Bincang-bincang bersama teman

Kapan saya mulai mengenal istilah kopdar? Mungkin sejak si bungsu masuk universitas, dan para ortu yang anaknya masuk kampus Gajah, sering kumpul, diskusi, bagaimana agar anak-anak merasa nyaman dan bisa mengikuti materi kuliah selama kuliah di sana. Keberadaan dunia internet, makin meningkatkan keinginan kopdar ini. Apalagi sejak saya mulai ngeblog, yang mulai saya lakukan setelah MPP (Masa Persiapan Pensiun)…waduhh telat banget ya…ngeblog kok malah setelah mau pensiun. Tapi begitulah..karena saat masih muda belum mengenal blog, apaboleh buat setelah pensiun malah jadi suka menulis di blog, walau bukan tulisan yang serius. Dan ternyata, menulis bisa mengobati stres. Tak percaya? Cobalah mulai menulis di blog…ada rasa ringan setelah menulis, walaupun tulisan tersebut tak selalu diposting, kadang malah menumpuk di draft, nggak pede mau di publish…kira-kira pantes nggak ya… untuk ditayangkan dalam bentuk tulisan? Apalagi kan blog bisa dibaca siapa saja, sehingga kita harus berhati-hati, jangan sampai menyinggung perasaan seseorang, baik sengaja maupun tidak.

Keberadaan internet, foto digital, makin mempermudah pertemanan, apalagi setelah mengenal facebook, kita bisa saling “tag” foto. Menjelang bulan Ramadhan, banyak sekali ajakan untuk kopdar, makan bersama saat istirahat siang, agar bisa ketemu dan saling memaafkan, supaya puasa ini dapat dilakukan dengan hati bersih dan penuh rasa syukur. Beberapa kali pertemuan, saya melihat, semakin banyak keberdaan kaum perempuan yang aktif, dan ini juga ditandai semakin banyaknya kita melihat grup-grup kaum perempuan yang makan di restoran, mengobrol bersama, yang kemudian dilanjutkan dengan kegiatan masing-masing. Saya menjadi ingat komentar teman saya (laki-laki), dia mengatakan, bahwa bagaimana ya rasanya jika kedua pasangan sama-sama aktif? Bagaimana dengan anaknya? Saya tersenyum dan menjelaskan, bagi saya hal tersebut tak masalah, karena saya sendiri dibesarkan oleh ibu yang aktif, selain ibu juga bekerja, ibu benar-benar aktif dilingkungannya, namun anak-anaknya tetap mendapatkan perhatian.

Setelah kemarin kopdar bersama teman-teman dari IRPA (Indonesian Risk Professional Association) di Penang Bistro Pakubuwono, hari ini rencana kopdar dengan Imelda Coutrier dan teman-teman di Pasific Place, silaturahim, saling memaafkan sebelum memasuki bulan Puasa. Tak lupa saya mohon maaf pada teman-teman narablog, atas komentar saya yang mungkin menyinggung perasaan, atau kemalasan saya untuk blogwalking, bukan karena saya pilih-pilih teman, namun usia yang makin merambah juga membuat daya tahan fisik benar-benar harus dikelola. Biasanya saya punya waktu blogwalking pada hari libur, sedang saat ini, saya dalam rangka persiapan untuk ikut “Manasik” setiap dua minggu sekali di kota lain (saya ikut penyelenggaraan di kota Bandung), sehingga waktu makin terbatas. Mohon doa dari teman-teman, agar saya dan suami dimudahkan dan semua berjalan lancar, serta diperkenankan oleh Nya untuk bisa berangkat tahun ini.

Sayateringat komentar si sulung saat masih kecil, nanti saya ingin juga jalan-jalan seperti ibu….saya lihat ibu selalu gembira difotonya…..Tentu saja, berfoto bersama teman, merupakan kegiatan yang menggembirakan, dan rasanya jarang ada foto yang memperlihatkan tampang sedih (karena kita ketemu pada saat ada waktu luang dan semangat kan?)

Sambil melihat-lihat foto lama, saya melihat foto pertemanan saya, yang bisa saya bagi sebagai berikut:

1. Foto dengan teman satu profesi, dan anggota asosiasi yang sama

Ini merupakan teman dari berbagai bidang, ada yang bankir, mantan bankir, dari Rating company, serta ada yang dosen UI. Berkenalan dan bergaul dengan teman-teman ini, membuatku selalu teringat bahwa di atas langit ada langit, semakin kita memahami sesuatu, rasanya semakin banyak yang harus kita pelajari. Ilmu itu ternyata tak ada habis-habisnya jika kita mau belajar, dan mau tak mau, kita memang harus terus belajar…..agar bisa bergaul dan diskusi dengan teman.

Makan siang di Plz Indonesia-teman yang bergerak di bidang keuangan dan manajemen risiko (diambil dari foto ibu GRA)
Penang Bistro Pakubuwono (diambil dari FB ibu GRA)

2. Foto dengan teman blogger di Indonesia

Ini foto kopdar yang paling seru, karena terdiri dari berbagai karakter teman,  dari yang pendiam, sampai yang suka ngocol, rasanya segar mengikuti acara kopdar blogger ini. Kopdar dengan blogger ini, saya ikuti sejak saya hadir di pesta Blogger pertama kalinya, sayang pada waktu PB 3 dan selanjutnya, bertepatan dengan saya mendapat tugas ke luar Jawa untuk mengajar. Jika pada tahun 2007, saya ikutan Pesta blogger pertama kali bersama si sulung, tahun berikutnya karena si sulung sedang berada di luar negeri, ganti si bungsu yang menemani untuk datang ke Pesta Blogger 2008.

Pesta blogger 2007
Pesta Blogger tahun 2008
Salihara: Mieke, Enny, Sanggita, Yoga (lupa foto siapa yang mengambil)
PIM2: Tutinonka, Yoga, Enny (diambil dari foto Yoga)

Kopdar dengan blogger ini, termasuk dengan blogger dari Luar Negeri, yang setiap tahun selalu pulang kampung ke Indonesia. Kesempatan untuk berkumpul bersama, ketawa-ketawa dan bercerita yang lucu-lucu dan seru.

Di Tamani Cafe dan Inul's Karaoke: Yoga, Imelda, Kai dan Enny
Kopdar di Omah Sendok (tahun 2009 ?)
Iklan

11 pemikiran pada “Bincang-bincang bersama teman

  1. waaah Penang Bistro tinggal jalan ke rumah saya hihihi. Saya sudah pernah ke sana tapi kok lupa ya interiornya spt apa.
    Sayang kemarin sayanya di PIM, malah menjauh ya bu.
    Nanti kita ketemu kok dan pasti foto-foto lagi (dandan yang keren aaaah) hihihi

    Iya Imelda…atau nanti kita bukber di sana…roti canai nya enak sekali.

  2. seneng ya bu emang kalo bisa kopdar ama temen2 yang tadinya kenal tanpa bertemu langsung.
    rasanya nano2, antara excited seneng tapi juga rada2 serem takut gak bisa ngomong. hahaha.

    moga2 ibu dan bapak dimudahkan urusan untuk pergi ibadah ke tanah suci nya ya bu…

    Betul Arman senang sekali….ntar kalau mudik jangan lupa undang-undang….buat undangan ketemu di cafe mana..antara jam sekian sampai jam sekian..jadi orang bisa datang dan pergi sesuai waktunya.
    Doakan ya Arman, semoga saya bersama suami mendapatkan yang terbaik sesuai rencana Tuhan.

  3. Sama-sama bu, mohon dimaafkan saya banyak salah kata kayaknya.
    Selamat menunaikan ibadah puasa, dan semoga selalu sehat dan lancar berangkat tahun ini. Amin.
    Bu edratna nih salah satu motivator tidak langsung saya dalam ngeblog. 🙂

    Saya juga mohon maaf lahir batin Mascayo….
    Motivator? Syukurlah…..semoga tak bosen untuk ngeblog ya, walau kadang kita suka males nulis….
    Doakan semua lancar, saya dan suami ikhlas apapun putusan Allah swt, karena percaya rencana Nya pasti baik buat keluarga saya.

  4. mohon maaf bu enny….tadi siang ga ngeh banget. it’s nice to meet you. biarpun sebentar tapi trick dan wejangan utk mendidik anak sangat bermanfaat bagi kita2 yg muda ini….mohon maaf lahir batin juga ya

    Nggak ngeh? hahaha…pasti mikirnya siapa sih ibu ini….hahaha…soalnya memang kita baru pertama kali ketemu ya.
    Sama Yoga udah sering, sama Imelda sering banget, bahkan anak bungsuku suka tidur di apato Imelda…sama mbak Monda ini kali kedua.

  5. BuEDRatna …
    Ada tiga hal bu …

    1. Manasik
    Saya mendoakan semoga persiapannya lancar-lancar … saya juga mendapat berita ini dari Ibu-ibu di bandung waktu saya kopdar dengan mereka kemarin … Katanya ibu ikut kloter Bandung

    2. Kopdar
    Sayang sekali ya Bu hari ini saya masih ada di Bandung … sehingga tidak bisa bertemu dengan Ibu di PP.
    (padahal ini dekat sekali dengan kantor saya)

    3. Puasa
    Tidak lupa juga saya mohon maaf lahir bathin ya bu …
    Semoga kita semua bisa menjalankannya dengan gembira

    Salam Saya Bu

    Iya om NH, saya ikut kloter Bandung untuk memudahkan, karena aktivitas suami lebih banyak di Bandung, sedang saya kan sudah pensiun.
    Sayang sekali kita selipan terus ya, belum sempat ketemu.
    Saya juga mohon maaf lahir batin, semoga amal ibadah puasa kita di bulan Ramadhan ini diterima oleh Allah swt. Amien

  6. kita udah pernah ketemu ya bu, di Pesta blogger 2008, sayang ngak terabadikan 🙂

    Iya ya..kenapa saat lupa nggak foto bersama ya…padahal saya foto dengan yang lain.

  7. Ibu, serial kopdarnya sudah banyak sekali ya
    selalu senang bertemu dengan bu Enny, secara tak langsung belajar dari pengalaman hidup ibu
    maaf lahir bathin ya bu, semoga ibu dan bapak sehat dalam menjalankan ibadah puasa
    dan tentu ikut mendoakan semoga dimudahkan jalan ibu berdua untuk menunaikan ibadah haji

    Hehehe…iya mbak Monda, ngikuti anak-anak.
    Anak-anak mainan ngeblog, ibunya ngikut juga…lho lha kok malah ibu yang paling aktif…hahaha
    Dan kemudian pas Pesta Blogger pertama kali, saya ikutan jadi moderator….apa ya lupa, sesi diskusi tentang wanita.
    Jadilah sering ikut diskusi Langsat, saat si sulung masih ada di Jakarta.
    Terimakasih doanya mbak Monda……saya juga mohon maaf lahir batin, semoga bulan Ramadhan ini amala ibadah kita diterima oleh Allah swt. Amien

  8. Saya kopdar pertama kali untuk teman2 di internet sejak sekitar tahun 1999, Bu. Waktu itu masih ramai mIRC sebagai media chatting. Kalo kopdar ngebreak ORARI saya udah aktif sejak lulus SMP, skitar taon 93 🙂

    Saya selalu suka kopdar karena selain nambah teman… saya dapet banyak pacar dari kopdar juga hahahaha

    Donny ini memang Godfather urusan kopdar ya….
    Dan tulisanmu juga membuat kangen…..

  9. ibu selamat menjalankan ibadah puasa mohon maaf lahir batin. saya kemarin sudah mau datang bu…tapi kebetulan ada tugas di pusdiklat kalibata sampai jam 2 siang, setelahnya saya pulang krn anak2 ga ada yg jaga…(masalah ibu2 dengan anak masih kecil dan ga punya asisten..)…

    semoga ibu diberi kesehatan selalu dlm puasa dan proses naik hajinya…amiinnn…

    wah melihat foto2 kopdar sudah sejak 2007, sebuah kenangan tak terlupakan ya bu..saya selalu senang melihat foto2 kopdar…

    Saya juga mohon maaf lahir batin, Puteri….
    Semoga puasa lancar, amal ibadah kita selama bulan Ramadhan diterima oleh Allah swt. Amien.
    Kopdar sejak kenal blog tahun 2006…..hehehe…dan ikut Pesta blogger pertama kali tahun 2007

  10. Wah.. ibu mau berangkat haji tahun ini ya? Sama seperti ibu saya 😀
    Semoga diberi kemudahan dalam melaksanakan persiapan ibadah rukun Islam kelima itu 🙂
    Selamat menunaikan ibadah di bulan Ramadhan ya, Bu..
    Senang banget nih Bu Enny, banyak punya teman 😀

    Kepastiannya belum tahu Akin…mungkin minggu-minggu ini.
    Berharap bisa berangkat tahun ini….tapi selama belum berangkat beneran…kita hanya bisa bilang Insya Allah…semoga diperkenankan Allah swt.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s