Oleh: edratna | Maret 27, 2008

Sariawan yang menyebalkan

Apabila lagi stres, biasanya akan menyerang pada salah satu bagian tubuh kita. Jika yang lemah perutnya, maka sakit perut lah yang menyerang, Jika mempunyai asma, maka akan menimbulkan sesak nafas. Nahh kelemahan saya adalah di bagian perut, karena saya punya sakit maag. Entah kapan munculnya penyakit maag ini, seingatku belum ada sepuluh tahun terakhir.

Jika kerjaan banyak atau banyak pikiran, perut mulai terasa perih, dan sebetulnya bisa diatasi dengan makan teratur. Sulitnya, jika lagi capek, lelah, kerjaan banyak, saya menjadi malas makan, penginnya merasa kenyang tanpa harus makan. Ini berbeda dengan teman saya, yang dikala stres malah makan melulu, jadi badannya malah tambah subur. Yang menjengkelkan sakit maag ini akan diteruskan dengan sariawan, yang awalnya dimulai karena terkena sikat gigi atau kegigit saat makan. Nahh kenapa bisa tergigit? Karena makannya sambil mikir yang lain, jadi sebetulnya petuah orang tua zaman dahulu benar, jangan mengobrol sambil makan, karena sebetulnya saat makan kita harus menikmati yang tersedia di meja makan dan bersyukur masih mempunyai rejeki dan masih bisa makan.

Sakit sariawan ini baru 3 (tiga) hari, tapi rasanya menyengsarakan benar, karena semakin sulit bisa menikmati makanan. Apalagi makanan yang pedas, wahh..bukan main sakitnya. Dan kalau sudah begini, mau tak mau tetap harus disiplin…makan pada waktu jam makan, agar perut tak makin kembung yang menyebabkan sariawan tak mudah sembuh.

Adakah pembaca yang mempunyai pengalaman seperti saya?

Responses

  1. kalo saya kasusnya sama dengan tante sama persis, obatnya cuma minum air putih lebih banyak dari biasanya sebab kalo sakit saya jarang minum obat, malah sudah lama sekali gak pernah minum obat. Bila flu ato nggereges, saya minum susu dan istirahat cukup, kalo sariawan minum air putih lebih banyak, terakhir saya sakit maag kelas 3 SD itu 20 tahun yg lalu. Saya sedia makanan kecil/cemilan bila perut terasa lapar, kalo tidak sepotong roti, coklat, ato buah2an spt pisang. Kalo diindonesia mudah sekali, ada singkong ubi dsb. Kurang lebih begitu tante pengalaman saya.

    Resi Bismo,
    Iya…padahal biasanya kalau stres nomor satu pusing dulu, baru muncul sariawan…..kalau sampai Sabtu ini belum sembuh juga kayaknya harus ke dokter…..hanya kecil tapi karena di lidah jadi sakit, dan sulit makan. Padahal udah minum larutan kaki tiga, adem sari, sampai diolesi kenalog….

  2. Kalo resep mamaku sejak kecil utk sariawan adalah madu. Madu diminum atau diteteskan ke daerah yg terkena sariawan trus didiamkan kurang lebih 20 detik baru boleh tertelan madunya. Cobain deh bu…semoga manjur 🙂

    Poppy,
    Kalau udah sembuh, harus ke dokter gigi, memang sudah waktunya untuk pemeriksaan dan pembersihan karang gigi…mungkin ini juga yang jadi penyebabnya. Udah diniati, tapi mundur melulu….

  3. Saya jarang sekali sariawan, kalaupun sariawan biasanya rajin berkumur2 dengan obat kumur. Perih memang, tetapi jika ingin sembuh semuanya harus berjalan secara teratur mengobatinya.

    Saya ini juga memiliki penyakit maag yang akut, ada sedikit pikiran saja…. lambung rasanya sakit sekali… Apalagi kalau sudah cemas, khawatir tentang sesuatu… langsung deh asam lambungnya naik. Biasanya kemana2 selalu siap sedia obat Maag… 😀

    Cepat sembuh yaa Ibu…

    Iko,
    Makasih doanya…iya nih, kalau Sabtu belum sembuh harus kedokter…tapi malu ya, kalau ditanya..”Sakit apa?”” Terus dijawab ..”Sakit sariawan pak dokter…” ..hehehe…sakitnya nggak intelek.

  4. mirip saya bu 😀
    kalo lagi stress (sadar ato ga sadar) mulai berdatangan tuh penyakit, dari perut melilit ga jelas, sariawan atas bawah kanan kiri sampe jerawat pada duduk manis di jidat sama pipi 😀
    kalo udah gitu baru mikir, stress kenapa ya?

    Iway,
    Yup…betul..kalau stres mulainya pusing sebelah (migrain) dulu..terus sariawan, perut perih…dan jerawatan (ini jika masih muda). Herannya kali ini langsung sariawan, tanpa pusing lebih dulu….sebenarnya memang lagi banyak pikiran sih..padahal udah tahu kalau First thing first…..tetap aja jadi pikiran kalau semuanya belum selesai.

  5. Sariawan????
    Memang Menyebalkan!!!

    Indra1982,
    Iya…penyakit kayaknya sepele…tapi bikin susah…..

  6. hehe…

    jadi inget istri kalo tiap stress pasti sariawan.

    saya sendiri sih jarang sariawan, kecuali kegigit.

    Tukang ketik,
    Iya, kayaknya lebih banyak cewek ya yang sering sariawan….

  7. Ah, untungnya saya jarang makan. Kalau sariawan bisa tahan tanpa makan jadinya..

    Haruhi-ism,
    Kalau nggak makan, perut semakin perih…akibatnya sariawannya tak sembuh-sembuh. jadi tetap harus dipaksakan makan seperti biasa, agar asam lambung tak makin memperparah sariawan.

  8. saya ndak pernah kena maag …

    dan saya mungkin 1 ato 2 kali terkena sariawan dan itupun dulu sekali ….

    favorit saya : jeruk!

    Sandy,
    Bersyukurlah…karena sariawan benar-benar tak nyaman.

  9. wah, kalau saya sedang menghadapi banyak pekerjaan, yang sering tidak kuat itu perut, bu enny, diare sudah dapat dipastikan datang, sehingga saya harus selalu siap beli obatnya. kalau sariawan jadi ingat sama albothyl. waduh, sakitnya minta ampun ketika dioleskan.

    Pak Sawali,
    Iya…akhirnya saya pakai abothyl….duhh perihnya…awalnya masih berharap sembuh dengan sendirinya, minum larutan kaki tiga, dan adem sari…..

  10. Kalau maag saya kambuh, saya banyak ngemil makanan kecil aja. Hindari makanan pedas dan asam, lalu manjakan diri. Senang-senang sajalah sama anak-anak…biar hilang stressnya.
    Kalau saya sariawan, sama seperti Pak Sawali, pake albothyl. Perih memang, tapi cepet sembuh.

    Ratna,
    Memang kayaknya sakit sepele, tapi bikin pusing juga…..

  11. sariawan? hmm.. baru sadar uda kisaran 6 bulanan ini gak pernah kena. alhamdulilah.

    ah ibu kali yang kurang makan sayur buah ma vitamin.

    dulu kalo sariawan ya pake “obat biru” paten tuh, sekali oles pas malemnya, besoknya sudah sembuh, tapi kalo sering ga sengaja kena ludah ya sulit juga kan jadi ketelan terus malah obatnya ketelan jadi lama sembuhnya. biasanya itu obat lebih cepat daripada makan vitacimin sampe berbiji biji deh kalo saya, yang ada malah kambung saya yg gak kuat

    Arie,
    Yang kok maksud obat biru itu apa? Listerinkah? Soalnya Listerin (sejenis obat kumur) ada yang berwarna kuning, hijau dan biru…

  12. Biasanya kalo penyakit nya dah merambah kemana2 kek gini, saya malah makin suetresss… Pinginnya istirahat bentar buat nenangin diri, abis tu ilang deh sakit aneh2 kek gitunya.

    Luthfi,
    Memang sebetulnya diawali kesibukan, lelah, telat makan, perut kembung, mulai deh sakit maag…dan terus ujungnya sariawan.
    Dan mau istirahat juga tak mungkin, karena kesibukan yang lain menanti untuk segera diselesaikan.

  13. wah, hihiihi
    kalo saya
    lg ada dedlen
    stress, tiba2 muncul sariawan (lama banget, bs seminggu)
    selama seminggu, makan susah … ujung2nya ngdrop 😦

    oh iya, saya bukan luthfi yg di atas itu
    hiihih
    luthfi yg laen
    *siap2 ganti nickname*

    Luthfi,
    Iya nih…namanya sama….untung sekarang sebelum komentar, saya buka WP dulu. Pernah dulu saya asal memberikan tanggapan, tanpa login ke WP, ternyata yang saya pikir Noeroel adalah Nunung nya Anjar Priandoyo, ternyata Noeroel yang lain…hehehe…wahh saya jadi malu.

    Sekarang nggak stres lagi kan..kasus susu udah mendingin….

  14. saya pakai obat cina..apa itu yang botolnya kecil, terus ditempelkan ke sariawan kita dengan cutton bud..cepet sembuhnya,sehari udah sembuh..

    * percayalah

    Mas Iman,
    Kayaknya saya pernah mendapat obat ini dari teman, tapi tak tahu belinya dimana? Sejak kemarin masih takut ketemu abothyl (terbayang perihnya)…tapi apa boleh buat harus berani menahan sakit.

  15. Kalau saya biasanya sariawan kalau lagi stress. Solusinya, saya harus berusaha menghadapi sesuatu yang bikin stress itu dengan lebih santai.

    Edi Psw,
    Iya memang….tapi memang saya lagi banyak masalah yang harus diselesaikan, jadi mau tak mau harus diselelesaikan satu demi satu. Awal tahun memang waktu yang sangat sibuk.

  16. Aduh, moga sariawannya dah lekas sembuh ya, Mbak. pakai obat china itu, lho, Mbak, Hue Fung San. Bukan promosi nih. Biasanya sehari setelah ditaburi bubuk obat ini, sariawan langsung kering.

    -salam-

    Mbak Hanna,
    Makasih doa dan sarannya. Belinya dimana mbak? Apa bisa dibeli di setiap toko obat China? Thanks

  17. Saya pernah seperti itu Bu.. tapi sekrang sudah ndak lagi… cara mencegahnya gampang.. selalu sediakan buah dan sayuran hijau setiap makan sudah cukup.

    Toeti,
    Sebetulnya saya hobi makan buah dan sayuran, kalau menurut dokter memang asam lambungku cenderung banyak…malah yang harus ditambah karbo hidratnya.

  18. Saya ada peristiwa yang cukup menggelikan berkaitan dengan sariawan ini…..
    Dulu saya senang sekali mengkonsumsi Vitacimin, tablet vitamin C 1000 mg yang rasanya manis. Karena rasanya enak, saya konsumsi agak banyak dalam sehari. Fikirku, ah vitamin C ini kan bisa larut dan keluar dengan air seni jadi tidak usah terlalu takut dengan overdosis vitamin C dan lagian juga bagus untuk mencegah sariawan karena kekurangan vitamin C.

    Tapi apa yang terjadi?? Beberapa hari kemudian justru saya mendapat sariawan!! Di tiga tempat yang berbeda pula di mulut saya! Dokter bilang saya kebanyakan makan Vitacimin yang mengandung Vitamin C itu karena katanya mulut saya agak sensitif dengan asam askorbik alias Vitamin C itu jika dikonsumsi banyak2. Hehehe… itu namanya maju kena mundur kena… 😀

    Yari NK,
    Kalau menurut dokter asam lambungku yang masalah. Pas puasa dulu, kalau minum Seloxy (antioksidant, vitamin dan mineral) nggak boleh pas sahur, karena saat puasa perut cenderung asam, dan bagi yang punya kelemahan seperti saya, malah menjadikan sakit maag kambuh dan sariawan muncul.
    Padahal dulunya saya pikir sariawan karena kurang vitamin C. Masalahnya saya suka males makan, telat makan kalau udah sibuk…dan yang digenjot seharusnya karbohidrat dulu, baru vitamin lainnya. Maklum, bukan dokter….jadi suka keliru…

  19. Alhamdulillah Saya tidak pernah merasakan hal seperti ini ibu …
    Kalau stress penyakitnya malah maunya tidur terus …:)

    Salam kenal ibu …

    nh18
    ,
    Salam kenal kembali.
    Btw…enak lho kalau stres malah tidur, tapi hati-hati jika setiap stres malah mengantuk…..baca di https://edratna.wordpress.com/2008/01/13/jangan-abaikan-jika-anda-mengantuk-berlebihan/

  20. bukan listerine bu, obatnya itu biasanya saya dapat dari puskesmas aja, gratis, trus diolesin aja tepat di bagian sariawannya, ngolesinnya pake kapas yang buat korek kuping bayi itu lho (cuttonbuds). namanya saya lupa, oo iya ini saya juga lupa kalo temen2x bule disini kalo seriawan apa ya obatnya biar jadi tau jg kalo bule dikasi apa kalo seriawan. # mbuka kamus dulu lupa bhs inggrisnya seriawan apa.

    Arie,
    Iya nih, biasanya cuma 2 hari udah sembuh….mungkin juga karena banyak kerjaan yang harus diselesaikan…

  21. Bu Edratna, saya juga pernah seriawan, padahal tidak biasa2 nya. Ya trus ke Dokter hanya diberi tablet trus sembuh. Tanpa obat yg bikin perih. Gara2nya waktu itu saya suka mindum itu tuh, apa ya namanya lupa yg supaya lancar BAB sejenis Adem Sari. Nah ini ada bukunya ‘Diet tanpa rasa lapar’ karangan Dr.D.Adamo, sesuai dgn golongan darah. Tinggal cocokkan dgn golongan darah Ibu, satu buku satu golongan darah. Harganya kira Rp.17,000.- Pengalaman saya bisa sembuh tuh…dan badan terasa seger2 ajah…selamat mencoba.

    Simbah,
    Kelihatannya saya juga harus cek secara keseluruhan, karenakemungkinan ada gangguan di perut. Hal ini disarankan oleh teman wanita, yang pernah mengalami hal sama, bahkan lebih parah.

  22. saya 22nya tuh bu..
    kalo stres, makannya banyak, bener2 pelampiasan ke makan sambil ngunyah sambil mikir.. haha..
    sariawan juga sering bgt, sy jg blm bener2 nemuin solusi terbaek

    Sakuralady,
    Penyebab sariawan macam-macam, sempat juga ke dokter kandungan,.siapa tahu gara-gara masalah hormon. Sekarang udah mendingan kok…

  23. stomatitis/sariawan beragam penyebabny, secara teori ok menurunny sistem imun. krn mukosa mulut selalu ‘bertabrakan’ dgn gigi yg kerasny lbh keras dr tulang, pd bbrp orang sariawan jadi hal rutin pd saat stres ato menstruasi. beragam obat jg ditawarkan, spt abotyl, kenalog, utk vitamin, vitamin b lbh tepat drpd vitamin c utk mengatasi sariawan akut.. jika ibu trmasuk yg sering sariawan, cb ganti pasta gigi yg biasa dgn merk ‘dentova’. pasta gigi ini memberi perlindungan lbh utk mukosa dan gingiva (gusi) yg sensitif, saya jg banyak menganjurkan utk pasien saya. tp klo tdk sering, kenalog aja cukup.

    Ardyan,
    Iya memang, penyebab sariawan macam-macam. Saya pakai pasta gigi “Enzym” atas saran dokter gigi..
    Thanks masukannya.

  24. kl sariawan mndg coba ajah makan vitamin c kalii yah..
    Avoid hot food ntar jdnya tmbh parah..

    Trz coba minum ajah obat pereda panas dalam (biasanya yang dikumur2 di dlm mulut slama 15-25mntan-lebih timbul efeknya) pasti lbh cepet smbhnya juga.
    Tp aq lupa nama obatnya..huehe..

    Sheren,
    Makasih infonya.

  25. sariyawannn??? memang membuat struess banget .
    tidur nggak enak ,makan nggak nyenyak , nggak maknyosss lagi klo makan

  26. saya lagi sariawan kurang lebih udah 2minggu ndak sembuh2 malah menjadi/malah membesarlubang warna putih dan pinggirnya kemerahan.gara2minum vitamin c eh pagi harinya sariawan.udah saya obati pakaiobat sariawan serbuk produk taiwan.di sini produk ini ternama loh? tapi anehnya sariawan saya ndak sembuh2.rasanya mulut saya kering dan sakit nya minta ampun mohon resep yg mujarap apa ya?soalnya saya di taiwanpakai produk indo ndak cocok krn produk dari indo dosisnya terlalu besar.apa ada resep yg alami.terima kasih sebelumnya.salam maia.

  27. wah..benar mbak…sangat menyebalkan…kemungkinan besar memang stress…dulu saya sering sariawan, belakangan ini agak jarang karena minum chlorophyl, cuma karena stres yg berat krn kerjaan, saat ini timbul lagi,banyak lagi kenanya, sampai badan agak demam……salam..

  28. menurut saya, saat ini saya juga lagi sariawan, bikin sebel setiap mo makan terasa sengsara banget. tapi kata teman2 sariawan itu bagusnya diobati dengan makan banyak sambal. karena di dalam cabe itu mengandung lebih banyak vitamin c dibanding buah jeruk. ya, sekarang lagi dalam pengobatan. coba deh…

  29. waduuuu,..sariawan,..penyakit yg menyebalkan, skarang ni lagi kena,saya coba disiplin kumur2 pake listerine bu, sesudah sikat gigi,..mudah2 an cepat sembuh,..memang sih saya kurang makan buah dan sayuran,..sebab males,.hehehe,..

    btw,.saran2 bapak dan ibu, saya coba juga,..


Tinggalkan Balasan

Kategori

