Telah ada Website tentang “anak indigo”

Tulisan saya tentang anak indigo, ternyata banyak yang berminat. Saya mencoba menghubungi mbak Rossini (indigo dewasa) yang selama ini banyak membantu membimbing anak indigo, dan beliau kemudian berkenan memberikan alamat klinik yang dapat memberikan konsultasi tentang anak indigo, sayangnya klinik tersebut beralamat di Jakarta, sehingga tak dapat menjembatani anak-anak yang berkedudukan di kota lain.

Syukurlah, pada tanggal 5 Juni 2008 saya mendapatkan informasi bahwa telah ada web site tentang anak indigo. Bagi teman-teman yang ingin mengetahui lebih jauh tentang anak indigo, dapat mengunjungi Pusat Informasi dan Komunitas Indigo Indonesia. Inilah alasan mengapa perlu ada website khusus indigo tersebut…..”Kehadiran generasi Indigo dengan keunikan kepribadian ini sering disalah artikan oleh keluarga dan masyarakat, sehingga sering menjadi sumber ketegangan hubungan antar pribadi, atau generasi ini menjadi korban kesalahpahaman. Diperlukan informasi untuk mengenali generasi Indigo, memahami karakter dan potensi-potensi alamiah yang dimiliki serta menerima kehadiran mereka secara wajar. Website tersebut dimaksudkan untuk mencoba memberikan informasi secara jelas dan lengkap kepada anda, sehingga anda dapat lebih mengenal apa dan bagaimana “anak indigo” itu.”

Secara khusus saya ingin memberikan appreciate kepada mbak Rossini, yang telah memberikan dedikasi, untuk edukasi kepada masayarakat agar bagaimana menangani fenomena anak indigo ini. Saya sempat ikut mengunjungi acara “Indigo Club” di Ciawi pada pertengahan tahun 2006. Memang sulit bagi kaum awam untuk mengenal dan memahami anak indigo, namun bukan tak mungkin anda sendiri, anak anda, keponakan anda, ada yang mempunyai ciri-ciri sebagai indigo. Dengan adanya website ini, maka para pengunjung bisa bebas berdiskusi melalui forum, menulis email, dan mudah-mudahan semakin banyak masyarakat yang paham, sehingga potensi yang dimiliki anak indigo ini dapat berguna untuk kemajuan bangsa Indonesia.

Catatan:

Karena telah ada web sitenya, maka anda diharapkan dapat langsung mengunjungi web site tersebut. Untuk selanjutnya, karena saya tak punya kompetensi di bidang indigo, maka tidak dapat melayani tanya jawab tentang masalah indigo tersebut.

30 pemikiran pada “Telah ada Website tentang “anak indigo”

  1. Jangankan orang special macam indigo itu, wanita biasa saja sulit dipahami koq bu, hehehe.
    Saya mau baca dulu tentang anak indigo

    Iwan Awaludin,
    Bukankah kadang kita sendiri juga tak tahu apa yang sebenarnya kita inginkan?

  2. Iko

    Waaahhh, sekarang sudah web onlinenya. Semoga bermanfaat bagi semuanya….

    Iko,
    Betul…btw saya masih tak bisa komentar di blog mu.

  3. indigo tu bukannya kelompok yg bikin silet di tv?
    jadi penasaran
    mau liat ah
    jangan2 ku juga anak indigo πŸ˜€

    aAng,
    Wahh saya ga nonton TV….apa siapa yang masuk kriteria indigo, bisa dilihat di web nya.

  4. terima kasih informasinya, bu enny. hingga saat ini saya masih belum banyak tahu tentang kehidupan seputar anak indigo. yang saya tahu, mereka rata2 memiliki “keistimewaan” yang butuh penanganan serius dari orang2 yang betul2 paham tentang dunia mereka itu.

    Pak Sawali,
    Setiap anak memang unik, anak saya pun keduanya punya keunikan masing-masing. Namun tak ada salahnya memahami fenomena anak indigo, terutama bagi orangtua, guru agar tak keliru dalam mengarahkan mereka.

  5. Ah semakin kuat keinginan saya untuk menjadi guru …

    Rindu,
    Menjadi guru jika dihayati dengan hati akan sangat menyenangkan. Ayah ibu saya guru, pekerjaan saya sekarang sesekali juga mengajar.

  6. wah baru tau ada website seperti ini

    Edipsw,
    Silahkan dikunjungi pak, dan kalau menemui siswa dengan ciri-ciri seperti pada web site tsb, semoga para guru bisa lebih memahami.

  7. sungguh mencerahkan setelah baca beberapa artikel disana

    Peyek,
    Semakin memahami, betapa banyaknya sifat dan karakter manusia…

  8. Saya sebenarnya terus terang masih agak bingung dengan definisi eksak “Indigo child”. Kenapa istilah ini baru muncul beberapa dekade terakhir, dan apakah ini semata2 hanya masalah psikologis “yang dibesar2kan”, ataukah ada unsur “mistis”nya, ataukah memang benar ini ada sudut ilmiah non-psikologisnya?

    Apakah kita seyogianya membedakan perlakuan terhadap anak2 indigo ini?? Ataukah ini hanya pengelompokkan atau tindakan berlebihan yang justru akan mendiskriminasikan anak indigo ini??

    Maklum banyak kalangan ilmiah yang masih meragukan hal2 yang termasuk dalam New Age beliefs seperti hal ini……

    Kang Yari NK,
    Sebaiknya baca artikel saya sebelumnya, dan membaca komentarnya Fertob. Saya dulu juga tak tahu tentang hal ini, namun sesuai pengalaman, memang ciri-ciri anak indigo seperti pada web site tadi ada…sayangnya dalam acara di TV yang ditonjolkan adalah kemampuannya dalam hal melihat dunia lain (mistik), padahal jangkauannya luas sekali. Yang jelas anak ini sensitivity dan insting nya lebih tinggi. Baca komentarnya kunderemp di bawah ini.

  9. Okta Sihotang

    semoga bisa dijadikan wadah yang berguna utk orang banyak πŸ˜‰

    Ochta Sihotang,
    Saya juga berharap demikian….

  10. aminhers

    salam’
    baru tahu yang namanya indigo itu penyakit.dikiranya trend gaya. setelah baca postingan ini jadi tahu sebenarnya. trims Bu.

    Mencermati beberapa tanda seseorang mengidap indigo,saya berpikir begini : apa saya atau anak saya yg terkena indigo ❓ pdahal penyakit tsb tampak di usia kanak2, kok tandanya ada di saya yg berusia 40 th lebih πŸ™‚
    jangan2 indigo, menjangkiti manula ❓
    trims BU.

    Aminhers,
    Indigo bukan penyakit pak…mohon dibaca web sitenya atau tulisan saya sebelumnya…

  11. Kang Yari NK:
    Yup.. gak jelas..
    Itu sebabnya banyak anak yang dituding sebagai indigo menolak cap indigo πŸ˜›
    Definisinya tidak jelas, ruang lingkupnya terlalu luas. Dan tidak heran bila banyak yang skeptis. Saya termasuk yang skeptis. Adik saya termasuk yang skeptis.

    Memang bila kita lihat orang-orang yang divonis sebagai “indigo”, ada semacam perasaan kagum. Namun saya sendiri melihat bahwa di antara orang-orang indigo, ada satu pola yakni sama-sama memiliki akses ke banyak pengetahuan entah itu internet maupun majalah dan buku. Jadi, saya pribadi menganggap, anak-anak indigo itu hanyalah karena mereka banyak mendapat akses pengetahuan sementara orang tua mereka tidak sempat mengawasi anaknya sepenuhnya dan akhirnya mereka terkaget-kaget dengan anaknya sendiri.

    Sekedar opini pribadi.

    Kunderemp
    ,
    Thanks tambahan infonya….
    Atau ibu sering terkaget-kaget dengan tingkahmu???

  12. “menerima kehadiran mereka secara wajar”

    Saya belum pernah bertemu langsung dengan indigo, tapi kata kuncinya yg saya tangkap adalah dengan menerima secara wajar. Sama seperti anak-anak lainya.

    Coretan pinggir,
    Yup…menerima mereka apa adanya….

  13. Mungkin bu, saya harus banyak membaca dari berbagai sumber baik yang skeptis maupun yang tidak mengenai “Indigo Children” seperti ini. Karena terus terang saya (seperti halnya Kunderemp) saya adalah orang yang skeptis mengenai masalah ini apalagi kalau masalah ini termasuk dalam bidang psikologi.

    Saya menemukan teks ini di salah satu situs mengenai “Anak-Anak Indigo”:

    An indigo child is one who displays a new and unusual set of psychological atributes and shows a pattern of behavior generally undocumented before. There are specific traited to an indigo child. They sometimes have troubble with absolute athourity. they show a strong sense of maturity, that which is rarel displayed in adults. They can seem antisocial unless they are with their own kind of people. They have a strong sense of the world around them, and are concerned by glodal issues. They are not shy in letting others know what they need. These traits began popping up in children in the 1970’s, indagos are said to possably be a higher step in evoulation. Now, 95% of all children born before 1985 are indigo children, are you?

    Ada juga cara atau test untuk mengetahui apakah seseorang itu indigo atau bukan seperti di situs ini. Menurut saya cara2 tersebut masih “mentah” sekali…….

    Di luar banyaknya kritik yang ada tentang fenomena anak Indigo ini yang banyak mengatakan bahwa sebenarnya fenomena2 pada anak2 Indigo tersebut adalah fenomena2 psikologis biasa yang mungkin dengan intensitas yang agak lebih. Bisa dilihat di Wikipedia dan juga situs2 lain yang skeptis dengan fenomena anak indigo ini dan memuat kritik2 tentang fenomena tersebut……

    Tapi tentu saya masih harus mendapatkan informasi lebih lanjut lagi dari banyak sumber baik yang skeptis maupun yang tidak, agar informasinya berimbang……

    *sambil memeriksa apakah saya sendiri anak saya indigo atau bukan* πŸ˜€

    Kang Yari NK,
    Saya awalnya skeptis, tapi saya semakin paham setelah pernah mengenal anak indigo dan indigo dewasa dari dekat. Pada umumnya mereka tak mengatakkan kalau indigo, hanya pada orang yang dipercaya baru terbuka, maklum masyarakat kita belum terlalu memahami, dan yang ditayangkan di TV adalah hal-hal yang sebetulnya tak mewakili kaum indigo ini. Mereka tetap orang yang normal, hanya mempunyai sensitivity lebih, dan bisa bergaul normal serta berprestasi.

  14. OOT nih Ibu, tapi ada juga sih kaitannya hehehe…

    Ajakan buat semua blogger Indonesia. Juga buat siapa saja yang mencintai keindahan Danau Toba, keunikan Taman Nasional Krakata, dan keperkasaan Gunung Krakatau :

    ayo ramai-ramai kasih suara dukungan agar ketiga obyek wisata kebanggaan kita itu menang dalam pemilihan sedunia “Tujuh Keajaiban Alam”. Pemilihan bersifat online.

    Info selengkapnya, klik aja link di bawah ini :

    http://tobadreams.wordpress.com/2008/06/06/dukung-danau-toba-agar-masuk-tujuh-keajaiban-alam/

    Terima kasih
    Jayalah Indonesia

  15. Jangan jangan saya sendiri termasuk Anak …eh Dewasa Indigo….
    Tapi sangat menarik untuk membicarakannya sebab dalam komunitas Masyarakat kadang mereka (red Indigo) diberi cap yang tidak Pas…bahkan Aneh.
    Terimakasih Bu atas informasinya.

    FAD,
    Sama-sama….

  16. Di daerah saya ada yang dinamakan “ilmu turunan”, bisanya dari kakek yang mempunyai kesaktian mandraguna yang kemudian diturunkan kepada cucu/keturunan lain setelah dia meninggal.
    Ada yang berupa ‘daya linuwih’, ada juga ‘jin pengikut’. Walupun kadang sang pewaris tidak tahu menahu mengenai hal itu.
    Saya tahu beberapa orang seperti ini dan mereka memiliki ciri-ciri indigo yang Ibu sebut di artikel sebelumnya.
    Saya juga percaya kemampuan indigo bisa dihilangkan dengan kekuatan tertentu.

    Ade Bayu,
    Setiap kali mendengar kata “anak indigo” kenapa larinya ke masalah jin dll ya? Padahal bukan seperti ini, karena sangat luas, bahkan ada anak indigo yang tak bisa melihat dunia lain tsb. Ini karena setiap kali yang ditayangkan di TV adalah yang ada unsur publisitasnya, bukan tentang anak-anak yang berhasil. Tapi saya tak layak untuk memberi penjelasan, sebaiknya kunjungi web site anak indigo, karena akan lebih banyak pengetahuan yang diperoleh.

  17. nyatanya mereka memang nampak ‘berbeda’..tdk umum..gifted, berbakat..
    iya ya bu..mirip2 adhd..
    selalu ada kesempatan utk memahami org lain yg berbeda..

  18. Iya Bu, ada juga yang tidak ada kaitannya dengan dunia per-Jin-an.
    Seperti kawan SMP saya, dia bisa memanggil angin kecil yang berpusar di dekat tangannya, kemudian dia juga bisa semacam “ilmu terawangan”. Dia bisa melihat aktifitas seseorang di kejauhan. Sungguh aneh kedengarannya, tapi saya lihat sendiri. Karena saya salah satu sahabat yang dia percayai.

    Waktu itu, dia sering merasa seperti migrain pada saat2 tertentu. Dan kemudian, dia mengalami kecelakaan cukup parah saat kuliah. Setelah sembuh dari luka2.. migrainnya ilang, dan juga kemampuannya itu.

    Saya juga percaya kemampuan indigo ini berasal dari otak manusia dengan mekanisme yang saya tidak tahu.

  19. eddy yunus

    Ass , saya akan bercerita sedikit tentang sahabat saya ini yang mempunyai anak laki laki yg IQ diatas normal dan kelebihan anak sahabat saya yg mempunyai kelebihan ini , juga bisa komunikasi jarak jauh dengan sahabat saya .

    anak sahabat saya ini juga mempunyai kelebihan untuk membuka halaman buku hanya dengan tatapan mata , memecahkan gelas dan hal hal yang diluar nalar manusia .

    saya sendiri mulai tertarik untuk membuat Buku tentang kehidupan sahabat saya ini , suka duka bersahabat dengan beliau yang kadang membuat saya kerepotan dan nangis bathin sebagai manusia biasa yang tidak bisa melihat alam lain .

    perdebatan demi perdebatan yang setiap hari membuat kami sering ribut dan hampir setiap hari itu terjadi , tetapi sahabat adalah tetap sahabat bagi saya . apapun yg dia miliki .

    dia tetap sahabat saya , saya sedih sewaktu sahabat saya bercerita sempat ada komentar tentang sahabat saya ini yang sebagian orang awam menganggap sahabat saya gila dan berhalusinasi tinggi .

    sahabat saya sering mengatakan kalo boleh jujur dia tidak ingin dilahirkan sebagai dia sekarang . dengan apa yang dia miliki yang bisa melihat masa lalu orang dan masa depan orang dan apa yang sedang terjadi disekitar dia.

    Wassalam

    eddy_ysh@yahoo.co.uk

  20. dee

    sekedar informasi saja…

    tgl 23 agutus 2008 ini ada seminar dan sarasehan mengenai Komunitas Indigo…

    silahkan mengubungi 5420 5182 (sdri novi )

  21. desi

    Saya seorang ibu, dan mempunyai 2 anak laki dan perempuan, tetapi anak yang pertama perempuan usia 6 tahun, begitu saya membaca tentang indigo, sesuai dengan karakter anak , yang saya tanyakan apakah karakter anak indigo itu selalu suka membatnatah dan pemikirannya lebih dewasa, memang anak saya suka membantah, bisa melihat makluk halus, awlanya sih saya tidak percaya saya mikir kalau anak saya bicara katanya habis lihat setan, saya hanya bilang itu bohong tetapi sering dia bisa melihat. apa benar anak saya indigo karena saya juga sudah kewalahan memberitahu anak saya. apa yang harus saya lakukan melihat perkembangan ank saya nantinya, apakah faktor keturunan atau memang secara naluri aja. terima kasih sebelumnya. GBU

  22. ibu….
    saya sering sekali bisa tau kalau seseorang akan mati… semua nenek dan kakek saya, saya tau beberapa jam sebelum mereka nggak ada kalo mereka bakal nggak ada… saya bilang ketemen saya waktu itu. ‘sepertinya kakek hari ini nggak ada’ dan beberapa jam kemudian ada telpon yang memberitakankalau kakek sudah meninggal. dan itu juga terjadi ke nenek dan kakek saya yang dari pihak mama…

    saya ngomong gitu tanpa ada rasa apa2.. tanpa ada ppemikiran apa2… yang saya heran, saya bisa tau kalau mereka adalah orang terdekat.. saya nggak yakin itu indigo… karena saya nggak bisa liat makhluk halus… saat ini saya juga punya anak perempuan berumur hampir satu tahun… dan dia bisa tau dimana kakek saya, dia menunjuk foto kakek saya waktu kita lagi lebaran di rumah almarhum kakek… dan dia bisa tau kalau ditanya ‘mana buyut kakung?’ dia langsung menunjuk kefoto kakek dan tersenyum.. padahal dia belumpernah ketemu kakek…

  23. aku punya cri2 indigo yg sering disebutkan di wesite, tapi aku punya masalah. seolah2 persoalan selalu datang bertubi2 tanpa henti, 1masalah selesai datang masalah lain mulai dari keluarga sampai teman, masa kecilku saat berumur 3/4 th gk jelas aku selalu bermimpi kalau dulu aku pernah dewasa dan menjadi seorang pembalap sepeda bahkan aku paling tidak bisa klo naik sepda dengan pelan, bahkan kata nenekku dulu aku sama sekali gk nangis saat baru saja lahir. aku cuma mau tanya bagaimana caranya menghadapi masalah masalah indigo yang kualami ?

  24. jopie

    bisa minta alamat mbak rossini (indigo dewasa)
    tolong di email ke alamat saya
    penting
    terima kasih banyak

    email : alexanderjopie@yahoo.com

    Jopie,
    Sebetulnya tulisan di atas dimaksudkan agar teman-teman yang merasa dirinya memenuhi kriteria indigo, bisa menyambangi langsung web site nya….jadi silahkan anda mengunjungi web site nya.
    Dan tentu saja saya tak mungkin menjawab komentar satu persatu, karena bukan kompetensi saya, dan saya tidak termasuk kriteria indigo.

  25. Ping-balik: Apakah anak anda termasuk “anak indigo?” «

Komentar ditutup.