Kemana akan menginap?

Pada saat kita mengunjungi keluarga dalam situasi normal, tentu pertanyaan di atas sangat mudah dijawab, karena kita akan tinggal bersama keluarga yang dikunjungi. Namun ada beberapa hal yang tak memungkinkan kita tinggal di rumah saudara, jika: 1) rumah saudara kecil, sedang kita membawa rombongan. 2) Ada acara keluarga, seperti pernikahan, yang tak memungkinkan kita tidur di rumah saudara tersebut. Pada beberapa kasus, saya biasanya mendapat pertolongan dari sahabat atau keluarga yang tinggal di kota yang akan kita tuju.  Saat pertama adikku mantu, saya beserta suami dan si sulung, serta adik bungsuku, menginap di Guest House milik Angkatan Laut. Saya sendiri juga tak tahu bagaimana cara temanku mengusahakannya. Kali ini, saya menginap di Hotel Serrata, yang terletak di jalan ke arah Semarang-Solo, masih dekat dengan kompleks UNDIP (Universitas Diponegoro).

Hotel Serrata
Hotel Serrata

Apa harapan saya saat menginap di sebuah hotel? Sebetulnya tak muluk-muluk, hanya kamar yang bersih serta ada air panasnya, hal ini membantu mengurangi kelelahan di badan dan tidak masuk angin. Hotel Serrata, walau bukan hotel yang luas, memenuhi keinginan dasar saya.

Jembatan di atas kolam renang
Jembatan di atas kolam renang

Hotel ini mungil, ada kolam renangnya, serta ruang-ruang dan lobby yang cukup luas di setiap lantai,  cukup untuk tempt keluarga berkumpul dan mengobrol.  Kelemahannya, karena banyak ruang terbuka, para tamu dengan seenaknya merokok, membuat saya menutup hidung rapat-rapat setiap keluar melalui lobby terbuka di depan kamar ….. apakah para tamu itu tak memikirkan orang lain ya.

Lobby terbuka untuk menunggu teman yang datang
Lobby terbuka untuk menunggu teman yang datang

Kamarnya sangat luas, jadi jika kita minta tambahan bed, saya kira masih bisa ditambah extra bed dua lagi, sehingga jika kita satu keluarga dengan dua anak, cukup tinggal dalam satu kamar, sehingga mengobrolnya asyik. Kamar mandinya sangat luas, memang pemanasan airnya masih menggunakan sistim lama, yaitu memakai gas, sehingga awalnya saya sempat kawatir dan menelepon teknisi, karena saat membuka kran … mendengar suara … blep … blep. Rupanya kekawatiran saya tak beralasan, suara tersebut menandakan gas terbuka, dan memulai perapian untuk membuat air menjadi panas.

Tempat bersantai dipinggir kolam renang
Tempat bersantai dipinggir kolam renang

Hotel Serrata, atau dikenal pula dengan nama Pondok Serrata Hotel, merupakan perpaduan yang unik dalam penataan ruangnya. Kebetulan adik saya saat mantu resepsinya dilakukan di hotel ini pula, sehingga semua saudara yang berasal dari luar kota Semarang menginap di hotel ini. Hotel Serrata terletak di kawasan Semarang atas, dari arah kota Semarang di bawah naik ke atas, menyusuri jalan ke arah Solo, melewati Gombel yang terkenal dengan panorama indahnya, tak lama kemudian, di kiri jalan kita akan menemukan lokasi hotel ini.Taman-tamannya indah, juga kolam renangnya, nyaman sekali duduk-duduk sambil makan pagi dipinggir kolam renang. Lagi-lagi masalahnya banyak sekali perokok yang menginap disini, atau karena hawanya nyaman dan ruang terbuka, membuat para perokok menikmatinya dengan mengisap rokok.

Saya mendapatkan kamar yang jendelanya menghadap ke timur…dan saat membuka jendela di pagi hari, melihat pemandangan matahari yang baru terbit … indah sekali.

Bagi saya, selain suasana, kebersihan kamar dan adanya air panas yang mengalir lancar, maka kesenangan ini ditambah dengan makanan yang enak serta lumayan murah. Saat itu sedang ada promo mie cakar ayam, seporsi hanya Rp.15.000,- … bayangkan jika makan di hotel di Jakarta. Setelah acara adik usai, saya dan suami menikmati makan malam di restoran dengan mendengarkan life music yang selalu ada setiap malam, setelah pukul delapan malam. Para tamu, yang sebagian besar saat itu merupakan tamu yang sedang workshop, sekaligus menginap di hotel ini, ikut menyumbangkan suaranya.

Jadi, jika anda ingin menginap di kota Semarang, hotel Serrata ini bisa merupakan pilihan.

Catatan:

Mission accomplished …ditulis sesuai permintaan Alda (teman A678) yang ingin tahu kemana akan menginap jika ke Semarang.

3 pemikiran pada “Kemana akan menginap?

  1. Masakannya memang enak bu En, untuk acara pelatihan juga ruangannya nyaman dan mudah diakses dari berbagai arah kota. Salam

    Betul mbak…sayangnya baru belakangan tahu, masakan yang disenengi para dosen UNDIP adalah oseng-oseng daun kedondong….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s