Blog tentang “micro banking”

Sudah lama saya diajak teman-teman untuk membuka akun Face Book, tapi waktu itu saya pikir tak ada gunanya. Paling-paling nanti nasibnya sama seperti akun Friendster atau Multiply yang jarang di up date. Belakangan, karena mantan bosku juga ikutan mendorong untuk membuka akun Face Book, apalagi beliau menerangkan apa keuntungan yang akan diperoleh jika ikutan gabung di Face Book (tak perlu saya sebutkan di sini), akhirnya awal tahun Januari 2009 ini saya membuka akun Face Book.

Awalnya memang yang meng add adalah teman-teman di dunia maya yang memang sudah kenal dekat, teman-teman si bungsu, seniornya, dan tentu saja mantan bos ku. Tak terduga, saya ketemu teman lama, yang selama ini bergerak di bidang micro banking, dan saat ini sedang menyelesaikan studi S3 nya di Melbourne. Awalnya memang dia nggak sengaja membaca blogku, dan kemudian bulan Januari 2009 ini mulai membuat blog yang mengkhususkan diri tentang micro banking.

Jadi buat teman-teman yang ingin mengetahui, apa, bagaimana dan kegunaan dari micro banking, dapat mengunjungi blognya di sini. Beliau akan dengan senang hati menjawab pertanyaan teman-teman, karena selama ini teman saya ini memang berkecimpung di dunia keuangan mikro, dan sudah sering meninjau negara-negara lain dalam kaitan dengan tugasnya itu.

Iklan

20 pemikiran pada “Blog tentang “micro banking”

  1. wahhh senengnya…siapa tau bisa jadi bahan untuk tesis 😀
    thanks bunda atas info nya 😉

    Ria,
    Silahkan mengunjungi blognya pak Iwan….

  2. Ibu, facebook memang sangat berbeda dengan Friendster apalagi Multiply.
    Bagaimanapun juga, banyak sekali yang kita bisa dapatkan dan bagikan lewat Facebook.

    Mengenai microbanking, kenapa Ibu tidak menuliskannya di sini, sekadar pengantar saja terutama tentang perhitungan yang nyaris tak diduga untuk bisa menguntungkan seperti yang dilakukan M Yunus di negerinya sana.

    Bagi dong, Bu!

    DV,
    Sebetulnya Indonesia diakui sebagai negara yang punya lembaga keuangan mikro komersial yang paling bagus aplikasinya didunia. Karena Bank tempat saya bekerja dulu, mendapat award di PBB. Tapi soal Nobel jatuhnya ke Moh. Yunus karena sebagai pribadi…dan micro finance yang dilakukan oleh Moh Yunus sebetulnya juga ada di Indonesia sejak dulu.

    Saya pernah menulis tentang micro finance (kira-kira awal tahun 2007 di blog ini….sekarang lagi mikir mau nulis lagi, tapi dikemas dulu agar lebih ringan. Kalau pak Iwan, yang membuka blog Mikrobanker memang ahli di bidang itu, karena sejak awal dia berkecimpung di sana, dia teman sekantor dulu (yuniorku, tapi unit kerjanya berbeda).

    Catt: Saya belum terlalu menikmati FB, karena fungsinya masih sebagai alat komunikasi sama anak….entah nanti

  3. Micro-banking ya? Wah, kirain micro-blogging, hehe
    Sekarang jamannya micro-blogging loh. Ayo, Ibu kapan ikut nge-Plurk?
    *hehe, komenku kok OOT gini

    Dony Alfan,
    Iya…micro banking…justru saat krisis diakui bahwa micro finance bisamelalui masa krisis dengan baik. Dan karena Indonesia sekarang juga kena dampak krisis global, waktunya kita lebih memperhatikan microfinance ini.

  4. Baru ngeh dari balasan komentar Ibu ke DV, kalau bank tempat kerja ibu dulu pernah mendapat award dari PBB untuk microbanking. Boleh diceritakan Bu? Terima kasih.

    Yoga,
    Mungkin nanti ceritanya saya ambil dari buku Marguerite S. Robinson tentang The Micro Finance Revolution: Lessons from Indonesia.
    Tapi ntar dulu ya….lagi banyak bikin modul, makanya tulisan blog ringan2 aja…

  5. yah selamat datang di facebook, nikmati saja dulu mbak

    Ekomagelang,
    Hmm memang dinikamti, paling tidak untuk mengobrol dengan anak. Tapi lebih enakan OL pakai YM…lebih mudah jika ingin mengobrol

  6. Wah-wah, sudah mulai merambah ke ranah FB. Pantas kemarin-kemarin aku dapat SMS dari Ibu: sedang “keranjingan” FB. Hihihi…

    Great Bu!

    Daniel Mahendra,
    hehehe….gara-gara banyak teman yang terus mendorong…akhirnya ikutan…

  7. Wakidi

    ooh..
    saya baru ngeh sekarang kalo ternyata Ibu dulu bekerja di situ. persh terbaik ke 3 diAsia. dan satu-satunya perusahaan di Indonesia yg masuk dlm daftar persh2 terbaik Asia.
    cmiiw..

  8. Irma

    bu, saya akan skripsi, dan tema yang akan saya angkat mengenai persaingan permodalan mikro, saya butuh sangat banyak referensi mengenai kredit mikro yang ada, qira2 buku apa yang mengulas lengkap mengenai usaha mikro baik itu dari segi LKM dan perbankan yang memberikan kredit mikro,,,

    thx

  9. belum tahu bu. Mungkin Maret. Masih agak sibuk dengan kerjaan.

    Ihedge,
    Jangan lupa sms ya….ntar sekalian dikenalkan teman-teman dari Jakarta yang minatnya sesuai.

  10. Salam semua….
    Saya udah tiga tahun berkecimpung di bisnis micro banking nih (Danamon Simpan Pinjam), akan sangat senang sekali kalo bisa diajak ikutan sharing soal micro banking, soalnya ilmu yang saya punya mash cetek banget….

  11. akhmad jamil

    salam…saya ingin menggiatkan group head discussion, yakni forum rembug bersama sesama pelaku bisnis microbanking di communitas saya,terutama mengenai fenomena stigmatis dimana setiap kali pelaku micro banking pindah institusi lain, maka ia akan bawa semua customernya..kalau ada artikel-rtikel dan tulisan lain berkenaan dg microbanking, mohon sharing ke email saya…terima kasih

    Akhmad Jamil,
    Saya pernah menulis di blog ini bahwa ada blog khusus micro banking. Silahkan berkunjung kesana..lha untuk menjawab komentar aja udah sulit, kok mengirim email lagi…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s