Bulan renungan?

Bulan Desember adalah bulan terakhir pada kalender, dan pada bulan ini  adalah kesempatan terakhir perusahaan untuk membahas Rencana Kerja Anggaran, yang telah dimulai sejak bulan Oktober-Nopember. Apa yang telah dicapai oleh perusahaan tersebut, dan bagaimana rencana kedepannya. Apabila kita hanya pegawai (karyawan), perlukah membuat evaluasi? Menurut saya hal tersebut perlu dilakukan, bahkan saya pernah mendapat saran dari seorang psikolog, sebaiknya setiap malam sebelum tidur kita memikirkan kembali apa yang kita kerjakan hari ini, apakah kita telah puas? Kenyataannya, hal tersebut tak mudah, karena jika seharian telah sibuk, begitu semua urusan di rumah telah selesai, maka rasanya berdoa pun sudah sambil mengantuk.

Bulan Desember merupakan bulan yang sangat penting buat saya, 3 (tiga) orang terdekatku berulang tahun pada bulan ini. Diawali oleh adik bungsuku pada pertengahan Desember, disusul oleh suami pada saat menjelang Natal, dan si sulung persis sehari setelah Natal. Pada bulan Desember, beberapa kantor telah mulai libur sejak sehari sebelum Natal sampai dengan awal Januari, namun saya biasanya justru ngebut pada akhir tahun. Entah kenapa, walau pekerjaan banyak dilakukan di rumah, tetap saja pada akhir tahun banyak yang harus diselesaikan. Sejak hari Kamis, yang merupakan libur bersama, maksud hati sudah mau menyelesaikan pekerjaan, entah kenapa hawa libur membuat bermalas-malasan, sehingga dua hari kemarin hanya tidur-tidur an sambil membaca di rumah. Rasanya nyaman sekali, bisa menikmati suasana tenang sambil membaca, tak perlu berkutat dengan kemacetan di Jakarta, apalagi pada hari Rabu sebelum libur, Jakarta benar-benar macet, dari  arah Jakarta Pusat sampai Jakarta Selatan, (jalan ke arah rumahku).

Tiga minggu ini kita mengalami banyak hari libur pada hari Jumat, sehingga 3 (tiga) minggu berturut-turut pada akhir pekan terjadi libur panjang. Ditambah dengan libur bersama, jadilah minggu ini libur 4 (empat) hari. Bersyukurlah jika ada yang sudah bisa menikmati liburan, namun banyak yang malah bergadang di kantor sampai akhir tahun agar target tercapai dan pembukuan bagus. Nahh kembali ke pertanyaan, apakah anda juga melakukan evaluasi, apakah yang diinginkan telah tercapai pada tahun 2009 ini?

Jujur saja, ada beberapa target pribadi yang belum tercapai, namun yang penting sudah usaha maksimal, dan mungkin memang belum waktunya untuk mencapai target sesuai yang diinginkan. Dan bagaimana tahun depan? Sebagai bagian keuangan rumah tangga (maklum, biasanya yang pegang keuangan adalah ibu rumah tangga) tentu saya harus menanyakan pada suami dan anak-anak, kira-kira apa yang akan dilakukan pada tahun 2010. Meskipun kedua anak kami telah mandiri secara finansial, namun terkadang masih perlu dukungan jika sewaktu-waktu memerlukan tambahan dana. Pengeluaran yang terbesar adalah pada awal triwulan pertama, karena pada saat ini adalah waktu nya membayar perpanjangan asuransi mobil, rumah, perpanjangan STNK, pajak dan sebagainya. Triwulan kedua  berat pada awalnya, kemudian hanya pengeluaran rutin. Karena pendapatan yang diperoleh tetap, tentu harus membuat cadangan, agar pada bulan-bulan dimana pengeluaran besar, dapat ditutup dari penyisihan yang dilakukan pada bulan saat pengeluaran sedikit (atau hanya pengeluaran rutin).

Selain renungan tentang masalah finansial, tentu tentang berbuat kebaikan pada sesama. Apakah kita telah menyumbang kebaikan pada tahun 2009?  Sebagai makhluk sosial, tentu urusan sosial juga akan menjadi urusan kita sehari-hari. Juga pertanyaan, apakah kita telah bersyukur atas apa yang kita peroleh selama tahun 2009? Mungkin tahun ini kita belum mendapatkan apa yang kita inginkan, namun jika melihat di sekitar kita, maka patutlah bersyukur karena masih banyak orang yang belum menikmati kebahagiaan.

Tentang kebahagiaan ini, kita harus berjuang untuk mendapatkannya, dengan mencoba untuk memberi, kepada minimal lingkungan terdekat kita, suami/isteri dan anak-anak. Sudahkah kita membuat mereka tersenyum dan bangga akan peranan kita? Karena pada dasarnya kita bisa bahagia dalam kondisi apapun, tak perlu melihat ataupun menginginkan kebahagiaan seperti yang kita lihat pada orang lain.

Semoga tahun 2009 yang akan  berakhir ini telah memberi kebahagiaan kepada kita semua….

Iklan

41 pemikiran pada “Bulan renungan?

  1. semoga…
    dan menyongsong tahun baru dengan penuh semangat.
    semoga 2010 bersahabat dan tercapai semua harapan…

    Hmm semoga tahun 2010 lebih baik pencapaian nya dibanding tahun 2009

  2. nah, ini benar-benar tulisan kontemplatif, bu. sebelumnya saya ucapkan selamat kepada yang berulang tahun, terutama si abang yang ultahnya tepat di boxing day ini.

    hm… saya sendiri belum melakukan perenungan dan evaluasi di penghujung tahun ini, bu. tapi yang pasti, saya sangat mensyukuri rezeki dan kesempatan-kesempatan luar biasa yang saya peroleh di sepanjang tahun ini.

    Betul….kita harus mensyukuri apa saja rezeki dan karunia yang telah kita peroleh selama tahun ini…dan berharap semoga tahun depan kita lebih banyak berbuat kebaikan untuk sesama

  3. Selamat ulang tahun buat 3 orang spesialnya.
    Akhir tahun yang pasti kerjaan makin banyak. Kepala kadang pusing. Padahal sudah sejak kemarin2 dicicil kok ya belum kelar-kelar juga.

    Akhir tahun memang tahun yang sibuk….dan biasanya baru selesai menjelang malam tahun baru…
    Namun dengan adanya IT lebih mempercepat pekerjaan yang ada

  4. Akhir tahun biasanya banyak undangan seminar, evaluasi dll di hotel dari institusi yg sebenarnya juga punya fasilitas yg cukup memadai utk itu. Alasan yg biasanya agak terselubung adalah utk menghabiskan anggaran ….

    Padahal harusnya telah direncanakan jauh hari ya pak? Kan anggaran sudah mulai turun pada akhir Januari, Februari mulai di breakdown…entah kenapa biasanya orang lagi sibuk di detk terakhir

  5. Semoga ya Bunda..

    Tahun 2009 ini sepertinya tahun cobaan bagiku. Ada beberapa cobaan yang kunilai sebagai bagian dari challenge kehidupan yang memang harus dilalui. Semoga tahun depan akan lebih nyata hasilnya..

    Cobaan merupakan tantangan dan membuat kita kuat mas Nug….dan saya juga masih punya hal yang belum selesai tahun ini…doakan mudah2an segera berhasil ya….

  6. Masing2 orang tentu mempunyai masing2 tantangan. Perasaan belum puas adalah wajar dan malah menjadi penting karena itu akan membuat kita berusaha menjadi lebih baik lagi di masa mendatang. Sedangkan perasaan puas juga penting untuk mengerem laju kita dalam menangani hal2 tertentu yang kalau dikerjakan berlebihan tentu akan menjadi tidak baik….

    Namun begitu, di setiap hari tantangan yang kita tempuh, kita mempunyai orang2 tercinta di dekat kita, baik itu keluarga, handai taulan ataupun sahabat-sahabat di mana kita bisa sejenak bersenda-gurau untuk melemaskan otot2 kita dan mengendurkan saraf2 kita serta membuat rileks fikiran kita. Juga orang2 yang kita cintai tersebut dapat menjadi rekan kita yang dapat kita mintai tolong atau pendapatnya mana kala tantangan menjadi terlalu berat bagi kita sendiri. Pendek kata, di tengah2 orang yang kita cintai, tantangan, insya Allah, dapat terasa menjadi lebih ringan.

    Selamat tahun baru, semoga tahun depan menjadi tahun yang lebih baik bagi kita semua. Amin.

    Betul kang Yari, setiap orang punya tantangan masing-masing. Sungguh berbahagia jika dikelilingi saudara dan sahabat dekat, yang membuat kita kuat dalam menghadapi tantangan tersebut.
    Saya berharap tahun 2010 lebih baik bagi kita semua. Amien.

  7. bulan ini jg sebagai bulan planning for the next year hehe yg pasti tetap berdoa dan berusaha, seperti kata bang haji dalam lagu perjuangan dan doa! Hehe

    Ya, perlu membuat perencanaan minimal satu tahun ke depan

  8. amiin, semoga demikian, ya, tahun 2009, bisa menjadi bahan refleksi utk menyongsong 2010. ikut mengucapkan selamat ulang tahun buat orang2 terdekat ibu, semoga panjang umur dan mendaptkan banyak berkah dan rahmat Allah, amiin.

    Terimakasih pak Sawali..semoga tahun depan lebih baik lagi

  9. biasanya tahun baru saya gak punya program apa2 tetapi tahun ini beda ada beberapa program yang sudah dilaksanakan dan ingin diselesaikan tahun 2010 ini..jadi menyongsongnya agak lebih bersemangat..selamat tahun baru ya bu..

    Terimakasih, selamat tahun baru 1 Januari 2010…semoga tahun 2010 lebih baik bagi kita semua. Amien

  10. Tulisan yang menginspirasi saya bahwa target tahun 2010 merubah impian menjadi kenyataan, tentu dengan berusaha dan berdoa, trima kasih bu, sudah memberi motivasi.
    Salam

    Betul…kita harus punya impian untuk ke depan, dan bagaimana mengimplementasikan impian tersebut agar menjadi kenyataan

  11. semoga semuanya lebih baik taun depan ya bu? aduuuh lama banget gak ke sini. selamat taun baru, wish you and your family a great wonderful year ahead 🙂

    Makasih Venus, kita masing-masing sibuk…
    Saya juga jarang mengunjungi blogmu..
    Semoga tahun mendatang lebih baik bagi kita semua

  12. salam kenal…iya ya bu…saya juga merasa belum optimal tahun ini, be better on next year yaa 🙂

    Salam kenal juga, makasih telah berkunjung..
    Jika kita menyadari bahwa tahun ini belum optimal, maka kesempatan tahun 2010 untuk memperbaiki nya

  13. Saya jadi terinspirasi membuat perenungan.

    Sudahkah kita membuat mereka tersenyum dan bangga akan peranan kita? Sudah belum ya ….? Semoga suah. Amin.

    SElamat menikmati detik-detik menjelang akhir tahun 2009. Semoga Allah masih memberi kesempatan pada saya untuk terus menerus belajar pada mbak ratna. Amin.

    Puspita,
    Hmm ya, terkadang menjadikan pemikiran, apakah yang telah kita perbuat telah membahagiakan orang-orang disekitar kita? Orang-orang yang dekat dengan kita.
    Semoga jawabanya sudah, jikalau belum, kita harus selalu memperbaiki untuk tahun berikutnya

  14. bulan renungan,
    postingan yg patut
    direnungkan…..
    btw, sejatinya
    tak cuma bulan,
    setiap saat seharusnya
    kita slalu merenung
    dan melakukan introspeksi…

    Betul…seharusnya justru minimal setiap hari, pada saat kita mau berangkat tidur..
    Sudahkah kita melakukan yang terbaik hari ini?
    Dan perbaikan terus menerus..sehingga diperoleh hari yang makin menyenangkan, penuh tantangan, dan semoga juga makin membahagiakan

  15. Terus terang, sepanjang 2009 ini ada beberapa target yang tidak tercapai, tapi ada beberapa hal yang didapat di luar espektasi atau malah tidak direncanakan sama sekali… Bersyukur akan hal itu tentunya sangat tepat kita lakukan. Semoga di 2010 nanti kita beroleh kemajuan yang lebih signifikan ya Bu…

    Oya, selamat ulang tahun buat ketiga orang spesial itu.. 🙂

    Terimakasih Uda…
    Hmm..saya juga ada beberapa target yang belum tercapai, semoga tercapai di awal-awal bulan ini.
    Namun secara keseluruhan, banyak kejutan yang menyenangkan.
    Semoga tahun 2010 lebih baik lagi bagi kita semua

  16. bener mbak..merenung diakhir tahun ini banyak membuat aq tersadar banyak juga kesalahan yg aq lakukan..dr segi finansial aq termasuk yg boros..aq selalu menyesal kalo hbs shopping..gimana dong mbak…supaya tahun depanku lebih baik…

    Elly, jika kita menyadari kekurangan yang kita lakukan, hal itu akan mudah untuk melakukan perbaikan.
    Agar tak tergoda untuk shopping berlebihan, saya membatasi keluar rumah jika tak perlu..atau bawa uang secukupnya, dan tinggalkan kartu kredit di rumah.
    Mudah dikatakan, tapi sulit untuk dilaksanakan…betul nggak?

  17. Bu, maaf saya kok kurang sreg dengan kalimat terakhir ibu soal tahun 2009 yg membawa kebahagiaan.. Kenapa nggak “Selamat tahun baru 2010, semoga di tahun yang baru kita smakin bahagia” karena kan taon 2009 sudah akan berakhir 🙂

    DV..karena judulnya renungan…tentu renungan untuk masa lalu, yang pernah kita lakukan, terutama dalam tahun 2009. Sudahkah kita melakukan hal terbaik untuk orang-orang terdekat kita? Sudahkan kita banyak memberikan waktu bagi keluarga kita?
    Ini untuk bahan introspeksi, agar tahun kedepannya (tahun 2010) kita bisa lebih baik lagi…karena sesuai ramalan, tahun 2010 lebih menantang…
    Dengan perenungan, kita bisa melihat kesalahan atau kekurangan kita, untuk memperbaiki di tahun berikutnya

    “Selamat Tahun Baru 2010…semoga tahun 2010 lebih baik buat kita semua..Amien.”
    (Maksudnya postingan tahun baru nya ada lagi…hehehe)

  18. maaf yah bu kalo telat. selamat ulang tahun yah buat tiga adik bungsu ibu, suami, dan si sulungnya bu…
    Selamat tahun baru 2010

    Terimakasih….
    Dan juga “Selamat Tahun Baru, 1 Januari 2010. Semoga tahun 2010 lebih bagi kita semua….

  19. bulan renungan? (thinking)
    iya, bisa jadi. bisa buat evaluasi kerja kita tahun ini, bisa sekaligus membuat perencanaan2 kerja dan peningkatan kinerja untuk setahun mendatang.

    v(^_^)

    liburan kemarin seru banget! kami ke kebun raya bogor tanggal 26 kemarin. malamnya nginap rame-rame di rumah seorang kawan di ciledug. bakar-bakar BBQ! (mmm) pagi esoknya main sepak bola, terus sorenya nge-jam di studio. malamnya tepar, dan senin kemarin terasa benar capeknya ketika di kantor. tapi puas!

    Wahh itu acara yang menyenangkan untuk menghabiskan liburan akhir tahun…..walau capek kan hati puas.

  20. Selamat Tahun Baru 2010 mbak Eny… semoga tahun mendatang lebih baik dari tahun ini …
    Saya ga pernah masang target apa2…hehehe saya nikmati saja hidup ini (semoga dengan penuh syukur)

    semoga yah…..

    Terimakasih Wieda…Selamat Tahun Baru juga..semoga kita bisa menikmati setiap kehidupan kita dengan lebih menyenangkan.
    Bukankah hidup harus “balance”…antara kerja keras dan hobby, rekreasi…

  21. Mbak, yang ultah pertengahan Desember itu Pak Trijoko ya? Wah, saya sudah lama nggak mampir ke blog beliau. Sebenarnya saya suka membaca tulisan-tulisan Pak Tri, tapi berhubung waktu sangat terbatas, saya lebih memprioritaskan untuk membalas kunjungan teman-teman yang komen di blog saya (sementara Pak Tri jarang berkunjung ke blog saya).

    Tahun 2009 boleh dikata saya memperoleh banyak kebahagiaan, meskipun ada target-target penting yang belum tercapai, khususnya di bidang studi. Semoga tahun 2010 akan memberikan lebih banyak kemudahan bagi saya untuk menyelesaikan segala hal yang tertinggal.

    Rencana merayakan tahun baru dimana Mbak?

    Betul mbak…kebetulan saya tiga bersaudara ultahnya tanggal 14 semua, hanya beda bulan. Yang 14 Desember ultah Tridjoko…dia sekarang jarang nulis, kayaknya sibuk di FB, seneng ketemu teman lama (dari SD-SMP-SMA-PT), malah nulis puisi juga di FB..jadi tak komentari kenapa nggak di copy paste (link) ke blognya.
    Saya ada beberapa target tak tercapai, namun keberuntungan masih lebih banyak, dan saya bersyukur atas semua karunia Nyayang diberikan pada saya sekeluarga.
    Saya akhirnya bw terbatas pada yang komentar atau yang tercatat di blog (walau nggak meninggalkan komentar)…soalnya bw juga perlu waktu karena mesti baca artikelnya.

    Saya tahun baru mungkin di Bandung mbak….

  22. Semoga tahun depan akan lebih baik dari tahun skrg! Dan mg2 ada hal2 yang baru yg lebih baik lagi! Amin!

    Saya juga berharap begitu….tahun 2010 lebih baik lagi

  23. selain penuh dengan ksibukan menjelang akhir tahun ternyata banyak momen berharga dijumpai pada bulan desember ya mba seperti ulang tahun adik, saya juga mengalami hampir serupa tuh…

    Iya….kalau ultah keluarga terdekat (walau sekedar mengucapkan selamat ultah) tetap harus diingat….
    Dulu…saat belum punya uang sendiri, menabung dari uang saku, agar bisa memberi hadiah buku

  24. ulang tahunbisa berendeng gitu yah?
    apa dulu direncanakan?
    semoga tahun 2010 menjadi lebih baik aja ya bos

    Lha mosok direncanakan? Saya dulu ingin meniru ibu saya, ketiga anaknya lahir di tanggal 14 cuma beda bulan…tapi nggak bisa…kecuali jika mau bedah caesar…hehehe
    Saya berharap tahun 2010 lebih baik dari tahun lalu

  25. saya cuma ingin membuat orang tua saya lebih bahagia..keluarga sehat selalu.. karena ga ada yang lebih penting dari hal itu.. 🙂
    smoga bunda juga sukses dan sehat selalu di taun yg akan datang ya 🙂

    Dilla…itu harapan yang indah sekali
    Pasti orangtuamu bangga sama Dilla

  26. saia juga merenung, kenapa saia lupa kalo tidak pernah berkunjung di blog ini, maaf kan saia

    Hmm..saya juga lama tak berkunjung ke blogmu…kesibukan kita di dunia nyata lebih menyita waktu

  27. kalo aldi, bulan Desember ini bulan deg-degan menunggu sesuatu hehehehe

    tapi memang sih Bu, Desember cocok memikirkan resolusi apa yg belum tercapai di taun ini dan apakah akan diteruskan ke tahun sbelumnya =)

    Sudah hampir waktunya ya Aldi, semoga mama dan bayinya selamat
    Betul Aldi, paling tidak sebagai arahan kita untuk kedepannya. Bukankah mengelola rumah tangga seperti halnya mengelola usaha kecil? Agar masing-masing peran dalam rumah tangga menjadi optimal, mimpi2 tercapai, dan masing-masing berbahagia…

  28. Tak ada yang istimewa di akhir tahun di pelosok kampung tempat aku tinggal. Biasa saja. Tidak seheboh di kota-kota besar dengan terompet dan kembang api.
    Bagi saya, sepanjang tahun 2009 ada beberapa target yang tak tercapai. Meski demikian, ada juga banyak hal yang bisa disebut sebagai pencapaian.

    Di kota besar juga seringnya cuma menonton TV, malah biasanya tetangga sudah menyiapkan kembang api dan terompet, jadi kami tinggal menikmati aja.
    Malas pak, berdesakan di jalanan, sehari-hari sudah kena macet…..mungkin bagi yang masih muda asyik seperti anakku dan teman2 nya

  29. akhir 2009 yang sedih, GD meninggalkan kita semua. mudah-mudahan kita bisa bertemu lagi di surga nanti

    Kita kehilangan seorang bapak yang selalu meniupkan semangat demokrasi dan pluralisme, walau kadang tak kita pahami.

  30. benar sekali mbak,,,desember… biasanya kita akan kemrungsung dengan banyak hal yang belum selesai. Tapi harus disyukuri…bahwa paling tidak kita telah berusaha yang terbaik dalam berbagai hal. semoga 2010,kita bisa semakin baik dalam ibadah dan karya.
    Selamat…untuk yang berulang tahun…orang orang terdekat mbak Eni

    Benar mbak, dalam pekerjaan, kita harus berusaha berbuat yang terbaik…
    Dan semoga tahun 2010 lebih baik dari tahun sebelumnya, dan selain itu juga semakin banyak berbuat kebaikan

  31. Assalamualaikum, salam kenal ya Bu, menurut saya Bulan Desember memang bulan perenungan, tapi biasanya hanya sedikit orang yang bisa mengaplikasikan hasil perenungannya itu. Semoga kita bisa masuk ke dalam orang-orang yang selalu berinstropeksi diri :D, semoga lebih baik di tahun 2010 ini.

    Salam kenal juga, terimakasih telah berkunjung.
    Semoga di tahun 2010 kinerja kita lebih baik lagi

  32. hmmm…pertengahan tahun 2009 saya mulai ngeblog, dan mendapat banyak kenalan dan sahabat baru. Akhir tahun 2009, saya kurang produktif menulis karena keasyikan dolan-dolan di kampung halaman, dan “ketidakproduktifan” ini merembet ke awal tahun 2010 ini…hiks…
    Saya jarang sekali On Line, jarang BW, dan jarang up date tulisan baru.
    semoga, tahun 2010 ini, di samping harapan-harapan yang lainnya, saya juga kembali aktif ngeblog lagi, semakin bertambah pula kawan dan sahabat baru dari blogging.
    salah satu target saya tahun 2010 ini: kopdar dengan Bu Enny…semoga…..ya..ya..semoga terlaksana.. 🙂

    Ayoo Nana….kapan ketemuan? Saya sama Kris juga belum sempat ketemu, memang sebulan terakhir ini saya mondar mandir melulu…..
    Menyenangkan kok kopdar dengan teman-teman dunia maya, apalagi jika kita telah kenal melalui tulisan2nya….begitu ketemu rasanya sudah seperti kawan yang telah lama dikenal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s