Oleh: edratna | Januari 22, 2009

Apa fungsi Blog,YM,FS,MP,FB bagi anda?

Dari obrolan dengan teman, biasa kalau obrolan dengan teman topik bisa lari kemana-mana, dan kadang tanpa koma, sudah berpindah ke topik lain, membuat orang lain yang tak terbiasa jadi bingung, akhirnya membahas topik kenapa ngeblog. Teman ini putranya sekarang sudah remaja, dan keduanya suka main internet.

Suatu ketika dia bertanya, “Mbak, kenapa mbak berani ngeblog?”

Sambil agak bingung, saya menjawab, ” Saya ngeblog karena saya masih punya waktu luang, dan kalau waktu tersebut cuma digunakan untuk membaca, maka otak akan menjadi pasif dan mudah pikun. Lha agar aktif, terutama bagi orang seumurku, sebaiknya menceritakan kembali buku yang telah dibaca, baik dalam bentuk tulisan atau didongengkan secara lisan kepada orang lain. Lha saya belum punya cucu, dan kalau sekarang saya mendongeng, harus mendongeng sama si bungsu. Bisa terbayang kan apa yang terjadi? Pasti bukan nya si bungsu mendengarkan dongeng, malah dia akan menyodorkan Jacky (boneka) untuk mewakili mendengarkan dongeng ibunya. Jadi, lebih baik saya ngeblog, ibaratkan saja seperti mendongeng pada orang lain.”

“Tapi mbak, topik blog mu apa tidak ada yang sensitif?” katanya lagi.

“Isi tulisanku umum kok, tak menyinggung masalah yang sensitif, malah rasanya terlalu banyak yang topiknya remeh temeh, yang sering jadi bahan gurauan suami,” jawab saya. “Dan saat tahu ibu mau ngeblog, si sulung sudah membacakan Term & Condition, apa yang harus diperhatikan jika kita ingin ngeblog. Juga aturan menulis di blog, harus menulis referensi (daftar bacaan) jika kita ingin mengutip tulisan atau pendapat orang lain. Dan saya cuma mengangguk-angguk, karena si sulung nggak tahu kalau ibunya suka jadi pembimbing dan penguji makalah.”

“Tapi saya masih kawatir mbak, ” katanya lagi.

“Kenapa?” tanya saya. “Jika masih kawatir karena posisimu, maka pakai saja nama samaran, lagipula sayang kan ilmu dan pengalamanmu selama ini jika tak di sharing kan pada orang lain, dan siapa tahu nanti jadi buku manajemen, ” kata saya. “Mungkin karena sekarang saya sudah pensiun, dan tak terikat pada lembaga tertentu, maka saya memang bebas, lagipula isi blogku umum saja kok, bukan blog yang bisa menuai perdebatan panjang. Dan juga saya sekarang menggunakan moderator, agar komentar yang isinya menjurus ke hal-hal yang tak sesuai dengan Visi dan Misi blog ini, saya delete atau saya masukkan spam.”

Temanku cuma mengangguk-angguk, mudah2an dia mau suatu ketika menulis di blog, karena saya tahu, sejak masih zaman mahasiswa dulu, dia sudah rajin menulis di majalah Femina. Saat bekerja, dia juga rajin menulis di majalah yang terkait dengan bidang manajemen, dan sekarang temanku selain memimpin suatu Departeman, juga Pemimpin Redaksi di suatu majalah bidang Manajemen & Keuangan.

Saya akrab dengannya, sejak dia masih menjadi mahasiswa di Bogor. Dan obrolan berlanjut tentang Friendster (FS). Dulu FS juga merupakan ajang gaul, dan saya ikut FS atas dorongan Melanie Sadono (mantan Putri Indonesia tahun 70 an), yang kebetulan putranya sama-sama kuliah di kampung Gajah.

“Mbak ikutan FS mbak, biar kita bisa ikut memantau anak-anak kita, dan bisa melihat apa komentar teman-teman anak terhadap anak kita, sehingga kita tahu seperti apa jenis pergaulan anak kita disana,” katanya.

Adik bungsuku, yang putri bungsunya masuk di Kampus Gajah ikut mendorong, jadilah saya ikutan FS. Dan apa kata si bungsu?

“Arggh…nyokap ikutan Fs, wahh gue nggak bisa main-main lagi dooong.”

Dan tentu saja temanku di FS awalnya adalah orangtua yang tergabung di IOM ITB (Ikatan Orangtua mahasiswa ITB), serta teman-teman kedua anakku.

Setelah si sulung meneruskan kuliah di Aussie, dan si bungsu di Bandung, saya yang masih kerja di Jakarta, ikutan YM, agar setiap kali bisa mengobrol dengan mereka, mengobrol dengan teman-teman anakku, sehingga saya akhirnya juga seperti ibu bagi teman-teman kedua anakku.

Belakangan, saat anak sulungku menikah, saya ingin menyimpan foto-foto yang dibuat semacam album. Dan karena saat itu fitur di FS belum bisa (belakangan juga bisa), maka saya mulai mencoba Multiply……yang isinya cuma untuk menyimpan foto, dan jarang dibuka. Ternyata kedua anakku masing-masing juga punya account MP.

Dan, paling akhir ikutan Face Book (FB). Sebenarnya saya banyak sekali diajak gabung di Linkedin, FB dan lain-lain sejak lama, tapi agak malas, karena saya pikir lha account FS dan MP saja nggak terurus. Belakangan mantan bosku, gencar mendorongku, ditambah penjelasan segala macam keuntungan jika ikutan FB. Dan…akhirnya saya ikutan FB. Sampai saat ini saya nggak terlalu paham apa bedanya dari masing-masing FS, MP dan FB, tapi karena saya tahu bahwa anak-anakku juga ikutan FB, saya akhirnya gabung FB juga, dan disini saya bisa melihat foto perjalanan dan kondisi si sulung di AS beserta isterinya, juga cerita perjalanan si bungsu saat mencoba jalan-jalan ke Jawa Tengah, sampai ikutan rafting di Probolinggo.

Tapi sebetulnya, saya juga tak terlalu aktif membuka segala macam account di atas, bahkan YM lebih sering invisible, itupun dibuka jika anak atau menantuku pengin mengobrol, dengan mengirim sms lebih dulu. Mau sebagian account ditutup juga nggak enak, karena sudah ada teman-teman yang tergabung disana.

Bagaimana dengan anda? Apakah juga mempunyai berbagai account seperti diatas, dan malah mungkin lebih banyak lagi?

Responses

  1. Hehehe banyak betul account-nya. Becanda Bu, saya paham betul kebutuhan Ibu, apalagi setelah mendengarkan penjelasan Ibu saat kita ketemu. Rasanya kalau kelak jadi seorang Ibu, saya juga akan memanfaatkan segala macam teknologi yang bisa dijangkau untuk kepentingan keluarga. Pokoknya, agar amanah jadi orang tua bisa berjalan dengan baik. Salut pada Ibu yang tekun dan punya minat belajar terus, padahal rekan-rekan yang seusia Ibu, banyak yang malas dan merasa “kaku” jika bersentuhan dengan teknologi informasi.

    Yoga,
    Ternyata memang kita tak bisa mengeak dari kemajuan teknologi dan kebutuhan social net working. Apapun alasannya, sebetulnya alasan utama adalah agar tetap dekat dengan anak-anak, serta teman.

  2. tujuan saya nge-blog baru sekedar curhat. belum sampai sharing hal-hal berguna *jadi malu*. pengen sih suatu saat bisa nulis tentang apa yang saya kerjakan dan apa yang saya ketahui.

    kalo Facebook, hehehe… cuma buat mainan n seneng kalo ada profil yang saya kagumi bersedia menjadi teman saya (Bu Enny, Pak KW, Pak Roes misalnya). Soalnya sosok yang muncul di dunia maya bisa beda jauh dengan yang dilihat di dunia nyata. Bisa lebih santai :p

    Utaminingtyazzzz,
    Dengan blog saya ketemu Mieke…dan di FB ketemu lagi…..jadi muternya disitu-situ aja ya….

    Sssst…gara-gara beliau yang kau sebutkan itu, saya jadi ikutan FB….hehehe…padahal udah ditawari lama, agak males….dan karena beliau yang menawari plus memberikan gambaran keunggulan dan keuntungannya…bla..bla..bla….ya jadi ikutan

  3. YM udah pasti kudu wajib lah itu…hehe
    Nge-blog di WP buat curhat2an
    FS ato FB biar tetap stay in earth dengan teman2

    Desty,
    Jadi masing-masing account punya fungsi sendiri-sendiri ya…

  4. Ya saya punya
    Sebenarnya fungsi utamanya bagi saya untuk bersilaturahim, memperbanyak sahabat dalam kebaikan
    Terlebih blog, buat saya ajang kreasi yang cukup berarti

    Salam πŸ™‚

    Achoey,
    Hmm betul…sebetulnya yang paling memaksa kita banyak latihan adalah blog…

  5. hehehe… saya punya semua bu…
    tapi banyak yang ga terurus…

    blog buat saya…, sebagai wahana berlatih menuangkan isi kepala dalam bentuk tulisan bebas…

    maklum…, dari dulu, menulis bukanlah hal yang paling mudah yang dapat saya kerjakan… πŸ™‚

    maaf baru bisa mampir lagi bu…

    -gbaiq-
    [senyum] πŸ™‚
    === === ===

    gbaiquni,
    Saya juga banyak latihan menulis di blog ini….paling tidak mencoba menulis bagi berbagai segmen pembaca, yang kita tak bisa menebaknya…

  6. jujur saja awalnya ngeblog ingin cari dollar buat tambahan beli susu anak hehehe…. tapi seiring perjalanan ternyata ada manfaat positif lain selain dollar. Contoh simplenya dapet ilmu gratis dari bu endratna, atau bisa baca cerpen gratis punyanya DM, atau bisa senam konsentrasi otak baca blognya mbak Yoga hehehe dan lain sebagainya.
    Jadilah saya ngeblog untuk mendapatkan hal2 seperti diatas πŸ™‚
    Cuma karena keterbatasan waktu dan ingin fokus juga sih, jadi saya agak males kalau mesti buka account lainnya. gak sempet ngurusnya deh bu. So sesuai kebutuhan saja dulu.

    kira-kira begitu.

    Mascayo,
    Ternyata bapak pandai membaca karakter masing-masing pemilik blog…blog Yoga memang membuat kita senam otak…yup…setuju…

  7. Saya punya banyak Bu…
    Yg disebutin di atas saya punya Bu, kecuali FB saya udah cabs dari sana, dg alasan tertentu.

    FYI. Dan ternyata, baru dpt email dr temen, kalau gambar2 yg dipost di FB itu bisa dipergunakan seenak hati mereka, baca ToC-nya deh. tapi saia belum recheck kebenarannya cuz udah ga punya accountnya sih. Saya belum baca kalau dengan biodata kita perlakuan mereka seperti apa? Untung aja udah cabs dari sana.

    Lets life without FB..! πŸ˜›

    Mang Kumlod,
    Bukannya yang lain juga bisa…..?
    Lagi pula, orang sekarang juga nggak mudah percaya…dan FB juga nggak ada isinya macam2 kok. Seperti blog ini, bisa saja, isinya di kopipas, ya nggak apa-apa….risiko kan ditanggung sendiri.

  8. Sore… Salam Kenal… Boleh Tukeran Link..?… πŸ™‚

    Sekolah Pramugari,
    Salam kenal juga…silahkan..

  9. alasan saya malah rada aneh bu..ngeblog pake domain sendiri itu agar saya bisa punya alamt email yang belakangnya nama sendiri supaya kalo nglamar kerjaan biar keren gak pake yahoo atau gmail. tapi kok malah sekarang keranjingan ngeblog walaupun mengirim lamaran pekerjaan masih menjadi hobi utama..heeee

    Boyin,
    Setiap orang memang punya alasan masing-masing….
    Nama sendiri memang ada enaknya….

  10. saya juga punya semua Bunda Enny

    dari fs,fb,myspace,hi5,wp,multiply,blogspot hihihi

    cuman pengen tahu aja perbedaannya πŸ™‚

    sampai menentukan pilih fs sama wp aja

    karena keduanya lebih familier πŸ˜›

    Septarius,
    Kadang kita ingin mencoba berdasarkan kebutuhan…
    Saya malah jarang up date FS

  11. Menurut saya, FB/FS/YM adalah produk “network effect” — the more something gets adopted, the higher its value to the potential adopter. Makanya, ketika orang-orang penting dalam hidup kita mengadopsi FB/FS/YM, mau tidak mau kita musti ikutan juga supaya tetap connected dan updated.
    πŸ™‚

    Nofie Iman,
    Hehehe…berarti saya ga salah juga ya…karena memang masing-masing punya kegunaan sendiri.
    YM berguna juga jika kita ingin diskusi sesuatu yang membutuhkan kecepatan pembahasan, karena kadang melalui telepon suara kurang jelas.

  12. Saya sebenarnya berprinsip “gak mau punya account di banyak tempat, nanti susah ngurusnya.” Alamat e-mail cuma dua. Friendster? Kalo bukan karena keunggulan dan keramean Facebook, saya juga gak bakal pindah2. Ngeblog juga ya cukup di WordPress dan blogspot saja.

    Lebih terfokus, begitu, dan orang juga gak bingung mendapati banyak akun kita yang berbeda di tempat yang berlainan tapi belum tentu semuanya aktif. πŸ˜›

    Catshade,
    Memang bingung juga sih kalau kebanyakan. Tapi seperti FS, kalau ditutup nggak enak juga sama teman-teman yang sudah terlanjur bergabung….padahal udah berbulan-bulan nggak pernah di up date. Mudah2an blog ini nggak bosen juga nantinya

  13. ssssstttt bu saya punya semua tuh…
    Masing-masing dengan kelebihan dan kekurangannya.

    Blog : latihan mengarang
    YM: latihan gossip (boong deh bu… sarana curhat tuh)
    FS : sudah lama ditinggalkan karena terlalu ABG. Tidak suka dengan testimonial segala heheh
    MP : buat sharing lagu dulunya, sekarang utk foto saja
    FB : ajang reuni karena hampir semua teman mulai TK sampai S2 bisa bertemu di sini

    soal nama asli memang riskan tapi saya pikir tanpa menulis nama asli pun lama-lama terbongkar juga kok. Dan dengan nama asli kita lebih bertanggung-jawab dengan tulisan kita.

    EM

    Ikkyu_san,
    Iya…sekarang kayaknya FB lebih sering dibuka, melihat foto anak, juga kabar teman-teman, termasuk ketemu bos dan mantan bos …hehehe
    YM sangat jarang dibuka, kecuali ada sms mau ngajak ngobrol….

  14. YM aja sih bu biasanya. FS atau FB males buka ah. ga jelas. cuma sekedar say hello doank isinya. ga ada yang sharing pengalaman secara intensif seperto blog.

    Zulfikar,
    Kayaknya memang blog yang paling membuat kita terdorong untuk menulis, tapi juga memerlukan waktu lebih banyak….risikonya kalau lagi sibuk ya ditinggal

  15. saya hampir punya semua yang ibu bilang di atas. Cuma yang sering saya tengok sekarang adalah blog, meebo, dan FB. Kalo blog untuk belajar mengekspresikan pikiran, meebo ya untuk ngobrol dengan teman (kalau perlu aja), dan FB untuk menemukan kembali teman-teman lama. Apalagi buat saya yang ada di tanah asing, sangat perlu punya teman. Foto-foto, masih terbatas untuk kalangan sendiri saja, soalnya trauma dengan homo yang ngejar-ngejar saya hehehe.

    Iwan Awaludin
    ,
    FB juga masih terbatas pada teman sekantor, teman mahasiswa, SMA, dan juga anak dan keponakan.
    Memang yang membuat kita kreatif adalah blog, tapi juga perlu waktu untuk menulis.

  16. Sekarang memang era social networking Bu. Kita dapat info kerja / sekolah bisa melalui social network yang kita punya. Yang kadang perlu kita perhatikan adalah agar informasi yang kita sediakan tidak digunakan pihak-pihak jahil untuk abusive.

    Fukuzumi,
    Hallo bang Saut, apa kabar? Masih di Jepang ya, atau bakal menetap lama disana?
    Betul, ternyata dengan melalui berbagai alat komunikasi di atas, kita juga mendapat kemudahan, atau tawaran untuk kerjasama, atau tawaran pekerjaan.

  17. YM-an itu hampir setiap hari. Karena bisa sambil nyambi kerja.
    FS & FB..buat sih bu..tapi nggak keurus.
    Nggak ngerti yang begituan, mending blogging sekalian.

    Puak,
    Walah…aku malah jarang YM…
    Soalnya kalau kerja disambi, malah ga bisa mikir..

  18. salut sama bu Enny! saya cuma punya YM, FB & FS yang hampir gak pernah dilongok…hehehe! Yang aktif cuma Blogspot sama Flickr. Dua ini saja sudah repot karena Flickr butuh keluar untuk motret2. YM juga aktif. Sharing photo lebih suka pakai Flickr karena memang khusus buat foto. Disana juga dapat banyak teman sesama penggila fotografi.

    Elyani
    ,
    Lha saya kerjanya banyak di depan kompie…dan karena anak-anak udah keluar rumah semua, maka ajang komunikasinya ya lewat YM, FB dan Blog. FS jarang di update….

  19. Saya hanya punya Blog …
    Mengapa ???
    Karena di kantor bisanya hanya itu …

    FB, FS, YM, Gtalk dan sebagainya … no way !!!

    Apa fungsi Blog bagi saya ??
    Balancing !!!
    Dikantor udah serius dan berat … perlu diseimbangkan dengan yang ringan … (dan itu aku tulis di Blog …)(mangkanya blogku isinya cemen semua …)

    Salam saya Ibu

    Nh18,
    Saya terbayang sibuknya mas trainer ini….saya sendiri kalau sibuk, yang tadi juga tak terurus. Tapi karena di rumah ada jaringan internet 24 jam (kecuali hujan dan petir, harus mati), maka komunikasi dengan anak dilakukan melalui YM dan FB (FS dan MP jarang).
    Blog juga kadang sulit menyediakan waktu kalau sibuk…atau kalau lagi males, tulisannya remeh temeh…..bukankah blog adalah sesuai selera kita sendiri, sepanjang tidak menyinggung orang lain.

  20. tunggu, absen dulu: saya punya akun di FS (akan segera dihapus), Facebook, Wayn, YM, MSN, Skype, GoogleTalk, LinkedIn, YouTube, Flickr, Twitter, Tumblr, Plurk, dagdigdug, blogspot, posterous, multiply, dan tentunya WordPress. Hiiiii πŸ˜€

    Hanny,
    Waaah…kalau ada pemilihan….pasti Hanny deh yang menang nih….
    Saya masih kalah ya…..

  21. wah..wah…wah…
    accountnya banyak ya Bu…?
    Kalo saya baru belajar ngeblog…makanya isinya agak katro, wong itu hanya untuk iseng aja kok.

    Tuyi,
    Account yang banyak tadi mulainya bertahap kok, dan risikonya ada beberapa yang tak terurus.

  22. saya ngeblog awal mulanya hanya iseng dan sekarang sudah menjadi hobby sekaligus belajar bunda

    πŸ˜€

    Gelandangan,
    Sama….walau akhirnya keteteran, sulit menyediakan waktu untuk menanggapi komentar apalagi blogwalking

  23. Saya baru-baru ini saja ikutan FB (sudah keduluan anak-anak saya). Itupun karena ada teman seangkatan yg “invite” jadi nggak enak kalau nggak di-respons. Enaknya FB bisa ketemu teman lama meskipun tetap saja hanya terbatas yg juga punya FB. Cuma keliatannya bisa melebar ke temannya teman yg bener-bener belum kenal …

    Yah begitulah mungkin salah satu alternatif bersosialisasi era digital. Jangan kaget ya Bu nanti kalau kita ketemu saya nggak banyak ngomong … hehehe πŸ™‚

    Oemar Bakrie
    ,
    Sama pak dengan saya, nggak enak dibujuk sana sini…karena merasa FS aja nggak sempat diurus….tapi malah akhirnya menyasar ke FB. Tapi seneng juga, melihat perkembangan anak, kegiatannya melaluifoto2nya yang di upload di FB.

  24. Blog for busines bun…
    FS FB or Hi5 and other cuman untuk narsis-narsisan ajah bun…biar bisa dikenal orang seluruih dunia..wakakak. Asli bun!! Jejaring sosial ngaruh juga akhirnya untuk media blog.

    theKry,
    Blog untuk bisnis? Saya malah belum terpikir, kawatir malah kewalahan…jadi blog masih untuk seneng2 aja, meluangkan waktu yang masih ada, dan memaksa kita untuk memikirkan hal-hal yang bisa untuk tulisan.

  25. Mmmm sejak ngerti yang namanya internetnya itu ya sejak kenal ma suamiku 7 th yg lalu bunda. Dulu saya pernah punya web pribadi gitu tapi karena kesibukan suami saya (ehhh dulu masih pacar) ya jadi ga keurus trus karena saya ikut milis remaja jadi kenal ma yg namanya blog dan jadi dech ngeblog juga πŸ˜› dari pada nganggur, nonton sinetron/ngerumpi mending ngeblog aja dech πŸ™‚
    Kalau YM mah udah dari 7 th itu wong saya ma suami dulu khan pacaran jarak jauh πŸ˜› sampe sekarang aja walau udah satu rumah kami masih sering YM an hahaha, saya khan kerja di kamar sedang dia di ruang tamu, ya rumah kami sich ga besar cuma kalau mau teriak2 manggil ga enak ma tetangga hahahaha jadinya ya YMan hehe
    Kalo FB & FS ga ikutannn… hehehe πŸ˜€

    Retie,
    Waduhh ..kalau udah YM an antar kamar, ini bener-benar udah YM minded…hehehe

  26. kalau saya sih dari semua itu cuma punya blog, FS, dan YM. tapi skrg saya jarang pakai YM. bisa nggak kerja nanti kalau saya pakai YM hehe. kalau ngeblog sih untuk belajar nulis saja, bu. selain itu, buat nambah teman :p

    Krismariana,
    Semua yang diatas baru bisa saya lakukan di rumah, kalau lagi keja ya nggak bisa disambi, karena tak memungkinkan.
    Ngeblog memang membuat kita terus berpikir

  27. Yang jelas, dulu orang tua kita di tahun 1960an dan 1970an dimana telpon rumah masih jarang (mulai rame 1993) dan HP juga masih jarang (mulai rame 1995), dan internet dengan segala homepage-nya belon ada, saya duga dulu orangtua kalau mau ngecek bagaimana kabar anaknya yang sedang sekolah/kuliah di luar kota pasti pakai “kuku”….ya kuku tangan kita itu, katanya bisa melihat anak yang sedang di luar kota, bahkan…bisa melihat Mekkah segala…

    Makanya walaupun nggak ada koneksi apapun seperti halnya dewasa ini, tapi ortu bisa tahu kalau anaknya senang, sakit, setress, atau kekurangan duwit…(cuman yang terakhir ini, paling susah ngobatinya…)…

    Kuku, ibarat konvergensi teknologi telekomunikasi yang sedang “in” dibicarakan sekarang ini. Kalau anda punya kuku, buat apa semua itu…..(eh…semua tadi)…

    Tridjoko,
    Antara orangtua dan anak memang ada hubungan batin….

  28. Malam Bunda…

    Aku hanya punya akun FS, FB, dan Blogs (wordpress dan blogspot). Punya akun hi5 dan Plurk, tapi sebentar aja.. soalnya menyanggupi invitation tapi ga pernah benar-benar login ke sana.. hehe…

    Sebetulnya, dari semua akun yang aku punya, hanya blogs aja yang benar-benar aku daftar sendiri, tanpa suruhan siapapun. Mungkin karena aku memang suka menulis ya, Bunda, jadi wadah yang paling tepat ya blogs, bukan FS atau FB.

    Cuman belakangan aku lagi latah nge-FB nih Bunda. Cela-celaan di FB lebih interaktif.. hihihi…

    Oh ya..
    Kalau YM itu aku sudah punya dari dulu, Bunda… Itu sudah satu paket sama akun emailnya… hehehe… Tapi aku selalu invis juga… Jadi sesama invis, dilarang saling mendahului… *halah! opo tho maksudmu, Nak! hehe*

    Lala,
    Pada akhirnya yang paling aktif memang blog, FB lebih banyak untuk melihat foto-foto nya teman…

  29. punya semua kecuali, bu
    dulu bikin account di MP karena untuk donlot lagu,
    bikin account di FS juga untuk pertemanan, tapi belakangan sudah ndak diurus lagi karena ada FB

    FB lebih enak, bu…lebih complicated dibanding FS tapi interaksi dengan teman lebih enak. lebih ‘hidup’.

    kalau YM, udah butuh dari dulu banget. untuk beberapa kasus, lebih murah YM daripada SMS soalnya πŸ˜†

    Wennyaulia,
    YM memang lebih murah sih, apalagi mengobrolnya bisa lebih banyak..

  30. heheh klau blog buat curhat ama nyari$$ πŸ˜€

    Zoel,
    Blog tergantung tujuan pemiliknya….sekedar curhat atau apa, dan itu sah aja kok.

  31. Aku suka semuanya….tapi skr cuman punya Blog, YM, FS dan FB…heheheheh
    fungsinya beda2 bunda…karena kerja di IT, internet lancar…jadinya bisa sering make semua itu…

    Met malem bunda πŸ™‚

    Ria,
    Setiap account memang fungsinya beda…dan pekerjaan kadang memang memerlukan komunikasi tsb secara informal…
    Yang formal tentu saja melalui email

  32. Utamanya sih tetep nge-blog, hehe.

    Memang bermanfaat sih semua account itu. Saya YM-an cuma buat suami pas pagi, break makan siang di kantor, dan menjelang tidur. Biar tetep ada update info setiap waktu karena kami kan tingal beda kota.

    Untuk FB/FS, saya belum dapet manfaatnya. Paling dibuka pas pulang kantor aja. Kadang lucu aja. Orang mengorbankan interaksi sesungguhnya di dunia nyata dengan autis bergaul di FB/FS. Hehe…CMIIW

    Apalagi udah sekantor, duduknya sampingan, setiap hari ketemu dari 8.00-17.00 trus teriak2, “Add gue ya…add gue ya.”

    Saya kan ngakak dengernya.

    Sanggita,
    Komentar di alinea terakhirmu lucu memang…tapi itulah dunia gaul sekarang…mungkin kalau nggak punya dianggap nggak keren….hehehe

  33. intinya sebagai sarana silaturahmi mbak..hehhe

    Okta Sihotang
    ,
    Hmm ya, memang untuk silaturahmi

  34. Berhubung punya penyakit tak bisa tidur sebelum jam 3 pagi, maka aku ngeblog aja… ya sekedar curhat, kasih info (habis kalo nerangin satu persatu capek), belajar nulis, ajang berteman, banyak deh… selain itu keluarga di Indonesia bisa lihat photo melalui blogku…praktis!

    Juliach,
    Memang blog bisa sebagai sarana komunikasi jika kita tinggal berjauhan…seperti kondisi keluarga kecilku…

  35. YM dan MSN itu wajib buat saya (dan rekan-rekan). Di pabrik brem ini, YM dan MSN digunakan untuk bekerja, memantau ketersediaan bahan baku, koordinasi antar rekan, serta sharing informasi dengan Korea HQ (penghematan, kalo pakai telp kan biayanya lebih mahal).
    Mengenai FS dan FB, di parik brem ini malah dilarang, di block sama adminnya. “Apa hubungannya FS dan FB dengan brem yang kamu kerjakan itu, ndak ada kan??! begitu kata admin

    Adipati Kademangan,
    Untuk yang bergerak dibidang marketing, YM dan MSN memang perlu…tapi kalau ngeblog ya menghabiskan aktu nggak kerja…juga dikantor saya dulu yang bisa dibuka hanya email kantor, sedang untuk internet yang free hanya untuk manager ke atas (kadang manager nya sendiri udah nggak sempat buka kompie, kecuali pagi, istirahat dan mau pulang).

  36. Hm…kebetulan saya ikutan semua yang Mbak sebut di atas πŸ˜€ Lebih karena saya menikmatinya.

    Bunda,
    Hmm memang mengasyikkan, tapi harus ingat waktu, kalau tidak kerjaan kececeran…

  37. kalo saya sih mbak, blogging itu buat nyalurin hobi, unek2 segala macem, dll.. termasuk juga buat jadi portofolio, dan ngebuat orang2 kenal saya lewat tulisan saya.. πŸ˜€

    Billy Koesoemadinata
    ,
    Blog memang mengasyikkan dan bisa sangat bermanfaat jika tujuannya positif

  38. kalo saya ambil sisi positifnya saja..
    punya YM, FB, MP, FS, Blog , semua untuk berteman dan menacri teman yang kebetulan sudah lama lost kontak, tapi akhirnya dapat juga beberapa teman smp dan SMA saya yg udah lama tidak bertemu..

    salam,

    bonar
    http://sihotang407.wordpress.com

    Bonar,
    Betul…kadang tak sengaja ketemu teman lama…

  39. ttg manfaat ngeblog, saya sependapat dg bu enny, kok. blog bisa digunakan utk mengungkapkan pemikiran2 kreatif yang diperoleh dari buku atau pengalaman pribadi. tapi utk yang social network, semacam twitter, plurk, atau FB, saya hanya seneng bikin aku, tapi nggak pernah update, bu, hehehe …. ndak tahu kenapa? dari sekian banyak SN, saya paling suka FB, bu, sesekali update juga.

    Sawali Tuhusetya,
    Iya pak, kelemahannya adalah jarang up date….apalagi jika sibuk banget…

  40. Bunda apa kabar?

    Wah, walaupun masih pemula aku suka Blog (ada 2) yg kugunakan untuk mengekspresikan tulisanku (karena aku suka nulis) dan membagi aktivitasku (hobby motor). Tapi keduanya sesungguhnya hanya materi light2 aja karena aku sudah susah membagi waktuku.

    Tapi kalo FB aku akhirnya buka juga setelah berpuluh kali diinvite temen2. Lalu tiba2 temen2 berbagai bidang pada ngumpul disana. Lucu juga. Tapi aku lebih menggunakan sebagai sarana ngumpulin temen aja.

    YM punya gak pernah aktif. BB juga punya dipaksa dan dikasih, karena bisa BB Msgr dan YM secara aman untuk bicara rahasia dgn bbrp partner bisnis.

    Tapi ternyata terlepas pro kontranya menurut aku sih Blog dan FB bisa kugunakan untuk mengajak teman2 kearah kebaikan. Anakku, Kakak, adik dan Saudara2 juga pada punya FB sehingga jadi sarana mudah buat berkomunikasi dan saling monitor juga. So, kenapa tidak..? πŸ™‚

    Nug,
    Memang account di atas bisa untuk sarana komunikasi…Blog juga bisa untuk meredakan kepusingan….obat stres…hehehe

  41. wis…wis…mbak Ratna hebat banget…semua akun kok kagungan…tapi memang kalo diperlukan semua…gak masalah
    saya hanya punya YM dan blog saja…..itu saja ..sering gak sempat ngopeni..he..he

    Dyah Suminar,
    Sebetulnya intinya hanya untuk ajang komunikasi, terutama bagi anak-anak yang sudah keluar rumah semua…

  42. Saya berteman dengan Bunda di FS tapi jarang banget di buka. Saya lebih suka FB dan akhir-akhir ini juga jarang buka. Buat saya FS atau FB untuk menjalin persahabatan dan mengikuti perkembangan teman. Dan akhir-akhir ini banyak teman lama ketemu di FB. Thanks

    Yulism,
    Belakangan ini kayaknya banyak yang pindah dari FS ke FB…dan akhirnya teman di FB ya sama juga dengan di FS….

  43. ini yg saya salut dari bu enny, selalu berjiwa muda. tulisan yg kritis malah bagus kan bu?

    Zulmasri,
    Semua hanya alat komunikasi ….dan tergantung bagaimana kita mengelolanya…

  44. halo bu salam kenal ya..

    Casual cutie,
    Salam kenal juga

  45. Buat seorang teman ngeblog itu katanya untuk mengurangi frekwensi mengunjungi situs2 porno he…he…he…he…

    Salam

    Popop

    Coretan pinggir,
    Waduhh…saya malah belum pernah lihat situs porno…udah eneg duluan

  46. ada pepatah yg mengatakan, “menulis membuat bangsa besar..”
    nice post πŸ™‚

    Winawang,
    Paling tidak, kalau suatu ketika dibaca lagi, kita bisa melihat pergumulan batin orang-orangnya

  47. Hampir semua teman saya (termasuk saya) lagi gila pesbuk. Bangun tidur langsung liat facebook, ganti status, terus baru beraktivitas. Parah juga kalau dipikir-pikir. Mungkin lama-lama fungsi sms bisa digantikan oleh fungsi wall atau message di FB.

    My guilty pleasure sih FB suka saya gunakan buat memata matai gebetan dan pacarnya. he3….

    Kalau ditanya lebih senang maen FB ato blog? saya lebih suka blog.

    Ikan kering,
    Saya juga lebih suka blog….walau agak kocar-kacir nih mengurusnya karena sibuk.

  48. Saya punya blog, YM, FB, MP, FS..
    blog: buat numpahin unek2 meski jarang ngupdate :mrgreen:
    YM: chat sm temen2 terutama pacar *halah!
    FB: akhir2 ini aja jd latah ikutan tmn dan ternyata asyik juga hehehe
    MP: nah kl yg ini sm sekali ga pernah saya update, saya bikin supaya bs baca blog fave saya..
    FS: termasuk yg bersejarah bagi saya meski udah lama ga saya buka..

    Intinya akun2 jejaring sosial seperti di atas membuat saya berkenalan dgn banyak orang termasuk Bu Enny, thanks to technology πŸ˜‰

    Ida
    ,
    Betul…tanpa blog saya nggak kenal Ida, padahal kita dulunya satu kantor ya.
    Lewat FB, saya ketemu teman lama, juga ada seniormu yang sekarang lagi meneruskan S2 di London, tahu-tahu menyapa lewat FB

  49. Ibu hebat , mengikuti terus up to date komunikasi dalam dunia maya
    Saya siy gak bisa terlalu serius punya accunt di dunia maya…. yah karena soal waktu yang terbatas.
    Dunia maya buat saya adalah hiburan…. melepas kepenatan setelah bekerja, sambil nambah teman.
    Tapi memang ternyata dengan account seperti fs dan fb bisa menyambungkan teman2 yang sudah lama terpisah.
    Kalo Ym siy lebih banyak untuk ngirim file saat di kantor karena kebetulan kantor kami berada dalam 2 lokasi yang berjauhan.

    Prameswari,
    Saya punya account tsb setelah anak-anak besar, dan biasanya saat masih aktif dulu, hanya dibuka akhir pekan.
    Sekarangpun, kalau lagi sibuk keteteran

  50. saya punya FS & YM cuma males Bu karena banyaknya hanya banyak2an teman entah teman bener apa sekedar pajangan
    kalau blog bisa lebih serius untuk saling berbagi pemikiran

    Tomy
    ,
    Saya Ym juga untuk anak-anak saja, saling mengirim kabar, maklum tinggalnya udah berjauhan.
    FS udah nggak ditengok…sekarang lebih suka nengok FB.

  51. […] Blog Oh Blog Posted January 27, 2009 Filed under: Cerita, Makna | Besok, insha Allah saya bakal menghadapi hari yang mendebarkan (mohon doanya). Persiapan saya kurang sedikit, tapi di saat hectic dan kepepet begini, pikiran ini malah mengajak mengembara ke dunia maya. Membaca tulisan Mas Yari di Spektrumku, rasanya nyambung dengan uneg-uneg yang belum saya keluarkan, sejak membaca tulisan Bu Enny ini. […]

  52. Kalo saya, FS dan MP sudah saya hapus akunnya. FB masih sebatas ikut tren aja, kalo jenuh nanti juga saya hapus.
    Tapi kalo blog, wah itu selalu saya rawat πŸ˜€ , kalau jenuh ya hiatus sebentar

  53. Sekarang ini paling sering sih ngeblog ama YM aja.

    Kalau saya, lebih senang baca tulisan (apalagi yang ceritanya personal) daripada cuman mandangin foto aja karena dari tulisan bisa lebih mengenal kepribadian orang ^o^

    Tapi bagus ya, Bu, bisa tetap berkomunikasi dengan anak dalam berbagai cara πŸ˜‰

  54. hmm, blog yg menarik..krn emang situs2 pertemanan sgt menyampah ya bu..

    yg saya punya :
    YM = otomatis krn dari dulu email sy email, dan ajang ngobrol dg tmn, dan ehem2 yg nan jauh di mata πŸ˜‰
    Gtalk = otomatis idup kalo gmail dibuka, krn awalnya gmail ini buat attachment enak bgt.
    FS = skrg jarang dibuka, kecuali blognya :).
    FB = sering dibuka, krn byk ktm tmn2 lama, dan poto2 lama πŸ˜€
    Plurk = ini situs unik bgt, krn isinya jurnal harian kita berupa shout out gitu, dan bisa dikomen sm tmn2. Ringan πŸ™‚
    lain2 pernah punya, tapi sdh lupa tuh πŸ˜‰

  55. yg’g pny :

    fs =skrg jarang dibuka, kecuali blognya nagk jg banyak yg buka juga kl mbak oki …….^_^
    hehehehehehehehehe jangan marah yha
    ngomong -ngomong fs nya pa bu oki ?…….

  56. […] Bu Enny yang sangat lincah di dunia maya Ditulis dalam Human Capital. […]

  57. law menurut gw ne blog, fs t ajeng buat pamer aja… tapi ada untungnya juga orang2 bisa membaca karya tulis qt….

  58. salam kenal kakak
    buat ajang silaturahmi

    Wishper Girl,
    Salam kenal juga…


Tinggalkan Balasan

Kategori

