Oleh: edratna | Januari 23, 2016

Acara tahunan A678: Jalan-jalan keliling Sumatra Barat

A678 siap jalan-jalan keliling Sumbar

A678 siap jalan-jalan keliling Sumbar

Kembali A678 melakukan hal yang telah rutin dilaksanakan, yaitu jalan-jalan bersama anggota A678 (Faperta IPB angkatan ke 6, ke 7 dan ke-8) bersama keluarganya. Sebagian besar teman sudah pernah pergi ke Sumbar sehingga ini bukan perjalanan yang pertama kalinya, namun pergi bersama teman seangkatan lain rasanya, ada banyak hal yang tak bisa dituliskan di sini, namun hanya bisa dirasakan.

Mengapa Sumatra Barat dan bukan tempat lainnya? Diantara teman kami saat kuliah banyak yang berasal dari Sumatra Barat, dan kali ini mereka lah yang menjadi panitia intinya. Kali ini kami memanfaatkan waktu 5D4N, benar-benar waktu yang cukup padat untuk mengelilingi Sumatra Barat. Apalagi diantara teman-teman masih banyak yang aktif, sebagai Guru Besar di almamater kami, juga banyak dari teman yang telah pensiun bekerja lagi di lembaganya masing-masing, ada pula yang berwirausaha. Perjalanan ini direncanakan tiga bulan sebelumnya, didiskusikan itenerarynya, sehingga dirasa cocok dengan keinginan grup A678.

Secara garis besar itenerary jalan-jalan ke Sumatra Barat sebagai berikut:

Hari 01: Bandara International Minangkabau – Wisata Mandeh, Painan

Setibanya di bandara International Minangkabau,  group akan di jumpai crew travel, yang akan memberikan arahan tour selama 5 hari di Sumatera Barat. Guide akan memperkenalkan alam budaya  Minangkabau serta akan menunjukkan dimana kulinernya yang sangat menarik untuk dinikmati. Setelah perjalanan dimulai, semua group akan dibawa melewati kota Padang sepanjang pesisir pantai dan perkotaan, dan langsung menuju pantai Bungus untuk menikmati hidangan makan siang yang lezat dengan spesifik gulai ikan karangnya.

Setelah selesai makan siang, perjalanan akan dilanjutkan menuju Painan,  wisata Mandeh. Dalam perjalanan, berhenti sejenak untuk melakukan shalat Dhuhur. Tidak lama berselang perjalanan dilanjutkan menuju puncak Mandeh dan wisata pantai lainnya dengan view alam yang sangat asri,  serta menakjubkan. Kita akan menikmati jajaran pulau yang tersebar di tengah lautan luas Samudera Hindia.

Setelah selesai, disini perjalanan akan di lanjutkan menuju Jembatan Akar.  Pulang dari sini kita akan menuju  menuju pantai Carocok dengan nuansa pantai yang berbeda dan beraneka permainan air yang bening,  kita semua bisa menikmati sunset disini atau sepanjang bibir pantai yang indah.

Setelah sore menjelang,  kita akan kembali ke kota Padang diiringi terbenamnya matahari di sore hari. Sampai di hotel di kota Padang semua group akan mandi, shalat dan bersiap2 untuk makan malam. Usai makan,  boleh acara bebas dan istirahat.

Hari ke 2: Padang-Bukittinggi.

Setelah selesai sarapan pagi, group langsung check out dengan di bantu bell boy dan guide, untuk mengemas segala  barang bawaan peserta tour. Perjalanan akan dilanjutkan menuju kota Bukittinggi,  dalam perjalanan ada spot spot menarik yang bisa kita nikmati. Pertama kita akan berhenti di air terjun Lembah Anai/Lembah Anai water fall. Semua group akan menikmati kesejukan dan alam di Lembah Anai dengan nuansa yang sangat natural. Selesai di sini perjalanan akan  dilanjutkan ke Minangkabau Village. Di sini group akan diperkenalkan dengan seni, sejarah alam Minangkabau yang sangat unik dan menarik dengan dipandu oleh guide lokal setempat. Setelah puas,  di sini para tamu juga bisa berpakaian adat Minangkabau dengan ciri khas sulaman dan tenunan nya.

Setelah semua selesai, group akan diajak ke restoran pak Datuk yang sudah menunggu tamu dengan hidangan nya yang hangat dan menggugah selera. Di sini semua tamu langsung shalat Dhuhur dan lain2nya. Kemudian perjalanan akan di lanjutkan menuju Pusat  Kerajinan Tenun dan sulaman serta souvenir kampung Pandai Sikek. Usai di sini perjalanan dilanjutkan menuju panorama Ngarai Sianok yang sangat indah dan damai,  serta lobang Jepangnya. Setelah magrib menjelang, group akan check in hotel di  Bukittinggi, dan kemudian bersiap untuk makan malam.

Hari ke 3: Minangkabau Tour.

Setelah sarapan, tour di mulai menuju kota Payakumbuh dan Lembah Harau yang sangat terkenal dengan tebing-tebing nya yang terjal dan tinggi menjulang dengan indah hingga memukau, udara alam di sini sangat  bersahabat. Para tamu bisa juga berjalan kaki dengan santai sambil menikmati indah nya Lembah Harau. Setelah selesai di sini, perjalanan akan dilanjutkan menuju kelok 9 yang indah dan spektakuler. Setelah puas dengan keindahan alam di sini perjalanan akan di lanjutkan ke restoran lokal setempat di Payakumbuh dengan rasa lezat yang sangat luar biasa.

Setelah shalat dan makan siang,  perjalanan akan dilanjutkan menuju Kopi Kiniko, yang merupakan spesifik kopi traditional, kemudian tour berlanjut menuju istana Raja Pagaruyung. Kemudian perjalanan dilanjutkan menuju Pasar Atas Bukittinggi, tamu bisa bercengkerama dengan udara segar di sepanjang alun alun jam Gadang dan Pasar Atas. Para tamu juga bisa  shopping sepuasnya di Pasar Atas,  membeli oleh-oleh untuk tetangga dan kerabat lainnya. Kemudian kembali ke hotel, kemudian bersiap untuk makan malam dan free program.

Hari ke 4: Bukittinggi-Danau Singkarak-Padang.

Setelah sarapan pagi,  kita akan city tour Bukittinggi,  kemudian langsung menuju Danau Singkarak untuk menikmati  view di tepi danau dengan udaranya yang sejuk. Setelah puas di Danau Singkarak dan bermain di tepi Danau,  perjalanan dilanjutkan menuju traditional food sate Mak Syukur. Sate Mak Syukur sangat  tersohor kelezatan nya ke seantero nusantara.

Setelah shalat, dan selesai disini,  kita akan menuju Pantai Padang untuk menikmati sunset di sore hari dan kemudian check in hotel di Padang. Kemudian bersiap makan malam dan free program.

Hari ke 5: City Tour kota Padang.

Setelah sarapan pagi, group langsung check out dari hotel dan langsung city tour menuju jembatan Siti Nurbaya, Kota Tua dan China Town. Setelah usai di sini,  group akan melanjutkan perjalanan menuju Taman Budaya Padang, dan Museum Adityawarman.  Setelah puas di sini, kita menuju restoran di kota Padang untuk makan siang. Tamu di beri waktu untuk shopping di Pasar Raya Padang untuk melengkapi oleh-oleh, kemudian langsung menuju Minangkau International Airport.

Bagaimana serunya perjalanan kami, saya akan menceritakan pada tulisan berikutnya.

 


Responses

  1. Pengen liat foto2nyq yg banyak 😄

    Yang banyak di FB….malah kata teman…..terlalu banyak foto…hehehe

  2. Penasaran dg foto-foto cantik di FB ibu Enny, bersiap mengikuti kisah perjalanan menarik. Ibu mhn izin copy itinery selama 5D4N nggih. Selalu kagum dengan kakak2 A678 Viva IPB.

    Monggo mbak Prih…..itenerary silahkan dicopy.
    A678 nya melebar…dengan keluarga dan teman tambahan….rata-rata yang ikut akademisi….saya aja yang bukan…hehehe


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: