Sahabatku terpapar covid-19

Sahabatku ini terkenal periang, tanpa kehadirannya, reuni di acara A678 (A-Fakultas Pertanian IPB, 678= nomor Angkatan dari tahun 69, 70 dan 71) akan terasa sepi. Setiap pagi Alda paling rajin mengirim ucapan selamat pagi di WAG A678, dengan gambar bunga-bunga yang indah. Latar belakang Alda dari jurusan Agronomi, bidang hortikultura. Jika ada acara kumpul-kumpul, Alda yang rajin menghias ruangan dengan bunga-bunga dan tanaman yang indah, serta menghangatkan acara dengan acara-acara yang membikin suasana ceria. Selain itu, Alda pintar memasak, sudah dipastikan dia akan heboh memasak sendiri untuk dibawa ke acara reuni teman-teman nya.

Sudah lama Alda tidak aktif di WAG, sebetulnya saya bertanya-tanya, apa sibuk momong cucunya? Maklum obrolan kaum purna tugas ini ya kelucuan para cucunya. Kami bahkan punya ide, bagaimana jika kita reuni dengan membawa para cucu, biar cucu kita juga bisa saling mengenal. Tak terbayangkan hebohnya jika hal itu terjadi, maklum cucu kami rata-rata masih usia SD, dan ada yang masih balita.

Tiga hari yang lalu, Alda muncul menyapa di WAG, dan ternyata dia terpapar covid-19. Dari 6 (enam) orang keluarganya, yang terkena ada 4 (empat) orang, yaitu bang Hasan (suami Alda), Alda sendiri, anaknya Icha dan Chilla (cucu usia SD). Kami kaget semua, dan ramai-ramai memberi saran apa yang bisa dilakukan. Dan setelah melewati satu minggu sejak kemunculan kembali Alda di WAG, saya bertanya apa boleh cerita pengalaman Alda ditulis, untuk pembelajaran yang lain. Alda setuju, dan ini ceritanya.

Bersama teman-teman seangkatan, Alda duduk nomor dua dari kanan

Awalnya, bang Hasan sakit flu dan batuk, kemudian Alda ketularan karena satu kamar. Sesudah satu minggu, anak kedua (Icha) dan Chilla (anaknya Icha), merasa kehilangan penciuman, tapi tidak merasa sakit. Akhirnya diputuskan satu rumah, termasuk ART periksa swab di daerah Kemang. Hasilnya: 6 (enam) orang positif dan 4 (empat) orang negatif. Yang positif tetap tinggal di rumah Pejaten, sedang yang negatif mengungsi di rumah Depok.

Kemudian Alda menelpon dokter keluarga, dipantau dan diteliti hasil swab nya. Diberi resep obat serta disuruh beli alat ukur saturation, karena Alda dan suami sudah termasuk lansia. Hasil pengukuran tidak boleh di bawah 94, jika di bawah 94 harus cepat dibawa ke Rumah Sakit.

Obat yang disediakan Alda dan keluarga:

  1. Antibiotik: azithromycin atau zitrothromax 500 mg diminum selama 10 hari.
  2. Anti virus: Fluvir 75
  3. Anti batuk dan untuk mengeluarkan dahak: Fluimucil 200 mg.
  4. Anti radang: Dexamethasone 0,5
  5. Turun panas: Paracetamol, sanmol.
  6. Untuk jaga imun di atas 55 tahun: tetap harus minum multi vitamin C 1000 mg, vitamin D 5000 IU,  vitamin E 400 IU dan zink zat besi.

Usahakan berjemur matahari pagi setidaknya 15 menit.

  • Lian hua sangat bagus untuk membantu meredakan gejala seperti batuk dan sesak napas, diminum 3x 4 kapsul sehari.

Lian Hua di luar obat dokter, namun sudah dikenal dan disarankan oleh teman-teman, ini membantu meredakan batuk. Alda membeli secara on line, ternyata tak tersedia, syukurlah Yul, teman baik Alda bisa mencarikan nya dan mengirim ke rumah Alda.

Alda dan keluarga juga rutin minum ini: 1 biji air kelapa muda, 1 jeruk nipis diperas, ½ sendok garam dan 2 sendok madu. Semua diaduk dan diminum airnya.

Selain itu setiap hari kumur-kumur dengan betadine, minyak kayu putih dibalur di dada, kaki dan hidung, untuk melatih penciuman.

Alda banyak mendapat dukungan dari teman-temannya. Ibu mertua teman Alda usia 88 tahun terpapar covid-19. Karena beliau menderita Parkinson, anak-anak nya memutuskan untuk merawatnya, isolasi mandiri di rumah, dan setelah 3 minggu hasil swab negatif.

Resep dan jadual saat isolasi mandiri di rumah dari teman yang keluarganya terpapar covid-19, sebagai berikut:

Pk 07.00               : kumur air garam

Pk 07.15               : makan pagi

Pk 07.45               : lian hua 4 pil (pertama)

Pk 8.30-9.30        : olahraga

Pk 9.30-10.00     : mandi

Pk 10.00                : vitamin C 500 mg , vitamin B, vitamin D, zinc, vitamin E ( ke 1 semua ), bee pollen

Pk 11.00               : minum herbavid herbal ginseng (ke 1)

Pk 12.00               : makan siang

Pk 12.45               : kumur air garam (kedua)

Pk 13.00               : lian hua 4 pil (kedua)

Pk 14.00               : vitamin C 500 mg, vitamin D, vitamin B, bee pollen (ke 2)

Pk 14.30 -15.30 : tidur siang

Pk 18.00               : makan malam

Pk 18.30               : lian hua 4 pil (ketiga)

Pk 19.30               : vitamin C 500 mg (ketiga), bee poleen (ketiga)

Pk 21.00               : minum herbavid herbal ginseng (kedua)

Pk 21.30               : kumur air garam

Alda dan keluarga mengikuti jadual ini, awalnya selama 5 (lima) hari tidak selera makan, Alda memaksa diri sendiri untuk makan pisang dan roti bakar, karena harus minum obat.  Dan karena hasil rontgen bagus, tidak ada kabut di paru-paru, dokter tidak menyarankan dirawat di rumah sakit. Dokter memberi obat untuk 10 hari, sisanya dianjurkan cukup minum vitamin.

Sekarang ini Alda dan keluarga sudah sehat, namun masih tetap isolasi mandiri…semoga terus sehat ya Alda, bang Hasan, Icha dan Chilla.

Catatan:

Alda membeli Lianhua Qingwen Jiaonang,  on line dari PT.INTRA ARIES 100% Asli. Membeli alat Oxymeter untuk mengukur kadar Oksigen (alat saturasi oksigen), dan oksigen portable, secara online.

2 pemikiran pada “Sahabatku terpapar covid-19

  1. Senang membacanya karena berakhir dengan kesembuhan setelah berusaha dengan sungguh2 mengikuti saran yg tentunya disaring dgn baik. Selamat sembuh Alda. Makasih Enny yg memilih pengalaman Alda untuk dapat ditiru siapa saja.

    Hallo Wati…
    Semoga kita sehat semua ya…dan jika masih ada usia, setelah covid berlalu, kita bisa jalan-jalan lagi bersama A678+++

  2. Terima kasih Bu Enny sudah memberikan ilmu yang berasal dari penderita langsung covid 19. Tentunya memberikan manfaat bagi pembaca.

    Saya tiap hari minum perasan air jeruk nipis. Juga menghirup melalui hidung minyak angin freshcare ketika mau tidur dan tengah hari. Menghirup air ke dalam rongga hidung sewaktu berwudhu juga sangat baik.

    Sehat selalu Bu Enny dan keluarga.

    Terimakasih…
    Semoga pak Aris dan keluarga sehat selalu.
    Iya perasan jeruk nipis, air kelapa muda dan madu…selain segar juga bagus untuk meningkatkan imun. Bisa juga sereh, dan madu…ini juga segar dan badan terasa segaar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s