Menikmati Masakan Ikan Bakar di Balikpapan

Duduk berdesakan menunggu pesanan ikan bakar.

Pertama kali mendengar  “Warung Ikan Bakar” yang terletak di belakang Kantor Pos Besar, Balikpapan ini sudah lama, dari salah satu pejabat bank di Samarinda. Dengan syarat mau antri, dan berpeluh karena saat makan siang, pengunjung sangat penuh.

 

Antri membeli ikan bakar.

Namun beberapa kali keinginan tak tercapai, karena pak sopir nggak tega melihat ibu-ibu dari Jakarta kepanasan dan keringatan. Kali ini kami benar-benar menekankan pada driver untuk mengantar ke tempat ikan bakar yang terkenal di belakang kantor pos Balikpapan.

Ikan yang sedang di bakar.

Jadi, dari bandara SAMS Sepinggan kami langsung menuju “Warung Ikan Bakar Banjar” yang tak ada papan nama di depan nya. Masakan ikan bakarnya khas masakan Banjar….. pengunjung penuh sesak, kami menunggu sekitar 25 menit untuk bisa duduk di bangku warung …. dan menunggu lagi 15 menit agar ikan bakar nya masak. Warung ini dimulai 40 tahun lalu oleh ibu Nur, yang sekarang dilanjutkan oleh anak dan menantu nya. 

 

Potongan ikan trakulu siap dibakar.

Kami sabar menunggu, peluh bercucuran, namun tetap antusias. Tak lama ikan bakar trakulu lengkap dengan sambal, kemangi, sayur asem serta es teh manis datang.

Rumah Makan Haur Gading di belakang Pasar Kebun Sayur, Balikpapan.

Hmm…sedaap.

Dari sini, kami check in dulu di hotel Novotel Balikpapan, yang merupakan hotel langganan kami untuk sholat Duhur, kemudian kami menuju ke Pasar Inpres Kebun Sayur. Lagi-lagi saya tergoda untuk belanja kain khas Kaltim di ibu Diana, kemudian mampir ke ibu Upik yang jualan nya khas berupa kalung/gelang dari batuan yang unik.

Seperti biasa, dalam perjalanan, untuk makan malam kami  membeli makanan dari luar yang nantinya dimakan di kamar hotel setelah mandi, dan sholat Magrib. Biarpun menginap di hotel berbintang, namun beli makanan di luar tetap lebih sedap.  Jadi ….. kami mampir ke RM Haur Gading yg letaknya di belakang Pasar Inpres Kebun Sayur. Di sini yang dijual adalah udang bakar dan ikan bakar patin…

Udang dan Ikan Patin Bakar di RM Haur Gading.

Ikan bakar di sini cara masaknya dibumbui dulu sebelum di bakar. Yang dibelakang Kantor Pos, ikan nya tanpa bumbu tapi langsung dibakar…jadi enaknya karena dicocol pake sambal….serta rasa ikan yang segar. Selera tentu tergantung orangnya masing-masing, ada yang lebih suka beli di belakang Kantor Pos karena ikan segar langsung dibakar, jadi rasa ikannya lebih terasa. Sedang menurut yang lain, ikan bakar di RM Haur Gading lebih nendang karena bumbunya lebih merasuk.

Iklan

3 pemikiran pada “Menikmati Masakan Ikan Bakar di Balikpapan

  1. ibu, apa kabar..
    pangling deh blognya sudah berubah, lebih kekinian nih bu…

    ikan bakar belakang kantor pos sudah 40 tahun..? haduuh dulu selama tinggal di sana kok nggak tau rumah makan ini ya bu…, merasa sangat ngak gaul deh jadinya

    Saya tahunya juga dikasih tahu teman dari Bank Kaltim Kaltara mbak Monda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s