Oleh: edratna | November 7, 2009

Akhirnya internet hidup lagi

Sejak awal Oktober 2009, internet di rumah kurang lancar. Saat itu, setiap ada masalah, saya telepon Kabel Vision (First Media), dan kemudian lancar lagi. Namun tak lama kemudian terjadi masalah lagi. Sempat terpikir untuk punya back up speedy, namun biaya perbulan jadi mahal, apalagi yang memakai internet hanya saya sendiri, kedua anak kami sudah pergi keluar kota semua, dan suami lebih banyak tinggal di Bandung. Kebetulan saya sedang sibuk-sibuknya dengan pekerjaan, dan saya lebih memprioritaskan email jika sedang di kantor. Rasanya kurang etis jika membuka FB atau blog saat jam kantor.

Saya makin sadar kalau ada kerusakan, setelah printer yang tersambung ke komputer juga tak bisa dipakai, setelah di cek kemungkinan ada masalah di control panelnya. Saya jadi ingat saran mantan anak buahku, kalau komputer hanya bertahan sekitar 3-4 tahun, apalagi jika dipakai terus menerus. Saya akui, komputer di rumahku usianya telah lebih lima tahun,  isinya bermacam-macam, bahkan nyaris setiap tamu (keponakan, teman) suka menitip di komputer beberapa data yang penting. Jangan heran jika melihat isi  hard disk komputer antara lain: Narp nitip, Narpati Nitip, Angel nitip dsb nya….

Masalahnya, penggantian komputer satu set perlu biaya yang cukup mahal, ditambah penggantian printer, serta mesti mengcopy semua data yang ada di komputer. Namun akhirnya saya gerah juga, tanpa internet saya rasanya hidup di dunia terpencil, karena pekerjaanku semua dikirim melalui internet, begitu juga tagihan-tagihan pembayaran dari kartu kredit.

Setelah berdiskusi cukup lama dengan si sulung, sepulang dari Papua, saya minta tolong adik bungsuku untuk membelikan komputer baru, lengkap dengan printer. Setelah komputer siap, saya menelepon First Media untuk memasang dan memperbaiki jaringan internet di rumah. Kebetulan First Media sedang promo, dan saya selama ini memang menggunakan jasa First Media (dulu Kabel Vision untuk kabelnya), jadi mereka menanyakan apakah saya punya modem sendiri atau mau dipinjamkan tanpa bayar dari First Media. Akhirnya saya pilih pinjam, karena modem yang ada telah lama, daripada mesti beli lagi, karena pengeluaran selama dua bulan ini benar-benar spektakuler.

Nahh akhirnya sejak kemarin siang internet telah berjalan lancar…semoga akan begitu seterusnya. Untuk back up, kelihatannya saya juga harus beli modem pra bayar untuk laptop agar tetap bisa tersambung ke internet.

Responses

  1. wah pake First Media ya mbaak
    kalo aku pake IM2 yang paketnya sama murahnya dengan First Media

    dulu pernah pake First Media.. tapi setelah dipikir2 kok kurang mobile hehee..
    jadinya ya pindah deeh..

    eniwe.. lama ya kita gak jumpa
    kangen ama Mbak Edratna neeh 🙂

    Internetnya memang hanya untuk di rumah

  2. lho kok kayak komputer di lab. banyak titipannya … heheeh … termasuk virus (?) 🙂

    Hehehe betul pak…yang nitip udah mengaku dan ikutan komentar di bawah

  3. selamat kembali bu enny…
    senang dapat membaca kembali tulisan-tulisan ibu.
    di komputer saya juga banyak titipannya, terutama titipan game dari anak-anak, hehehe… 😀

    Betul Uda, semua nitip…yang akhirnya membuat komputer lambat. Terutama jika titipan berupa gambar asal download....
    Dan sekarang, karena kedua anak jauh, komputer lancar car…karena masih bebas dari titipan….hehehe

  4. Komputer di rumah saya udah hampir 6 tahun kayaknya, Bu.

    Senangnya kalo internet lancar, bisa blogwalking lagi ya :mrgreen:

    Iya nih, rasanya jadi nggak dengar apa-apa. Walau kemarin karena kesibukan tak terlalu terasa, karena sampai rumah udah malam. Apalagi saat di Papua selama 10 hari, koran Kompaspun tak bisa baca (kalau mau beli harus langganan…lha mosok langganan cuma 10 hari)…..akhirnya setiap malam sambil mengoreksi kerjaan yang dilihat Metro TV terus. Kata anakku sih sebenarnya kompi nya masih bisa dipake, masalahnya saya gaptek, jadi mendingan diganti aja sama yang baru, biar kerjaan nggak kacau

  5. Hmm … turut gembira, aktivitas internetan jadi lancar BU

    Makasih pak, saya kehilangan berita dari teman-teman blogger

  6. Kalo mau sih ditanya masing2 titipannya boleh dihapus atau nggak.
    Peniti (Narpen nitip)? Jelas boleh diapus (aku jg udah lupa isinya :D). Angel ama Ditta juga kayanya boleh2 aja. Yang susah bangsupek tuh.. kayanya harta karunnya banyak bener 😀

    Tapi klo udah pusing gak karuan, ya sudahlah.. a brand new harddisk juga bisa. Ah, maaf tidak bisa membantu 😦

    Gpp kok, semua udah beres….dan internet jadi lancar car….
    Atau karena kompie nya baru ya…hahaha….uang honor langsung habis buat beli kompie baru satu set plus printer…:((

  7. sukurlah kalau kemudian bisa nyambung kembali

    Hmm iya, rasanya menjadi hidup lagi

  8. Hahah komputer ibu itu sudah sekelas server yah, karena,

    yaris setiap tamu (keponakan, teman) suka menitip di komputer beberapa data yang penting. Jangan heran jika melihat isi hard disk komputer antara lain: Narp nitip, Narpati Nitip, Angel nitip dsb nya….

    selamat berjumpa kembali bu, sudah setahun kali yah gak silaturahmi… bagiamana sehat-sehat semua bu?

    Hehehe….mungkin iya….lha kan banyak keponakan, teman-teman anak yang suka ke rumah.
    Sayangnya karena anak-anak udah keluar rumah semua, jadi bingung sendiri jika ada masalah komputer.

    Kabar saya baik mas….semoga mas Kurtubi demikian pula

  9. Hampir sama dengan yang menimpa saya. Sejak akhir oktober koneksi internet saya sering bermaslah dan lamban sekali. Mungkin dari kompinya.
    Mau memeriksa, kesibukan di dunia nyata meningkat drastis.

    Iya, memang…saya juga baru punya waktu kemarin…padahal begitu teknisi datang, tak sampai sejam, urusan udah beres

  10. selamat malam
    kunjungan perdana
    salam hangat selalu

    Terimakasih

  11. Selamat bersenang-senang sama komputer barunya bu 😉 Semoga aktivitas bloggingnya juga lancar terus ya.

    Makasih Arie….hehehe..belakangan ini ngeblognya rada kacau, lebih banyak kesibukan di dunia nyata

  12. Wah hahahahha… komputer baru dan provider baru?Sip Bu!

    Dan, karena tak ada penitipan lagi…kompie lancar…car

  13. kalau ingin lancar internetan memang harus lebih dari satu provider bu.
    kejadian ini mirip dengan teman kantor saya yang mau ganti dari first media ke speedy. kalau tidak salah produk first media namanya fastnet ya bu

    Kayaknya memang harus punya back up.
    Maklum kerjaan melalui email

  14. wah, asyik si ibu komputer baru:) apalagi internetnya juga ganti provider. makin sering ngeblog nih bu. Ditunggu cerita-ceirtanya, bu.

    Aha Fety…ngeblog kan tergantung kesempatan, minimal nggak stres kawatir ada email penting yang harus segera dijawab. Maklum kerjaan melalui email semua, kalau nggak gitu di Jakarta macet di jalan.

  15. Weeh bunda, akhirnya punya baru, komplit satu set!
    Semoga jadi tambah lancar urusan bloggingnya ya bun 🙂
    Ah, salut dengan sikap integritas bunda, untuk tidak buka blog/Fb dikantor. Salut!

    Lha, kan kita itu mudah mengurus kantor jika dengan memberi contoh. Kalau kita sendiri tak melakukan kegiatan yang menggunakan fasilitas kantor yang bukan haknya, atau untuk pribadi, anak buah juga akan segan.
    Risikonya, jika sibuk banget, ya ngeblognya istirahat dulu

  16. Pakai FM bu ?
    sama dong …
    akhirnya saya pakai dia juga …

    Salam saya Ibu …

    Sebetulnya dari dulu saya pake FM, yang dulunya berasal dari KV. Dulu KV hanya menyediakan kabelnya, sedang internetnya dari IM2…entah kenapa, karena dua company, saya jadi sulit mendeteksi jika ada masalah, letaknya dimana. Tapi untuk IM2 saya berencana menggunakan untuk pra bayar, buat laptop, sebagai back up, apalagi pekerjaan menuntut bepergian kemana-mana.

  17. Wah, komputer Mbak Enny bermasalah to, pantas kok lama ‘lenyap dari peredaran’. Saya bolak-balik nengok kesini belum ada posting baru, akhirnya lama nggak mampir. Eee … tahu-tahu sudah ketinggalan banyak tulisan …

    Semoga si kompie nggak ngadat lagi ya … 🙂

    Iya, memang menyebalkan kalau kompie ngadat. Sempat berpikr yang salah kompie nya atau provider internetnya.
    Akhirnya…setelah ganti kompie baru, ganti modem internet…lancar car. Semoga semangat ngeblognya juga tumbuh


Tinggalkan Balasan

Kategori

