Oleh: edratna | Juli 17, 2010

Jika para teman dunia maya ketemu

Apa tujuan anda ngeblog? Jawabannya pasti bermacam-macam, dari yang serius sampai yang sederhana, untuk latihan menulis. Tujuan saya ngeblog awalnya juga sederhana, latihan menulis, mencoba menuangkan apa yang ada dipikiran, siapa tahu bermanfaat bagi orang lain. Lho, memang selama ini tak pernah menulis? Jawabannya, tentu saja seringkali menulis, namun jenis tulisan yang berbeda, hanya dilingkungan instansi tempat bekerja, atau sesekali menulis surat. Dunia internet, membuka berbagai kesempatan, untuk menemukan teman dari dunia maya, yang tak terasa kita akhirnya bersahabat, walaupun tak pernah ketemu. Pesta blogger yang diadakan oleh para blogger, yang digelar setahun sekali, membuat kita bisa ketemu tatap muka dan menyapa orang-orang yang selama ini hanya kita kenal lewat tulisannya. Sesekali mengadakan kopdar, namun inipun sering sulit terlaksana karena kesibukan masing-masing.

Saya mengenalnya dari beberapa tulisannya, entah kapan saya pertama kali mengunjungi blognya. Tulisannya menyejukkan, mengajak kita kembali mengingat Sang Pencipta, mengingatkan untuk bersyukur untuk setiap tahap pencapaian kita. Suatu ketika saya menulis tentang kuliner di lingkungan tempat tinggalku, dan dia memberi pesan agar mau meng add fesbuk nya. Teman ini rupanya tinggal tak jauh dari rumahku, bahkan satu RW, dan jarak rumahnya ke rumahku tak sampai 200 meter. Didot,  terkenal mengetahui berbagai lokasi  makanan yang enak dan murah, bahkan saya jadi mengenal beberapa lokasi kuliner yang enak karena komentarnya di blogku. Suatu ketika dia mengirim message di FB, bagaimana kalau kami ketemu. Tentu saja saya mau ketemu, kebetulan ada teman blogger (Akin) dari Samarinda yang sedang berkunjung ke Jakarta, jadilah kami berencana untuk janjian makan di Rumah Makan Masdikun di jalan Fatmawati. Akhirnya rombongan kami bertambah dengan mbak Monda Siregar dan Yessy Muchtar.

Sedia juga menu untuk sarapan pagi

Didot menjemput Akin di blok M, dan di jalan dia sms bagaimana jika Akin di drop di rumahku, karena Didot akan segera sholat Jumat di masjid jalan Keuangan yang letaknya di samping RM Masdikun.   Saya dan Akin  berjalan kaki dari rumah, melewati rumah Didot, terus menyusuri jalan dan tak lama kemudian sampai di depan RM Masdikun, yang persis terletak di dekat empek-empek pak Raden di jalan Fatmawati.  Saya dan Akin cukup lama menunggu di RM Masdikun, sekaligus saling mengenal lebih dekat. Profesi Akin sebagai perawat memungkinkan bertemu berbagai pasien, yang akan menarik jika dijadikan latar belakang cerita. Saya bilang kepada Akin, bukankah banyak acara di TV yang menggunakan latar belakang rumah sakit, seperti “Grey’s Anatomy” (?), jadi pengalaman nya bisa memberikan inspirasi untuk menulis berbagai hal. Dan yang menarik, saya ada kemungkinan akan mendapat tugas ke Samarinda pada awal Agustus 2010, ini adalah untuk yang pertama kalinya. Namun melihat ketatnya jadual acara, kemungkinan nanti tak bisa ketemu Akin, karena penerbangan Garuda dari Jakarta tak bisa langsung, namun melalui  Balikpapan, baru dari Balikpapan naik kendaraan ke Samarinda.

Sambil menunggu kawan-kawan yang lain saya dan Akin memesan teh panas. Tak lama kemudian Didot selesai sholat Jumat, segera bergabung dan mulai pesan makanan, Yessy tak lama kemudian muncul dengan senyum lebarnya. Ini pertemuan ketiga kalinya dengan Yessy, yang pertama saat launching buku nya Lala di Pesta Buku JHCC,  yang kedua saat makan-makan bersama Imelda di Rumah Sendok setahun yang lalu. Saat Pesta Blogger tahun 2009 saya absen karena bersamaan dengan tugas mengajar di Bank Papua, Jayapura. Tak lama mbak Monda Siregar muncul, mbak Monda ini sehari-hari bertugas sebagai dokter gigi, kantornya di daerah Cideng, sangat jauh untuk pertemuan di jalan Fatmawati. Mungkin seharusnya di set nya di Plangi ya Didot, sehingga persis di tengah ….tapi kalau begitu, Akin bakalan tak tahu rumahku.

Foto-foto pengunjung RM Masdikun yang ditempel di dinding

RM Masdikun ini rupanya cukup dikenal, dindingnya penuh foto pengunjung kaum selebritis, saya mencoba memotretnya, namun hasil kurang bagus. Meja sebelah kami penuh dengan orang kantoran yang sepertinya sedang mengadakan pesta perpisahan atau ulangtahun atau apa, mereka ramai sekali….akhirnya kami mengalah untuk pindah di lantai 3  (tiga) yang sepi…dan bisa menikmati obrolan dengan santai.

Kika: Enny, Akin, Monda, Yessy

Kika: Enny, Akin, Monda dan Didot

Dan sebelum lupa, tentu saja kami mengambil foto-foto yang sayang hasil nya kurang bagus, karena memunggungi cahaya. Kami memesan berbagai jenis makanan, mengobrol ramai, menceritakan awal pertemuan dan bagaimana kami masing-masing saling mengenal teman blogger. Di obrolan ini terucap juga, bagaimana jika lain kali kita juga mengundang teman lain, yang selama ini telah terlibat akrab di dunia blog …tentu saja EO nya adalah Didot, yang tahu lokasi makanan enak, dan yang masih single (sebelum nanti Didot makin sulit mencari waktu jika sudah berpasangan tetap).

Iklan

Responses

  1. Saya hadir, Bu!!!
    (sambil ngacungkan tangan) 😀

    Yup…udah diabsen

  2. Wah, senangnya.XD

    Yup

  3. (Maaf) izin mengamankan KETIGAX dulu. Boleh, kan?!
    Asyik buanget, Mbak bisa ketemuan sama sahabat2 dr dunia maya

    Memang mengasyikkan

  4. bu, hadir nih…
    senang banget akhirnya bisa bertemu dengan ibu dan teman2 semua, berkesan bu

    bu, fotonya aku copy ya (kmrn lupa nggak bawa2 kamera)
    mestinya senjata utama bloger itu kan kamera ya bu

    Silahkan mbak Monda, saya seneng ketemu mbak Monda…..nggak nyamgka kemarin bisa ketemu mbak Monda, padahal jauh dari ujung utara ya…

  5. waduh…. sekali lagi saya iri seiri-irinya….
    saya kan kepengen juga ketemu dengan Bu Enny, Kak Monda dan Yessy…. kapan ya?

    Dan saya sirik sesirik-siriknya melihat lokasi yang berlimpah ruah aneka kuliner itu….

    Ayoo Nana, kapan ke Jakarta….bisa tidur rumahku kok (tapi rumahnya orang pensiunan, jadi non AC…..).
    Asal ngasih tahu dulu, jadi paling tidak si mbak bisa bersih2 kamar…..

  6. Ada Yessy juga to, tau gitu… 😉

    Lho! Kemarin nggak tahu ya….maaf, kupikir udah ngasih tahu…

  7. Ibu pasti tau apa yang akan saya katakan …
    Yes Indeed …

    This is The Beauty of Blogging …

    Saya kenal semua tokoh yang di foto itu …
    beberapa sudah kopdar juga …

    Nice Ibu

    Salam saya

    Saya justru belum pernah tatap muka dengan om NH…saat Uda Vizon janjian makan di Citos seusai launching bukunya DM, sayangnya saya udah kadung ada janji meeting….kapan2 mesti ketemu nih om, satu almamater lagi…

  8. paling seru emang kalo kopi darat sama para bloggers yaaa…

    kapan nih giliran kopdar ama saya bu? 😀

    Ayooo…kapan Arman mudik ke Jakarta, ngabari lewat FB ya….ntar kita bisa ketemuan. Ajak Esther dan Andrew ya….
    Karena nggak berani nyopir, syaratnya, asal dari lokasi acara ada taksi BB atau E…..dimanapun lokasinya

  9. Bertemu di dunia maya, tentu lebih menyenangkan dan mengasyikkan berjumpa di dunia nyata, ya Bu.

    Salam kekerabatan.

    Benar mas…dan seolah-olah sudah kenal lama, padahal cuma kenal lewat blog

  10. ikutan mas NH
    TBoB

    EM

    Hehehe….kapan ya kopdar sampai Tokyo? Mesti menabung dulu, soalnya masih ada prioritas lain…dan mesti nunggu anaknya tak sibuk….

  11. Serunya bisa ketemuan. Pasti banyak hal unik yang dibicarakan selama ngumpul2 tsb. Yang pasti silaturahmi akan semakin terjalin erat.

    Memang senang ketemu teman, yang selama ini udah akrab di dunia maya

  12. Bu Ratna………… pasti bahagia banget ya ketemu teman dunia maya di dunia nyata.
    saya sungguh2 iri dengan semua tokoh di foto diatas 🙂
    salam

    Iya…kapan kita ketemuan? Kemarin Didot ingin buat ketemuan, dengan bunda dan yang lain-lain….

  13. aih.. makin ngiri aja nih, kalo udah pada ketemuan begini..

    kapan ya?
    anyway.. percaya nggak percaya, beberapa minggu yang lalu saya sempat mimpi kopdar ama bunda enny…

    nggak ada angin, hujan, bener lho bun… 🙂
    kok bisa ya?hihihi

    Mimpi ketemu saya? Doakan saja suatu ketika saya sampai Makassar dan bisa ketemu Anna, atau Anna yang ke Jakarta?

  14. wah enak nich kumpul2 sama temen2..

    Yup…asyik

  15. aih jadi kangen pengen kopdar sama bu enny. 😦

    Ayo Chic….bikin acara..di Wetiga? Kabar-kabari, saya suka kehilangan momen..maklum nggak pake BBM dan FB hanya buka sesekali….tapi Chic kan punya nomor hapeku

  16. Selamat siang Bu Enny.. 🙂

    itu Akin kayaknya tiga hari tiga malam tidur sambil tersenyum. serasa mimpi ketemu bu Enny.

    Selamat sore…..
    Saya senang bisa berkenalan dengan Akin, apalagi nanti awal Agustus akan mengunjungi kota Akin dalam rangka tugas (walau tak yakin bisa menyempatkan diri ketemu, jadualnya ketat)

  17. hello-
    wah… setelah blogwalking , berlanjut ke blog dating ya ????

    Yup….jika ternyata sebelumnya telah kenal dari membaca blog dan dari situ merasakan memang kita cocok jika bisa ketemu.

  18. Waah ada kopdar lagi yaa.. 🙂
    Hmm dari foto, saya apal wajah bu Enny dan tentunya Yessy disana, meski blm pernah ikut kopdaran, hehe..
    Ya inilah the beauty of blogging.. teman baru terus bertambah 🙂 sukses yah buat semua..
    sukseskan juga pesta blogger 2010. *eh?*

    Belum ketemu tapi serasa udah akrab ya Yuyun? Padahal saya sering ke Bandung lho…kan ada rumahku di Bandung, anakku dulu kuliah disana…

  19. senangnyaaaaa, mau donk tahun depan ketemuan juga.. deket ini ya Jakarta-Bogor 🙂 yuk yuk yuk (insyaAllah)

    Boleh tuh..kayaknya mesti habis Lebaran deh….hehehe…Bogor juga banyak kulinernya kan..tapi mesti yang dekat Jagorawi, kalau udah di daerah Pasar Anyar, Jembatan Merah dan sekitarnya macet…
    Saya pernah menyeberang Bogor dari terminal di ujung Tol Jagorawi sampai Jembatan merah lebih dari 1 jam.

  20. Indahnya blogging.. 🙂

    Yup

  21. waduh saya kok didaulat jadi EO?? hehe

    ya udah kita kopdar berikut di W3 aja ya bu? ajak om NH,bunda lily, dll

    awal agustus aja bu,sebelum ramadhan sekalian silaturahmi 😉

    Lha siapa lagi?
    Kalau awal Agustus ini silahkan, tapi saya nggak bisa ikut. Saya ada acara tanggal 1 sd 10 Agustus 2010…dari Kalimantan Timur, balik Jakarta-terus ke Jateng/Jatim

  22. makanannya lupa difoto yaaa? 😉

    Hehehehe…iya….

  23. senang ya bisa dapat kawan baru dari blog, dan bisa bertemu langsung. btw, kita kapan kopdar, bu? 🙂

    Iya nih…malah udah kirim2an sambel pecel, tapi tak pernah ketemu.
    Lha kapan ya…..?

  24. Dari tempat Bu Monda, meluncur ke sini..aih temanya samaan…:)

    Selama membawa aura positif, kopdar mah jalan terus aja ya bun 🙂

    Seneng ketemu Yessy…..udah lama ya kita nggak ketemu?

  25. surprise, senang, tak terduga, itu kesan bertemu teman dunia maya.. 🙂

    Yup…betul

  26. Persiapan menjelang Pesta Blogger ya? 😀

    Hmmm…kebetulan aja ide Didot, yang sebetulnya tetangga dekat

  27. asyiknya bisa kopdar…saya dah lama ga ikut2an kopdar gitu ^^

    Memang asyik

  28. Wah setelah lama ngga kopdar sekarang Bu Eny kopdar lagi..

    Saya senang postingan ini karena tetap menyemangati saya untuk mudik dan kopdar bareng! 🙂

    Hayo…hayoo..kapan mudik Don?
    Ntar kopdarnya dibagi dua, di Yogya dan di Jakarta, supaya saya bisa ketemu Donny, Joice dan Odilia

  29. Wah, senangnya bisa kopdar.. Mba Edratna di sekitar Blok M ya?

    Yup…sekitar blok M….tepatnya sekitar Citos

  30. Hm….senangya 🙂

    Yup

  31. wah pertemuan yang sangat seru ya bu..
    semoga nanti juga bisa kopdaran kaya gini
    salam kenal ya bu..
    makasih

    Salam kenal juga, maksih telah berkunjung

  32. nah..yg begininih yg seru pas lg liburan ataupun ga klo ada temen2 blogger deket ya sekalian kopdar..neh pastinya ok bgt..

    Yup betul sekali

  33. Waah.. senangnya bertemu dan copy darat. Acara seperti ini saling menguatkan silaturahmi diantara para blogger.

    Kecil tapi seperti kekeluargaan, tidak kalah dengan pertemuan besar tapi tidak sempat2.

    Selamat ya…

    Makasih…memang jadi kenal lebih dekat

  34. tampaknya seru juga kumpul-kumpul….nambah silaturahmi….

    Seru dan menyenangkan

  35. Aseek kopdar lagi, makan2…… Photo2

    Pasti obrolannya rame, dan pasti waktu berlalu sangat cepat
    Semoga saya berkesempatan kopdar rame2 ya?

    Saya nunggu kopdar sama Wieda…kapan mudik ke Indonesia…?

  36. Wah, Mbak Enny habis kopdar ya? Tanggal 2 Agustus bakal ada kopdar lagi, yang dikoordinir Mbak Imelda. Pasti seru ya kalau banyak yang bisa datang.

    Lho, Mbak Enny ternyata tetanggaan sama Didot? Ealaah …. 😀

    Mbak Tuti….
    Sedihnya…
    Tanggal 2 saya terbang ke Balikpapan..tiket udah di tangan…dan pulang baru tanggal 5 Agustus 2010….terus langsung ke Jatim…
    Nggak apa2 mbak…next time..padahal kangen cerita sama mbak Tuti…..apalagi jika mbak Tuti mau tidur di rumah (ssst..kata suami, kalau mbak Tuti mau nginep, bilang-bilang, supaya dia bisa kabur ke Bandung, jadi mbak Tuti nggak sungkan…hehehehe)

    Iya…saya ternyata tetangga dekat Didot, sekitar 100 meter….

  37. huhuhuhu, kangen kopdar, kangen sama Bunda, sama Yessy, sama Lala, sama kak Imelda, duh banyak banget yang dikangenin.
    Senang ya Bun, akhirnya bisa bertemu secara nyata, jadi keluarga deh 😀

    Hehehe..jadi terkenang ketemuan di jalan Sendok

  38. wah, senang banget, mbak akin, ketemu mbak monda dan bu edratna. fety kapan yah?:)

    Lha Fety kapan pulang ke Indonesia? Atau mau meneruskan kerja dulu di Jepang?
    Belum kenal sama anakku ya….

  39. Whoaaa seru kopdar sambil makan 🙂
    hmm good lesson nih bun..
    kalo kopdar trus mo poto mesti inget2 jgn munggungin cahaya 😀 kadang terlalu antusias poto jd lupa hehe

    Iya nih kemarin Didot udah ngingetin..namun saat itu pengin foto lagi..keburu makanan datang…ehh kok terus lupa…hahaha

  40. Ibu Ed yth,
    Sy mengenal ibu krg lbh tiga tahun lamanya lewat WP . Saya salut dgn konsistensi ibu dgn Wp. ibu sllu mengupdate dan jg rajin melakukan kunjungan balasan. Dan WP angkatan 2007 ini (Ndoro,ANto bilang, Bang Aip, Pak Ersis, Asrul serta Ibu) adalah penulis2 yg stabil, konsisten dan tak terpengaruh oleh munculnya Fb, Twitter tetap setia di WP.

    Semoga suatu hari kelak sy bisa jg bertemu dgn ibu yg tulisannya sering meneduhkan hati.

    Citra Dewi punya blog?
    Wahh senang sekali membaca komentarmu ini….angkatan ku banyak yang sudah nggak aktif lagi.
    Tapi Lita (banana talk) masih menulis walau tak seaktif dulu, pak Prijadi malah sudah menutup blognya, padahal saya suka sekali baca blognya, yang sangat interakftif. Bangaip sesekali masih menulis, diantara tugasnya mengelilingi Eropa, juga ndorokakung, mas Iman dan paman Tyo.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: