Oleh: edratna | Juli 2, 2013

Silaturahim

Bulan Juni ini merupakan bulan yang  cukup sibuk buatku, bukan sibuk karena pekerjaan, namun nyaris setiap akhir pekan ada acara. Bulan Juni tahun ini  dianggap bulan baik, banyak undangan menghadiri pernikahan. Selain itu, karena mau bulan puasa, beberapa kelompok teman mengundang acara, ada acara reuni dengan pengajian, ada reuni mengumpulkan teman-teman yang lama tak ketemu. Silaturahim sebetulnya banyak kebaikannya, antara lain: 1) Dengan silaturahim kita akan lebih mengenal teman, sehingga kerjasama positif dapat diwujudkan. 2) Dengan silaturahim, akan timbul rasa saling membutuhkan, solidaritas, dialog, pengertian, dan menguatkan kerjasama  karena saling memahami. 3) Dengan silaturahim, berbagai persoalan yang dihadapi dalam kelompok pertemanan akan mudah diatasi.  4) Dengan silaturahim, berbagai ide-ide, program-program, dan kegiatan-kegiatan yang positif juga bisa diwujudkan. 5) Dengan silaturahim, akan banyak sharing pengalaman dan ilmu pengetahuan.

Penerima tamu

Penerima tamu

Pada awal bulan Juni, saya ikut menjadi penerima tamu bagi seorang teman yang mantu putri tertuanya. Ini merupakan prestasi bagi saya, karena selama ini saya sangat jarang menjadi penerima tamu, kecuali untuk acara keluarga.

Foto rame-rame dengan selendang hijau khas Faperta

Foto rame-rame dengan selendang hijau khas Faperta-IPB

Minggu kedua, teman-teman sesama kuliah dulu ingin mengadakan pertemuan. Pertemuan ini tak sekedar hanya  sesama teman alumni, namun juga bersama keluarganya.  Betapa senang dan terharu, saat isteri alm teman yang telah lebih dulu meninggalkan kami, masih mau hadir di acara reuni ini.

Saat-saat seperti ini, kami mengingat kembali masa-masa lalu, saat masih menjadi mahasiswa miskin yang harus berjuang, mendapatkan nilai bagus agar mendapat beasiswa, atau membantu dosen melakukan penelitian agar ada tambahan uang saku. Dan setiap kali reuni, yang minimal dilakukan setiap tahun, jumlah anggota makin berkurang, karena selalu ada teman yang pergi dipanggil Tuhan. Karena seringnya bertemu, kami merasa menjadi satu keluarga besar, dan bila ada teman yang kesusahan ataupun dosen yang dulu mengajar kita sedang sakit, ada perwakilan yang akan menegok. Kemajuan teknologi juga membuat lebih mudah, karena dengan bbm, sms atau milis, kami  bisa saling menguatkan.

Ibu-ibu peserta Khalifah Haji 2011

Ibu-ibu peserta Khalifah Haji 2011

Pertemuan lain adalah pertemuan kelompok yang dulu sama-sama naik Haji pada tahun 2011, kebetulan sejak sepulang Haji, ini baru pertama kalinya saya bisa hadir,  pertemuan sebelumnya selalu bentrok dengan acara lain. Sungguh senang ketemu teman-teman yang sama-sama menunaikan ibadah Haji, yang saling mendukung jika ada anggota jemaah yang sedang sakit atau kesusahan. Dan saya sungguh beruntung bergabung dengan kelompok ini saat naik Haji, karena pada saat itu suami sakit,  saya sungguh bersyukur, teman-teman dengan ringan tangan membantu saya, sehingga perjalanan Haji kami bisa selamat menunaikan semua rukun nya.

Bertemu teman selalu ada hal baru, bisa menyenangkan, mengagumkan, atau bahkan membuat tanda tanya. Betapa segala sesuatu berubah, sebagaimana dunia yang selalu berubah. Pertemuan-pertemuan seperti ini juga menyadarkan saya bahwa proses perubahan akan terus berlangsung, tanpa bisa ditahan. Hanya apakah kita bisa menjaganya agar perubahan itu berlangsung ke arah yang positif, betapapun kondisi lingkungan terkadang membuat kita merasa lelah….kadang merasa tak berdaya. Hanya pertemanan dan punya sahabat-sahabat yang baik, yang akan membuat kita bisa terus tersenyum menghadapi masa depan dan tantangan.

Iklan

Responses

  1. yang baju kuning itu Bu Oktiva bukan, Bu?

    Yup betul…Tiva yang jadi MC nya.

  2. seru banyak acara gitu ya bu… fun! 🙂

    Iya…senang ketemu teman-teman…

  3. Hamong tamu, reuni selendang hijau maupun pertemuan teman seangkatan ibadah haji, silaturahim yang menggembirakan ya Ibu dan hati yang gembira adalah obat. Menunggu saat indah berjumpa ibu Enny ah. salam

    Wahh iya ya, kapan ketemu mbak Prih…
    Mbak Prih terkenal lho di A678….blognya ikutan dibaca teman-teman saya, soalnya masih banyak bau agronomi nya…hahaha

  4. silaturahmi memang menyenangkan bu… meningkatkan semangat juga ya.. ah.., mudah2an suatu saat nanti, bersama Bu Prih bisa menjumpai Bu Enny… sama2 berselendang hijau kita 🙂

    Iya..kangen ya…..kalau ketemu, dress code nya hijau Faperta

  5. Wah, iya, Bu. Kalau mau bulan puasa memang lagi musim-musimnya nikahan. Sesudah lebaran, mulai lagi musim-musim hajatan.

    Senang ya, Bu, punya teman-teman banyak.

  6. seru banget kayaknya bundaaaaa 🙂

  7. Dengan kemudahan komunikasi, kini silaturahmi lebih mudah direalisasikan. Kalaupun tak bisa jumpa langsung, masih bisa “diakali” dengan ketemuan lewat dunia maya.

  8. saya juga senang kalau ada kesempatan bertemu teman. itu jadi semacam “hari libur” buat saya hehe.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: