Oleh: edratna | April 10, 2009

Cilincing Brotherhood: makasih Bangaip….

Saat awal ngeblog, saya suka membaca botd wordpress, karena ingin tahu seperti apa tulisan-tulisan yang termasuk dalam 100 top post. Saat itu, rasanya tulisan yang termasuk 100 top post memang benar-benar bagus, berbeda sekali dengan sekarang. Di antara tulisan yang sering saya kunjungi adalah tulisan Bangaip, yang suka cerita tentang Cilincing. Tulisan Bangaip yang renyah, suka nyentil, lucu, bahkan tulisan yang sedihpun bisa dibuat menjadi satire, membuat saya selalu menunggu tulisan barunya di blog. Saat inipun tulisan Bangaip masih termasuk dalam “Top 100 Indonesian Blog“.

Bangaip ini, dari isi blognya dapat saya duga, bahwa Bangaip pekerjaannya melanglang buana, domisili nya bukan di Indonesia. Kali ini Bangaip sedang di Indonesia, saya berharap bisa ketemu beliau. Tulisan Bangaip yang membuatku terharu adalah saat menceritakan proses kelahiran putri sulungnya, yang diberi nama Novi Kirana.

Cilincing Brotherhood. Edisi khusus: Baca dulu bayar belakangan

Cilincing Brotherhood. Edisi khusus: Baca dulu bayar belakangan

Kejutan datang hari Rabu tanggal 8 April 2009, pak pos mengantarkan bungkusan. Awalnya saya kira kiriman dari Warta Pamitran di Yogya, yang merupakan majalah untuk lingkungan terbatas, karena sejak bulan Nopember 2008 saya ikutan sharing tulisan pada majalah tersebut.

Surat tulisan tangan dari Bangaip, sebagai pengantar kiriman bukunya

Surat tulisan tangan dari Bangaip, sebagai pengantar kiriman bukunya

Ternyata isi paket tadi, kiriman buku dari Bangaip. Bayangkan…betapa bahagianya, apalagi buku tersebut memang hanya dibagikan untuk khalayak khusus, dan saya termasuk didalamnya…duhh, hati ini langsung mengembang. Buku tersebut merupakan kumpulan tulisan Bangaip di blognya dan ada juga tulisan baru. Khas Bangaip, bahkan daftar isinya yang ditulis tangan (dengan alasan lupa) membuat saya terpingkal-pingkal. Dan edisi khusus ini juga diberi catatan: Baca dulu, bayar belakangan.

Daftar isi hal 1-tulisan tangan Bangaip

Daftar isi hal 1-tulisan tangan Bangaip

Daftar isi hal2-tulisan tangan Bangaip

Daftar isi hal2-tulisan tangan Bangaip

Sambil scan dokumen-dokumen yang masih diperlukan si sulung untuk transfer Visa nya, saya langsung membaca buku Bangaip…dan bisa ditebak, berbagai perasaan mengharu biru. Ada cerita sedih, lucu (sambil membayangkan Bangaip kecil membuat jenggot dari pensil alis), dan cerita yang memberikan inspirasi….dan saya benar-benar menikmati nya. Bahkan mengerjakan scan dokumen selama 7 (tujuh) jam, terus mengirimkannya melalui attachment email ke anak sulung dan menantu pun tak terasa…tahu-tahu punggung pegal semua.

Anakku (si bungsu) dan suami ikut tersenyum saat saya membacakan daftar isi yang berupa tulisan tangan Bangaip. Di halaman sebelum daftar isi, ada tulisan “Selamat Menempuh Hidup Baru”, apa berarti buku ini dibuat untuk souvenir bang? Saya jadi terpikir dan omong-omong sama si bungsu, tentu akan sangat menyenangkan, jika nantinya souvenir pengantin berupa kumpulan tulisan hasil karya pengantin putri. Saya pernah menghadiri undangan dari pernikahan putri teman suami, yang souvenir nya berupa buku karangan pengantin putri dan foto hasil karya pengantin laki-laki. Ini akan merupakan souvenir yang sangat spesifik dan menyenangkan.

Sekali lagi, makasih Bangaip, ternyata blog membuat persahabatan yang tak ada batas-batas negara, dan sangat menyenangkan mengenal Bangaip. Tentu saya berharap Bangaip mempunyai kesempatan untuk ketemu saya, dimanapun Bangaip berada di Jakarta. Jangan lupa hubungi saya via sms ya bang?

Responses

  1. Ah, enaknya dapat buku, B… πŸ˜€

    Saya siap-siap dulu, siang ini rencananya kopdar sama Bangaip + nonton filmnya di Jogja. πŸ˜›

    Goen,
    Ha!…Goen juga pasti dapat kan…lha kita kan termasuk pengunjung setia blog nya Bangaip sejak dulu.

  2. Alhamdulillah dapat buku dan sudah mencontreng. Saya malah belum dapat kertas suara nih bu, jadi belum mencontreng. Apalagi bukunya hehehe. Kata Pak Ersis, ongkos kirim buku ke tempat saya lebih dari dua kali harga bukunya.
    Untungnya mau dapat hiburan, malam minggu nanti nonton bareng Laskar Pelangi di ruang kuliah dengan mahasiswa Indonesia dan keluarganya.

    Iwan Awaludin,
    Iya pak…Alhamdulillah.
    Senang sekali… apalagi Bangaip namanya telah dikenal di dunia per blog an sejak lama.

  3. Senengnya dapet buku…..

    Bangaip aku donk…..he,,,,3x πŸ™‚

    Nelson,
    Sebetulnya Bangaip sudah menawarkan terbuka melalui blognya siapa yang ingin bukunya…namun tentu saja penawaran ini sekarang sudah ditutup. Coba aja kunjungi blog nya, siapa tahu masih bisa

  4. buat saya juga donggggg

    Imoe,
    Sebetulnya Bangaip udah menawarkan lewat blognya…

  5. Ini yang ibu ceritakan tadi ya? Jadi ingin baca. Kapan-kapan pinjam bukunya ya Bu. πŸ™‚

    Yoga,
    Ntar deh kalau Yoga ke rumah, yang jelas isinya menyegarkan…..kapan ya saya bisa nulis bagus begitu?

  6. sebelum mas trainer ngomong, aku ngomong dulu…

    this is the beauty of blogging

    hehehe
    seneng ya bu … satu bentuk dari perhatian dan pertemanan

    EM

    Ikkyu_san,
    Betul…benar-benar ngeblog banyak manfaatnya..
    Btw, kenapa saya nggak bisa akses blog nya Imel beberapa hari ini?

  7. Selamat bu enny. Itulah bagian indahnya dunia blogger.
    Ok, saya coba meluncur ke alamat bangaip.

    Zulmasri,
    Betul uda….saya lihat uda juga suka dengan blog nya Bangaip.

  8. iya, saya juga suka banget dengan gaya tulisan bang aip, bu. tulisannya memng panjang2, tapi enak dibaca. dan yang pasti sentilan2 kiritiknya, seringkali bikin saya tertawa ngakak. ada2 saja ulahnya, pertanda kalau dia kaya imajinasi.

    Sawali Tuhusetya,
    Diam-diam Bangaip memperhatikan juga tulisan kita, tapi karena sibuk komentarnya juga kadang-kadang saja.
    Tulisannya menyegarkan….

  9. dari blog ibu, langsung menuju blognya Bangip. ibu benar, mmg menarik tulisan-tulisannya..

    Fety,
    Iya…saya ga bakal bisa mengikuti gaya Bangaip….
    Tulisannya menyenangkan, humor segar….

  10. Wah pengen ya…. blog kita bisa seperti blognya Bangip

    <em>Sanyaydut,
    Kayaknya setiap orang punya gaya masing-masing deh….
    Tapi kalau ditekuni, tulisan siapapun bisa menarik…

  11. Langsung ke TKP, ternyata tulisan Bang Aip emang gokil.

    Racheedus,
    Hehehe….meang betuul….

  12. Coba kenalan ah sama Bangaip. Kalo sama ibu mah kita dah kenal ya ?

    Ubadmarko,
    Silahkan….

  13. hehehehe…blogging for friendship…

    senang ya bunda, temen tambah banyak karena blogging….termasuk akhirnya mengenal bunda dan teman2 lain…

    Ria,
    Yup betul…apalagi tulisan Bangaip memang khas banget

  14. saya jalan-jalan dulu ke bangaip deh .. sapa tau dapet kiriman buku juga hehehe

    Mascayo,
    Silahkan…

  15. Nambah lagi koleksi blog untuk saya kunjungi…
    Makasih Bu infonya…

    Tuyi,
    Sama-sama

  16. Salam hangat juga untuk Bangaip
    Ibu memang sahabat yg baik πŸ™‚

    Achoey,
    Kayaknya Bangaip udah menengok tulisan ini….hehehe

  17. Numpang absen … salam kenal

    Anton,
    Salam kenal juga

  18. Pasti lagi nyoba skenerhhhh nih bubun…hik hik…lebih memiliki sentuhan ART ketimbang karya printer bun ya…

    Beruntung sekali bubun nih..bisa dapat buku…

    Pakde,
    Untuk buku nya Bangaip ini masih scanner lama…mungkin karena dipake buat scan dokumen sampai 7 (tujuh) jam, buat dikirim ke si sulung, jadinya ngambeg. Tapi scanner baru memang mantap…wusss….cepet banget selesainya. Di ingat-ingat memang scanner itu umurnya udah lebih dari 8 tahun….hehehe

  19. *meluncur ke TKP*

    asli penasaran baca bukunya, bu. entah bukunya emang bagus banget atau resume ibu enny yang menarik deh ini.

    Marsmallow,
    Saya sudah menyenangi tulisan Bangaip sejak baca blognya, cuma Bangaip ini pandai menyembunyikan identitas dirinya….
    Tulisan beliau punya karakter, walau di kemas dalam bentuk satire, konyol…kadang gokil. Beliau pernah jadi mahasiswanya Prof Edi Sedyawati (mantan Dirjen Kebudayaan), secara tak langsung saya tahu karena pernah baca komentar Bangaip di salah satu tulisanku.

  20. wadow, kemarin aku ke cilincing..hihiihi
    sebelah mana tuh baksonya ??

    Okta Sihotang,
    Baca lagi…mana dalam tulisan di atas ada cerita tentang bakso….?

  21. hmmm… senang sekali membaca postingan ini. saya dapat merasakan kesenangan hati bu enny menerima pemberian dari sahabat. pemberian itu tidak akan ternilai harganya, karena diberi dg ketulusan, apalagi dibubuhi sebuah kekonyolan di depannya… asyik sekali… πŸ™‚

    Vizon,
    Iya….seneng banget…apalagi pagi ini, dapat email dari Bangaip dan kang Luigi. Betapa persahabatan blogger benar-benar lintas benua.
    Hmm…kapan ya saya dapat tugas ke Yogya (kayaknya ngimpi), ingin mengunjungi Kweni…

  22. saya dah dapet bukunya bu, namun berapa mbayarnya kemana sampai sekarang masih belum tahu. Email saya sampai sekarang belum dibales (sibuk kali yach) Barangkali ibu sudah dikasih tahu mohon disharing via japri.

    Adipati Kademangan
    ,
    Pagi ini saya dapat email dari Bangaip, mestinya Adipati dapat juga kan?
    Kita ketemu ya di Newseum Cafe tanggal 16 April 09, walau mungkin saya datang terlambat, karena jam 17.00 wib baru keluar dari kelas (mengajar di LPPI).

  23. Walaupun saya dari dulu hingga sekarang jarang sekali menengok BOTD (sehingga tidak pernah mengenal karakter dan tulisan tentang Cilincing ini) tetapi saya yakin jikalau kita mendapatkan hadiah buku dari rekan blogger pasti sangat bahagia dan dapat mempererat persaudaraan sesama blogger….. πŸ˜€

    Yari NK,
    Dulu saya rajin menengok BOTD karena mencari tulisan yang bagus…entah kenapa sekarang yang masuk di BOTD tak menarik lagi…dulu dipasikan jika masuk BOTD tulisannya pasti punya ciri khusus.
    Benar kang Yari, senangnya tiada terkira…apalagi karangan blogger itu sendiri.

  24. komen saya diatas kena moderasi … 😦

    Adipati Kademangan,
    Maaf…maaf…udah muncul kok

  25. Hahahaha! Membaca ‘daftar isi’-nya saja sudah membuatku tertawa geli karena lincah, renyah, tulus, dan menarik. Betul, tulisannya menarik.

    Dan soal souvenir pernikahan, dari dulu aku selalu membayangkan souvenir pernikahan berupa buku karangan. Berdua kalau perlu. Biar seru. Tapi, karena nggak nikah-nikah, ongkos produksi buku makin kemari malah makin mahal. Hahahaha…

    Daniel Mahendra,
    Isi bukunya lebih lagi, ada renyah, terharu, geli….dan bahasanya Bangaip, benar-benar tak ada duanya. Bikin aku tersenyum-senyum terus….

  26. Wah senengnya!, begitulah dengan blgging menyambung saudara tanpa batas geografis.. sok atuh alamat posnya, insyallah dikirim via rekans yang cuti nanti..

    Hugs from West Africa!

    Luigi Pralangga,
    Seperti tulisan adipati Kademangan, kayaknya blog nya kang Luigi juga termasuk yang suka dibaca oleh Bangaip. Lha sebetulnya kan berdekatan, Bangaip di Belanda, kang Luigi di Liberia….coba aja sambangi blognya….ntar tak kirim emailnya (japri ya).

  27. senengnya menjalin persahabatan lewat blogg πŸ™‚

    semoga gak ada yang menyebarkan kebohongan lewat blogg..

    dan menulis dengan jujur tidak asal copas hihihi..

    salam hangat bunda Enny πŸ™‚

    Septarius,
    Hehehe…copas asal disebutkan sumbernya, justru akan menaikkan nama sumber tsb.. Tulisanku (terutama yang serius), sering saya ambil dari referensi tulisan orang lain, tapi jelas disebutkan sumbernya..lha kan saya bukan ahli ekonomi dan manajemen, tapi suka sok pengin membahas masalah tsb.

  28. @atas
    mas pralangga disebut juga didalam buku “Cilincing Brotherhood” tapi lupa halaman berapa gitu
    -maap oot-

    Adipati Kademangan,
    Yup betul…saya udah email kang Luigi, kalau mau japri lewat email ke Bangaip

  29. Wuah, pengin baca juga. Saya juga pesen tante, tapi terlambat confirm jadi gak dapet deh 😦

    Kalau udah selse baca, bukunya boleh pinjam Tante? Kebetulan saya dah pindah ke Jakarta nih πŸ˜€

    Edel,
    Wahh ternyata banyak peminat, ntar aku bilang Bangaip…apa buku yang ada di saya boleh di copy lagi, karena Yoga juga pengin….
    Menurut email Bangaip, katanya bukunya dalam proses di penerbit, mungkin hasilnya akan lebih bagus …tapi entah daftar isi tulisan tangannya udah diganti apa tidak…justru yang lucu tulisan tangannya itu.

  30. Wah, unik!
    Menyoal tulisan tangan, saya punya teman, kebetulan dia penggiat sastra di Jogja…
    Ia sering menulis surat tulisan tangan pada teman-teman penggemar sastra lainnya termasuk pada kedua orang tuanya di kampung.

    Betul-betul unik, Bu!

    DV,
    Tulisan Bangaip memang unik, ide2nya segar…..hal-hal sedih bisa dikemas dalam bentuk satire, sehingga bacanya antara geli, gemes dan terharu…

  31. Persahabatan dapat terjadi di mana saja. Indahnya persahabatan melalui dunia blog. Gak kenal langsung sama orangnya, tapi kenal melalui tulisan2nya aja dah jadi akrab. Adanya kesamaan minat membuat orang jadi cepat akrab.

    Mufti AM,
    Entah kenapa, walau cuma kenal di Blog, saya merasa kenal dengan Bangaip lebih dalam, karena mengikuti tulisan-tulisan nya, dan pandangan hidupnya bisa saya lihat dari isi tulisannya. Walau kenal banyak blogger, ada beberapa teman blogger yang mendapat kesan mendalam di hati saya, termasuk Bangaip ini.

  32. Wah senangnya Bunda hingga sampai berbagi hal yang ebrharga seperti itu..

    “jadi ngarep juga ada yang ngasih Bocahbancar buku”

    Salam hangat Bocahbancar….

    Bocahbancar,
    hehehe…iya senang sekali….

  33. waaaah, bu eny dapet ya? aku gak dapet. huhuhuhu… πŸ˜₯

    cK,
    Datang aja ke acaranya Bangaip di Newseum….tanya paman Tyo (atau Nona Dita)…saya ga punya nomor hapemu

  34. semoga saya bisa ikutan kopdar tanggal 16 besok, bu!

    *pengen denger cerita kliling dunianya*

    πŸ˜€

    Zam,
    Harus datang…paling tidak nemeni saya…..lho kok cari temen….:P

  35. Bang Aip… Bang Aip…..
    hehehe…

    Cahsholeh
    ,
    Lho! Kok malah nyanyi…

  36. jadi pengen ketemu bang aip juga saya mbak πŸ™‚

    Maskoko,
    Saya berhasil ketemu Bangaip tadi malam

  37. Kan kau temukan perempuan pilihan di blog ku
    Bu πŸ™‚

    Achoey,
    Hmm???

  38. Wah memang lain dari yang lain dengan tulisan tangan itu.

    Barry,
    Hehehe…betuul….

  39. Wah, saya ketinggalan nih…
    segera meluncur ke TKP…

    Hery Azwan,
    Silahkan bang….

  40. Bu, nggak jadi pinjem bukunya… πŸ˜‰

    Yoga,
    Gak nyesel kan ketemu Bangaip…..?
    Beda banget dengan bayangan kita kan? Tapi Bangaip memang top kok

  41. wah sepertinya buku nya bagus yah bu

    Baswin,
    Bukunya menarik….

  42. Thx yow infonya
    Lam kenal

    Paluhlimbuy,
    Salam kenal juga…

  43. Jadi buku yaa..? Keren bangeeettt… πŸ™‚

    Nug,
    Memang keren…mudah2an suatu ketika jadi diterbitkan….

  44. Aih logonya macem Persaudaraan Yahudi aja…
    Bangaip, koprol ah ke TKP…

    Mangkum
    ,
    Wahh…saya malah ga perhatiin logo nya

  45. Aku tertarik banget tu Bu, tentang souvenir berupa tulisan dan foto ..
    Kreatif, dan kemungkinan besar tak akan dilupakan …
    πŸ™‚

    Muzda,
    Nahh…isi terus blognya, ntar dibuat buku…untuk dijadikan souvenir pernikahan.
    Buku nya Bangaip, hasilnya untuk menyumbang pada teman2 yang memerlukan.

  46. buku yg sarat makna
    dan penuh dengan…

    ah pokoknya keren
    berhasil membuat saya malu semalu-malunya
    πŸ™‚

    Yup betul


Tinggalkan Balasan

Kategori

