Perjalanan Jkt-Sby-Papua

Rencana kepergian ke Surabaya sebetulnya sudah diperkirakan jauh hari, karena awalnya pelatihan akan di mulai pada tanggal 17 Nopember 08. Saya agak deg2an, karena sudah menunggu lama, ingin mengajak si bungsu ke pesta blogger 08, karena ada kemungkinan mendapatkan jadual mengajar di akhir Minggu, maklum hari Sabtu pelatihan tetap berjalan sampai jam 17.30 wib. Syukurlah, ternyata pelatihan diundur seminggu kemudian, sehingga bisa bernafas lega.

Ternyata, dua hari lalu saya menerima telepon lagi, dari Lembaga Pendidikan dimana saya bergabung sebagai pengajar profesional.

“Bu, bisa nggak ke Papua awal bulan, cuma sehari kok?”

“Wahh saya mesti tanya dulu pak, karena rencananya awal bulan ada rapat anggaran, jika rapatnya masih minggu kedua, tak masalah,” jawab saya

Saya menghubungi kantor, dan ternyata jadualnya baru minggu kedua, sehingga saya bisa berangkat ke Papua. Kebetulan bahan sudah siap, hanya studi kasusnya yang berbeda, disesuaikan dengan kondisi di lapangan. Berbekal pengalaman beberapa kali mengajar, ternyata membawa-bawa ransel isi laptop lumayan juga pegalnya, apalagi jika melalui lorong bandara Sukarno Hatta yang lumayan jauh. Jadi, sejak seminggu yang lalu, saya menyiapkan koper kecil untuk laptop yang bisa di dorong agar tak lelah.

Dan, kembali pagi ini ada telepon lagi

“Bu, pesawat Garuda yang ke Jayapura bisanya Minggu malam, nggak ada yang Senin pagi,” kata staf di ujung telepon.

“Ya, udah, pergi Minggu malam nggak masalah, ” kata saya. “Tolong nanti rumah saya dikabari, agar ada yang mengambil tiket ke Kemang, “kata saya.

Dari sms an dengan Yoga, saya mendapat cerita kalau bandara Moses Kilangin di Timika sekarang sudah baru, setahun yang lalu masih jelek sekali, pinggirnya diberi kawat sehingga mirip kandang. Hmm penasaran juga seperti apa bandara baru tersebut, karena bandara yang lama sudah sangat tidak layak. Tapi saya nggak tahu, apakah pesawatnya transit di Timika atau di Biak. Setahun yang lalu, saya berangkat pagi dari Jakarta jam 6 wib, transit di Bali, kemudian Timika, baru Jayapura. Pas pulangnya, pesawat transit di Biak, Makassar, baru ke Jakarta. Ahh transit dimanapun tak ada masalah.

Koper sudah siap, ternyata koper kecil isi laptop lumayan juga beratnya kalau dijinjing. Walau bepergian hanya semalam (Jumat pagi berangkat dan pulang Sabtu malam) tetap saja memerlukan bawaan yang banyak, maklum cewek. Pulang dari Surabaya hari Sabtu pesawat terakhir, dan besoknya kembali terbang ke Papua. Vitamin dan obat2an pun telah siap, karena kebetulan cuaca lagi kurang bersahabat, dan juga harus minum obat malaria. Dan untuk sementara, kesibukan ngeblog berhenti dulu….

Iklan

55 pemikiran pada “Perjalanan Jkt-Sby-Papua

  1. Obat Malaria mestinya diminum seminggu sebelumnya paling nggak, tapi selama pe-de dan yakin kondisi fit, nggak minum juga nggak pa-pa… mode sok tahu on πŸ˜€
    Hanya karena kondisi yang mendadak ya sudahlah…

    Have a nice travel Bu… Hati-hati di jalan dan jaga kesehatan.

    Yoga,
    Aturannya memang seperti itu…..tapi mudah2an ga masalah…..yang penting makan yang banyak (lha ini yang susah).

  2. Selamat jalan Mbak Enny, semoga tugas berjalan sukses dan menyenangkan. Sudah pernah mengunjungi desa Asmat?

    Tutinonka
    ,
    Maksudnya daerah Asmat? Belum mbak, kebetulan saya baru mengunjungi tiga kota di Papua, yaitu: Sorong (1995), Wamena (1995) dan Jayapura (1995, 2007, 2008).

  3. Have a nice trip, semoga selamat pergi dan pulang.
    Oleh-olehnya dalam bentuk tulisan lebih siiip, biar dibaca orang sejagat.

    Alris,
    Saya akn mencoba menuliskannya…kalau tentang Jayapura sendiri saya pernah menulis 3 tulisan sebelumnya, pas ke sana tahun 2007.
    Bisa dilihat di:
    https://edratna.wordpress.com/2007/08/13/daerah-wisata-di-jayapura/
    https://edratna.wordpress.com/2007/08/13/melintas-perbatasan-dari-papua-ke-papua-new-guinea/
    https://edratna.wordpress.com/2007/08/14/napak-tilas-jejak-jend-mac-arthur-di-ifar-gunung-sentani/

  4. Ibu, selamat jalan-jalan jauh (^_^) Sudah suntik anti-malaria kah? Yah semoga sehat terus, dan cepat2 kembali ya bu serta menceritakan lagi pengalamannya ibu di sana.

    Saya cuma pernah ikut menyusun satu buku ttg Yahukimo, tapi belum pernah ke Papua, kapan-kapan pingin juga ah…

    -G-
    Makasih doanya…..
    Minum obat malaria dua hari sebelumnya, nanti disana lagi dan kemudian saat pulang (sesuai anjuran dokter)

  5. Selamat jalan Ibu, doaku menyertaimu.
    Salam untuk semua orang Papua, ajari mereka ngeblog juga πŸ™‚

    Donny Verdian,
    Makasih doanya…
    Peserta pelatihan sudah diajari ngeblog, cuma koneksi internetnya disana masih mahal…

  6. Kan bawa HP ama laptop Bu, bisa dong curi2 waktu buat ngeblog. Semoga sehat, lancar dan selamat hingga kembali ke rumah.

    Mufti AM,
    Kalau udah tugas, biasanya seharian bekerja dan malamnya sosialisasi, diskusi dan sharing pengalaman dengan teman-teman disana…masuk hotel biasanya udah ngantuk.

  7. bu hati2 di jalan.. semoga sukses ya bu..
    hehehe
    wah salut sama ibu energinya masih kuat ke mana2 πŸ™‚

    Arul
    ,
    Makasih……doakan saya selalu sehat, supaya bisa menerima tugas yang lumayan jauh, dan bisa untuk cerita….

  8. bukkkkk jangan lupa cariin koteka di jayapura ya hehehe adik saya lagi di situ sekarang tuh, dia lagi pertemuan mahasiswa antropologi se indonesia, tapi dari padang berangkatnya pake kapal…heheheheh hati-hati bu…

    Imoe,
    Koteka? Mau dipake?
    Orang Papua sekarang memakai koteka hanya saat acara adat…dulu saat ke Wamena tahun 1995, sebagian besar penduduk masih pake koteka….sekarang hampir semua udah berpakaian seperti kita.

  9. Wahh ibu selamat jalan, foto-foto keadaan di sana dong bu.
    Kami tunggu ceritanya
    EM

    Ikkyu_san,
    Iya Imel…cuma fotoku nggak sebagus bidikan mas Toni lho….paling nggak bisa untuk cerita….

  10. Ibu Enny,

    Salah satu teman baik saya berasal dari Papua dan katanya Papua itu sangat indah. Pantainya jernih sekali. Dan ada kangguru-kangguru gitu, Bu… (sang Teman Baik itu juga pelihara Kangguru di halaman belakangnya lho.. hehehe)

    Semoga Ibu selalu fit.
    Saya nggak tahu banyak soal suntik anu itu, asal Ibu nggak terlalu kecapekan aja dan selalu menyempatkan tidur kalau memang ada waktu untuk itu…

    Selamat traveling, Bu Enny…
    Jangan lupa oleh-oleh ya.. πŸ™‚

    Lala,
    Saya beberapa kali ke sana belum pernah ketemu kanguru…..bukannya yang terkenal di Papua adalah burung cenderawasih? Kalau kanguru ada di Australia…..
    Jayapura memang indah sekali, jalannya dikiri kanannya dibatasi bukit dan laut, atau danau Sentani, serta meliuk-liuk indah sekali….

  11. Saat aku menulis comment ini, Ibu pasti sudah berkemas-kemas, karena satu jam lagi mesti berangkat menuju bandara.

    Nggak banyak deh: enjoy, Bu Enny, dan jaga kesehatan selalu.

    Surabaya nggak panas kok. Hehe!

    Daniel Mahendra,
    Surabaya cukup dingin…lha cuma turun dari kamar ber AC ke ruang kelas ber AC…hehehe
    Tapi kalau sempat keluar ya panas sekali….

  12. Selamat jalan dan selamat bertugas bu.
    Acaranya padat sekali, semoga sehat di perjalanan.

    Irna,
    Makasih doanya….
    Acara menjelang akhir tahun memang padat…

  13. @Daniel…

    “Surabaya nggak panas kok. Hehe!”

    Ini meralat yang dulu itu? Nice try Niel Hihihi…

    Yoga,
    Surabaya nggak panas kalau di dalam ruangan ber AC….
    Tapi kalau musim hujan, memang relatif tak terlalu panas.

  14. perjalanan yang padat tapi kyknya seru πŸ˜€
    saya gak bisa jalan2 nyata jadi jalan2 di dunia maya :mrgreen:

    eNPe,
    Jalan-jalan di dunia maya juga menyenangkan kok….

  15. Hati-hati di jalan bunda, wah jadi pengen lihat foto2 bandara bari Timika-nya. Semoga perjalanannya menyenangkan. salam -japs-

    Japspress
    ,
    Makasih….mudah2an bisa foto bandara Timika….

  16. ditunggu photo photo travellingnya, pasti ada yang unik

    Iman Brotoseno,
    Saya coba deh mas, sekedar memberikan gambaran….walau kualitas fotoku pasti jauh di bawah foto bidikan mas Iman

  17. OK Bu …
    Hati-hati dijalan …
    Take care …
    Semoga selamat sampai di tempat tujuan …
    Semoga selamat sampai di jakarta lagi …

    Salam saya

    NH18
    ,
    Makasih doanya….

  18. tini

    ke papua lagi, rasanya pernah yah sebelumnya ibu ngajar di papua juga……….

    hati2 ya bu, selamat jalan…….semoga sehat selalu, sehingga mengajarnya tidak terganggu

    Tini,
    Betul…dulu sempat ke Jayapura 10 hari untuk mengajar…
    Kali ini mengajar AO yang telah bekerja beberapa tahun…..

  19. Di Surabaya kok nggak ketemu dengan saya ya, Bu?

    Edi Psw,
    Di Surabaya cuma semalam ….
    Pergi pagi…langsung mengajar, menginap semalam dan mengajar seharian…dan malam itu juga kembali ke Jakarta dengan penerbangan terakhir karena besoknya mesti ke Jayapura.

  20. oleh-olehnya jangan lupa yah bu…

    peristiwa menarik selama perjalanan jangan lupa di posting… [ngarep mode on]

    titi dj dan [senyum] πŸ™‚

    gbaiquni,
    Mudah2an ada bahan yang bisa di posting

  21. lama saya pengen ke papua, tapi hingga kini belum terwujud. entah kapan bisa kesampaian.

    Zulmasri
    ,
    Kita punya teman blogger disana, bang Fertob…tapi domisili nya di Sorong…

  22. Tak usah bawa make-up, yang penting bawa sebotol kecil parfum.

    Duh kok aku ngajari orang tua ngoboy!

    Selamat jalan. Semoga bisa tidur nyenyak di pesawat!

    Juliach,
    Hahaha…bukan make up…yang wajib adalah sun cream karena cuaca Jayapura panas sekali….
    Hmm ya, mudah2an bisa tidur di pesawat….

  23. Sebenarnya sih… obat malaria hmmm nggak penting2 amat kecuali di daerah sana prevalansinya tinggi pada saat ini. Namun itu juga jikalau prevalansi malaria di daerah tersebut sangat tinggi, setahu saya, minum obatnya juga tidak sekali saja agar obatnya efektif. Mula2nya seminggu sebelum berangkat, terus selama berada di daerah tersebut dan terus dilanjutkan hingga beberapa minggu setelah meninggalkan daerah tersebut…..

    Yari NK,
    Sebaiknya memang berjaga-jaga, karena tak tahu kondisi daerah yang didatangi. Kalau tempatnya dikota, mungkin nyamuk tak terlalu banyak…..

  24. Asyik ya Bu, masih bisa ‘jalan-jalan’ πŸ™‚ Semoga selalu sehat dan bisa menikmati perjalanan sampai pulang kembali…

    Ratna,
    Makasih doanya….

  25. wah sepertinnya menyenangkan bisa keliling indonesia sambil bekerja

    hati2 di jalan Bu, semoga pekerjaannya sukses dan perjalanannya lancar tak ada suatu gangguan pun

    Aditya,
    Hmm memang menyenangkan…..asalkan kita sehat…
    Makasih doanya…

  26. wah..coba kalo punya waktu agak panjang…psti bisa sejenak berpetualang di papua ya buk…

    donapiscesika,
    Hehehe…..biasanya memang curi waktu, diantara kegiatan, atau pas dalam perjalanan antara daerah satu dan lainnya….

  27. Hati hati di Jalan Bunda semoga semuanya berjalan lancar. Senengnya bisa berkeliling Indoensia sambil berkarya.. πŸ™‚ Sukses selalu untuk Bunda Enny. Thanks

    Yulism,
    Makasih….

  28. saya tunggu ceritanya ya mbak Ratna….nggak kalah menariknya dengan perjalanan ke daerah wisata lain ,pastinya akan banyak yang khas dan spesifik….dari saudara saudara kita di papua sana..

    Dyahsuminar,
    Iya bu, saya akan coba menuliskannya…..

  29. mestinya saat ini ibu enny telah kembali ke rumah.
    masih capek ya, bu? istirahat yang enak deh, ntar kalau udah fit baru nulis lagi. bagi-bagi kita ceritanya ya?
    seperti kata pak alris, oleh-oleh dalam bentuk tulisan lebih bermakna, biar bisa dinikmati oleh orang sejagat!

    Marsmallow,
    Saya baru kembali ke Jakarta tgl 3 Des 08 sore, dan terus kena macet karena jalan di dekat bandara Sukarno Hatta lagi diperbaiki.
    Akan saya coba menuliskannya….

  30. Have a nice trip bu enny .. kemoprofilaksis untuk malaria mustinya diminum .. Timika termasuk daerah hipeendemi malaria .. salam kenal

    Ajengkol,
    Saya udah minum anti malaria dua hari sebelum berangkat, nanti sekali pas disana dan sekali lagi pas udah balik Jakarta….sesuai saran dokter.

  31. Ardianto

    Hemm…
    Pengen ke Papua juga…

    Ardianto,
    Nanti ambil aja magang di Freeport…angkatan 2004 (Ade Bayu cs), magangnya di Freeport….dari Elektro ada beberapa orang.

  32. sukses selalu, bu Enny!!

    kalo sempat jeprat jepret dikit kondisi Papua ya, bu.. :> share sama kita-kita yang “terbelenggu” di sini πŸ˜€

    Darnia,
    Ntar saya akan coba menuliskannya….

  33. Boim

    Selamat bertugas bu Enny…

    abis surabaya…papua…selanjutnya….
    siap-siap direpotin lagi ya bu….

    salam dari kemang…

    Boim,
    Makasih pak kepercayaannya….seneng kok direpoti…selalu ada yang menarik dalam setiap perjalanan…

  34. adipati kademangan

    tetap semangat, semangat *katanya* bisa menghilangkan rasa capek dan sakit yang timbul

    Adipati Kademangan,
    Hmm memang harus semangat…dengan semangat bisa menularkan kepada adik2 yang ikut pelatihan….selain juga harus bisa menjadi motivator…

  35. Semoga selamat sampai tujuan dan kembali ke Jakarta dalam keadaan sehat walafiat.

    *sambil nunggu olehΒ² dari Papua berupa reportase bunda* πŸ™‚

    Erander
    ,
    Makasih…saya akan coba menuliskannya….

  36. Wow, salamat menikmati perjalanan yach tante Ratna. Jangan lupa oleh-olehnya berupa foto2 yang indah dan unik khas Papua, hehehe πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚

    Oyach tante Ratna, kunjungan saya kali ini ingin memberi info kalau blog ibu saya pilih utk menerima award dari saya. Jadi saya tunggu kunjungan ibu di blog saya utk menerima appresiasi versi blog Bintang 2008 πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚

    Best regard,
    Bintang
    http://elindasari.wordpress.com

    Elindasari,
    Award?….makasih…..ntar saya tengok…

  37. wah jadwal ibu, padat merayap

    Chatoer,
    Hahaha…istilah radio ya…
    Nggak juga kok, biasanya saya lebih banyak ambil bagian mengajar di Jakarta….tapi kadang keluar juga

  38. jadi kangen tulisan bunda nih.. ditunggu apdetannya ya bunda.. selamat bertugas.. πŸ™‚

    Inos,
    Ntar kalau udah ada waktu, pasti ditulis….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s