Oleh: edratna | Februari 12, 2011

Rasa terimakasih yang sebesar-besar nya

Sejak menulis di Blog saya merasakan betapa banyak kemudahan, kebersamaan, kebahagiaan bersama teman-teman nara blog. Semua adalah kebersamaan rasa suka. Demikian juga kegiatanku di dunia nyata, yang memungkinkan banyak bergaul secara luas dengan orang lain, membuat kehidupan ini menyenangkan.

Rasa itu makin teruji saat adikku harus operasi jantung di RS Harapan Kita. Uluran tangan tak ada putus-putusnya, serombongan orang datang silih berganti, siap menjadi pendonor darah. Yang darahnya tak sesuai,  menemani saya dan keluarga menunggu di ruang keluarga pasien di depan Recovery room. Tanpa mereka, hati saya akan makin ciut…. Semua datang tanpa diduga, berita pasien yang setiap kali “Up and Down” makin membuat hati miris dan makin mendekatkan hati kita pada Allah yang Maha Pencipta, serta menyadari bahwa batas antara hidup dan mati sangat tipis. Ya. Allah, selamatkan adikku….doa kami terus berulang-ulang.

Saat itu, kami diberitahu harus standby donor darah, sebelum operasi, juga jika terjadi perdarahan. Operasi berjalan lancar, kami menghela nafas lega…saya pulang sampai rumah jam 22.30 wib, karena besoknya giliran jaga pagi-pagi sekali. Baru saja duduk makan malam, telepon berdering-dering, mengabarkan adikku perdarahan. Padahal selama operasi, ada 12 orang yang standby diambil darahnya, namun karena operasi berjalan lancar, teman-teman sudah pulang. Saya sibuk mengontak teman-teman, baik dari almamaterku, almamater adikku, rekan kerja, juga para mahasiswa adikku. Disinilah keajaiban terjadi…apalagi setelah Yoga memposting di FB dan twitter, diperlukan darah segar golongan O+ …. saya  duduk dilantai depan ruang ICU yang ada colokan listriknya, menerima telpon sambil men charge baterei. Berpuluh orang datang silih berganti…..maaf ya mbak perawat, yang jadi ikut sibuk dibuatnya. Teman-teman ini setelah diambil darah pulang, yang belum diambil darah namun darahnya sesuai sebagai pendonor,  ikut berjaga sampai jam 3 pagi dini hari.

Jam 4.15 wib, kembali petugas memberitahu ada perdarahan. Anak adikku dan adik iparnya sebetulnya punya golongan darah yang sama dan setelah diperiksa sesuai, namun karena lelah, tak bisa diambil darahnya…..syukurlah Jakarta masih sepi, teman-teman pendonor naik ojek, ada yang dari Tanjung Priok, Cibinong, Bekasi, Pondok Labu…berdatangan ke RS Harapan Kita. Untuk sementara kami bernafas lega….

Syukurlah menjelang pagi sampai siang hari, walau saya dan isteri adikku tak berani meninggalkan tempat kecuali ke toilet dan sholat, kondisi adikku makin tenang. Beberapa kali memang dikejutkan tangisan keluarga lain, yang kondisi keluarganya memburuk. Akhirnya….adik saya sadar sepenuhnya…betapa bahagianya kami semua….

Teman-teman sekalian,

Beribu-ribu ucapan terimakasih pada teman-teman,

Baik dari teman nara blog (Pito cs), teman sealmamater (IPB), IPB Astagian, Bank Indonesia (bapak Mulia Siregar),  BRI (Boge, cs), BPPT, Kementerian Ristek, Fasilkom UI, Binus (Staf dosen dan mahasiswa Informatika dll), TNI AD, Balitbang Pertanian, serta teman lain yang tak bisa saya sebutkan satu persatu. Ada Yoga yang siap memberikan berita perkembangan kondisi adikku, ada mbak Cindy (isterinya mas Nug, yang saya kenal dari dunia maya) yang mendampingi adikku terus menerus saat operasi dan sesudahnya, karena kebetulan mbak Cindy bertugas sebagai dokter di RS Harapan Kita, ada kelompok Astagian (teman angkatan adikku: Bu Gayatri, Anna, Eva, Aska) yang setia menemani di ruang tunggu depan ICU….dukungan teman-teman ini sangat membantu memperkuat mental kami sekeluarga.

Atas perkenan Allah swt, adik saya sudah sadar sepenuhnya, semoga makin membaik keadaannya.

Terimakasih teman-teman…semoga Allah swt membalas budi teman-teman semua.

Iklan

Responses

  1. bu enny, ikut lega waktu baca postingan ini, karena adik ibu enny sudah membaik. maaf tidak bisa membantu apa-apa, bu. semoga di hari2 selanjutnya adik ibu semakin sehat ya…

  2. Bu, itu kejadiannya kapan?
    Subhanallah, luar biasa ya kebaikan orang2 yang mau mendonorkan darah itu. Benar kata ibu di postingan yg lalu, kebaikan itu ternyata masih ada, kedamaian itu bisa kita dapatkan sendiri asal kita mau melakukannya. Syukurlah bu adiknya sudah sehat sekarang. Semoga Allah membalas kebaikan semuanya.

  3. Ibuuuu senang mendengar perkembangan adik ibu.. Saya juga monitor terus berita dari Yoga di FB, ikut deg-degan juga. Senang sekali masa krisis sudah lewat ya bu.
    Semua atas perkenan Tuhan YME, dan tentunya budi baik ibu sekeluarga selama ini sehingga semua bergerak membantu.
    Istirahat ya bu

    EM

  4. Alhamdulillah… turut senang mengetahuinya…
    Dari tulisan Ibu ini, semakin memantapkan hati ini bahwa persahabatan yang terjalin lewat dunia nyata maupun maya, tak pernah sia-sia jika kita mampu memanfaatkannya dengan baik.
    Semoga keadaan adik Ibu semakin membaik, dan semoga kegiatan kita di dunia maya terus memberikan manfaat dan mempermudah hidup kita.. 🙂

  5. ikut senang denger adiknya udah membaik…

    itulah power internet ya bu. saya juga ngalamin. waktu itu anak sepupunya esther (masih batita) harus operasi jantung karena jantungnya bocor. perlu donor darah 10 kantong atau berapa gitu saya lupa. ke pmi gak ada stok.

    akhirnya saya tulis di ym dan mailing list, dan cuma dalam hitungan jam, yang dateng mendonor udah banyak banget sampe udah lebih dari cukup. sampe akhirnya udah cukup dan masih ada yang dateng mau donor jadi ngedonor buat orang lain.

    duh sepupunya esther sampe nangis terharu. kita juga gak nyangka ternyata masih begitu banyak orang2 berhati malaikat, yang walaupun gak kenal tapi mau membantu sesama. saya bilang itu malaikat metropolis. bener2 gak nyangka di kota metropolitan kayak jakarta yang katanya orang2 nya pada individualis masih banyak orang2 berhati mulia seperti mereka.

    malah ada beberapa orang yang trus masih ngunjungi setelah operasi nya selesai. bahkan mereka trus ngumpulin uang dan ngasih ke sepupu esther itu! ya ampuuuunnn… asli kita sampe terharu banget lho. udah ditolak2 uangnya tapi tetep maksa ngasih. akhirnya kita sumbangin sih uangnya… biar lebih berguna buat orang2 yang membutuhkan….

  6. alhamdulllah, adiknya sudah membaik,
    cuma bisa ikut mendoakan, semoga cepat pulih pasca operasi dan bisa sebera pulang ke rumah beraktifitas seperti biasa

    sangat bersyukur ya bu, kurasa memang tak ada orang yang benar2 individualis, kita hanya melihat luarnya saja, tapi jauh di dalam hati setiap orang punya jiwa saling tolong,
    buktinya ini, orang tak dikenalpun rela datang jauh2

    dulu juga waktu almarhum papa perlu donor, para mahasiswa dari sepupuku sudah siap stand by di rumah sakit

  7. Ibu ucapan terimakasihnya sudah saya sampaikan ke teman-teman. Semoga Pak Tri segera pulih. Doa kami untuk beliau.

  8. Bu …
    Menurut pendapat saya …
    ini juga buah dari kebaikan keluarga Ibu … juga keluarga adik Ibu …
    sehingga semua dengan senang hati membantu … mensupport dengan apapun yang mereka bisa …

    Semoga semua sehat-sehat ya ibu …

    Salam saya

  9. Alhamdulillah…
    Senang mendengar perkembangan adiknya, Bunda. Semoga mas Tri cepat sembuh ya..

    Salam hangat,
    Nug & Cindy

  10. Semoga adik ibu segera sehat kembali dan ibu beserta seluruh keluarga diberi kekuatan & kesabaran untuk melalui ujian ini. maaf bu, saya hanya bisa nyumbang doa saja dari jauh, tapi saya percaya kebaikan ibu & keluarga selama ini akan membuat pertolonganNYA senantiasa datang dengan perantaraan siapapun….

  11. Itulah kekuatan pertemanan di dunia maya, Bu.
    Meski banyak yang memandang miring, tapi semoga kisah ini menguatkan mereka.. mereka yang menganggap miring itu 🙂

  12. wah ternyata pertemanan di dunia maya membuahkan kebaikan di dunia nyata ya bu…saya turut bahagia mendengarnya…

  13. alhamdulillah udah sadar
    tadi ada yang ngasih tau di milis 🙂
    semoga segera kembali beraktivitas ya

  14. Semoga diberikan kekuatan yang lebih dalam menghadapi semua ini, dan semoga kita semua diberikan kesehatan, yang sakit diberikan kesembuhan olehNya

  15. Sebegitunya ya mbak …. padahal awalnya hanya bertemu dan bersahabat di dunia maya. Subhanallah, saya ikut senang.
    Semoga adik Mbak Ratna cepat sembuh dan diberi umur panjang yang barokah. Dan keluarga diberi kesabaran. Amin.

  16. Syukurlah kalo sudah sadar sepenuhnya.. pasti benar-benar tegang karena ini adik sendiri ya Bu.. semoga bisa cepat pulih seperti sedia kala lagi dan tidak kumat-kumat lagi penyakitnya di kemudian hari.. Amin

  17. Kisah menarik tentang persahabatan blogger, mari buktikan rumah maya kita bukan hanya tempat saling singgah di dunia maya ……

  18. Alhamdulillah… banyak sahabat yang tak segan2 membantu 🙂
    Semoga kondisi saudara Ibu semakin membaik 🙂

  19. senang, bu, membaca jurnal ini. alhamdulillah adiknya bu enny udah membaik.

  20. ..
    semoga Adiknya cepat pulih ya Buk..
    saya ikut mendoakan..
    ..
    senang saya membaca begitu banyak sahabat yang ber-empati dan membantu..
    Bu Enny juga jaga kesehatan ya, jangan sampai terlalu capek..
    ..
    salam saya..

  21. Mbak Enny, sudah dua minggu lebih saya nggak sempat bw, jadi terlambat membaca posting ini …
    Alhamdulillah, operasi yang dijalani Pak Tri berjalan lancar, dan Pak Tri sudah dalam kondisi stabil. Semoga segera pulih dan bisa pulang ke rumah, bisa beraktivitas lagi seperti biasa. Sampaikan salam saya untuk beliau ya …

  22. Saya ikut terharu membaca posting ini…
    mengamini kata Uda, persahabatan di dunia maya maupun nyata terasa sangat indahnya saat kita mampu menjaganya dan memeliharanya dengan persaudaraan yang ikhlas tanpa memanang suku ataupun agama…

    Semoga Adik Bu Enny segera pulih…saudara ‘sedarah’-nya jadi banyak ya Bu…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: