sebetulnya kesibukan tersebut harus disyukuri…daripada menganggur tak ada yang dikerjakan.

  42. hihih..

    jaga kesetanan buu….
    eh kesehatan.

    salam kenal.

    Jenk,
    Salam kenal juga…makasih telah mampir…

  43. Bisakah saya meminta kiriman kumpulan case study koleksi Ibu Edratna?

    Rafki RS,
    Kayaknya mesti melalui japri pak.
    Karena materinya sangat spesifik (bidang yang saya ajarkan bukan bidang manajemen umum), biasanya case study didiskusikan dulu , kemudian jika kedalamannya telah sesuai (tentu beda antara materi untuk staf yang baru masuk, yang telah tingkat manager, bahkan orang yang bidang tugasnya tertentu)…maka case study yang telah didiskusikan (ditambah/dikurangi), langsung menjadi milik lembaga pendidikan.
    Materi pelatihannya, sebagian telah saya tulis dalam tag manajemen dan keuangan, tentu saja telah dibuat lebih memudahkan (ringan)…..nanti tinggal latihannya disesuaikan dengan tingkat skill dan knowledge peserta yang akan diberi pelatihan.

  44. Kalau kata bos saya, selama kita mampu nikmati saja “akrobat”nya itu, mumpung kita masih bisa berakrobat dengan lincah……… πŸ˜€

    Yari NK
    ,
    Betul…sebetulnya istilah pensiun itu tak ada, yang ada adalah perubahan dari kegiatan satu ke kegiatan lain…..dan belajar juga tak ada batasnya.
    Bagi saya, lebih nyaman banyak kegiatan daripada cuma bengong, nanti yang stres malah suami dan anak.

  45. pekerjaan dan berbagai macam urusan semacam itu agaknya tak bisa ditolak, bu enny. meski demikian, mohon maaf, perlu juga ibu menjaga kesehatan, jangan sampai capeknya menumpuk.

    Sawali Tuhusetya,
    Betul pak…salah satu caranya mengurangi blogwalking.….

  46. Hampir sama dengan komentar sahabat-sahabat yang lain “Jaga kesehatan Bunda, jangan sampai jatuh sakit.”

    Memiliki pengetahuan dan pengalaman seperti Bunda merupakan suatu berkah. Dan beruntung Bunda masih berkenan untuk berbagi walaupun sudah dalam masa pensiun. thanks

    Yulism
    ,
    Makasih doanya….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: