Oleh: edratna | Februari 19, 2016

Bika Talago

Bika Talago

Bika Talago

Tour de Minang yang digagas oleh teman-teman A678 tidak hanya untuk menikmati wisata alam, dan wisata budaya, namun juga wisata kuliner. Dan Sumatra Barat sungguh kaya dengan ragam kulinernya.

Bika Talago yang sudah masak

Bika Talago yang sudah masak

Dari mengikuti  acara di Tour de Minang, saya mendapakan berbagai jenis makanan yang baru pernah saya lihat dan rasakan. Sungguh banyak sekali jenis kuliner di Minang, yang semuanya enak dan sangat enak.

Cara memasak Bika Talago dengan dua tungku

Cara memasak Bika Talago dengan dua tungku

Kali ini, saya mendapatkan pengetahuan tentang bika Talago. Bika di Minang ini berbeda dengan Bika (atau bingka?) di Pontianak (Kalbar) maupun di Kaltim yang pernah saya cicipi. Bika Talago ini, dimasak dari adonan tepung beras, kelapa muda yang diparut, kemudian dicampur gula merah (aren/enau) atau gula putih.

Tungku untuk memasak bika

Tungku untuk memasak bika

Memasaknya dengan pembakaran di antara dua tungku, yang dibawah tungkunya berasal dari pembakaran arang, kemudian diletakkan  wajan dari tanah liat untuk menempatkan bika, terus ditutup dengan tungku lagi diatasnya… tungku paling atas ini kayunya berasal dari kayu kulit manis, agar setelah dibakar bika berbau harum. Bika di masak tanpa menggunakan minyak goreng ….. jadi makanan ini sehat untuk kita.

Harga bika Rp.3000,- /buah. Sedang harga kayu manis Rp.4.000.000,- per truk. Bika enak dimakan saat panas/hangat … rasanya sedaap apalagi saat itu sedang hujan rintik-rintik.

Siapa yang ingin mencoba, bisa mampir di jalan Raya Padang Bukittinggi km 10, Koto Baru, di sebelah kiri jalan, jika dari arah Bukittinggi.


Responses

  1. Nampak enak sekali, Bu🙂

    Enak…apalagi dimakan hangat. Rasanya mirip apem.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: