Oleh: edratna | Desember 1, 2009

Long week end

Liburan panjang akhir pekan kemarin, tak ada rencana kemana-mana, karena sudah beberapa minggu sebelumnya sibuk yang melelahkan fisik dan pikiran. Setelah sholat Ied, saya mendapat undangan makan ketupat di rumah pak RW di kampung Cilandak,  selanjutnya saya hanya istirahat di rumah. Undangan dari pak RW benar-benar saya terima dengan penuh rasa syukur, maklum badan ini sudah nggak kuat lagi untuk balik ke Bandung, dan mau masak ketupat malas sekali, karena  hanya untuk dua orang.

Setelah istirahat di rumah sehari, besoknya saya mesti berbelanja karena isi kulkas sudah kosong. Si mbak sebelum pulkam, nggak berani membuat persediaan, karena sebelumnya listrik di Jakarta byar pet. Saya juga ragu untuk berbelanja banyak, yang penting ada makanan kering, buah, sayur dan daging sedikit, agar jika listrik mati tak berisiko. Hari Minggu, saya masih asyik di depan kompie sendirian, menikmati sepi di rumah. Tiba-tiba ada sms dari YA (teman blogger), menanyakan mau maksi bareng nggak?  Saya, yang belum punya rencana apa-apa membalas sms tersebut, dan menanyakan bagaimana jika kita nonton bareng. YA mencoba pesan tiket di XXI Pondok Indah Mall, ternyata film yang diinginkan tak bisa dipesan karena mainnya di bioskop 21. Bioskop XXI ini lebih mahal dibanding bioskop 21, dan bisa pesan tiket melalui telepon, penjelasan yang lebih detail bisa ditanyakan pada YA. Akhirnya rencana diubah ke “Pejaten Village” karena YA sedang kepengin udang mayonaisse di Eaton, dan YA yang tahu saya suka ke toko buku, mengiming-imingi dengan cerita kalau di PV ada Times dan Gramedia. Kami janji ketemu di Gramedia PV sekitar jam 11.30 wib.

Saya segera mandi dan bersiap-siap, pesan taksi, dan ternyata jalan tak terlalu macet sehingga argonya hanya Rp.21.500,- dari rumah saya. Pejaten Village-foto diambil dari http://www.yourlippomall.comSaya langsung menuju lantai dimana terletak Gramedia. Dan karena satu hari sebelumnya sudah membeli beberapa buku dari Gramedia di D’Best, saya hanya melihat-lihat, apalagi ini pertama kalinya ke PV. Tak lama YA menghampiri saya, dan kami terus ke bioskop XXI untuk mengambil tiket. Ternyata film “Emak ingin naik Haji” masih 45 menit lagi,  jika makan siang kawatir terlalu lama menunggu pesanan. Agar perut tidak kosong, kami berjalan ke food court, memesan tekwan, serta jus mangga buat YA dan jus adpukat buat saya.

Film “Emak ingin naik Haji” menceritakan seorang Emak, wanita usia lanjut yang sabar, tulus, dan baik hati, yang sangat ingin menunaikan ibadah haji. Sayangnya, Emak tidak memiliki biaya untuk mewujudkan keinginannya. Emak sehari-hari berjualan kue, sedangkan Zein, anaknya yang duda, menjadi penjual lukisan keliling yang hasilnya tak seberapa.  Emak sadar keinginannya sangat berat dapat terwujud, karena selama lima tahun menabung tabungannya hanya sampai Rp.5 juta, padahal ongkos naik Haji tak kurang dari Rp.30 juta. Pada saat yang sama, anak kandung Zein yang ikut isterinya, yang telah menikah lagi, harus segera dioperasi hernia. Akhirnya emak merelakan uangnya untuk membantu operasi cucunya. Film ini menunjukkan betapa tulus kasih sayang seorang ibu kepada anaknya, juga kasih sayang anak yang ingin membahagiakan ibunya. Film ini sangat mengharukan. Pada akhirnya Emak memang bisa naik Haji, setelah melalui cobaan yang berliku-liku.

Film ini dibintangi Aty Kanser sebagai emak,  Reza Rahadian sebagai Zein (anak emak), serta beberapa bintang senior lain seperti Didi Petet, Niniek L. Karim, Henidar Amroe dan lain-lain. Sebagai sutradara adalah Aditya Gumay.

Selesai menonton, kami mampir di Eaton untuk makan siang, dan memesan: udang saus mayonaisse, oseng kecambah ikan asin, ikan asam manis. Sedang untuk minumnya kami sepakat memesan Hot Chinese Tea, yang konon katanya bisa meluruhkan lemak. Setelah kenyang, tentu tak afdol jika tak mampir ke Gramedia. YA banyak sekali membeli buku, saya yang awalnya tak berniat beli buku, karena kebetulan buku yang saya cari tak ada, akhirnya juga gatal untuk menambah beberapa buku, diantaranya “Centhini: kekasih yang tersembunyi” karangan Elizabeth D. Inandiak.

Kami mampir lagi ke Hypermart untuk berbelanja, saya hanya beli Cinnamon Powder, Red Chili (cabe merah bubuk), Fried Sarden Balado (biasanya saya beli sarden yang biasa, nanti dimasak dan ditambah bumbu lagi), nangka matang, roti tawar serta Piza. Saya banyak belajar dari YA tentang barang apa yang sebaiknya dibeli, jika lagi malas masak. Apalagi besok pagi-pagi ada undangan seminar sehari, yang mesti pagi-pagi berangkat. Cerita tentang seminar “Prospek  Industri Keuangan dan Perbankan tahun 2010” mudah-mudahan bisa saya tulis dalam tulisan tersendiri. Kami berpisah di depan PV,  berjanji akan ketemu lagi jika ada waktu yang memungkinkan. Terimakasih YA, yang bisa menemani jalan-jalan di Pejaten Village.

Catatan:

Foto diambil dari http://www.yourlippomall.com

Iklan

Responses

  1. wah ibu orang cilandak yah?
    dekat dunks dengan saya, pondok labu….
    sekali-sekali kopdar yuks

    Iya, kayaknya kantornya daerah Cinere atau Pondok Labu?

  2. akhir pekan yang lumayan berisi ya Bu…
    saya sudah lama ingin nonton film itu, tapi sampai saat ini antrian 2012 masih sangat panjang, jadi malas untuk ikut berdesak-desakan di sana…

    Saya malah belum nonton 2012 Uda, entah kalau nggak sempat nanti beli CD nya aja kalau udah keluar.

  3. kalo suka banget dengan udang mayonaise dengan udang yang gede gede coba di hotel mandarin bu di rest cinanya…mantep banget

    Hehehe..yang suka udang mayonaisse, YA…..
    Saya cuma menemani, suka juga…..tapi nggak suka banget

  4. berlibur yg mengasyikkan Bu. saya hanya dirumah sambil sedikit mengedit naskah

    Hmm iya….keluar sebentar karena sudah dua hari di rumah terus…

  5. Naaah sudah ada cinnamon powdernya ya bu, bisa buat french toast lagi hehehe

    EM

    Iya Imel, kemarin cari di Hypermart bareng Yoga….
    Terus udah langsung dicoba…dan ternyata memang lebih enak. Thanks ya

  6. waaaaa… lom nonton emak naek haji… pengen pengen pengen…!

    Bagus kok Farijs…sangat menyentuh

  7. Long weekend…bisa jadi barang berharga ya mbak.? soalnya masing masing kita repot…sibuk ini itu…kalau longweekend bisa didisi yang menyenangkan…akan membuat semangat dan energi baru.. btw…filmnya bagus ??

    Film nya bagus mbak…
    Iya, mengisi liburan akhir minggu terasa menyenangkan jika bersama teman atau keluarga, yang seiring dan saling mengenal dengan baik.

  8. aseek….bareng2 jalan..hehehe
    jadi terbayang lagi ketemuan sama teman2 blog di semarang dan Jkt yg bikin gayeng…..
    dan mbak Enny ini sibuknya minta ampyunnn,
    klo saya long week end paling ngeloyor sama hubby yg juga hobby kluyuran…hihihi, jadi long week end tuh libur total, ngga masak makan diluar

    Wieda, kalau pulang ke Indonesia jangan lupa kasih kabar ya, supaya bisa diupayakan ketemu teman2…bisa di Bandung maupun di Jakarta.

  9. Wah, di saat para blogger lain mulai beralih ke microblogging seperti twitter dan social media seperti facebook, Bu Eny dan Yoga tetap menjaga silaturahmi ala blogger.

    Sip!

    Hehehe..lha FB nya cuma dibuka sekali sehari…saya tetap suka blog, karena bisa mengemukan pikiran kita, dan latihan menulis.

  10. Liburan yang menyenangkan..,terutama menyimak obrolanya tentang “Prospek Industri Keuangan dan Perbankan tahun 2010” pasti mengasikan sekali tu..

    Lho! Prospek industri keuangan dan perbankan tahun 2010 itu berupa seminar…obrolannya ya obrolan biasa yang ringan-ringan, lha udah waktunya capek mikir yang lain.

  11. wah, saya udah lama sekali nggak nonton film di bioskop…kapan-kapan pengen nonton lagi deh….

    Saya juga tak terlalu sering ke bioskop, dulu waktu si sulung masih di Jakarta memang sering menemani nonton…
    Kadang pengin nonton tapi suka males kalau nggak ada temannya

  12. Saya pengin nonton film “Emak Pengin Naik Haji”, tapi kayaknya belum diputar di Yogya. Masih harus nunggu nih …

    Bagus kok mbak Tuti, saya rekomendasikan untuk menonton…

  13. aku blom nonton…hiks 😦
    disini gak 21 bunda….sedihnya
    kalau aku mo nonton aku harus ke pekanbaru 3 jam bulak balik 6 jam sedangkan filmnya cuman 2 jam…ckckckck…males deh 😀

    Wahh susah ya Ria…tunggu kalau udah ada DVD nya aja. Saya kalau males nonton, tinggal tunggu DVD nya

  14. wah, asyik jg acara long weekend-nya. kapan2 kopdar yuk bu! 🙂

    Kemarin Ym an sama Eka, katanya Kris lagi ke Yogya sampai Januari…ntar kita kopdar ya, dengan Yoga dan Eka. Lokasi tak masalah, asal ada taksi BB…maklum tak berani nyopir sendiri

  15. kayaknya asyik banget longweekendnya bu 😀

    Iya, asyik, sekarang fety kalau week end juga asyik kan…suami udah menysusul ke Jepang kan?

  16. Emak ingin naik Haji …

    Saya juga sudah sempat menonton Ibu …
    Acting Aty Cancer memang sangat natural sekali disana …
    Tidak Lebay (berlebihan )
    Tetapi justru disitulah letak menyentuhnya …

    (en yes … saya sempat menangis saat itu )

    Salam saya

    Hehehe…saya sempat meneteskan airmata dan lirak-lirik Yoga…malu kalau ketahuan

  17. asyik bener nih longweekendnya bu…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: