Oleh: edratna | Desember 30, 2008

Pasangan yang saling menguatkan

Pernahkah anda memperhatikan, bagaimana pasangan yang telah menikah lama saling berkomunikasi? Dan mengapa orang yang sudah pacaran lama, bahkan ada yang lebih dari lima tahun, tetapi setelah menikah, ternyata mengalami kegagalan? Saat masih tinggal di rumah dinas, setiap pagi saya melihat pasangan orangtua yang sering jalan pagi bersama, bergandengan tangan, dengan ibu yang melangkah tertatih-tatih dan kaki agak di seret, menandakan pernah stroke. Namun betapa hangatnya hati ini, jika melihat wajah keduanya yang jernih, dan selalu tersenyum. Saya membayangkan, betapa damainya jika mengalami masa tua seperti itu, saling menyayangi antara pasangan, dan anak-anak telah besar.

Namun saya juga sedih, melihat di sekitarku, ada beberapa keluarga yang tak bisa mempertahankan pernikahannya, hanya gara-gara salah satunya tak kuat menghadapi cobaan, sehingga melarikan diri, dan akhirnya terdampar pada pelukan orang lain. Mengapa dalam ucapan kepada pasangan yang baru menikah, orang sering mengucapkan doa “selamat mengarungi samudra kehidupan’? Karena pada kenyataannya, dalam kehidupan pernikahan banyak sekali cobaan, badai yang terjadi, dan hanya pasangan yang saling menguatkan, serta punya komitmen kuat yang dapat mempertahankan pernikahannya.

a. Setiap individu adalah makhluk “unik”

Kita perhatikan, tak ada orang yang benar-benar mempunyai sifat sama, bahkan bagi pasangan kembar siam. Bagi anak-anak yang dilahirkan dalam satu ayah dan ibu, tetap mempunyai sifat dan karakter yang berbeda, bahkan kadang perbedaan nya sangat menyolok. Apalagi jika hidup berpasangan dengan orang lain, maka kita hanya bisa hidup bersama, apabila kita saling memahami, dan mencoba mengerti seperti apa pasangan kita.

b. Setiap individu mempunyai kekuatan dan kelemahan

Kita sering lupa, kalau pacaran lama, dianggap sudah benar-benar mengenal sifat masing-masing. Jika kita mengenal teori “Johari window“, maka kita tahu ada bagian dari sifat kita yang dikenal oleh diri kita sendiri maupun orang lain. Tapi ada sifat kita yang kita sendiri tak kenal, tapi diketahui orang lain. Dan masih ada satu sifat tersembunyi, yang kita sendiri tak mengenalnya, demikian juga orang lain.

Dengan memahami “Johari Window” tersebut, maka kita mencoba untuk memahami kekuatan dan kelemahan kita sendiri maupun orang lain. Dan menyampaikan kritik walaupun pada pasangan sendiri adalah tidak mudah, karena harus menunggu pada waktu dan suasana yang tepat, serta dilakukan dengan santun.

c. Komitmen, kepercayaan, serta saling menguatkan

Apa yang paling penting dalam kehidupan berpasangan? Paling utama adalah komitmen, bagaimana masing-masing pasangan menjaga komitmen yang telah diucapkan dan berusaha untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama. Bukankah pada saat kita mengatakan bersedia menikah, kita telah membahas apa tujuan kita menikah? Komitmen inilah yang setiap kali harus diingat, pada saat kita lagi dalam kondisi kurang nyaman dengan pasangan. Karena pada saat kita mendapat cobaan, reaksi masing-masing pasangan sangat berbeda, ada yang langsung stres, depresi, tak bisa melakukan apa-apa. Tapi ada pula yang langsung marah-marah, menyalahkan keadaan sekelilingnya. Pasangan yang memahami, dan mengerti bahwa kita di dunia ini sebetulnya adalah makhluk yang fana, akan segera mengajak pasangannya untuk mendekatkan diri pada Tuhan, memohon agar dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi, dan memohon pertunjuk Nya, karena bagi Tuhan tak ada hal yang sulit untuk diselesaikan. Dan inilah yang saya lakukan bersama suami, pada saat kami menghadapi persoalan, dan syukurlah selama ini kami pada akhirnya bisa melewatinya.

Kepercayaan, ini sangat penting. Kata inilah sebetulnya yang setiap kali harus diingat oleh masing-masing pasangan. Jangan pernah menodai kepercayaan pasangan kita. Namun sebaliknya, kita juga harus selalu percaya, trust, bahwa pasangan kita akan tetap setia, dan mencintai kita. Jika kita percaya, maka kita tak akan kawatir betapapun kadang kita harus berpisah kota atau negara, karena pekerjaan. Kita tetap bekerja dengan baik, karena percaya bahwa ada pasangan dan anak yang sedang menunggu kita. Dan jangan pernah merasa cemburu yang berlebihan, karena akan merusak hati kita sendiri. Perasaan cemburu itu wajar, tetapi harus dikelola, sehingga tidak menjadi merusak hubungan, serta menjadi kontraproduktif.

Saling menguatkan. Kita menyadari bahwa sifat individu masing-masing pasangan sangat berbeda. Mungkin orang yang kita kenal baik, kuat, selalu bisa mengatasi persoalan, pada saat masih pacaran, menjadi berbeda pada saat telah menikah. Jangan panik, karena betapapun, setiap manusia pasti punya unsur takut. Disinilah gunanya, agar pasangan saling menguatkan. Jika salah seorang sedang sedih, tak percaya diri, maka pasangan diharapkan dapat membantu agar perasaan tersebut tak berkelanjutan. Banyak keluarga yang retak, karena pada saat mendapat cobaan, bukan saling menguatkan, tapi menjadi saling menyalahkan.

Dan yang paling sulit, apabila cobaan tersebut sedang mengenai kepala keluarga, isteri harus sangat berhati-hati dalam mendorong suami untuk bangkit kembali. Dorongan yang salah bisa menyebabkan pertengkaran, atau malah melarikan diri pada orang lain. Disini dibutuhkan isteri yang kuat, tak mengeluh, dan bisa melepaskan semua ego dirinya, dalam usaha membantu pasangan untuk kembali tegak, dan kuat seperti semula.

Betapa saya sendiri mengharapkan menjadi tua seperti ayah dan ibu temanku, yang masih bisa bergandengan tangan sambil tersenyum, walau ibu berjalan dengan susah payah, tapi suami tercinta menggandengnya dengan sabar dan sesekali berhenti jika terlihat sang isteri kelelahan.

Pembaca sekalian, selamat tahun baru.

Semoga kita dapat membuat esok yang lebih baik daripada hari ini


Iklan

Responses

  1. keluarga adalah tiang negara. menurut saya πŸ˜€

    Mantan Kyai,
    Keluarga adalah perusahaan yang terkecil, sebetulnya me manage keluarga hampir seperti mengelola perusahaan kecil. Kalau keluarga kuat, dan mendidik anak dengan baik, maka negara akan menjadi lebih mudah dalam pengelolaannya, karena dasar utama pendidikan asalnya dari rumah.

  2. jadi setiap pasangan harus saling menerima kekurangan masing-masing ya Bunda Enny?

    terimakasih ulasanya, sangat berguna buat saya kedepannya.

    selamat tahun baru juga Bunda πŸ™‚

    Septarius,
    Betul, bukankah saat kita menerima si Dia, kita juga menerimanya dalam satu paket? Dan bila menginginkan perubahan, tentu harus disetujui bersama dan tanpa ada unsur paksaan, karena karakter dasar sulit berubah.

    Selamat Tahun Baru, semoga krasan dan sukses di negara orang.

  3. Selamat Tahun Baru Bu, semoga tahun yang akan datang lebih baik dan lebih baik lagi dari tahun kemarin.

    #

    Bu Enny, membayangkan prakteknya, rasanya sulit ya. Bagi saya trust adalah yang utama. Sekalinya trust itu dikhianati, meski hanya sedikit, bakal susah mengembalikannya utuh dalam hati. Harus ekstra effort untuk menunjukkan seseorang bisa mendapat kepercayaan lagi dari saya.

    Hhmmm saya simpan isi tulisan ini dalam kepala saya, hingga kelak dalam kehidupan nyata saya memerlukannya. Dan tentu sambil berharap, Ibu, saya, teman-teman dan keluarga masing-masing serta orang-orang di sekitar saya di dunia ini dapat hidup tenang tentram, damai, bahagia bersama pasangan masing-masing, hingga kembali pada YME kelak.

    Saling menguatkan ya Bu. πŸ™‚

    Yoga,

    Selamat tahun Baru juga Yoga…semoga tahun ini lebih baik ya…
    ——
    Prakteknya tidak mudah memang, tapi kita harus selalu mencoba menerimanya. Dan juga harus mau memaafkan, karena manusia adalah tidak sempurna. Tanpa mau memaafkan, menerima apa adanya, menghormati kelebihan dan kekurangannya, maka rumah tangga tak akan bertahan.

    Yang paling penting memang trust ini, dan ini juga yang diterapkan oleh pasangan yang sudah sepuh, yang ceritanya pernah saya baca seperti pak Daud Yusuf (ada di Kompas beberapa bulan lalu)

  4. katanya cinta seperti bawang merah bila disisir didalamnya akan ditemukan klitnya lagi :mrgreen:
    tapi kalau disisr terus bisa habis ya Bu πŸ˜€
    Selamat Tahun Baru Bu

    Tomyarjunanto
    ,
    Pernah nggak baca, bahwa selalu ada rahasia yang disisihkan (bukan rahasia yang jelek lho), yang membuat pasangan selalu punya surprise. Justru kalau terbuka semua, ibaratnya seperti bawang merah tadi….cerita ini saya pernah baca, lupa dimana.
    Jadi pada dasarnya suami, khususnya, selalu menginginkan surprise…jadi isterinya harus bisa mengelola hal ini. Dan mungkin karena pada dasarnya perempuan juga suka membuat surprise.

    Selamat tahun baru juga…semoga esok lebih baik…

  5. kesetiaan dalam berkeluarga adalah kecocokan hati dan tentunya keterpaduan saling berbagi

    Sunarnosahlan,
    Betul mas, kecocokan hati, namun kemudian tentu harus bisa saling kerjasama dalam mengelola biduk rumah tangga.

  6. selamat tahun baru juga bu πŸ˜€
    dan tulisan ini juga berguna buat saya πŸ˜€

    Itikkecil,
    Selamat tahun baru itik, semoga tahun baru ini hari-harimu lebih baik dibanding tahun lalu.
    —-
    Boleh kok, semoga bermanfaat.
    Kayaknya sederhana, tapi prakteknya sungguh sulit

  7. betul banget bu…terutama masalah Komitmen, kepercayaan, serta saling menguatkan…sehingga 2 perbedaan yang ada bisa jadi satu..heheh

    Omiyan,
    Iya…dan harus saling memberi dan menerima…
    Menguatkan ini yang paling sulit, terutama jika mendapat cobaan, banyak yang tidak kuat….

  8. SELAMAT TAHUN BARU BU EDRATNA …

    Semoga tahun depan lebih baik dari tahun ini …

    Salam saya
    NH18

    Nh18
    ,
    Selamat tahun baru, mas trainer
    Saya juga berharap, esok lebih baik dibanding saat ini…

  9. Insya Allah, tahun yang akan datang lebih baik daripada tahun yang ditinggalkan.
    Setiap orang memang unik, dengan kelemahan dan kelebihan masing-masing. Kalo bicara kelebihan pasangan, semua orang pasti siap menerimanya. Bagaimana dengan kelemahan pasangannya? Siapkah kita menerimanya?

    Iwan Awaludin
    ,
    saya juga berharap tahun baru ini lebih baik dibanding tahun sebelumnya.

    Justru inilah, kalau kita sudah memilih seseorang, hendaknya satu paket, menerima kelebihan dan kekurangannya. Serta bagaimana mengelola roda rumah tangga dengan baik, sesuai komitmen awal, saling percaya.

  10. welehweleh…

    mungkin tak sepantasnya seorang farijs manijs narsijs yg jombloabijs ini angkat bitjara. bahwa menurutku, cukuplah memiliki tujuan yg sama akan pernikahan, pasutri akan kekal. teori… praktiknya? nanti2 lah. hwehe.

    v(^_^)

    save our palestine!

    Farijs van Java,
    Hmm…..ya nanti kalau udah praktek, bisa cerita ya….

  11. Menyatukan dua kepala dan dua hati memang susah. Termasuk juga menyatukan dua keluarga. Posting ini akan saya print, pasti bakal berguna untuk saya saat sudah berumah tangga nanti πŸ˜€

    Dony Alfan,

    Semoga bermanfaat…

  12. selamat tahun baru. salam hangat saya untuk keluarga ibu.
    bu, manusia tidak pernah luput dari berbuat kesalahan, jadi saling memaafkan dan tidak mendendam juga salah satu kunci mempertahankan pernikahan. betulkah?

    Ami,
    Betul…kita harus mau saling memaafkan, karena pada dasarnya manusia itu tidak sempurna.
    Tapi kita juga harus berusaha selalu menjaga kepercayaan pasangan kita, juga komitmen kita.

  13. saya hanya bisa menjura kepada ibunda edratna..

    Zam,
    Wahh ini hanya utak atik, hasil praktek setelah menikah lebih dari 27 tahun…

  14. memahami pasangan adalah proses tiada henti bahkan misalnya kita sudah 30 tahun mengenalnya sejak remaja, sejak menyatakan cinta… πŸ™‚

    Paman Tyo
    ,
    Betul Paman, walau seperti saya, yang telah menikah lebih dari 27 tahun….
    Apalagi keinginan manusia tak pernah berhenti….

  15. itulah, bu, yang sedikit banyak menakutkan saya tentang pernikahan
    takut gagal
    *halah,,bilang aja belum ada calon πŸ˜†

    Wennyaulia,
    Kenapa takut? Menikah menyenangkan jika ketemu pasangan yang cocok, ibaratnya seperti mengelola manajemen keluarga bersama-sama, saling melengkapi, bisa bersenda gurau.
    Jadi, yang penting cari pasangan yang terasa pas di hati…

  16. Selamat tahun baru Islam 1430 H dan selamat tahun baru 2009 M. Semoga kita bisa melangkah lebih pasti dan lebih kuat menjalin silaturahmi antara kita, saya dengan bunda, bunda dengan suami bunda, dan saya dengan … saya (ayooo di isi yoooo apa titik titiknya…!)
    Tak sedikit memang bun, yang tak siap dengan uraian ibu diatas,m akhirnya rumah tangga jadi berantakan, hanya perlu diinget, faktor orang ke tiga cukup berpengaruh juga bun.
    Salam

    theKRYβ„’,
    Makasih…..semoga kita bisa menghadapi tahun 2009 dengan lebih baik…
    Rumah tangga bisa berjalan lancar, jika ada kemauan dari kedua belah pihak, tujuan disepakati bersama, serta saling memahami. Dan yang penting adalah komitmen untuk tetap mendayung biduk bersama, betapapun cobaan dan gangguan menerpa kehidupan pasangan.

  17. Semoga makin erat sampai kiamat.. heheee…
    Salam kenalll….. πŸ˜‰

    Airlangga 89,
    Makasih doanya…

  18. happy new year

    Houl,
    Makasih…Selamat Tahun baru juga

  19. terima kasih sekali tipsnya, bu, ini sangat bermanfaat bagi saya yang sudah emmasuki usia perkawinan yang ke-17. mohon doa restunya, bu, mudah2an kami bisa menjaga keharmonisan rumah tangga.

    Sawali Tuhusetya
    ,
    Tipnya sederhana kok pak, dan saya yakin bapak bisa mengarungi berdua sampai akhir hayat. Karena sebetulnya, rumah tangga berantakan, karena masing-masing mempunyai ego, mau menang sendiri…jadi memang perlu komitmen kuat untuk mempertahankan, memperbaiki jika dirasa ada yang perlu diperbaiki, dan masing-masing pasangan harus bahagia.

  20. Selamat Tahun Baru Ibu….
    tulisan yang berdasar dari pengalaman ibu ini sangat menyejukkan…
    setiap pasangan pasti punya cara sendiri dalam menjaga hubungan ……..

    Prameswari,
    Selamat Tahun baru juga….
    Betul, setiap pasangan pasti berbeda, dan punya cara sendiri yang pas dalam membina hubungan berkelanjutan…tip di atas hanya sekedar sharing pengalaman…

  21. setuju banget bu…yang paling penting adalah komitment kita

    semoga saya bisa awet terus ya bu…bantu dengan doa juga ya

    Selamat menyambut tahun baru bu
    EM

    Ikkyu_san,
    Betul EM…paling utama adalah komitmen..
    Komitmen untuk tetap bertahan dan mengarungi biduk berdua, komitmen untuk saling memperbaiki diri, komitmen untuk berusaha membahagiakan pasangan….

    Saya yakin EM pasti bisa, karena saya semakin mengenalmu…
    Selamat Tahun Baru, semoga esok lebih baik dibanding sekarang…

  22. kata sy yg ga pernah pengalaman ini memang intinya saling terima apa adanya,jgn paksa pasangan qta utk berubah sesuai keinginan qta..lalu komunikasi dan mendekatkan diri ke Tuhan agar ga mendekatkan diri ke wanita/laki2x lain hehe..
    met taun baru bu

    Eric,
    Hehehe….pendapatmu betul Eric..
    Selamat Tahun Baru juga….semoga sukses di tahun mendatang ya

  23. tahun baru ini aq ingin memberi “surprise” kpd hubby dgn minta ganti mobil baru…
    habis mobil jadul kita udah bunyi grek grek grek kalo belok hahahahahaha…

    *lho katanya surprise!

    Elly,
    Pasti surprise yang sangat menyenangkan….

  24. saya memang setuju, pasangan yang komunikasi-nya baik, pastinya bisa menguatkan.. dan, bertahan terhadap segala cobaan hidup

    Billy K.
    iamthebilly.wordpress.com
    bersambung.wordpress.com

    Billy Koesoemadinata,
    Betul, diperlukan komunikasi yang baik antara kedua pasangan…

  25. cinta dan tanggung jawab membuat saling menguatkan menjadi niscaya πŸ™‚

    selamat tahun baru bu πŸ™‚

    Arifrahmanlubis,
    Selamat Tahun Baru juga…
    Betul…cinta dan tanggung jawab, bisa saling menguatkan. Namun cinta pun perlu di rawat agar tak luntur, tapi malah semakin kuat…

  26. Selamat tahun baru Hijriah 1430 dan 2009.

    Menyatukan dua sifat,egi,perasaan, emosi ke dalam suatu tujuan kadang kala susah Mbak.

    thevemoβ„’
    ,
    Selamat Tahun Baru Hijrah 1430 H dan 1 Januari 2009….semoga esok lebih baik…

    Memang sulit, tapi juga mudah, tergantung kerelaan masing-masing pasangan. Dan cinta akan selalu ada keinginan membahagiakan pasangannya

  27. met tahun baru
    http://oktasihotang.com/2008/12/31/postingan-akhir-tahun-2008/

    Okta Sihotang,
    Selamat tahun baru juga…

  28. Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharam 1430 H & selamat Tahun Baru 2009

    Semoga kita semua diberi limpahan rahmat dan hidaya serta kesehatan …. Amin

    Bujanglahat,
    Selamat Tahun Baru….
    Makasih ucapan dan doanya…Amien.

  29. Ibu Enny, Selamat Tahun Baru … semoga di tahun ini kita semua mendapatkan kebahagiaan, kesehatan dan kedamaian.

    Elyani,
    Terimakasih…semoga buat Elyani demikian juga…mendapakan kesehatan, keselamatan dan kesuksesan.

  30. blognya aku link ya bu Enny! πŸ™‚

    Elyani,
    Silahkan…makasih…

  31. Selamat Tahun Baru buat Ibu Enny dan Keluarga

    Iman Brotoseno,
    Makasih mas, semoga di tahun 2009 ini pencapaian dan kualitas hidup kita semakin baik dibanding tahun sebelumnya…

  32. waaah…indahnya..kalau Tuhan mengijinkan, kami juga bercita cita untuk menjadi pasangan seperti yang sering lewat didepan rumah mbak Eni….
    Tips2 nya sangat menarik…pelajaran untuk kita semua,bukan saja yang muda,tapi yang tuapun perlu baca…dan melakukannya…agar menjadi pasangan yang selalu damai dan bahagia.

    Dyah suminar,
    Semoga doa kita diperkenankan Allah swt mbak. Amien

  33. Setiap pasangan yang baru saja menikah sudah pasti dihadapkan pada sesuatu yang baru. Meskipun banyak perbedaan yang muncul namun dengan saling percaya, menerima dan memahami kondisi masing2 pasangan insya Allah itu tak akan menimbulkan persoalan. Kecuali kalau hal itu melanggar nilai2 agama dan kesusilaan tetap perlu diluruskan.

    SELAMAT TAHUN BARU 2009 Bu, sukses dalam setiap kesempatan. Semoga berbahagia bersama keluarga.

    Mufti AM,
    Selamat Tahun Baru juga…semoga tahun 2009 ini memberi harapan yang makin cerah bagi kita semua.

  34. Tulisan yg menyejukkan hati saya Bu..
    Semoga kita semua selalu dikuatkan, menjadi pasangan yg terpisahkan hanya oleh maut.

    Selamat Tahun Baru 2009.. Selamat berlibur dan istirahat buat Ibu dan keluarga πŸ™‚

    Idawy,
    Harapan kita semua akan seperti itu..
    Selamat Tahun Baru…semoga Ida makin sukses di tahun mendatang

  35. Ketik dua sejoli yg sdh berkomitmen tuk bersatu,hrs bisa saling menerima segala kelebihan apalagi kekurangan masing2.Saling menguatkan dlm menjalani cobaan yg berat skalipun,agar menjadi keluarga sakinah,warohmah dan mawardah.Terima kasih ibu Ratna…Selamat Tahun Baru.

    Anlin,
    Betul, harus saling menerima, dan saling menguatkan terutama jika menghadapi cobaan.
    Selamat Tahun Baru juga.

  36. till death do us part πŸ™‚
    *ciiiieeehhh…….*

    anyhow, happy new year buuuuu!!!

    Ren2
    ,
    Selamat tahun baru juga….

  37. selamat melanjutkan kehidupan bu,
    untuk saya sendiri, saya selalu menekankan pentingnya “Komunikasi” bu, belajar dari pengalaman bapak sama emak.

    Mascayo,
    Betul…komunikasi yang baik sangat penting…
    Perbedaan pendapat dapat diselesaikan dengan komunikasi yang baik…

  38. Hm.. benar sekali Bunda..
    Diawal tulisan ini Bunda menyentuh “Komunikasi” dalam sebuah pertanyaan.
    Saya melihatnya itu adalah salah satu fondasi hubungan yang terkuat. Kalau komunikasi lancar, tentu masing2 pasangan akan bisa mengetahui dan mengukur kondisi pasangannya dengan akurat. Sering saya amati justru dengan berjalannya waktu, orang sering mengabaikan faktor ini dan banyak hal tergerus oleh rutinitas keseharian kehidupan..
    Sementara komunikasi itu sebagai media sensor dan bertukar info dan rasa, cinta dari sisi rasa perlu selalu dijaga dan dipupuk yaa.. Kalau gak cinta yang semula begitu kuat sekali pun, lagi2 dengan berlalunya waktu, bisa juga berubah, melemah dan menjadi hambar..

    SELAMAT TAHUN BARU BUNDA..
    Semoga tahun ini menjaid tahun yang lebih baik bagi kita semua dan Allah selalu bersama setiap langkah kita.. πŸ™‚

    Nug,
    Memang cinta harus di rawat, betapapun masing-masing sibuk, tetap harus menyediakan waktu untuk bisa mengobrol bersama, atau melakukan kegiatan bersama. Jika berjauhan, komunikasi bisa dilakukan melalui sarana apapun, bisa lewat internet (email, dll), sms, telepon dll.

    Selamat tahun Baru juga…semoga Allah swt selalu melindungi kita semua. Amien

  39. Saling percaya
    saling memperhatikan,
    peka akan kebutuhan pasangan,
    menjaga rasa cinta,
    dan bersama menyerahkannya pada pimpinan Tuhan dan mempertanggungjawabkannya,
    itu hal yang akan menguatkan setiap pasangan

    Selamat Tahun Baru Ibu,
    Semoga damai sejahtera dan berkat dari Tuhan melimpah selalu dalam kehidupan.

    Tanti,
    Yup…setuju…dikala ada kesulitan, kita bisa berdoa pada Tuhan, karena bagi Tuhan tak ada hal yang sulit.
    Selamat Tahun Baru, semoga kita mendapatkan kekuatan dan keselamatan, serta selalu dilindungi oleh Tuhan YME. Amien.

  40. Sip!!..diikuti tipsnya Bun πŸ™‚

    Yessy Muchtar
    ,
    semoga sukses ya….

  41. terima kasih bu… sy belajar banyak tentang keluarga di sni.
    semoga kelak saya mempunyai keluarga sendiri bisa menjadi keluarga ideal buat saya..

    met tahun baru bu enny πŸ™‚

    Arul
    ,
    Selamat Tahun Baru…semoga kita selalu dilindungi oleh Allah swt. Amien
    Dan semoga Arul akan mendapatkan pasangan yang bisa saling melengkapi, bahu membahu dalam mengarungi biduk rumahtangga.

  42. Met taon baru buk….semoga pasangan di taon 2009 tetap langgeng…

    Imoe,
    Makasih ucapan dan doanya….Amien

  43. met tahun baru juga , hijriyah dn masehi. smg menjadi klrg yg di berkahi Allah. mksh bun ats kunjungannya….

    Fahri,

    Selamat Tahun Baru…semoga kita sekeluarga selalu dilindungi oleh Allah swt. Amien

  44. Selamat tahun baru 2009 Bunda, semoga semuanya bisa tambah saling menguatkan.. πŸ™‚

    Inos,
    Makasih ucapan dan doanya…Amien..

  45. saling menguatkan dan saling mengisi

    Zoel,
    Yup…betul

  46. Trims atas postingnya, jadi pengen meluk istri…hehehe
    Selamat Tahun Baru 2009. Salam hangat dan sukses selalu untuk yang punya blog dan para pembacanya.
    Mampir-mampir ya ke tempatku.

    Cheers, frizzy2008.

    Frizzy
    ,
    Seamat Tahun Baru juga…semoga makin sukses di tahun 2009 ini

  47. met tahun baru…mudah-mudahan kesehatan dan keberkahan senantiasa berlimpah di tahun ini ^O^

    Arya
    ,
    Makasih ucapan dan doanya. Amien.

  48. Ya, kata kuncinya pada bagaimana memenejnya. Saling memahami dan berbagi …

    Ersis Warmansyah Abbas,
    Betul…saling memahami dan berbagi…

  49. mbak….kalau dalam bahasa dan ajaran agama……islam menganjurkan suatu keluarga yang mampu membangun keluarga sakinah, mawaddah, wa rahmah……..disitu kental dengan seruan pentingnya kasih sayang,komitmen,kepercayaan atau amanah, saling pengertian………sebagai suatu perilaku tanguh (iman dan taqwa) atau tidak lekang oleh pengaruh luar yang destruktif……..tentunya semua terjadi ketika tiap pasangan selalu melakukan tabayyun kekuatan dan kelemahan pada diri masing-masing……… semoga……

    Syafri Mangkuprawira,
    Betul pak, ajaran agama sebetulnya telah memberikan langkah-langkah bagaimana membina keluarga yang saling menyayangi….

  50. kuncinya mungkin sabar kali ya bu dalam menghadapi pasangan kita….dan pengendalian diri

    Boyin,
    Yup…setuju…..

  51. Seperti diterangkan dalam hadits bahwa tidak ada tahun yang datang lebih baik dari tahun sebelumnya – nampaknya jurus dan resep bunda memang ampuh untuk bisa membuat diri dankeluarga bisa selamat melewati jaman edan seperti sekarang ini…

    Buat saya di negeri si bau kelek ini, meski di Monrovia masih aman2 saja, pesta malam tahun baru meriah sekali bersama para staff yang kebetulan β€˜nancep’ di mission area – sementara di perbatasan dengan Republique du Guinee sedang siaga satu karena situasi memanas di Conackry (ibukotanya), mereka (Guineans) sedang pecah kudeta (tau khan beritanya?)..

    Lepas beberapa menit di 1 jan 2009, sms masuk dari kawan staff yang bertugas di Darfur, isinya: Pihak mission sedang menggodok rencana evakuasi besar2an staff UNAMID di darfur kalau ICC (pengadilan int’l) jadi mendakwa pres. Sudan.. walah! – Aren’t we living in a constantly crazier world, or what?

    Wishing you a prosperous 2009, despite the fact of world order began to crumble – Hugs from Liberia!

    Luigi Pralangga,
    Saya bisa membayangkan bagaimana keadaan kang Luigi disana. Hanya kekuatan iman, dan pasrah atas perlindungan Allah swt yang membuat hati menjadi lebih kuat, dan yakin ada keluarga yang menunggu di Indonesia.
    Selamat Tahun Baru 2009 kang, semoga kita semua mendapat lindungan dari Allah swt, dan kuat menghadapi situasi dunia yang makin sulit ini. Amien.

  52. “Semper fidelis” yang artinya kira-kira “setia setiap saat” adalah motto saya dalam mempertahankan pernikahan dengan isteri yang alhamdulillah sudah berjalan 27 tahun ini..

    Walaupun “Semper Fidelis” sebenarnya adalah mottonya USMC – Marinir-nya Amrik..

    Waktu sekolah di Amrik ataupun di Singapore kasus saya sering dibahas oleh temen2 dari luar Indonesia yang heran mengapa saya tidak pernah rindu isteri. “Oh…he has a strong commitment in his marriage”, katanya…

    Tridjoko,
    Betul…memang itu kuncinya…..dan sebetulnya jika memang kita setia pada komitmen bukan hal yang sulit untuk diperjuangkan.

  53. semoga…
    saya bisa menemukan pasangan hidup yang setia, saling pengertian dan toleransi seumur hidup. Makasih artikelnya bu πŸ™‚

    Retno Damayanti,
    Semoga Retno mendapatkan pasangan yang sesuai…

  54. Selamat Tahun Baru bu edratna

    Semoga harapan yg belum terwujud di 2008 bisa terwujud di 2009

    Chatoer,
    Makasih ucapan dan doanya…semoga apa yang belum dapat diselesaikan tahun 2008, dapat terwujud di tahun 2009. Amien.

  55. Wah, kalau Bu Enny yang sudah sekian lama menikah ngasih tips begini, berarti bisa diandalkan.

    Tengkyu, Bu.

    Semoga esok pagi lebih baik dari hari ini…

    Daniel Mahendra,
    Semoga tahun 2009 lebih baik dibanding tahun lalu…
    Dan semoga tahun ini DM dapat mewujudkan mimpi-mimpinya, dan menemukan pasangan yang cocok di hati. Amien.

  56. ehm..tapi bu, kalo ternyata istri saja yg selalu mengalah, bkorban jiwa raga lahir batin buat suami yg tdk pnh mphatikan sang istri, apa salah kalau sang istri mengharpkan perubahan besar dengan suatu perpisahan yg mungkin membuat dirinya merasa lebih berguna ketimbang masih bersama suami???

    Cutemom cantik,
    Tentu saja, untuk mewujudkan pasangan yang berbahagia, diperlukan kerjasama dua orang, dan tak bisa hanya satu orang saja.
    Suami yang tak pernah memperhatikan isteri? Ada beberapa pria pekerja keras, yang tak romantis, tapi dia kerja keras agar kehidupan anak isterinya terjamin. Jadi…sebetulnya kita harus memahami seperti apa karakter suami kita, tipe romantiskah, tipe pendiam, atau apa?

    Bagi saya, jika kita sudah berani melangkah pada pernikahan, tentu harus diusahakan untuk berjuang sekuat tenaga agar pernikahan tsb langgeng, apalagi jika sudah punya anak. Unsur tidak perhatian, sebetulnya telah tertuang dalam uu perkawinan, dan ada di buku nikah…Dan memang, sifat laki-laki dan perempuan berbeda, jadi yang diperlukan adalah komunikasi yang baik. Pernahkah isteri mengeluh atau menyatakan pada suami, apa yang diinginkannya?

  57. Terima Kasih. Saya belajar dari ini.

    Randualamsyah,
    Sama-sama….

  58. Happy new year bunda πŸ™‚
    Tipsnya bagus banget ya…semoga aku termasuk orang2 yang bisa saling menguatkan dengan pasangan…

    ohya..terkadang juga kalo gak kuat pada masa deket2 sama pernikahan tiba2 bisa batal karena gak kuat,….beberapa temenku seperti itu πŸ˜€

    Ria,
    Selamat Tahun Baru, semoga esok lebih baik daripada sekarang…
    Benar, banyak pasangan yang pernikahan batal, karena mendekati pernikahan tegangan makin tinggi, dan mulai keluar sifat jelek masing-masing, yang akhirnya membuat sadar bahwa sebaiknya tak diteruskan jika salah satu pihak tak bisa menerima kelemahan tsb atau saling menang sendiri.

    Pernikahan adalah merger dua hati, yang sifat2nya sangat berbeda, sehingga diperlukan komunikasi yang baik dan terus menerus saling memperbaiki komunikasinya, agar pernikahan langgeng.

  59. Terima kasih atas informasi yang berharga ini, semoga bisa dijadikan teladan.

    Salam

    Askari Azikin
    ,
    Semoga berhasil….

  60. Wah, komen saya telat banget … nggak papa ya Mbak Enny.

    Komitmen memang hal paling penting dalam mempertahankan pernikahan. Yang sering terjadi, ketika muncul masalah, masing-masing (atau salah satu) pasangan lari kepada orang lain, bukannya menyelesaikan masalah tersebut dengan pasangannya. Akibatnya, masalah dengan pasangan bukannya selesai, malah muncul masalah baru (dan yang paling berbahaya adalah jika muncul kedekatan dengan orang yang menjadi tumpuan permasalahan, sehingga berujung pada perselingkuhan).

    Semoga kita bisa mempertahankan pernikahan kita hingga akhir hayat dengan rukun dan bahagia. Amin …

    Tutinonka,
    Nggak apa-apa mbak, kemarin sibuk banget ya…

    Iya mbak, yang penting adalah komitmen, untuk menjaga dan mempertahankan kelangsungan pernikahan. Jika kita tak komitmen banyak sekali peluang orang ketiga yang akan muncul, tapi dengan komitmen mudah2an kita bisa menjaga dan mempertahankan pernikahan sampai menjadi kakek dan nenek, yang tetap bergandengan tangan, walau jalannya sudah tertatih-tatih seperti orangtua temanku.

  61. bu.. mohon nasihatnya
    suami saya kepekaannya kurang
    disaat saya dibuatnya sedih atau ada peristiwa rumah tangga yang menggugah hati
    tidak pernah di tanggapinya dengan serius
    semua berlalu aja bagi dia
    tangisan saya tidak pernah di tanggapinya

    Dini Pramaik,
    Saya sarankan Dini mengunjungi psikolog supaya bisa berbincang dengan ahlinya, dan pilih psikolog yang sudah berkeluarga. Dulu, saat awal menikah saya banyak belajar dari majalah “Ayah Bunda”…disitu ada kolom “Dapatkah rumah tangga ini diselamatkan?”

    Karena kadang masalah itu, hanya karena miskomunikasi. Apalagi kalau Dini tak pernah mengungkapkan atau mengungkapkan di saat yang kurang tepat, sehingga suami juga tak tahu seperti apa keinginan isteri. Jika ada pihak ketiga, yang bisa mendengarkan penuturan kedua belah pihak, maka dapat dicari jalan keluar. Terus terang, saya juga bukan psikolog, sehingga nggak tahu bagaimana sebaiknya….tapi yang utama adalah tingkatkan komunikasi secara baik, dan jangan komunikasi dengan emosi, nanti malah berantem

  62. Senangnya bisa baca tulisan ibu yang benar2 bisa merasuk dijiwa dan bisa menambah wawasan dan bisa mempererat hub.dgn keluarga. smg kita bisa membina keluarga kita sampai mjd keluarga sakinah warohmah,AMIN


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: