Oleh: edratna | Mei 11, 2010

Menunggu Komentar ke 15.000

Pada awalnya tak pernah terbayangkan jika blog ini bisa bertahan hidup sampai 3 (tiga) tahun lebih. Tepatnya blog ini diawali pada  akhir bulan Oktober 2006, yang untuk awal bulan selanjutnya saya tidak aktif bekerja lagi. Saat itu masih belum tahu apa yang hendak dikerjakan untuk membuat sibuk, rumah tinggal juga baru mulai dibangun, karena selama  masih aktif bekerja tinggal di rumah dinas. Memang terasa berat meninggalkan rumah dan kompleks, terutama karena disinilah anak-anak saya dibesarkan, bahkan si bungsu lahir di kompleks rumah dinas di bilangan Cipete ini.

Awalnya saya tak tahu menahu, apa dan bagaimana blog itu. Jadi, saya mencoba membuka berbagai jenis blog, tentunya selain blog kedua anakku, dan bingung mau menulis tentang apa,  karena tidak bisa membayangkan apakah tulisanku nantinya ada yang baca. Namun, akhirnya dorongan kedua anakku, yang menginginkan ibu tetap sehat dan aktif, memberiku keberanian, dan mulailah saya menulis. Ceritanya sepele saja, hanya cerita tentang masa kecil, lebih seperti mendongeng tentang masa lalu. Sebetulnya saya malu, dan berdoa semoga teman-teman atau mantan anak buahku tak pernah membaca blogku. Ternyata ada juga yang datang mengunjungi blogku, tentu saja anakku, kemudian teman anakku, dan akhirnya juga ada orang lain yang belum kukenal. Thema blog inipun belum pernah diganti, selain saya sendiri  memang kurang ahli dalam hal beginian, juga pada akhirnya “merasa” kalau thema ini telah menyatu dengan karakter saya, walau banyak yang protes tulisannya terlalu kecil.

Setelah beberapa bulan berlalu, suami memberi komentar, agak menyentil, kenapa saya nggak membagi ilmu atau pengalaman pada orang lain? Pengalaman bekerja dibidang keuangan lebih dari 28 tahun tentunya banyak yang bisa diceritakan. Dan suatu ketika, saya ketemu dengan mantan atasan, tempat saya bekerja dulu, beliau juga menyarankan hal yang sama dengan suami.  Sejak itu saya mencoba menulis hal-hal yang “agak serius” namun dikemas lebih ringan dalam penyampaiannya, agar tak terlalu sulit untuk dipahami orang awam. Yang menyulitkan, selain saat menulis perlu waktu lebih lama, pertanyaan sering melebar, di luar artikel yang ditulis. Awalnya saya masih bisa menjawab satu per satu, namun kemudian kesibukan tak memungkinkan lagi. O, iya, gara-gara menulis di blog,  saya diajak bergabung untuk membantu mengajar di Pelatihan, yang kebetulan sangat erat kaitannya dengan bidang pekerjaanku selama ini. Sejak itu, saya sering  mengajar, jika memang waktunya sesuai dan bidang yang dibutuhkan sesuai kompetensi saya. Tugas mengajar ini membawaku keliling Indonesia, sejak dari Banda Aceh sampai Papua. Dan karena sudah punya blog, saya berusaha menuliskan pengalaman mengajar, sekaligus pengalaman wisata ke berbagai daerah tersebut di blog.

Senin malam, tanggal 10 Mei 2010,  jam 20.25 wib, saya lihat tulisan di blog telah mencapai 558, masih jauh di bawah tulisan Imelda dan juga teman-teman lain. Dan pengunjung yang memberi komentar telah mencapai angka 14.994 orang, sehingga jika rata-rata yang datang mengunjungi blog antara 1000-1300 orang per hari jika hari biasa,  dan turun menjadi antara 500-850 pengunjung saat akhir pekan atau hari libur.  Yang memberi komentar tergantung dari jenis artikel yang ditulis. Dan ini ternyata sangat berbeda dengan apa yang masuk dalam 10 top post harian. Artikel yang sering bertengger dalam top posts adalah tentang masalah keuangan dan perbankan, wisata, serta permasalahan  yang ingin lebih diketahui secara luas (seperti anak indigo, indra keenam dan intuitif, dsb nya) Hmm apa ya hadiahnya? Tentu saja, ucapan terima kasih tak terhingga saya ucapkan buat teman-teman semua, karena kunjungan dan komentar teman-teman  yang membuatku terus ingin menulis. Walau kadang badan lelah, maklum usia makin bertambah, namun komentar dari teman-teman membuat semangat untuk terus menulis, walau terkadang yang ditulis hanyalah hal yang remeh temeh. Terus bagaimana dengan spam? Ini ternyata juga cukup banyak, sampai saat ini spam mencapai 9.723…..banyak juga ya.

Saya juga mohon maaf jika ada komentar teman-teman yang tak bisa saya muat, biasanya karena tulisannya banyak disingkat dengan menggunakan berbagai tulisan besar kecil yang membuat pusing, atau komentarnya tak sesuai dengan artikel, atau komentar yang bisa membuat situasi kurang nyaman. Pada akhirnya blog ini juga punya segmen tertentu,  jika saya berkunjung balik ke pemberi komentar, dan kemudian saya sering mengunjungi blog tersebut, berarti memang saya menyukai karakteristik tulisan dalam blog tersebut. Mohon maaf juga jika saya terpaksa hanya berkunjung tanpa meninggalkan jejak, jika tulisan dalam blog yang saya kunjungi sulit untuk bisa saya berikan komentar, karena bukan termasuk kompetensi saya untuk memberi komentar pada tulisan tersebut. Dan akhir-akhir ini, semakin sulit rasanya untuk menyediakan waktu buat blogwalking, karena kesibukan di dunia nyata juga makin menyita  waktu.

Dan ternyata…komentator ke 15.000 adalah mas Sunarnosahlan, yang memberikan komentar pada jam 7.14 wib hari Selasa tanggal 11 Mei 2010. Tadinya kawatir juga jika komentator ke 15.000 jatuh pada orang yang bukan blogger atau yang hanya sesekali lewat. Walau ada komentar yang saya sukai, walau beliau bukan blogger, sayang sudah jarang meninggalkan jejak di blogku, yaitu Adipati Kademangan. Namun saya bersyukur bisa melihat wajah Adipati kita ini di face book nya Bangaip….wajah yang ngganteng, idaman kaum wanita.  Selamat ya, dan terimakasih banyak……lainnya japri aja.

Responses

  1. Wah selamat Bu.

    Terbukti kalau tulisan Ibu banyak yang menyukai. Kalau saya bilang tulisan Ibu itu mengalir, jadi tidak melelahkan untuk dibaca karena cukup mengikuti alirannya saja.

    Blog ini awalnya kan sekedar untuk mencari kesibukan (saat itu masih bingung mau ngapain setelah pensiun)…
    Terus bingung juga mau menulis apa…ya akhirnya menulis cerita sehari-hari, seperti mengobrol dengan teman, atau mendongeng dengan anak/keponakan

  2. wow traffic nya tinggi ya blog ini.. 🙂
    terus menulis ya.. saya salah satu penggemar blog ini lho.. hehe

    Wahh makasih Arman….hehehe
    Ini kan blog cerita ibu-ibu..mendongeng pada anak-anaknya, sharing pengalaman pada teman anaknya…lha kan usia Arman lebih cocok untuk jadi anakku…hehehe

  3. waaah akhirnya sampai 15.000 ya bu. Tadi waktu ibu tulis komentar di tempatku masih nunggu kan? Coba aku langsung ke sini dan nulis komentar aku bisa yang ke 15000 ya hihihi

    Terima kasih ya bu, dengan ibu nulis blog dan komentar kita bisa bertemu dan menjadi akrab. Mungkin karena ada “chemistry” yang cocok antara kita ya bu.

    Udah ngga sabar mau ketemu ibu waktu mudik

    EM

    Hayooo…hayooo… saya juga udah kangen nih Imel..jangan lupa kasih tahu ya kapan mudiknya

  4. wah blue senang jika sudah terwujud
    semangat
    salam hangat dari blue

    Salam hangat juga untuk blue

  5. 5(maaf) izin mengamankan KELIMAAXXXZZZZ dulu. Boleh kan?!
    Selamat atas komentar ke 15 ribunya

    Terimakasih

  6. hebatnya lagi selain bisa bertahan 3 tahun juga termasuk eksis sebagai seleblog. selamat bu!

    semoga saya bisa meniru semangat dan konsistensi sampeyan dalam menulis.

    soal adipati kademangan, memang beliau ini sosok yang jarang ada, maklumlah orang komentar di blog biasanya kan nyari feedback, sementara beliau ini ndak punya blog tapi istiqomah komennya. 😆

    Hehehe…saya juga nggak menyangka akan bertahan…dulu terpikir juga, mau menulis apa ya….
    Akhirnya ya cuma tulisan sehari-hari….

  7. waaaaw sudah 15.000 aja bu… saya belum sampe, masih 3000-an lagi :mrgreen:

    Nggak apa-apa Chic, tenang aja..itupun komentarnya banyak yang saya masukkan spam, terutama yang nggak nyambung, atau komentar yang disingkat-singkat…

  8. tak menyangka pagi ini, sambil mengedit naskah buka blog dan salah satunya meninggalkan komentar di blognya Bu Enny, ternyata dapat rizki. alhamdulillah dan terima kasih Bu, data sudah saya kirimkan lewat email

    Terimakasih pak….semoga hadiahnya bermanfaat buat bapak sekeluarga serta anak didik bapak

  9. hebatnya Bu Ratna , sudah 3thn ngeblog dan masih tetap eksis.
    semoga saya bisa meniru Bu Ratna, utk teus ngeblog, hingga saya gak bisa menulis lagi .
    Selamat ya Bu, utk ultah blognya yg ke-3.
    dan, terimakasih juga krn telah berbagi 🙂
    salam

    Sebetulnya ultah ketiga nya udah lewat bunda…ini untuk komentator yang ke 15.000
    Banyak juga komentar yang saya delete atau edit…terutama untuk komentar yang tak sesuai dengan artikel, membuat kondisi kurang nyaman atau yang penuh singkatan dan huruf nggak jelas.
    Saya juga berharap begitu, bisa menulis terus….walau sekedar yang ringan-ringan

  10. 15.000 komentar..
    luar biasa …
    blog ini banyak kisah2 yang bagus untuk disimak..

    selamat ya buk… 3 tahun lebih eksis..
    Lia aja belum sampai 3 bulan..
    semoga bisa kayak bu ratna… 🙂

    Makasih Lia….semoga saya bisa terus menulis..dan semoga tulisannya tak membosankan pembaca


  11. Semoga tetap eksis ngeblog ya Buk..
    Dan terus berbagi ilmu..;-)
    ..
    Jadi bertanya-tanya Bu Enny mampir ke blog saya karena berkunjung balik ato memang suka tulisan saya ya..:-o
    Hi..hi..
    ..

    Ata,
    Walau saya buat aturan untuk berkunjung balik ke blog yang memberi komentar, tapi saya tak meninggalkan jejak jika tulisannya bukan kompetensi saya untuk meninggalkan komentar…atau isi blognya tak sesuai karakter saya.
    Tenang aja…saya suka dengan blogmu..tulisannya lucu2

  12. whoala ini tho bu yg dimaksud 15.000.. kmrn ada yg nebak dolar ya hehehe..
    selamat bu atas blognya, 3 tahun kyknya berlalu dgn cepat ya..

    saya udah jarang sekali maen kesini, selain malu krn ga pnh ngupdate blog, di kantor kerjaan makin banyak, tp sy selalu inget loh sm ibu 🙂

    Maklum yang nebak dolar orang Bank, Ida..
    Dia pikir kok saya meramalkan kurs dolar akan naik lagi…hehehe..
    Nggak apa-apa, dia termasuk muridku kok, saya dulu Project Officernya….walau kemudian dia pindah ke bank lain

  13. Kalau saya, bulan Juni nanti blog saya insya Allah akan memasuki usia 3 tahun, dan komen saya baru sekitar 9800an… Namun begitu saya sadar kuantitas tidak selamanya mencerminkan kualitas, saya sendiri mengharapkan bahwa di masa2 mendatang komen yang masuk di blog saya mudah2an lebih berkualitas lagi walaupun tentu saja kita WAJIB mengapresiasi komen, seasal apapun komen tersebut…

    Kang Yari, kalau melihat isi blogku, yang banyak komen nya justru untuk tulisan yang ringan-ringan…ini terbalik dengan tulisan yang banyak pengunjungnya.
    Tulisan yang banyak pengunjungnya, tulisan yang “agak serius”..agak lho, karena tulisan di blog udah ringan sekali, kan bukan proposal atau makalah…
    Belakangan, malah tulisan serius, komennya saya tutup, karena kadang orang komentar tak mau baca artikelnya (terus komen nya aneh2)…dan saya menulis hanya untuk sharing…daripada mengecewakan, ya komen ditutup.

  14. rupanya sdg melakukan refleksi blog di komentar ke 15.000. sebuah pencapaian ngeblog yg layak mendapatkan apreasiasi, apalagi sdh 3 thn ngeblog.
    saya sendiri ngeblog baru satu setengah tahun. masih dan sll belajar dr para pendahulu 🙂

    Hmm…iya…sempat ragu juga apa bisa bertahan
    Kadang lupa punya blog kalau lagi sibuk banget…kadang rajin menulis...mood yang nggak jelas

  15. kunjungan pertama saya, salam kenal ya mbak

    Salam kenal juga Puti

  16. Selamat, Bu, ya!

    Saya berpikir, ini sebuah “perjalanan” yang penuh dengan tantangan, tetapi Ibu tetap teguh.

    Salam kekerabatan.

    Hmm iya, semoga saya masih bisa terus menulis….dan ada ide yang bisa ditulis

  17. wow! luar biasa, bu Enny..
    artinya tulisan-tulisan ibu banyak diminati pembaca. selamat ya bu.. 🙂
    semoga selalu bersemangat mengisi blog ini.. 🙂

    Makasih Yuyun…dan itu tantangannya, kadang ragu untuk memposting sesuatu..apakah layak ditayangkan?

  18. wow…15.000…banyak sekali…tapi blog nya mbak Enny memang sangat enak dibaca…
    blog saya sudah 4 th…yg komen? hihihi……ngga banyak….hehehehehe
    satu artikel ada yg baca 20 orang saja rasanya sudah sangat bahagia…

    selamat mbak…..saya akan selalu mengunjungi blog ini….

    Hayooo Wieda…. rajin nulis doang! Tinggal di Kanada, pasti akan banyak yang bisa ditulis, dari hal sehari-hari aja.

  19. mantap bu, keep blogging karena tulisan ibu selalu mencerahkan 😉

    Makasih Arul…sekarang udah lulus dan sibuk kerja ya?

  20. Wow, keren, sudah ada 15 ribu komen. Selain tulisannya mencerahkan, pemilik blog ini juga banyak teman 🙂
    Tetap semangat menulis ya Bun *tepok jidat sendiri, karena malas menulis*

    Hayoo…Indah..menulislah, dikala si kecil tidur…

  21. Wah selamat, Bu…
    Buanyak bener komentarnya.. saya cuma separonya aja belum nyampe..

    Tetep ngeblog ya, Bu!

  22. komentarku udah bisa nambahin ga?

    salam sehat,
    tfd

    ???

  23. Aku terlewat bunda… 😀 bukan komentator 15000 yah..
    anw selamat ya bundaaaa 🙂 waah komentarnya buanyak bgt skr 🙂

    Kalau sampai Eka yang dapat..itu benar-benar Eka orang yang beruntung…hehehe

  24. […] Bunda Edratna […]

  25. Selamat bu, saya masih newbie

    Terimakasih

  26. wowww keren komen ke 15.000 … bukan main 😛

    Makasih

  27. selamet ya, bu ratna… saya termasuk salah satu yang menikmati blognya ibu. tengah malem begini, saat anak2 en suami udah tergolek di tempat tidur, saya nyuri waktu.
    saya sendiri udah gak bisa nyempetin waktu untuk ngeblog. punya sih… tapi belum bisa konsekuen. hehehe…
    nou, selamat sekali lagi. tulisan ibu selalu ditunggu2, meskipun gak setiap kali saya memberi tanggapan. terima kasih karena sudah berbagi.

    Terimaksih Nita yang mau berkunjung ke blog ini
    Saya sendiri kalau masih aktif mungkin juga ga sempat ngeblog…..

  28. Selamat atas komentar ke 15.000 nya Bu, dan sudah tiga tahun di dunia blog, semoga tetap bertahan…

    Salam kenal Bu, rasanya sih ini kunjungan perdana:), heheh lupa-lupa ingat apakah sebelumnya saya pernah berkunjung ke sini:)

    Rita, makasih kunjungannya

  29. Wah, bu
    Banyak banget
    Saya baru mau ke 11.000
    Dalam usia sekitar 1,5 tahun blog saya 😀

    Achoy blognya lebih hebat dibanding saya…apalagi jika usia 1,5 tahun komentarnya sudah segitu…
    (ssst…tapi banyak yang saya delete kok..yang tak sesuai dengan topiknya)

  30. Eh lupa, ternyata jumlah komentar d blog saya dah 11.821

    Bu, semangati saya selalu!

    Berarti sebentar lagi udah 15.000
    Hayoo nulis terus

  31. Hebat sekali. Saya rasanya tidak mungkin bisa mencapai sepantastis itu. Apalagi bisa bertahan 3 tahun lebih, bukanlah sesuatu yang mudah. Saya aja, baru 2 bulan, rasanya mulai kehilangan ide2 utk menulis. Entahlah, apakah nanti saya bertahan. Hanya waktu yang bisa membuktikan

    Kadang memang terasa mau berhenti..tapi kembali berpikir, kenapa wartawan itu bisa menulis terus ya…
    Kemudian saya mulai melihat sekeliling dan menulis yang ringan2 saja…

  32. waw… 15.000?
    banyak banget yaaa…

    selamat ya bunda enny. blog ini kan emang udah lama banget… tetap eksis dengan tulisan2nya.

    rasanya saya masih jauh sekali… karena baru setahun-an aktif ngeblog.

    tapi ngeblog itu emang mengasyikan kok bunda.
    bisa punya catatan atas perjalanan hidup kita.

    ditambah lagi bisa saling mengenal dengan blogger lain. serasa tau apa yang dipikirkan, dirasa, dan dialami blogger yang lain.

    sekali lagi selama buat bunda 🙂

    Memang, ngeblog ternyata mengasyikkan, asal kita punya waktu….
    Dan asal tulisan ringan-ringan, menulisnya tak perlu waktu lama

  33. Blog Mbak Enny memang blog seleb : banyak pengunjungnya, banyak komentarnya, banyak postingnya. Salut Mbak! Jujur saya heran, bagaimana caranya Mbak Enny membagi waktu di antara kesibukan yang begitu padat, masih sempat terus menulis, menjawab komentar, dan berkunjung ke blog teman-teman? Saya perlu belajar nih. Akhir-akhir ini saya sangat keteteran dalam blogwalking … 😦

    Mbak, kalau dilihat, yang banyak komentar adalah tulisan yang ringan2..tulisan sehari-hari..yang nggak pake riset, hanya pengalaman ketemu orang, cerita sehari-hari..habis mengobrol dengan teman, membaca majalah di salon…hehehe..semua jadi cerita, bahkan tanpa di konsep…
    Tapi, yang banyak dibaca, berbeda lagi..walau nyaris tanpa komen….

  34. Sudah lima belas ribu komentar lebih? Wowwww…

    Makasih ya nak..engkaulah yang mendorong ibu untuk berani mulai menulis….

  35. kunjungan perdana…,
    tadinya pas baca judulnya langsung berpikir syapa tau saya yg ke-15 ribu, eh begitu “read more” ternyata sdh ada org-nya.

    anyway, selamat ya buk utk 3 tahun nulisnya…..

    Terimakasih kunjungannya

  36. Terus terang blog ini sangat bagus buat referensi teman-teman khususnya masalah keuangan (Meskipun saya orang IT..^.^).
    Apalagi ibu sering membalas komentar, pertanyaan yang sering diajukan.. sehingga blogger yang lain betah.
    Salut buat ibu, moga dengan tulisan-tulisan yang ibu post kan bermanfaat bagi yang membacanya.. Dan menjadi amal jari’ah..

    Maju terus blogger Indonesia,,

    Membalas komentar hanya kalau sempat, dan jika komentar tsb memang terkait dengan isi artikel yang ditulis
    Terimaksih kunjungannya

  37. […] buku tersebut saya peroleh dari Ibu Diah yang menghadiahi saya karena dinyatakan sebagai penulis komentar yang ke 15.0000, terima kasih Bu […]

  38. hmmmm
    selamat yaw untuk komentator ke 15ribu
    kalau kmrin aku sharing ttg ke 1oribu
    hehhe
    😀

    Terimakasih


Tinggalkan Balasan

Kategori

