Bogor Heritage Trail: Tepas Lawang Salapan

 

Tepas Lawang Salapan dan tugu Kujang di belakang nya.

Apabila anda memasuki kota Bogor dari arah pintu tol di depan terminal bis Barangsiang, akan menjumpai bangunan dengan pilar putih di dekat Tugu Kujang, persis bersebelahan dengan Kebun Raya Bogor.

Lawang salapan artinya gerbang sembilan. Tepas Lawang Salapan adalah beranda yang memiliki sembilan pintu.

Bersama bunda Rini dan Martha (foto by Tinoek).

Setelah dari Vihara Mahabrahma dan menyusuri jalan Babakan Peundeuy, kami sampai di jalan Oto Iskandardinata.

Susah juga untuk menyeberang jalan Otista ini, jadi begitu bisa menyeberang jalan, kami langsung duduk-duduk di pinggir Kebun Raya Bogor sambil melepaskan lelah.

Foto dulu sambil mengendorkan nafas. Kami menyusuri trotoar luas yang mengelilingi Kebun Raya Bogor, mengambil berbagai foto.

Foto dulu sambil ambil nafas.

Kami mencoba foto bertiga (tentu saja tukang fotonya Tinoek)…rasanya sudah lama tidak segembira ini, jalan-jalan bersama sahabat. Sederhana saja sebetulnya untuk melepaskan kepenatan di kegiatan sehari-hari. Tak usah jauh-jauh, rekreasi yang dekat namun bersama teman yang cocok, itu sudah cukup membuat hati senang.

Remaja tahun 70 an menikmati jalan-jalan di trotoar yang luas dan sejuk.

Trotoar yang luas membuat kami bergembira ria, lelahpun tak terasa lagi.

Selanjutnya kami menuruni underpass untuk menyeberang jalan, dan ini pertama kalinya saya lewat underpass.

Naik sepeda yuuk.

Di underpass agak gelap, jadi serem juga jika tidak ada temannya. Di dalam underpass terdapat lukisan tentang kota Bogor, juga ada rangkaian sepeda yang bisa disewa.

Menurut Tinoek, jika akhir pekan di underpass ada yang bermain gitar, serta berbagai permainan lain.

Underpass

Melewati underpass, kami sampai di depan Taman Koleksi IPB, terdapat beberapa kursi untuk duduk-duduk menikmati pemandangan sambil melepas lelah.

Senangnya bisa bersantai bersama sahabat.

Syukurlah salah satu kursi kosong, jadi bunda Rini segera duduk disitu. Akhirnya kami ikut istirahat duduk di kursi tersebut, dan meminta tolong pada pemuda yang duduk di kursi lain untuk memotret kami berempat.

Kami melanjutkan perjalanan menuju Botanical Square, karena pak sopir menunggu di parkiran Botanical Square.

Di Botanical Square sedang ada diskon sepatu dan baju. Sambil menunggu pak sopir, kami melihat-lihat barang yang dijual, dan akhirnya beli blouse yang sesuai dengan kain batik Bogor yang sedang kami pakai.

Dari Botanical Square kami menuju rumah Tinoek di kompleks dosen IPB Baranangsiang untuk makan siang. Makan siang kali ini adalah spageti yang dikirim oleh Iswandi…..hmm sedaap. Mungkin karena capek dan lapar, saya makannya nambah….wahh nanti malam mesti nggak makan nih.

Setelah sholat, kami menuju rumah Meity yang terletak di kompleks dosen IPB di jalan Ubi. Ternyata Meity hari sudah masuk kerja dan bersama Bonar (suaminya) sedang ada acara lokakarya di IPB Dramaga. Setelah ngedrop Tinoek kembali di rumah nya dan Martha yang lebih memilih naik KRL ke Jakarta, saya dan bunda Rini langsung kembali ke Jakarta.

Hari ini acaranya benar-benar menyenangkan, selain sehat karena jalan kaki, kami juga mendapat tambahan ilmu dan wawasan wisata di kota Bogor. Kota tempat kami menuntut ilmu, ternyata banyak menyisakan temapt wisata menarik, yang selama ini tak pernah kami kunjungi.

 

2 pemikiran pada “Bogor Heritage Trail: Tepas Lawang Salapan

  1. heritage… betul Bu, paling seneng kalau muter2in Bogor adalah melihat bangunan2 tuanya. Suasana “Kota Lama” terasa banged di Bogor. Kalau gak salah, bulan lalu sempat liat bus mirip Bandros keliling2 sekitaran Kebun Raya, mau dicoba tapi keburu turun hujan
    plus, agak bingung nyari parkiran di sekitaran Kebun Raya saat weekend

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s