Oleh: edratna | Februari 26, 2017

Vaksin meningitis dan vaksin flu

Sebagai salah satu syarat mengurus visa untuk umroh adalah harus vaksin meningitis, sedang vaksin flu optional. Saya berangkat dari Jakarta pagi-pagi, naik Cititrans jam 5.15 wib. Jalanan lancar, namun mulai belok ke Cipularang, mulai tersendat dan lama-lama berhenti. Aduhh kenapa ya…apa ada yang longsor lagi atau kecelakaan? Setelah menunggu lama, kendaraan mulai bergerak lagi, rupanya di kiri jalan banyak truk yang antri untuk keluar tol Purwakarta. Selanjutnya jalan Tol Cipularang dari Purwakarta ke Bandung relatif lancar.

 

Kantor Kesehatan Pelabuhan, jl. Cikapayang, Bandung.

Kantor Kesehatan Pelabuhan, jl. Cikapayang, Bandung.

Sampai di Dipati Ukur masih jam 7.45 wib… suami belum kelihatan. Setelah suami datang, kami langsung menuju jl. Cikapayang, Dago ke Kantor Kesehatan Pelabuhan, untuk antri mendapatkan vaksin meningitis. Teman ku bertanya, kok di Bandung yang jauh dari laut ada Kantor Kesehatan Pelabuhan? Saya tak bisa menjawabnya, yang saya tahu,  vaksin meningitis hanya tersedia di instansi kesehatan tertentu dan Kantor Kesehatan Pelabuhan.

Bersama suami, di depan Kantor Kesehatan Pelabuhan, Bandung.

Bersama suami, di depan Kantor Kesehatan Pelabuhan, Bandung.

Setelah sampai di Kantor Kesehatan Pelabuhan Bandung, saya mengisi form, menyerahkan copy paspor dan satu pas foto ukuran 4×6 cm,  kemudian saya diberi nomor 109. Kira-kira 30 menit menunggu, nomor 101 sd 150 dipanggil untuk menuju lantai 2.

Disini menunggu untuk diperiksa tekanan darah, suhu tubuh dan diwawancara, kemudian menunggu giliran dipanggil untuk pemberian vaksin. Kami dipanggil setiap rombongan 15 orang.

 

 

Gedung Biofarma, jal Pasteur, Bandung.

Gedung Biofarma, jl. Pasteur, Bandung.

Setelah masuk ke ruangan untuk pemberian vaksin meningitis, kami diminta duduk berbaris, setelah diberi pengarahan oleh dokter tentang kemungkinan alergi akibat vaksinasi meningitis (bengkak, panas, gatal… beserta penanggulangan nya), kami semua diminta menyingsingkan lengan kiri

Setelah diberi vaksin, saya menunggu lagi untuk mendapat panggilan untuk membayar Rp.305.000,-…, kemudian menunggu lagi untuk menerima sertifikat vaksin meningitis. Ternyata di Kantor Kesehatan Pelabuhan Bandung hanya melayani vaksin meningitis, jika ingin mendapatkan vaksin flu harus ke Biofarma (dulu Lembaga Pasteur, kemudian Eijckman), yang terletak di jl Pasteur. Kami salah mengambil jalan turun setelah jembatan Pasopati, sehingga terpaksa memutar lagi.

 
Masjid An Nuur, Biofarma, Bandung.

Masjid An Nuur, Biofarma, Bandung.

Gedung Biofarma di sisi sebelah kanan.

Gedung Biofarma di sisi sebelah kanan.

Gedung Biofarma terlihat megah dengan halaman luas. Di halaman depan kanan, terletak masjid An Nuur yang megah dan anggun. “Ahh selesai vaksinasi harus motret nih,” batin saya.

 
Saya berbelok ke lorong kecil, tempat jalan  masuk ke masjid, kemdian turun tangga. Waaa…rupanya di sini ada laboratorium, apotik dan klinik biofarma. Sebetulnya klinik biofarma melayani pasien BPJS tapi vaksin flu tidak termasuk program BPJS. Saya membayar Rp.175.000,- dan di suntik vaksin flu.
 
Keluar dari klinik ada ruangan luas  yang digunakan untuk kantin. Saya bertanya apa kami bisa ikut makan  di situ? Ternyata boleh….akhirnya saya pesan lontong gado-gado dan teh panas manis. Rasanya enak dan harganya cukup murah.
 
Masjid An Nuur dan menaranya, diluihat dari halaman gedung Biofarma, Bandung.

Masjid An Nuur dan menaranya, dilihat dari halaman gedung Biofarma, Bandung.

Kemudian kami tak lupa mengambil foto di halaman Biofarma yang luas. Senang mendapat kesempatan ke sini. Perjalanan dilanjutkan ke Jonas Foto, untuk mencetak foto ukuran 4×6 cm dan 3×4 cm masing-masing tiga kali. Tujuan terakhir adalah ke Khalifah Tour untuk menyetorkan dokumen persyaratan umroh. Semoga perjuangan mendapat visa berjalan lancar dan saya bisa menunaikan ibadah umroh di Tanah suci, pertengahan bulan April 2017.

 
 
Iklan

Responses

  1. Insyaallah umrohnya lancar Mbak Enny. Selamat pergi dan pulang. Trend ibadahnya mendapat pahala yang indah dari Allah. Amin

    Terimakasih mbak Evi atas doanya…semoga diberi kelancaran dan kemudahan oleh Allah swt.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: