Pertemuan 50 tahun A7-Bitdoldut

Wajib foto di depan pintu i-PITOE

Tak terasa usia kami makin bertambah, awal Februari limapuluh tahun lalu adalah saat pertama kalinya kami menginjakkan kaki di kampus Baranangsiang yang sejuk. Angkatan kami merupakan angkatan tahun ke tujuh Fakultas Pertanian IPB (Institut Pertanian Bogor) sehingga lebih sering disebut A7, yang sebelumnya merupakan Fakultas Pertanian Universitas Indonesia.

Dan sebagaimana umumnya, awal penerimaan mahasiswa baru diadakan mapram selama satu minggu (?), dan angkatan mapram kami dinamakan Bitdoldut, yang merupakan singkatan dari Bibit Unggul-Indolen-Badut.

Setelah mengobrol dan diskusi melalu WA grup, akhirnya disepakati acara reuni 50 tahun Bitdoldut diadakan di Kuntum Farmfield, pada tanggal 15 Februari 2020. Bagi teman-teman (khususnya yang perempuan) yang ingin menginap, disediakan penginapan di “Rumah i-PITOE” yang berlokasi di kompleks Perumahan IPB Baranangsiang III, yang juga merupakan rumah Tinoek (A6).

Secara singkat acara reuni 50 tahun Bitdoldut sebagai berikut:

1. Rumah i-PITOE Baranangsiang i.7 Bogor tanggal 14 Februari 2020.

Rombongan dari Jakarta berangkat dari Citos jam 9 pagi, langsung menuju rumah Tinoek. Sedangkan Azmi (berasal dari Malaysia) bersama istri telah berada di Bogor sejak hari Kamis, tanggal 13 Februari 2020. Pada waktu itu, yang kuliah di IPB ada mahasiswa dari Malaysia dan Iran.

Kami sampai di rumah Tinoek masih sepi, jadi kami berempat (Tinoek, bunda Rini, Enny dan Ati) memutuskan jalan-jalan keliling dulu melihat rumah Batik khas Bogor di Handayani Geulis, setelah sibuk memilih-memilih, akhirnya  bunda Rini memilih batik Bogor “tilu sauyunan” warna ungu yang cantik. Bunda Rini merupakan senior kami (masih FPUI), namun karena cocok, sering kumpul-kumpul bersama A7. Tidak  lama kemudian Dien (Ambarini) beserta Novi (putrinya) datang, disusul oleh Tati Herawati.

Senangnya bertemu teman lama

Setelah selesai sholat Jumat, datang rombongan Meity dan Bonar, disusul oleh Iswandi dan Azmi. Kami mengobrol sambil menikmati makan siang, dan camilan. Obrolan tentu saja banyak berkisar saat-saat masih kuliah di Bogor. Tak terasa hari makin sore, agar tidak kecapekan dan bisa hadir esok harinya di Kuntum Farmfield, Iswandi berserta Azmi, Bonar dan Meity pamit pulang, agar bisa beristirahat.

Menjelang Magrib, Endang Suhartatik, juga mbak Kennieta Soetardjo (angkatan A3) datang ke rumah i-PITOE.

Serunya dara-dara tahun 70 an ini

Setelah sholat Magrib, kami turun ke lantai satu untuk makan malam. Ternyata telah ada Didik yang datang membawa rujak serut, kemudian datang Wartono, yang disusul oleh Hardi dan Irawati.

Suasana makin seru. Tati dan Endang, sibuk diskusi dengan Hardi karena besoknya Tati bertanggung jawab sebagai pembawa acara bersama Didik. Saya dibantu mbak Ken membungkus kado dengan kertas koran, serta menyisihkan kado untuk hadiah permainan, door prize, juga hadiah bagi masing-masing grup A678 yang akan tampil.

Biar nggak semua bisa datang di i-PITOE, suasana tetap meriah.

Hari makin malam, Gregory datang, suasana makin seru. Apalagi setelah ada acara tebak-tebakan yang dipandu oleh Tati. Hardi mengajak kami bermain tik-tok sekaligus olahraga tangan agar tidak bosan dan mengantuk.

Acara malam ini sungguh seru, walau banyak kegiatan per kelompok, ada yang membungkus kado, ada yang sibuk menyiapkan quis, ada yang bermain piano mengiringi penyanyi dadakan….namun semua gembira. Saat menjelang jam 22.00 wib, kami harus bubar agar besok bisa bangun pagi.

2.Acara puncak di Kuntum Farfield, 15 Februari 2020.

Sebelum berangkat ke Kuntum Farmfield

Kami bertujuh berangkat dari rumah i-PITOE tepat jam 8 pagi, sebelumnya foto dulu di depan rumah Tinoek. Sampai di Kuntum masih sepi, tak lama kemudian Hardi datang.

Saya  kemudian bersama Hardi menunggu meja di lobby, agar teman-teman bisa mengisi daftar hadir. Sedangkan Endang dan Tati langsung menuju lokasi, untuk mengecek persiapan.

Teman-teman mulai berdatangan, setelah Henny datang bersama Boga dan Marwan, maka Henny menemani saya untuk menjaga daftar hadir, Hardi bertugas membagikan karcis masuk.

Ada yang A6, ada yang A7 dan ada yang A8.

Yang menyenangkan, banyak teman-teman yang belum pernah hadir di reuni, muncul untuk pertama kalinya, seperti: Budiman Hutabarat, Aunu, Benyamin Obadyah, Priatman, dan yang membuat kejutan adalah Mahmud A. Raimadoya.

Suasana makin semarak, setelah para grup Batak menyanyi, Budiman dan Hoky benar-benar membawa suasana meriah, semua ikut bergoyang. Sudarsono yang membawakan acara kenangan perjalanan A678, tampil dengan gayanya yang khas, serta daya ingatnya yang tajam.

Semua ikut menyanyi, walau suara kesana-kemari.

Waktu Priatman diminta tampil untuk membawakan sepatah dua patah kata, ternyata nggak bisa berhenti bicara, mungkin karena senang sekali bisa ketemu teman-teman lama, dan ternyata Priatman ini menjadi anggota Dewan di daerahnya…pantas saja pintar ngomong ya.

Yang seru, Angkatan A8 (angkatan Ostilus) lumayan banyak yang hadir. Selain Anas dan Tati yang memang rajin hadir, ada Ida Indarti, Tanny Sri, Djadja, Bambang Sumantri dan nyonya.

Dan ternyata banyak A7 yang rupanya ikut mapram bersama A8, jadi reuni tahun depan A8 bisa mendapat bantuan dari A7 yang ikut mapram dengan Ostilus, antara lain: Azmi, Nungki, Benyamin Obadyah, Hoky, Henny dan Enny.

Untuk para senior yang selalu bersama A678, yaitu bunda Rini dan mbak Ken…..terimakasih ya selama ini selalu bersama A678.

Foto bersama sebelum pulang

Sebelum Priatman pamit pulang, kami berfoto dulu…seruu sekali. Acara diakhiri dengan foto pakai caping, walau ada beberapa yang kehilangan capingnya sehingga fotonya tanpa caping. Sebelum pulang, masing-masing anggota A678 mendapat bingkisan tumbler untuk kenang-kenangan.

Syukurlah cuaca cerah, kami berpisah dengan harapan tahun depan bisa ketemu lagi reuni bersama Ostilus.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s