Oleh: edratna | Maret 20, 2010

“Kancilen”

Pertama kali saya mengucapkan kata “kancilen”,  sahabatku saat mahasiswa,  yang dari Cirebon terbahak-bahak. “Lu, ada-ada aja, mosok orang nggak bisa tidur di bilang kancilen. Emang kayak kancil?” Saya tak tahu, apa persisnya  kata kancilen dalam bahasa Indonesia, yang baik dan benar. Sulit tidur? Rasanya kurang tepat, karena  sulit tidur seolah-olah menjadi kebiasaan yang agak permanen bahwa seseorang sulit tidur. Insomnia? Ini memang gejala orang yang sulit tidur, dan membayangkan pasti capek sekali keesokan harinya, pada saat harus beraktivitas. Dan kebalikannya adalah mudah tidur, atau yang kebablasan, seperti yang pernah saya tulis di sini adalah sleeping disorder atau narcolepsy.

Saya sebenarnya tak pernah merasa kesulitan dalam hal tidur, kecuali jika di tempat baru. Apalagi jika pekerjaan banyak, bahkan saat mahasiswa, jika mau ujian tak berani belajar di atas tempat tidur, bisa-bisa kebablasan sampai pagi. Namun sesekali, saya merasakan sulitnya tidur…..mengantuk, tapi sulit terlelap. Jadi mungkin ini yang akhirnya menimbulkan kata kancilen (dari Jawa Timur), karena mata kita ketap-ketip tapi nggak bisa merem. Entah apa kancil itu matanya suka ketap-ketip apa tidak, karena saya sendiri belum pernah ketemu kancil, dan lupa, apa pas ke kebon binatang pernah melihat binatang kancil ini. Biasanya kancilen menyerang jika saya melewati batas waktu tidur…aneh ya? Badan saya memang mirip robot, ada jam-jam tertentu, biasanya jam mengantuk adalah antara jam 21.00 s/d 22.00 wib. Jika saya mengerjakan soal, belajar atau bekerja, atau menonton TV melewati jam tersebut, maka mata menjadi sulit untuk tidur. Mengantuk, namun entah kenapa menjadi sulit terlelap, kalaupun tidur menjadi tidur-tidur ayam. Nahh ini istilah dikampungku…..yang artinya riyep-riyep (duhh apa bahasa Indonesia yang pas, ya?)…..mengantuk, tertidur namun masih mendengar suara-suara orang jalan, suara burung, tikus mencicit dan sebagainya. Jika tidur seperti ini, esok paginya badan kurang segar, karena sebetulnya tidur kita kurang nyenyak.

Sulitnya lagi, saya sulit atau tak terbiasa bangun siang. Jika terlalu lelah dan bangun kesiangan, maka hari itu hampir dipatikan badan tak terasa nyaman. Jadi, walau kancilen, saya tetap harus bangun paling lambat jam 4.30 wib dan jangan tidur lagi, jika tak ingin pusing. Beberapa hari ini saya agak sebel, entah kenapa akhir-akhir ini banyak sekali sms dari provider, atau kartu kredit, yang kadang diterima setelah mendekati atau melewati jam 11 malam. Akibatnya jika sudah tertidur menjadi kaget dan tak tidur lagi, ketap-ketip  sampai mendekati jam 2 pagi. Seperti semalam, saya menerima sms dari Telkomsel…yang hanya sekedar menawarkan sebuah produk. Saya menyadari, pengiriman sms itu di program dalam komputer sehingga entah kapan sampainya ke pelanggan. Dan saya lupa menyetel hape menjadi “silent mode”…jadilah pagi ini badan terasa aneh. Biasanya agak mendingan setelah minum segelas susu coklat hangat dan teh panas manis, namun tetap saja badan terasa tak seperti biasanya.

Marketing saat ini memang telah menjadi kebutuhan bagi perusahaan, namun terkadang menjadi gangguan. Apalagi jika sms atau telepon itu muncul di malam hari….saya pernah menerima telepon di malam hari, yang ujung-ujung nya hanya menawarkan suatu produk. Aduhh bagaimana tak kesal? Kalau tak dibuka, kawatir telepon penting. Dan hari ini terpaksa woro-woro, jika ada telepon penting dan malam hari, saya hanya membuka nomor hape satunya…dan mohon maaf nomor ini terpaksa hanya untuk keluarga dekat.

Pagi ini membuka FB nya DV, yang mengatakan sedang migren….hmm saya juga merasakan seperti ini…padahal pagi ini banyak pekerjaan yang harus diselesaikan. Apakah yang anda lakukan jika tak bisa tidur? Minum segelas susu hangat? Atau apa?

Iklan

Responses

  1. (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Kancilen, sering saya mengalaminya. saya juga gak tahu kenapap susah tidur dibilang kancilen entah ada hubungan apa dengan kancil atau pelanduk itu

  2. saya baru mendengar istilah kancilen ini bu enny…

    saya menganut paham “pelor” bu, yakni asal nempel, molor… hehe.. insya Allah saya gampang untuk tertidur, apalagi kalau sedang capek bener, sekali kejap langsung hanyut. malah seringnya cuma sebentar, kira2 lima menit, udah bangun lagi dan badan terasa segar…

    jika saya belum mengantuk, maka yang saya lakukan biasanya membaca sambil tiduran. dijamin, dalam hitungan menit, saya sudah tertidur, hahaha… 😀

    Saya jarang susah tidur, tapi kalau udah melewati jam biologis mencicil deh..kalau bangun lagi bisa semalaman ga tidur…padahal besoknya dipastikan pusing (migren)

  3. emang susah nyari kata yag baku kalo kondisinya semacam itu….

    Maksudnya kondisi kancilen? Bukankah malah banyak orang yang sulit tidur?

  4. Meski “Kancilen” masuk kategori ringan, tetapi ternyata mampu menginspirasi saya bahwa penting memperhatikan hal-hal sederhana di sekitar kita untuk memperkaya semangat hidup. Salam kekerabatan, Bu.

    Ringan..kalau sering terjadi badan menjadi kurang sehat pak..kinerja juga menurun...

  5. Ngeblog dan blogwalking adalah obat KANCILEN ! hehehe

    Lha tambah matanya melek ombo…

  6. salam kenal ….. sangat familiar dengan kancilen ….. terutama bila si sulung 3 tahunku tidur terlalu cepat …. siap siap “beloagak insomnia” menemaninya yg sedang terkena sindrom kancilen hehehheh …. kalo saya sendiri yg kancilen …. sesungguhnya (agak) senang …. karena saat terbangun tidak sengaja … dan sulit tidur kembali … banyak ide inspirasi yg datang menghampiri …..

    segelas susu hangat terkadang bisa membantu kok mbak 😉

    salam hangat

    Iya, susu hangat sangat membantu…namun terkadang tidak juga..jika telah melewati batas waktu jam biologis yang menjadi kebiasaan tubuh.

  7. sy juga terima sms telkomsel itu jam 11 malam, kaget banget kirain ada keluarga yg sakit,

    kalau kedinginan sy jadi kancilen bu

    Kedinginan jadi susah tidur? Bukannya malah nyenyak…. pakai selimut hangat….

  8. Apakah memang kancil juga susah tidur ya
    Tapi saya memang suka kancileun 🙂

    Sayangnya belum pernah ketemu kancil
    hahaha…jadi nggak bisa ngecek

  9. wah, kata kancilen kok beda pengertiannya dengan di kampung halaman saya, ya, bu. kancilen itu kata orang2 di kampung sama dengan kedinginan seperti orang yang sedang demam. ini merupakan bukti kalau bahas ajawa itu termasuk bahasa yang terkaya di dunia, bu. satu makna saja bisa diwujudkan ke dalam banyak kata.

    Ternyata sama-sama bahasa atau istilah Jawa…artinya beda ya pak? Beberapa istilah di Jawa memang beda…di Madiun mengatakan kerupuk yang dari “bleng” namanya lempeng…di Solo namanya karak….hehehe…padahal jarak Madiun-Solo dekat

  10. wahhh wahh malah baru tau skrg apa itu kancilen…..

    trism bu dapet kosakata baru nih.. 🙂

    Saya tak tahu apa di daerah lain namanya juga kancilen..ternyata di daerah pak Sawali (Kendal), istilah kancilen punya arti berbeda

  11. Saya gak mengenal jam tidur harus jam segini atau jam segitu. Pokoknya kalo terlewati saat ngantuk, dipastikan saya bisa tidur jam dua atau tiga pagi. Lalu bangunnya juga ikut lewat, ya bisa jam delapan atau lebih. Tapi kalo badan capek saya termasuk “pelor.”

    Wah nikmat itu…namun kalau bekerja di perusahaan yang memperhatikan ketepatan waktu, sangat sulit…karena tiap jam 4 harus bangun, jam 6-6.30 pagi berangkat…pulang paling cepat jam 7 malam

  12. loooh komen saya ga masuk kayanya…:D
    kancilen ??? mari nyolong timun :p

    riyip2 = tidur ayam?

    gak bisa tidur?? kata MR. Bean let’s counting the sheeps…..
    he he he he he

    Hahaha….baca komenmu ikutan ketawa….
    Tidur ayam…..?
    Kenapa istilah kita menyamakan dengan binatang ya? Kancilen? Tidur ayam….ohh karena ayam tidur jika ada orang didekatnya terus terbangun dan heboh….

  13. Kalau sulit tidur saya biasanya membaca dulu sambil tiduran. Walau hal ini sebetulnya tak baik, tapi bagi saya cukup membantu untuk membuat mata segera mengantuk.

    Kalau membaca sambil duduk atau secara wajar malah membuat mata terus melek.

    Sebetulnya tiap hari saya bawa bacaan ke tempat tidur…ini obat ngantuk yang ampuh..namun diikala riyep-riyep dikagetkan..mis oleh deringan telepon atau suara keras..bisa jadi melek penuh.

  14. wah saya juga sering denger istilah kancilen, tapi nggak ngerti artinya.

    setelah baca postingan ini, baru tau artinya 🙂
    berarti hampir sama dengan saya. kalo udah lewat jam tidur jadi susah tidur.. bisa2 ‘melek’ ampe dini hari..

    Berarti istilah kancilen cukup populer ya….
    Nahh kalau Anna melek sampai dini hari, itu namanya sedang kancilen…hehehe

  15. kancilen mungkin disebabkan karena badan tidak fit / peredaran darah tidak lancar..mungkin senam pagi ringan dulu supaya malam bisa tidur lelap seperti sedia kala…

    Lha kok malah senam…lha malah tambah melek dong….
    Dan bagaimana senam pagi, jika am 6 sudah berangkat ke kantor…senamnya hanya sekedar aja…terus terburu-buru pergi

  16. wakwkakw
    baru tahu dan baru denger kata kancilen heheh
    makasih tambah satu kosakata nuy hahhaha

    berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya
    salam blogger
    makasihh
    😀

    Ini memang istilah di daerah tertentu…
    Kunjungan balik? Kalau ada waktu biasanya saya kunjungi balik penulis komentar atau kalau dari statistik terlihat yang mengunjungi blog ini.
    Kunjungan balik tak harus memberi komentar lho…apalagi jika tulisannya tak sesuai bidang saya…lha nanti malah OOT


  17. Kalo mau yg cess pleng ya minum obat tidur buk..
    🙂

    Waduhh…Septa, obat itu tak boleh diminum sembarangan, nanti menjadi ketergantungan

  18. Ada yang bilang kancilen dech lo…
    Ujar anak gaul 🙂

    Ahh…rasanya nggak pernah dengar…karena kancilen itu bahasa Jawa…jadi ungkapannya tak seperti itu

  19. kalau aku tidur hehehe…

    Nikmatnya yang tidur….

  20. Bu,
    kalau saya, obat kancilen itu makan hahaha…
    saya kalau sudah kancilen langsung masak indomie rebus plus dua telor plus teh hangat.. dijamin nggak sampe setengah jam setelah itu langsung pulas..

    Tapi itu tadi adalah obat penghabisan.. kalau masih tahap awal saya mengakalinya dengan mandi air hangat terlebih dahulu…

    Thanks sudah buka FB saya…. hari kamis dan jumat kemarin memang saya migren karena masuk angin tapi puji Tuhan sudah sembuh 🙂

    Don…lha kalau makan terus ntar tambah ndut dong…
    Susahnya, kalau sudah gosok gigi saya tak bisa makan lagi (memang bukan tipe ngemil)
    Iya…FB mu sempat sulit dibuka.
    Bener kan? Migren biasanya karena kecapekan, masuk angin..pijat refleksi (telapak kaki)…terus mandi air hangat..usahakan tidur…bisanya terus mendingan

  21. waah bun…
    kalo gak bisa tidur saya biasanya.. er…
    misuh2 di twitter 😛
    sampe capek sendiri lalu ketiduran hahaha

    Lha…nggak bisa tidur kok malah misuh-misuh..misuh itu menghabiskan energi lho…
    Atau karena itu jadinya lemes, terus ngantuk? Eka ada-ada aja….

  22. saya juga kalo di rumah sendiri jarang gak bisa tidur. biasa nya sih pasti bisa. ya kecuali kalo lagi di tempat lain yang baru.

    tapi kadang2 emang bisa tau2 gak bisa tidur. menyebalkan sekali emang ya kalo gak bisa tidur itu. jadi gak enak semua rasanya. saya juga gak tau mesti gimana kalo gak bisa tidur. hahaha. biasa ya udah dimerem2in aja, trus diem2 aja. walaupun lama ntar lama2 kan bisa tidur sendiri… 😀

    Sulit tidur memang tak enak..badan kurang segar…padahal lainnya melihat kita ber golek-golek di kasur.
    Entah kenapa, di tempat baru saya susah tidur…apalagi jika tugas ke luar kota dan tidur di hotel…baru hari kedua bisa tidur..sedihnya pas hari itu kita sudah pindah ke kota lain lagi…:((

  23. baru tahu istilah kancilen, bu..sekarang juga sedang sering terserang kancilen bu:) susahnya tidur nyenyak, suara sehalus apapun juga mesti membangunkan tidur. akhirnya hpnya juga disilent mode dan tidak digetar untuk sms. yang digetar hanya klo untuk telepon..

    Yup..akhirnya hape saya silent mode setelah jam tertentu…

  24. Wah, istilah kancilen lain lagi artinya di kampung saya. Kancilen artinya nggak bisa turun dari tempat tinggi misal pohon, karena takut/gamang pada ketinggian (takut jatuh)…

    Beda jauh ya….takut ketinggian bisa disebut awang-awangen..namun ini juga berarti merasa gamang

  25. dengan ini saya mengatakan bahwa saya termasuk orang2 yang KANCILEN

    Jadi..termasuk tipe yang begitu nempel bantal langsung tidur?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: