Oleh: edratna | November 24, 2008

Kenangan yang tersisa dari Pestablogger 2008

Sebagian yang pernah hadir di pestablogger 2007 dan 2008, kemungkinan besar mempunyai kesan yang sama, pestablogger kali lebih rame, lebih meriah, karena sebagian besar para blogger sebetulnya telah merasa akrab di dunia maya, dan bahkan ada yang pernah melakukan kopdar beberapa kali. Jadi, pantas kalau dikatakan bahwa acara pestablogger kemarin, merupakan ajang kopdar blogger di Indonesia. Tentang apa yang dibicarakan, saya telah mengulas tentang makna dari “blogging for society” itu sendiri pada tulisan sebelumnya.

Yang jelas saya salut pada panitianya, yang pasti sangat lelah dalam mempersiapkan segala sesuatunya. Tapi, pada hari Minggu pagi, saya dibuat terkaget-kaget telah ada postingan baru dari mas Iman Brotoseno (calon kuat Chairman PB09), maupun ndoro kakung. Sedangkan saya, yang hanya duduk manis, bersama anak dan sepupu, Minggu pagi masih bermalas-malasan dan belum berniat nulis sama sekali. Jadi, memang beliau-beliau cocok sekali menyandang nama sebagai “seleb blog”.

Saya hanya ingin menulis yang ringan, lucu, seputar kenangan hadir di PB 08, karena tentu teman-teman yang lain juga akan menulis sesuai pengalaman batin yang diperolehnya selama mengikuti acara sejak jam 10 pagi sampai dengan jam 17.30 wib……..dan baru terasa lelah setelah semua usai.

1. Avatar memudahkan orang lain mengenal kita
Begitu menginjakkan kaki di depan gedung BPPT, agak bingung, kok malah banyak pria berpakaian jas dan dasi lengkap. Apa salah gedung? Namun kemudian hati agak tenang karena melihat ada yang memakai kaos PB08 di depan pintu BPPT yang masih tertutup, karena jam masih menunjukkan jam 8.20 wib.

Tak lama kemudian ada seorang cowok yang memperkenalkan diri, dan dia langsung telak menyebut nama panggilan dalam URL, serta nama anak sulung saya. Ternyata dia adalah Wibisono atau saya lebih mengenalnya sebagai budayawan muda.

Enny dan Wibisono

Enny dan Wibisono

Sedang asyik menggelar barang-barang yang ada di tas buat foto, ada fotografer yang mendatangi, ternyata mas Toni Wahid (awalnya saya kira ada hubungan dengan Wachid yang itu), dan menawarkan untuk foto bersama. Dan inilah foto yang saya ambil dari blognya Toni Wahid.

Foto hasil bidikan Toni Wahid (diambil dari mypotret.wordpress.com)

Foto hasil bidikan Toni Wahid (diambil dari mypotret.wordpress.com)

Dan yang menyenangkan, saya bisa mengompori teman untuk bersedia datang di PB08.

Akhirnya terkena bujukan untuk hadir ke PB08

Akhirnya terkena bujukan untuk hadir ke PB08

Tak lama kemudian Arul bersama teman-teman TPC (Tugu Pahlawan) mulai mendatangi, dan mengatakan langsung mengenal saya karena sesuai dengan foto di avatarnya. Begitu juga saat ketemu teman-teman yang lain…..wahh padahal avatar itu hampir saya ganti, namun karena lupa caranya, dan belum sempat ngutak atik Wp, rencana penggantian tertunda terus. Maklum setiap kali ketemu teman sesama blogger, sarannya adalah supaya mengganti avatar……tapi dari pengalaman PB08 kemarin, justru avatar yang sekarang yang memudahkan orang mengenali saya.

2. Ketemu teman-teman yang selama ini hanya kenal di dunia maya
Betapa menyenangkan ketemu teman yang selama ini hanya ketemu di dunia maya. Dan ada beberapa teman yang sempat berfoto bersama, yang dapat dilihat di bawah ini.

Narpen, Yoga, Kang Yari NK, Enny dan Novi (blogger Jambi)

Narpen, Yoga, Kang Yari NK, Enny dan Novi (blogger Jambi)

berpose-dengan-kel-enda-nasution-isteri-n-putranya

Berpose bersama keluarga Enda Nasution (Enda, putranya dan nyonya)

3. Pestablogger kali ini sangat heboh dan situasi lebih informal
Kali ini pestanya lebih meriah, lebih heboh, lebih cair dan diperkirakan lebih dari 1000 orang telah hadir. Juga acara terkesan informal, panitia patut diacungi “jempol”…mereka berseragam santai dengan kaos PB08 berwarna abu-abu, kecuali Chika yang kaosnya berwarna merah. Saya sempat menukar kaos, karena kaos yang dipesan kekecilan.

Foreign bloger

Foreign bloger

4. Biar makan di bawah tetap asyik
Setelah acara pembukaan, sesi diskusi mengenai “Blogging for Society”, sesi bersama “foreign bloggers” serta pengumuman penghargaan “Blogging for Society” dan pemenang “The Most Promising Blogger Community in 2008”, semua makan siang dengan nasi bungkus dan dihibur oleh grup musik yang juga para bloggers, membuat situasi makin santai.

Tertawa ceria setelah makan nasi box

Tertawa ceria setelah makan nasi box

Enny, Poppy, Novi (Jambi) dan Narpen

Enny, Poppy, Novi (Jambi) dan Narpen

Dan lihatlah betapa nikmatnya makan di bawah sambil mengobrol. Dan ini merupakan pengalaman yang bagus buat panitia, karena tahun lalu makan siang diadakan secara prasmanan, dan akibatnya ada yang tidak kebagian. Makan siang dengan nasi box merupakan jalan keluar yang baik, selain praktis.

5. Diskusi pada sesi workshop yang serius dan santai
Saya berpisah dengan anak-anak dalam mengikuti sesi workshop, saya ikut dalam workshop “Menjadi Photoblogger handal” dengan moderator mas Iman Brotoseno, serta nara sumber adalah Jerry Aurum dan Angelina (dari Canon). Kemudian gabung dua wartawan foto senior, yaitu bang Oscar Matuloh dan Kristupa Saragih. Acara sangat menarik, Jerry menjelaskan bagaimana cara mencari “angle” yang baik agar mendapatkan foto yang menarik dan bisa bercerita. Dengan satu foto, sebetulnya lebih banyak yang bisa diceritakan dibanding beberapa kalimat. Tak terasa waktu cepat berlalu, ada salah satu panitia datang untuk memberi tahu bahwa waktu telah habis.

Acara yang sangat menarik adalah penampilan Maylaifaiza dengan biolanya….sayang hasil foto kabur….dan semua penonton langsung maju ke depan. Dan yang terakhir adalah hasil undian door prize…yang sayangnya tak satupun dari saya, anak saya ataupun sepupu yang mendapatkan undian….padahal hadiah dari sponsor begitu banyaknya.

Keluar dari gedung BPPT telah gelap, dan syukurlah ada taksi BB lewat. Saya dan si bungsu berhenti di Plaza Blok M, untuk melanjutkan nonton film “Quantum of solace” yang dibintangi Daniel Craig…..dan tentu saja menontonnya sambil terkantuk-kantuk.

Iklan

Responses

  1. Wah bu, fotonya ibu keren banget (hasil jepretan mas Toni Wahid). Bisa jadi avatar baru bu.

    Irna,
    Iya nih…beruntung sekali ketemu mas Toni Wahid…dan malah saya gangguin…. tak tahu ternyata beliau fotografer handal….

  2. wah… asyik sepertinya… 🙂
    saya ngga bisa dateng.. 😦

    gbaiquni,
    Iya…saya bela2in…pokoknya tanggal 22 Nop nggak kemana-mana….
    Dan juga mengingatkan terus sama anak-anak, agar hari itu sebisa mungkin tak buat acara….

  3. wah senangnya ibu…ibu cantik sekali difoto ini, karena diavatar ibu, ga jelas bgt bagi saya ..

    Cutemom cantik,
    Berarti mas Tono memang yahud ya……

  4. saya juga seneng akhirnya bisa ketemu ibu enny, yg ramah dan renyah ada fotonya disaya buw blum smpt diupload

    Aprikot,
    Wahh saya seneng banget sempat ketemu aprikot…kok bisa2nya saya pikir saudara kandung sama Ruth ya….hehehe…
    Untung kemarin kita dikenalin…sama Epat atau kang Tutur ya….kalau kang Tutur masih ingat, karena sempat ketemu dan foto di PB07….

  5. Bu Enny..

    Reportase-nya sangat lengkap. Bikin iri saya yang nggak bisa ke sana.. 😦
    Wah, saya suka banget photo-photo Bu Enny dan Narpen. Sungguh-sungguh terlihat sangat cantik!!!
    Mau ah, diphoto sama Mas Toni Wahid, terus photo-nya dipajang di blog… atau photo pre-wed ya? hihihi….

    InsyaAllah ketemu di PB09 ya, Bu…!!

    Jeunglala,
    Saya juga nggak tahu kok tiba-tiba mas Toni Wahid melirik gerombolan kami. Awalnya sih cuma pengin memotret Narpen…kok asyik langsung ndeprok di lantai, mengagumi segala pernak-pernik dari Pestablogger 08…..tapi langsung ibunya ikutan. Dia baru pertama ikut, dulu yang datang pas PB07 kakaknya….
    Dan kemarin dia ketemu temannya pas PMR, yaitu Raditya Dika (kambing jantan).

  6. Whaaaaaaaaaa………………………
    Senang lihat foto-fotonya.

    Foto Ibu hasil jepretan Toni Wahid cantik! Mantap tuh, Bu, kalo dijadikan avatar. Hihihi 😉

    Wah, aku bisa merasakan atmosfir acara tersebut lewat postingan ini. Menyenangkan! Meski tak seindah aslinya tentu.

    (Itu yang kena bujukan ikut PB08 kok pencila’an ngono tho, Bu? Hihihi).

    Daniel Mahendra
    ,
    Waaa….ada lagi foto lain yang lebih pencilakan…pokoknya saat itu semua bergembira. Bahkan saat Maylaifaiza membawakan biola sambil menyanyi, dengan lagunya yang riang, banyak yang berjoget….
    Iya deh….tapi ntar kalau tanpa kaca mata ga dikenali orang lagi…kemarin berkali-kali di sapa orang, gara-gara foto di avatar sama dengan aslinya….hehehe…lha kan ketemu Catshade (popsy.wordress…) karena avatarnya, juga dendemang langsung menyapa, padahal belum pernah ketemu….juga Arul, langsung kenal.

  7. Saya bisa ikut merasakan kegembiraan di acara kopdar besar2an ini. Mudah2an PB09 saya bisa ikutan. Tks Ibu infonya.

    Buthe,
    Syukurlah…paling tidak ikut bergembira….saya sendiri sebetulnya momong anak-anak. Tahun lalu momong si sulung (sekarang sudah berkeluarga dan melanjutkan ke LN)….dan sekarang giliran si bungsu…sempat deg2an juga karena si bungsu ini juga suka super sibuk….

  8. Emang bener, fotonya cakep kan ? … 🙂
    Senang berkenalan dengan Ibu dan keluarga Sabtu kemarin walau tidak sempat ngobrol panjang.
    Semoga kita bisa kopdar di lain waktu.
    Salam,
    Toni Wahid

    ton6312,
    Saya yang sungguh beruntung…kok mas Toni seperti ada yang menggerakkan..tahu-tahu memotret si bungsu. Atau mungkin geli ya, gara-gara ibu, dan anak nungging untuk mendapatkan foto yang baik…dan oleh DM di atas dibilang pencilakan.
    Dan saya juga baru tahu…ternyata mas Toni tuh Fotografer terkenal…padahal kemarin sempat saya gangguin (maklum ibu2 yang suka usil)….gara-gara nama Wahid, yang saya pikir saudara an dengan Wachid yang itu…
    Btw makasih ya mas…saya jadi pengin belajar, bagaimana agar bisa memotret yang hasilnya bagus…dan konyolnya saat ikut sesi Photoblogging malah ga nyatet, gara-gara terpesona sama foto2nya Jerry Aurum

  9. setuju sama IRNA dan DM, bu.
    cantik dan ramah, hehehe….
    saya sampai sms LALA tentang ibu. ‘La, Lala…tanya nih, kamu kemarin kan ketemu Bu Enny. apa Bu Enny tuh galak dan serius seperti yang terlihat di avatarnya ?’, haha…maaf ya bu.
    ‘enggak kok, ramah dan malah banyak ngobrolnya’, begitu balasan Lala.
    nah makanya, saya mendukung langkah penggantian avatar bu Enny.
    😀

    Goenoeng
    ,
    Hmm…saya jadi bingung…kemarin bolak balik disapa cowok dan cewek, karena kenal melalui avatarnya….dan saat ketemu grupnya paman Tyo dan Gembul…diledeki yang blognya naik kuda itu….hahaha. Tapi sehari-hari memang pake kacamata…kalau nggak pake, kayak orang buta, ga kenal siapa-siapa, kecuali dalam jarak satu meter ….
    Ntar deh, kayaknya mas Toni juga ga keberatan kalau foto hasil jepretannya dipake untuk mengganti avatar….btw saya lupa lagi cara gantinya bagaimana? …hahaha…payah

  10. Wah akhirnya bisa melihat wajah Yoga juga di sini hahahaha 🙂

    Iri! Iri! Iri! Iri!

    Donny Verdian,
    Lho! Memang belum pernah lihat wajah Yoga…ada lagi lho yang lebih pencilakan….tapi itu untuk koleksi pribadi aja, termasuk fotonya pemilik blog ini….hehehe…
    Mungkin itu yang membuat mas Toni Wahid datang…ada ibu dan anak-anak yang saling berjongkok, nungging dsb nya demi sebuah foto…hahaha

  11. Bu, kalo ktemu dijalan bakalan saya sapa loh, sekarang saya udah hafal niy wajah ibu, hehehee.. Jadi kalo suatu saat di Gramed PIM tiba2 ada yang sok akrab menyapa, jgn kaget ya bu (^^p)

    Tahun 2009 ada lagi ga ya PB? Kalo ada saya HARUS ikut (^_^) Pasti asyik….

    -G-,
    Iya, negur aja…kemarin saya banyak ditegur orang…dan rata-rata mereka kenal karena foto dan orangnya sama…hahaha…
    Sebagian besar memang sudah kenal sulungku, yang dulu udah pernah datang di PB07…dan suka datang juga di acara kopdar nya blogger.

  12. asiiiik…. nampang disini
    nanti bikin reportnya juga aah….. Ibu, seneng banget saya ketemu Ibu, lain kali ketemuan lagi yaaa…..

    Ruth,
    Foto2 mu yang lain sudah tak kirim lewat email….banyak foto yang bagus-bagus, menurut saya lebih cocok dipajang langsung di blog nya Ruth….terutama yang di depan banner itu lho.

  13. akhirnya bertemu juga Bu Enny,..maaf kalau kalau nggak sempat nemenin, maklum dikejar sana sini dan harus pontang panting sana sini pula

    Iman Brotoseno,
    Saya juga seneng akhirnya kesampaian juga ketemu mas Iman…dan ternyata seganteng foto di blognya.
    Tahun depan lebih sibuk lho mas…aku setuju kok kalau mas Iman jadi Chairman PB09….

  14. Wah, foto yang pertama itu ngganteng sendiri, siapa yah? hahahah… Bu Enny atau saya bilangnya tante Ratna ketemu di depan sempet pangling karena tampang saya gak sama dengan di avatar.

    Saya belum sempet bikin liputan nih, sibuk baca liputan yang lain 🙂

    @Iman Brotoseno:

    Tahun depan pasti lebih sibuk lagi mas, sebagai presiden pestablogger 2009 🙂

    Wibisono Sastrodiwiryo
    ,
    Saat ketemu saya kaget, lha tulisanmu selama ini serius…ternyata Wibi masih muda sekali.
    Dan fotomu beda ya dengan yang di avatar….

  15. Wah, Bu Enny benar2 blogger sejati.
    Reportasenya lengkap buanget.
    Bagi yang tidak ikut pasti ngiri baca postingan Bu Enny…

    heryazwan
    ,
    Lha kan atas pesanan teman-teman yang tak bisa hadir…jadi supaya dapat membayangkan seperti apa…

  16. makasih ceritanya bu, rame tenan ya ….. seneng liat foto2nya 🙂

    JelajahiDuniaEly,
    Memang meriah banget…..dan seru….

  17. Hai salam kenal dari frizzy.
    Aku datang lho ke pestablogger08. Mampir2 ya ke tempatku…

    Cheers, frizzy2008.

    frizzy,
    Hmm kita mungkin sempat ketemu ya…nanti ke TKP

  18. Bu Enny, saya baca di koran, katanya blogger semenjak pesta blogger ’08 dihimbau untuk mengenalkan pariwisata Indonesia lewat blog ya?

    Darnia,
    Bukan dihimbau…tapi justru blogger sendiri yang ingin berperan serta.
    Bukankah kita juga banyak yang cerita tentang perjalanan….saya sendiri suka menulis tentang perjalanan ….jika kebetulan mendapat tugas ke luar pulau dan menemukan daerah wisata yang menarik.

  19. wah..
    sayang ngga ketemu bunda..

    padahal bunda mau saya palakin ikutan bantu beli CD buat teman-teman tuna netra kekekekekke…

    tapi pantes saya ngga ketemu bunda. secara saya masuk ruangan acara cuma pas mayla memainkan biolanya. sisanya? di kantin (Sementara bunda makan di dalam) dan diluar rokok-an dan ngopi (abis ngga ada kopi di sana hehehhe)

    Edo,
    Lha kalau merokok terus…itu daerah yang akan saya hindari…makanya kemarin nggak makan di kantin…

  20. Aelaa…yg motoin malah ga dipajang fotonya 😦
    hiks2…sedih
    hihihi

    *Pengen Nampang Mode: ON

    Si bulet
    ,
    Wahh sorry….ternyata belum ada ya…udah ditambahi…fotonya geng Cilandak plus Jambi.

  21. Mbak Enny, salam kenal. Dulu waktu baru pertama kenal, saya pikir Toni Wahid yg ini masih ada hubungan dengan Wahid yg terkenal itu..hihihi! Toni orangnya asik, pemerhati masalah sosial (bisa dilihat pada tulisan2 di blognya), ramah, dan tidak sombong. Saking akrabnya dia tega2nya hanya memotret tangan saya yg sedang kirim SMS ke teman..:)

    Elyani,
    Wahh namanya udah cukup populer..cuma saya belum sempat berkunjung.
    Salam kenal juga…maaf nih belum sempta blogwalking, lagi dikejar dead line…mungkin baru agak longgar awal Desember. Ntar pasti saya kunjungi….

    Toni baik ya…berarti saya bisa minta tolong nanti, untuk dikirim foto yang lainnya…hehehe…ngarep:P

  22. Pencilakan? Hehehe sekali-sekali Niel, namanya sedang pesta…kapan lagi pencilakan, ya kan Bu…

    Sebetulnya pas sessi diskusi saya juga tertarik ikut diskusi tentang tourism, cuma sayangnya jam-nya barengan. Mungkin ditahun 2009, bisa diatur lebih baik. Ini masukan buat mas Iman, calon chairman PB09.

    @Mas Toni, waktu itu kan sempat ambil foto kami yang sedang rame-rame, boleh di share juga ya? Thanks.

    Yoga,
    Justru karena kita pencilakan, maka mas Toni datang..mungkin agak heran, ini rombongan kok heboh banget, menuangkan isi tas di lantai, terus pakai jongkok dan nungging2….hanya untuk sebuah foto….hehehe

  23. Dengan membaca tulisan ini semakin kuatlah tekad saya untuk datang Pesta Blogger tahun depan. amien… hehehe… seru sekali Bu. terima kasih buat liputannya, dan terima kasih buat panitia PB08 tentunya. salam -japs-

    Japs,
    Iya, nggak rugi kok untuk hadir….banyak manfaat yang bisa dipetik…

  24. bu…. hehehehe ketemu akhirnya…. sayang ngak sempat cerita banyak nih bu 🙂
    btw… rame bu acaranya asik2 ..
    eh saya kemaren lupa tempat photoblogging itu dimana… jadinya sy tetap berada di ruang auditorium sekadar clingakclinguk ndak pasti… pengennya sih cuman say hai dengan beberapa blogger yang sy kenal lewat online 🙂

    Arul,
    Waa padahal asyik lho…saya malah jadi nggak mencatat gara-gara terpukau sama foto koleksi nya Jerry Aurum

  25. waaaaaaaaaaa sayaaaaaaaa ngakkkkkkkkkkkkk ikutttttttttttttttttt ngiriiiiiiiiiiiii

    Imoe,
    Mulai sekarang menabung…jadualkan untuk tahun depan…nggak rugi kok, banyak cewek keren…

  26. “Dengan satu foto, sebetulnya lebih banyak yang bisa diceritakan dibanding beberapa kalimat.” Betul sekali. Cuman sayangnya saya ndak banyak paham ttg gimana cara ngefoto yg bener. Saya jadi penasaran banget nih ama photoblogging.

    Akhmad Guntar
    ,
    Saya juga jadi tertarik…terutama bagi orang yang sering bepergian…hunting foto akan sangat menarik…

  27. saking ramainya saya susah mengenali para blogger dari avatarnya, kalau gak salah kita seberangan bu.. waktu di sesi photoblogging tapi saya kok gak yakin kalo itu njenengan 😀

    Totok Sugianto
    ,
    Iya, memang rame banget…dan seru…..

  28. seru banget…..seneng liat potonya..cantik cantik bunda 🙂

    ayoo ganti avatarnyaaaaaaa hihihihi

    Yessymuchtar,
    Ntar deh…masih dikejar deadline….

  29. Jika tulisan terdahulu lebih terkesan formal sekarang dari sudut yang lebih casual dan bersahabat. Senengnya lihat photo Bunda, Mas Yari, mbak Yoga, mbak Novi dan juga Narpen. Seandainya saya bisa ikutan kopi darat pasti asyik kali berada dilingkungan pribadi yang hangat seperti itu. Thanks

    Yulism,
    Hahaha…sebelumnya memang seperti notulen hasil rapat….hahaha…nggak berani menambah-nambahi, lha nanti kan di protes… isi diskusinya memang seperti itu…

  30. saya juga heran, kok masuk gedung banyak orang pake jas, ternyata orang yang lagi pada training kerja..hehehe..

    wah, sungguh beruntung si pluk bisa bertemu bu edratna 🙂

    kalo ke sby, jgn lupa mampir dan kopdar bareng TPC ya bu. InsyaAllah kita jamu…:)

    Cempluk,
    Akhirnya kita bisa ketemu…selama ini cuma bisa baca dari tulisan aja.
    Kali ini ke Surabaya nya mepet, berangkat Jumat pagi (pesawat pertama), mengajar sampai menjelang Magrib…terus besoknya lagi seharian, langsung balik ke Jakarta, karena besoknya terbang lagi ke Papua.

  31. Ternyata bu edratna masih cantik ya 😀 *jujur*

    Maskoko,
    Waduhh mas…ga punya uang kecil je….

  32. hiek..fi ga berhasil nemuin ibu, nyari kesana-kemari, abisnya kebanyakan orang, hehehe.. padahal udah ketemu pak Yari dan dapet clue posisi ibu berada. tp gpp-lah, yang penting udah berasa berada di satu tempat, semoga tar taun depat bisa bener2 ketemu ibu 😀
    emang te-o-pe be-ge-te dah pesta blogger 2008, seneeng, lucu dan meriah 🙂

    Pipiew,
    Padahal posisinya mudah banget…biasalah cari yang di depan, biar pandangan ga terlalu terganggu…..

  33. kok kita kemarin ngga ketemu ya… aku dibelakang dan mondar mandir aja seh… 🙂

    Orangemood,
    Lha Andi dibelakang, saya dan rombongan di depan….hehehe…nggak apa-apa…yang penting senang kan.

  34. bu,maaf y.aq bukan mo kasih komen ttg tulisan ibu.tapi bu,aq mo tanya neh..cr bikin blog yg gampang itu gmn..mohon bantuannya bu…

    Dia,
    Bisa baca di blog nya adiku di http://triwahjono.wordpress.com/2008/09/19/cara-termudah-bikin-blog/
    Jujur aja, saya juga ga bisa bikin blog, ini dibikinkan anakku…..saya cuma mengisinya dengan tulisan.

  35. Ketemu lagi didunia yulisan ya bu …., still remember me ? yg pas mau sholat dhuhur ….. 😆

    Hedi,
    Jelas masih ingat dong. Yang saat itu barengan sama Indira….

  36. Yang mengherankan ternyata foto-foto gedung BPPT – kantor saya – sebagai venue PB2008 kok kelihatan cakep ya ?
    Jadi selama ini, yang salah mata saya yang sudah minus atau salah kamera saya ya ?
    Padahal sehari-hari gedung itu sudah berdebu lho ! Maklum usianya (auditorium dan ruang lain) sudah lebih dari 15 tahun dan belum pernah diganti apa-apanya-pun…

    Tridjoko,
    Kemarin tuh sampai nggak memikirkan debu…lha saat makan siang terus ndlosor di lantai tanpa alas apapun, tapi tetap nikmat karena rame-rame.

  37. wahh padat sekali acara Sabtu itu… Tapi masih sempat nonton 007 ya bu… seru!

    Kucingkeren
    ,
    Acaranya memang seru…
    Dan menonton James Bond sambil terkaget-kaget…lha tiap kali seeer…kaget ada tembakan …hahaha

  38. Halo bu Ratna, saya juga senang akhirnya bisa bertemu ibu di dunia nyata. Btw, ternyata ibu kelihatan lebih muda dari perkiraan saya lho 😀

    Catshade,
    Waah seneng sekali bisa ketemu….karena selama ini hanya kenal di dunia maya ya. Dan dari blog psikologi yang kukenal, ya Fertob dan Catshade…selain mbak Pratanti dari Bandung.

  39. meski bukan blogger, tapi saya suka baca ulasannya, liat foto-fotonya. seru…
    Blog-blog yang saya baca suka numbuhin inspirasi saya…… termasuk blog ibu
    met berpesta para blogger!

    Prameswari
    ,
    Belum ingin menulis di Blog? Ntar kayak saya lho, anak-anakku udah menulis sejak lama…ternyata malah nyokapnya yang aktif…atau karena lebih stres?….hehehe

  40. saya senang bisa ketemu ibu Eny, sayang gak sempat ngobrol lama 😀

    Itikkecil,
    Iya…ntar kapan-kapan kalau itik kecil ke Jakarta, mudah2an kita sempat mengobrol, di angkringannya Gembul…

  41. waaah bener nih bu …saya jadi ngiri.
    semoga PB09 dikasih tahu jadwalnya dari jauh hari biar bisa saya juga bisa ikutan hehehe. sekalian mau kenalan sama Narpen dan yang lainnya deh.

    EM

    Ikkyu_san,
    Iya, ini jadualnya mundur sebulan, kalau nggak DV pasti semangat untuk ikutan.
    Sesi workshopnya sangat menarik, dan bingung memilihnya….

  42. senang banget ya bu, sayang sy nggak bisa ikut…..kesibukan akhir tahun menyita waktu sy.. 🙂

    Alex,
    Dan karena ultah atau hari blogger jatuh pada tanggal 27 Oktober, maka PB akan selalu diadakan mendekati akhir tahun.

  43. Seru sekali ya Bu…
    Sayang saya ga bisa ikutan 😦

    Menik,
    Iya…seru dan heboh….

  44. wow…. bener2 meriah, pestanya, bu enny. gambar2 yang ibu tampilkan sdh bisa mewakili suasana yang sedang berlangsung. memang asyik bisa bertemu darat dg temen2 dari berbagai penjuru. btw, ttg avatar, memang bisa sangat membantu temn2 yang belum pernah bertemu, bu. tapi masih banyak juga tuh, bu, temen yang suka pakai foto beda dari aslinya, hiks.

    Sawali Tuhusetya,
    Avatar berupa foto memang sangat membantu, tapi tak semua ingin avatarnya berupa foto….

  45. Asyik…seru mendengar cerita ibu pun saya jadi pengen mengulang dan memutar waktu untuk kembali ke hari kemaren saat ada pendaftaran PB08. naseeeeeb naseeeeeb…gini nih kalo sibuk terus…sampai gak bisa ngikut.

    Pakde,
    Ntar pakde dapat cerita pandangan langsung dari Novi plus kaos PB08 nya.

  46. dari cerita dan photo2 bunda, rasanya saya harus ikut PB 2009 deh taun depan.. 🙂

    Inos,
    Menarik kok…tidak rugi untuk ikut….

  47. memang bener bunda PB08 kemaren sangat meriah banget ikut merasakan kebersamaan walaupun baru sekli itu tapi banyak kenangan yang tak terlupakan!!!

    Erlan
    ,
    Justru karena saya pernah datang ke PB07, makanya kemarin menyemangati anak-anak dan ponakan untuk hadir di PB08 ini

  48. Memang asyik bisa ketemu orang-orang yang sering mampir “rumah” kita di dunia maya. Lebih personal.

    Barry,
    Iya…memang beda, ketemu di dunia maya dan dunia nyata….

  49. Wah…. foto saya kok seperti “Penyamun di sarang perawan perempuan” begitu! :mrgreen:

    PB kali ini memang salah satu peristiwa yang sulit dilupakan dalam kaitannya dengan dunia blogging. Saya sendiri baru sadar ternyata banyak juga blognya yang saya kenal, tetapi belum sempat saya temui di PB kemarin, padahal mereka datang!

    Mungkin untuk PB selanjutnya saya harus pasang “strategi” bagaimana caranya agar saya dapat bertemu lebih banyak blogger lagi…….. (Mungkin acara yang sedikit formal mengganggu sedikit kebebasan kita dalam berinteraksi antar sesama blogger….)

    Kang Yari NK
    ,
    Setelah lihat fotonya, saya geli sendiri…kang Yari kayak penyamun di sarang perawan…ehehehe

  50. waaah…asyik sepertinya ya bu…saya cuma bisa ikut nulis tentang Ngeblog…karena membaca Harian kompas tentang ngeblog….

    Dyahsuminar
    ,
    Tahun depan jadualkan ya bu untuk datang…semoga kita masih berumur panjang dan bisa ketemu….

  51. mbak edratna….saya termasuk orang yang seneng banget ngumpul-ngumpul…..ngobrol sambil becanda ria……dapat ilmu dan pengetahuan yang buanyak dari temen-temen…..dan silaturahmi itu konon bikin awet muda dan kemudahan rezeki……nah itulah nasib…..tiba-tiba saja saya kok kurang fit….akhirnya hadir di pb08 tak kesampaian…..tapi saya terhibur juga karena banyak info tentang pb08 dari dua artikel mbak…..btw gimana kalau mbak edratna, mas yariNK dan mbak yoga plus hanggadamai mensponsori, suatu ketika, kita-kita yang dari jawab barat juga silaturahmi daerah?….misalnya di bandung atau di bogor….saya rindu untuk ketemu langsung….berbahagialah mereka yang langsung saling bertemu kemarin di bppt…..salam

    Sjafri mangkuprawira,
    Kesehatan lebih penting pak…mungkin kapan-kapan mesti dijadualkan acara ketemuan….jika perlu di Bogor….tahun depan? Lha kan sebentar lagi ganti tahun…
    Kalau Hanggadamai mau, bisa jadi EO nya

  52. Yaa, sy ga bisa ikutan… pdhl pengen ketemu blogger2… yg sering sy lihat di layar dunia maya… 😀

    mathematicse,
    Cerita liputan teman-teman mungkin bisa untuk mengurangi rasa kangen mas….

  53. duh, cuma bisa ngiler.
    reportasenya lengkap bener, foto-fotonya juga mendukung cerita.
    tapi lebih salut lagi ibu dan narpen masih sempat-sempatnya nonton setelah seharian capek begitu.
    bloger sejati atau penikmat film sejati ya?

    Marshmallow
    ,
    Kalau sama si sulung jenis film yang ditonton bervariasi, kadang berat , yang bikin saya ga mudeng. Kalau si bungsu mirip saya…suka yang ringan-ringan….dan happy ending. Lha udah pusing kok nonton yang sedih, pake nangis bombay…males jadinya….hehehe.

    Ngeblog memang dorongan anak-anak, yang membuatkan blog wordpress, tema dsb nya adalah Narpen…kakaknya lebih pada aturan etika, dan tata cara ngeblog yang baik dan benar. Ibunya cuma bisa menulis doang….payah ya….:P

  54. […] EdRatna berhasil saya kenali, walaupun masih harus ada embel embel nyebut namanya Kunderemp (putra sulung beliau). Beliau heran: […]

  55. Asyik lihat foto-fotonya …. ada Mas Yari yang terjebak (atau menjebakkan diri?) ke sarang laba-laba … eh, kerumunan wanita 😀

    Kayaknya PB09 bakal lebih rame nih, soalnya banyak yang sejak sekarang sudah ‘mantak aji’ mau hadir. Ayo, Japs, Mbak Imel, Mbak Dyah, Bang Mikekono, dan semua-semua yang kemarin belum hadir, kita serbu pesta bloger 2009. Serbuuuu …!!

    Tutinonka,
    Asyiiik……..mudah2an makin seru PB 09

  56. […] cerita, semua sudah membaca laporannya disini kan? Kalau belum bacalah liputan yang ini dan ini. Bu Enny, menyempatkan membuat catatan selama sessi tanya jawab Enda, dan menuangkannya […]

  57. sayangnya aku gak bisa banyak ngobrol sama bu enny. tapi aku seneng bu enny bisa hadir di PB. 😀

    Chika,
    Iya…Chika lagi sibuk, jadi nggak berani menganggu..
    Lain kali bisa ketemuan lagi….

  58. […] dalam Jumlah – Pesta Blogger 2008 = pesta diskusi dan hadiah.. – saya dan pesta blogger 2008 – Kenangan yang tersisa dari Pestablogger 2008 – Jimmon ikut Pesta Blogger 2008 – I share “Pesta Blogger 2008″ [Part I] – Ngintip Pesta […]

  59. saya sempat melihat ibu, sayang saya duduk di tribun atas

    Chatoer,
    Memang kemarin yang datang banyak….agak sulit ketemu orang…apalagi jika tak punya no hapenya..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: