Oleh: edratna | Desember 28, 2014

Hati-hati meng “klik” sesuatu pada email atau facebook

Tulisan ini telah saya tulis di facebook, namun saya pikir bagus juga diulang lagi disini, mengingat banyak sekali penipuan dengan berbagai ragamnya.

————————————————————————————————————————————————————

Pagi-pagi saya membuka kompie, pertama-tama mengecek apakah ada email masuk. Mungkin karena kebiasaan, dengan adanya gadget dan hape yang juga bisa dipakai internetan, seharusnya ngecek email bisa langsung dari hape. Begitu membuka email, ada email masuk dari administrator dan saya langsung membukanya. Ternyata pemberitahuan bahwa email saya kena virus sehingga dalam waktu tak terlalu lama akan deactivated. Tentu saja saya kaget, secara instink langsung meng “Klik” untuk mulai scan email. 

Untuk bisa scan, harus mengisi password, kemudian saya sukses men scan email…mestinya saya mulai curiga, emailku sudah unlimited, kok cepat amat scan nya? Nahh baru setelah saya diminta untuk membayar Norton, dan menulis nomor Kartu Kredit, instink laba-labaku langsung keluar …. hahaha….kalau sudah urusan uang baru curiga.

Saya membangunkan anak sulungku (kebetulan bidangnya IT, alumni Fasilkom UI) yang sedang enak-enaknya tidur, maklum sejak pagi hari di wilayahku hujan, sehingga enak kalau berselimut di tempat tidur. Syukurlah anakku mau bangun dan membantu saya. Dia menanyakan, langkah apa yang sudah saya ambil? Kemudian meminta saya untuk mengganti password email, password facebook (karena facebook ku dibuka menggunakan yahoo), dan menggantikan password wordpress (tempat saya bisa menulis apa saja secara gratis).

Kemudian anakku, memberikan langkah-langkah yang harus diperhatikan untuk mengenali email yang akan bisa meng “hack” email kita:

  • Jangan mudah klik…tempatkan mouse di sebelah kanan dari tautan/link (biasanya ditandai dengan huruf biru yang digarisbawahi) yang akan di klik dan lihat ke mana tautan tersebut mengarah, biasanya penjelasan muncul di bagian kiri bawah browser. Jika tautan tersebut mengarah ke alamat tak jelas, maka berarti itu bohong.
  • Ada yang lebih sulit, terutama buatku yang bukan orang IT yaitu melihat header penuh dari e-mail tersebut. Di Yahoo, bisa dengan klik “Lebih Lanjut” pada header email sebelah kanan…klik lagi pada “Lihat Header Lengkap”. Di GMail (Google Mail), bisa dengan klik panah yang menunjukkan lebih detail, lalu klik “Show Original“. 
  • Administrator, untuk keperluan apapun, tak akan pernah meminta password kita. Jika ada e-mail mengaku sebagai “administrator” dan meminta password atau mengarahkan ke situs yang kemudian meminta kembali password, sudah dipastikan itu email bohong.

Syukurlah semua bisa teratasi, dan tentu saja, saya tambah pengetahuan.

Namun cerita ini bertambah panjang juga. Anak bungsuku, yang tinggal di negara lain, begitu membaca note di facebook, langsung memberi komentar, agar saya waspada, karena ayah temannya juga baru saja kena “hack“, namun melalui facebook. Anda bisa membacanya disini.

Ini komentar si bungsu ” Kalau tiba2 diminta input ulang password setelah klik link (dari timeline temen, atau inbox fb, atau inbox email), perlu curiga. Biasanya website-nya sudah didesain semirip mungkin dengan website aslinya. Syukurlah Ibu tidak terjebak. Jangan lupa buat langkah preventifnya ya (mitigasi bencana).” Setelah itu si bungsu menelepon, pas diskusinya memasuki istilah teknik, telepon saya serahkan ke si sulung. Si bungsu kelihatan sekali kalau menjadi paranoid, wajar saja, karena kawatir ibunya terjebak pada penipuan,  jika sampai ada orang lain yang tertipu, walau kita tak bermasalah, tetap saja ada perasaan ikut berdosa.

Walau kelihatan tenang, karena saya sudah mengganti semua password email, facebook, dan wordpress, pagi ini tiba-tiba si sulung mendatangi saya pas saya sedang menulis ini. Coba ibu buka emailnya, saya ikuti saran si sulung….kemudian juga saya buka email keluar. Syukurlah tak ada yang aneh-aneh, berarti email saya dan kawan-kawan nya masih bisa diselamatkan.

Dan ternyata, saya mendapat pesan email dari yahoo seperti di bawah ini jam 10.10 wib kemarin, ( syukurlah saya telah mengubah password jam 6.16 wib), dengan judul “Percobaan sign in yang tidak diharapkan” seperti di bawah ini:

Halo …….. (nama saya),

Pada Sab, 27 Des 2014 10.10 GMT+8, kami melihat upaya untuk sign in ke account Yahoo Anda edratna dari perangkat yang tidak dikenali di Singapura.
Jika ini adalah Anda, silakan sign in dari perangkat yang biasa Anda gunakan.
Jika Anda baru-baru ini tidak sign in dari perangkat yang tidak dikenali dan yakin bahwa seseorang mungkin telah mengakses account Anda, silakan kunjungi tautan ini untuk mengubah kata sandi dan mengupdate informasi pemukuhan account Anda.
Terima kasih telah mengambil langkah tambahan ini untuk menjaga keamanan account Anda.
 
 
Yahoo
 
 
Catatan:
 
Teman-teman,
untuk menjaga agar kita saling mengingatkan dan tidak terjebak, jika anda suatu ketika mendapatkan email atau pesan inbox dari saya, untuk meminta uang atau hal lain-lain yang tidak wajar, please langsung menghubungi saya melalui telepon, karena saya tidak pernah dan tidak akan pernah meminjam uang dari teman, bagaimanapun kepepetnya saya, apalagi melalui email ataupun facebook dan lain-lain. Dan sebaiknya memang jangan pernah membicarakan masalah uang, kecuali bertatap muka sendiri dengan para pihak yang bersangkutan.

 


Responses

  1. Saya juga kalau di FB gak pernah buka link macam macam, Bu🙂 kalo email dulu pernah juga ada pemberitahuan dari Yahoo kalau email saya dihack orang, tp saya gak apa apain sih sampe sekarang…dan alhamdulillah masih OK OK aja sampai sekarang…semoga gak pernah kejadian deh🙂

    Iya…sereem…syukurlah nggak sampai kena hack. Benar-benar harus hati-hati terus ya.

  2. Terima kasih ibu… modus penipun mmg makin beragam, shg kita harus mkn waspada… Trimakasih sdh berbagi pengalaman ini..

    Sama-sama Mechta….semoga kita tak mengalami ya.
    Kabar baiknya, jika kenal teman, kemudian menulis email, atau pesan di inbox kita untuk pinjam uang, kita harus hati-hati. seorang teman tak akan gegabah berbuat begitu, jadi kemungkinan email atau FB nya kena hack.

  3. Makasih sharingnya Mbak Enny..Kemarin emang ada petmintaan untuk sign in ulang facebook. Namun karena yang di tablet fbnya bisa dibuka seperti biasa, ya tak cueikin saja. Itu pasti penipuan seperti yang Mbak Enny tulis…

    Kalau kata anakku, tak mungkin FB atau email minta password…itu kuncinya mbak.
    Syukurlah mbak Evi cuekin.

  4. Terima kasih sharingnya Ibu Enny. Pernah teman dari Afrika terjebak di Paris dan minta kiriman sejumlah uang yang senada bu Enny jaring laba-laba langsung mengintip, dan ternyata beliau aman-aman saja tiba di negara asal dan mengatakan maaf akun email beliau di hack pihak untuk penipuan.
    Kemudahan dan kewaspadaan pengguna dunia maya ya Ibu.
    Salam hangat

    Iya mbak Prih, kita harus selalu waspada…penipu ada dimana-mana.

  5. Iya bener mesti ati ati banget kalo ngeklik apa apa. Ati ati sama identity theft. Apalagi hackers skrg tambah canggih, contohnya kayak sistem nya Sony Pictures yg baru baru ini di hacked abis abisan…

    Betul Arman…pelajaran buatku, jangan membuka email, FB atau sosmed lain jika masih dalam kondisi lelah.
    Siapa tahu kita tanpa sadar meng klik sesuatu yang berakibat fatal.

  6. Waduh, agak serem juga jaman sekarang modus penipuannya yah bu…
    Terutama buat yang model gaptek seperti aku ini…

    Makasih banyak sharingnya yah bu, memang kalo udah diminta transfer atau masukin nomer kartu, kita suka lebih waspada yah🙂

    Hallo teh Erry…iya betul, kita harus selalu waspada.
    Dan berita buruknya, sebagai manusia kita suka lengah….jadi mesti di ingat-ingat terus.


Tinggalkan Balasan

Kategori

