Oleh: edratna | Agustus 1, 2010

Memahami Budaya Organisasi

Pada setiap tahapan karir, kita perlu memahami budaya organisasi dan bagaimana bekerja nya, karena akan mempunyai pengaruh kuat pada kehidupan kerja berikutnya. Orang yang baru memulai karir mungkin berpikir pekerjaan hanyalah sekedar pekerjaan. Namun jika kita telah memilih perusahaan atau organisasi tertentu, sebenarnya kita telah memilih jalan hidup yang akan ditempuh. Tanpa kita sadari, budaya organisasi akan membentuk kita mampu bekerja dengan cepat atau lambat, menjadi manajer yang keras atau bersahabat, menjadi pemain tim atau individual.

Kemudian, setelah bekerja beberapa tahun, tak terasa akan terpengaruh pada budaya organisasi dengan baik sehingga kita tak mengenal bahkan tak merasakannya. Apabila kita berganti pekerjaan, akan kaget karena menghadapi keadaan yang dirasakannya berbeda. Bagi orang yang akan membangun perusahaan sendiri, perlu memahami, apa yang akan membuat tanda budaya di perusahaan yang akan dijalankannya. Apabila kualitas produk menjadi nilai organisasi, maka kontribusi pada pekerjaan team quality control menjadi penting. Tidak ada budaya yang satu lebih baik dari yang lain, karena selalu ada aspek positif dan negatif. Yang sangat menarik adalah beberapa organisasi dapat sukses ketika mempunyai budaya tertentu, walau mungkin budaya ini tidak cocok jika diterapkan pada perusahaan lain.

Antara budaya organisasi dan sumber daya manusia terdapat hubungan yang bersifat saling mempengaruhi. Budaya organisasi dibentuk oleh pendiri dan pemimpin organisasi, dan pada gilirannya budaya organisasi akan mempengaruhi sumber daya manusia yang masuk kedalamnya, namun tak tertutup kemungkinan masuknya sumber daya manusia baru yang dapat mempengaruhi perubahan budaya organisasi. Budaya organisasi tidak bersifat statis, seperti halnya manusia, budaya organisasi sesuai perjalanan waktu akan berkembang menjadi lebih dewasa. Budaya organisasi yang lebih dewasa akan lebih mampu menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan. Organisasi harus mengembangkan dirinya agar menjadi organisasi yang mampu membangun keunggulan ( Wibowo,2010:63).

Bagaimana sebuah organisasi dapat menciptakan keunggulan?

Untuk menciptakan keunggulan, suatu organisasi harus dapat menunjukkan bahwa dirinya berbeda dengan lainnya, menjadi yang pertama dan menjadi terbaik (Victor S.L.Tan, 2002:84). Untuk menciptakan keunggulan, organisasi harus menciptakan tujuan yang ingin dicapai, mengembangkan strategi untuk mencapainya, serta melakukan tindakan.

Berbagai  pendekatan yang dapat menciptakan keunggulan, antara lain sebagai berikut:

  1. Being different (menjadi berbeda). Perusahaan perlu menunjukkan berbeda di mata pelanggan, dan perbedaan ini harus cukup menarik serta bersaing, sehingga pelanggan akan memilih produk atau jasa kita dibanding yang lain. Pelanggan yang berbeda, mempunyai tipe nilai yang berbeda. Apabila standar nilai meningkat, harapan pelanggan juga meningkat, sehingga organisasi juga harus bisa menciptakan produk agar sesuai dengan harapan pelanggan yang meningkat ini.
  2. Being the first (menjadi yang pertama). Terdapat keuntungan untuk menjadi yang pertama, karena bisa mendominasi pasar dengan keuntungan yang bagus. Namun ada juga yang mengatakan, bahwa menjadi yang kedua atau pengikut akan mengurangi biaya dan risiko lebih rendah. Pengikut akan dapat memperoleh keuntungan pembelajaran dari kesalahan pemimpin pasar.
  3. Being the best (menjadi yang terbaik). Setiap organisasi tak selalu harus menjadi terbaik di semua bidang. Organisasi perlu fokus memilih bidang spesifik untuk unggul sehingga dapat dikenal sebagai yang terbaik.
  4. The way of forward (cara untuk maju). Organisasi harus menetapkan tujuan spesifik berkenaan dengan produk atau jasa yang diinginkan menjadi terbaik, yang pertama atau yang menjadi berbeda.

Tujuan tersebut harus dapat diukur dan dalam waktu tertentu, organisasi perlu menjawab pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut:

  • Dengan cara apa kita menginginkan organisasi menjadi berbeda dalam perspektif pelanggan, dan pada saat sama dinilai memberikan nilai tertinggi?
  • Produk atau jasa apa untuk organisasi yang kita inginkan menjadi yang pertama memberikan dan melayani pelanggan?
  • Dalam bisnis apa organisasi ingin dikenal sebagai yang terbaik dibidangnya?

Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, organisasi dapat mendefinisikan strategi spesifik yang akan dilakukan sehingga menjadi yang pertama, menjadi yang terbaik atau menjadi berbeda. Organisasi juga harus menciptakan lingkungan yang memungkinkan orang melakukan tindakan berani. Pemberdayaan orang, menghargai orang, mendesentralisasi kekuatan berdasar kinerja dan prestasi merupakan permulaan untuk mendorong orang berani melakukan tindakan menuju unggul. Standar keunggulan meningkat setiap tahun, baik di tempat pekerjaan maupun di pasar. Oleh karena itu, organisasi harus bekerja keras menentukan apa yang diinginkan, menciptakan produk-produk baru sesuai keinginan pelanggan.

Bahan bacaan:

Wibowo, Prof.Dr. “Budaya Organisasi”: Sebuah Kebutuhan Untuk Meningkatkan Kinerja Jangka Panjang. Jakarta; Rajawali Pers,2010.

Dari bahan pelatihan, dan pengalaman penulis

Iklan

Responses

  1. tulisan yang bagus..
    Dengan berorganisasi sifat sosial kta akn berkembang..

    Arti organisasi di dalam artikel di atas dimaksudkan organisasi tempat lingkungan kita hidup dan bekerja
    Dari wikipedia, arti Organisasi (Yunani: organon – alat) adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah unt tujuan bersama.Suatu organisasi bisa berupa perusahaan, perkumpulan . Jadi keberhasilan organisasi ditentukan oleh kemampuannya mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

  2. tapi terkadang dengan sistem organisasi yang kuno, malah membuat pelayanan menjadi lama dan membosankan

    salam,
    Bolehngeblog

    Hmm mungkin..justru karena itu banyak ilmu yang mempelajari bagaimana sebaiknya sebuah organisasi dapat berkembang dan unggul.

  3. Makasih ilmunya Bu …

    Sama-sama pak

  4. Wah, saya perlu banyak belajar berorganisasi karena pada dasarnya saya adalah orang yang pemalu dan sedikit tertutup.

    Ifan, ini bukan tentang belajar organisasi.
    Yang dimaksud disini, organissi adalah bisa tempat kita bekerja….jadi saat kita bekerja kita berusaha memahami budaya organisasi (perusahaan) dimana kita bergabung

  5. Pendekatan yang menarik untuk sebuah keunggulan dalam organisasi apa pun, termasuk sekolah di tempat saya, Bu. Terima kasih. izinkan saya mengkopi, Bu.

    Salam kekerabatan.

    Monggo pak…silahkan

  6. Terimakasih inpo-nya membantu saya yg saat ini sedang mencari-cari soal komunikasi organisasi

    Terimakasih
    Sukses Selalu


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: