Oleh: edratna | Desember 23, 2014

Mencoba masakan di RM Palanta Minang, Padang

Beberapa kali mengunjungi kota Padang, saya tertarik dengan jejeran rumah makan (tenda) yang berada di tepi pantai. Kalau malam hari, banyak kendaraan berjejer di depan tenda-tenda tersebut. Sayangnya, setiap kali ke Padang selalu dikejar waktu, atau kalaupun punya waktu, badan sudah lelah setelah mengajar seharian, sehingga penginnya cuma ngegoler di kamar hotel. Ada kebiasaanku bersama teman akhir-akhir ini, karena tak yakin cocok dengan makanan hotel, biasanya saya membeli nasi Padang merk tertentu yang sudah saya kenal, kemudian di bawa ke kamar hotel. Setelah mandi, kami bisa makan di kamar, dengan membuat teh manis yang telah disediakan di kamar. Dan setelah beberapa kali, rupanya justru ini yang pas untuk saya, karena tak terlalu menguras tenaga.

Suasaa di Rumah Makan Palanta Minang

Suasana di Rumah Makan Palanta Minang

Sulitnya, terkadang pak sopir ingin mengajak kami ke rumah makan yang aman saja, mungkin nggak enak kalau diajak ke tempat yang dirasa kurang memadai, padahal bagi kami akan lebih menyenangkan jika bisa menikmati makanan yang khas dan suasana yang berbeda. Kali ini pak sopir mau mengantar kami (walau agak dipaksa), agar mau mengantar menikmati ikan bakar yang berada di rumah makan tenda di pinggir pantai Padang. Jika pagi hari, ikan segar banyak dijual di pinggir pantai ini, jadi saya “agak yakin” apapun jenis masakannya pasti enak, karena ikannya segar.

Ikan diberi bumbu dulu sebelum dibakar

Ikan diberi bumbu dulu sebelum dibakar

Kami memilih makan di RM Palanta Minang, yang kata pak sopir sering didatangi para bapak-bapak yang datang dari luar kota Padang.

Ikan bakar RM Palanta Minang

Ikan bakar RM Palanta Minang

Saya hanya memesan makanan, yaitu ikan bakar, beserta sayur dan lalapan untuk dibawa kembali ke hotel. Sambil menunggu pesanan, musik yang ada di rumah makan tersebut mulai memainkan lagu-lagu Melayu, dan tak lama kemudian keluarga (yang rupanya dari Malaysia) ikut bersenandung. Berarti rumah makan ini terkenal juga bagi turis Malaysia.

Tak lama kemudian makanan yang kami pesan siap, kami segera kembali ke hotel. Dan saat kami makan….rasanya enak sekali, bahkan melebihi rasa makanan yang selama ini pernah saya makan di Padang. Ikannya benar-benar gurih…..hmmm jika ada tugas ke Padang lagi, saya sudah tahu akan cari makan kemana.


Responses

  1. Terima kasih atas sharingnya Mbak Ratna. Nanti kalau pulang kampung pengen mampir ke sini. Spesial cari pete dan ikan bakarnya🙂


    Kalau ke Padang lagi, saya sudah tahu makan dimana mbak Evi…murah dan enak.

  2. Jajaran rumah makan di taplau (tepi laut) ini menggoda ya Bu Enny. Pernah diajak teman UNAND mencicipnya…ikannya segar. RM Palanta dicatat ah..
    Salam

    Saya lumayan sering ke Padang…mencoba makanan di jajaran rumah makan di tepi pantai baru sekarang ini….ternyata enak.
    Juga dekat dengan kota, sehingga jika malam tak terlalu jauh dari hotel.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: