A678+++: Reuni Ostilus 50 tahun

Sebetulnya rencana reuni yang ke 50 tahun Ostilus sudah digadang-gadang sejak lama. Apa boleh buat covid-19 nya nggak pergi-pergi. Akibatnya teman-teman panitia mengagendakan reuni dilaksanakan melalui zoom. Mungkin ada yang bertanya-tanya, mengapa sih ada angka A678 ditambah +++ dan apa siapa Ostilus itu?

Tahun 70 an (entah lupa sampai kapan), Institut Pertanian Bogor (IPB) mempunyai 6 Fakultas, yang setiap Fakultas diberi kode huruf besar. A=Fakultas Pertanian, B=Fakultas Kedokteran Hewan, C=Fakultas Perikanan, D=Fakultas Peternakan, E=Fakultas Kehutanan, dan F=Fakultas Teknologi dan Mekanisasi Pertanian. Pada saat itu kuliah di IPB melalui program enam tahun dan sistem gugur. Sebelum melakukan penelitian yang serius di lapangan, kami harus melakukan penelitian pendahuluan, yang nanti harus diuji di seminar, apabila lulus baru dipersiapkan untuk penelitian yang sebenanrnya, yang memerlukan waktu setidaknya satu tahun. Maklum, saat itu lulusan IPB diharapkan menjadi peneliti atau dosen.

Angkatan A6 adalah mahasiswa yang masuk pada tahun 69, A7 masuk tahun 1970 dan A8 masuk tahun 1971. Angkatan 8 ini merupakan angkatan terakhir sistim 6 (enam) tahun, karena sejak angkatan 9 (masuk tahun 1972), IPB berganti dengan sistim 4 (empat) tahun karena tidak semua lulusan IPB bekerja di bidang pertanian dan sebagai peneliti. Akibat kuliah yang lama ini, apalagi kami sering harus menginap di kebun, melakukan penelitian, kami menjadi sangat akrab. Lama-lama keakraban A678 ini mengundang senior ikut bergabung, jadi akhirnya namanya ditambah dengan +++.

Awal 2021 ini, A 8 yang nama angkatan mapramnya Ostilus (Tepos, Centil, Rakus) merayakan ulang tahun ke-50 tahun. Biasanya perayaan ulang tahun dirayakan dengan meriah, bersama suami, istri serta anak cucu menantu, namun karena masih ada risiko virus, kami merayakan melalui zoom, yang ternyata tidak kalah hebohnya.

Senang sekali saat lebih dari 40 orang yang bisa bergabung, termasuk dua teman yang tinggal di Malaysia, dua teman yang tinggal di Amerika Serikat, kemudian dari berbagai kota di pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Ambon. Seru dan lucu melihat wajah teman-teman yang setelah sekian puluh tahun baru bertemu kembali. Setelah panitia mengabsen satu persatu anggota yang hadir, biar kita ingat lagi wajahnya sekarang seperti apa, kami memulai acara dengan menyanyikan lagu hymne IPB….rasanya terharu, sedih, dan bangga. Hymne yang telah menyatukan kami belajar, bercanda selama belajar di Bogor, terkenang saat praktikum bersama, kuliah lapangan, juga penelitian.

Kebetulan tanggal 14 Desember ini bertepatan dengan ulang tahun bunda Rini, senior kita yang saat masuk kuliah namanya masih Fakultas Pertanian UI, karena IPB baru lahir tahun 1963. Kami semua menyanyikan lagi ulang tahun untuk bunda Rini, semoga beliau sehat-sehat selalu. Bunda Rini selalu menyertai semua kegiatan A678, bahkan saat jalan-jalan ke kota tua di Bogor….kami menyusuri jalanan di kota tua Bogor ini, sambil sesekali istirahat untuk difoto, maklum kaki tidak kuat jika terus berjalan tanpa berhenti.

Foto-foto kenangan saat mapram, saat A678+++ jalan-jalan sungguh mengingatkan akan kenangan kami bersama. Juga tayangan foto-foto dari teman yang sudah mendahului kita, semoga semua mendapat tempat terbaik di sisi Nya. Acara reuni ini sekaligus merupakan lauching foto/album kenangan dari A678+++.

Sungguh kenangan yang tidak terlupakan, walaupun melalui zoom kami merasa dipersatukan, semoga tetap guyup rukun selamanya.

Sebagian peserta
Kang Ayi Hamim Wigena memimpin doa bersama
Foto rame-rame, tim panitia siap dari Puslitbangnak, Jl. Pajajaran, Bogor.
Ayoo kita senam 10 menit, bisa sambil duduk, biar semua sehat.




Sebagian alumni
Mengiringi menyanyi Hymne IPB

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s