IM3 lebih baik dibanding Telkomsel?

Saya hanya ingin cerita pengalaman pas Liburan ini.

Anak sulung saya ulang tahun, dan karena dia telah berada di seberang lautan, jalan satu-satunya mengirim ucapan selamat ulang tahun melalui sms, kalau menelepon langsung harus mencari waktu yang tepat, karena perbedaan waktu antara Jakarta dan Miami, berkisar antara 11-12 jam, tergantung dari musim.

Saya mengirim sms mengucapkan selamat ulang tahun melalui telkomsel (pasca bayar), karena telkomsel saya selama ini tak ada masalah, koneksi lancar walau digunakan sampai di pelosok Indonesia, dan bisa digunakan untuk perjalanan ke luar negeri. Kemarin sampai lima kali saya kirim sms, selalu failed. Awalnya saya tak berpikir panjang, mungkin posisi anak saya berada diluar jangkauan. Saya baru menyadari setelah membaca komentar adikku di blog, bahwa dia sudah kirim ke anakku sms ucapan selamat ulang tahun, walau mungkin di Miami baru mau tengah malam, dan masih sehari sebelumnya.

Dan karena lewat telkomsel gagal terus, saya mencoba kirim sms lewat IM3 pada malam hari, berharap waktu di Miami masih menjelang pagi, sehingga ucapannya tak terlambat…dan ternyata delivered. Penasaran, saya mencoba lagi menggunakan telkomsel, tetap saja jawabannya “message not delivered“. Padahal selama ini hape yang menggunakan IM3 hanya digunakan sebagai cadangan, karena terkadang hape yang satu baterinya low bat, atau ada anggota keluarga yang ketinggalan hape, padahal sedang ada perlu dan membutuhkan konfirmasi setiap kali melalui hape.

Pagi ini, saya mengirim sms ke si bungsu, yang sedang jalan-jalan bersama teman-temannya ke Jawa Tengah (Yogya dan sekitarnya), serta Jawa Timur (Madiun dan sekitarnya). Ternyata jawaban telkomsel adalah “message not delivered” alias failed. Saya penasaran, saya coba pakai IM3, dan berhasil.

Saya tak tahu, padahal selama ini Telkomsel yang paling bisa dihandalkan, jika provider yang lain-lain aksesnya sulit. Atau sekarang memang Telkomsel sudah berubah? Adakah yang tahu, dimana kemungkinan jawabannya?

45 pemikiran pada “IM3 lebih baik dibanding Telkomsel?

  1. Iko

    Saya pakai IM3 sejak 3tahun lalu…. dan merasa cocok dengan kartu itu πŸ˜€

    Iko,
    Saya pake IM3 hanya untuk cadangan, dan harus selalu diingat-ingat kapan mesti beli kartu lagi. Karena jarang dipakai, si bungsu yang suka, kalau lagi ketemu, dia suka pinjam…hehehe…dia hobi menghabiskan pulsa

  2. saya pake telkomsel (flash) jd ya bagusan telkomsel. meskipun sering jengkel πŸ˜›

    Mantan Kyai,
    Sebetulnya telkomsel ngadat baru dua kali.
    Dulu, saat awal tahun 2007, bulan Februari (inget terus) pas Jakarta lagi banjir besar, dan anak sulungku dirawat di RS gara-gara demam berdarah. Waktu itu Telkomsel, Mentari mati semua (saat itu belum kenal IM3)….dan yang bisa dipake untuk berhubungan hanya Pro XL. Kebetulan kami sekeluarga berbeda-beda: saya pake Telkomsel, suami matrix (Satelindo), si bungsu Mentari dan IM3, sedang si sulung pro XL.

  3. bun, aku tanya dulu ya sama telkomsel nya yo

    Realylife,
    Iya….mudah2an ada orang Telkomsel baca ini. Sebalnya, sulit digunakan pada saat dibutuhkan. Syukur ada IM3, lha kalau cuma satu bagaimana?

  4. denger2 kalo pake esia SMS ke europe, lebih murah.. telfon juga cuma 5000 kata tante saya, gak tahu deh berapa menit.

    Orang rumah kalo SMS biasanya pake telkomcell, selain itu sulit nyampe ke HP saya disini.

    Resi Bismo,
    Si bungsu sekarang malah pake 4…hahaha
    Pro XL (warisan kakaknya), Mentari, IM3 dan Esia. Tapi belum pernah coba ke Eropa….saat saya seminar ke Eropa, saya bawa Telkomsel, dan saat itu sms an maupun telepon lancar, tapi nggak ingat berapa biayanya.

  5. Saya mengimbangi dengan Telkomsel (simpati) dan satunya Indosat (mentari). Biar adil. πŸ˜›

    Ada kalanya Telkomsel ngadat, pakai HP satunya. Kalau saatnya Indosat macet, ya pakai HP yang lain. Saling melengkapi aja.

    …karena saya percaya ndak ada provider yang hampir sempurna. Kelebihannya diimbangi dengan kekurangan.

    Goen,
    Justru ini yang banyak saya lihat sekarang. Karena kita tak bisa menggantungkan pada satu provider. Tapi kalau punya 3 atau 4, dan semuanya bunyi pada saat sama bagaimana? Lucu sekali melihatnya, kebingungan sendiri

  6. IM3 jangan dipuji nanti besar kepala πŸ™‚

    Ikram,
    Hehehe…ini maksudnya agar Telkomsel membenahi diri, karena selama ini Telkomsel memposisikan sebagai layanan untuk kaum eksekutif dan jangkauan paling luas. Ini saya akui, saat-saat saya harus bepergian ke pelosok, sampai di ujung Sorong, Bunaken, Wamena…yang saat itu (10 tahun lalu), yang lain nggak bisa, tapi telkomsel suaranya tetap bening dan koneksinya lancar. Tapi belakangan ini pelayanan Telkomsel mulai disaingi provider lain.

  7. saya pake simpati dan flexy
    sekeluarga rata2 telkomsel

    Achoy,
    Mungkin ada baiknya keluarga menggunakan provider yang berbeda-beda, jika ada kasus seperti yang saya alami.

  8. Bun,

    Kualitas jaringan itu ibarat infrastruktur jalan & jumlah mobil yang menggunakannya.. kalau si operator terus promosi tarif murah sambil infrastrukturnya gak dikembangin sedemikian rupa yapersis seperti jalan tol kita udah mah bayar (masih tetep berasa mahal) tapi tetep weh macet dan banyak waktu kebuang (kagak produktif)..

    Harus diakui memang bahwa si telkomsel jaringannya lebih luas, begitu juga jumlah pelanggannya- namun kalau nggak ditingkatkan mutu jaringan-nya serta daya dukung infrastrukturnya.. SLA (Service Level Agreement) gak bakalan bisa tercapai… meski itu ngirim SMSnya persis disebelah menara BTS si tsel sekalipun πŸ˜€

    Ohya, tapi hanya Telsel kok (operatro lain masih bisu-budeg-basi kalau SMS ke afrika) yang bisa pingpong SMS ke Liberia, mau coba? πŸ˜€

    DombaGarut,
    Kalau saya tahu nomor hapenya kang Luigi, boleh juga untuk nyoba sms ke Liberia, provider mana yang mudah aksesnya sampai ke Liberia.
    Mungkin juga karena sekarang musim liburan, dan Telkomsel diposisikan punya jaringan paling luas, banyak pengguna Telkomsel yang sedang berwisata, baik di dalam maupun di luar negeri…akibatnya daya dukungnya ambrol…ini baru kemungkinan.

    Hal ini terjadi juga saat Februari 2007, saya ingat sekali, karena saat itu di Jakarta terjadi banjir besar, si sulung di rawat di RS karena demam berdarah. Saudara dan teman banyak yang sms untuk menanyakan apakah rumah kebanjiran, dan karena nggak di jawab, mereka berpikir kami kebanjiran, padahal saat itu telkomsel lagi “down“. Lagi-lagi menyebalkan, terjadi pada saat dibutuhkan. Akhirnya kami menggunakan pro XL (saat itu belum pake Esia, IM3 dll), kebetulan sekeluarga pake provider ber macam-macam…dan ternyata ada gunanya jika terjadi seperti ini.

  9. hihihi, saya sejak pertama punya Hape udah pake IM3 bu, dan ampe skr tak ada masalah

    yah moga2 semua operator tak mengecewakan konsumen

    Chatoer,
    Dulu IM3 diposisikan sebagai kartunya mahasiswa. Anak bungsu saya pake IM3 (walaupun juga pake Mentari), karena kalau nggak IM3, temannya nggak mau sms, maklum saat itu sms IM3 paling murah. Belakangan dia juga punya Esia, supaya bisa nelepon murah kepada teman tertentu, yang sering saling berhubungan, untuk tugas dan pekerjaan.

  10. hoihei

    bah,
    knapa pada promosi sih ?????? Sundul dulu deh . dung….
    Ikut aja.
    Saya penganut flexi, bu.
    anak kuliahan nelpon ke rumah kebetulan flexi. nelpon sampai kupas panas gara2 di nasehaten gak bikin kantong saya bolong πŸ˜€

    Hoehei,
    Ini bukan promosi bung…..baca lagi tulisan di atas.

    Saya “agak kecewa” Telkomsel, karena selama ini dianggap pelayanannya baik, sms maupun biaya teleponnya pun konon paling mahal. Bagi saya tak masalah, sepanjang koneksi dan pelayanannya prima. Saya pelanggan Telkomsel lebih dari 15 tahun, dan selalu bayar tepat waktu, melalui one bill di Citibank.

  11. ikut ngomporin ah !

    kayaknya gak ada operator yang sempurna deh

    mungkin kebetulan saja pas bunda Enny sms not

    delivery karena telkomsel lagi trouble

    bisa saja laen kali giliran im3

    Septarius
    ,
    Iya, mungkin telkomsel lagi trouble….tapi kenapa selalu pada saat dibutuhkan, saat peak season.
    Kemarin saya coba juga masih susah, kecuali yang sms ke Bandung lancar. Lha mosok sms ke Surabaya juga nggak bisa? Payah banget

  12. saya juga make im3.. soalnya kecanduan sms trus tarifnya mayan murah.. dulunya sich pake simpati.. tapi karena sering tulalit makanya pindah…

    Zoel,
    IM3 memang disenangi anak muda, karena murah…walau juga ada kelemahannya.
    Kalau di pake nelepon suka terputus…..

  13. Saya pake operator cap Monyet, alias XL. Dan kadang2 bikin jengkel juga πŸ˜›

    Dony Alfan,
    Pro XL bagus kok, si sulung saat ke Aussie dibawakan pro XL, juga saat ke Amerika. Kualitas suaranya bagus. Setelah tinggal di sana, sekarang pro Xl nya diwariskan ke adiknya.

  14. sapi

    hohoho IM3 is the best dech

    udah 7 taun pake Im3 soalnya

    coz dulu itu perdana paling murah jaman itu

    hehehe

    Sapi,
    Sekarangpun kayaknya masih paling murah…

  15. Wah saya orang kuno dan gaptek, (orang tua yang, sulit berubah..hehehe), saya baru tahu.
    Terimakasih infonya mbak Edratna!

    Singal,
    Entahlah, mungkin karena jaringannya lagi sibuk atau ada trouble….

  16. Apakah dulu pernah berhasil mengirim SMS via Telkomsel? Kalau dulu pernah berarti kemungkinan network-nya Telkomsel lagi down atau lagi padat. Atau kemungkinan yang lagi roaming di luar negeri sedang memakai sinyal jaringan host yang tidak ada perjanjian roaming dengan Telkomsel.

    Saya juga pakai kartu Halo Telkomsel, walaupun jaringannya terluas tetapi terkadang sering gagal juga ber-SMS ke luar negeri dan terkadang saya harus memakai XL saya. Tapi sebaliknya tak jarang juga justru yang dari Telkomsel yang berhasil. Kayaknya sih masing2 ada kelebihan dan kekurangannya sendiri2…..

    Yari NK,
    Memang kayaknya harus punya lebih dari satu. Biasanya sih Telkomsel, biarpun dipake di pelosok Indonesia, maupun di luar negeri tetap bagus…entah kok dua hari kemarin ngadat. Dan anehnya kalau sms ke Bandung tak ada masalah.

  17. Iya Bu, saya punya 5 nomer Hp dengan berbagai operator supaya saling melengkapi. Hihihi. Biasanya nomer Hp itu saya sesuaikan dengan no yang akan saya tuju. Lebih murah jika operator sama kan (hehehe).
    Dan menurut pengalaman saya, no Hp tertentu punya keistimewaan di daerah tertentu pula. Jadi kalo di suatu daerah sinyalnya gak bagus, saya pake yang lain.
    Kalo di sby, telkomsel gak masalah Bu

    Prameswari,
    Biasanya juga tak masalah…dua hari kemarin memang lagi masalah, kebetulan si bungsu lagi di Surabaya, pengin terus ke Probolinggo rafting bareng teman-teman….biasalah emak kan kawatir, dan pengin monitor terus.
    Tapi punya hp 5? Waduhh lha pusing banget, apalagi kalau bunyinya barengan….

  18. Usup Supriyadi

    Salam Kenal dan Jumpa Ibu….

    Saya beberapa hari yang lalu juga pernah mengalami hal yang sama, dirumah, saya, ibu, dan adik saya juga pake simPATI dari Telkomsel, sudah kurang lebih saya 3 tahun, ibu saya 5 tahun, dan adik saya 2 tahun menjadi pengguna simPATI dari Telkomsel, waktu itu memang susah sms dan nelpon malah cek pulsa juga susah, akhirnya saya mengeluhkan keluhan saya ke 116 kalau simPATI, dan menurut pihak Telkomsel itu gangguan sementara dan kadang masalah cuaca dan solusinya ialah dimatikan dulu HP’a kemudian setelah 1 menitan dihidupkan kembali. setelah saya coba dan memang berhasil. Telkomsel memang belum sempurna dan yang lainnya juga begitu. Semoga ibu tetap setia pada produk Telkomsel

    loh… kok saya promosikan Telkomsel. hahaha

    makasih….

    Usup Supriyadi,
    Selama ini telkomsel memang lumayan, cuma dua hari kemarin, pas dibutuhkan nggak bisa dipake sms…dan anehnya hanya sms untuk daerah tertentu yang nggak bisa. Padahal pake provider lain bisa…Mungkin telkomsel memang harus mulai membenahi diri, bisa-bisa kalah dengan yang lain, apalagi biaya telkomsel paling mahal.

  19. Telkomsel emang menyebalkan mbak, saya juga pengguna Telkomsel nih, seringkali gangguan….
    alam kenal aja ya mbak….

    Pinang masak,
    Sebetulnya saya baru dua kali, saat awal tahun 2007 dan dua hari kemarin. Tapi mungkin sudah waktunya menggunakan hape lebih adri satu.
    Salam kenal juga

  20. saya nggak promosi
    kartu yang saya pake udah 5 tahun
    dan belum mendapat masalah apapun
    nama operatornya saya rahasiakan
    kan bukan promosi
    he3x..

    Annosmile,
    Kecocokan masing-masing orang memang berbeda

  21. udah sekitar lima taun saya pakai halo
    dan kadang2 memang bermasalah di not delivered itu tadi
    tapi, selama ini saya sms ke manchester baik2 saja kok, bu
    atau coba telpon ke call center. dulu saya pernah merasa bermasalah lalu telpon ke sana dan ditangani dengan baik…

    btw, 3 itu provider GSM juga seperti indosat, telkomsel, dll. asalnya dari inggris. relatif baru di indonesia sih,,,

    Wennyaulia,
    Saya akhirnya pakai IM3 kalau Telkomsel ga bisa….atau telepon kabel.

  22. Apapun provider anda, yg penting Indonesia akur…
    πŸ™‚ Nyambung ga sih??
    Dulu penah pake Halo, tapi bosen engga pernah ada promo.. Lalu jatuh hati dach ma IM3 yg asyik untuk SMS, n scr ada Pulsa GPRS yg khusus bwt internet.. Weleh..

    http://www.pashapulsa.co.cc

    Pashapulsa
    ,
    Jadi..tergantung pada ada dan tidaknya promo ya?

  23. Saya pakai mentari sejak 9tahun lalu…. dan merasa cocok dengan kartu itu πŸ˜€ klo IM3 kan juga sama kan…salam knal …..

    <em>MrPall,
    Salam kenal juga…

  24. SAYA PAKE DUA-DUANYA BU…SAMA-SAMA PUNYA KELEMAHAN DAN SAMA-SAMA PUNYA KEUNGGULAN…YANG JELAS IM3 AKSES INTERNETNYA JAUH LEBIH MURAH… HEHEH

    Donapiscesika,
    Memang masing-masing punya keunggulan sih…

  25. im3 juga kadang ngaco’, soalnya kadang2 pas nelpon, ada pesan, “no yg anda hubungi blm terdaftar”, padahal jelas2 no hp itu ada, ya semua punya kelebihan & kekurangan masing2 :), dan mungkin memang lg sibuk trafficnya πŸ™‚

    Samsonasik,
    Ya, itu kelemahannya IM3…kelebihannya pada sms yang murah. Kalau menelepon suka putus setelah sekian menit….mungkin karena murah ya? Sebetulnya selama ini saya lebih prefer ke Telkomsel, tapi sebel aja kemarin, pas dibutuhkan sulit, dan saya menyadari setelah seharian.

  26. saya pake telkomsel buk…sebenarnya mau ganti..tapi nanti susah ngasih tau lagi ke kolega…jadi tetep pake telkomsel…ada enaknya, tapi banyak gak enaknya hahahaha

    Imoe,
    Memang sulit ganti nomor kalau sudah terlanjur di kenal…

  27. all indonesian mobile services are bad, i’ve never had good experiences using mobile service in Indonesia.

    Arie Kusuma Atmaja,
    Waduh segitunya ya Arie, apakah provider di Malaysia juga tak ada masalah?

  28. Saya dulu pake telkomsel, karena cuma Rp. 25000 sebulan yang saya perlukan. Ngga lebih.
    Setelah di sini saya make Digi yang hanya Rp. 1500 telepon ke Indonesia satu menitnya.
    Nanti kalo balik lagi ke Indonesia, ya cari yang Rp. 25000 sebulan lagi dah. Maklum belum punya relasi banyak.
    Tapii, kalo ada yang ngasih koneksi internet flat unlimited mau deh saya pilih. He he he, banyakan ngebrowse daripada nelepon.

    Iwan Awaludin,
    Saya masih kuno pak, hape ya cuma untuk nelepon dan sms….ngenetnya kalau udah di rumah, bayarnya fixed.

  29. Saya punya lima bun, bukan kemaruk…tapi urusannya client semua. Saat ketemu Xl yang diapaki Xl. biar hemat, sama untuk yang lainnya juga gitu….ketemu orang telkomsel yang di pakai hallo, ketemu indosat yang dipakai matrix, on n on…tetep aja jaringan di Jambi nggak ada yang mulus…semuanya sama, karena kurangnya BTS. baru 3 menit ngobrol langsung mateeeeeeeee…ah capek deh!

    theKry,
    Waduh…saya ngebayangin deh….tapi pake lima hape? Wahh susah juga ya….dua aja, suka males bawa yang satunya.

  30. saia sudah berpindah kelain hati. ke axis….hehehe

    Gus,
    Axis? Belum tahu kelebihannya…karena disekitarku baru pakenya IM3, Esia, Pro XL, Telkomsel, dan Satelindo.

  31. Mungkin temporary saja Bu dan seperti yang disampaikan Pak Yari. Apakah hari ini sudah dicoba lagi?

    Agoyyoga,
    Mungkin memang temporary…tapi cukup menyebalkan, di saat pas dibutuhkan. Jadi, memang mesti selingkuh ya, jangan hanya pakai satu provider.

  32. terkadang pengguna paksa-bayar di-anak-tiri-kan..

    πŸ˜€

    Zam,
    Betul….yang di iming-imngi dapat bonus pulsa adalah pelanggan pra bayar…..

  33. saya masih setia dg hallo telkomsel, bu. ndak pernah kontak ke luar negeri sih soalnya, hehehe … syukrulah kalau sms-nya dah sampai, bu. ikut mengucapkan selamat ulang tahun buat mas narpati, ya, bu, maaf kalau salah, semoga panjang umur, sehat, dan sukses selalu.

    Sawali Tuhusetya,
    Sebetulnya untuk sms ke luar negeri bisa menggunakan pra bayar juga pak, kecuali kalau Hp tadi di bawa ke luar negeri, baru pasca bayar dan di daftarkan lebih dulu.
    Tapi aneh juga…pake IM3 malah lebih mudah….dan saya jadi sering pake IM3 sekarang….hehehe…kecuali urusan kerjaan, karena teman2 tahunya no telkomsel.

  34. sy dan klg dirumah pake halo, sms ke london lancar2 saja..
    yg kurang dari telkomsel terutama halo menurut saya adalah dari harganya (tidak ada program promosinya ).. dulu sempet ada waktu semua provider turun tarif..
    Im3 lebih murah sepertinya.
    apalgi kalo sudah urusan akses internet..

    Trijokobs
    ,
    Selama ini Telkomsel (kartu halo), tak masalah…dan karena itu justru saya agak lengah. Saat sulit kirim sms, saya pikir karena jaringan lagi padat…baru malamnya saya kirim pake IM3 (dan setelah di coba lagi, telkomsel tetap nggak bisa). Telkomsel baru normal 2 hari kemudian…tapi saya jadi tahu, sms melalui IM3 lebih murah….jadi sekarang lebih banyak pake IM3

  35. itu ibu kirim ke miami. ak kirim ke xl dari simpati beberapa kali message not sent. :mrgreen: mungkin si tsel sedang ada perbaikan jaringan kali ya

    Harriansyah,
    Mungkin….tapi saya jadi lebih banyak menggunakan IM3….apalagi lebih murah. Telkomsel untuk urusan kerjaan saja.

  36. Sy pakai produk2 indosat, Mentari, IM3, IM2broom, even Starone yg minim promosi.. Entahlah knp sy alergi dgn yg berbau telkom n telkomsel, mgkn krn monopoli zaman dulu yah?

  37. Ping-balik: Apa sebaiknya pindah ke pra bayar ? «

  38. saya juga pengguna IM3 sudah beberapa tahun…pernah coba ganti telkomsel, xl, dll…tapi balik im3 lagi…pernah temen tanya gini “kok no tetap im3?kan udah bukan remaja lagi?” ya saya bilang sih ‘ya gpp biar awet muda”

  39. Wahyu

    Pokokny im3 deh..
    Udah prnah ilang 3x tp tetep mnta lg ke indosat dng no.yg sama..n gratis..ga usah pke surat dr polisi ky telkomsel..
    Pke im3 aq jd sering browsing mulu,biz murah sih..jd malah jarang wat telp..he..3x

  40. rangga

    saya juga sudah dua tahun ini memakai kartu IM3 dan saya merasa cocok dengan content2 yang diberikan IM3 kepada pelanggannya begitu juga layanannya,,,
    tapi dua minggu ini sya kecewa karena kartu IM3 tidak bisa untuk mengirim sms tapi untuk nelfon bisa,,, saya pikir handphone saya yang rusak tapi setel;ah dipakai dengan kartu GSM lainnya di handphone saya bisa untuk kirim pesan,,,
    akhirnya saya beli kartu IM3 baru tetapi 2hari dipakai begitu lagi.

  41. Mardi

    aku kecewa berat sama kartu simpati, aku dah ikutin semua petunjuk untuk aktifkan flashnya. Sampe sekarang ga bisa dipake.
    Ternyata kartu simpati cuma bisa buat nelpon & sms doang !!!!!!!!!

  42. basit

    saya pake im3 signalnya sering mati bahkan sampe 1 minggu padahal saya pake im3 dah 5 tahun ya akhirnya beli kartu perdana simpati itupun sering muncul kata : mengirim pesan. Ngganggu …. Bila sedang sms an.

Tinggalkan Balasan

