Oleh: edratna | April 28, 2007

Daerah wisata yang layak dikunjungi di pulau Lombok

Kemanakah tujuan Anda, jika mempunyai kesempatan berkunjung ke pulau Lombok? Bila Anda belum mempunyai tujuan yang pasti, menurut teman yang tinggal di kota Mataram, dengan punya waktu 2 (dua) hari bisa mengunjungi seluruh daerah pariwisata di Lombok, tentunya minus mendaki gunung Rinjani atau menginap di pulau Gili Trawangan.

Peta pulau Lombok peta-lombok.jpg

Di bawah ini akan saya sampaikan beberapa daerah yang layak dikunjungi (walaupun saya juga belum sempat mengunjungi semuanya), sesuai brosur pariwisata yang saya peroleh dari hotel tempat saya menginap:

1. Suranadi. Di sini ada hotel lengkap dengan kolam renang air hangat dan lapangan tennis. Juga ada pura Hindu tertua, berlokasi 17 km jika naik kendaraan dari kota Mataram.

2. Lingsar. Pura dengan ikan keramat di dalam kolam, lokasi 9 km dengan naik kendaraan dari kota Mataram.

3. Narmada. Kebun Raya Lombok, dengan kolam renang, serta ada pura Hindu yang sering digunakan umat Hindu untuk bersembahyang, lokasi 12 km dengan kendaraan dari kota Mataram.

Menjelang matahari terbenam di Pura Batu Bolong, Lombokmatahari-terbenam-di-pura-batu-bolong.jpg

4. Batu Bolong. Terdapat pura diatas batu karang yang menjorok ke laut, dan jika cuaca cerah bisa melihat gunung Agung di pulau Bali, serta bagus untuk melihat pemandangan saat sunset. Lokasi 8 km dengan kendaraan dari kota Mataram. Untuk memasuki area, maka kita diwajibkan memakai pita kuning dari kain (dapat menyewa di lokasi), yang dipasang melingkari pinggang. Pemandangan disini indah sekali, air laut menerobos melalui sela-sela batu karang yang berlubang, menimbulkan bunyi gemerosak. Sayang saat saya kesini, cuaca masih mendung selepas turun hujan, tapi pemandangan indah sekali. Matahari mengintip di sela-sela awan, dan cahayanya jatuh terpantul di air laut.

laut-lombok-dari-batu-bolong.jpgpantai-senggigi-senja-hari.jpg

Mendung menjelang sunset di pantai Senggigi

5. Senggigi. Pantai alam berpasir putih yang bersih, dikelilingi hotel, losmen dan bungalow. Sangat indah sekali, terutama jika waktu sunrise maupun sunset. Lokasi 10 km dengan kendaraan dari kota Mataram. Di pantai banyak penjaja cinderamata, berupa mutiara budidaya air tawar yang berwarna warni, mulai dari harga Rp.25.000,- Juga penjaja kaos bertuliskan Lombok dan Senggigi, serta ukiran khas Lombok pada kayu, bisa berupa tempat buah, topeng dan lain-lain.

6. Sire Beach. Taman laut dengan exotic coral dan ikan yang berenang kian kemari. Berlokasi 36 km dengan kendaraan dari kota Mataram.

7. Gili Air, Gili Meno dan Gili Trawangan. Pulau kahyangan di utara Lombok, dikelilingi taman laut. Disini banyak orang diving maupun surfing. Di pulau ini sudah banyak hotel dan losmen, sehingga bisa menginap disini, pantainya masih asli. Untuk mencapai lokasi ini bisa menggunakan kapal motor.

8. Sukarare. Desa tempat orang menenun, disinilah jika ingin membeli kain tenun tradisional khas Lombok, serta melihat bagaimana para penenun melakukan pekerjaannya. Lokasi 25 km dengan kendaraan dari kota Mataram.

9. Rambitan/Sade. Desa asli Lombok, dengan rumah tradisional suku Sasak, lokasi 50 km dengan kendaraan dari kota Mataram.

10. Kuta/Tanjung Aan. Pantai Mandalika dengan lampu-lampu yang berkilauan , dimana kita bisa berenang, terdapat hotel dan restoran. Setiap tahun ada perayaan menangkap/melihat Nyale fish, lokasi 56 km dengan kendaraan dari kota Mataram.

11. Mataram. Mataram adalah ibu kota propinsi Nusa Tenggara Barat. Sedangkan Ampenan merupakan kota pelabuhan lama (sekarang sudah pindah ke Lembar). Kota Ampenan berciri khas arsitektur kuno, yang bila dibersihkan dan dirawat dengan baik, akan menjadi daerah tujuan wisata yang digemari. Di kota Mataram (yang sudah menjadi satu kesatuan dengan kota Ampenan dan kota Cakranegara) kita bisa wisata kuliner, dengan makan makanan Lombok yang ciri khasnya adalah pedas. Di Jakarta kita sering melihat rumah makan Taliwang, yang ternyata Taliwang adalah nama suatu daerah, yang awalnya banyak penjual makanan khas Lombok di daerah ini. Makanan khas Lombok, antara lain: Plecing kangkung, ayam plecingan, ayam julat (ayam yang bumbunya pedas sekali), sambel beberok. Plecing ternyata merupakan nama masakan, sehingga dikenal masakan kangkung yang diberi /dimasak bumbu plecing, ayam yang dimasak plecing (ayam diberi bumbu pedas, didiamkan, dibakar/digoreng, kemudian diberi bumbu pedas lagi). Sambel beberok adalah sambel yang dibuat dari irisan terong ungu, irisan bawang merah, irisan tomat dan cabe, disajikan bersama makanan khas Lombok lainnya. Minuman yang khas adalah kelapa madu, terdiri dari air kepala muda, dan kelapa mudanya di suwir-suwir serta diberi madu…ehhm…sedaaap. Untuk membeli oleh-oleh kain tenun khas Lombok, bisa di Cilinaya Shopping Centre.

12. Cakranegara. Merupakan kota bisnis, terdapat pasar pertanian, pasar burung, dan mata air Mayura serta pura Meru, pura terbesar di Lombok. Cakranegara konon dulunya merupakan bekas kerajaan, namun bekas kerajaan (situs) sudah tak bisa dikenali. Jika ingin oleh-oleh makanan, maka bisa membeli kaki ayam goreng, telur asin dan berbagai manisan dari rumput laut.

Catatan : Perjalanan ke kota Mataram, bisa ditempuh menggunakan pesawat terbang dari Jakarta. Jarak tempuh 4 jam jika transit di Yogya atau Surabaya, tapi bila langsung (penerbangan Garuda pagi hari dari bandara Selaparang) hanya ditempuh dalam waktu 1 jam 33 menit.

About these ads

Responses

  1. info yang bagus. bisa buat referensi outing kantor nih.
    thx infonya sekali lagi

  2. Tukang ketik,

    Selamat mencoba…jangan lupa naik Cidomo (Cikar -Dokar-Mobil)….seperti delman, tapi strukturnya seperti cikar (alat angkutan yg dihela sapi, untuk membawa barang2 pertanian di kampung), serta rodanya dari ban mobil.

    Disarankan sempat ke Gili Trawangan, cuma 45 menit naik motor…atau sekaligus menginapnya di sana.

  3. T & W (tugas dan wisata).. asyik juga, sama dengan yang saya inginkan (tp belum terwujud..hehe).

  4. Nggak apa-apa mas Trian, siapa tahu sampai kesana. Yang sering saya sesalkan, pas saya tugas, anak-anak dan suami juga pas ada kesibukan masing-masing. Hanya pas tugas ke Minangkabau dan Bali saya bisa mengajak anak-anak, perginya hari Jumat sore, anak-anak pulang Minggu, dan Senin baru saya mulai kerja.

    Kadang-kadang sehari sudah cukup untuk berkeliling, sepanjang kita punya persiapan yang matang sebelumnya. Dengan adanya blog, kita bisa saling sharing pengalaman.
    Thanks udah mampir.

  5. wah..terima kasih kembali sudah mampir..hehe

    saya pernah ke lombok, tapi sebentar. pastinya Senggigi yang ‘wajib’ dikunjungi. sekalipun Sanur di utara (katanya) jg menarik. anyway, perjalanan memang membuat kita berpikir dan merenung tentang kehidupan.

  6. wah..Kuta yang di utara maksudnya, koq Sanur sih… hehe (bingung gara2 Bali punya nama sama)

  7. Petanya apa bisa nampak jelas? Pulau Lombok juga punya pantai yang namanya Kuta, letaknya disebelah selatan….kata orang pantainya bagus sekali…mestinya betul, bukankah di selatan adalah samudra Hindia? Di peta, dari Mataram ke Praya (30 menit pakai kendaraan), terus keselatan. Disini terkenal untuk surfing.

  8. Wah, terima kasih untuk infonya. Sayang sekali ‘Google Maps’ belum mencangkup Indonesia yah, kalau tidak, bisa direferensi juga kan :(

  9. Rusdy,

    Betul…dan saya sudah mengunjungi 18 propinsi di Indonesia (dalam rangka tugas), sayang zaman dulu belum ada internet…..padahal wisata di Indonesia banyak yang indah, terutama alamnya, pantai, danau juga budayanya.

  10. Wah, andai saja infrastruktur untuk turisme di Indonesia dikelola lebih baik (contoh: informasi di Internet, peta, dan lain sebagainya). Saat ini saya sedang mencari informasi tempat-tempat turis alami di Indonesia, tapi sangat (sangat sangat) sulit mencarinya, apa lagi bagian timur Indonesia. Sejauh ini saya hanyalah bisa mem-bookmark blog yang punya informasi seperti ini, seperti anda punya tentunya ;) , kalau boleh, semua pengalaman 18-propinsi anda juga di-blog, beserta foto dan petunjuk jalan! (Wah, banyak maunya yah?) :P

  11. Rusdy,

    Saya akan coba deh……kebetulan untuk Indonesia Timur, saya pernah ke Sorong, Wamena, Jayapura, Manado, Makasar dan Makale.

    Selain perjalanan dari Makassar ke Makale yang lama (8 jam, tapi worthed kok untuk di coba), yang lainnya tak perlu waktu lama karena tak kena macet. Seperti kota Manado, mengelilingi kotanya cukup 20 menit…ke Danau Tondano sekitar 1 jam….terus ke Bunaken (untuk melihat binatang dan taman bawah laut) cukup setengah jam naik perahu. Di Manado, wisata kuliner nya yang menarik, makanannya enak-enak terutama yang dari sea food.

    Juga di Jayapura, bisa melihat danau Sentani, terus monumen Mac Arthur (PD II) diperbatasan Papua. Di Wamena kotanya kecil, yang menarik adalah budayanya, jadi perlu guide yang pintar cerita. Saya kehilangan jejaknya pak Fritz Limbunan, beliau punya usaha travel di Makassar, dan punya hotel di Labuan Bajo (sayang belum sempat kesana lihat komodo), di Makale/Tana Toraja dan di Wamena. Sebelumnya beliau mengawali usaha sebagai guide, sehingga benar-benar memahami kebutuhan turis yang senang dengan alam dan budaya daerah.

  12. adakah pembaca “islam” minoritas, pls … ?

  13. Azaytun,
    Thanks telah mampir.

  14. wah……sy aja yang tinggal 10thn gak pernah lihat gili trawangan, gili air, gili meno coz kata bokap sy banyak bule telanjang, yah..saya kelomboknya pas liburan aja, karna keluarga disana(koq, jadi curhat)he.. emang bener koq lombok keren banget walaupun belum sehebat Bali tapi turis di Lombok juga banyak koq.oh iya disaranin kalau beli oleh-oleh songket atau baju ma pernak-pernik Lombok tuh, jangan di cilinaya, yang murah tapi kualitas sama bagus tuh dipasar belakang pura mayura saya lupa namanya, dijamin murah abiz..dan jangan lupa jenguk saudaranya di Pusuk,he..owh iya jangan lupa beli krupuk kulit.enak tenan langsung kepabriknya ya di Kediri namanya.

  15. wah……sy aja yang tinggal 10thn gak pernah lihat gili trawangan, gili air, gili meno coz kata ayah sy banyak bule telanjang, yah..saya kelomboknya pas liburan aja, karna keluarga disana dan saya diBandung kuliah(koq, jadi curhat)he.. emang bener koq lombok keren banget walaupun belum sehebat Bali tapi turis di Lombok juga banyak koq.oh iya disaranin kalau beli oleh-oleh songket atau baju ma pernak-pernik Lombok tuh, jangan di cilinaya, yang murah tapi kualitas sama bagus tuh dipasar belakang pura mayura saya lupa namanya, dijamin murah abiz..dan jangan lupa jenguk saudaranya di Pusuk,he..owh iya jangan lupa beli krupuk kulit.enak tenan langsung kepabriknya ya di Kediri namanya.

  16. Cupu,
    Thanks telah mampir, dan makasih infonya. Semoga saya mendapat kesempatan mengunjungi Lombok lagi.

  17. Dulu kalo temen saya yang dari Lombok cerita,
    Wuihhhh kedengerannya mantap.
    Kalo Lombok jadi Bali 2 gimana?

    Emang bagus kah?
    Jadi pengen.

  18. Hati2 di desa yang ada rumah tradisionalnya (saya lupa namanya Sade/ Rambitan) karena pernah ada pengalaman buruk “ditodong” sama guide lokal disana utk beli kain tenun. Kita mau beli tapi harganya itu gak normal tapi dipaksa terus sementara travel tour yang mengantar diam saja. Kayaknya memang sudah biasa kali.
    Sayang, padahal sektor lainnya sudah cukup bagus dan mendukung. Jadi malas kesana lagi..

  19. Puti,
    Thanks infonya

  20. benar2 indah yang namanya lombok….aq jatuh cinta sama keindahan alamnya, masyarakatnya…walaupun bukan orang lombok tapi aku bisa mencintai sama seperti tanah kelahiranku, senggigi saat senja benar2 sweet….

  21. Iema,

    Lombok memang indah…atau Indonesia memang indah ya.
    Btw, thanks telah mampir.

  22. Saya & keluarga baru pulang berlibur dari Indo,selama liburan saya keliling pulau Jawa,berawal dari Jakarta, Bogor,Bandung, Jogya,Solo,Surabaya dan terakhir Lombok. selama liburan Lomboklah yang paling berkesan untuk saya sekeluarga,saya baru pertamakali ke Lombok ,tetapi saya langsung jatuh cinta dengan lombok, karena Lombok indah sekali,10 Hari saya & family di Lombok saya menginap di Jayakarta Hotel.Kita berkeliling ke ketiga gili Trawangan ,Meno dan Air, kita sewa sendiri perahunya berankat dari pantai Senggigi.hari berikutnya kita mengunjungi air terjun Sindang Gile di kaki Gunung Rinjani Indah sekali,Hutan monyetnya ,perkampungan suku sasaknya dan air awetmuda di Ramada serta pantai Kutanya yang pasirnya putih seperti butiran merica,Indah..indah…MASYAALLAh saya berucap,InsyaAllah saya tahun depan akan datang kembali ke Lombokbersama teman-teman saya orang Jerman sekalian promosi pariwisata Lombok.

  23. Ines,

    Sebetulnya di Indonesia banyak sekali daerah wisata yang menarik. Jika sudah beberapa kali ke Lombok, Ines bisa mencoba ke daerah wisata lainnya.

    Sangat bagus jika Ines bisa menjadi duta wisata untuk Indonesia, dan Lombok aman didatangi turis asing, daerahnya juga belum terlalu rame.

  24. kalo main ke lombok jangan lupa ma masakannya yang pasti pedessss…. cobain aja makan pelecing kangkung,empol (masakan khas kalo ada pernikahan),ares(sama kaya empol),datang juga ke air terjun Sendang Gile di Bayan deket Gunung Rinjani,etc. pokoknya met menikmati pulauku tercinta (Pulau Lombok). pisss…..

  25. Echa,

    Masakan Lombok rata-rata pedas sekali…namun sedaaap.
    Thanks infonya.

  26. Yg pasti, kalo datang k lombok qta bs merasakan nuansa Bali. Kalo ke Bali tdk bs merasakan nuansa Lombok! pokonya wisata disana, gk bikin bosan.

    Ada sedikit komentar nich… kolam renang suranadi itu bukan kolam air hangat tp kolam air dingin pegunungan. jgn lupa setelah berenang, makan sate ampet sambil duduk2 di brugak(sawung).

    Tambahannya.. datang juga doung ke :
    1. Banyumulek, tempat pengrajin gerabah
    2. Sekarbele, tempat pengrajin mutiara
    3. Bukit Pusuk, puncak tempat wisata alam
    yg bertebaran binatang kera

  27. Jenny,
    Thanks tambahan infonya.

  28. Waduh…Lombok exotic island…
    klo dah pernah k gili trawangan,meno,air coba juga gili Nangu,gili gede,gili sulat,gili tangkong di wilayah sekotong…Pasti maknyuuusssss….
    walo pun masih relatif sepi tapi Kuereeeen Bangeeeet….
    Ikannya Buanyak…Tp ombaknya Kecil…Transportasinya jg lebih murah…
    Coba aj liat lewat Google Earth….
    Pasirnya kayak tepung terigu…Aluuus Banget…
    Klo bli oleh2 k pasar seni sayang2 aj lbih murah drpad cilinaye…
    di pasar cakranegara juga murah ko baju2 khas lomboknya…
    Jadi pengen lagi wisata klombok….

  29. Joy,
    Thanks infonya

  30. dear all…
    duh ve pngen bgt ke lombok,,
    tp sayank lom sempet coz krjaanna ga bs dtinggal..aq dah pernah kbali cuma ktna lbih indah dlombak..
    nah drpd tu aq lom pernah klombok tp dah cinta bgt ma tuh pulau..
    min liat sunset dpantai sanah
    andaikata da ksempatan n ada uang mo bgt tuh ksanah…
    doain za yeee
    salam wat masyarakat lombok..
    c u

  31. Ve,
    semoga nantinya akan sempat juga nyampe pulau Lombok.

  32. lombok katanya indah bnget ya,aplgi katanya pantai senggi + rinjani duh jd pgen ke lombok dech boo.oya doain ja ya smga tahun baru neh gw jd ke sna,thanks jga udh ngasih tahu tmpat2 bt kta knjungi nnti stlah udh nympe disna

  33. Shandy,

    Sama-sama. Thanks telah mampir

  34. Shandy,

    Sama-sama. Thanks telah mampir

  35. Saya selaku orang LOMBOK dan salah satu pekerja di bidang pariwisata (tour) sangat berterimakasih atas tulisan, respond, info tambahan dan hal positif lain-lain mengenai LOMBOK.. sedangkan mengenai hal-hal negatif merupakan PR kami dan tengah kami usahakan mencari pemecahan yang menguntungkan semua pihak..

    Jika ada yang kesulitan dalam perencanaan untuk mengunjungi LOMBOK baik individual maupun group, silahkan menghubungi saya untuk hal tsb.

    Info tambahan diri saya:
    PT. CITRA LOMBOK INDAH TOURS & TRAVEL
    Alamat: LOMBOK GARDEN HOTEL,
    Jl. Bung Karno No. 7, Mataram 83231
    Telpon: 0370. 646464 FAX: 0370.646467
    Mobile: 0811.39.1811
    LOMBOK – INDONESIA

  36. Muslim,
    Thanks telah mampir.

  37. makasiiiiih buat infonya…
    kami makin yakin nih untuk honeymoon ke pulau lombok…

  38. Fajar & Riena,

    Wahh selamat….pasti berkesan deh……

  39. ke pantai kuta mbak.. huwaahhh.. tempat favorit seumur umur traveling.. hehehehh.. indaahhh.. bikin itemmm.. :D.. oia.. salam kenal yah.. lagi blogwalking (tumben2an).. terus ternyatah.. dunia itu kecil yah? setelah blogwalking kemana2.. ternyata temennya anak bungsunya mbak adalah pernah jadi teman sepermainan di tokyo.. :D.. salam kenal..;)

  40. Besok pagi saya mo ke Lombok….siapa tau bisa mampir ke tempat2 yg sdh direferensikan di atas..tq infonya ya..

  41. Qnoi,
    Thanks telah mampir. Siapakah temen anak bungsuku di Tokyo? Ada Sandy (IF ITB), ada Zalfadi (El ITB) yang sedang ambil PhD, terus yang barusan pulang ke Indonesia ada 3 (tiga)orang dari El ITB, yaitu: Wesley, Kurnia dan Karlisa.

    Memang dunia ini sempit ya, pas ketemu teman2 baru di PB2007, begitu mengobrol…ehh ternyata temannya si A, B dst nya…kayaknya hidup kita memang hanya dikelilingi 6 atau 7 degrees ya.

    Iman_n,
    Semoga pikniknya sukses…ntar ganti cerita ya, dan jangan lupa gambar-gambarnya.

  42. tolong informasikan tentang air terjun sendang gila

  43. ndra,
    Mudah2an ada yang bisa memberi info. Saya ke Lombok sambil bekerja, jadi bisa jalan-jalan hanya sore hari sampai malam, sehingga tidak semua wisata yang tertera dalam daftar pernah saya kunjungi. Daftar tsb saya peroleh dari hotel tempat saya menginap, dan semoga bisa berguna bagi teman-teman yang akan merencanakan liburan ke Lombok.

  44. Aku pernah ke lombok sekali. Dan takjub dengan pantai yang begitu indah. Pasirnya putih, air lautnya bening n taman lautnya mempesona. Aku berencana tuk datang lagi ke lombok. Dn skr aku eksis di travel. Tuk semua yang di lombok.. Sampai ketemu.. Tp.. Aku juga pya Teluk Penyu Beach yang juga pya pesona. Walau tak sebening Senggigi tapi juga g kalah indah lho.. Apalagi yang penasaran sm pulau Nusakambangan. Cilacap jg menarik tuk dikunjungi.. Tuk semua yang kasih info.. Thx bgt ya..

  45. Lisna,
    Thanks infonya

  46. wah info2nya membantu banget..
    cuma aku buta neh, mau kelombok dr jakarta naik apa yah? (penerbangan yang murah :p)
    trus di lomboknya ntar hotel yg bagus dan deket dengan pantai senggigi hotel mana yah?
    trus kalo mo nyewa mobil disana, ada ref ga mbak??
    heheheh mohon info nya yah..
    thanks

  47. Silvi,

    Ini ada info dari pembaca (pak Muslim di atas) : bisa menghubungi PT. CITRA LOMBOK INDAH TOURS & TRAVEL
    Alamat: LOMBOK GARDEN HOTEL,
    Jl. Bung Karno No. 7, Mataram 83231
    Telpon: 0370. 646464 FAX: 0370.646467
    Mobile: 0811.39.1811
    LOMBOK – INDONESIA

    Saya dulu menginapnya, kalau tak salah di hotel bintang 3 (Lombok Raya entah apa ya…maaf lupa), berlokasi di tengah kota, dekat tempat souvenir, 10 menit ke pantai Senggigi. Penerbangan dari Jakarta ke Lombok banyak, bisa ditanyakan ke perusahaan travel agent.

  48. saya telah berniat hampir 10 tahun untuk ke lombok tp belum sampai,mungkin tahun 2008 ada rezeki sampai agaknya.insyaAllah.

  49. Rostaem,
    Saya doakan terkabul keinginannya…ntar ganti cerita ya…

  50. pokoke lombok . . . . .. . .. . peeeeeeeeeedas buanget

  51. Satria,
    Thanks telah mampir

  52. Air terjun sendang gile tuh bagus bgt lo. Dibawah air terjun byk bgt ikannya. Airnya tuh wuih bening n dingin deh. cuma jauh bgt lo jalannya menuju lokasi.

    Gili2nya wuiiiiiiiiiiiiiiiiihhhhhhhhhh keren abis.
    kita bisa keliling Gili dg menggunakan delman, kalo udh capek keliling langsung deh mandi2 di pantai…….. segeeeeeeerrrrrrrrrrr

    Kalo mo liat pengrajin tenunan nya, mampir aja ke desa sukarara. kita bisa sekalian diajarin cara pake ATBM.

  53. Evi04,
    Thanks tambahan infonya

  54. We would like to introduce our new ECO hotel on Lombok named
    “Lombok-Cottages”. It contains two locations:

    Crocodile River Cottage (6 bungalows, 2 stories each) in Meninting
    directly at the river and
    Dolphins Bay Cottage (2 bungalows, 2 stories each) at Sekotong area in
    front of Gili Nanggu.

    Our prices range from 70 Euro up to 120 Euro (depending on the size of
    the Bungalow) including roomservice and breakfast .

    Please have a look at http://www.lombok-cottages.com for more
    informations or send an email to info@lombok-cottages.com

  55. Hai all…

    Ne info buat yang doyan Ma pulauku tercinta ->

    1.Kalo seneng ama pantai….jangan di pantai senggigi ajah,cobain ke pantai surga….ga nyesel dech.Ya meskipun perjalanan ke pantai surga bagaikan jalan dari neraka trus ketemu surga(maksudnya walaupun jalannya rusak tp ntar hasilnya surga banget).

    2.Pastinya uda pada Nyobain makan pelecing kan,buat all yang mo bawa kangkung buat oleh2 aku saranin mesen di daerah pesongoran soale daerah thu terkenal banget kangkungnya di lombok.Buktiin dech…..

    3.Uda pada pernah liat pulau lampu!!!Di tempat ini hampir tidak ada penduduk tapi anehnya kalo malem…..1 pulau thu terang banget.

    4.All yang doyan silahturahmi ama pendulu???ada 1 makam yang terkenal di pulau lombok,makam ini katanya makam sunan gitu…Nama makamNya medane n lokasinya di belakang hotel monty oberoi lho.View buat ngeliat 3 gili dari sini juga bagus banget kalo malem.

    5.all uda pernah nyobain jalan2 ke pantai di daerah sekotong???Cobain dah…keren n bersih kok pantainya.Pantai2 di bali mah lewat……..

    So come to my lovely island

    For more info add me FS Chandler_DeeMaz@yahoo.com

  56. DeeMaz,
    Thanks tambahan infonya.

  57. pulo pedes sedang menuju 1# world holidays island,pulo pedes punya places of interest yg masih sangat alami mulai dari pantai, surf points, gunung, danau, mata air panas, air terjun, kerajinan, taman2 kuno, desa tradisional, masjid tua, pura, makam2 para wali, seni budaya lokal yg masih terjaga…tergantung dri ketertarikan anda cenderung kearah mana dan seperti apa liburan yang anda inginkan….untuk list places of interest yg lebih lengkap email aja ke ozzaway@yahoo.com nanti kusiapkan sebaikmungkin….

  58. Oxca,
    Thanks infonya, semoga bermanfaat bagi para pembaca yang ingin mengunjungi Lombok.

  59. thx infonya, suatu saat pasti kuinjakkan kaki di pualu ini.
    Salam

  60. Thx info ini cukup menggoda. Suatu saat aku akan injakkan kaki di pulau ini
    Salam

  61. Aku dua kali menginjakkan pulau lombok. pertama tahun 2005 kedua tahun 2007 bulan mei. Kebetulan aku menemukan seorang guru spritual di sana.. padahal tempat tinggal ku di batam. lebih kurang 3 jam perjalanan pake pesawat ke sana..

  62. Chanang,
    Sama-sama, mengunjungi pulau Lombok adalah melihat keindahan yang tak terlukiskan, apalagi melihat matahari terbenam di pantai yang masih asli.

    Sunoto,
    Thanks telah mampir

  63. Rame juga nih ngobrolin tentang pulau Lombok. Iya, pulau ini memang ok banget koq. Waktu masih SD saya tinggal di Lombok karena bapak tugas disitu. Kami berumah di Kampung Banjar lalu pindah ke mess Palembak, kota Ampenan. Beberapa tahun kemudian kami pindah ke Singaraja, Bali. Sampai sekarang, seingat saya pulau Lombok inilah tempat terbagus yang pernah kami tinggali. Anda bisa buktikan sendiri.

  64. Johan Suryantoro,
    Memang indah kok, dan tak terlalu mahal jika perjalanan dari Jakarta…hanya 2 jam..sama seperti Jakarta-Denpasar.

  65. Kayaknya temen yg demen sm nih pulau banyak juga ya.. Sy th 2001 – 2002 pernah tinggal di Lombok. Enaknya plesiran di Lombok, semua lokasi pariwisata terkenal dpt dikunjungi dlm waktu 1 HARI SAJA !! Jd kalau punya waktu 1 hr sj asal dr pagi sampai sore jangan kuatir semua beres. Yg belum disentuh di “pendoponya ibu edratna” ini mungkin Sembalun. Ini adalah dataran tinggi di perbatasan Lombok Timur & Lombok Barat. Suasananya sendu sekali, dingin, pemandangannya muantep banget.. Perkampungannya sederhana tp berkesan. Kalau kesana cobalah ke Sembalun Pusuk, kalau di Jkt kayak Pucak Pass. Bedanya di sana blm ada sampah, warung dll yg bikin kita gerah. Disitu sering saya & temen2 dulu “touching the clouds”, istilah kami untuk jalan2 diantara awan yang memang rendah banget. Dr Sembalun terus perjalanan ke Lombok Timur lewat hutan lereng Gunung Rinjani, pemandangannya buagus banget hampir sama dengan kalau jalan di atasnya telaga Sarangan di Magetan, Jawa Timur. Penuh dengan hamparan tanaman sayur & tembakau.
    Kalau di Sendang Gile Senaru jangan lupa ke air terjun kedua, air terjunnya lebih lebar dan dikelilingi banyak air terjun kecil2. Kolamnya juga lebih luas dari Sendang Gile, tp airnya duingiiin banget. Semoga bermanfaat. Kalau kesana 15 Juili 2008, mungkin kita bs ketemu krn sy akan ke Bali & Lombok sekeluarga. Ayo mau tanya apa lagi soal Lombok ?

  66. Kalau mau info Lombok lebih jauh boleh kok email ke agus_sutanto70@yahoo.com.

  67. Agoez,
    Wahh infonya benar-benar membantu. Siapa tahu saya dapat tugas ke Lombok, akan kirim email dulu, untuk napak tilas daerah yang belum sempat dikunjungi.

    Thanks infonya, sangat berguna bagi teman-teman.

  68. Please visit my blog http://www.visitinglombok co.nr for other refference.. thank U

  69. aku kagum ama gunung rinjani 3726 mdpl. kalo ngaku jadi pendaki gunung jangan jalan2 di kaki rinjani doang. dilengkapi dengan danau segara anak, gunung ini dilengkapi medan pendakian yang komplet.
    lombok terletak di garis wallacea. utara lombok lebih ke benua asia, sedangkan selatan lombok dipengaruhi benua australia. kalau melakukan pendakian lewat jalur senaru kita akan melewati hutan hujan tropis sedangkan jika melewati jalur sembalun kita akan menikmati sabana yang terhampar luas.
    kalau ngaku jadi surfer sejati, jangan pernah lewatkan daerah bangko-bangko di sekotong ( lombok barat bagian selatan ) yang mempunyai ombak kiri terbaik di dunia.
    “waduh..kalo mo diceritain semua…kcian yg laennya ga dpt tmpt. jadi dtg ke lombok aja dibuktiiin”
    thks a lot buat bu endratna

  70. Andung,
    Kenapa nggak menulis di blog, terus cerita keindahan Rinjani, juga tempat-tempat lainnya yang pernah Andung datangi? Pasti banyak yang suka deh.
    Btw, thanks kunjungannya.

  71. Betuul, Andung.. Alhamdullilah sy diberi kesempatan naik ke Rinjani, cuma waktu itu nggak sempat naik ke Puncak krn lagi badai besar. Ada tips utk yg mau naik Rinjani. 1. Pendakian akan lebih muantap kalau dilakukan pada saat musim kemarau krn di Rinjani bersih dr awan sehingga tdk terganggu dlm menikmati alam yg menakjubkan, 2. Hati2 memilih guide krn kasih hrgnya gile2an, sy waktu itu ikut rombongan Kasospol Sembalun jd biayanya super murah, 3. Yg hobi mancing, bawalah pancing, krn di Segara Anak ikan masnya gede2 banget & memang boleh dipancingi. 4. Kalau bawa kamera digital bawalah memory cadangan, anda akan tidak bosan2 motret (kalau yg suka potret) 5. Persiapkan waktu minimal 3 hr dr mulai naik dr Sembalun sampai turun lewat Senaru, tapi kalau mau mendaki Gunung Baru Jari (anakan Rinjani yg muncul dr Segara Anak) tambah 1 hr lagi. Tp kalau mau 1 bulan di Segara Anak juga boleh…. 6. Jgn lupa jaga kebersihan gunung ya… . Sekedar info ke Rinjani dr Mataram bisa pakai angkutan umum sampai ke Bayan, br dr Bayan ke Sembalun atau Senaru, perjalanan cuma 3 – 4 jam.

  72. Agoez,
    Thanks tambahan informasinya….jadi mupeng…:D

  73. waaaaaah……
    jadi ceneng ne baca2 yang di atas…
    nn sbagai orang lombok walopun gak asli bgd tp dari lahir n besar disana sungguh sangat bangga bgd ma pulau lombok yg tentunya paradise bgd deeee
    wah gak bakal nyesel deh lok dtg kecana….

    duh jadi kangen ne jadinya ma all about lombok island

    tunggu kedatengan nn yah…

    akhir januari ne mw pulang
    dah kangeeeeeeeen bgd c……

    4 my calon husband yg baek bgd….
    i’ll come back 4 u beib….

    c u soon!!!!!!!!!1

  74. Nena,
    Thanks kunjungannya

  75. Asslkum, iseng2 baca tulisan Ibu,udah lama gak berkunjung ke blog Ibu. Hmm menurut sy lebih bagusan pantai di lombok Bu, kebetulan beberapa bulan yg lalu ikut seminar di Lombok sempet jalan2 ke beberapa tempat wisata & sempet mencicipi lezatnya masakan di sana… mak nyosss!
    Di Lingsar itu ikan keramat atau belut yang dikeramatkan Bu?(kalo gak salah belut deh :D) konon kata penjaganya kalo sampai belutnya muncul ke permukaan bakal bawa keberuntungan buat pengunjung. Dulu rombongan kami (PLN, EGAT, TNB) waktu berkunjung ke kolam di Lingsar, belutnya muncul ke permukaan. :D Btw kapan berkunjung ke Sumbar lagi Bu?

  76. Ricky,
    Bagi penyuka masakan pedas, masakan Lombok akan cocok, karena pedas sekali.

    Daerah wisata di Indonesia memang menarik, apalagi kalau kita tahu tempat-tempatnya. Iya nih, pengin juga ke Sumbar lagi, mudah2an ada tugas mengajra kesana.
    Btw, thanks telah mampir.

  77. Eeettt.. ada yg lupa . boleh tanya kan.. besok tgl 16 Jan 08 saya .. mau ke Lombok.. selain Wisata hotel,View,belanja .. Tempat.. mancing ikan dimana ya.. ?? kasih tau dong

  78. Deko,
    Mungkin sebaiknya ditanyakan saja di sana. Saya sendiri baru dua kali ke Lombok, itupun ada tugas, dan wisatanya diantara tugas tadi, jadi waktu terbatas sekali.

  79. lombok bagai sebuah tempat di kayangan yang belum diketahui banyak para penyamun
    i love u lombok
    kurindu lombok, narmada,senggigi

  80. Ary,
    Yup….sepakat

  81. Hm..
    Jadi teringat saat mendaki rinjani.. Menikmati pemandangan indah yg sanggup mendegupkan jantng qt dg keras. Gembira. Bahagia. Bangga menjadi bgian dari indonesia.
    Oh ya.. Gunung Rinjani mrupakan GUNUNG MISTIS bg sbgian msyarakat lombok. So, kalo org lombok naik rinjani mereka akan memberikan semacm persmbahan di pelawangan kepada penunggu gerbang rinjani.
    Rinjani juga di yakini merupakn tmpat berkumpulx para wali dan raja jin. Oleh karena itu qt di larang berkata kotor, berbuat mesum, mencaci, dst. Qt juga di haruskan menybut benda, binatang, dst yg ada d sekitar rinjani dg nama halus mereka. Nuansa penuh mistik akan qt rasakan kalo mendaki bersama masyarakat asli lombok.
    Masyarakat stmpat juga meyakini rinjani sbge pusat kontrol alam. Kalo rinjani meletus di yakini akn tmbul bencana besar (kalo tempo dulu orang bilang, rinjani meledak, kiamat akn segera datang..).
    Akan lbih menarik jika qt mendengar mitos rinjani secra langsung dr masyarakat setempat. Terutama yang tinggal di pedesaan. Anda boleh coba taxa langsung penduduk yg anda jumpai di segare anak..

    Selamat bertualang..

  82. ridwan anda tau banyak ttg rinjani…. apakah anda orang lombok??… yang jelas anda benar semua… Oya.. Gunung Rinjani terpilih menjadi salah satu pemenang World Legacy Award 2004 untuk kategori Destination Stewardship (Pengelolaan Tempat Tujuan), yaitu tempat yang berhasil melindungi peninggalan alam dan budaya secara menyeluruh. Yang Mulia Ratu Noor dari Yordania menjadi tuan rumah acara penganugerahan penghargaan yang berlangsung di kantor pusat National Geographic Society, Washington, D.C. terdepan di bidang pariwisata. Penghargaan ini bersifat unik karena ditekankan pada World Legacy Award diberikan oleh Conservation International (CI) dan majalah National Geographic Traveler kepada institusi-institusi lingkungan dan sosial tanggung jawab lingkungan dan peninggalan budaya. World Legacy Award merupakan satu-satunya penghargaan internasional dalam bidang pariwisata yang penilaiannya dilakukan secara langsung oleh para ilmuwan, ahli antropologi, dan profesional bidang pariwisata.
    Gunung Rinjani di jantung Pulau Lombok, Indonesia, meraih penghargaan untuk kategori Destination Stewardship. Kawasan ini dikelola oleh Rinjani Trek Management Board (Badan Pengelola Perjalanan Rinjani). Mereka yang berkunjung ke kawasan ini dapat menikmati perjalanan panjang menyusuri hutan, melihat air terjun dan lembah-lembah yang mempesona, serta keluar dari hutan untuk menikmati panorama laut yang menakjubkan.
    “KEREN ABISS”

  83. lam kenal dech ma kami, anak lombok, ehh kalo yang mo kunjung ke lombok, bisa kontak aku dech di http://www.anaklombok.com
    aku jamin semua service kami memuaskan.

    Ronie

  84. Ridwan,
    Thanks infonya

    Ronie,
    Salam kenal juga

  85. Andung
    yup, sya anak lombok. Salam kenal yah.

    Edratna,
    Lam kenal dan trims bngt udah ngulas tentang lombok, sy banyak belajar tentang banyak hal dari blog ini, trutama tentang keuangan dan penghargaan terhadap alam dan budaya “lain”. Saya memang mencintai alam dan senang ke tmpat2 yg alami, terutama yg berbau hutan dan gunung (ketinggian). Sekali lg trimakash dg tlisan2 di blog mbk edratna

  86. Ridwan,
    Salam kenal juga…makasih jika blogku bermanfaat, untuk saling sharing pengalaman.

  87. salam salut buat senggigi, g kesana tepat nya tgl 24 des 07 pertama g nginep di hotel astawa harganya cuma Rp 55.000/ mlm di daerah cakranegara dan disana ada penyewaan motor paling mahal Rp 35.000/hari lalu malam itu juga g ke senggigi dan nginep di shitta cottage cuma 50.000/mlm, yang paling enak di senggigi itu lo harus ke diskotik marina dan 69 wah enak bener … keren abis.besoknya g balik ke cakra negara lagi dan nginep di hotel internasional cuma 30.000 disitu enak kopi nya cuma 1.000
    salut g buat lombok, cuma lo jangan coba2 nanya ke orrang asli sana g di sasarin 2 jam di cakra negara padahal hotel g tinggal satu gang lagi (warning turisem lokal)

  88. di Lombok juga ada koran hariannya lho namanya Lombok Post, koran ini terbit kontinyu sejak 1991 dengan nama Suara Nusa. Sahamnya 70 persen Jawa Pos dan 30 persen Pemda NTB. Sejak reformasi 1998 korannya berganti nama jadi Lombok Post dan menjadi koran pertama dan terbesar di NTB. Pernah terbit 2 bahasa yakni bahasa Indonesia dan Inggris yang khusus mengupas pariwisata, sejak ada aturan baru, hanya 1 bahasa, akhirnya menggunakan bahasa Indonesia. Sip deh untuk mencari info tentang kondisi NTB secara keseluruhan baik pariwisata, politik dan budaya, selamat menikmati .. daah

  89. lombok emank T.O.P banget n g bs d ungkapin dg kata-kata gt. n gw SETUJU buanget ama komentar2 tmn-tmn di atas bout lombok. gw emank bkn asli lombok tp gw gde na di sna n now gw lg d jkt u/ kul, tp gw pasti balik n tinggal d lombok coz d sna udah adem jg aman bngt n g rusuh jg super sibuk kya d jkt. poko’e lombok is the best dah……..

  90. sangat menarik sekali objek- objek wisata di pulau lombok,jika objek- objek tersebut digarap dengan serius maka tidak kalah dengan Bali, ada garapan yang serius untuk PEMDA NTB khususnya, jika ingin meningkatkan sektor pariwisata, yaitu Keamanan.

    Aditya,
    Yup setujuu…

  91. waduw…jadi gak sabar pengen travelling ne :D

    AngelNdutz,
    Thanks telah mampir…..

  92. LOMBOK IS THE BEST OLD ISLAND

    kk,
    Yup…setuju….

  93. tiang mohon maaff…
    lamun tiang boleh ketaon…
    informasi saq lengkap tentang lombok, websitex apeee…
    soalnya tiang butuh buat penulisan tugas akhir kulz…

    tiang anteh infonay di..
    sube_x18@plasa.com

    tiang anteh informasinya batur_2 lombok…
    Salam kenal Ega Beleke…

    Zube,
    Salam kenal juga…

    7-2-08 Depok…
    salam sejahtra buat semua keluarga d’Lombok..???/

  94. sorry lupa..
    Wassalamm…???
    Merdeka…??//

  95. hii…
    pgen deh ke lombok!! I think lombok island more inters than bali cz so clean…
    apa lagi bulan madu disana,pasti asik bgt!!!!
    rencananya aku m calonq mw ke sana 1mggu, tapi travel+bungalo apa yang pas bwat qt berdua???

    jd bgung!!!!

    bantu aq ya please!!!

  96. ow ya….

    nie email aq: lila_imoet27@yahoo.com

    tatata…..

    LILA

  97. Mau tanya,
    kalau dari Lombok ke Pulau Komodo, yang paling ekonomis naik apa? Butuh berapa hari untuk wisata di Pulau Komodo? Aku berencana ke Pulau Komodo akhir bulan ini.

    Many Thanks,
    Astari

    Astari,
    Mungkin ada pembaca yang punya pengalaman, bisa sharing.

  98. Hi mbak edratna, apa kabar?
    Duh , cuaca bulan bulan ini kok gak bagus yaaa.. padahal banyak temen2 yang mo liburan, lombok pun juga gitu, dah satu minggu ini air laut deras, ombak besar dan angin kecang, dan gunung Rinjani pun di tutup sementara untuk para pendaki, takut ada kecelakaan lagi seperti tahun lalu ( pendaki amatir sich mereka),…
    Ok, slam untuk semua dari anaklombok.com

    Thank dah mau dengerin keluhanku. Ronie

    Ronie,
    Kabar baik. Memang cuaca lagi nggak bersahabat…..

  99. hi, kalo mo info online tentang lombok bis YM ma aku tiap hari jam 04;00 pm laros_2002@yahoo.com

    Ronie

  100. Dear.All.

    It’s first time,bagi sy baca di google ada info tentang Lombok.sy orang lombok,dan udah lama sebagai tourguide,if need info about lombok please see my homepage :www.lombok_explorer.com.

    if need car rental,tour guide in lombok.contact sy deeh.

    anda juga boleh kontak lewat email:komangrastu@mailcity.com.

    Lombok:Nature Island,friendly people and many inresting place to visit

  101. Saya senang menemukan tulisan ini. Lombok bagi saya seperti kota ketiga atau keempat setelah tempat tinggal saya sekarang dan home town saya. Disana turis tidak terlalu banyak (bahkan di musim liburan sekolah), sehingga suasananya sepi padahal banyak obyek wisata yang indah-indah dan masih natural di sana. Suasana seperti ini yang saya sukai. Tetapi kebanyakan teman saya yang orang Indonesia malah tidak suka. Mereka lebih menyukai Bali yang lebih ramai. Ya selera sih.

    Btw, tempat makan ayam taliwang yang saya sukai yang di pasar Cakra (buka dari siang sampai malam), dan di depan mall (kaki lima, bukanya malam hari). Biasanya saya suka membawa oleh-oleh ayam taliwang, kalau nggak dari resto yang di pasar itu, yah dari yang di depan mall. Dua-duanya biasa menerima pesanan oleh-oleh jadi kita tinggal mengatur waktu pengambilan saja. Kuliner lain yang saya cari kalau sedang di sana adalah nasi campur khas Mataram, bukanya pagi hari di daerah Ampenan. Aduh sayang saya lupa nama jalannya apa, tapi kalau kesana insyaallah ingat arah-nya. Pokoknya dua-duanya saya rekomendasikan karena mak nyus :)

    Kapan ke Lombok lagi Bu? siapa tahu sedang searah :)

    Yoga,
    Mudah-mudahan dapat proyek lagi ke sana…..

  102. Gw happy banget baca tulisan2 di sini. paling ngga udah ngobatin rasa kangen ma Lombok…
    Desember kemarin gw baru balik dari Lombok, kmaren kuliah di sana di Universitas Mataram.
    Sumpah…Lombok itu eksotik banget, bikin betah sayang orang tua minta gw balik ke Jakarta.
    Gw inget waktu pertama kali datang ke Lombok, gw n teman2 kuliah yang kebetulan sama2 dari Jkt, bener2 norak banget.. hampir tiap sore kita ke Senggigi kayak orang gak pernah liat pantai gitu…abis keren banget masih alami juga belum terlalu ramai..
    Tempat nongkrongnya juga ada yaitu di jalan udayana, tiap sore sampe malam rame banget, model kayak taman kota, makanan khas lombok juga banyak dijual.
    Sedikit saran, kalau mo ke Lombok jangan lupa ke Tanjung, Lombok Utara disana pantainya keren banget n ada hotel bintang 5 nya. ke Gili trawangan juga deket.

    so…dont miss it ya!!!

    Ririn,
    Saya juga berharap mendapat kesempatan kesana lagi…

  103. oi.. gw orang lombok tapi tinggal di jakarta mulu..
    bokap gw polisi, lg dinas dsitu, jadi kadang2 gw main2 kesitu. Pada pernah ke Tanjung Ringgit gak?Keren dah tu di sebelah timurnya Lombok, mungkin paling timurnya lombok kali ya?? Gw waktu itu ekspedisi kesitu, masih sepi banget, tapi pemandangan gila deh, ada goa jepang juga, trus ada monyet juga. Gw saranin ke situ dah.
    Trus perjalanannya agak jauh sih, kira kira 4 jam gt

  104. o iya gw seneng cari tempat wisata aneh2 di lombok, nanti kalo ada lagi gw kasi tau.

  105. Hallo, saya juga asli Lombok sekarang saya kerja di Jakarta udah 3tahun gak pulang kangen banget sama pulau yang begitu indah dan keluarga tersayang.

    masih banyak lagi tempat yang masih belum terpublikasikan ada yang di daerah Lombok tengah disana terdapat air terjun yang mempunyai 3 mata air terjun dan disekitar ada kebun yang ditanami durian indah banget, dan semakin naik keatas lagi dari senggigi akan tambah melihat pemandangan yang begitu indahnya diLombok Timur juga ada tempat yang belum diketahui oleh orang luar hanya orang2 asli lombok yang tahu.
    Lombok benar2 indah…….sampai tak bisa berkata2 tiap malam selalu berfikir kapan bisa kembali untuk pulang ke rumah tercinta.
    Yang udah dateng kesana pokoknya gak akan nyesel dan kecewa.
    Untuk orang Lombok semua salam sayang kyu..bye

    Kalfika,
    Lombok merupakan tempat wisata yang layak dikunjungi, di Indonesia ini banyak tempat yang indah, dan Lombok salah satunya.

  106. ehm ,,
    klo bisa tambahinn lagii dund gambarnya !
    biar kita bisa liat keindahannya .
    jadi gag sekedar artikel aja .
    mudah2an saran saya dapat di terima .
    maksii .

    Missing,
    Mudah2an saya dapat tugas kesana lagi, dan ada waktu untuk berwisata dan ambil gambar lagi.

  107. Kepada Yth.
    Dinas Pariwisata Pulau Lombok
    di tempat.

    Dengan hormat,
    Sehubungan dengan perkembangan atas inspansi dari berbagai kalangan yang ingin bersinggah ke Pulau Lombok, kiranya dari pihak manapun dapat membantu kami.
    Baik Local Guide yang berkecimpung ataupun dari pihak Dinas Pariwisata secara langsung yang dapat membantu kami dalam memberikan sedikit banyak wacana bagi para cutomized yang ingin singgah ke Pulau Lombok.
    Demikian yang dapat kami sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf bila terdapat kekurangan maupun kesalahan.

    Semarang, 7 April 2008

    ttd.

    Arthy Suryono
    Direktur Operasional DIAN WISATA.

    Dian Wisata,
    Apa surat ini tak salah kirim? Karena saya tak bekerja di Dinas Pariwisata, hanya sering dapat tugas, dan jika ada waktu mencoba menulis pengalaman saat berkunjung ke suatu daerah.

  108. hi mbak,
    thx bgt ya infonya. Amat berguna. Klu bawa anak2 umur 8,9 dan 12, apa lombok bisa jadi tempat liburan yg tepat ya buat mereka?

    Miska,
    Sebetulnya tujuan berliburnya apa? Kalau melihat sun set, bermain pasir di pantai…Lombok lah tempatnya. Kalau saya dulu, mengajak anak-anak, sekaligus agar mencintai budaya Indonesia, jadi sebelum berlibur membaca buku tentang daerah yang didatangi, dan disana memakai guide, sehingga anak-anak lebih mengenal adat istiadat, jenis masakan dll.

  109. hai gw orang bali. gw pernah k lombok udah 2 kali. kesannya seneng buanget. gw nginep di sebuah desa yang masih asri sepi and nyaman. pagi-pagi gw disana pergi ke pasar naik cidomo trus bli makanan khas lombok enak banget. gw prnh jg k suranadi mandi disitu airnya dingin banget kayak es. pokonya loombok kayak rumah kedua deh bagi gw.

  110. eh lupa satu lagi,
    setelah gw balik ke bali, ternyata gw d taksir orang lombok he.., he…., he….

    Anie
    ,
    Thanks telah mampir…

  111. Sy baru mau ke Lombok akhir bulan ini, tapi peta gak punya, kira2 yg bisa ngasih peta trus jelas, tolong bantu..
    Trus untuk 2 hari ke sana, saran yang paling pas dengan waktunya banget itu tempat wisata apa ya.
    Thx temen2 yang udah bantu…….

  112. Lombok is the best

  113. Minggu depan saya juga ada dinas ke Lombok, minta informasi lokasi hotel bintang2 dan tarifnya donk??
    Ugh ga sabar deh mo liat betapa indahnya Lombok

    @Dorkas
    wah kita bs janjian tuh, nanti jalan2 bareng..hehe..kebetulan saya punya peta lombok loch,,

    @Edratna
    makasih byk loh bu, berkat blog ibu saya tau byk informasi ttg lombok. nice blog :)

  114. LOMBOK?? keren abizz… ga nyesel dehh pokke, bikin kmu2 balik.. dan balik lagi… apalagi gili-gilinya atau pulau2 kecil dsana keren bgt lahhh pkke!!! aku dah ngrasain sendiri.. ada lg tuhh info wisata laen ga cuma lombok doang lo… coba liat aja di java-bali-indonesiatourism.blogspot.com

  115. Trims banget Mba Infonya. Bener mantap…Saya jadi semakin yakin pengen liburan bareng keluarga pertengahan Januari tahun depan ke Lombok.

    O ya, cuma mo nanya aja. Mungkin Mba atau pembaca lain bisa bantu. Rencananya, saya mo ajak istri serta 2 anak-anak saya yang masih kecil2, umurnya pas Januari nanti 8 bulan dan 1 tahun 8 bulan (produktif banget yah he he he…). Kira2 ada yang bisa ngasih ide, bagaimana perencanaan liburan yang tepat utk kami? Paket yang pas, baik akomodasi maupun tujuan wisatanya, sehingga nyaman bagi semuanya (dewasa dan anak2).

    Trims sebelumnya.

    Bakti

  116. Salam dari Pulau Lombok.
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada Mbak Edratna yang telah membuat bloq tentang Lombok ini. Perkenalkan saya Adri Yulian, saya lahir dan besar di Jakarta namun sekarang saya dan keluarga sudah berdomisili di kota Mataram, Lombok. Pertama kali saya datang di Pulau Lombok adalah di tahun 1997 pada saat saya mendapat tugas training dari kampus saat saya masih kuliah di Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung dan sejak itu saya langsung suka dan cinta dengan Pulau Lombok hingga sekarang ini saya menjalani usaha sendiri di bidang bisnis biro perjalanan wisata yang memang sesuai dengan bidang kuliah dan juga rasa ingin mengembangkan pariwisata di Pulau Lombok. Apabila dari rekan – rekan semua ada yang memiliki rencana untuk datang ke Pulau Lombok baik itu untuk liburan keluarga, corporate meeting, corporate gathering atau bahkan honeymoon mohon jangan sungkan untuk menghubungi kami, karena kami memiliki beragam ready package tour dan juga hotel voucher dengan harga yang fleksibel. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi :

    PT. Lombok Plus Holidays Tours and Travel
    Puri Citra Panji Tilar Blk C – 10
    Jl. Swakarsa III Panji Tilar Negara
    Mataram – Lombok 83115
    Phn : 0370 – 6611311
    Fax : 0370 – 622672
    Hp : 08175710252
    Email : adri@lombok-plusholidays.com
    Ym : lombokplusholidays@yahoo.com

  117. thx bgt info lombok-nya…referensi yg bagus…insya allah…bulan juni mau berkunjung ke lombok dalam rangka honeymoon…

  118. ada yang bisa bantu ga untuk info hotelnya…pliss…

  119. Dear omG,
    Untuk honeymoon di lombok banyak pilihan hotel yang bagus, mohon diinfo alamat emailnya agar kami bisa mengirimkan daftar harga hotel di lombok.
    Kami tunggu infonya dan terima kasih

    cheers,
    Adri Yulian

  120. assalamu’alaaikum ya akhiii…
    yaa ukhti…untuk anda yang ingin tau lebih jauh tentang asal-usul kata lombok atau kata sasak…silahkan anda ketik lombok youtobe kemudian ketik pagutan youtobe..
    “tampiasih….semeton tiang…..!!!!!””

  121. wahhh..
    lombok memang top buangeeeet!
    insya Allah bulan depan sy berencana liburan ke lombok!
    infonya sangat berguna!

  122. buat referensi kalo mau tau berita update tentang lombok, silahkan klik lombokfiles.com. situs berita yang enak diakses dan layak dipercaya. tolong kritik dan sarannya, tks

  123. Soal Lombok yakk…

    Sebelum di makassar saya dinas di sana Bu… (2005-2007). Base Ops TNI AU yang disebelah timur bandara… itu “daerah kekuasaan” saya Bu dan Banner nyang di blog saya itu diambil di seputaran Lembar-Lombok.

    Jalan yang di depan bandara (jl udayana)… itu sering kami sebut Malioboronya lombok tapi tempo duloe banget. Kami sering nongkrong disitu buat sekedar ngopi2 plus makan sate bulayak.

    Lombok memang sangat indah…
    *kapan2 mo posting juwega ttg lombok ahh..*

    Serdadu95,
    Mungkin banyak sisi lain Lombok yang masih bisa diceritakan selain wilayah wisatanya, bagaimana budayanya, perekonomiannya….

  124. di artikel suranadi anda menulis kolam renang air hangat, padahal suranadi terkenal dgn kolam renang air dinginnya…
    thx..

  125. wooowww.. lombok.. ya..
    jangan lupa ke Rinjani.. naik lewat.. senaru atw sembalun.. tapi.. klo turun.. cobain lewat Torean… keren abist..!!!
    makasih.. info-nya ya… jadi.. pengen keliling lagi…masih ada tuh.. tempat2 yg blom sempet di kunjungin..!!
    kayaknya… taun depan deh.. sekalian pulang kampong.. he..he… bareng2.. keluarga..

  126. assalamu’alaaikum tq bgt info lombok-nya…referensi yg bagus…insya allah…akhir tahun mau berkunjung ke lombok… mau tanya…. klo lewat darat jkt – lombok non stop brp jam ? jadwal kapal feri yg k lombok ada yg ingeeet….dlm sehari brp x k brktan…. sekalian bantu info hotel yg okee + price nya ya. wass.

  127. wisata2 dipulau lombok emang top habiz deh,pokoknya nyesel deh kalo belum kesana…

  128. Eh kalau pada berkunjung ke Lombok, jangan lupa bawa oleh-oleh tahu juga ya. Rasa tahu Lombok ga kalah dengan tahu Sumedang. Bahkan, aku berani jamin kalau tahu Lombok lebih ueeenakkk….. (promosi neh…).

    Lombok juga dikenal dengan nama Pulau Seribu Mesjid. Hampir tiap kampung memiliki minimal 1 mesjid. Meskipun Islam merupakan agama mayoritas, namun penganut agama lain diterima dengan baik dan hidup harmonis di pulau ini.

    Oh ya, kalau mau melihat kota tua peninggalan zaman belanda, datang aja ke wilayah ampenan (dekat pasar ACC). Bangunan-bangunan tua yang kebanyakan didiami oleh warga keturunan china masih berdiri kokoh disana.

    Selamat menikmati pulau pedas ya….

  129. lama udah gk melihat lombok slam kenal http://www.hamsin.wordpress.com

  130. aku belum pernah kelombok tp baca cerita kamu aku jadi pengen deh ngajak keluarga kesana, kayanya bagus banget ya.
    thanks infonya

  131. wew … baca koment di atas , wahhh….
    aku sbg Orang Lombok jadi tersanjung … apalagi tentang gili air, meno ama trawangan … (hehehe)

    “di Lombok anda bisa melihat Bali TAPI di Bali anda tidak bisa melihat Lombok ”

    >hobi makanan pedas??? hmmm ada pelecing kangkung ada ayam taliwang.
    >hobi mendaki ??? wah ada gunung rinjani
    >hobi diving??? aga gili nangu; gili air, meno, trawangan dan masih banyak lagi (masih asri)

    kanyaknya ndx bisa dijelasin semua dah …. :((

    Info lengkap ??? 0370-640707….

  132. sundul lagi akh.. biar nggak tenggelem..

    Info tambahan mengenai diri saya:
    PT. CITRA LOMBOK INDAH TOURS & TRAVEL
    Alamat: LOMBOK GARDEN HOTEL,
    Jl. Bung Karno No. 7, Mataram 83231
    Telpon: 0370. 646464 FAX: 0370.646467
    Mobile: 0811.39.1811
    LOMBOK – INDONESIA

  133. oh iya info tambahan mengenai diri saya:
    PT. CITRA LOMBOK INDAH TOURS & TRAVEL
    Alamat: LOMBOK GARDEN HOTEL,
    Jl. Bung Karno No. 7, Mataram 83231
    Telpon: 0370. 646464 FAX: 0370.646467
    email: cli@indo.net.id
    Mobile: 0811.39.1811
    YM ID: pandanwangisakti
    LOMBOK – INDONESIA

  134. oh iya info tambahan dari saya:

    emails:
    cli@indo.net.id
    muslimlombok@pariwisata.net
    Mobiles:
    GSM: 0811.39.1811
    FLEXI: 0370.661.1811
    YM ID: pandanwangisakti

  135. klo mau ke lombok sebaiknya tengah atau akhir bulan maret karena lombok akan sangat hijau dan buah-buahan lagi pada panen,,, durian, mangga, rambutan.
    dari : anak asli lombok yang pengen banget pulang kampung.

  136. oia satu tambahan lagi,,,sekarang jalan udayana udah ga boleh ditongkrongin sampai larut malam karena jalan tu merupakan jalan poros (utama) dari bandara selaparang menuju kota mataram yang jaraknya hanya 2km..kalo mlm biasa cuma boleh sampai jam 23.00 kecuali malam minggu jam 00.00-01.00.

  137. Bill Gates aja sudah pernah datang Ke Senggigi – Lombok.

    Para artis ibukota, bahkan beberapa film Nasional pernah syuting di Lombok (Suranadi dan batu Bolong).

    Personil Bajay pernah keliling Lombok (pernah di acara Melancung Yuk. SCTV).

    Saya beberapa kali ketemu sama Turis dari jepang, Prancis. Mereka memilih Gili Air, Meno, dan Trawangan. plus Gunung Rinjani.

    Lombok pulaunya kecil tapi sangat Indah dan pastinya Masih Perawan.

    Apalagi mampir ke Danau Segara Anak, danau di atas gunung Rinjani (tertinggi ke-3 di Indonesia. 3726 m). Saat terang bulan, dari Gunung Rinjani, Lombok seperti Surganya Dunia.

    Saat ini Lombok /NTB akan dipimpin oleh seorang Tuan Guru Bajang KH. Zainul Majdi, MA seorang alumnus s2 Mesir.

    Yang jelas, Lombok is small but very beautifull.
    Maju, Aman, Indah, dan Religius.

    http://www.sehatdankaya.co.cc

  138. Kayaknya, tinggal dua-tiga hari di Gili Trawangan mengasyikkan ya Bu? Apalagi untuk honey moon kedua…He he…Maksudnya honeymoon dengan istri pertama, tapi untuk yang kedua kalinya biar menyegarkan kembali kehidupan berumah tangga.

    Heryazwan,
    Betul mas…saya sesekali juga pergi dengan suami…ke Padang, ke Yogya, untuk penyegaran
    Ke Lombok selama ini baru tugas aja…..

  139. Bagus Artikelnya…

    Masuk ke web aku donk.. boleh tulis2 pengalaman jalan2nya di jalanasik.com

  140. jadi kangen pulang,aku udh 3 tahun di jepang ninggalin kampung halaman,taun dpn pgn pulang ma swami n anak,ktm family n reuni ma tmn kuliah, selain pantainya yg eksotis,air terjun n aku pngn infoin buat tmn2 yg dtg ke lombok jgn lupa mampir di desa beleka ,lombok tengah,pusat kerajinan tgn dri rotan “ketak”murah meriah u oleh2:}

  141. aku pengin wisata ke lombok jalan darat bawa kendaraan sendiri, tapi aku dapet informasi nyebrang dari bali ke lombok 6 jam and cukup berbahaya dia bilang sering ada kapal tenggelam emang benar?
    buat orang lombok kasih infonya dong!
    aku pengin banget lo ke lombok.

  142. pengeeeen banget kesana.. tp waktu ma rizki blom mampir.. mas tampilin foto2nya… doain mas bisa mampir.

  143. Selagalas jangan ribut aja sama desa laininnya ya!!!!! Aku walau di kota AREMA aku tetap dukung Persela (selagalas lau`)

  144. gak nyesel dah maen atopun mnetap d lombok..
    seruuuuuuuuuuuuuuuuu…..

  145. lombok emang indah bgt ngeet deeh… kota kenangan waktu ak smu dolo…baca artikel nya mbk…jadi inet jaman dolo jadi pengen kesana lagiii…kangenn ney… ma suasananya, obyek wiisatanya terutama ma makanan khasnya plecing kangkung..duuhhh jadi ngeces ney,,,heee…

  146. Memang lombok kotanya sangat indah 2 tahun kerja di sana dan banyak kenangan.. pertama datang aku lngsung jatuh cinta , alamnya masih bersahabat aplgi di pantai kuta wuiiih cakep banget… cuman sayang disana belum pernah liat nyale.. tambahan untuk belanja kaos lombok maupun songket yang murah di pasar cakranegara dan di lombok terkenal dngan mutiaranya dan tempatnya di sekarbela..

    tolong kirim ke web info tempat2 indah…. tq

  147. Saya ada minat mau ke Lombok untuk refresing bersama teman – teman kerja. adakah tempat yang saya inginkan ? yang jelas tepi pantai, tidak jauh dari lapangan terbang dimana pesawat kami mendarat, dan yang utama kami kesana kami mau mancing chasting maupun troling, juga mohon informasi tempat sewa perahu mancing.

  148. lombok,,,,,,
    tunggu aq
    insya allah
    1 bulan lagi
    aq pulangggggggggg

  149. aku n keluarga pengen ke lombok naik mobil sendiri. ongkos nyeberangnya berapa dan aman ga sich kalo bawa mobil sendiri nyampe sono? tolong dong infonya penting banget buat ambil keputusan nich!
    bales yach pake email juga boleh! trimsz

  150. ehhh lupa…
    emailku :

    eko.m@pln-jawa-bali.co.id

  151. biaya nyebrang dr padang bae ke lembar klo pake mobil sekitar 600-1juta. klo ke lombok enaknya pake travel ja.

  152. Bahas tentang kehidupan sosial & Budaya masyarakat lombok dong, agar saat disana aku bisa beradaptasi dengan kebiasaan masarakat lombok yang harus kita junjung

  153. Informasinya bagus n bermanfaat thanx ya tapi sayang kurang dikit, kenapa bugetnya nggak sekalian diinfokan, btw infonya cukup membantu.

  154. masih ad lagi lo tempat yang EKSOTIK di pulau lombok namanya Gili nangu,letaknya di sebelah selatan dekat sekotong…disn juga eksotik…hotelnya sih baru ada 1 tapi pantaina ga kalah ma gili tra.meno,air…saya lupa nama gili disebelahnya….soalnya semuanya ad 4 gili…oh masyarakat sana kl ga salah mirip ma orang jawa..untuk permisi bilang aj TABEK…..trus untuk MAS diganti aj jadi SIDE…tu dah sopan ko…hehehe…Very Nice Island

  155. oh ya untuk arena mancing kata seorang teman POLISI disana katanya Selong belanak adalah tempat yang paling banyak ikannya…letaknya dekat kute ke arah barat….tapi disana juga banayak bule yang selancar coz omabknya sip..

  156. emang lombok pulau yang indah… masi ke jaga ke asrian alamnya… g” kyak di bali… pokoknya g” rugi kalau pergi ke lombok..
    ndek gen mu pede nyeselll
    lombok is beautiful land..
    lombok is paradise..

  157. kalo qta ke lombok jangn lupa kunjungi saudara2 qta yang ada di pusuk and pengsong. cos disana banyak temen2 yang mirip ama kamu. yaaaa

  158. bagi sobat2 yang mau tau tentang lombok, kirim aja langsung k email ak.

    ryan_lombox@yahoo.co.id

  159. dalam waktu dekat jika kesempatan memungkinkan aku akan keliling lombok

  160. asik banget y lombok rencananya akhir desember ak ma suami ak mw nyobain pulaunya…
    thank’s bt infonya…
    siiiiipppp pokona..

  161. Di Lombok ada juga pantai Kuta, pantainya lebih bersih n alami coy pasir putih tapi tidak serami yang di Bali masih seger gitu lhoo..buat hendryjoy pulau dekat gili nanggu namanya gili poh/gili gede bukan gili the poh hehe

  162. Dear mbak edratna, saya emang ada rencana ke lombok, maybe next year. ada paket ekonomis ga ya ?? or tips supaya saya dari jkt bisa lebih ekonomis…skalian biaya perjalanan + hotel

    tolong dibantu lewat e-mail ku mbak

    thanks

  163. sbener pngen seh ke lombok….tapi,sayang jaaauh bgt….!!and temenku juga ada yang tinggal disana,oya ada yang kenal ma IRAWAN RAHARJO gk?dia scol di SMA N 1 MATARAM…….Dia pindahan dari JAWA……..!!!thank’s atas perhatianya………
    buat irawan………kapan balik ke jawa?? aku pengen krtemu kamu………
    salam sayang dari sahabat……..!!

  164. OYA,,,Nie alamat e-mail aku……. buat kalian2 yang pengen jadi sahabat ku……..
    aticx_moet@yahoo.co.id

  165. sayang sekali google maps jarang di Update sehingga banyak daerah yang sudah berubah tidak terdata

  166. mau cari temoat wisata di pulau lombok tp kata2nya menggunakan bhs inggris…………………………..

  167. bgimn klo keterangannya menggunakan bhs inggris…………..

  168. Makasih atas informasinya…pada bulan Juli 2008, saya beserta isteri pergi ke lombok dalam rangka honeymoon…

  169. Makasih atas informasinya…pada bulan Juli 2008, saya beserta isteri pergi ke lombok dalam rangka honeymoon…untuk adri yulian, kami mohon maaf, tidak sempat bls pesan-nya…

  170. Aku senang banyak blog atau portal yang meliput tentang Lombok,Jadi Lombok bisa jadi tujuan liburan semua orang.Buat teman teman yang mau cari kursus yang baik dan bermutu dengan orientasi kerja kunjungi http://www.intisoft-computer.com. ingat hanya di INTISOFT

  171. promosiin dong tempat wisata lombok dengan menampilkan gambarny nggih……….

  172. dulu pernah dajakin buat maen ditempat temen dimataram, sayang ga kesampean…

  173. Selamat sore mbak edratna
    Saya rencananya mau jalan2 ke Lombok.
    Berangkat dari Jakarta-Surabaya-Bali- Lombok dengan menggunakan transportasi darat.
    Sekiranya mba’Ratna tau, tolong saya di informasikan sbb:

    1. Dari Banyuangi ke Bali naik Fery ongkosnya
    berapa.
    2.Kalao kita mau ke Lombok naik nya dari mana,
    pake transpor apa, ongkosnya berapa
    3.Sampai di Lombok kita mau ke Sanggigi itu
    dan penginapan yg murah aja mba’.
    Saya melakukan traveling ( Wisata Ransel )

    Terimaksih mba’
    Revi Bukit

  174. gw banyak loh foto2 koleksi tentang lombok,slnya gw baru pulang dari sana,…………..mau????????

  175. rugi banget deh klo belum tuor ke lombok,
    bagus bagt astistekturnya ……
    seru banget……….
    salam semua buat KRUU Martabak Bogasari mataram
    rembige n gomong lama
    moga selalu jaya …………
    moncer dagangane……
    nang kene kyehh….
    sing wong tegal

    baqi@ahmad@yahoo.com

  176. Aduuuh pengen banget deh kelombok lagi,pokoknya gw hrs balik lagi liburan ke lombok. gw ke lombok thn 2005,jadi emang kudu balik lagi. pokoknya LOMBOK IS THE BEST bwt gw. tolong ya informasinya gw pengen smua obyek wisata dikunjungi, kira2 hrs brpa lama?,gw disana. gw perlu informasi tentang sgalanya deh… tku

  177. Bu, Pantai Kuta Lombok yang sebagian berada di lahan milik Novotel bagus lho.
    Ada pasir merica yang diberi nama demikian karena besarnya butiran pasir putihnya mirip merica.

    Sudah kesana ?

  178. bu..salam kenal..
    pertama liat blognya sy bs tau klo ibu suka jalan2..
    berhubung ini postingan ttg lombok,kebetulan akhir taun sy berencana kesana.
    rencananya si mo backpacker2an..
    ada info hotel2 murah deket bandara..
    ato dimataram.soalnya sptnya nympe sana malam..
    terima kasih infonya.

  179. Salam,
    Bagaimana kabarnya Bu?… Lama kali ingin menyapa Ibu, ehh.. waktu gak ada nich, sibuk terus, maklum kerjaan seorang Guide, jarang di rumah, untuk keluarga aja hampir gak ada,…oh yaa.. kalau ke Lombok mampir dah bu ke tempatku, tepatnya di senggigi ( Rinjani Trekking Club – Senggigi ).

    Wasalam, Ronie

  180. boleh mampir bu…???

    kalo saya paling seneng di gili bu…, airnya beeeening banget sampe bs liat yg di bawahnya.. pokoknya seeeeudep bgt.. , moga bunda bisa ke sana lagi…

  181. Wah.. lengkap deh laporannya Bunda… :)

    Jadi inget tulisanku tentang Mentari Terbenam di Pantai Sengigi :)

  182. Memang Lombok paling Solah..(bagus) begitu juga makanannya pas buat Terapi Bibir ……..
    Kenapa saya komentar begitu karena saya Orang Lombok yg sekarang menetp di Jakarta.

  183. Skali lagi……..Bu mumpung lagi buka..

    Ada lagi kalau mau Gerabahnya bisa ke Banyumulek dan mampir ke Kediri beli oleh2 Krupuk Kulit yang ukurannya kalu sudah di Goreng Bisa mengembang dg ukuran kurang lebih 20 cm2

  184. pokoeeee…………..

    lombok keren abz……

    jngn lupa jln2 ke pantai kuta di pantai selatan lombok..

    n daki gunung rinjani…keren abz..

  185. buat tmn2 yg ada di lombok…
    jngn lupa jaga terus keindahan pulau lombok..

  186. Lo Bu….tempat beli mutiara di Lomboknya kok gak diulas Bu? hihihi (maaf Bu, tukang belanjanya nanya…….)

    Prameswari,
    Hmm saya sempat diajak teman yang dinas di Lombok, ke pertokoan yang menjual mutiara…tapi kayaknya setiap orang disana tahu tempatnya kok
    (maklum saya tak terlalu suka dengan perhiasan…hehehe…jadi yang dilihat yang lain)

  187. gw bru kmren blik dri lombok, tpi cmu bentaran doang sih.. gw mrasa puas kalo dah ke pantai senggi coz asik coy..

  188. saya rencana tgl 24 dec ini mau pergi ke lombok dalam rangka honeymoon :), hmmm setelah baca comment2 dari temen di atas, i can’t wait for it, ibu edrata dan teman2 semuanya, thank you so much for ur info..sangat berguna bagi saya..see you around..

  189. Aku kangen ama Lombok

  190. WAH…. teringat di masa kecilku…daeraku yang tercinta…. kalo keindahan lombok… memang tidak bisa di bukitiin dengan kata2 namaun di nikmati dengan keindahan pesonanya… Sukerare adalah salah satu tujuan wisata asing yang bernuansa songket tradisional (handwaven)…. pa lagi di pantainya …. di kute baunyale… wah… teringat selalu… makanya besok ni temen-temen saya di jakarta… mo ajak saya pulang berpetualangan…. satu rombongan KELILING PULAU LOMBOK…. kan disana bisa kemping di PANTAI…DI GUNUNG… wah…. teringat selalu masa kecilku di kampung halamanku…….yuk… barng kita ke sana

  191. aku n keluarga pengen ke lombok naik mobil sendiri. Kita mau berangkat dari Padang bai Bali ongkos nyeberangnya berapa dan aman ga sich kalo bawa mobil sendiri nyampe sono?terus kalo ke Gili Island aku denger di Bangsal tuh orang2 nya agresive banget ya? and kalo mau nyebrang ke GIli trawangan dari Bangsal gimana tuh ada tips2 nya? tolong dong infonya penting banget thanx a lot yaa

  192. Wah…kalo mau dibandingin ama bali ya jelas lebih bagus lombok lah…..bayangin aja kalo di bali pantaiNya cuma ada beberapa….nah kalo di lombok…mau nengok kiri,kanan,depan,blakang mah pantai semua…bagus” pula…jauh banget dech bagusan lombok ma bali.

    Btw….ada yang tau ga kenapa dinamain pulau lombok???

    Ceritanya nech…dari ampenan(Lombok barat) ke daerah lombok timur paling ujung (mau Nyebrang ke Sumbawa) thu jalannya LURUS terus…….makanya dinamain lombok yang artinya LURUS.

    Pulau lombok…pulau 1000 Masjid

  193. aduh aku kangen benget ma lombok apalagi kalo ingat ma pantainya. Q jadi sedih ingin cepat pulang ke sana. doa kan aku ya agar cepat kembali ke lombok. I LOVE U lombok

  194. mbak ada gak informasi tentang wisata di lombok tengah tepatnya di aik bukak, aq pengen tahu benget tentang di sana, thank’s ya

  195. ini tak kasih info tentang wisata yang ada di pulau lombok bagian utara yaitu pantai sire,pantai medan diwilayah tanjug,dan juga sendang gile yang terletak di wilayah Bayan.

  196. Ke Lombok??? knp tidak, klo teman2 datag ke Lombok sy jamin deh pasti menarik, Bali memang lebih dulu terkenal, tp Lombok tida kalah dengan bali lho, bnyak tradisi adat dan alam panorama yang layak anda kunjungi.

  197. nih aku kasi informasi tempat wisata yang bagus buat dikunjungi di lombok,,,,
    -pantai sire pasir putih di lombok barat bagian utara,

    -sembalun, daerah yang lumayan dingin di kaki gunung rinjani trus klo ke sana bisa juga brmalam di penginapan yang udah disediakan dengan harga terjangkau

    -pantai mawun di lombok selatan, pantainya pasir putih, dangkal dan sangat aman karena pantainya berbentuk teluk seperti huruf ‘O’ dan satu deretan dengan pantai kute, tanjung aan, pantai selong belanak,

    -pulau lampu, pantai pasir putih di lombok timur

    -taman narmada di kecamatan narmada lombok barat, taman raja yang dibangun th1800, indah dan sangat hijau

    -lembah hijau di selong lombok timur

    -pantai senggigi di lombok barat

    -jangan lupa dengan 3 gili (pulau kecil) di lombok barat utara, ada gili air, gili terawangan, dan gili meno, menyebrang 20menit ongkosnya 10rb-15rb rupiah. pulaunya kecil, berpasir putih, pantainya dangkal, ga ada ombaknya, ada tempat penangkaran penyu, pokoknya ok deh.

    -ada juga pantai sekotong di daerah pelabuhan lembar

    -kain tenun sukerare, gerabah banyumulek, desa adat sade, desa adat rembitan,

    -dan yang terakhir klo mau ke lombok sebaiknya akhir meret atau awal april, alasannya ntar tau sendiri
    ok tu ja yang bs aku bantu. selamat mencoba y.

  198. Jadi kangen deh………pasti keren kalau maen ke sana “n”liat matahari terbenam ma dia Mauuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu;;;

  199. jadi kangen rumah, hopefully tahun ini aku bisa pulang ke tanah kelahiranku
    i miss lombok (“,)

  200. lombok mang pedesss. tak coba kesana

  201. Hai, Salam Kenal
    sekedar membagi Informasi tentang penyewaan tenda dan alat-alat camping , pembuatan dan penjualan tenda,
    Berkemah, Camping, kemping, Even, Wisata Alam, Mabim, Outbound Training, Tenda Dome, Tenda Sarnafil atau Tenda Kerucut;
    silakan hubungi kami di http://www.tendaku.net atau http://www.mrcamp.net
    thx..

  202. Salam kenal,

    Aku udah 2 x ke lombok, bagi ku lombok itu indah dan sudah tertata. Tapi yang lebih berkesan lagi masyarakat di Lombok itu sederhana, dan pekerja keras,…sopan dan bisa menerima orang dari luar.

    Saya sangat terkesan.ti..

    salam
    santi

  203. Menjelajahi Lombok lewat sisi lain (Country side) pake vespa club yang sudah dimodifikasi. Coba deh.. ..Hmm we can find a lot of ‘fantastic scenery’.

  204. Terima kasih untuk semua yang pernah mengunjungi lombok island,saya harap anda semua bisa balik lagi ke lombok untuk liburan dan semoga anda semua bisa menikmati keindahan alami yang di miliki lombok,saya sebagai putra daerah lombok sangat berterima kasih karena tujuan liburan anda ke pulau kami yang tercinta.

  205. duuhhhh… keinginanku buat ke Lombok jadi makin nekat neh…
    September nanti rencananya aku akan married, pengen honeymoon kesana. Tapi karna tempat asalku jauh,,, jadi biaya transportasinya yang jadi jauh lebih mahal daripada biaya berwisata disana.. hiksss…
    Tapi akan ku usahakan terwujud,.. :D
    Mendengar kesan2 yang ada jadi bikin tambah bulet keinginanku..

  206. baru pengen ke lombok, takut kecewa kayak ke langkawi yg promosinya hueboh banget…

  207. oya..baru2x ini di lombok diadakan acara ritus rinjani agung pada tgl 7-8 maret 2009. dimana pada acara ini didatangkannya untuk kedua kalinya topeng gajah mada. topeng ini datang ke lombok pertama kalinya pada tahun 1619 dengan tujuan melaksanakan sumpah palapa untuk memperstukan nusantara.

    pada acara ini ditampilkan berbagai macam kesenian dari berbagai etnis di indonesia.

    dan yang anda perlu ketahui pula bahwa “kitab negarakertagama” yang pernah kita pelajari dalam pelajaran di sekolah dari sd sampai kuliah ternyata ditemukan di lombok. tepatnya di puri pamotan cakranegara. sewaktu perang kemerdekaan melawan belanda. dibawa ke belanda sebagai rampasan perang yang disimpan di salah satu musium di belanda.

    demikian sekilas info

  208. [...] Daerah wisata yang layak dikunjungi di pulau Lombok April 2007 207 comments 3 [...]

  209. [...] Edratna Posted in: ULASAN   Tags: [...]

  210. [...] untuk dikunjungi selama di Mataram, ternyata kesasar ke blognya Bu Enny, tulisannya berjudul Daerah Wisata yang Layak dikunjungi di Pulau Lombok. Terimakasih ya bu Enny….tulisannya banyak membantu, apalagi waktu kami sungguh terbatas, [...]

  211. [...] Source Source Rate this: Share this:TwitterFacebookLike this:LikeBe the first to like this post. [...]


Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 221 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: